Berbagai Ide Kerja Sampingan di Hari Sabtu dan Minggu Biar Dompetmu Tebal Terus

Ada banyak macam jenis pekerjaan sampingan di kala weekend atau hari libur kerja sabtu dan minggu untuk Anda yang ingin memperoleh penghasilan tambahan. Kerja sampingan tersebut nantinya bisa menjadi sumber pendapatan lain selain penghasilan dari pekerjaan utama. Karena di jaman yang modern yang penuh persaingan seperti sekarang ini, banyak hal yang perlu kita lakukan untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup. Terkadang walau kita sudah bekerja keras setiap hari, tapi penghasilan yang didapat setiap bulan cuma pas-pasan bahkan masih belum bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari. Lalu bagaimana cara menyiasatinya?

Mencari penghasilan tambahan pada akhir pekan atau hari Sabtu dan Minggu bisa menjadi pilihan yang patut diperhitungkan. Apabila di hari libur kita tidak ada kegiatan, alangkah baiknya jika dipergunakan untuk mencari uang tambahan. Memang sebagian orang akan lebih memilih menggunakan waktu libur untuk bersantai atau beristirahat di rumah. Namun, jika kita bisa memanfaatkan waktu untuk mendapatkan duit, kenapa tidak?

Akan tetapi usahakan agar job sampingan ini tidak menguras waktu, tenaga, dan pikiran saat melakukannya. Jadi utamakan pekerjaan sampingan yang kita pilih adalah dengan berwirausaha atau menjalankan usaha sendiri. Dengan begitu, kita bisa mengatur sendiri waktu yang akan digunakan dengan menyesuaikan waktu luang kita. Kita juga bisa memilih sendiri bidang usaha apa yang bisa kita kerjakan dalam waktu seminggu sekali. Tetapi tak masalah juga jika pekerjaan sampingan tersebut bekerja pada pihak lain, yang penting tak mengganggu kesehatan dan juga pekerjaan utama kita.

Baca Juga: 6 Tips Penting Dalam Mencari Lowongan Kerja Agar Memperoleh Pekerjaan Impian

Uang Baru Rupiah Indonesia

Banyak contoh kegiatan usaha atau ide bisnis yang bisa dilakukan pada akhir pekan dengan hasil yang memuaskan. Dalam artikel blog Jangan Nganggur kali ini, kami akan memberikan beberapa contoh usaha kerja sampingan yang bisa Anda pilih dan coba lakukan. Selain untuk karyawan perusahaan, usaha ini juga bisa digeluti oleh mahasiswa dan juga pelajar untuk sekadar menambah uang jajan atau mengisi waktu luang.

Dan berikut ini beberapa jenis pekerjaan sampingan 2019 yang bisa dilakukan pada akhir pekan Sabtu dan Minggu:

Jualan di Car Free Day


Siapa yang tidak tahu Car Free Day? Acara yang disingkat CFD ini adalah hari bebas kendaraan bermotor, dengan tujuan agar masyarakat lebih peduli pada lingkungan hidup. Acara ini cukup rutin diadakan di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Yogyakarta, Makkasar, Pekanbaru, dan berbagai kota besar lainnya di penjuru daerah di Indonesia. Pengunjung yang mengikuti acara Car Free Day ini juga berasal dari bermacam-macam kalangan, sehingga semakin besar keuntungan yang bisa didapat dari berjualan di kegiatan sini.

Lalu, barang apa saja yang bisa dijual dalam acara ini? Banyak, dan biasanya penyelenggara acara tidak membatasi para penjual untuk menentukan barang yang akan dijualnya. Karena masyarakat yang mengikuti acara ini datang dengan berjalan kaki,  Anda bisa mencoba usaha berjualan minuman ringan seperti soft drink, jus, air mineral, dan sebagainya. Anda juga bisa melengkapi jualan minuman Anda dengan makanan ringan yang berupa camilan. Selain produk kuliner, Anda juga bisa berjualan segala jenis pakaian, aksesori, sendal, sepatu, hingga mainan anak.

Jualan di Bazar Dadakan


Pada akhir pekan, kita seringkali mendapati beberapa lokasi dijadikan bazar dadakan. Bisa di pinggir jalan, lapangan, dan sebagainya. Jika di tempat Anda diadakan bazar dadakan seperti ini, Anda bisa manfaatkan untuk menambah penghasilan di akhir pekan dengan ikut berjualan di sana. Karena barang-barang yang dijual murah, maka bazar dadakan ini cukup menguntungkan karena banyak pengunjung yang datang.

Barang-barang yang bisa Anda jual pun tidak jauh berbeda dengan berjualan di Car Free Day. Anda bisa berjualan kuliner makanan dan minuman, pakaian, aksesori, sendal, sepatu, mainan anak, hingga perabot rumah tangga.

Menulis


Menulis menjadi kerja sampingan tanpa modal yang bisa dilakukan di rumah khususnya pada hari Sabtu dan Minggu. Sebab menulis/mengarang itu butuh fokus yang tinggi, jadi cocok dikerjakan pada hari libur. Dan jika diseriusi, penghasilannya bisa sangat lumayan bahkan mungkin bisa melebihi pendapatan harian dari pekerjaan utama. Pekerjaan sampingan menulis ini juga sangat cocok bagi mahasiswa ataupun pelajar terutama yang hobi menulis.

Penulis lepas

Menghasilkan uang lewat job sampingan sebagai penulis lepas ini ada bermacam-macam jenisnya. Mulai dari menulis di blog sendiri, menjual artikel kepada para blogger dan situs-situs besar, menjadi kontributor di situs-situs yang membayar penulisnya, menulis cerpen untuk media, menulis buku dan sebagainya.

Baca Juga: Beragam Cara Menghasilkan Uang Tambahan Dari Hobi Menulis


Membuka Les Privat dan Pelatihan


Banyak orang yang memilih untuk membuka kursus dan pelatihan karena hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja untuk dilakukan. Jika Anda memiliki keahlian atau keterampilan yang bisa diajarkan kepada orang lain, Anda bisa memilih usaha ini dengan membuka jasa les privat atau kursus pada hari Sabtu dan Minggu. Misalnya membuka kursus bahasa asing, kursus komputer, kursus menulis, les mata pelajaran, les musik hingga kursus membuat blog. Atau jika Anda pintar memasak, merajut, menjahit, atau membuat kerajinan dari barang bekas, Anda bisa membagi keterampilan tersebut pada orang lain dan mendapatkan penghasilan tambahan dari sana.

Selain itu, di hari Minggu biasanya banyak sekolah yang mengadakan beberapa kegiatan ekstrakulikuler seperti olahraga, jurnalistik, fotografi maupun seni. Jika Anda punya keahlian di antara bidang tersebut, maka cobalah untuk melamar menjadi pendamping dan pembina ekstrakulikuler di sekolah-sekolah.

Menjadi Pemandu Wisata


Pekerjaan sampingan sebagai pemandu wisata pada hari Sabtu dan Minggu ini sangat cocok untuk pekerja pabrik maupun karyawan kantoran yang di hari-hari biasa sudah sibuk dengan pekerjaan utamanya. Dengan bekerja sampingan sebagai pememandu wisatawan, kita bisa memperoleh penghasilan tambahan sekaligus jalan-jalan.

Jadi jika Anda berdomisili di dekat tempat-tempat wisata, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk bekerja sampingan sebagai pemandu wisata pada hari Sabtu, Minggu dan juga hari-hari libur lainnya. Karena setiap hari libur, destinasi-destinasi wisata pasti selalu ramai didatangi wisatawan. Untuk memulai kerja sampingan ini, tentulah Anda harus memiliki wawasan yang cukup mengenai tujuan-tujuan wisata tersebut. Selain itu, kemampuan komunikasi yang baik dan bisa berbahasa asing terutama bahasa Inggris juga akan menjadi nilai tambah untuk melayani wisatawan dari mancanegara.

Untuk menjadi pemandu wisata, Anda bisa mengajukan diri pada perusahaan travel yang biasanya ada di dekat tempat wisata. Atau bisa juga secara mandiri dengan menawarkan jasa tour guide ke grup-grup wisata di sosial media.

Berjualan Keliling


Jika Anda memiliki kendaraan berupa mobil, Anda bisa memanfaatkannya untuk kerja sampingan berjualan keliling di akhir pekan. Barang yang bisa dijual janganlah yang berukuran terlalu besar dan memungkinkan untuk dibawa dengan kendaraan, seperti makanan dan minuman ringan, pakaian, sepatu, tas, dan sebagainya, asalkan tidak mengganggu pengguna jalan yang lainnya. Lokasi yang bisa kita pilih untuk berjualan juga harus strategis, seperti taman, tempat wisata, dekat pusat perbelanjaan, dan sebagainya yang ramai dikunjungi orang.

Selain mobil, kita juga bisa memanfaatkan sepeda motor, motor roda tiga, hingga food truck untuk berjualan. Yang penting ada kemauan, pasti ada jalan.

Kerja Part Time Sabtu dan Minggu


Kerja sampingan untuk mengisi weekend lainnya adalah bekerja part time khusus hari Sabtu atau Minggu. Jaman sekarang cukup sering pusat perbelanjaan, mall, supermarket maupun restoran-restoran besar yang membuka lowongan kerja part time setiap akhir pekan. Karena di hari Sabtu dan Minggu biasanya pengunjung pusat perbelanjaan maupun restoran menjadi lebih ramai dibandingkan pada hari biasa. Jadi mereka butuh tenaga kerja tambahan.

Dan upah kerja sampingan part time seperti ini biasanya lumayan besar dan langsung dibayarkan setelah jam kerja selesai. Nah, kalau Anda mau dan mampu, Anda bisa mencari lowongan kerja part time untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Itulah beberapa pilihan kerja sampingan 2020 untuk mencari penghasilan tambahan di akhir pekan Sabtu dan Minggu. Silahkan diilih jenis usaha yang sesuai agar tidak mengganggu stamina, waktu beristirahat dan juga pekerjaan utama Anda.

13 Responses to "Berbagai Ide Kerja Sampingan di Hari Sabtu dan Minggu Biar Dompetmu Tebal Terus"

  1. Kenapa saya daftar online, tapi pas menentukan tanggal kedatangan, tanggalnya ga bisa diklik ya

    BalasHapus
  2. mohon bantuan nya ny..td subuh saya daftar tp pas tentukan tanggal ny dlm proses saya tunggu smape jam sekarng sama jg tlng di bantu

    BalasHapus
  3. Kalo gak bawa kk asli adanya foto copy aja apa boleh? Yg asli di luar kota

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak boleh, Pak. Wajib melampirkan kartu keluarga yang asli.

      Hapus
    2. Saya gak bisa daftar antrian online , muncul notif ( opps! CEK DATA - mohon pastikan koneksi internet anda stabil dan silahkan anda coba kembali atau hubungi call center 175. ) Itu kenapa ya ?

      Hapus
  4. Ini Gmna Sh Stiap Penentuan Tanggalnya Gak Bs Trus, Bulan Mei, Juni, July, Agustus DST
    Tetep Ajja Gak Bs
    Masa Iyah Orang Antri Sampe Berbulan Bulan
    Mohon Pencerahannya Pak

    BalasHapus
  5. Mohon penjelasan atau solusi nya dong,kenpa pas tanggal nya sudah bisa di klik tapi pas ingin pilih jam malah dsruh pastikan koneksi stabil..padahal koneksi saya tidak bermasalah internet nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ulangi secara berkala, Pak. Tunggu beberapa jam kemudian.

      Hapus
  6. Sya sdh mndftar tpi tidak mendapat kode yg d kirim lwt email, sdh d cek lgi blng bukti sdh d kirim d email, gmn cara,ny dpt kode email antrian itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek bagian spam email, Pak. Bisa jadi masuk ke sana.

      Hapus
    2. Sama masalah saya juga begitu udh di cek di semua opsi email termasuk spam juga ga ada, udh 2x blm ketemu solusi nya

      Hapus
  7. Ssya sudah daftar antrian online semua berkas sudah saya photo saya upload tapi pas saya tekan selanjutnya data yang dikirim saya terdaftar dikantor cabang lain.. bagaimana apakah saya bisa ajukan antrian online saya ke kantor cabang lainya..trims

    BalasHapus