Diskusi Tanya Jawab Seputar Pencairan Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan

JHT (Jaminan Hari Tua) adalah salah satu program dari BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Ketenagakerjaan berupa manfaat uang tunai yang dibayarkan sekaligus (100%) pada saat peserta resign bekerja, memasuki usia pensiun, meninggal dunia atau mengalami cacat total tetap. Atau bisa juga diambil sebagian sebesar 10% atau 30% walaupun masih bekerja, yang penting peserta yang bersangkutan telah menjadi peserta BPJS TK minimal 10 tahun dan perusahaan tertib iuran dalam waktu 10 tahun tersebut.

Sebenarnya di asuransi sosial tenaga kerja BPJS Ketenagakerjaan ini tak hanya JHT, ada 3 program lainnya seperti JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja), JKM (Jaminan Kematian), dan JP (Jaminan Pensiun) yang sama-sama pentingnya karena memberikan perlindungan kepada para pekerja. Namun memang yang paling populer dan yang paling sering jadi pembahasan adalah program JHT, terutama dalam hal klaim atau pencairannya. Di situs Jangan Nganggur ini juga sudah banyak membahas tentang pencairan dana JHT.

Klaim Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan

Kali ini kami akan merangkum beberapa pertanyaan yang cukup sering disampaikan oleh teman-teman peserta BPJS Ketenagakerjaan dalam hal pencairan JHT di kolom komentar artikel-artikel blog ini. Mudah-mudahan dengan rangkuman ini, bisa meminimalisir pertanyaan-pertanyaan yang inti persoalannya sama antara pertanyaan yang satu dengan yang lainnya. Karena sebenarnya jika inti pertanyaannya sama, jawabannya kurang lebih juga akan sama.

Dan berikut rangkumannya:

Apa saja syarat-syarat untuk bisa mencairkan uang JHT seluruhnya?

Persyaratan klaim 100% dana JHT adalah sedang tidak bekerja di perusahaan manapun (menganggur), serta kartu BPJS Ketenagakerjaan sudah non aktif minimal satu bulan. Sedangkan syarat-syarat dokumen yang harus dilengkapi adalah:


  1. Kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan asli dan fotokopi.
  2. Paklaring atau surat pengalaman kerja asli dan fotokopi.
  3. KTP Elektronik asli beserta fotokopi.
  4. Kartu Keluarga asli dan juga fotokopi.
  5. Buku tabungan asli dan fotokopi.
  6. Surat PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu) yang pertama kali diterima khusus untuk peserta yang berhenti bekerja karena habis masa kontrak.

Kartu Jamsostek/BPJS TK saya hilang, apakah masih bisa mencairkan JHT?

Bisa. Karena tabungan JHT merupakan hak peserta walaupun kartu kepesertaannya hilang ataupun rusak. Sebagai pengganti kartu yang hilang tersebut, silahkan mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan sendiri dari kartu digital yang terdapat di aplikasi BPJSTKu.



Saya tidak memiliki paklaring (entah karena hilang atau memang tidak dibuatkan paklaring ketika berhenti bekerja). Apakah bisa mengurus pencairan dana JHT tanpa paklaring?

Paklaring merupakan salah satu syarat berkas yang harus dilampirkan pada saat mengajukan klaim uang JHT. Jadi jika tanpa berkas tersebut, maka pengajuan klaim tidak akan diproses alias ditolak. Solusinya silahkan meminta dibuatkan paklaring di PT tempat anda bekerja dulu. Sebenarnya tidak harus Paklaring (Surat Pengalaman Kerja), bisa juga dalam bentuk Surat Keterangan Sudah Berhenti Bekerja, Surat Pengunduran Diri, surat rekomendasi/keterangan untuk mengurus pencairan dana JHT. Intinya anda membawa surat dari perusahaan yang membuktikan pernah bekerja dan sudah berhenti di perusahaan tersebut, dengan mencantumkan tanggal mulai dan tanggal berhenti kerja.

Saya tidak bisa membuat ulang paklaring karena perusahaan tempat saya dulu bekerja sudah tutup. Bagaimana solusinya?

Kalau demikian kasusnya, silahkan dikonsultasikan di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan tempat anda ingin mencairkan dana JHT. Nanti petugas BPJSTK akan melacak apakah benar perusahaan tempat anda bekerja dulu sudah tutup atau masih beroperasi. Jika benar-benar sudah tutup, biasanya anda akan diminta membuat surat pernyataan bermaterai bahwa perusahaan telah nonaktif. Setelah itu, berbekal surat pernyataan tersebut anda bisa klaim uang JHT tanpa paklaring.

Saya belum memiliki KTP elektronik. Bisa tidak mengurus klaim dana JHT tanpa e-ktp?

Tidak bisa. KTP elektronik juga merupakan berkas yang wajib disertakan saat mengklaim dana JHT. Jadi silakan dibuat dulu KTP-EL anda di kecamatan atau Disdukcapil di wilayah tempat tinggal anda. Nanti kalaupun KTP-nya belum jadi, untuk klaim Jht-nya bisa menggunakan resi e-ktp. Tapi tentunya harus resi resmi yang dikeluarkan oleh Disdukcapil.

KK (Kartu Keluarga) saya hilang, bolehkah mengambil dana JHT dengan menyodorkan fotocopy-annya saja?

Tidak boleh. Semua berkas persyaratan klaim dana JHT, mulai dari kartu BPJS TK, E-KTP, KK, Paklaring hingga buku rekening tabungan, wajib menyertakan berkas aslinya. Tidak boleh hanya berupa salinan atau fotokopi. Jadi kalau KK-nya hilang atau belum punya, mohon untuk diurus dulu pembuatan KK yang baru.

Saya tidak mempunyai nomor rekening bank sendiri, apa bisa menggunakan buku tabungan adik saya?

Wajib buku tabungan pribadi. Tidak dibolehkan memakai buku tabungan orang lain siapapun itu. Mau rekening adik, kakak, anak, ayah, ibu, pak RT, siapapun tetap tidak boleh. Jadi jika belum memiliki rekening bank sendiri, mau tidak mau ya harus buat. Toh buka rekening tabungan tidak susah, dan bank yang digunakan bebas boleh bank apa saja.

Saya dulu merantau dan bekerja di Jakarta, sekarang sudah mudik ke Malang. Apakah bisa mencairkan JHT di Malang?

Sangat bisa. BPJS Ketenagakerjaan sudah lama menerapkan sistem online. Sehingga pencairan tabungan JHT bisa dilakukan di kantor-kantor cabang BPJS TK manapun seluruh Indonesia. Yang penting alamat yang tercantum di e-KTP sama dengan alamat yang tertera di KK (Kartu Keluarga).

Apakah pengajuan klaim dana JHT bisa diwakilkan oleh orang lain?

Tidak bisa. Proses pencairan dana JHT wajib dilakukan oleh peserta yang bersangkutan, tidak boleh diwakilkan oleh orang lain siapapun itu. Kecuali untuk peserta yang telah meninggal dunia, maka ahli waris yang berhak mengurus pencairannya.

Saya baru bekerja 1 tahun, apakah uang JHT bisa dicairkan?

Tentu saja bisa karena itu merupakan hak pekerja. Baik baru bekerja 1 tahun, 2 tahun, baru kerja sebulan, berapapun lamanya kita bekerja, uang JHT bisa diambil penuh setelah sebulan berhenti kerja dan memenuhi syarat-syarat yang lainnya.

Saya memiliki 2 kartu Jamsostek/BPJS TK. Apakah bisa dicairkan sekaligus?

Asalkan semua kartu tersebut sudah tidak aktif, serta masing-masing kartu dilengkapi Paklaring/Surat keterangan sudah berhenti kerja dari perusahaan, maka uang JHT dari beberapa kartu bisa dicairkan sekaligus.

Terus bagaimana caranya mengetahui kartu atau kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan masih aktif atau sudah nonaktif?

Bisa ditanyakan ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Atau paling gampang silahkan cek di aplikasi BPJSTKu.



Jika ternyata kartu BPJS Ketenagakerjaan masih aktif, bagaimana cara menonaktifkannya?

Penyebab kartu BPJS TK masih aktif adalah karena perusahaan belum melaporkan ke pihak BPJS Ketenagakerjaan bahwa anda telah berhenti bekerja. Jadi untuk proses penonaktifannya, silahkan hubungi perusahaan tempat bekerja dulu, ingatkan bahwa kepesertaan anda di BPJS Ketenagakerjaan masih aktif, sehingga dana JHT belum bisa diambil.

Saya punya dua kartu BPJS Ketenagakerjaan, yang satu dari perusahaan lama dan sudah non aktif. Sementara satunya lagi dari perusahaan baru yang sekarang menjadi tempat bekerja saya. Apakah kartu yang lama bisa diklaim?

Jika sekarang masih aktif bekerja di perusahaan baru dan memiliki kartu kepesertaan BPJS TK yang baru, uang JHT dari perusahaan yang lama belum boleh dicairkan. Lebih baik saldo JHT dari perusahaan lama digabungkan (amalgamasi) saja dengan saldo JHT di perusahaan yang sekarang, supaya nanti pada saatnya diklaim tidak repot membawa banyak berkas.



Dulu saat bekerja dan diikutsertakan di BPJS Ketenagakerjaan oleh perusahaan, saya masih menggunakan KTP dengan alamat lama. Sekarang sudah mempunyai KTP baru dengan alamat yang berbeda, apakah bisa mencairkan JHT menggunakan KTP baru tersebut?

Bisa. Yang penting alamat yang ada di KTP baru tersebut, sesuai dengan alamat yang terdapat di KK. Dan tidak ada data-data lainnya yang salah antara KTP dan KK misalnya nama ibu kandung, tempat tanggal lahir dan NIK (Nomor Induk Kependudukan).

