Cara Mencairkan Dana JHT Jika Memiliki Kartu Jamsostek Lebih Dari 1

Cara mencairkan uang JHT Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan dari beberapa kartu sekaligus, bagi peserta yang mempunyai kartu lebih dari satu. Entah itu memiliki dua kartu, tiga kartu, empat kartu Jamsostek bahkan lebih.

Sebelumnya kami sudah membahas tentang cara menggabungkan (amalgamasi) saldo JHT Jamsostek dari beberapa kartu untuk peserta BPJS TK yang masih aktif. Kali ini, giliran tata cara mencairkan saldo JHT dari beberapa kartu sekaligus bagi peserta BPJS TK yang sudah tidak aktif. Karena untuk peserta yang statusnya non aktif sudah tidak bisa mengajukan penggabungan saldo.

Klaim JHT Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan 2 atau 3 kartu sekaligus

Penyebab kenapa seseorang bisa memegang banyak kartu Bpjs Tk tentu akibat sering berpindah-pindah tempat kerja, kerap di PHK dari perusahaan, sering mendapat pekerjaan dengan sistem kontrak, dan di setiap tempat kerja didaftarkan sebagai peserta BPJS TK baru, sehingga akhirnya mempunyai kartu peserta BPJS TK lebih dari satu. Memiliki 2, 3, 4 atau bahkan lebih kartu anggota, yang mana pada setiap kartu-kartu tersebut terdapat saldo JHT-nya.
Dan saldo-saldo pada masing-masing kartu tersebut bisa dicairkan semuanya secara bersamaan, tapi tentu saja harus memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan.

Syarat pencairan seluruh saldo JHT untuk beberapa kartu sekaligus:

Sedang Tidak Bekerja Pada Perusahaan.

Untuk bisa mencairkan semua uang Jaminan Hari Tua dari beberapa kartu, pemilik kartu harus sedang dalam kondisi tidak bekerja pada perusahaan atau tempat-tempat kerja yang mendaftarkan pekerjanya pada program-program BPJS Ketenagakerjaan.

Walau kartu-kartu dari perusahaan yang lama sudah tidak aktif, tapi jika ketika mau mencairkan sudah bekerja lagi di perusahaan baru, klaim JHT tidak akan diproses alias ditolak. Kasarnya, saat mau mengambil semua saldo JHT kita harus menjadi pengangguran dulu, sehingga semua kartu-kartu yang dimiliki tidak ada satu pun yang masih aktif.

Masing-masing Kartu Memiliki Paklaring atau Surat Keterangan Dari Perusahaan.

Selain semua kartunya harus sudah tidak aktif, masing-masing kartu juga harus dilengkapi paklaring atau surat keterangan dari semua perusahaan yang pernah dijadikan tempat bekerja. Hanya kartu yang disertai surat keterangan yang bisa disetujui pencairannya.

Misalnya Anda punya 3 kartu Jamsostek dari 3 perusahaan yang berbeda. Yang 2 kartu ada paklaringnya, sementara yang 1 kartu tidak ada. Maka saldo JHT yang bisa Anda cairkan hanya 2 kartu yang dilengkapi paklaring.

Kemudian, jika dari beberapa kartu tersebut ada yang dari perusahaan yang dulu anda berhenti kerjanya karena PHK, wajib melengkapi berkas tambahan berupa Bukti Pendaftaran Bersama yang dikeluarkan oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI).

Jika ada kartu yang anda berhenti kerjanya karena habis masa kontrak, wajib melampirkan surat PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu) yang pertama kali diterima.

Di Perusahaan Terakhir, Sudah Berhenti Bekerja Minimal Sebulan.

Orang yang memilili banyak stok kartu BPJS TK/Jamsostek, pasti karena berkali-kali pindah tempat kerja. Maka dari itu, kalau mau mengambil seluruh saldo JHT dari beberapa kartu sekaligus secara bersamaan, pastikan pada perusahaan yang paling terakhir sudah berhenti kerja minimal satu bulan.

Itulah persyaratan pencairan dana JHT bagi peserta BPJS TK/Jamsostek yang memiliki kartu peserta lebih dari 1. Selain syarat-syarat di atas, jangan lupa dengan berkas-berkas dokumen persyaratan lainnya:

  1. Semua KPJ (Kartu Peserta Jamsostek)/Kartu anggota BPJS Ketenagakerjaan yang akan dicairkan.
  2. KTP elektronik (E-KTP) asli dan fotokopi selembar.
  3. Kartu Keluarga (KK) Asli beserta fotokopinya satu lembar.
  4. Buku Tabungan asli beserta salinannya satu lembar. Buku rekening tabungan harus milik peserta yang bersangkutan.
Jika sudah memenuhi semua syarat dan ketentuan di atas, semua dokumen juga lengkap dan data-datanya cocok antara berkas yang satu dengan berkas yang lainnya, Inshaa Allah seluruh saldo JHT yang ada di setiap kartu bisa dicairkan secara bersamaan. Silahkan saja langsung mengajukan klaim.

Pencarian bisa dilakukan lewat beberapa cara yang tersedia. Bisa mencairkan secara langsung di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang sudah tersebar di berbagai pelosok Indonesia. Bisa dicairkan lewat bank-bank tertentu yang bekerjasama dengan bpjs tk. Dan yang mulai populer digunakan ialah mengajukan pencairan secara online melalui layanan e-Klaim JHT.

Demikianlah prosedur mengambil dana JHT Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan sekaligus dari 2 kartu atau lebih.

121 Responses to "Cara Mencairkan Dana JHT Jika Memiliki Kartu Jamsostek Lebih Dari 1"

  1. trims byk utk pencerahannya min...
    namun yg masih saya bingung cara klaim melalui e-klaim apa harus 2 kali pengiriman datanya dari 2 kartu Jamsostek dan BPJS?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan yg sama,jik krim dokumen vi online,apa bisa krim gambar 2 kali kirimny???

