Beragam Cara Menghasilkan Uang Tambahan Dari Hobi Menulis

Ada beberapa cara mendapat penghasilan tambahan dari hobi menulis. Disebut penghasilan tambahan, karena cara-cara ini bisa anda lakukan sebagai pekerjaan sampingan yang tidak akan menggangu profesi utama anda. Bahkan jikalau ditekuni benar-benar, pemasukan yang didapat bisa lebih besar dari pekerjaan utama. Banyak orang yang sudah membuktikan hal tersebut.

Memang banyak juga profesi yang berhubungan dengan dunia tulis menulis seperti wartawan, penulis skenario, penggiat media online, dan lain-lain yang mendapat gaji bulanan dari perusahaan. Namun yang akan dibahas kali ini adalah cara mendapatkan uang sebagai penulis bebas, atau penulis lepas, yang penghasilannya bukan digaji tetap bulanan dan terikat oleh perusahaan. Melainkan dari kualitas dan kuantitas karya yang berhasil ditulis.


Nah buat anda yang suka merangkai kata lewat tulisan, berikut ini beberapa ide mendapatkan duit dari kegemaran anda menulis tersebut.

1. Menerbitkan Buku


Menulis buku merupakan cara lama menyalurkan hobi nulis yang bisa menghasilkan uang. Kalau anda menguasai suatu bidang dan punya ide-ide cemerlang dalam bidang tersebut, anda bisa menuliskannya menjadi naskah yang dijilid rapi, lalu dikirim ke penerbit. Atau anda punya imajinasi yang luas, pandai merangkai kata dan cerita. Anda juga bisa menuangkan cerita fiksi anda tersebut ke dalam tulisan, untuk kemudian juga ditawarkan kepada penerbit.

Nantinya jika pihak penerbit tertarik, karya anda akan dicetak menjadi buku dan dipasarkan ke toko-toko buku besar seluruh Indonesia. Selanjutnya anda tinggal menunggu royalti dari hasil penjualan buku anda tersebut. Kalau laku, apalagi masuk kategori best seller sehingga buku anda mengalami cetak ulang berulang-ulang, pastinya semakin banyak royalti atau duit yang terus akan anda peroleh.

Ditambah lagi kalau karya anda tersebut berupa buku fiksi, saking larisnya, sangat terbuka kesempatan untuk diangkat ke layar lebar oleh perusahaan perfilman. Dan kalau novel anda difilmkan, dijamin akan semakin melimpah pundi-pundi rupiah yang bakal anda terima hanya dari satu buku saja.

Dan kerennya lagi, di era teknologi canggih seperti sekarang ini, oleh penerbit buku anda bukan hanya dijual dalam bentuk fisik, tapi bisa juga dalam bentuk digital atau E-book. Jika buku fisik dipasarkan lewat toko-toko buku seperti Gramedia dan Gunung Agung, sementara kalau e-book diedarkan lewat Google PlayStore bagi pengguna android dan Appstore untuk pengguna iOS.

Menjadi penulis buku, selain bisa dijadikan pekerjaan sampingan yang hasilnya bisa sangat memuaskan, anda juga akan mendapat bonus menjadi orang terkenal. Contohnya saja Darwis Tere Liye, meski terkenal sebagai penulis buku, pekerjaan beliau sebenarnya adalah seorang akuntan. Atau Helvy Tiana Rosa, penulis novel-novel Islami ini juga berprofesi sebagai seorang dosen.

Foto Penulis Kidal yang kreatif dan keren


2. Mengirim Tulisan ke Media Lain


Selain menjadi penulis buku, cara menjadikan hobi menulis sebagai sumber uang lainnya adalah dengan mengirim tulisan ke media baik itu media cetak seperti koran, majalah dan tabloid, atau ke media elektronik atau online seperti website-website berita dan hiburan yang menerima tulisan dari netizen.

Bedanya dengan menulis buku, kalau menulis buku penghasilan anda akan dibayar dalam bentuk royalti. Artinya uang yang anda dapatkan tergantung dari jumlah buku yang terjual. Sementara kalau mengirim karya tulis ke media, anda akan dibayar berdasarkan jenis tulisan yang harganya ditetapkan oleh media yang bersangkutan.

