Inilah Penyebab Kenapa Aplikasi JMO Jamsostek Mobile Tidak Bisa Dibuka

Apa saja yang menyebabkan aplikasi Jamsostek Mobile (JMo) BPJS Ketenagakerjaan eror dan tidak bisa diakses oleh peserta asuransi BPJAMSOSTEK, informasinya akan dibahas lengkap dalam artikel ini. Bukan cuma penyebabnya saja, solusi untuk mengatasi Aplikasi JMO yang tidak bisa digunakan tersebut juga akan dijelaskan di sini.

Sebagaimana diketahui, aplikasi JMO atau Jamsostek Mobile, merupakan aplikasi smartphone yang dirancang oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BPJamsostek), untuk mempermudah peserta dalam mengakses berbagai fitur layanan dan informasi secara online. Aplikasi ini adalah penerus dari aplikasi sebelumnya yakni aplikasi BPJSTKU yang saat ini sudah tidak ada lagi.

Aplikasi Jamsostek Mobile JMO hadir dengan tampilan lebih menarik, fitur layanan yang lebih komplit, serta semakin mudah digunakan. Namun sayangnya, JMO Apps ini tidak selalu lancar diakses. Sesekali di waktu-waktu tertentu aplikasinya eror tidak bisa dibuka dan digunakan. Terkadang sudah berhasil masuk, tapi ketika mau menggunakan salah satu menunya, tiba-tiba keluar dengan sendirinya.

Baik itu ketika untuk keperluan cek saldo uang Jaminan Hari Tua (JHT), klaim online dana JHT, Pengkinian Data, dan keperluan-keperluan lainnya di aplikasi smartphone milik Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan tersebut. Ada juga ketika digunakan untuk foto selfie pada saat verifikasi biometric, aplikasinya log out sendiri.

gambar Aplikasi JAMSOSTEK MOBILE (JMO) BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek


Dan berikut ini beberapa penyebab kenapa aplikasi JAMSOSTEK MOBILE (JMO) BPJS KETENAGAKERJAAN eror dan tidak bisa digunakan!


1. Pembaharuan Aplikasi

Penyebab pertama mengapa aplikasi JMO tidak bisa dibuka adalah karena sedang ada pemeliharaan sistem ataupun update aplikasi pada pusat layanan online BPJS Ketenagakerjaan. Kondisi ini cukup sering terjadi, sehingga aktivitas penting peserta seperti klaim JHT di aplikasi JMO jadi terganggu.

Sebagai salah satu layanan digital BPJS Ketenagakerjaan yang banyak digunakan oleh peserta, JMO Apps memang cukup sering dilakukan pembaharuan demi meningkatkan kualitas fitur dan layanan. Dan biasanya akan ada pop up pemberitahuan tentang situasi tersebut ketika Anda membuka aplikasi.

Bukan cuma ketika sedang pembaharuan aplikasi, pada saat pemeliharaan dan perbaikan perangkat jaringan, serta peningkatan kapasitas, biasanya aplikasi JMO juga tidak bisa digunakan untuk sementara waktu.

Maka ketika aplikasi JAMSOSTEK MOBILE (JMO) tidak bisa dibuka karena sedang ada pemeliharaan sistem jaringan ataupun pembaharuan aplikasi, Anda tidak perlu khawatir. Ditunggu saja sampai upaya tersebut selesai dan silahkan coba diakses lagi secara berkala.

Gambar Penyebab Aplikasi JMo Jamsostek Mobile tidak bisa dibuka


2. Akun JMO BPJS Ketenagakerjaan Diblokir

Hal berikutnya yang menyebabkan Anda tidak bisa masuk ke aplikasi JMO Jamsostek Mobile adalah akun BPJS Ketenagakerjaan Anda telah diblokir. Pemblokiran akun JMO BPJS Ketenagakerjaan biasanya akibat Anda beberapa kali salah memasukkan nomor Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) pada saat pengkinian data di aplikasi JMO.

Selain itu, beberapa kali gagal foto selfie untuk verifikasi biometrik juga bisa mengakibatkan akun JMO BP Jamsostek anda ditangguhkan. Dan ketika akun Anda sudah terblokir, maka Anda tidak bisa lagi login dan mengakses aplikasi JAMSOSTEK MOBILE (JMO).

Jika Anda mengalami hal tersebut, cara mengatasinya adalah dengan melapor ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Nanti petugas akan membuka blokiran akun Jamsostek Mobile Anda agar bisa digunakan kembali. Dan bisa juga dengan menghubungi layanan dan pengaduan resmi asuransi BPJAMSOSTEK di nomor 175.


