Cara Mencairkan Uang JHT Jamsostek 2018 Langsung di Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Tulisan ini merupakan panduan lengkap cara mencairkan saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek tahun 2018 secara langsung di kantor cabang terdekat. Mungkin perlu diketahui, bahwa untuk mengambil dana JHT setidaknya ada 3 cara yang bisa dilakukan. Pertama mengajukan pencairan secara online melalui layanan e-Klaim. Kedua, mencairkan JHT melalui bank-bank tertentu yang bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Dan yang ketiga adalah pencairan langsung dengan mendatangi kantor BPJS TK seperti yang akan kami bahas kali ini.

Meskipun proses pengambilan tabungan JHT secara manual di kantor BPJS TK lebih panjang dibanding klaim secara online, tapi masih cukup banyak peserta yang memilih cara ini. Karena menurut kami pribadi, walaupun terdapat banyak kelebihan dan keunggulannya, tapi masih ada juga kelemahan dan kekurangannya saat kita memilih mencairkan JHT lewat online. Misalnya saja website BPJS Ketenagakerjaan terkadang suka error sehingga tidak bisa diakses untuk upload berkas-berkas persyaratan. Kemudian kalaupun nantinya e-Klaim disetujui, kita masih harus datang ke kantor BPJS TK untuk validasi data faktual. Jadi tidak benar-benar 100% via online bisa cair. Yang via online hanya sebatas pengiriman berkas.

Padatnya antrian pencairan JHT di kantor BPJS Ketenagakerjaan

Selain itu, masih sangat banyak peserta yang tidak paham dan bingung bagaimana cara membuat akun BPJS TK, cara scan berkas, cara meng-uploadnya ke layanan e-Klaim, sehingga akhirnya memilih mencairkan langsung dengan mendatangi kantor Jamsostek.
Hingga artikel ini kami buat, belum ada peraturan terbaru 2018 tentang pencairan JHT. Tapi mungkin bagi teman-teman yang belum tahu, di bulan November tahun 2017 kemarin ada sedikit perubahan persyaratan berkas. Yaitu khusus untuk peserta yang berhenti bekerja karena mengundurkan diri atau resign, sudah tidak perlu lagi membawa berkas berupa surat keterangan pengunduran diri dari perusahaan yang telah dilaporkan kepada Dinas Ketenagakerjaan setempat dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan. Hanya itu sedikit perubahan prosedur pencairan JHT. Selebihnya masih sama dengan peraturan yang telah ditetapkan sejak tanggal 1 September 2015 lalu.

Baiklah, langsung pada tata cara mencairkan JHT langsung di kantor bpjs ketenagakerjaan. Hal paling utama sebelum datang ke kantor cabang, pastikan sudah memenuhi semua syarat dan ketentuan yang telah diberlakukan. Daripada nanti sudah datang jauh-jauh, pengajuan klaim ditolak gara-gara ada berkas atau persyaratan yang tidak lengkap.

Kriteria peserta yang sudah bisa menarik seluruh saldo JHT-nya adalah:

  • Sudah berhenti bekerja dari perusahaan minimal satu bulan. Jadi JHT hanya bisa diklaim setidaknya setelah kita sebulan tidak bekerja. Kurang dari itu tidak akan disetujui.
  • Sedang menganggur atau belum bekerja lagi. Jika sebelumnya sudah berhenti kerja, tapi kemudian kembali bekerja menjadi karyawan di perusahaan baru, maka saldo JHT di perusahaan yang lama belum bisa dicairin.
  • Kartu sudah benar-benar non aktif. Jika kartu masih aktif walaupun kita sudah berhenti kerja, maka uang JHT belum bisa diproses untuk dicairkan.

Ketentuan-ketentuan tersebut adalah mutlak. Tidak akan ada kompensasi atas alasan apapun. Kecuali untuk peserta dengan kondisi seperti berikut ini:

  • Peserta yang sudah berusia 56 tahun.
  • Peserta yang akan pindah ke luar negeri dan tidak akan kembali lagi.
  • Peserta yang mengalami cacat total tetap (permanen).
  • Peserta yang sudah meninggal dunia (ahli waris yang mengurus proses klaimnya).
Dan kalau sudah memenuhi kriteria yang telah disebutkan di atas, jangan lupa dengan berkas-berkas dokumen yang harus dibawa yaitu:

  1. KPJ atau Kartu Peserta Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan asli beserta foto kopi.
  2. Foto kopi dan asli KK (Kartu Keluarga).
  3. Foto kopi rekening tabungan atas nama pribadi, tidak boleh buku tabungan atas nama orang lain meskipun itu keluarga sendiri.
  4. KTP elektronik asli beserta salinannya.
  5. Paklaring/surat pengalaman kerja/surat referensi/surat rekomendasi.
  6. Khusus bagi peserta yang jumlah saldo jht-nya di atas Rp 50 juta, wajib membawa NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) asli dan fotokopi.

Kelengkapan berkas dokumen tersebut juga wajib, karena nanti akan ditunjukkan kepada petugas di kantor BPJS Ketenagakerjaan untuk diperiksa kevalidannya. Akan tetapi untuk beberapa berkas, jika hilang atau belum punya bisa diganti dengan berkas lain. Misalnya kartu peserta hilang, bisa diganti dengan surat keterangan hilang dari kepolisian. Belum punya KTP elektronik, bisa membawa resi resmi e-KTP yang dikeluarkan oleh dinas kependudukan dan catatan sipil atau dari kelurahan. Tidak memiliki Paklaring dan perusahaan sudah tutup, bisa membuat pernyataan bermaterai di kantor BPJS Ketenagakerjaan. Untuk penjelasan lebih lengkapnya silakan sobat baca di artikel-artikel kami yang lainnya.
Sementara untuk KK wajib ada, baik yang asli maupun fotokopinya. Buku tabungan atas nama peserta yang bersangkutan juga harus ada, tidak bisa digantikan dengan buku tabungan orang lain. Karena nanti uang JHT akan ditransfer ke rekening bank, tidak bisa dicairkan tunai.

Oh iya, bagi peserta yang berhenti bekerja per 1 September 2015 karena PHK, wajib membawa berkas tambahan berupa akte perjanjian bersama yang di keluarkan oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI).

Sedangkan untuk peserta yang berhenti kerja karena sudah habis masa kontraknya, wajib melampirkan surat PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu) yang pertama kali diterima.

Nah, jika semua syarat dan ketentuan di atas terpenuhi, dijamin dana simpanan Jaminan Hari Tua (JHT) kita akan cair seluruhnya. Silahkan saja mendatangi kantor Jamsostek yang Anda inginkan. Tidak harus sesuai dengan alamat tempat tinggal. Karena sistem klaim JHT ini sudah online, jadi bisa diproses di kantor cabang mana saja di seluruh wilayah Indonesia.

Pastikan Anda datang tidak pada saat weekend, karena kantor BPJS Ketenagakerjaan hanya buka pada hari-hari kerja dari senin sampai Jum'at. Sementara sabtu, minggu dan hari-hari besar mereka libur. Untuk jam pelayanannya, kantor Jamsostek buka dari pukul 08.00 pagi hingga tutup pada pukul 15.30 sore.

Dan lagi, peserta yang hendak mengurus klaim uang JHT di kantor Jamsostek harus datang sendiri. Maksudnya tidak boleh diwakilkan oleh siapapun walaupun oleh keluarga. Peserta yang bersangkutan wajib hadir di lokasi.

Tapi harap dimaklumi kalau lamanya proses pencairan JHT tidak sama antar kantor yang satu dengan kantor yang lainnya. Tergantung tingkat kepadatan peserta yang mengurus klaim JHT di kantor tersebut. Untuk kantor-kantor yang padat, sudah pasti akan lebih lama prosesnya. Mungkin hari ini mengambil nomor antrian, besoknya, seminggu kemudian atau sebulan kemudian baru bisa proses mengajukan berkas. Mau tidak mau kita memang harus bolak-balik ke kantor BPJS TK. Malah saking padatnya, beberapa kantor BPJS TK menyarankan peserta supaya mengajukan klaim secara online saja.

Di kota-kota besar seperti ibu kota provinsi biasanya terdapat kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan lebih dari satu. Bahkan terutama di beberapa daerah di pulau Jawa, BPJS Ketenagakerjaan sudah membuka kantor cabang pembantu hingga ke tingkat kecamatan-kecamatan. Jadi teman-teman bisa memilih kantor cabang yang tidak ramai supaya proses pengajuan pencairan JHT selesai dalam satu hari. Tapi jika memang tidak menemukan informasi kantor cabang yang sepi, ya sudah ikuti saja prosedur yang berlaku. Mau bagaimana lagi?

Nanti di kantor BPJS TK, tahap demi tahap pencairan JHT meliputi mengambil nomor antrian, formulir klaim JHT, surat pernyataan bermaterai, ceklis kelengkapan berkas. Setelah diisi semua dan ditandatangani, masukkan ke dalam box yang telah disediakan. Nanti setelah menunggu antrian, kita akan dipanggil untuk validasi berkas, sedikit wawancara, difoto, tanda tangan dan sidik jari.

Sampai disitu proses administrasi sudah selesai. Kita sudah diperbolehkan pulang. Selanjutnya tinggal menunggu saldo tabungan JHT dikirim ke rekening kita. Uang biasanya akan masuk dalam waktu 2 hingga 5 hari.
Seperti itulah cara dan persyaratan nyairin uang JHT BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek) 2018. Semoga informasi ini bisa membantu teman-teman yang berencana mengambil dana JHT dalam waktu dekat ini. Terima kasih.

197 Responses to "Cara Mencairkan Uang JHT Jamsostek 2018 Langsung di Kantor BPJS Ketenagakerjaan"

  1. kenapa datang ke bpjs nya harus malam malam bahkan sampe ada yg nginep ? Kenapa di perbolehkan hal" yg seperti itu? Emng batas melayani sampe berapa orang sih? Kok udah ngantri" di dr malem g kebagian malah suruh pulang? ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin agar bisa kebagian nomor antrian, sehingga sampai rela menginap. Itu kewenangan kantor cabang mau melarang atau memperbolehkan. Jika tidak ingin mengalami hal2 seperti itu, sebaiknya mengajukan pencairan JHT secara online saja.

      Batas pelayanannya adalah jam 15.30.

      Hapus
    2. Kan bisa online...ngapain ngantri malem2 😁

      Hapus
    3. