Cara Mencairkan Uang Jaminan Hari Tua Melalui Bank yang Bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan

Cara mencairkan saldo JHT Jamsostek BPJS TK lewat bank ini merupakan kelanjutan dari artikel-artikel kami yang terdahulu. Sebelumnya kami sudah memberikan panduan lengkap tentang bagaimana mengajukan pencairan secara online melalui layanan e-klaim JHT 2019, dan juga tentang tata cara mengambil dana JHT secara langsung dengan mendatangi kantor cabang Bpjs Ketenagakerjaan di tempat tinggal Anda.

Mencairkan JHT Jamsostek BPJS Ketenagakerjaan via Bank

Semoga teman-teman sudah membacanya sehingga bisa tahu kelebihan dan kekurangan dari masing-masing cara yang telah kami bagikan. Dengan begitu, teman-teman bisa menentukan metode pencairan yang diinginkan, apakah via online atau offline. Dan ada satu lagi pilihan cara mengambil dana JHT akan kami ulas kali ini, yaitu mencairkan JHT lewat bank.
Baca Juga: Cara Terbaru 2020 Mencairkan JHT BPJS TK Menggunakan LAPAK ASIK
Lalu bagaimana prosedur mencairkan dana JHT melalui bank itu? Berikut ini penjelasannya.

Hal terpenting sebelum menarik tabungan Jaminan Hari Tua melalui bank adalah mengetahui dulu bank apa yang bekerja sama dengan kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan di daerah Anda. Karena hanya bank-bank tertentu saja. Tidak semua jenis bank. Kebanyakan hanya bank-bank pemerintah atau bank BUMN.

Selain itu, dalam setiap kantor BPJS TK biasanya cuma bekerjasama dengan satu bank saja. Dan bisa saja, antara kantor BPJS Ketenagakerjaan yang satu dengan kantor BPJS Ketenagakerjaan yang lainnya menggunakan bank yang berbeda. Tergantung kebijakan kantor cabang setempat. Misalnya Kacab BPJS TK Malang bekerjasama sama dengan Bank BNI, sementara BPJS Ketenagakerjaan Blitar kerjasamanya dengan Bank BRI, lalu kantor BPJS TK Sidoarjo berpartner dengan Bank Bukopin. Itu sekedar contoh saja.

Untuk mengetahui bank apa yang bekerjasama, kita bisa mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan tempat dimana kita akan mengurus klaim JHT. Nanti pihak bpjs TK akan merekomendasikan bank tertentu kepada kita. Selain itu, kedatangan kita bukan sekedar untuk mengetahui informasi bank rekanan, tapi juga sekaligus untuk meminta formulir klaim JHT, surat pernyataan sudah tidak bekerja lagi, dan formulir ceklis kelengkapan berkas. Yang nantinya kita isi untuk diserahkan ke pihak bank untuk diperiksa. Untuk surat pernyataan jangan lupa ditandatangani di atas materai.
Jangan lupa siapkan semua berkas dokumen persyaratan pencairan JHT, yang meliputi:

  1. KPJ atau Kartu Peserta Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan asli beserta salinannya.
  2. Foto kopi dan asli KK (Kartu Keluarga).
  3. KTP elektronik asli beserta salinannya.
  4. Fotokopi Paklaring/surat pengalaman kerja/surat referensi/surat rekomendasi beserta salinannya.
  5. Foto kopi rekening tabungan atas nama pribadi, tidak boleh buku tabungan atas nama orang lain meskipun itu keluarga sendiri.
  6. Kartu NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) jika dana yang akan cair lebih dari 50.000.000 rupiah.

Khusus untuk berkas nomor 5, yaitu buku rekening bank, kemungkinan diharuskan menggunakan rekening bank yang sesuai dengan bank yang akan kita gunakan untuk mengurus pencairan JHT. Misalnya, yang direkomendasikan bpjs ketenagakerjaan adalah bank Mandiri, maka rekening yang kita pakai wajib rekening bank Mandiri. Tidak usah khawatir kalau belum punya, karena nanti pihak bank akan membuatkan buku rekening baru atas nama kita. Ke rekening tersebutlah uang JHT kita akan ditransfer. Namun jika tidak diharuskan, ya silahkan saja menggunakan buku rekening bank lain.