Misalnya di surat kabar harian Kompas, honor untuk cerpen atau cerita pendek sebesar Rp 1.400.000, puisi Rp 500.000, sementara honor untuk rubrik opini Rp 850.000. Di koran Jawa Pos, fee untuk cerpen antara Rp 900.000 sampai Rp 1.000.000, dan Rp 500.000 untuk puisi.

Bukan hanya Kompas dan Jawa Pos saja, masih ada beberapa media cetak lainnya yang memberi honor untuk pengirim tulisan, antara lain Koran Tempo, Suara Merdeka, Suara Karya, Republika, Tribun Jabar, Media Indonesia dan lain-lain. Beberapa tahun lalu sebenarnya cukup banyak media cetak yang menerima dan membayar tulisan dari pembaca, seperti majalah Aneka Yess, Tabloid Gaul, Tabloid Keren Beken, Majalah Annida, Majalah Story, Majalah Kawanku dan beberapa lainnya. Namun semuanya sudah tutup akibat kalah pamor dengan maraknya media daring atau online.

Namun bermunculannya media online, juga tidak serta merta mematikan rezeki penulis lepas. Profesi penulis lepas terus dibutuhkan meski media cetak terus berguguran. Buktinya cukup banyak media online yang juga menampung karya tulis dari warganet dan memberikan bayaran yang layak. Misalnya mojok.co, situs yang terkenal dengan moto 'Sedikit Nakal Banyak Akal' ini, siap membayar Rp 350.000 per tulisan.

Ada juga basabasi.co. Kalau di sini honornya lebih bervariasi, untuk cerpen Rp 300.000, puisi Rp 250.000, esai Rp 300.000, rehal buku (resensi buku) Rp 200.000, dan hibernasi (artikel ringan) Rp 200.000. Selain Mojok dan Basa Basi, masih ada beberapa media online lainnya yang juga memberi fee untuk para pengirim tulisan, seperti geotimes.co.id, gogirl.id, cendananews.com, simalaba.com, joglosemarnews.com, hot.detik.com, dan lain-lain.

Dengan banyaknya media baik cetak maupun online yang menerima karya tulis pembaca, tentu menjadi peluang kerja sebagai job sampingan bagi anda yang gemar menulis. Semakin rajin anda menulis, semakin besar pula income yang akan anda dapatkan.

Tapi perlu diingat, dari tulisan-tulisan yang anda kirim ke media, tentunya hanya yang dimuat saja yang akan mendapatkan bayaran. Kalau tidak dimuat atau ditolak, anda bisa memperbaiki lagi tulisan anda tersebut, kemudian kembali dikirim ke media yang sama, atau boleh juga dikirimkan ke media yang lain.

3. Membuka Jasa Penulisan Artikel


Kegiatan menulis lainnya yang bisa menghasilkan uang ialah membuka atau menawarkan jasa penulisan artikel. Di jaman internet seperti sekarang ini, terus bermunculan blog, startup, marketplace, dan website dengan beragam topik menghiasi dunia maya. Nah, tidak semua pemilik blog atau pengelola website tersebut sanggup menulis sendiri untuk mengisi konten di dalam situsnya. Mereka butuh artikel dari orang lain. Untuk itu mereka akan mencari jasa penulis artikel atau membeli artikel.

Kondisi tersebut jelas menjadi peluang emas bagi anda yang demen menulis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Caranya anda bisa bergabung di grup-grup Blogger di Facebook, lalu promosikan jasa penulisan artikel anda. Untuk harganya, biasanya semakin panjang artikel, semakin mahal pula harganya.

Jika gaya menulis anda bagus, enak dibaca, serta bukan hasil copy paste, pasti banyak yang akan tertarik menggunakan jasa anda. Bahkan bisa jadi akan menjadi pelanggan setia dengan terus memesan artikel kepada anda.