      Hapus
    2. knpa punya kk saya ga di tlpon jga pdahal tgl 9 kmren previkasi vc nya lo ga ada jga

      Hapus
    3. lewat mana saya krim gambar nya buat bukti saya krim

      Hapus
    4. hallo admin kterangan nya donk

      Hapus
  2. Saya memiliki 3 kartu yang sudah non aktif, tetapi hanya dua kartu yang bisa di cek di kolom klaim. Sementara yang dua tersebut saya masih proses minta pakalaring di tempat perusahaan lama saya. Nah, masalahnya adalah bagaimana cara klain yg satu kartunya lagi, tetapi kartu tsb tidak bs ditampilkan dlm kolom klaim sementara kartu yg satu itu yg ada pakalaring nya... mohon dbantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jg gitu. Aku dulu kerja di pt karawang. Trus belum di kasih KPJ sama pihak hrd . Saya telfon bpjs yg di karawang , katanya tinggal ngasih paklaring aja ke bpjs terdekat nnti bpjd terdekat nyariin nomer kpj nya

      Hapus
  3. Mohon penjlsan,sy dl bekerja di perusahaan SBG selama 7 bln.kemudian risen dan bekerja di perusahaan LP.kpj saya dr pt yg lama diamalgamasi di pt yg kedua.7bln kmdian sy risen dan pindh ke pt RJ selama setaun dg Kpj baru.knpa pd saat cek saldo scra online kpj sy yg mncul cm yg dari pt SBG dan RJ,pdhl yg kedua sdh diamalgamasi.kmdian pt SBG ternyata sdh tutup dan sy tdk ada paklaring dr sana bagaimana nanti pd saat klaim JHT?

    BalasHapus
  4. Ngantri harus online, tp d saat d klaim lewat web nya selalu aja antrian penuh. Di aplikasi udh d update malah ga bisa masuk, katanya no email ga terdaftar. Eh pas mw buat akun baru, email udh terdaftar. Gmn ni bpjs makin kesini makin ga jelas pelayannan nya.

    BalasHapus
  5. Bisakah saat pencairan pada tanggal yg sudah di tentukan dipercepat..

    BalasHapus
  6. Kalau nik valied trs disuruh bikin surat kehilangan dipolres itu bikin surat kehilangan nik ktp atau surat kehilangan kartu bpjs ya soalnya tadi dijelasin buru2

    BalasHapus
  7. Jadi bila kita memiliki 2 kartu.1 kartu tdak aktif .1 kartu masih aktif...jadi tdak bisa di cairkan ya yg tdk aktif...mohon pencerahannya dan bagaimana cara menggabungkan saldonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, belum bisa dicairkan.

      Untuk tata cara penggabungan saldo JHT silahkan baca artikel di situs ini yang berjudul: 'Cara Menggabungkan Saldo JHT Jamsostek Dari 2 Kartu BPJS TK Atau Lebih'

      Hapus
    2. Assalamualaikum.. Maaf mau nanya mas.. Sya mau urus pencairan dana jamsostek, tp kartu sya hilang dan sdh melapor ke pihak kepolisian.. Ada srt keteranganx dr kepolisian tp knp wkt sya ke kantor bpjs sya di suruh tlv HRD tmp sya bekerja dlu, entah apa masalahx, sedangkn jarak perusahaan dari rmh sya sangat jauh.. Sya sdh non aktif dlm kerja.. Mohon pencerahanx mas..

      Hapus
    3. Maaf mau tanya mas jika saya mempunyai dua kartu tapi kedua nya dalam 1 perusahaan jadi kartu lama sudah tidak aktif dan kartu baru ny itu aktif, yg saya mau tanya apakah nnti pada saat risegn kedua kartu tersebut bisa di cairkan atau tidak

      Hapus
  8. Mau tanya mas Riyan, saya mau cairkan 2 JHT masing-masing dari 2 KPJ saya (dari 2 perusahaan yang berbeda, sudah tidak aktif keduanya), ketika daftar e-klaim, cukup masukan satu KPJ saja atau harus satu persatu KPJ didaftarkan e-klaim ? Terimakasih mohon jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mnurut pnglman ane satu satu bisa clem tpi jngn online soalnya ribet...

      Hapus
  9. Mau tanya mas ,saya ingin mencairkan JHT saya yang sudah tidak aktif diperusahaan lama,padahal saya sekarang sudah bekerja di perusahaan yang baru kurang lebih 5 bulan dan sudah didaftarkan BPJS tk kurang lebih 2 bulan,apakah saya harus keluar dahulu dari perusahaan yang baru ini?

    BalasHapus
  10. Saya setiap hari daftar antrian online,sampai sekarang belum mendapatkanya..tidak bida di buka untuk klik wilayah pelayanan dan cabang pelayanan..saya komar nomor kpj 120214833933..padahal uang itu untuk saya gunakan buat usaha..mohon solusi nya untuk para petugas bpjstk

    BalasHapus
  11. Mas saya mau tanya.. Didalam 1 kartu bpjs saya ada 3 perusahaan yg berbeda.dan ada salah 1 perusahaan yg tidak ada paklaringnya yaitu perusahaan pertama kali saya bekerja tapi perusahaan ke 2 dan yg terakhir ada paklaringnya..itu bisa dicairkan ga? Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas,, bgmna dg kondisi ini? Apakah dlu bisa dicairkan?

      Hapus
    2. Saya gak bisa harus ada 2 2 nya

      Hapus
    3. Kalo nomor bpjs nya berbeda apa tetap tidak boleh?

      Hapus
  12. Mas saya mau tanya.. Didalam 1 kartu bpjs saya ada 3 perusahaan yg berbeda.dan ada salah 1 perusahaan yg tidak ada paklaringnya yaitu perusahaan pertama kali saya bekerja tapi perusahaan ke 2 dan yg terakhir ada paklaringnya..itu bisa dicairkan ga? Terima kasih sebelumnya..
    Dan posisinya skrng saya tidak aktif semua

    BalasHapus
  13. Saya sudah mencoba eklaim lewat online.. Karena saya punya dua kartu dengan dua nomer kpj yg sama sehingga ketika saya eklaim hanya bisa satu paklaraing.. Bingung

    BalasHapus
  14. Mas saya mau tanya..
    Saya udh pernah daftar online trs ksna d tolak masalah paklaringnya..
    Trs mau dFtar antrian online lg gk bsa karna udh pernah daftar gmn ea

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama masalah nya sama saya ,mau datang ke kantor juga gak bisa soal nya covid,di online kita di batasi cmn bsa daftar 1 kartu saja
      susah nya mo ngambil duit sendiri juga,+62

      Hapus
  15. Mf ne mau tanya saya punya BPJS 2 ke 2 nya masih aktiv yg 1 bisa di cek ko yg 1 lgy gak bisa di cek si,tolong di bantu gimana cara nya

    BalasHapus
  16. Saya mempunyai 3 kartu bpjs ktnagakerjaan & semuanya sdh non aktf apakah bisa dicairkan secara bersamaan ? Mohon dijawab y min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat bisa, Pak. Silakan diajukan klaimnya.

      Hapus
    2. Tolong Cara klaim nya dong sekalian bagaimana.

      Hapus
  17. Kenapa gak bisa dicairkan kalo punya lebih dari satu kartu dan salah satu kartu masih aktip di perusahaan terbaru.kn itu hasil keringet sendiri kenapa dipersulit mau ambil uang sendiri.knpa harus nunggu nganggur dulu baru bisa cair uangnya.

    BalasHapus
  18. Ass mas.
    Mau tanya
    Saya punya kartu bpjstk 4.
    2 kartu nomernya sama
    2 kartu lagi beda.
    Yg non aktiv 3 kartu.
    Point 1) Nah 2 kartu yg nomernya sama ini beda perusahaan misal nama perusahaan X dan Y.
    Point 2) Sedang 1 lagi yg non aktiv nomernya beda tapi 1 perusahaan dengan X
    Point 3) Saya masih bekerja diperusahaan Y dengan kartu bpjstk nomer beda lagi status aktiv

    Yg saya mau tanyakan
    1. Saya mau melakukan pencairan yg diperusahaan X dengan 2 nomer beda tapi habya ada 1 surat plakaring (surat plakaring hanya diberi pda saat abis kontrak yg pertama aja yg kedua tdk diberi?
    Bisa gak dicairkan karena masih 1 perusahaan.

    Pertanyaan ke 2.
    Bpjstk yg nomernya sama dengan perusahaan X tapi sdah beda perusahan yaitu Y non aktiv
    Apakah bisa langsung ikut cair karena dia sudah sama nomernya dengan X non aktiv.
    Mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Hanya kartu yang dilengkapi paklaring yang bisa dicairkan. Soalnya itu kan sendiri-sendiri meski di perusahaan yang sama. Harusnya dulu diamalgasikan (digabungkan) biar bisa cukup menggunakan 1 pakalaring saja. Jadi solusinya, silakan meminta surat keterangan/paklaring untuk kartu yang belum ada tersebut.

      2. Yang penting tidak aktif, JHT bisa dicairkan. Tapi silahkan ditunjukkan semua kartunya ke petugas di kantor BPJS Ketenagakerjaan jika saldonya belum digabungkan dari dua kartu tersebut.

      Tapi jika saat ini kamu masih bekerja dan memiliki kartu BPJS Ketenagakerjaan yang aktif, JHT dari kartu-kartu yang non aktif tersebut tetap belum bisa dicairkan. Saran saya, sebaiknya saldo dari 3 kartu yang sudah non aktif itu, digabungkan dengan kartu yang aktif saat ini. Supaya nanti pas kamu sudah berhenti bekerja, pencairan bisa lebih praktis.

      Hapus
    2. maaf mas mau tanya saya kn punya 2 kartu bpjs tpi sama perusahaanya semua ada paklaringnya tpi saya bekerja di perusahaan lain blm dpat kartu bpjs dan tidak ada surat paklaring kalau saya hanya mencairkan yg ada paklaringnya itu apa boleh,,,??

      Hapus
    3. Sya mau bertanya knp peraturan bpjs skrg mengharuskan klaim semua kartu yg non aktip pd hal anggota cuma mengajukan satu kartu aj wlwpun mempuyai beberapa kartu yg non aktip ...perna mengajukan stu kartu aj di tolak..knp bpjs bkin aturan sendri

      Hapus
    4. Bner skarang bpjs emng harus mencairkan semua kartu, kmaren sya mau nyairin satu kartu gk bisa... Kbanyakan aturan skrng

      Hapus
    5. kalo di ktp terdaftar 2 kartu BPJS tidak aktif semua , bisakah kita mencairkan 1 kartu saja ???

      Hapus
    6. Akhirnya gmn yg pd nyairin 1 kartu tp ama BPJS nya diminta semua hrs cair ? Apakah tetap tdk bs cair

      Hapus
  19. Mau tanya mas saya Melati, saya mau cairkan 2 JHT masing-masing dari 2 KPJ saya (dari 2 perusahaan yang sama, sudah tidak aktif keduanya), ketika daftar e-klaim, cukup masukan satu KPJ saja atau harus satu persatu KPJ didaftarkan e-klaim ? Terimakasih mohon jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk saat ini e-klaim JHT sudah tidak berlaku lagi. Sekarang pengajuan klaim JHT secara online bisa dilakukan melalui web antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id atau via aplikasi BPJSTKU. Nanti akan ada email dari kacab BPJS TK yang kamu pilih pada saat reg antrian online, berisi perintah kirim scan berkas persyaratan klaim JHT. Jadi silahkan langsung dimasukkan saja dua KPJ kamu tersebut beserta scan dokumen-dokumen yang lainnya.

      Hapus
    2. Permisi mas,mau tanya nih,di awal reg antrian online kan kita diminta masukkan no kpj yg mau di antrikan klaim jht,,otomatis kita masukkan no kpj yang mau kita klaim.trs baru dapat email suruh upload/kirim scan berkas persyaratan klaim..misal mau klaim 2 kartu kpj sekaligus,apa boleh langsung kita tambahkan kartu kpj yang kedua yang mau kita klaim bersama surat paklaringnya. trs dokumen lainnya sprt photo scan ktp.kk.buku tabungan bersama formulir f5 nya hrs buat sendiri" tiap satu kartu kpj, apa cukup satu saja mas untuk dua kartu kpj yang mau kita klaim.. saya barusan daftar antrian online mas,tinggal upload data scan ke email kacab nya.mohon pencerahaan nya mas ? TERIMAKASIH

      Hapus
  20. Memang seperti itu aturannya, Pak.

    BalasHapus
  21. saya punya kartu 3.. masing2 lengkap syarat nya.. kecuali ktp nya.. alamat sih sesuai..tp no ktp beda.. karena pas ngurus e ktp terjadi perubahan no ktp.. dan e ktp nya pun masih belum jadi...masih resi.. tp ktp yg lama saya masih ada? bagaimana nih caranya mas?

    BalasHapus
  22. Ass. Mas saya mau tanya.
    Apa bisa mengajukan pencairan di bank tanpa kartu bpjsnya karna hilang.
    Tp di ganti dengan surat kehilangan dr kepolisian ?

    BalasHapus
  23. Mau tanya.. saya punya 2 kpj dngan yg sdah tidak aktif.
    Satu kpj dari perusahaan A
    Yg ke 2 dari perusahaan B dan C...
    Pertanyaan saya. Apakah saya bisa mencairkan kpj dari perusahaan B dan C saja . Karena kpj dari perusahaan A tidak ada pakelaring nya

    BalasHapus
  24. Mas saya mau tanya . Saya punya 2 KPJ, lalu saya sudah mendapatkan dftr antrian online nya . Saya daftar lewat salah satu nomor KPJ .. tapi saya ingin mencairkan ke dua2 nya . Apakah bisa ? Misal pas saya nulis formulir di riwayat pekerjaan langsung ngajuin ke dua2 nya?
    Thnks

    BalasHapus
  25. Mas mo tanya bagaimana jika saya mempunyai 2 kartu dgn no kpj yg sama tp beda perusahaan.apakah bs di cairkan salah satu saldo jhtnya?karena saya hya ada 1 paklaring saja.thanks

    BalasHapus
  26. Hallo mas...
    Mau tanya, saya punya 2 KPJ dan kedua nya mau saya cairkan..saya sudah input KPJ yg terakhir saya berkerja lewat BPJSTKU dan Alhamdulillah sudah dapat email dari bpjs untuk antrean online nya.. nah yg mau saya tanyakan, apakah kedua kpj, kedua paklaring beserta dokumen lain nya saya email atau hanya KPJ yg saya input aja yg saya email? Dan dokumen harus scan atau bisa lewat foto pakai HP langsung kirim email ?
    Terimakasih sebelum nya��

    BalasHapus
  27. Assalamualaikum mas, mau nanya mas.. Mas tdi bilang apabila kartu bpjs kita hilang bisa di cairkn dgn syarat melapor ke pihak kepolisian.. Sya sdh melakukanx dan sdh ada srt dari pihak kepolisian keterangan hilang.. Tp knp wkt sya dtg ke kantor bpjs dipersulit ya mas, di suruh tlv lagi ke HRD tmp sya bekerja dlu.. Maka sya sdh lama g krja lagi.. Srt" semua lengkap.. Srt pengalaman kerja juga ada semua.. Mohon pencerahanx mas.. Takutx sya nnti di suruh ke tmp perusahaan sya bekerja dlu, maka jarakx jauh banget mas

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum mohon maaf saya mau tanya
    Saya bekerja di 2 perusahaan yang berbeda ,,yang perusahaan lama saya sudah resign dan saya bekerja diperusahaan yang baru setelah resign saya ingin mencairkan dana jht diperusahaan yang baru saja taoi knpa kog ngga bisa knoa harus meminta kertu bojs dri perusahaan lama ,,pdhal saya ingin mencairkan jht dioerusahaan yang baru saja,,mohon info nya

    BalasHapus
  29. Mohon bantuan min.
    saya bekerja di 3 perusahaan yg berbeda, dan saya mau klaim bpjs tk saya. tapi masalahnya yang 2 katrunya saya tahu nomor kartunya tapi yg 1nya lagi saya gak tau. jadi itu gimana ya min? semua surat refrensinya ada. mohon dibalas min. terima kasih

    BalasHapus
  30. Saya punya 2 kartu disatu perusahaan, terus paklaring nya cuma ada satu, apa bisa dicairkan kedua saldo jamsostek saya?

    BalasHapus
  31. Saya punya 4kartu dan semua sudah tidak aktif ada surat keterangan paklaring bagaimana caranya saya meng apload semua kartu saya itu sedangkan yg saya pakai untuk antrian online cuma satu nomor kpj

    BalasHapus
  32. Maaf mau tanya saya punya 3 kartu bpjs ketenagakerjaan.1 dari perusahaan lama,2 dari perusahaan yng baru.tpi yng perusahaan lama gag ada paklaring nya,trus yang 2 ini dpet paklaring satu aja,satunya lagi cuma dpet surat kontrak kerja.apakah bisa di cairkan

    BalasHapus
  33. Maaf saya mau tanya..
    Ini saya sudah mendaftar secara online dan sudah mendapat nomor antrian..disini saya memiliki 2 kartu dengan nomor yang berbeda dan dari perusahaan yang berbeda masing masing kartu sudah non aktiv dan memiliki 2 paklaring..
    Pada saat mendaftar untuk mendapatkan antrian online saya memasukkan nomor yang saya dapat dari prusahaan terkakhir saya berkerja..
    Pertanyaannya, pada saat mengUPLOAD data persyaratan apakah bisa saya foto 2 kartu itu sekalian? Soalnya saat di unggah itu saya coba hanya bisa 1 data.. dan begitu juga dengan paklaring nya .
    Atau harus ambil antrain 2 kali dengan nomor kartu dan paklaring masing masing??
    Tolong bantuannya🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasus saya adalah punya 2 KPJ dari 2 PT yang berbeda dan sudah tidak aktiv 22nya, dan saat ini saya sudah berhasil daftarkan 1 KPJ secara online & sudah mendapatkan jadwal interview untuk pencairan.
      pertanyaannya adalah:
      saya coba ajukan claim online hanya 1 KPJ yang bisa didaftarkan, atau harus menunggu proses klaim 1 KPJ selesai lalu kita bisa klaim 1 KPJ lainnya??
      atau apakah bisa bersamaan klaimnya??

      Hapus
  34. Secara online/offline juga ga bisa ya?

    BalasHapus
  35. Maaf saya mau tanya..
    Saya punya 3 kartu bpjs ketenagakerjaan, 2 dari perusahaan lama ada paklaringnya dan sdh tdk aktif. Sedangkan yg 1 dari perusahaan baru ada paklaring tp posisi masih aktif. Untuk mencairkan jht dari 2 perusahaan lama yg tdk aktif ini apakah bisa, krn yg 1 posisi aktif.

    BalasHapus
  36. Selamat Sore admin
    Tolong pencerahannya
    Saya pernah bkerja di satu perusahaan selama 6 tahun..tapi saya mmiliki 3 kartu jht dan masing2 ada uangnya..
    Bgaimana mncairkannya sementara hanya 1 parklaring karna hanya 1 perusahaan..tapi 3 kartu jht

    BalasHapus
  37. mau nanya, jadi saya punya satu kartu dan kartu tsb kepakai di 2 perusahaan berbeda, di perusahaan pertama ga ada paklarin nya tapi yg di perusahaan ke dua ada paklarin nya. nah yang dr perusahaan ke dua yg ada paklarin nya itu apa bisa dicairkan?

    BalasHapus
  38. Saya mau tanya saya kan punya 2 kartu diprusahan yg sama tapi pas pengajuan klime di email hanya bisa masukin 1 kpj trus pas proses pecairan hanya 1 kartu jja yg hilang yg 1 LG blom padahal pas saya melakukan uploud dokumen saya upload 22nya trus pas saya cek di tracking saldo yg 1 sudah hilang yg 1 LG blom itu gimna ya nanti yg cair hanya 1 kan saya maunya 22nya

    BalasHapus
  39. Tidak bisa cek saldo karena nik sudah terdaftar bagaimana ya apakah bisa d cair kan tanpa mengecek saldo

    BalasHapus
  40. Selamat siang, saya mw menanyakan untuk pencairan JHT saya punya 2JHT ps saya daftar online hanya 1 yg saya daftar kartu JHT dan saat upload saya sudah masukan smua datanya dgn 2 kartu JHT lengkap smuanya pakelaringnya jg lengkap tp saat cair dana yg kluar hanya 1 JHT dan itu no JHT yg saya daftar online. Yg saya mw tanyakan apa saya hrs daftar online lg utk pencairan Kartu JHT yg 1 nya? Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  41. Yg bngung klo e-klaim 2 kartu ( nomor kpj beda ) sdngkan di kolom e-klaim cuma 1 gimana pencerahan nya ?

    BalasHapus
  42. Saya punya 3 kartu, yang 2 ada plakerinnya ,yg 1 tidak. .
    Dr keterangan diatas katanya tetep bisa kLaim mskipun 2 krtu,
    Tpi setelah sya dtang ke kntor BPJS malah gk bisa, . .katanya klaim 1 kartu harus klaim semuanya

    BalasHapus
  43. Saya punya KPJ satu nomor saja tapi terpakai di dua perusahaan. Di perusahaan yg lama sudah habis kontrak dan tidak aktiv, tapi di perusahaan kedua masih aktiv bekerja. Apakah bisa dicairkan saldo yg diperusahaan pertama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gk bisa bos. .sa.at pencAiran. .status Kpj harus nOnaktif semua. .

      Hapus
  44. Mas mau tanya saya punya 1 kartu bpjs ketenagakerjaan tapi di dalamnya ad 2 perusaahaan yg non aktif dan keduanya sudah dibgabungkan jadi satu apakah bisa di cairkan semuanya dengan parkling di perusahaan yg terakhir bekerja sedangkan yang perusahaan pertama tidak ad parklingnya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana mas? Sudah coba? Bisa ngga ya?

      Hapus
    2. TergantUng kantor bpjs nya. . Ada yang minta plakarin terakhir. . Ada yg minta plakarin 2 2nya. .

      Soalnya ada kantor yg ruwet ada yg tidak. .

      Hapus
    3. Katanya harus dua duanya ada surat paklaringya baru bisa di cairkan

      Hapus
  45. Saya ada 4 kartu,1 perusahaan tapi sudah nonaktif semua cara klaim pencairan bpjsnya bagaimana?

    BalasHapus
  46. MOHON PENCERAHAN....
    Saya memiliki 3 kartu yang sudah tidak aktif...dan tadi pagi (karena tidak tau bahwa bisa klaim 3 kartu sekaligus) mendaftarkan online hanya 1 kartu dan sudah dpt nomer antrian..
    Pertanyaan saya:
    Apakah bisa saya mendaftarkan antrian online lagi untuk 2 kartu saya yg lain?
    Terimakasih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti akan ada email dari kacab BPJS TK yang kamu pilih pada saat reg antrian online, berisi perintah kirim scan berkas persyaratan klaim JHT. Jadi silahkan langsung dimasukkan saja dua KPJ kamu tersebut beserta scan dokumen-dokumen yang lainnya via email.

      Hapus
  47. Mohon pencerahan....
    Saya mempunyai 3 krtu bpjs ktnagakerjaan,yg pbrik trakhir ada surat plakaringnya&yg dpbrik 1,2 tidak ada surat plakaringnya+kartunya juga hilang,gak ingt nomer pesertanya...apakah saya bisa mencairkn bpjs dengn krtu yg trakhir yg ad srt plakaringnya melalui antrian online???kasih solusi donk....
    Terimakasih,

    BalasHapus
  48. Ka saya punya bpjs di pt xacti ketika saya habis kontrak saya bekerja di pt radikari
    Nah di pt radikari saya ada bpjs juga nah sudah saya cairkan
    Saya ingin mencairkan yg di pt xacti pas login di bpjsku nya keterangan nik sudah terdaftar.di bpjs pt radikari bagaimana jalan keluarnya ya ka trimakasih

    BalasHapus
  49. saya mau tanya,
    saya punya 2 kartu bpjs yg sudah non aktiv, trus sya mau mencairkan 1 kartu saja yg baru, karna yg satu sudah lama sejak tahun 2013 dan saya tdk punya SK dr perusahaan
    bisa gak kalo cuma cairkan 1 kartu saja,
    mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga bsa mas hrs kedua2nya..soalnya pengalaman tmn sy bgtu..

      Hapus
  50. Saya mau bertanya, saya punya 2 kartu yg pertama sudah non aktif yg kedua aktif apa yg pertama bisa dicairkan

    BalasHapus
  51. Saya mau nanya, saya sudah mengajukan klaim 2 kartu kpj semuanya sudah non aktif tapi yang sudah cair baru 1 kartu yg pertama trus kapan ya pencairan kartu yang 1 lagi? Trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klaim lewat online apa ke kantornya bang, soalnya ane jg mau klaim 2 KPJ nih..

      Hapus
  52. Halo Mas,

    Kalau saya punya 1 kartu BPJS TK tapi dananya dari 3 perusahaan (gabungan/lanjut),ketika pencairan apakah harus ada 3 parkalring atau cukup parkalring dari perusahaan terakhir saja ?

    BalasHapus
  53. Apakah ada peraturan yang mewajibkan pemilik kartu BPJS TK lebih dari satu menggabungkan saldonya? Mengingat saldo dari kartu lama hanya sedikit jumlahnya (kecil) karena hanya bekerja kurang dari seminggu. Namun saat verifikasi, dari pihak BPJS dipermasalahkan.

    BalasHapus
  54. Karna aturan nya pemilik bpjs sedang tidak bekerja di perusahaan manapun (mnimal nganggur 1 bln nn)

    BalasHapus
  55. Mengapa pengajuan online jawabannya begini ya, padahal di perusahan lama harian lepas ga di kasih kartu bpjs jg dan skrang perusahaannya jg udah tutup, di aplikasi bpjs jg nomornya jg 1, ini kok tulisannya lebih dr 1 ya kartunya, tp kartu yg ada sekarang lengkap semua, mohon pencerahannya . Berikut balasannya :
    Catatan tambahan Petugas :
    Selamat siang bapak/ibu Sebelumnya kami ucapkan terimakasih atas kesediaan bapak/ibu menggunakan Lapak Asik (Layanan Tanpa Kontak Fisik) BPJamsostek. Kami telah menerima email pengajuan klaim JHT bapak/ibu pada tanggal 23/10/2020 Berdasarkan hasil verifikasi lebih lanjut yang telah kami lakukan, masih terdapat hal-hal yang tidak sesuai : Pada saat proses klaim JHT, peserta yang memiliki lebih dari 1 kartu, harus mencairkan seluruh kartu yang dimiliki oleh peserta tersebut, pencairan belum bisa dilakukan apabila peserta yang memiliki lebih dari 1 kartu, hanya mencairkan 1 kartu Dalam sistem kami tenaga kerja terdaftar juga di PT. TAKETAMA PERDANA (UNIT SAKTI) (Silahkan mendaftar kembali melalui antrian online, kartu dan pakelaring dilampirkan dalam format pdf agar bisa memuat lebih dari 1 kartu dan pakelaring) Untuk itu kami menyampaikan permohonan maaf karena belum dapat memproses lebih lanjut klaim Bapak/Ibu. Mohon agar bapak/ibu dapat menghubungi pihak pengurus perusahaan atau pihak - pihak terkait dokumen persyaratan yang telah disampaikan. Setelah data bapak/ibu sudah sesuai dan lengkap, kami persilahkan bapak/ibu untuk mengajukan antrian online kembali. Demikian kami sampaikan, mohon untuk tidak mereply email ini. Atas pengertian dan kerjasamanya diucapkan terimakasih. BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bekasi Cikarang Info lebih lanjut hubungi 175 #jagakebersihan&jagakesehatan #physicaldistancing #bersatumelawancorona #bpjamsostek LAPAKASIK#LayananTanpaKontakFisik

    BalasHapus
  56. Saya punya 1 kartu bpjs tk namun saat saya cek lewat apps ada 2 saldo yg tertera di karenakan perusahaan tmpat saya bekerja meralih nama atau semacamnya saya tidak paham dari cv ke pt dan skarang saya terdesak kebutuhan ingin mecairkan JHT yg 10% karena saya sudah bekerja lebih dari 11thn namun kendalanya saya tidak bisa melakukan pencairan 10% karena ada 2 saldo, itu bagaimana harusnya?