Kemudian khusus peserta yang berhenti bekerja per 1 September 2015 karena PHK, wajib membawa berkas tambahan berupa akte perjanjian bersama yang di keluarkan oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI).

Dan satu lagi, untuk peserta yang berhenti kerja karena sudah habis masa kontraknya, wajib melampirkan surat PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu) yang pertama kali diterima.

Jangan lupa juga dengan syarat dan ketentuan untuk bisa mengambil uang JHT bpjs ketenagakerjaan 100%, yaitu:
  • Sudah berhenti bekerja minimal satu bulan.
  • Belum bekerja lagi pada perusahaan-perusahaan yang mendaftarkan karyawannya di program BPJS Ketenagakerjaan.
  • Kartu atau status kepesertaan Jamsostek harus sudah benar-benar non aktif.

Setelah semua formulir diisi, berkas persyaratan lengkap, syarat dan ketentuan juga sudah terpenuhi, silakan mendatangi bank yang telah direkomendasikan BPJS Ketenagakerjaan. Sampaikan kepada security bank atau Costumer Service bahwa kedatangan Anda adalah untuk mencairkan uang tabungan Jaminan Hari Tua (JHT) Jamsostek.

BACA JUGA: Bank Apa Saja Yang Bisa Digunakan Untuk Mencairkan Dana JHT Jamsostek/BPJS TK? Inilah Daftar Selengkapnya!

Dana JHT biasanya akan masuk ke rekening kita sekitar 7 hari sejak proses pengajuan klaim atau disesuaikan dengan informasi yang diberikan oleh pihak bank. Jika sudah melebihi waktu yang diinformasikan tapi saldo JHT belum juga cair, silahkan menghubungi pihak bank atau langsung ke pihak BPJS Ketenagakerjaan untuk konfirmasi keterlambatan tersebut.

Seperti itulah cara terbaru mencairkan saldo JHT Jamsostek/bpjs ketenagakerjaan lewat bank 2019. Tentunya dengan adanya metode ini, semakin banyak alternatif yang bisa kita gunakan dalam mengurus klaim uang Jaminan Hari Tua.

93 Responses to "Cara Mencairkan Uang Jaminan Hari Tua Melalui Bank yang Bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan"

  1. Sekarang pencairan di BPJS langsung Dateng sudah tidak bisa pak, jadi tetep harus buat antrian dulu di websitenya. Dan kondisinya saya sudah coba beberapa kali buat antrian tetep tidak bisa dengan pilihan tanggal tidak tersedia, dan dari pihak BPJS bilang itu berarti antrian penuh. Smpe saya bosen coba berkali2 dengan beda hari tetep sama hasilnya. Yang saya tanyakan untuk pencairan melalui Bank apakah prosesnya sama harus daftar antrian online terlebih dahulu. Ditunggu blsnya pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanyakan dulu ke kantor BPJS Ketenagakerjaan di daerah anda, apakah ada bekerja sama dengan bank tertentu untuk klaim JHT. Jika ada, tanyakan saja bagaimana proses pencairannya. Sebab klaim via bank tergantung kebijakan kantor cabang bpjs tk masing2.

      Hapus
    2. Anda coba ajh buka antrian online jm 00:00 krna d situ saya bs, itu pun d beri tahu CS BPJS ny

      Hapus
    3. Kalau klaim bpjs lewat bank tidak perlu antri daftar online.langsung aja dtg ke bank yg di tunjuk langsung sama bpjs setempat.

      Hapus
    4. dicabang tempat saya tinggal di kota cimahi bank yang bekerja sama dengan bpjs sudah tidak bisa..
      ngambil antrian online susah untung-untungan, bank yg bekerja sama dengan bpjs sudah tidak melayani pencairan atau klaim bpjs jht..
      jadi gimana solusinya???
      tolong jawab..

