Daftar Alamat Kantor Cabang dan KCP BPJS Ketenagakerjaan di Seluruh Aceh

Berikut kami informasikan daftar alamat kantor cabang dan kantor cabang perintis (KCP) BPJS TK yang terdapat di seluruh wilayah provinsi Aceh. Lengkap mulai dari alamat kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan kota Banda Aceh, Langsa, Lhokseumawe, Meulaboh, Tapak Tuan, Sigli, Bireuen dan Kutacane. Dan memang untuk sekarang ini masih ada beberapa kota kabupaten di Aceh yang belum memiliki kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan. Misalnya kota Suka Makmue, yang merupakan ibukota kabupaten Nagan Raya. Dan juga kota Takengon, sebagai ibukota kabupaten Aceh Tengah.

Sebagaimana diketahui, Badan Perlidungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK) atau yang saat telah berganti nama menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BPJAMSOSTEK), merupakan program publik yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu, yang penyelenggaraannya menggunakan mekanisme asuransi sosial.

Foto Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan kota Langsa Aceh

BPJAMSOSTEK sebelumnya bernama Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja), yang dikelola oleh PT Jamsostek (Persero). Namun sesuai UU No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS, PT Jamsostek berubah nama menjadi BPJS Ketenagakerjaan terhitung sejak tanggal 1 Januari 2014 lalu. Akan tetapi juga saat ini sudah berubah nama lagi jadi BP Jamsostek.

Baca Juga: Cara Terbaru Mencairkan JHT Dengan Metode Konferensi Video One To Many di Kantor Cabang BPJAMSOSTEK

Sebagai lembaga negara yang menjamin dan memberi perlindungan sosial kepada tenaga kerja, BPJAMSOSTEK siap melindungi pekerja dari berbagai sektor pekerjaan, baik pekerja formal maupun informal. BP Jamsostek bukan hanya memberi jaminan kepada pekerja di perusahaan atau Pekerja Penerima Upah (PPU) saja, tapi juga pekerja-pekerja individu yang bekerja secara mandiri dan bukan digaji oleh perusahaan. Misalnya petani, nelayan, tukang pangkas rambut, tukang tambal ban, freelance, pedagang, dan lain-lain.

Bedanya, untuk pekerja individu atau disebut pekerja Bukan Penerima Upah (BPU), ketika ingin menjadi anggota BPJAMSOSTEK, harus mendaftar mandiri dengan mendatangi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang ada di daerah pekerja yang bersangkutan. Atau bisa juga daftar secara online lewat website resmi BPJS Ketenagakerjaan, ataupun via aplikasi BPJSTKU.

Nah buat rekan-rekan pekerja yang berdomisili di Bumi Serambi Mekkah, berikut ini daftar alamat kantor cabang (Kacab) dan juga kantor cabang perintis (KCP) BPJS Ketenagakerjaan yang terdapat di seluruh provinsi Aceh. Barangkali ada teman-teman yang mau mendaftar menjadi peserta BPJAMSOSTEK. Atau mungkin bagi yang telah menjadi peserta mau mengurus pencairan uang Jaminan Hari Tua (JHT), mengambil dana Jaminan Pensiun (JP), klaim uang Jaminan Kematian (JKM), ataupun keperluan-keperluan lainnya terkait BPJS TK.

Kantor-kantor Cabang dan KCP BPJS Ketenagakerjaan yang terdapat di propinsi Aceh ini berada di bawah kantor wilayah (Kanwil) BPJAMSOSTEK wilayah SUMBAGUT (Sumatera Bagian Utara) yang meliputi provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan Nanggroe Aceh Darussalam. Untuk alamat kantor wilayahnya berada di kota Medan. Tepatnya di Jalan Kapten Patimura Nomor 334, Medan, Sumatera Utara. Dengan nomor telepon (061) 4536184, 4155674.

Sementara untuk Kantor-kantor cabang dan KCP, berikut daftar alamatnya:


Kantor Cabang BPJAMSOSTEK kota Banda Aceh

Jln. T. M Daud Beureuh No. 152, Banda Aceh. Telepon (0651) 23045, 635145.


Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Lhokseumawe

JL. MAYJEN T. HAMZAH BENDAHARA MON GEUDONG KOTA LHOKSEUMAWE 24351, LHOKSEUMAWE 24351, TELP: (0645) 43635-45873, FAKS: (0645) 43135


Kantor Cabang (Kacab) BPJS TK kota Meulabouh

JL. NASIONAL MEULABOH - TAPAKTUAN KM4, MEUREUBO, MEULABOH, kabupaten Aceh Barat, 20611, TELP: 0655-7551754, 755111.


Kantor Cabang BPJS TK Langsa

JL. AHMAD YANI, Gampong Baro, LANGSA LAMA, Kota LANGSA 24416, TELP: 0641-21886, FAKS: 0641-20628.


Kantor Cabang Perintis (KCP) BPJAMSOSTEK kota Tapak Tuan

Jalan Merdeka, Pasar, Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan, Aceh 23715.


KCP BPJS Ketenagakerjaan Bireuen

Jl.Sultan Iskandar Muda Kelurahan No.17c, Bireun Meunasah Capa, Kota Juang, Kabupaten Bireuen, Aceh 24251. Telepon (0644) 323738.


BPJS Ketenagakerjaan KCP Kutacane

Jl. Iskandar Muda No.1, Kota Kutacane, Babussalam, Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh 24651. Nomor telepon (0629) 21822.


Unit Layanan BPJS Ketenagakerjaan Kab. Aceh Tamiang

Jln Lintas Sumatera Medan - Banda Aceh, Kantor BNI, Kota Kuala Simpang, Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh 24475.


Kantor Cabang Perintis (KCP) BPJAMSOSTEK Sigli

No 11-12 Gp, Jl. Prof. A. Majid Ibrahim, Blang Asan, Kota Sigli, Kabupaten Pidie, Aceh 24114. Telepon (0653) 22500.

Baca Juga: Diskusi Tanya Jawab Seputar Pencairan Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan

Itulah tadi list kantor cabang dan kantor cabang perintis (KCP) BPJAMSOSTEK yang terdapat di seluruh wilayah propinsi paling barat Indonesia, yang terkenal dengan sebutan Taman Rencong itu. Semoga info lokasi kantor BPJS TK tersebut bisa membantu teman-teman pekerja yang ada di Aceh yang barangkali ada kepentingan terkait kepersertaan. Jangan lupa ketika ingin datang, pastikan pada hari dan jam pelayanan kantor BPJS Ketenagakerjaan, yaitu mulai hari Senin sampai Jumat, dari jam 08.00 pagi hingga 15.30 Waktu Indonesia Barat (WIB). Dan biar lebih mudah menemukannya, ada bisa mencari petunjuk arahnya lewat aplikasi Google Map.

1 Response to "Daftar Alamat Kantor Cabang dan KCP BPJS Ketenagakerjaan di Seluruh Aceh"

  1. Assalamualaikum 
    Selamat siang ,
    Saya RINDI ANTIKA, mau menanyakan kenapa saya belum di telefon juga padahal sudah waktunya untuk di VC online jam 14-15 wib oleh pihak BPJS ketenagakerjaan dengan no telpon berikut: 0895-3350-2746-1 wa/tlpn. Kenapa belum juga ada telpon atau WA yah?? Terimakasih 🙏

    BalasHapus