Cara Menggabungkan Saldo JHT Jamsostek Dari 2 Kartu BPJS TK Atau Lebih

Membahas tentang bagaimana cara menggabungkan semua saldo JHT dari beberapa kartu BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek). Jika Anda peserta bpjs  tk aktif dan memiliki kartu peserta lebih dari satu dari perusahaan-perusahaan sebelumnya, entah itu 2, 3 atau 4 kartu dan seterusnya, sangat disarankan untuk menyatukan seluruh saldo uang jaminan hari tua yang terbagi-bagi dalam beberapa kartu tersebut.

Proses penggabungan saldo JHT biasa disebut amalgamasi. Dan ini penting, supaya nanti saat seluruh tabungan JHT tersebut akan kita cairkan, kita tidak repot lagi membawa paklaring sebanyak kartu BPJS TK yang kita miliki. Cukup membawa Paklaring dari PT yang terakhir.

Menggabungkan saldo JHT dari beberapa kartu

Dan juga kalau saldonya tidak digabungkan, kita tidak bisa mengecek jumlah saldo JHT secara keseluruhan. Kita terpaksa harus cek satu persatu. Kalau misalnya mau ngecek saldo lewat SMS, Aplikasi BPJSTK MOBILE, lewat ATM, kita harus mendaftarkan satu persatu semua KPJ kita, dan itu berarti kita harus memiliki banyak nomor handphone dan email. Karena satu no hp dan satu email hanya boleh dikaitkan dengan satu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, baik itu untuk membuat akun BPJSTK atau untuk mendaftar layanan SMS 2757. Jadi tentunya sangat merepotkan.
Baca Juga: Cara Mendaftar Antrian Online Untuk Pencairan Dana JHT di Kantor BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek
Tapi penggabungan saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan ini hanya bisa dilakukan jika status kita masih peserta aktif, artinya kita masih berstatus karyawan di suatu perusahaan. Kalau posisi kita sudah resign dan belum bekerja lagi, saldo tidak perlu diamalgasikan, kalau mau bisa langsung melakukan pengajuan pencairan saja.

Penyebab seseorang mempunyai banyak kartu Jamsostek tentu karena orang yang bersangkutan sering berpindah-pindah tempat kerja, kemudian pada setiap perusahaan diberikan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan dengan nomor kepesertaan yang berbeda-beda. Dan karena masing-masing kartu memiliki saldo sendiri-sendiri, maka saldo-saldo tersebut perlu digabungkan agar mudah dicek dan mudah pula ketika nanti akan dicairkan.

Lalu bagaimana langkah-langkah menggabungkan atau meng-amalgamasi saldo-saldo dari beberapa kartu tersebut?

Langkah pertama siapkan dokumen-dokumen persyaratan yang diperlukan untuk penggabungan saldo, yaitu:
  1. Semua KPJ (Kartu Peserta Jamsostek)/BPJS TK yang saldonya akan digabungkan atau diamalgasikan.
  2. Fotokopi Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan.
  3. Fotokopi KTP.
  4. Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  5. Paklaring atau surat keterangan berhenti bekerja dari perusahaan-perusahaan sebelumnya.

Setelah semua berkas lengkap, silahkan mendatangi HRD perusahaan tempat Anda bekerja yang sekarang. Nanti pihak perusahaan yang akan mengurus penggabungan saldo JHT Anda di kantor BPJS TK. Anda tinggal terima beres.
Baca Juga: Cara Mencairkan Saldo JHT Dari Beberapa Kartu Sekaligus
Atau jika tidak ingin merepotkan perusahaan, kita bisa mengurus sendiri dengan mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdaftar. Maksudnya adalah kantor BPJS TK yang mengeluarkan kartu peserta kita yang masih aktif, alias kartu BPJS TK di perusahaan tempat kerja yang sekarang. Dengan membawa berkas-berkas persyaratan yang telah disebutkan di atas.

Seperti itu saja langkah-langkahnya. Cukup mudah bukan?

Demikian informasi kami kali ini. Semoga bisa membantu teman-teman yang sedang mencari tata cara bagaimana menggabungkan semua saldo JHT BPJS TK dari beberapa kartu ke dalam satu kartu. Terimakasih.

243 Responses to "Cara Menggabungkan Saldo JHT Jamsostek Dari 2 Kartu BPJS TK Atau Lebih"

  1. Bullshit, aturan yang menyusahkan. Lupa ya itu hak pembayar bukan hak penyelenggara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bung Nadifrehan Dery.

      Ada yang bisa kami bantu terkait BPJS Ketenagakerjaan?

      Hapus
    2. apakah bisa di urus sendiri penggabungannya, karena hrd nya ga mau mengurusnya

      Hapus
    3. Nugroho Jati

      Bisa. Silakan diurus di kantor cabang yang menerbitkan kartu BPJS TK Anda yang paling terakhir (masih aktif). Terima kasih.

      Hapus
    4. Saya mau mencairkan bpjs ktenagakerjaan, saya hanya punya satu spk dari perusahaan terakhir, dari perusahaan sbelumnya saya tidak dapat, tapi kartu bpjsnya saya teruskan dari perusahaan lama sampai terakhir,
      Pas mau mencairkan kok malah disuruh minta spk dari perusahaan lama, padahal kartu bpjs saya cuma satu,dan itupun saya terusin dari prusahaan lama.
      Katanya hanya pake spk trakhir

      Hapus
    5. Maaf Mas, yang dimaksud spk itu apa? Apakah surat perintah kerja? Jika iya, harap Mas ketahui bahwa dalam pencairan JHT tidak ada syarat harus membawa spk. Terima kasih.

      Hapus
    6. Saya baru keluar dari peeusahaan tmpat saya bekerja tapi saya tidak diberi paklaring.. Bpjs saya masih aktif dan masih di isi oleh peeisahaan yang lama... apabila saya bekerja dan dapat kartu bpjs lagi apa bisa punya dua bpjs ketenaga kerjaan yang aktif terimakasih

      Hapus
    7. Taunya masih diisi oleh perusahaan dari mana? Masa ada perusahaan yang rela masih membayarkan uang iuran untuk orang yang sudah tidak bekerja di perusahaannya.

      Hapus
    8. Mas,, kartu bpjs saya ada 2.1 dari perusahaan dibatam tempat saya bekerja dulu. Dan 1 lagi ditempat yg sekarang. Aku daftar di bpjs mobile online dengan menggunakan kpj yg lama dengan nik. Pas saya buat untuk cek saldo kartu bpjs yg baru ini.. Gak bisa. Katanya nik anda sudah dipakai.. Gimana solusinya biar bisa daftar di bpjs mobile dengan menggunakan kartu bpjs yg baru ini

      Hapus
    9. Mas,, kartu bpjs saya ada 2.1 dari perusahaan dibatam tempat saya bekerja dulu. Dan 1 lagi ditempat yg sekarang. Aku daftar di bpjs mobile online dengan menggunakan kpj yg lama dengan nik. Pas saya buat untuk cek saldo kartu bpjs yg baru ini.. Gak bisa. Katanya nik anda sudah dipakai.. Gimana solusinya biar bisa daftar di bpjs mobile dengan menggunakan kartu bpjs yg baru ini

      Hapus
    10. Saldonya digabungkan dulu mas antara saldo JHT dari Perusahaan lama yang di Batam, dengan saldo JHT di perusahaan yang sekarang.

      Hapus
    11. Ingin meneruskan pertanyaan ini 》》Taunya masih diisi oleh perusahaan dari mana? Masa ada perusahaan yang rela masih membayarkan uang iuran untuk orang yang sudah tidak bekerja di perusahaannya.

      ■saya sendiri check melalui aplikasi BPJSTKU dari 2007-2016 padahal saya hanya bekerja 2007-2008
      Apakah saya benar/salah Allahualam karna data valid terakhir tercantum dan tertulis demikian mas riyan.terima kasih.

      Hapus
    12. Mas saya ingin menggabungkan 2 kartu bpjs di 2 perusahaan yg berbeda, ditempat prusahaan saya yg lama saya sudh resign, Dan sttus krtu itu sudh lama tidak aktif..(namun) paklaringnya sudah hilang. Dan saya sudah berkerja kembali, di perusahaan yg baru dan dapat kartu bpjs tk baruu,

      pertanyaan saya apakah bisa jika saya ingin mengurus ke kantor bpjs, untuk menggabungkan saldo tersebut?


      Dan, jika tetap tidak bisa digabungkan? Apakah bisa saya ingin mencairkan saja saldo bpjstk saya di perusahaan yg lama tsb.. Akan tetapi perusahaan tsbut itu sudah lama tutup. Mohon bntuam solusinya Trimaksih.

      Hapus
    13. Mas mau tanya klau mau mencairkan BPJS yng sudah digabungkan itu pakai paklaring yang terakhir bisa nggak

      Hapus
    14. Mas tanya dong, saya ada 2 kartu dengan perusahan yg sama tapi beda kota (kemayoran dg jakarta), dr perusahaan hanya mengeluarkan 1 paklaring. Temen2 saya bisa mencairkan dg mudah, sedangkan saya tidak bisa dengan alasan paklaring cuma 1, klu minta ke hrd lagi tidak mungkin, dan saya juga sudah kembali ke kpung halaman. Mohon solusi

      Hapus
  2. Berart harus kantor BPJS yang menerbitkan ya. karena saya kerja di kantor cabang semarang dan bertempat tinggal di semarang, sedangkan yang menerbitkan terakhir dari kantor pusat jakarta.

    terima kasih atas infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nugroho Jati

      Iya, benar. Jangan lupa membawa dokumen/berkas persyaratan penggabungan saldo JHT.

      Hapus
    2. mas mau nanya jamso
      tek kalo hilang bisadicairin ngx

      Hapus
    3. Bisa mas asal membuat surat keterangan hilang dari kepolisian.

      Hapus
    4. Untuk mengklaim saldo yg dari perusahaan lama bagai mana caranya om dan syaratnya apa ajah trims.

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    6. Klo BPJS-nya dari perusahaan yg sama bgmna cara menggabungkannya.bpjs pertama status masih kontrak,pas menjadi karyawan bikin jmsotek lagi.akhirnya dobel.saldo yg di Jamsostek pertama bisa digabungkan gak ke Jamsostek terbaru.mohon penerahannya

      Hapus
  3. Saya punya 2 kartu bpjs ,dan saya mau gabungin keduanya ,namun waktu saya berhenti di februari dikantor yang belum lama ini saya tidak ada surat paklaring. Namun untuk kartu yg 1 lagi dikantor yg tahun 2016 itu saya ada fc surat paklaringnya . Apa bisa digunakan untuk menggabungkannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ajeng Lavinda Apriliani

      Berarti kedua kartu tersebut tidak aktif? Dan anda saat ini sudah tidak bekerja lagi sehingga tidak memiliki kartu BPJS TK yang aktif?

      Kalau demikian saldo JHT tidak bisa digabungkan. Penggabungan saldo JHT dari beberapa kartu, hanya bisa dilakukan jika ada salah satu kartu yang masih aktif. Kalau sudah non aktif semua, tidak perlu diamalgasi, langsung dicairkan saja. Untuk làngkah2nya, Silakan Mbak baca diartikel kami yang berjudul: Cara Klaim JHT Dari Beberapa Kartu Sekaligus.

      Hapus
    2. Iya pak ,tapi kalo hanya ada 1 surat paklaring saja bisa ga ? Dan itupun hanya fotocopyan saja . Dan untuk 1 kantor lagi saya tidak dapat surat paklaringnya. Bagaimana pak?

      Hapus
    3. Dalam mengurus klaim JHT, wajib membawa paklaring asli dan fotokopinya satu lembar. Jika tidak klaim JHT pasti ditolak. Solusinya silahkan mbak urus kembali Paklaringnnya terlebih dahulu. Terimakasih. ;)

      Hapus
    4. Pak saya berhenti di tempat kerja lama .dan kartu bpjs ketenagakerjaan belum keluar ..sementara saya cek secara online ,di app bpjsku ;saya sudah terdaftar sebagai anggota tapi sudah nonaktif karena resign..ditempat kerja baru saya daftar lagi dan status aktif ..lah bagamana cara amalgasi saldo keduanya .sementara aturannya harus punya kedua kartu bpjs tersebut .. mohon bantuannya

      Hapus
  4. Mohamad Yusup Arfah

    Penggabungan saldo JHT hanya bisa dilakukan di kantor cabang terdaftar atau kantor yang menerbitkan kartu BPJS Ketenagakerjaan anda yang masih aktif. Tidak bisa dilakukan di kantor cabang mana saja. Terima kasih.

    BalasHapus
  5. Saya kerja di dua tempat dan dua duanya saya ikut bpjs ketenagakerjaan dengan satu kartu bpjs, kenapa stelah saya cek online perusahaan yang duluan nama ilang sedangkan yang baru ada, mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena digabungkan dan berarti hanya memiliki satu nomor referensi, tentu saja hanya di perusahaan yang terakhir yang muncul Mas Krisna.

      Hapus
  6. cara penggabungan bsa.kan di kantor BPJS d.mna saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa, Mas. Penggabungan saldo hanya bisa dilakukan di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdaftar, maksudnya kantor menerbitkan kartu BPJS TK kita yang terakhir.

      Hapus
    2. pak, untuk mengetahui cabang BPJS ketenagakerjaan kita yang terdaftar oleh perusahaan bagai mana cara kita tau, karena saya belum dapat dari HRD saya

      Hapus
    3. Tanyakan saja ke HRD perusahaan tempat anda bekerja Mas.

      Hapus
    4. Stelah kita tahu kantor bpjsnya..itu langsung ksana aja mas atau lwat online jg ? Kira2 prosesnya brapa lama mas?

      Hapus
  7. Saya punya 2 kartu bpjs di satu perusahan yg sama tpi sekarang sya sudah tdk bekerja d perusahan it... Dan 2 kartu it status ny sudah tdk aktif dan sya sudah pnya 2 plaklaring apa sya bisa mncairkan kan yg 1 ny yh sudah tdk aktif?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika saat ini belum terdaftar lagi menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan di perusahaan lain (belum bekerja lagi),tidak cuma satu, semua saldo di kedua kartu tersebut bisa dicairkan.

      Hapus
    2. Slamat malam mas riyan, saya mau tanya . Jadi masalah sy itu dulu saya bekerja dan mendapatkan kartu bpjs ketenaga kerjaan ,kemudian setelah saya pindah2 kerjaan akhirnya sy memutuskan untuk resign dan menjadi wiraswasta. .2 tahun berlalu sy kehilangan dompet (beserta kartu BPJS dll) , kemudian sekarang saya bekerja lg di tempat yang lain dan mendapatkan kartu BPJS ketenaga kerjaan yang baru. Pertanyaan nya apakah saldo BPJS ketenagakerjaan saya yg lama bisa di cair kan ? Atau saldo nya hanya boleh digabung ke kartu BPJS Ketenagakerjaan yang baru?
      Mohon informasinya ,terimakasih atas perhatiannya ..

      Hapus
    3. Karena saat ini sudah bekerja lagi, maka saldo JHT di kartu yang lama hanya bisa digabungkan, belum bisa dicairkan.

      Hapus
    4. Maaf saya mau tanya saya bekeeja di satu perusahaan tapi saya punya tiga kartu BPJS.yang dua ada paklaring nya yg satu gk ada ktnya kalo mau d gabung hrs ada paklaring semua apa gmna tmksh

      Hapus
  8. Saya dulu kerja th 98, dapet jamsostek.. Dan berhenti kerja th 2000. Apa masih bs di cairkan? Kartu jamsosteknya ilang😕

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat bisa, tapi silahkan dibuat dulu surat keterangan hilang dari kepolisian, dan lengkapi syarat2 yang lainnya.

      Hapus
    2. Pak Riyan kalo mau mencairkan bpjs terus kartu BPJS nya punya dua dari 1 perusahaan dan dua duanya sudah tidak aktif apakah bisa di cairkan dalam sekali Gus apa harus satu persatu

      Hapus
  9. Saya ada 2 kartu 1 tdk aktif dan 1 lagi aktif lalu oleh pihak bpjs di gabung ke kartu yg pertama yg tdk aktif.apakah ini sdh benar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja seperti itu, tapi berarti sekarang yang aktif adalah kartu yang pertama. Kartu kedua jadi non aktif. Satu nama dan NIK, tidak akan bisa memiliki 2 kepesertaan aktif.

      Hapus
  10. Saya punya BPJS sudah tidak aktif dr prusahaan lama . Trs d PT yg skrg belum dkasih kartu BPJS lagi . Dan saya cek online status nya sudah tidak aktif . Apakah saya bs mencair kan nya yg dr prusahaan lama ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba saja Mas. Kalau memang benar2 tidak terdeteksi ada kartu yang aktif, JHT bisa dicairkan. Nanti ketika sesi wawancara dan ditanya apakah sudah bekerja lagi, jawab saja belum.

      Hapus
  11. Saya punya 2 Jamsostek tapi yang satunya ga ada pakrarinnya coz yang satunya dari yayasan satu perusahan saya ga dkasih pakrarinnya alasan perusahaan saya belum lama bekerjanya dyayasan itu bisa ga tanpa pakrarin Jamsosteknya digabungkan dengan perusahan sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak harus paklaring Mas. Minta saja surat rekomendasi dari yayasan tersebut, yang isinya menyatakan bahwa benar anda pernah bekerja di yayasan tersebut dari tanggal sekian sekian, hingga tanggal sekian sekian. Jika tidak ada paklaring/surat referensi/surat rekomendasi, maka penggabungan saldo JHT tidak akan disetujui oleh kantor BPJS TK.

      Hapus
  12. saya ada rencana pindah perusahaan kemudian kartu bpjs yang saya daftarkan sama dengan perusahaan tempat saya bekerja sekarang. pertanyaannya, apakah saldo nya akan otomatis tergabung ataukah harus kita urus lagi penggabungan saldonya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saldo tidak bisa otomatis tergabung karena sudah beda perusahaan. Harus lapor ke HRD perusahaan anda bekerja sekarang, beritahukan bahwa anda masih memiliki kartu BPJS ketenagakerjaan aktif dari perusahaan sebelumnya. Nanti penggabungan saldo akan diurus oleh HRD.

      Hapus
  13. mau nanya mas, saya sampai selesai masa kerja di perusahaan belum diberi kartu bpjs dengan alasan kartu bpjsnya belum jadi, tapi sebagai gantinya saya diberi surat keterangan belum mendapat kartu bpjs yang berisi nomor kepesertaan serta keterangan belum mendapat kartu bpjs. apa saya perlu mengurus surat tersebut dalam artian mengganti menjadi kartu bpjs atau dengan surat keterangan saja sudah cukup untuk mencairkan dananya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, Mas. Karena itu bukan kesalahan Anda, kesalahan pihak BPJS Ketenagakerjaan kenapa belum juga menerbitkan kartu peserta milik Anda.

      Hapus
  14. Saya dpt 2 kartu dr 1 perusahaan yg sama,1 msh aktif dan 1 sdh nonaktif,utk amalgamasinya bisa dilakukan tdk?saya sudah tdk bekerja lg,apa harus dinonaktifkan dulu smua dan msing"minta paklaring sesuai kepesertaan kartu BPJS jadi saya dpt 2 paklaring ,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah tidak bekerja dan kartu sudah nonaktif semua, maka tudak bisa dilakukan penggabungan saldo JHT. Bisa langsung dicairkan saja.

      Dan karena belum digabungkan, maka setiap kartu masing-masing harus dilengkapi paklaring.

      Hapus
  15. Kalau kartu bpjstk nya hilang dan paklaring juga tidak ada hanya ingat no kpj bagaimana cara menggabungkan saldo di kartu bpjstk yg baru tolong jawabannya trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kartu yang hilang silakan membuat surat keterangan hilang dari kepolisian dengan mencantumkan no KPJ di dalamnya. Untuk paklaring silakan diminta kembali ke perusahaan tempat anda bekerja dulu jika perusahaannya masih beroperasi, jika sudah tutup maka bisa membuat surat pernyataan bermaterai.

      Hapus
  16. Saya punya dua kartu bpjs dari prusahaan pertama sudah tidak aktif, jadi saya tidak bisa lihat saldonya di aplikasi? Sudah saya coba tambahkan kpj tapi tidak berhasil. Yang muncul hanya kartu bpjs yang masih aktif saja.
    Lalu apa kartu yang sudah tidak aktif itu bisa dicairkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa, Mbak Sri. Syarat mencairkan JHT harus sudah benar2 non aktif dari kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, baik satu kartu maupun beberapa kartu. Silahkan digabungkan saja saldonya...

      Hapus
  17. Bagaimana cara mengetahaui no kjp yg hilang saya ada 2 kartu yg hilang dr perusahaan yg berbeda,
    Sedang kan sy masih aktif di bpjs tk dan ada kartu nya di perusahaan yg sekarang sy bekerja,
    Perusahaan yg dlu sy kerja sudah tutup dan kartu bpjs tk nya hlang,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika benar perusahaan sudah tutup, konfirmasi saja ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdaftar, nanti diberitahu langkah² apa yang musti diambil.

      Hapus
  18. Saya sudah mengajukan e-klaim dan ada panggilan ke kantor cabang, tapi saya punya 2 bpjs ketenagakerjaan dari perusahaan lama yang sudah mengundurkan diri dan dari perusahaan baru yang masih bekerja. Kira-kira saya mending datang ke kantornya atau tidak? Soalnya kalo punya 2 kan harus non aktif semua tapi ini masih aktif salah satunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya nggak usah datang mas. Karena jika masih ada kartu yg aktif, dana JHT belum bisa dicairkan.

      Hapus
  19. Sy krj 3 thun..pas sy cek saldo,trnyta sldo bpjs sy slma 3 thun krj cuma 7rts ribu..pas sy kpmpirmasi lngsung ke cabng bpjs yg d krw kta nya nma pnya 2 no bpjs dlm stu perushaan..dan di no bpjs yg stu lg itu bru bnr sldo nya..yg jd prtnyaan knp sy bsa pny 2 no bpjs dlm stu prushaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ada kekeliruan dari pihak perusahaan Mas. Kalau begitu gunakan saja kartu ya kedua mas, yang saldonya sesuai itu.

      Hapus
  20. Saya punya 2 kartu BPJS dari 2 perusahaan yang berbeda, yang satu udah gak aktif dan udah punya paklaring, sedangkan diperusahaan yang satunya masih aktif padahal saya udah risen 2 bulan yang lalu, apakah saya bisa mengklaim BPJS yg udah tidak aktif tp masih ada BPJS yg aktif ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo kepesertaan masih ada yg aktif JHT belum bisa dicairkan Mas, meskipun sudah resign kerja. Bilang saja ke perusahaan agar segera melaporkan anda ke BPJS Ketenagakerjaan bahwa anda sudah tidak bekerja.

      Hapus
  21. Mau nnyak mas kalau tidak Pakelaring apa bisa mencairkan saldo yg ada di kartu BPJS mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa Mas. Paklaring itu berkas wajib yang harus disertakan dalam proses klaim JHT.

      Hapus
  22. Apa bisa via online? Jika ga bisa kenapa ga dibuatkan via online, karena kalo kantor pusatnya di jkt pasti dibuatkan dicabang jkt, yg didaerah masa iya harus ke jkt cuma buat penggabungan andai hrd ga mau urusin..kalo bisa via online kan memudahkan. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hingga saat ini memang belum ada amalgamasi saldo JHT secara online, tapi mungkin metode tersebut sedang dikembangkan. Kita tunggu saja.

      Hapus
  23. Skrg info dri kacab, status bpjs sya sdah trgabung tpi ktika mlkukan pengecekan lewat aplikasi bpjs tk tidak ada ktrg an saldo jadi gimana solusi mslah ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba diulangi secara berkala, mungkin jaringannya sedang gangguan atau ada perbaikan dari pihak BPJS Ketenagakerjaan.