4. Menjadi Kontributor di Website Besar


Cara mendapatkan uang dari menulis di internet lainnya selain cara nomor 2 dan nomer 3 di atas adalah dengan menjadi kontributor di situs-situs besar yang memang membuka lowongan bagi penulis-penulis lepas. Bedanya, pada cara nomor dua anda tidak terlibat langsung dengan website yang anda kirimi tulisan. Anda hanya mengirim tulisan dan menunggu kabar apakah karya anda layak dimuat atau tidak.

Sementara kalau menjadi kontributor, anda wajib punya akun di situs tempat di mana anda menjadi kontributor. Dan anda bisa langsung menulis di situs tersebut, bisa memilih gambar sesuai keinginan anda sendiri, dan juga bisa mengedit tulisan yang telah dipublikasikan. Artinya anda masih bisa mengendalikan tulisan anda tersebut.

Sedangkan kalau dengan cara yang nomor 3, bedanya pada hak milik tulisan. Di cara nomor tiga, karena sifatnya anda menjual artikel, maka tulisan anda akan menjadi hak milik pemilik blog atau situs. Saat karya anda diterbitkan, tidak ada nama anda sebagai penulis. Sementara kalau menjadi kontributor, tulisan akan dipublikasikan atas nama sendiri.

Honor menjadi kontributor berbeda-beda antara situs satu dengan yang lainnya. Ada yang dibayar per artikel, ada yang dihitung berdasarkan viewers, ada juga yang menggunakan sistem poin lalu poin tersebut bisa dicairkan dalam bentuk uang.

Walaupun saat ini belum begitu banyak situs yang menyediakan layanan ini, namun cukup bergabung di satu situs saja, jika ditekuni dengan benar akan sangat membantu menambah finansial anda. Contoh situs-situs membuka lowongan kontributor antara lain UC News, Babe News, idntimes.com, nulis.co.id, dan lain-lain.

5. Membuat Blog Sendiri


Menjadi seorang blogger juga merupakan cara menyalurkan hobi menulis yang bisa menghasilkan duit. Bahkan bisa dikatakan cara ini paling independen dibandingkan metode-metode sebelumnya yang telah disebutkan di atas. Pada cara-cara di atas, anda masih menulis untuk pihak lain, baik itu penerbit, media cetak, media online, pengelola situs dan pemilik blog.

Sementara jika anda menjadi Blogger, anda seperti memiliki media sendiri. Anda sendiri yang mengisi kontennya dengan tulisan-tulisan serta gambar atau foto pendukung, dan anda sendiri juga sebagai editornya. Semakin banyak tulisan yang dipublikasikan, semakin besar peluang blog anda ramai dikunjungi oleh pembaca. Dan, kalau blog sudah banyak visitornya, maka peluang mendapatkan uang sangat terbuka lebar.

Cara mendapatkan duit dari blog cukup banyak. Antara lain anda bisa mendaftarkan blog anda di layanan iklan PPC (Pay per Click) seperti Google Adsense, menyediakan slot iklan langsung, menerima kerjasama Content Placement, menulis artikel review berbayar, ikut program afiliasi, atau anda punya produk sendiri anda juga bisa menjualnya lewat blog anda.

Itulah berbagai tips mencari uang dari kegiatan menulis. Cara-cara di atas sudah banyak ditekuni banyak orang. Bahkan ada yang sampai resign dari pekerjaan utama karena penghasilan dari menulis jauh lebih besar. Hal tersebut membuktikan bahwa menulis bukan hanya sekedar hobi menuangkan pikiran lewat tulisan untuk mengisi waktu luang, tapi juga sekaligus bisa mendatangkan pemasukkan dan dijadikan pekerjaan sampingan.

Terima kasih sudah membaca. Semoga menginspirasi dan jangan lupa bagikan lewat sosial media supaya teman-teman yang lain ikut mengetahui informasi ini.

2 Responses to "Beragam Cara Menghasilkan Uang Tambahan Dari Hobi Menulis"

  1. Bro mau nnya dong, ad contoh lain lgi ga untuk yang nomor 2 (kirim ke media lain), Dan nomor 4 (kontribusi) ? Mau Liat" bedanya wkkwk. Trus CNBC atau jalantikus gitu trmsk yg nomor 2 kan?

    BalasHapus