Alamat yang ada di KTP Elektronik dan KK (Kartu Keluarga) sudah cocok, tapi tidak sama dengan alamat yang tertulis di Paklaring? Gimana tuh?

Kalau itu tidak apa-apa. Kan tidak semua peserta BPJS TK langsung mengambil dana JHT-nya begitu keluar kerja. Ada yang sengaja membiarkannya bertahun-tahun untuk tabungan, nah dalam masa pembiaran itu bisa saja ia berkali-kali pindah alamat tempat tinggal.

Data-data kependudukan sudah sama antara KK dan KTP, namun ada sedikit perbedaan dengan data-data di kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Misalnya nama dan NIK yang tertulis di Kartu BPJSTK berbeda dengan yang ada di KTP dan KK, apakah bisa menimbulkan masalah?

Hal itu bisa membuat pengajuan klaim dana JHT ditolak. Maka jika ada data-data kependudukan yang tidak cocok dengan data-data di kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, harus membawa berkas tambahan berupa Surat pengantar dari perusahaan perihal koreksi data.

Bagaimana cara mencairkan dana JHT?

Ada beberapa cara mengurus pencairan duit tabungan JHT, dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Bisa diajukan langsung di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan, bisa melalui SPO bank-bank tertentu yang ditunjuk BPJS Ketenagakerjaan, dan bisa diajukan secara on-line menggunakan layanan E-klaim JHT. Silahkan dipilih sesuai keinginan anda:

Berapa lama proses klaim sampai dana JHT cair dan masuk ke rekening?

Untuk soal ini setiap kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan mempunyai estimasi waktu yang berbeda-beda. Ada yang menjanjikan dana akan cair dalam waktu 5 hari kerja setelah klaim disetujui. Ada yang 7 hari bahkan ada pula yang sampai 10 hari kerja. Jadi tinggal mengikuti estimasi waktu yang diberikan oleh kantor cabang BPJS TK tempat anda mengurus klaim JHT.

Saldo JHT sudah nol, dan sudah melebihi batas waktu yang dijanjikan kantor BPJS TK, tapi kenapa uangnya belum juga masuk ke rekening?

Yang penting saldo 0, itu berarti klaim JHT anda sudah berhasil. Tinggal menunggu saja dananya terkirim ke rekening. Masalah keterlambatan memang sesekali terjadi karena berbagai faktor. Tapi yang pasti dananya bakalan masuk. Tidak pernah ada kejadian uangnya gagal terkirim apalagi salah kirim ke orang lain. Jadi solusinya cukup dengan bersabar menunggu.


Demikianlah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan sahabat-sahabat peserta asuransi BPJS Ketenagakerjaan. Dan kami mohon, untuk tidak membuat atau mengulang pertanyaan yang intinya sama dengan yang sudah tertulis di atas. Jika ada pertanyaan lainnya seputar pencairan saldo JHT (Jaminan Hari Tua) dari BPJS Ketenagakerjaan, silahkan sampaikan di kolom komentar.

91 Responses to "Diskusi Tanya Jawab Seputar Pencairan Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan"

  1. Yang terhormat bagaaimana cara mengganti email yg sdh terdaftar tapi alamat email tersebut sdh tidak aktip lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan menghubungi BPJS Ketenagakerjaan, bisa lewat call center atau melalui official fanpage Facebook BPJS TK, nanti anda akan diminta data-data kepesertaan untuk reset email lama. Setelah itu baru bisa daftar lagi menggunakan email baru.

      Hapus
  2. jika tidak membawa KTP & KK asli apakah bisa... karena KTP & KK dipakai untuk pembuatan surat pindah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa, Pak. Wajib membawa KTP dan Kartu Keluarga yang asli.

      Hapus
  3. Kl perusahaan ndakau ngasih surat pengunduran diri gimana caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alasannya apa? Perusahaan wajib membuatkan paklaring atau surat rekomendasi sebagai syarat untuk mencairkan tabungan JHT selama bekerja.

      Hapus
    2. Sore mas riyan,, saya kasusnya sperti itu,, dlu saya kerja dipt albani corona lestari slh satu yayasan diindomaret,, nah saya kurang jlas dlu kontrkanya brapa thn slma bekerja,, dan saya bekerja sekitar 7 8 bulan dan saat itu saya dipindah2 otomatis saya kadang binggung sama toko tersebut, dan akhirnya saya gak masuk sampai saya keluar,, stelah itu saya kerja dipabrik,, dan skrang k3na pengurngan kerja, tpi saya ada paklaring,, dan bpjs yg diindomaret itu disambung sama perusahaan yg trakhir sya bekerja,, tpi di aplikasi bpjsku itu ada 2 slot dri pt albani sama mayora,, kok saya mau cairin gk bisa ya hrs ada paklaring pt yg lama pdhl itu 1 bpjs,, dan saya ke kantor albani atau pt lama hrd nya gak mau ngasih dikarenakan sya keluar tdk sesuai aturan,, dan saya hars mengganti rugi sama pt lama dngan denda 12 jt,, sedangakan saldonya gak ada sgitu,, gimana ya itu mas mohon bantuanya,krna lg kesusahan akibat pandemi ini 🙏😢😢😢

      Hapus
    3. Lalu solusinya ini gimana akhirnya mas rohman?

      Hapus
  4. Saya terdaftar di bojs th 2010 maret sd desember 2011
    Tapi saat ini kartu saya belum saya cairkan..kira2 berapa %uang saya mengembang di bpjs
    Apakah hanya dihitung selama 21 bulan saya bekerja atau selama 8 th terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dihitung dari iuran saat masih bekerja dan pengembangannya sampai sekarang. Biar lebih tau detail saldonya cek saja via aplikasi BPJSTKu.

      Hapus
  5. jika kk baru belum jadi karena pengurangan keluarga kita bawa bukti surat kk sementara dan bawa kk yang lama apa bisa untuk mencairkan bpjs?

    BalasHapus
  6. Saya gk bisa masuk ke aplikasi BPJSTKU karena lupa no hp yg sudah terdaftar make email yg dlu.bagaimana caranya agar bisa masuk lagi yaa?

    BalasHapus
  7. Salam Pak mau tanya jika kartu jamsostek saya terdiri dari beberapa perusahaan ketika mencairkan saldo apakah harus melampirkan semua paklaring atau hanya perusahaan terakhir saja?

    Terima kasih

    BalasHapus
  8. Malam pak, mau tanya kalau nama di e-ktp sama di kartu JHT beda 1 huruf apakah bisa pak?
    Dan kalau gk bisa gimana solusinya?

    BalasHapus
  9. permisi
    karna wabah korona kantor cabang dikota bogor tutup.
    saya sudah antri online tanggal 24 maret 2020 lalu di suruh untuk scan data2 dan kirim ke email(yg dituju) melalui hp, akhirnya pas jm 3 sore ada video call dari anggota bpjs terus wajah saya di screenshot oleh anggotanya setelah selesai hanya bilang "terimakasih mba" langsung dimatiin begitu saja tidak ada pnjelasan dari anggota bpjsnya sama sekali sampai 2 hari dan detik ini juga tidak ada Kejelasan sama sekali dari WA,SMS,dan TELPON. saya mau tanya kenapa urusan saya klaim bpjstk digantung tanpa ada kejelasan di acc / tidak acc nya ?

    BalasHapus
  10. Mengapa saat saya sudah bisa menentukan lokasi klaim bpjs namun saat pemilihan tanggal selalu sedang proses nya lama sekali. Apa ada yg salah? Mohon dibantu jawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya mau daftar manual klo paklaring menyusul bisa tidak

      Hapus
  11. Maaf saya mau bertanya.saya sdh berhenti bekerja lalu saya mencoba mencairkan jht dengan syarat yg lengkap tetapi tidak bisa dicairkan dengan alasan sdh bekerja lg tp diperusahaan lain.apa memang tdk bisa kalau sdh bekerja lg??
    Trs sekarang diperusahaan yg baru semua karyawan diliburkan karena korona termasuk saya.bisakah saya mengambil jht saya yg diperusahaan lama??

    BalasHapus
  12. Knp kok jdi ribet bgt mau cairin uang sendiri,gra2 KK.nya bukan terbaru,kk.nya cuma di ttd pak camat,!

    BalasHapus
  13. Mhon pencerahan nya.untuk klaim bpjs tenaga kerja.saya punyak 3 kartu bpjs tenaga krja.smua sudah nonaktif,rencana mau klaim 1 kartu yg sudah lengakap data nya apakah bisa.karena yang 2 kartu lain nya masih belum ada surat paklaring nya. Saya mahon bantuanya.

    BalasHapus
  14. Permisi pak/ibu ini saya dengan murdini saya suadah mngejukan pencairan dana BPJS ketenaga kerjaan dan saya sudah dapat nomor antrian online nya tetapi dri pihak BPJS saya tidak dapat prihal kelanjutan pak/ibu

    BalasHapus
  15. Permisi bapak ibu ,,klo kartu bpjs nya hilang apakh sy msh dpt mencairkn dand jht

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat bisa, Pak. Dana JHT adalah hak pekerja. Jika masih ingat nomor KPJ-nya silahkan cetak sendiri kartunya dari digital BPJS Ketenagakerjaan yang ada di aplikasi BPJSTKU. Jika lupa no kartunya, bisa ditanyakan ke perusahaan tempat anda bekerja dulu, atau tanyakan ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdaftar.