      Hapus
  24. Klo paklaring d pt yg lama ga ada gmn ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya diminta lagi saja Mas. Diurus kembali ke pt yang lama tersebut.

      Hapus
    2. Kalau saya ada 1 kartu bpjstk terdaftar didalamnya 2 perusahaan karena dulu diteruskan dari perusahaan lama.jadi Packlaringnya 2 perusahaan atau gimana pak?

      Hapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Penggabunganya kalau pake paklaring foto copy bisa gak mas. .? Trimakasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajib melampirkan yang asli Mas. Tidak boleh jika hanya fotokopinya saja.

      Hapus
  27. Gan saya punya 2 kartu BPJS TK tapi yang bisa dilihat dengan aplikasi hanya BPJS yang baru.. sedangkan yang lama tidak bisa dilihat menggunakan aplikasi.. tolong penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan digabungkan dulu mas, antara saldo JHT di kartu yang 1 dan kartu 2.

      Hapus
  28. Pak bu saya punya 2 krtu bpjs yg 1 sudah keluar dr pt lama dan yg ke 2 masih aktif di pt baru..apakah bisa di gabungkan saldonya tanpa menggunakan paklaring dr pt lama???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus menggunakan paklaring Mas. Wajib itu.

      Hapus
  29. Saya dulu punya kartu bpjs ketenaga kerjaan saya mau mencairkan tapi lupa no kartunya. Soalnya hilang
    Bagaimana saya mau mengetahui nya
    Dan sekarang saya sudah buat yang baru.. Apakah bpjs yang lama dan hilang itu bisa di cairkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mas. Tapi silahkan membuat surat keterangan dari perusahaan tempat anda bekerja dulu, dan juga surat kehilangan dari kepolisian.

      Hapus
  30. Saya punya satu kartu bpjs dr perusahan yg pertma tidak ada packlaringnya..sedangkan perusahanan yg kedua ada packlaringnya..apakah bisa dicairkan
    Balas · Hapus · 1 menit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanya kartu yang ada Paklaringnnya yang bisa dicairkan, yaitu yang kedua. Kalo kartu pertama mau dicairkan juga, silakan diurus dulu Paklaringnnya di perusahaan tempat ànda bekerja dulu.

      Hapus
    2. mohon untuk di respon pertayaan saya.
      sama mempunyai 4 kartu BPJS ketenagakerjaan tetapi 3 dari kartu tersebut cmn 1 yang aktif.
      pertayaan saya?
      1. bila dari 3 kartu BPJS itu tdk ada surat referensi kerja di karnakan 2 perusahaan sudah close alias failed gmn? dan saya tdak dikasih surat referensi kerja. dan 1 perusahan lagi... perusahan tdk mengeluarkan surat referensi kerja. gmn solusi. karna uang saya di BPJS ketenagaakerjaan ada hasil pemotongan gaji. dan HAK saya untuk mendapatkannya.
      mohom bantuannya supaya uang saya bisa di gabungkan ke kartu saya yang masih aktif. terima kasih

      Hapus
    3. Maaf mau tanya ka .apakah nomer kartunya sama?? Soalnya saya juga ini begitu ka

      Hapus
  31. Saya merasa dirugikan sebagai pemegang kartu jamsostek yg sekarang jd bpjs ketenagakerjaan saya sudah tidak bekerja dr tahun 2011 sampai sekarang ada niat mau mencairkan kartu bpjs ketenagakerjaan di salah satu cabang ternyata saya masih aktif bekerja hingga sekarang setelah diselidiki nama saya tercantum di salah satu perusahaan di pwk saya kaget kok bisa kartu saya dipakai sama org lain di perusahaan yg belum pernah saya datangi untuk melamar kerja dan saya sudah datangi perusahaan tersebut atas informasi dari karyawan bpjs cabang tersebut ternyata benar data saya dipakai di perusahaan tersebut jd saya minta tolong kemanakah saya harus mencari solusinya?

    BalasHapus
  32. Mas sy punya 3 kartu bpjs yg 2 dr prushaan yg sma tapi sya tidak punya parklaring.. Dan sdh tdk aktf.. Yg 1 msh aktf krna sy msh bkrja. Apkh sya bsa mnggabungkan saldo yg dlu ke bpjs yg baru. .

    BalasHapus
  33. Kok diapp bpjstku saya tdk ada tanda tambah untuk menambahkan kartunya ya?

    BalasHapus
  34. mas saya mau nanya dulu kan saya waktu 2013 saya pernah bekerja di suatu perusahaan terus perusahaan tersebut belum memberikan kartunya.. apaakah dengan datang ke kantor bpjs ketenaga kerjaan saya bisa dapat nomer kpj yg dulu

    BalasHapus
  35. Mas mau tanya, jadi pada group perusahaan sebelumnya saya didaftarkan BPJS dengan dua KPJ karena ada miss dengan personalia sehingga pada saat mutasi dalam satu grup saya didaftarkan lagi jadi saldo gak nyambung. Kemudian Grup perusahaan itu menjalani Take Over dan saya kembali bergabung dengan perusahaan baru dan mendapat KPJ baru sehingga saya ketambahan 1 KPJ lagi. Kemudian saya resign dan bergabung dengan perusahaan baru, lagi2 saya didaftarkan dengan KPJ baru meski saya sudah menyodorkan nomor KPJ lama. Yang ingin saya tanyakan:
    1. Setelah saya record secara mandiri dikarenakan HRD sebelumnya tidak mau repot, ternyata BPJS saya sejumlah 4 unit didaftarkan pada tempat berbeda yaitu : Kabupaten sanggau, Kab. Pontianak dan DKI Jakarta. Apakah keempat BPJS TK tersebut bisa di merger tanpa harus saya datangi satu-satu tempat pendaftarannya? Bagaimana Prosesnya?
    2. Jika tidak bisa di merger apakah ketiga BPJS tadi bisa di claim? mengingat saya masih bekerja.
    Sekian saya ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
  36. Bisa GK gabungin kartu BPJS ketenagakerjaan kalau GK ada paklaring dari perusahaan yg lama..soalnya hilang

    BalasHapus
  37. Kalau jamsotek tempat kerja saya yang lama sudah tidak aktif tapi saya enga dapat parkaling nya kalau saya bekerja di tempat yang baru jamsotek nya aktif apa bisa di gabungkan yang lama ke yang baru saldo nya

    BalasHapus
  38. Mz sya mau tanya..
    Saya bekeerja di 1 PT yang sama. tpi sya punya 2 bpjstk.
    Pasalnya saya peenah kluar dan msuk Pt lgi..1 aktif dan 1 non aktif..
    Apkah yg non aktif bisa di cairkan?

    BalasHapus
  39. Hai ada yg bisa jawab kah.? Saya punya 2 kartu yg satu jamsostek yg satu bpjs.. Yg bpjs saya bisa check saldo tetapi yg jamsostek saya check tidak bisa dengan warning no e kpt anda sudah terpakai untuk id berikut.. Jadi bagai mana cara saya mengecheck saldo kartu jamsostek saya ya..tolong bantu jawab ya..

    BalasHapus
  40. bagaimana jika ingin digabungkan, tetapi kartu jamsostek yang lama hilang

    BalasHapus
  41. Saya punya 2 kartu BPJS yg prtma di tmpt krja yg lama,yang satu di tempat kerja yg baru. tapi yg satu sudah hilang terus saya cek online,tapi ps cek saldo kok yg aktif nomor kpj BPJS yg lama yg udh hilang.. yg baru kok GK bisa di cek. Mohon infonya.

    BalasHapus
  42. ayah saya dulu bekerja sbg security dari 2009 dia mempunyai 2 kartu tapi maslahnya Nomor KTP denga Nomor KTP elektrik sekarang gak sama, itu gimana ya solusinya?

    BalasHapus
  43. Mas mau tanya...itu kan katanya penggabungan saldo harus di kantor bpjs yang menerbitkan kartu bpjs kita yang masih aktif..gimna cara mengetahuinya kartu bpjs kita di bikinnya dimna..makasih

    BalasHapus
  44. sama mempunyai 4 kartu BPJS ketenagakerjaan tetapi 3 dari kartu tersebut cmn 1 yang aktif.
    pertayaan saya?
    1. bila dari 3 kartu BPJS itu tdk ada surat referensi kerja di karnakan 2 perusahaan sudah close alias failed gmn? dan saya tdak dikasih surat referensi kerja. dan 1 perusahan lagi... perusahan tdk mengeluarkan surat referensi kerja. gmn solusi. karna uang saya di BPJS ketenagaakerjaan ada hasil pemotongan gaji. dan HAK saya untuk mendapatkannya.
    mohom bantuannya supaya uang saya bisa di gabungkan ke kartu saya yang masih aktif. terima kasih

    BalasHapus
  45. Ya elah, klo yg admin nya malas ngurus nya gmn donk? Masa saya harus mengurus sendiri, sedangkan cabang tempat pengurusan tempat kerja yg baru di Jakarta sedangkan saya ditugaskan di Jambi, masa saya harus ke Jakarta gitu? Hari gini masa gak bisa online ngurus dicabang manapun, yg penting kan dokumen ada. Ini bukan mempermudah asli sengaja dipersulit biar klaim nya juga gak mudah.

    BalasHapus
  46. Mohon pencerahan nya admin.
    Saya punya 2 kartu bpjs.
    Bpjs pertama saya ada parklaring dari perusahaan pertama saya, kemudian saya lanjut kan ke perusahaan ke2 , namun di perusahaan ke2 ini saya tidak ada parklaring nya. Dan status kartu pertama tidak aktif.
    Kartu yg ke 2 aktif dan ada parklaring dari perusahaan ke 3.
    Apakah bisa di lakukan penggabungan dengan kartu pertama saya menggunakan parklaring pertama ? Walau status di kartu pertama tidak aktif di perusahaan ke 2 ?

    BalasHapus
  47. Maaf pak saya mau bertanya kemarin saya menggabungkan saldo bpjs tk dari perusahaan yg lama ke kartu perusahaan yg baru tapi kartu dari perusaahan yg baru kartunya diambil di non aktifkan trus kartu yg dari perusahaan lama itu yg aktif dengan alasan bpjs agar terdaftar sebagai peserta lama yg jadi masalah saat saya mau cek saldo yg muncul kartu yg non aktif yg dari perusaahan sekarang takutnya penyetoran kekartu yg nin aktif mohon solusinya

    BalasHapus
  48. Maaf min mau tanya saya pernah berkerja di 2 perusahaan, perusahaan 1 saya risent, tpi saya ga ambil praklaring, di perusahaan ke 2 saya ada praklaring..
    Tapi nomor jamsostek/bpjs saya sama/nerusin apa bisa cuman pake praklaring yg terakhir untuk pencairan..
    Dan kartu jamsostek saya cuma ada 1..
    Apa bisa di lakukan pencairan,, mohon pencerahannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana mbak? Apakah dulu bisa melakukan pencairan dg kondisi spt ini

      Hapus
  49. Maaf pak/ibu mau nanya ..saya punya dua nomor kartu bpjs ketenagakrjaan ..karna saya pindah tempat kerja..tempat kerja yang lama sudah resign ,saya cek nomor bpjsnya secara online ,dan terbukti bahwa saya sudah terdaftar .tapi kartu bpjsnya tidak ada :..di tempat kerja sekarang saya daftar lagi ,nomor pun kartunya sudah saya miliki dan statusnya aktif..bagamana cara amalgasi dengan kejadian seperti ini.mohon bantuannya

    BalasHapus
  50. Maaf mas,mau nanya
    Setelah penggabungan 2 kartu lama dan baru
    Yang nanti nya aktif yang mana yah?

    BalasHapus
  51. Maaf mau tanya jika BPJS ketenagakerjaan dua perusahaan menjadi satu KPJ apa harus melampirkan kedua paklaring atau paklaring di perusahaan terakhir??

    BalasHapus
  52. Selamat siang Pak,mau tanya..Saya punya 2 kartu BPJS ketenagakerjaan, satu aktif dan 1 lagi sudah tidak aktif.Dulu saya masih bisa cek saldo masing2 kartu di website bpjs ketenagakerjaan yg lama, tapi saat ini di BPJSTKU hanya terdapat 1 kartu yg aktif. sementara kartu yg sudah tidak aktif, tidak bisa cek saldo lagi. yg mau saya tanyakan, apakah BPJSTKU masih bisa tambah KPJ atau solusinya ke kantor BPJS

    BalasHapus
  53. Maaf mau tanya,saya punya 2 kartu BPJS TK dan beda nomor peserta,kartu yang pertama dari Perusahan otomotif,tapi sekarang udah habis kontrak sekitar 3 bulanan,terus sekarang saya udah dapat pekerjaan lagi dan di bikinin kartu BPJS TK baru,pertanyaan saya,apakah saya bisa mencairkan kartu BPJS pertama saya,sedangkan saya punya kartu BPJS baru yang aktif dengan data(nama,alamat,dll) yang sama dengan perusahan dulu,
    Mohon infonya..
    Terima kasih

    BalasHapus
  54. Assalamualaikum...mau tanya pa...saya prnh krja 2x di perusahaan..yg pertama bpjsnya langsung saya gabung dengan yg ke 2..jadi skrng 1kartu dengan saldo gabungan....apakah jika saya ingin mencairkan bpjs setelah risen cukup dengan paklaring di prusahaan yg terakhir?

    BalasHapus
  55. Assalamualaikum...saya mau bertanya bagaimana jika kartu yg sebelumnya hilang yanga ada hanya kartu terbaru dari tempat kerja terakhir tapi kartu dari tempat sebelumnya hilang bagaimana mengurusnya dan untuk mencairkannya??

    BalasHapus
  56. Assalmualaikum . Maap pak saya mau tnanya .. Saya kn punya 2 kpj dan 2 kpj tu sudah tidak aktip apakah saya bisa mencairkn kedua nya tapi jamsostek yang pertma saya memakai no ktp dan kk yg sblum saya menikah .dan yg bpjs yg k dua saya memakai e ktp yg sdh menikah bagaimana y pak solusi nya mohon pemberitahuan nya .terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam. Bisa, Pak, yang penting masing-masing KPJ tersebut dilengkapi paklaring dari masing-masing perusahaan tempat anda bekerja dulu.

      Hapus
  57. Maaf mau tanya,, kalau mau gabungin bpjs yang lama sama yang baru bisa gak iya Pak/ibu ,, soalnya dulu itu katanya bisa di teruskan,, ternyata ini d buatkan yang baru. Kata pihak perusahan waktu tanya kesana katanya gabisa diteruskan !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget digabungkan dan artikel ini memang membahas soal tersebut. Silakan dibaca baik-baik, Pak. Terima kasih.

      Hapus
  58. Maaf mau tanya kalo mau mencairkan Bpjs Ketenagakerjaan tapi saya dari PT saya hanya di berikan Paklaring saja.. Tidak di berikan Kartu BPJS Ketenagakerjaan nya. Apakah bisa di Cairkan.. Saya juga dapet info dari HRD nya kalo bisa di cairkan tanpa kartu Bpjs Ketenagakerjaan.. Apakah itu benar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak benar itu, Pak. Dalam mengurus klaim JHT harus menunjukkan kartu BPJS Ketenagakerjaan. Namun, saat ini kita bisa mencetak sendiri kartu BPJS Ketenagakerjaan milik kita melalui layanan kartu digital BPJS Ketenagakerjaan di aplikasi BPJSTKU.

      Hapus
  59. Saya punya 2 kartu bpjs ,mau disatuin tapi saya gk punya peklaring dari perusahaan pertama,gmna

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya diurus dulu paklaring dari perusahaan yang pertama, Pak. Karena itu merupakan berkas wajib yang harus disertakan ketika menggabungkan saldo JHT.

      Hapus
    2. Mas saya mau tanya.. Didalam 1 kartu bpjs saya ada 3 perusahaan yg berbeda.dan ada salah 1 perusahaan yg tidak ada paklaringnya yaitu perusahaan pertama kali saya bekerja tapi perusahaan ke 2 dan yg terakhir ada paklaringnya..itu bisa dicairkan ga? Terima kasih sebelumnya

      Hapus
  60. Minn mau tanyaa.
    Kan saya ada 2kartu .. Tiap kartu beda akun bpjstk.. Bisa di satuin ga?/
    Soal nyaa ktp saya kmaren ada msalah..
    Mohon pencerahn nya dan solusinyaa

    BalasHapus
  61. Mas Ryan saya mau tanya nih..
    Saya punya 1 kartu BPJS Tk dari kantor yg lama dan skrng setatusnya sudah tidak aktif dan saya juga sudah ada paklaring nya di perusahaan tersebut, terus saya bekerja lagi di perusahaan yg baru tapi cuma sebentar bis itu saya resign ,di tmpt yg baru td saya sudah di daftarin ke BPJS TK yg baru, tapi karena saya sudah tdk bekerja lgi di perusahaan tersebut terus BPJS TK nya juga sudah di nonaktifkan tpi saya tdk di kasih paklaring sm kartu BPJS Tk nya,, pertanyaan saya adh apakah saya bisa mencairkan BPJS TK saya yg lama ( status bpjs tk tdk aktif & ada paklaring ) tanpa saya mencairkan bpjs tk Di perusahaan yg Baru yg td saya ceritakan karena saya tdk dikasih kartu bpjs tk sama paklaring nya pdhal saya juga udh resign Di perusahaan tersebut dgn status bpjs tk sudah tdk aktif..
    Note :
    Posisi saya skrng sudah tdk bekerja Di perusahaan manapun Dan saya sudah tdk mempunyai kartu bpjs tk yg aktif..
    Mohon Di respond pertanyaan saya.
    Thanks..

    BalasHapus
  62. Om kemarin tgl 23 jan saya algamasi... 2 kartu bpjs saya.. Kata petugasnya sudah di satukan...ke no yg terlebih lama... Kartu bjps yg terbaru di keep di sana... Nah pas cek di mobile bpjstku nomor yg baru yg muncul trus cek saldo data not found.. Gimana om solusinya.saya coba daftar ulang account bpjstku pake no bpjs yg lama yg katanya sudah di gabungkan... Malah keluar... Data tidak sesuai dengan kependudukan...

    BalasHapus
  63. Kenapa kita yg punya uang malah diribetin yah mau gabungin atau cairin saldo..semoga berkah ajalah buat kalian yg kerja di BPJS TK..saya tuh udah pusing dengan prosedur ngurus2 ke kantor BPJS di Lampung (untuk gabungin salso) sedangkan saya skrg di Jakarta..dipikir mudah apa bolak-balik..padahal itu uang saya ya yg dipotong tp aduh sudahlah biar Allah yg bales.

    BalasHapus
  64. bang ane punya 3... a.... b.... dan c. kebetulaan masih aktif di c... trus kartunya yang c hilang... rencana mau gabungin.... gmna ya proses... langkah2nya..... terimakasih bang

    BalasHapus
  65. Permisi,
    Saya punya kasus sebaliknya, bagaimana cara memisahkan perusahaan2 yg ada dalam 1 kartu?
    bila dalam 1 kartu ada 2 perusahaan A dan B, dan saya masih bekerja di perusahaan B, apa bisa saya cairkan dana dari perusahaan A? dan kalau bisa bagaimana caranya?

    BalasHapus
  66. Saya sdh berhenti kerja d perusahaan lama & punya kartu bpjstk, tp tdk mendapatkan paklaring.
    Dan skrg saya sdh bekerja lg d perusahaan baru dan mendapatkan kartu bpjstk lg..
    Apakah saldonya bs digabung?? Krn dr perusahaan lm sy tdk dpt paklaring.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga mengalami hal yang sama, saya terakhir kerja Desember 2014, jamsostek-nya sudah tidak aktif dan belum dicairkan, dan saya tidak mendapatkan parkling dari kantor lama.

      Saya baru mulai kerja lagi Oktober 2018, dan ternyata dibuatkan kartu baru.

      Dapatkah menggabungkan 2 kartu jamsostek tanpa menyertakan parkling kantor lama?

      Karena sangat sulit meminta parkling dari kantor lama, adakah solusi lain?

      Hapus
  67. Maaf mad mau nanya,saya punya 1 kartu bpjs ketenagakerjaan di perusahaan yg sebelumnya saya bekerja tapi sudah tidak aktif,karena saya resignya sudah dari september 2018 tapi tidak ada paklaring.saat ini saya mau bekerja lagi di perusahaan yg baru . Dan dibuatkan kartu bpjs yg baru lagi oleh perusaahn yg baru ini, apakah data bpjs ketenagakerjaan saya yg diperusaahan lama bisa ketahaun di saat perusaahn baru saya ini akan mendaftar kan saya sbg karyawannya,maksudnya apaakh akan ketahuan kalau saya pernah bekerja di perusahaan sebelumnya ? Soalnya saya gak meneruskan tapi saya buat kartu baru lagi.gimana mas?

    BalasHapus
  68. Saya selalu gagal login di bpjstku alasannya email terdaftar terlalu banyak. Bagaimana solusinya ??

    BalasHapus
  69. Mas riyan kan kata mas riyan menggabungakn saldo harus pake paklaring ya? Ko kemaren HRD saya gk minta paklaring saya, tapi alhamdulilah sekarang ter gabung. Yg sya takutkan tar pas kita mau pencaiaran di pinta paklring semua'a. Soal'a pas penggabungan saldo gk di minta paklaring. Mohon jelaskan pak riayan

    BalasHapus
  70. Mas riyan, saya mau tanya , saya punya kartu jamsostek ada 3( 2 kartu ada . 1 kartu tidak ada tp saya punya no. Kartunya,) saya ingin mencairkan semua gmn ya mas,, dan bs dilakukan dimn?

    BalasHapus
  71. Apakah tidak bisa lewat online untuk pengabugan saldo,jadi tidak perlu harus kekantor BPJS.

    BalasHapus
  72. Tanya donk, saya dah habis kontrak di PT1, trs srkg saya kerja di PT2. Nah, di PT2 ini saya blm didaftarin bpjstk, pertanyaannya, apa saya bs cairin bpjstk PT1 yg statusnya dah nonaktif?

    BalasHapus
  73. Assalamualaikum.. Saya punya kartu 2 diperusahaan berbeda, kartu yg pertama sudah tdk aktif dan krtu yg kedua masih aktif, jika krtu yg pertama dicairkan apakah bisa? Mohon bantuannya

    BalasHapus
  74. assalamualaikum,,,saya punya 2 kartu kalo mau meamalgamasikan tidak punya surat keterangan kerja dr perusahaan yg lm apa bisa?
    soalnya dr tahun 2007 sampai skrng perusahaan nya gk pernah mau ngeluarkan surat pengalaman kerja.
    trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  75. Assalamualaikum wr wb
    Apakah bisa di cairkan, saya punya 2 nomer kjb, yg lama sudah tidak aktif dan yg baru masih aktif namun beda peeusaahaan, apa bisa di cairkan untuk yg lama?

    BalasHapus
  76. Ass
    Maaf mau tanya
    Saya sudah bekerja d minimarket dari Juni 2012 dan akhir April 2019 kemarin saya resign dan sampai sekarang saya belum menerima kartu bpjstk nya
    Hanya ada no KJP nya saja
    Apa masih bisa d gabungkan saldo nya?
    Dan apabila bisa apa saja syarat yang harus d keluarkan
    Terima kasih

    BalasHapus
  77. Saya punya 2 krtu jamsostek.saya mau cek saldo yang 1nya tpi ga bsa.cma 1 aja yg bsa di cek.saya udah berhenti bekerja,dan saya pengen tau saldonya

    BalasHapus
  78. Dan saya pernah bekerja di perusahaan yang berbeda,PT yg lama 1 dpt kartu jamsostek.dan dri PT yang lama saya dapat juga,jadi skrg sya punya 2 kartu.yang 1 bsa di cek saldonya.tpi yang 1nya lagi ga bisa.krna 1 nama 1Nik.Gmna tuh caranya...??

    BalasHapus
  79. intinya mau cairin gak bisa karena kadang perusahaan tidak memberikan surat keterangan kerja / parklaring. Kalo perusahaan udah tutup gimana, atau parklaringnya ilang? Duit punya sendiri, tapi sudah diambilnya. Banyak uang yg gk dicairkan karena proses pengeluarannya susah banget

    BalasHapus
  80. Bisakah memiliki Kartu BPJS lebih dari satu dari dua perusahaan yang berbeda dan masih aktiv di kedua perusahaan tersebut?
    Mohon infonya.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  81. Knapa setelah di gabungkan saldo bpjs gak bisq di cek di bpjs tku

    BalasHapus
  82. Maaf mau nanya..saya punya 2 kartu BPJS tk dua2 masih aktif tapi saya sudah tidak bekerja..walaupun aktif tapi saldonya tidak bertambah..gimana cara di nonaktifkannya

    BalasHapus
  83. Malam, mau tanya berapa lama proses algamasi itu sampai bisa sya cairkan untuk yg 10% jht

    BalasHapus
  84. Maaf gan mau nanya nih
    Saya kan masih bekerja di 1 perusaha an terus kenapa saldo bpjs saya ada 2 ya
    Padahal saya masih bekerja di 1 perusahaan itu saja
    Apa yg harus saya lakukan
    Mohon balasannya gan

    BalasHapus
  85. Mas Ryan,
    Tlg dibantu solusinya..
    Saya sdh tdk aktif bekerja di perusahaan berniat mencairkan JHT,dr satu kartu dengan 4 perusahaan sedangkan packlaring hanya dr 2 perusahaan terakhir dan sempat saya ajukan ke kantor BPJS setempat namun ditolak karena packlaring tdk tengkap,upaya koordinasi dan minta packlaring dr perusahaan yg terdahulu tdk direspon oleh HRD..
    mohon solusinya
    Trims

    BalasHapus
  86. Apa bisa menggabungkan saldo bpjs, tanpa ada surat pengunduran diri, cuma kartu peserta aja yang ada

    BalasHapus
  87. Mas ryan,
    sy mau tanya setelah proses amalgamasi knp saat sy mengecek saldo jht dimobile itu terpisah dengan prusahaan yg lama dan yg baru tetapi sudah menjadi 1 nomer kpj, dan apakah benar hanya perlu melampirkan 1 paklaring sj ditmpat terakhir bekerja jika suatu saat nnti sy ingin mencairkan jht yg sdh diamalgamasi

    BalasHapus
  88. Selamat malam mas riyan,saya ada kartu bpjs di perusahaan A dan kemudian saya resign.saya dpt kerjaan baru di perusaan B dan didaftarkan bpjs.,kemudian saya menggabung saldo saya dr perusahaan A ke perusahaan B.di bpsjtku saya lihat nomor kpj nya itu nomor dr perusahaan A.Setelah saya tidak bekerja lagi di perusahaan B,saya mau mencairkan Jht,yang saya pakai untuk mencairkan itu bisakah memakai referensi dr perusahaan A?Terima kasoh

    BalasHapus
  89. Saya mau menggabungan kartu bpjs tetapi kartu yg lama atau yg tidak aktip hilang mohon petunjuk

    BalasHapus
  90. Selamat siang Bapak / Ibu, maaf mau tanya seputar pencairan BPJS. saya berkali kali sudah coba dari aplikasi, saat mau klaim, langsung pop up LAYANAN INI SEDANG DALAM TAHAP PENGEMBANGAN. bagaimana jika sprt itu? terimkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan saat saya mau kirim email via aplikasi, tidak bisa dengan notif, kartu anda belum terdaftar, sedangkan semuanya normal terpotong perbulannya. dan sudah tidak aktif

      Hapus
  91. Saya punya kartu jamsostek 2 yg 1 sdh gk aktif yg 1 nya masih aktif karena pihak perusahaan belum melunasi tunggakan jht,
    Apakah bisa di cairkan saldo jht saya yg sdah tk aktif lagi sdangkan yg 1 nya masib aktif ? Mohon pencerahannya 🙏

    BalasHapus
  92. Kartu BPJS saya adalah yang lama, dan kalau saya masuk ke account BPJS tersedia kartu digital yang sudah ada barcode nya, apakah saya bisa print dan gunakan sebagai kartu untuk klaim BPJS ?
    Berapa lama proses almagasi ini, apabila dokumen sudah lengkap?
    Pertanyaan berikutnya adalah saldo klaim kena potong pajak lagi ya..?? duh sedih sekali..

    BalasHapus
  93. Saya punya 2 kartu BPJS tenaga kerja dari 2 perusahaan. Yg 1 sudah ga aktif yg 1 masih aktif. Tp no KPJ nya sama. Bisa ga ya kartu KPJ yg lama di delet. Krn yg lama gada pake laring nya.

    BalasHapus
  94. Kalo dari jamsostek d gabung k BPJS bisa tidak?
    Tpi dari kartu jamsostek nya tidak ada paklaring dari tempat kerja dlu nya
    Terima kasih

    BalasHapus
  95. Pak saya mau tanya. Saya kan punya jamsostek, tp udh lama saya resigh d tempat saya kerja, dan skrg saya sudah dapat jamsostek yang baru, saya udah donwload aplikasi BPJSku untuk jamsostek d pabrik yg lama. Tp pas saya coba mau cek yg lama gak bisa karena no NIK nya udah terdaftar. Saya bingung harus gmn. Mana pabrik yang saya dlu kerja sudah bangkrut karna d segel sama pemda.

    BalasHapus
  96. Mas Rian kalo aglamasi harus lampirkan KK asli atau fotocopi aja?

    BalasHapus
  97. Saya bekerja di satu perusahan tapi saldo bpjs saya ada 2 klo mau eklaim apa harus menggabungkan dlu saldo nya

    BalasHapus
  98. Kartu jamsostek sy hilang yg dari pt lama,apakah bisa di gabungkan di pt yg baru yg msh aktif trimakasih.

    BalasHapus
  99. Mas mau Tanya fungsi kartu digital sama kah dengan YG di kasih oleh perusahaan ,
    Apakah jika suatu saat kartu bpjs ketenagakarjaan tersebut hilang ,apa bisa kita menggunakan kartu digital untuk pencairan nya
    Mohon respond nya 🙏
    Terima kasih

    BalasHapus
  100. Satu kartu dari perusahaan yg samstapi
    ada dua saldo.satu masih aktif yg satu sudah non aktif.sedangkan saya tdk lagi bekerja di perusahaan tsb.gmn tu ya.mohon solusinys tks.

    BalasHapus
  101. dear mimin
    mohon arahanya terkaid bpjs saya
    Ada yang kartunya hilang tapi paklaring dari pt ada
    ada kartunya tapi paklaringnya hilang.
    ada yang masih lenkap.
    pertanyaanya bisakah semua saldo di gabung

    BalasHapus
  102. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  103. Ass. Min sya mau tanya kalo punya krtu bpjs nya ada 2 apakah bsa cair dua2nya..paklaring nya ada dari 2 tmpat krja sya..mslah nya alamat ktp sya pas msuk krja sama pas kluar krja beda.. Soalnya pindah alamat..

    BalasHapus
  104. Min kalo punya 2 kartu bpjstk tapi dari perusahaan yang samaa , apaa bisaa d.cair kkan ??

    BalasHapus
  105. Bisa koq di aplikasi BPJS tku cek saldo beberapa kartu jht

    BalasHapus
  106. Mohon sekali dibantu penggabungan saldo saya sudah 1.5 tahun belum beres juga. Dibilangnya tunggu aja tunggu aja..