      Hapus
  2. Kalau langsung lewat bank mandiri bisa tidak pak pencairan ny,tnpa harus online terlebih dahulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pencairan lewat bank memang harus datang langsung ke bank yang bersangkutan. Tapi sebelumnya harus konfirmasi dulu ke kantor BPJS TK di daerah anda, tanyakan bank apa yg bekerja sama..

      Hapus
    2. Kalo saya si daftar pencairan bpjs melalui online , pendaftaran saya berhasil terus ada balesan komfirmasi email dari BPJS , diemailnya itu ada keterangan saya suruh Dateng Ka Bank BNI dengan syarat saya harus membuat buku tabungan , saya pas daftar eklaimn pake Bank Mandiri, mungkin BPJS bekerja samanya sama bak BNI. Diemailnya itu Tglnya sudah dicantumkan untuk datang ke Bank BNInya , keterangan cabang BNInya juga sudah ada dan persyartannya juga sudah ada diemailnya .
      Terimakasih

      Hapus
    3. Kalo untuk isi formulir nya gimana pak, di disi di kantor bank tsb atau secara online soalnya saya buka form bareng email balasan dari bpjk tdk bisa di buka

      Hapus
  3. kalo rekening nya mati karna ngga pernah ada saldo nya gimana pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo daerah rawamangun bpjs tk kerja sama bank apa ya?
      Kira" tau gak gan?

      Hapus
    2. Kenapa saya sudah ajukan klaim bpjs ke kantor cabang sudah di setujui jadwal hari ini untuk wawancara persyaratan sudah saya siapkan tetapi pas di jam yg di tentukan hari ini jam 11.00 kata pihak dari kantor cabang bpjs mengatakan untuk saat ini klaim bpjs anda belum bisa.
      Yg saya mau tanya apa sih kendalanya lagi.

      Hapus
  4. Masih bisa dicairin gk jamsostek nya klo udh 5 tahun gk bekerja lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih sangat bisa, Pak. Karena itu hak anda dan pihak Jamsostek tidak akan menahan uang JHT anda asalkan semua persyaratan lengkap.

      Hapus
    2. Klo kita risgn pake surat pengalaman kerja aja bisa ya.. Soalnya BPJS sy td disatukan.. Kd kartu BPJS sy ada..

      Hapus
  5. Kalau lewat bank atm mandiri berapa hari ya cairnya

    BalasHapus
  6. Maaf mo tanya saya sudah ajukan pencairan di bank yg di tuju setelah 4 hari saya cek melalui appl bpjstk kok balasannya "data saldo tidak tersedia" padahal sebelum pengajuan masih bisa di cek.....kenapa klu sudah di cairkan keterangannya tidak NOL

    BalasHapus
  7. bisa ga secara manual di bank

    BalasHapus
  8. Jadi ke bank juga harus antri online? Klo iya web nya apa

    BalasHapus
  9. Mau tanya pak saya kan sudah tidak kerja selama 1 bln dari tgl 15 okt tapi pas saya daftar antrian online ko ada balasan kartu bpjs saya lg nunggu antrian 1 bulan lg baru bisa diklaim gimana itu pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. BPJS nya masih aktif mungkin pak. Kan syarat pencairan BPJS tunggu sampai sudah tidak aktif. Kira-kira 3 bulanan

      Hapus
  10. Apakah ke bank yang bekerja sama dengan bpjs dipersulit juga masalah paklaring? Padahal sudah jelas bekerja di perusahaan yang sudah tertera di paklaringnya.. kenapa masih ditanyakan juga tanda tangan yang ada disurat nya?

    BalasHapus
  11. Mau tnya dong pak. Ditempat kerja lama saya udah ga aktif bpjsnya tapu saya udah bekerja ditempat yang dimana terdaftar bpjs dengan kartu baru... Itu yang lama bisa dicairin ga pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pak.yg penting sudah non aktif pak.