      Hapus
  16. Ko ribet ya,padahal mau resign.tp langsung masuk perusahaan baru.kenapa ga bisa cair kalo lg kerja.padahal d perusahaan lama gada sangkutan nya sama perusahaan baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang seperti itu aturannya. Jika saldo JHT di perusahaan lama ingin dicairkan, jangan bekerja di perusahaan yang baru.

      Hapus
  17. Mohon dijawab,saya sudah lama berhenti bekerja,saya sudah dinonaktifkan kepesertaan nya,.sudah hampir satu tahun saya daftar online nya,tapi masih masa tunggu satu bulan pernyataan nya,itu gimana ya solusi nya..sedangkan beberapa teman saya sudah ada yang pencairan,status sama nonaktifnya..mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dicek via aplikasi BPJSTKU, Pak. Apakah kepersertaan Anda memang sudah benar-benar non aktif. Jika kepersertaan sudah tidak aktif lebih satu bulan, seharusnya klaim JHT sudah bisa dilakukan.

      Hapus
  18. Selamat siang admin.
    Mau tanya
    Apakah bisa pencairan JHT menggunakan rekening milik orang tua ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak diperkenankan, Pak. Wajib buku rekening tabungan atas nama Anda sendiri.

      Hapus
  19. selamat siang admin
    mau bertanya, kalo mau klaim jht online tapi ktp saya buram, saya ada SIM sama KK asli apakah bisa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus KTP, Pak. Tidak bisa kartu identitas lain, karena nomor indentitas NIK akan dicocokkan dengan data-data kepersertaan Anda di BPJS Ketenagakerjaan. Jika buramnya tidak parah, Coba diurus manual saja dengan langsung mendatangi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan. Jangan via online.

      Hapus
  20. Selamatpagi kak, saya mau tanya saya punya bpjsketenagakerjaan dari perusahaan yg lama dan baru tidak tergabung , Saya sudah log in registrasi untuk bpjs yg lama saya mau cairkan tapi kenapa status bpjs ketenagakerjaan saya masih aktif ?
    2 bpjs ketenagakerjaan saya saya log in dihp saya yg hilang , dan lupa email dan katasandinya. Saya log in pake email baru gabisa. Mohon bantuannya.
    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solusinya akunnya direset dulu mbak. Cara resetnya dengan menghubungi BPJS Ketenagakerjaan baik via telepon maupun sosial media resminya, nanti anda akan diminta beberapa data diri dan kepersertaan guna proses peresetan. Nanti setelah akun lama berhasil direset (dihapus), anda baru bisa daftar lagi pakai email baru.

      Hapus
  21. Selamat Pagi BPJS,
    Saya mau tanya, saya hamil 7 bulan anak ke 3, rencananya mau steril sekalian tp. Dokter menyatan semua masih normal2 dan tdk ada indikasi perlu caecar, pertanyaannya kalo saya ttp minta caecar spy bisa steril sekalian, apakah operasi caesar saya tetap bisa di cover BPJS ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf saya kurang paham kalau tentang BPJS Kesehatan, Mbak. Mungkin mbak Diana bisa menghubungi call center BPJS Kesehatan di nomor 1500 400 untuk menanyakan masalah tersebut.

      Hapus
  22. Selamat pagi BPJSku...saya mau tanya,ank saya sudah alm 3th yg lalu,dia punya bpjs jht,baru skrg saya mau proses pengambilan bpjs jht ank saya,dulu setelah meninggal saya blm sempat ngurusinya.pertanyaan apakah akan cair bpjs alm ank saya karena sakit berhubung sudah 3th?? Terimakasih

    BalasHapus
  23. Mohon maaf mau tanya sya kan sudah pernah daftar antrian online pada tanggal 17 juli kemarin , dan saya dapat Email dari pihak BPJS ketenagakerjaan bahwa saya harus datang ke alamat kantor tersebut, tapi karena alamat nya jauh dari kota saya sya sya tidak datang untuk memenuhi undangan tersebut. Dan saat saya mau daftar antrian online lagi itu tidak bisa karena sudah pernah melakukan pengajuan claim . Apakah itu masih aktif atau gimana yaa pak/bu ??

    BalasHapus
  24. selamat siang bapak/ibu.saya mau bertanya.kenapa saat saya mendaftar antran online saat mau di submit ada pesan " maaf anda sudah pernah mendaftar dengan data yang lain.silahkan mencoba dalam ..... menit "padahal saya blm pernah mendaftar sebelumnya.apakah itu sudah terfaftar atau belum?dan sesudahnya tidak ada email yg masuk untuk konfirmasi ke saya.mohon penjelasannya bapak/ibu.terima kasih sebelumnya..

    BalasHapus
  25. Saya mau taya tolong di jawab saya mau cairin dana bpjs tapi data diri saya yg saya daptar ke jamsostek berbeda no nik ektp sama kk yg sekarang gimana masih bisa kah di cair kan mohon di bls

    BalasHapus
  26. Saya mau tanya saldo akhir TK saya kan 5jt tuh yang tertulis di histori saldo TK saya.. Tapi kenapa yang masuk ke rekening saya cuman 1,7jt aj.. Masalah nya di mana ya ko ga masuk sesuai saldo akhir nya 5jt..

    BalasHapus
  27. Pagi Pak, sya mau tanya. Mau tanya ke kantor cabangnya sekarang harus antri lama. Mengenai kepesertaan BPU dengan program JKK & JKM. Sampai usia berapa perserta BPU mendapatkan perlindungan program tersebut? Misal begini, usia peserta 65 tahun kemudian meninggal saat kepesertaan masih aktif dan dan aktif membayat iuran. Apakah masih masih berhak mendapatkan manfaat ptogram JKM? Terimakasih.

    BalasHapus
  28. Siang pak..saya mau nanya knp dana saya blom cair juga ya padahal ini sudah seminggu..sedangkan temen yg barengan sama saya itu sudah cair dalam waktu 3 hari dari tanggal pengajuan..mohon infonya apakah ada pemberitahuan sebelumnya apabila dana JHT saya sudah cair atau blom..

    BalasHapus
  29. Malam pa saya mau tanya saya punya Jamsostek diperusahan mau dicairkan tapi tahunnya bermasalah saya kerja 2007 sampai 2009 msh CV 2010 jadi PT dapat BPJS lalu saya keluar kerja THN 2013
    Jamsostek saya mau dicairkan eh ternyata pabrik msh nyetorin dua tahun bpjsnya sampe 2015 padahal 2013 saya udah keluar dari pabrik tersebut disuruh klaim ke pabrik soal kelebihan pembayaran jht oleh pabrik eh. Gimana caranya kalau pabriknya sekarang udah bangkrut
    Mohon penjelasannya pa
    Trimakasih

    BalasHapus
  30. Izin.. Bertanya. Bgaimana cara mengetahui jika kpj kita hilang dan lp no kpj.

    BalasHapus
  31. saya mengajukan pencairan jamsostek cuma kok yg verifikasi nanti dr cabang bulungan tanjung selor sementara saya di sumsel apakah bisa?

    BalasHapus
  32. Min mau tanya saya ada kartu bpjs 1 dulu saya bekerja dan sudah nonaktif . Setelah itu saya kerja keperusahaan baru dan meneruskan kartu bpjs lama yg blm saya cairkan. Skrng saya sudah tidak bekerja lg dab mau dicairkan itu yg dicantumkan dalam formulir 5 . Perusahaan lama atau yg baru

    BalasHapus
  33. Permisi ka mau nanya pencairan ketenagakerjaaan, di tracking bpjs ya sudah sampai pembayaran upah tapi di nomer rekening saya belum masuk uang ya ka. Itu gimana ya ka

    BalasHapus
  34. Sore pak sya mw brtnya
    Apa bsa BPJS ketenagakerjaan bsa d'cair kn jika KTP tdk berlaku lg n KTP lma beda nik dg KTP bru

    BalasHapus
  35. Siang pak, apakah bisa mencairkan bpjs ke rekening yg berbeda di bpjs tapi ada kartu tabungannya?
    Email saya yg terdaftar juga sudah tidak aktif lg

    BalasHapus
  36. Kalo trakling sudah sukses semua kapan dana masuk ke rekening pak

    BalasHapus
  37. Mau naya apa bisa mencairkan jht pake surat keterangan pengangkatan karyawan tetap

    BalasHapus
  38. Mau naya apa bisa mencairkan jht pake surat keterangan pengangkatan karyawan soalya saya keluar ga dapet surat pengalaman kerja.

    BalasHapus
  39. Sudah berulang x tlf call center bpjs,tidak direspon,pulsa sudah habis 20rb pagi ini,

    BalasHapus
  40. Maaf ka mau tanya ak kan pny 2 kartu BPJS trs ak mau cairin semua nya gmna cara nya yah

    BalasHapus
  41. Selamat malam mohon bantuan nya saya sudah daftar antrian online tanggal 2 september tapi sampai sekarang tanggal 13 september belum ada kelanjutan dari pihak bpjs mau daftar ulang tidak bisa padahal saya sangat butuh mohon di bantu

    BalasHapus
  42. Selamat malam bpjsku... Mau tnya istri saya kan prnh krj di perusahaan lama dpt BPJS trs udah keluar dr perusahaan lama kan,trs krj di perusahaan baru pke BPJS lama otmts kn Dananya kegabung tuh tp yg diperusahaan Bru tdk pnya paklringya . Semisal mau mencairkan yg diperusahaan lama sekian persen bisa gak ya min ,mencairkannya tidak 100% mohon lolosin.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga bisa dicairin kalau statusnya masih bekerja bapa..

      Hapus
  43. permisi mau tanya, jika tidak punya buku tabungan, gimana cara mencairkan bpjsnya?,
    Soalnya di bank BCA expres, tidak dikasih buku rekening, hanya kartu ATM saja,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minta diprint koran ja ke pihak bank nya, untuk pengurusan JHT, nantipihak bank mengerti kok..

      Hapus
  44. Misi saya mau tanya dong, kan saya habis kena pengurangan pegawai kerja dari bulan juni, nah teman2 saya yg nasip nya kaya saya mereka sudah bisa claim bpjs nya, kartu status peserta nya di bpjs sudah tidak aktif,
    Nah punya saya kok masih aktif terus ya statusnya, jadi belom bisa di claim nya,
    Apa ngaruh ya kalo abis claim kecelakaan kerja, jadi prosesnya cairnya dana ga bisa?
    saya soalnya habis mengalami jatuh dari motor dan sampai di operasi dan biaya nya di tanggung bpjs kecelakaan kerja semua,
    Mohon bantuannya yg tau solusi ya

    BalasHapus
  45. Mhn informasinya, saya punya 1 kartu BPJS utk beberapa perusahaan. Saat ini kartu saya sudah tidak aktif. Saya mau klaim JHT, utk Paklaring yg dibutuhkan hanya dari perusahaan terakhir kan? Mhn info ya..tks...

    BalasHapus
  46. Slmt siang, saya punya 1 kartu BPJS untuk beberapa perusahaan. Saat ini BPJS saya sudah tidak aktif. Jika saya mau klaim JHT saya, yg dibutuhkan Paklaring dari perusahaan yang terakhir kan? Mhn info ya. Tks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah, vaklaring dari perusahaan yg terakhir aja

      Hapus
    2. Kok saya gak bisa ya kalau kya gt?

      Hapus
  47. Apakah harus mengisi formulir BPU,agar kita bisa di VC.?
    Untuk klaim JHT..
    Saya dapat WA, harus mengisi, biar dapat di VC..

    BalasHapus
  48. Selamat sore bapak/ibu
    Kenapa tidak ada konfirmasi dari pihak bpjs ketenagakerjaan
    Perihal pengajuan saya
    Tanggal 14 oktober 2020 pukul 14:00-15:00
    Yang kata nya akan dihubungi diwaktu tersebut via online
    Saya sudah menunggu tapi tidak ada konfirmasi sama sekali

    Mohon konfirmasinya

    Terimakasih

    BalasHapus
  49. Halo ka
    Pklaring saya hilanh, dan saya mau minta lagi tapi pt sudh berubah nama, saya sudah dtng langsung ke pt. Tapi dia bilang tidak bisa buatkan paklaring karna data pt yg dulu sudah tidak ada. Itu solusinya gimana ya ka, mohon jawabannya

    BalasHapus
  50. Hallo kak saya mau bertanya kalau d tracking sudah beres udah d transfer. Pas saya cek ternyata atmnya udah d tutup gmna ya
    solusinya

    BalasHapus
  51. Saya terdaftar th 2011 dan saya resign 2020,,,saya cek saldo ternyata dari pihak perusahaan tidak membayarkan, yg saya tanyakan saldo jht yg ada,apa bisa saya ambil atau cair

    BalasHapus
  52. Halo ka mau Tanya kalau pihak bpjs sudah beres membayar. Tapi saya mau cek ke atm ternyata atmnya tidak aktip. Apa akan ada pemberitahuan dari pihak bpjs bahwa atm tidak aktip

    BalasHapus
  53. Siang bu mau nanya kalau mau bpjs saya itu dri pt yg lama trus disambung sama pt yg baru dan saya udh berhenti dan dpt paklaring yg pt terkhir,, sedangkan pt yg lama saya gak ada paklaring,, itu gmana statusnya bisa dicairin tidak,, krna saya mnta paklaring ke pt yg lama diimintain denda sbesar 12 jt pdhl saldonya gak ada segitu 😢😢😢? Mohon jawabanya

    BalasHapus
  54. Saya memiliki 2 kartu BPJS Ketenagakerjaan di perusahaan yg berbeda dengan status non aktif semua.Diperusahaan Pertama sy tidak memiliki data yang lengkap dan Diperusahaan ke Dua saya memiliki data yang lengkap.Pertanyaan saya apakah bisa saya mengajukan klaim saldo yang di ada Diperusahaan ke Dua saja yg semua datanya lengkap?

    BalasHapus
  55. Selamat malam min mau tanya dan saya ingin jawaban pasti.1 pencairan dana JHT harus menggunakan paklering dari perusahaan lama tetapi perusahaan tidak mau memberikan paklering ataupun pengalaman kerja dengan alasan sudah terlalu la berhenti kerjanya bagai mana kalau ada masalah seperti itu.apakah saya harus mengikhlaskan JHT saya dan tidak akan bisa mencairkan dana JHT sampai kapanpun kalau tanpa paklering dari perusahan yang lama mohon pencerahan nya min.terima kasih

    BalasHapus
  56. permisi kak mau tanya, saya mau cairkan JHT punya ibu saya (diwakilkan) terus pas proses wawancara online nya bisa sama saya atau tidak? terimakasih

    BalasHapus
  57. Bulan berhenti kerja apakah mengikuti berhenti kerja apa mengikuti bulan pembayaran iuran terakhir bpjs

    BalasHapus
  58. Selamat pagi, saya mau bertanya keluarga saya sudah lama mendapat BPJS waktu saya mau bayar iuran ternyata nomor nya tidak terdaftar, itu kenapa ya. Mohon bantuan nya Terima kasih

    BalasHapus
  59. Selamat malam bpjstku,saya mau tanya,perusahaan tmpt aq kerja belum bayar iuran mulai november 2019 sedangkan saya sdh berhenti kerja per Agustus 2020, pertanyaannya apakah saya bisa untuk daftar pencaira dana,soalnya smpek skrng saya minta surat paklaring gak di kasih dgn alasan perusahaan blm bayar iuran,mohon solusinya

    BalasHapus
  60. Mohon bantuannya. saya ingin mencairkan bpjs. d aplikasi terdpt 3 perusahaan dan udah gk aktif statusnya, saat mau mencairkan via online ternyata terdaftar 4 perusahaan menurut data bpjsk. namun saat bertanya k perusahaan bekas saya bekerja tidak ada data saya.jdi smpai skrng gk tau no peserta bpjs 1 perusahaan ini.jangankan minta vaklatingnya,no pesertanya juga tidak ada. gmna saya bisa tau no peserta nya yaa sedangkan di aplikasi hanya terdaftar 3 saja. mohon bantuannya

    BalasHapus
  61. AP kah Saya bisa mencairkan BPJS Hanya 1 Surat rekomendasi .. dari pihak pt Saya bekerja terahir?

    BalasHapus
  62. Mau tanya,kalau sy sudah ajukan klem bpjs dan udah dapat jadwalnya...tpi diperusahaan didaptarkan lagi(beda perusahaan) apa bpjs sy akan cair tida.

    BalasHapus
  63. Numpang Tanya. Saya sdh resign Dr perusahaan Selak desember 2020 Tp bpjs ketenagakerjaan Masih aktif saat ini. Paklaringnya sdh ada.apakah sdh Bisa me cairkan bpjs ketenagakerjaannya. Terima kasih

    BalasHapus
  64. Apakah bisa cairkan bpjs kalau kartu nya di tahan bank mandiri krn pinjaman kta ? Sedangkan kita udah gk kerja lg dan ada paklaring nya

    BalasHapus
  65. permisi saya mau nanya saya klaim bpjs via lapak asik online domisili saya di bogor tapi saya dapat jadwal verifikasi dimuara enim sumatra selatan... apakah itu tidak berpengaruh yerhadap klaim bpjs saya

    BalasHapus
  66. Selamat siang, mohon petunjuknya , jika saya punya 2 no jamsostek apakah saya bisa mencairkan salah satu jamsostek saja ,,terima kasih

    BalasHapus
  67. Halo BPJS, kepesertaan saya Sudah 10 tahun, rumah sudah Ada tanpa melalui KPR, alias rumah buat sendiri. Bolehkah mencairkan BPJS 30 % untuk renovasi rumah sendiri???

    BalasHapus
  68. Halo BPJS, kepesertaan saya Sudah 10 tahun, rumah sudah Ada tanpa melalui KPR, alias rumah buat sendiri. Bolehkah mencairkan BPJS 30 % untuk renovasi rumah sendiri???

    BalasHapus
  69. mat pagi..saya mau ber tanya tuk pihak PT. NAL.saya masuk kerja blm Maret 2011..dan saya mengundurkan diri pada THN 2018.sampai sekarang 2021 uang pengunduran diri saya pun blm ke terima.apa lagi yg lai nya..saya sgt membutuhkan uang Ter sebut .saya dah ngnggur lama.saya tinggalkan PT.nal.menurut info dari mandor semua sudah beres dan yg lain nya akan di paketkan.tapi knp setelah saya sampai di Bogor..semua tidak di ACC.olh asstn divisi/afdeling.apa uang pengunduran diri saya dll nya masih bisa saya terima jikalau suatu saat saya kekalimantan tuk ngurus itu..karna itu hak saya..mohon di jawab tuk pihak nal.trima kasih..nih no wa saya 081291321485..

    BalasHapus
  70. Siang kakak ... saya mau tanya

    Jika saya telah mengajukan antrian online trus saya mengajukan lagi secara manual apa bisa kak , di karenakan formulir yang saya isi tidak lengkap kak

    BalasHapus
  71. Selamat Sore

    Mohon dibantu saya mau cek saldo di aplikasi BPJSKU, akan tetapi setelah dibuka melalui email yang terdaftar " marfuah_26@yahoo.co.id" dan password bisa masuk (terbuka) akan tetapi setelah dicek no verifikasinya di email tersebut tidak saya terima, mohon pencerahannya terima kasih

    BalasHapus