3. Akses di Luar Jam Operasional

Secara umum sebenarnya Anda bisa login ke aplikasi JMO Jamsostek Mobile dan memanfaatkan menu-menu di dalamnya kapan saja dalam 24 jam. Seperti cek saldo JHT, informasi program-program asuransi BP Jamsostek, registrasi akun JMO BPJS Ketenagakerjaan, daftar menjadi peserta BPJAMSOSTEK untuk segmen pekerja Bukan Penerima Upah, info kantor cabang pelayanan, dan lain-lain.

Akan tetapi ada beberapa fitur di aplikasi JAMSOSTEK MOBILE (JMO) yang memang hanya bisa dibuka di waktu-waktu tertentu saja. Misalnya fitur Pengkinian Data dan layanan pengajuan pencairan dana JHT secara online melalui aplikasi JMO, yang mana hanya bisa diakses dari jam 06.00 pagi hingga pukul 20.00 malam saja. Sehingga jika Anda tidak bisa membuka menu Pengkinian Data dan layanan Klaim JHT di JMO APK, mungkin Anda mengaksesnya di luar jam yang telah ditentukan tersebut.

Jadi solusinya apabila Anda tidak bisa menggunakan fitur Pengkinian Data dan Klaim JHT di aplikasi JMO karena aksesnya antara jam delapan malam hingga jam enam pagi, silakan buka lagi besok pagi pada jam operasionalnya.


4. Salah Email atau Password

Penyebab berikutnya kenapa peserta BPJS Ketenagakerjaan tidak bisa membuka aplikasi JAMSOSTEK MOBILE adalah lupa email dan kata sandi akun JMO BPJS TK.

Setiap peserta yang ingin mengakses aplikasi JMO, tentu wajib memasukkan alamat email dan kata sandi dengan lengkap dan benar. Apabila lupa email yang sebelumnya Anda gunakan untuk daftar akun JMO, jelas anda tidak akan bisa masuk ke aplikasi JMO Jamsostek Mobile. Kemudian lupa password, bahkan walaupun lupanya cuma satu huruf atau satu karakter saja, Anda juga tidak akan bisa mengakses akun aplikasi JMO Anda!

Makanya sangat penting bagi setiap anggota BPJS Ketenagakerjaan untuk mengingat nama email dan PIN/password akun Jamsostek Mobile (JMO) miliknya. Pasalnya akun peserta tidak akan berada dalam kondisi log in terus menerus, secara otomatis akan log out sendiri setelah beberapa jam tidak digunakan.

Cara mengatasi tidak bisa masuk ke aplikasi JMO akibat lupa password cukup mudah. Anda tinggal buka aplikasinya, kemudian di halaman login silahkan pilih menu Lupa Kata Sandi? lalu masukkan email akun JMO Anda, setelah itu klik Reset Kata Sandi. Periksa kode verifikasi yang dikirimkan lewat email, lalu masukkan kodenya di kolom yang telah disediakan di aplikasi, dan terakhir buat kata sandi yang baru.

Sementara jika gak bisa masuk ke aplikasi JAMSOSTEK MOBILE karena yang lupa alamat emailnya, solusinya adalah dengan menghubungi langsung pihak BPJS Ketenagakerjaan untuk dilakukan reset akun. Menghubunginya bisa lewat telepon ke call center BPJAMSOSTEK di nomor 021 175, bisa lewat chat di Facebook Fanpage BPJS Ketenagakerjaan yang resmi bercentang biru, dan bisa juga dengan cara datang langsung ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat.


5. Gangguan Jaringan

Hal lainnya yang bisa menyebabkan Anda tidak dapat atau sulit membuka aplikasi JMO Jamsostek Mobile adalah sinyal internet yang Anda gunakan di smartphone Anda. Karena Jamsostek Mobile (JMO) merupakan aplikasi online, tentu butuh jaringan internet untuk bisa mengaksesnya. Jadi Anda harus menggunakan provider kartu SIM atau jaringan WiFi yang sinyal internetnya cukup kuat dan stabil agar bisa menggunakan JMo Apk dengan lancar.

Jika sinyal internetnya lemah, apalagi sedang mengalami gangguan jaringan, tentunya Anda tidak bisa akses aplikasi JMO dan menggunakan menu-menu di dalamnya.


Itulah tadi beberapa hal menyebabkan aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) BPJS Ketenagakerjaan tidak bisa dibuka beserta cara mengatasinya. Mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda peserta BPJamsostek yang tengah membutuhkan informasi tersebut.

0 Response to "Inilah Penyebab Kenapa Aplikasi JMO Jamsostek Mobile Tidak Bisa Dibuka"

Posting Komentar