      Hapus
    2. Klo kartu ya ilang apa bisa di cairan di bank

      Hapus
    3. Klo kartu ya ilang apa bisa di cairan di bank

      Hapus
  12. Sy sudah proses pencairan berapa lama yaa kira kira

    BalasHapus
  13. bisa info,pencairan dana jht manual/offline apabila saat validasi semua berkas dokumen sukses, dana bisa di terima tunai saat itu juga atau tetap di transfer melalui rek bank?dan brp lama waktu pencairan/dana akan masuk ke rek kita? apakah sesuai hari maupun jam kerja, atau sistim online bank 24 jam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak mau tanya kalo perusahaan yg mencair kan dari tenaga kerja cuma ngasih persyaratan bisa ngk kk

      Hapus
  14. Untuk rekening nya bank apa.aja yg bisa untuk pencairan dana jht
    nya...

    BalasHapus
  15. Mau tanya kalo urus di bank BNI sudah selesai dan sdh masuk 7 hari bisa ngk kita mengecek saldo di tempat cab Bank BNI di daerah misalnya

    BalasHapus
  16. Bagaimana cara cairkan BPJS ketenagakerjaan lewat bank mandiri ? Soalnya Saya ke kantor bpjs selalu disuruh daftar online untuk memiliki nomor antrian , ketika Saya daftar online itu selalu penuh , gimana solusinya ?

    BalasHapus
  17. Mau tanya dong saya udh non aktif untuk jht nya tapi saya gak tau kalo pencairan lewat via bank itu apa aja ya bank nya yg bekerja sama dgn jamsostek

    BalasHapus
    Balasan
    1. \pakah bpjs pandaan tmn dayu apakh blrja sma dg bank bni bri bjb itu

      Hapus
  18. Mau tanya agan" dan sis
    Saya kan punya kartu 2 yg 1 jamsostek dan yg 1 bpjs
    Kalo bpjs saya blm tau msh aktif atau tidak saya kerja terakir akhir tahun 2018
    Kira" yg jamsostek bisa dicairin gakgya
    Meskipun kalo misalnya bpjs masih aktif

    BalasHapus
  19. adakah pengalaman yang sudah mendaftar di eklaim dan dibalas oleh kantor bpjs terkait tapi terlalu lama dapat antrianya (2bulan lebih dr tgl pengajuan) nah sebagai antisipasi saya jg daftar di bank mandiri dan ternyata antrian untuk klaim lumayan tidak begitu lama sktr 2mngguan dr tgl saya klaim .Pertanyaanya ,apakah ini tidak menjadi masalah jika saya ambil klaim antrian yg lebih cepat ? atau tetap harus menunggu klaim yg lgsg dr kntor bpjs resmi?

    BalasHapus
  20. Udah 8hari belum cair juga. Telpon cs suruh nunggu. Cek saldo udah ga bisa. Ga ada kejelasan yang pasti

    BalasHapus
  21. Mandiri lama pencairan nya.. sudah 2 minggu ini

    BalasHapus
  22. gan mau nanya ... saya kan di suruh buat ATM baru yang langsung berhubungan dengan pihak bpjs nya dan setelah membuat baru langsung saya di suruh tinggal menunggu cair dari pihak bank nya karena langsung di konfirmasi kan ke pihak BPJS nya tapi saldo ATM nya kosong karena ATM baru ... apakah bisa cair karena pihak bank tidak bilang harus ada saldo dulu ??????

    BalasHapus
  23. Kalo di Brebes bisa cairkan bjps ketenagakerjaan di mana ya.melalui bank mana

    BalasHapus
  24. Kalau saya mau mencairkan dana bpjs ketenagakerjaan tapi buku tabungannya hilang...saya mau ambil cash aja,bisa kan?

    BalasHapus
  25. Kalau cairkan dana bpjs lwat atm bri,kira2 brpa lama yaa bisa cair

    BalasHapus
  26. Oia pak. Lau lewat bank bca bisa ngk yh. . . . Untuk mencairkan uang jamsostek ketenagakerjaan???

    BalasHapus
  27. Lwt bank mandiri bisa gan.trs harus ke BPJS dulu

    BalasHapus
  28. Bila tidak ada rekening bagaimana mana yaa .... tolong dijawab

    BalasHapus
  29. Kalo ktp asli saya ilang bisa make surat keterangan dari kepolisian ga yah pak ??

    BalasHapus
  30. Ko aq tgl ny g bs" ya mhon info ny dong it knp

    BalasHapus
  31. Apakah bank bri bsa klaim bpjstk

    BalasHapus
  32. Apakah bank bri bsa klaim bpjstk

    BalasHapus
  33. Maaf Gan klo untuk wil cirebon kantor pos mana dan Bank mana..? Terima kasih.

    BalasHapus
  34. Bagaimana kalau ambil no antrian online gak pernah bisa, udh tiap hr dr pk. 00 tp tetap gak bisa. Trims

    BalasHapus
  35. Skrng bpjs nya penuh mlu, ngmbil no antrian susah ny bukan maen dri jm 00 smpe jm 00 tak juga dapat

    BalasHapus
  36. Saya udh sering daptr onlin.tp gak d trima2 juga dri jm 00 pe subuh.gmna gk sesel coba.mending sistem dulu biar ngantri tp cair gk ribet daptar onlin.kta siap mudah yg ad susah d trimanya.gima solusisa supaya mudah tidak susah masuk nya...

    BalasHapus
  37. bank apa ajah yah yg ikut gabung dgn bpjs .. bank bjb ikut gabung gk yah ?

    BalasHapus
  38. mau tanya, saya punya kartu BPJS TK ada 2, dengan nomor anggota yg berbeda.. yg nomor pertama saat saya bekerja di perusahaan lama sudah lama dan sudah tidak aktif kartunya. tp skrg sya masih bekerja di perusahaan baru dgn nomor anggota yg berbeda. pertanyaan saya apakah bisa di cairkan JHT saya yg di perusahaan lama yg nomornya sudah tidak aktif?

    BalasHapus
  39. Bagaimana jika tdk ada KK asli pak ... karna KK asli hilang

    BalasHapus
  40. Pencairan bpjs ketenagakerjaan dengan buku tabungan bank Bca bisa tidak ya?

    BalasHapus
  41. Pusinglah mau nyairken duit sorangan g di persulit...Anda" ini bisa kerja te ...hak orang di persulit gitu

    BalasHapus
  42. Berapa x gue mondar-mandir daftar antrian online penuh terus... giliran dpt tgl antrian nya malah Lola" muter-muter sedang di proses

    BalasHapus
  43. Jika syarat pencarian bpjstk rekening nya fc ,tidak bawa yg asli bisa tidak ya?

    BalasHapus
  44. Bank BRI mana yg bekerja sama dg bpjstk di Kota Tasikmalaya ?

    BalasHapus
  45. Mau nanya BTN yang bisa nyairin bpjs daerah Cikokol Tangerang, BTN cabang mna ya

    BalasHapus
  46. mohon maaf, saya sudah menunggu lebih dari 5 hari untuk pencairan bpjs ketenagakerjaan. petugas bpjs nunggu 2 sampai 5 hari. udah 8 hari kok belum masuk juga ke rekening mandiri saya? mohon di jelaskan . terima kasih.

    BalasHapus
  47. saya menelfon bpjs bpjs setempat, sudah lebih 10 kali saya menelfon dg nomor telfon bpjs yg tertera, tpi tidak ada jawaban.malah di matikan.

    BalasHapus
  48. Pak kenapa saya asalkan masuk ke tanggal kedatangan selalu sedang proses mulu kno ya kan saya udh ganti cabang lain

    BalasHapus
  49. Sudah gunta ganti cabang yg ada di jakarta tapi tglnya tidak bisa

    BalasHapus
  50. udah ada tanggalnya malah ada tulisan invalid captcha,,pusing

    BalasHapus
  51. dulu di kantor lama saya pake rekening bca, sekarang rekening nya udah hangus ga bisa diaktifin lagi. kalo saya buka rekening baru pake rekening bank dki bisa ga ya?

    BalasHapus
  52. Udah susah masuk k antrian online berkali2 penuh trs sekali bisa masuk ke tanggal antriannya malah sedang proses mulu

    BalasHapus
  53. Yg pasti aliran dana pencairan seperti nya jga antri, aliran duit tersendat mankanya yg sdh cair lama bisa di tarik nya, dan yg blm di persulit daftar online nya

    BalasHapus
  54. Halo, apa harus menggunakan pkwt beneran? karena pkwt saya sudah saya buang atau ilang, krena dulu ngga pake pkwt jd saya pikir ngga penting. Klo ngga punya apa solusinya? Atau ditolak permintaan pencairan?

    BalasHapus
  55. Maap mau tanya.saya udah dapat antrian online jht.tapi tidak ada balasan email dari bpjs knapa yah

    BalasHapus
  56. Saya mau tanya saya daaftar online trus dapet tgl 12 besok.tapi saya baru tau klo harus scan dan kirim data pas tgl 11nya .apa saya masih bisa d proses apa saya harus daftar lagi??

    BalasHapus
  57. Bener bgt... Tidak semudah yg dibayangkan daftar online penuh melulu... Smg diberikan kemudahan kelancaran systemnya jg uangnya lancar.... Dulu kita dipotong gaji tiap bulan.. setelah bertahun2 pengen ngambil uang sendiri kok ya susah bener...

    BalasHapus
  58. Bank yang bekerja sama dengan bpjs TK daerah cipondoh, cikokol dimannya yaa ? Terima kasih

    BalasHapus
  59. Maaf mau naya kalo tampa kk asli bisa tidak ya soalnya kk aslinya di kampung.?

    BalasHapus
  60. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  61. Kalo surat pkwt sudah tidak ada karna sudah bbrpa tahun habisnya.. yang ada cuman paklaring itu nasibnya bagaimana? Menjadi kendala apa tetap busa dicairkan?

    BalasHapus
  62. udah masuk ke antrian online sudah isi, terus setelah itu simpan, selanjutnya gimana, ga ada muncul apa2, di menu simpan aja..

    BalasHapus
  63. Saya sudah daftar online tapi kenapa tidak dapat email???

    BalasHapus
  64. Mau nnya kak,klu bpjs kita masih jd jaminan bank saat peminjaman uang,apakah bpjs ttap bisa di cairkan saat sudah berhenti kerja?mohon informasinya kak 🙏🙏🙏

    BalasHapus
  65. Mo ngabil duit selalu di persulit

    BalasHapus
  66. Saya mo nanya bank BCA yg kerja sama sama Jamsostek daerah Bogor di mana

    BalasHapus
  67. Saya mau mencairkan bpjs saya.pada saat pengisian data keterangan kartu bpjs saya masi aktif.sedang kan kartu bpjs saya sdh tdk aktif lg.dan saya sd cb hbgi HRD saya kartu ya sdh tidk aktif lagi

    BalasHapus
  68. Mohon batuan nya solusi ya gmn ya bpk/ibu

    BalasHapus
  69. Mo tanya.kl pencairan lewat bank kena potongan atau pajak nggak y

    BalasHapus
  70. Klok udah lengkap tapi pihak BPJS tidak merespon data kita dengan benar meski data kita sudah lengkap gimana yah kok d persulit

    BalasHapus
  71. Permisi pak, saya mau tanya, ktp saya jateng, karena saya tinggal sama kakak di tangerang, apakah saya bisa klaim bpjs dibank di daerah tangerang?

    Terimakasih

    BalasHapus