    BalasHapus
  57. Saya punya 2 kartu Bpjs tk(semuanya sdh tdk aktif) 1 ada paklaring dan 1 nya lagi gada paklaring, karena saya tdk resign dgn baik2(kabur). bisa ngga ya saya mencairkan salah satunya? Kemarin saya sdh daftar tapi gabisa, hrs ada 2 data dlm 1 dokumen. Mohon masukannya mas mba☺

    BalasHapus
  58. Saya tadi klaim lewat online tapi pas nunggu wawancara online ternyata dapet email gak bisa di cairin ternyata saya ada 2 kartu bpjs tpi dari perusahaan yang terakhir sya kerja saya belum dapet kartu bpjsnya ..kata perusahaan di print aja lewat online ...nah yang itu bisa di print...(tapi bpjs dari perusahaan yang pertama saya kerja saya belum dapet kartu bpjs juga...saya udah minta ke perusahaan tapi kata hrd di perusahaan harus minta ke kantor bpjs tapi pas minta ke kantor bpjs malah di suruh minta ke perusahaan lagi ini gimana ya ko di lempar" gak jelas.. itu makanya saya cuma ngambil plaklarin males ngambil bpjs nya karena bingung mau minta ma siapa soalnya di lempar" gak jelas ini kejadian tahun2013)..nah sekarang saya mau nyairin bpjs karena saya udah risen dari perusahaan yang ke dua itu..tapi pas klaim online gak bisa harus di gabungin gitu sama bpjs yang perusahaan pertama..nah bingungnya mau minta ke mana ya kartu bpjs nya waktu q risen aja minta kartu bpjsnya di lempar" gak jelas ..apalagi sekarang pasti alasanya data nya udah hilang ...
    Itu gimana ya ..soalnya saya butuh banget nyairin bpjs..mohon solusinya terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak..Akhirnya bisa cair ga Pak punya Bpk?

      Krn sy br per kemarin mengalami hal yg sama..

      Mhn share pengalamannya ya Pak..
      Tksh

      Hapus
    2. Sama seperti kjdian saya.pdhl yg saya ajukan cuma 1 nomor kpersertaan.knp kok hrus mlampirkan nomor pesrrta di tempat krja yd dlu

      Hapus
  59. Mau nanya saya punya 5 kartu BPJS ketenagakerjaan . Yg mau saya cairkan hanya 3 Krn yg 2 tidka ada paklaring nya.. aapkah bisa. Tolong bantu jawab
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga bsa mas..hrs semuanya sekaligus di cairkan..soalnya pengalaman tmn sy bgtu..mau dicairkan satu saja krna yg perusahaan satunya hilang paklaringnya..dicba antrian online 1 kpj trnyta dpt email & tlp dr bpjs klo hrs klaim jg yg satunya..jd hrs sekaligus ga bsa satu2

      Hapus
  60. mau tanya ane kn kerja di 4pt trs yg datanya lengkap yng terakhir..trs apakh bisa claim cuma yg terakhir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga bsa mas hrs smuanya sekaligus dicairkan..

      Hapus
  61. Mau tanya saya pernah bekerja di 3 perusahaan,tp saya hanya punya 1 kpj saja yaitu pt terakhir saya bekerja. Saya udah dftar tp gagal karena harus d cair kan semua ,sedangkan saya tidak punya faklaring dan kpj nya. D tnyakan sama hrd ny juga tida bisa karena id cart nya sudah hilang jd data nya tidak ada. Jd gimana dong ,apa kpj saya yg d 1 pt itu gk bisa c cairkan walaupun sudah lengkap ? Apa jd hangus semua,

    BalasHapus
  62. Bismillah.
    Kalo mencairkan 1 kpj bisa gk.soalnya dulu kerja dikasih pakelaring,tapi gk dikasih no kpj oleh hrd kerja cuma sebulan kurang.,& Tapi di cek oleh bpjs baya terdaftar di perusahaan sebelumnya..

    BalasHapus
  63. Saya mau nanya,..saya punya 4 kartu BPJS,yg 2 kartu berasal dari 1 perusahaan yg sama tetapi no kpj nya beda karena ada keterangan karyawan kontrak dan karyawan tetap,paklaring yg di berikan pun cuma 1 tapi tertera tanggal masuk dan keluar kerja nya benar. Apakah bisa di cairkan kedua kartu BPJS tersebut hanya dengan 1 paklaring?

    BalasHapus
  64. Saya mau bertanya,
    Saya memiliki 2 kartu BPJS TK di 2 perusahaan yg berbeda..
    Yg Pertama Perusahaan "A",,di perusahaan ini saya sudah ada paklaring nya,tetapi di DATA perusahaan "A" ini saya masih posisi "TERTUNGGAK" (Belum dibayarkan sama perusahaan "A" selama 3bulan terakhir, sebelum "KONTRAK" kerja saya mau Habis
    (PKWT dari TAHUN 2015/Tahun 2017)
    di Bulan OKTOBER 2017 s.d Desember 2017,dan 3 bulan terakhir itu posisi BPJS TK TERTUNGGAK..


    sedang di Perusahaan "B" status saya masih AKTIF(BEKERJA),,dan sampai saat ini Bayar setiap dibulan nya(potongan) untuk membayar BPJS TK masih lancar..

    Pertanyaan Saya,,
    Apakah KARTU BPJS TK di Perusahaan "A" (pertama saya bekerja) bisa di KLAIM atau bisa di Satu Kan menjadi Satu dengan KARTU BPJS TK dari Perusahaan "B" yg mana status saya masih Berkerja..

    Dan apakah Tunggak 3 bulan di Perusahaan "A"
    (tempat pertama saya bekerja)..
    Akan menjadi BEBAN ATAU Kewajiban saya untuk Membayar nya..


    MOHON BANTUAN ATAU PENJELASAN NYA..
    TERIMAKASIH

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo pas sampeyan kluar hard/pengurus karyawan harus nya menonaktifkan status kpesertaan sampeyan,biar gda tunggakan yang harus di bayar ama perusahaan baru tempat sampeyan kerja skrng,sbenar nya perusahaan yg baru membayar tunggakan itu klo sampeyan daftarin no kpj yg prtma,tpi mungkin prusahaan yg baru gak mau bayarin tunggakan nya jadi bikin kpj baru deh,...

      Hapus
  65. Mohon informasi nya mas.
    Saya pengahuan klaim jht.tapi keterangan klaim di tolak.dengan alasan hatus mencantumkan 2 nomor kpj yang saya punya.sedangkan saya yg saya ajukan cuma 1 nomor kpj.kenapa pihak bpjs meminta untuk melampirkan kartu bpjs sya ysng satunya??sedangkan saya adah tdk mmpunyai kartu bpjs yg dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mgkn data di bpjs..mas nya trdftr punya 2 kpj..jd musti di klaim keduanya..

      Hapus
    2. Iya gimana nih kenapa harus kedua kartunya diklaim mempersulit saja

      Hapus
  66. Permisi maaf mau tanya jika kartu bpjstk.a hilang terus nomernya juga lupa mintanya harus kemana ya pak? Soalnya kemren sya ke kantor bpjstk katnya suruh minta ke hrd perusahaan,sedangkan perusahaan sudah acuh gk mau nangain karyawan yg sudah off. Posisi sudah gk kerja 2 thn diperusahaan teesebut. Sya udah jelasin ke satpam kantor bpjstk.a tp tetep gk bisa, gk mau ngertiin bgt. Padahal sya liat diinternet misal no bpjstk hilang bisa minta ke kantor cabang bpjstk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mnta langsung ke kantor bpjs pak..bawa surat paklaring dr perusahaan..soalnya kmrn tmn sy bgtu..ga ada krtu bpjsnya diksh perusahaan..akhrnya ke kntor bpjs diksh tau nmr bpjsnya pak..tp utk print krtu ngeprint sndri di akun bpjstku..tmn sy jam 7 pagi ke kntor bpjstku..soalnya slama pandemi ini dibatasi 15 antrian sj yg dilayani..

      Hapus
  67. DATA PESERTA TERDAFTAR DI BEBERAPA PERUSAHAAN DAN PESERTA SENDIRI HANYA BEKERJA HANYA SATU PERUSAHAAN,BAGAIMANA CARANYA JIKA PESERTA INGIN MENCAIRKAN BPJS NYA TERSEBUT JIKA SUDAH TIDAK BEKERJA.

    BalasHapus
  68. Saya koq pusing ya.. udah wira wiri ke kantor bpjstk.. waktu bulan maret 2020 di klaim via online sempat bisa masuk dan dpat antrian hingga proses verifikasi berkas yg memang ada salah data pada kpj/ktp. Lalu di suruh antri ulang online ..mental lagi wira wiri lagi gara2 sekarang kudu pakai Npwp.. bikin npwp jg ribet dg aturan ..nunggu npwp jg seperti php 1minggu lebih.. yg saya mau tanyakan: DOSA SAYA APA????

    BalasHapus
  69. Ka mau nanya kalo misal 1 akun ada 2 bpjs dan saya mau mencairan 1 perusahan aja apa boleh menggunakan 1 paklarin dari perusahan tersebut ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo salah satu kartu nya masih aktif gak bisa gan,kalo masalh saya malah pengen 2 2 nya di claim tapi di online cmn bisa satu aja,daftar lagi gak bisa ,gak tau dah kdepan nya kpan bisa claim lagi

      Hapus
  70. saya memiliki 2 kartu jht... yg satu non aktif... saya maw mencairkan gi mana caranya sementara perusahaan tempat saya bekerja yang lama sudah tutup... dan saya masih berstatus bekerja di perusahaan yang baru... apakah saya bisa mencairkan dana jht saya yang telah non aktif.... Makasih atas jawabannya...

    BalasHapus
  71. Terdaftar 2 kartu tp bekerja hanya 1 bln dan blm dapat kartu dan verklaringnya di kartu pertama. Bisakah kita hanya mencairkan 1 kartu kepesertaan saja yg dari perusahaan terakhir tp ada verklaringya??

    BalasHapus
  72. Saya memiliki 2 kartu jht, yang satu dri perusahaan saya yang dulu saya resign udah ada 3 bulan dan statusnya sudah nonaktif, dan yang satu lagi dri tmpat kerja saya yang terakhir saya udh resign selma 1 buln lebih dan bpjs saya bru di nonaktifkan, saya mau mencairkan yg dri perusahaan lma saya tpi kok kterangnnya msih masa tunggu 1 buln yah, apa krna dri krtu bpjs saya yg trakhir baru di nonaktifkan jdi tidk bisa buat pencairan???

    BalasHapus