    BalasHapus
  107. Punya 2 kartu bpjs . Yg 1 udh ga aktif kerja bisa d cairkan tidak? Dan yg satu sttus nya udh tidak bekerja . Itu gimna bisa d cairkan yg sudah ga aktif? Mohon pencerahan nya

    BalasHapus
  108. Punya 2 kartu bpjs . Yg 1 udh ga aktif kerja bisa d cairkan tidak? Dan yg satu sttus nya masih aktip emg lagi kerja . Itu gimna bisa d cairkan yg sudah ga aktif? Mohon pencerahan nya

    BalasHapus
  109. Barangkali ada yang bisa membantu saya mempunyai 2 kpj,kpj yang masih aktf bekerja bisa d cek saldo dan yang dl ga bisa,knpa y??

    BalasHapus
  110. Maaf min...mau nanya nih syarat nya mau gabung saldo dari perusahaan lama ke yang baru gimnaa yaa

    BalasHapus
  111. Maaf.saya mau tanya bpjs saya yang lama sudah hilang.saya juga tidak punya surat risain dari cv yang lama.bagaimana cara saya menggabungkan ke bpjs yang baru.7 thun yang lalu sudah saya urus.pkai surat kehilangan dan ttd dri perusahaan baru tapi tidak bisa karena bpjs yg dulu masih aktif.sekarang bpjs yg lama sudah tidak aktif jadi apa masih bisa digabungkan

    BalasHapus
  112. Om Rian, mau tanya,selama bekerja di PT yg lama(th2005) tdk di berikan kartu Jamsostek, tp begitu hbs kontrak 3bln sy di berikan paklaring,nah skrng sy aktif bekerja di PT yg skrng,sy mau di gabungkan ya dg PT yg skrng, tapi kartu Jamsostek yg lama gak dikasih slma bekerja, itu gmn ya kan gk ADA KPJ nya?

    BalasHapus
  113. Saya mau gabungin saldo BPJS ketenagakerjaan tapi mau diurus sendiri, kalau diurus sendiri nanti ke HRD nya kita minta surat apa ya? Apakah surat rekomendasi atau surat keterangan

    BalasHapus
  114. Saya punya dua kartu jamsostek yang satu dari perusahaan lama dan sekarang saya sudah bekerja di perusahaan baru dan dapat kartu jamsostek baru...tapi yang bisa saya cek saldo hanya yang dari perusahaan baru sedangkan yang dari perusahaan lama tidak bisa,apa mungkin ada kesalahan data di kartu jamsostek lama saya?dan bagaimana caranya kita mengetahui kalau data kita salah?

    BalasHapus
  115. Saya punya 2 kartu BPJSTK dan keduanya sama,
    Tolong penjelasannya...
    Trimakasih

    BalasHapus
  116. Mas saya mau tanya, kemaren saya udah risain dari pt yg lama dan saya sudah minta surat risain nya, giliran saya mau daftar kan ke antrian online bpjs ketenaga kerjaan untuk pencairan, katanya gini, stop kartu bpjs ketenaga kerjaan anda masih aktif, mohon hubungin pihak hrd nya, padahal saya tanya hrd nya katanya udah di non aktifkan,tapi saya sekarang udah di pt yang baru itu bagaimana ya bang solusinya

    BalasHapus
  117. Mas sy bkrja d perusahaan yg lma,pnya kartu JHT.berhenti,trus sy lnjutin kartu JHT NYA,d perusahaan yg baru,dan skalarang berhenti.trus klo klaim nya pke paclaring yg perusahaan terakhir,bisa gk...?karna paclaring yg perusahaan terakhir HILANG

    BalasHapus
  118. Mas, saya barusan mau cairkan bpjs tk tapi gabisa karna surat parklaring kurang 1, harus ada surat parklaring dari perusahaan lama, sedangkan perusahan lama gak mau ngeluarin surat itu,.
    Terus harus gimana ? 😫

    BalasHapus
  119. Saya punya kartu BPJS 2 pak Rian tapi saya sudah bekerja 3 perusahaan dgn yang skr dan masih aktif...ketika saya mau amalgamasi apa harus ada 2 paklaring ?

    Perusahaan saya skr melanjutkan BPJS dari perusahaan sebelumnya tetapi di BPSTKU saldonya masih di pisah 3 jadi untuk amalgamasi saya harus ikut perusahaan skr apa yg no 2 pak Rian?

    BalasHapus
  120. Mas nanya donk, klau claim jht online, bisa 2 no kpj sekaligus..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, yang penting memenuhi syarat dan kriterianya.

      Hapus
    2. Tapi di pendaftaran online cuma bisa isi 1 nomor KPJ doang.. terus ketika kita mau upload nomor yang lain tidak bisa.. itu gimana?

      Hapus
  121. Tolong tanya, saya punya kartu bpjs ketenagakerjaan pu kartu pensiun dan sekarang saya daftar bpjs ketenagakerjaan bpu, bagaimana cara menggabungkan kepesertaan dalam 1 aplikasi bpjstku ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kepesertaan tidak bisa digabungkan. Kepesertaan PU dan BPU itu segmen yang berbeda.

      Lagipula baik kepersertaan PU maupun BPU kan sama-sama bisa diakses di satu aplikasi BPJSTKU.

      Hapus
  122. Pak, saya ingin menggabungkan 2 kartu bpjs di 2 perusahaan yg berbeda, ditempat prusahaan saya yg lama saya sudh resign, Dan sttus krtu itu sudh lama tidak aktif..(namun) paklaringnya tdk ada. Di perusahaan yg baru dan dapat kartu bpjs lagi,

    Apa bs menggabungkan saldo dr 2 kartu tersebut?


    Jika tidak bisa digabungkan, Apakah bisa saya mencairkan saldo bpjstk saya di perusahaan yg lama tsb.. Akan tetapi perusahaan tsbut itu sudah lama tutup. Mohon bntuam solusinya Trimaksih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum bisa dicairkan mbak, karena kalau sudah bekerja lagi dan memiliki kartu yang baru, berarti status kepesertaan Anda di BPJS Ketenagakerjaan masih aktif.

      Untuk menggabungkan saldonya, silakan mendatangi kacab BPJS TK terdaftar, dengan membawa berkas-berkas yang telah disebutkan di artikel di atas. Mengenai tidak ada paklaring, nanti akan diganti dengan surat pernyataan bermaterai bahwa perusahaan benar telah tutup.

      Hapus
  123. Bos setelah saldo di gabungkan dari kpj yg lama ke kpj yg baru dan aktip..apakah saat pencairan saldo jht nanti cukup dengan pakalaring perusahan terahir dan kartu dan kpj yg terahir..trmis

    BalasHapus
  124. Mas saya mau nanya,saya punya 1 kpj dengan 2 perusahaan berbeda. Ternyata keterangan dari customer care bpjs saldo blm tergabung, makanya dalam 1 kpj ada 2 saldo dari 2 perusahaan berbeda. Apakah bisa pencairannya hanya menggunakan 1 paklaring perusahaan terakhir? Dengan saldo perusahaan terakhir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana apakah bisa di cairkan dg kondisi spt ini?

      Hapus
  125. Apakah tidak bisa menggabungkan saldo secara online, untuk memotong birokrasi. Agar tidak terlalu banyak persyaratan yang menyulitkan.
    Saya punya 2 saldo dalam satu perusahaan, saldo pertama itu bersetatus karyawan kontrak dan saldo yang ke dua yang berjalan sekarang setatus karyawan tetap.
    Ingin menggabungkan dua saldo itu tp perusahaan tidak merespon, padahal itu hak kita.. Apakah bisa kita urus sendiri tanpa birokrasi yg sulit, apalagi sekarang jamannya online. Terimakasih

    BalasHapus
  126. Min,, sy punya 1 kpj,,, tapi sy ada 2 saldo...
    Sy pernah bekerja di perusahaan X ditahun 2013.. tp pas resign tidak mengambil packlaring.. sy masuk kerja lg di perusahaan yg sama yautu perusahaan X dan saat ini sudah resign.. apakah bisa pencairan hnya dg 1 packlaring saja??

    BalasHapus
  127. Saya sudah daftar antri online dan akan di verifikasi, tapi saya ada 2 nomor BPJS, nah ketika mau Upload data untuk nomor 1 nya lagi tidak bisa karna "anda sudah melakukan klaim dengan nomor lain'... gimana solusi nya?

    BalasHapus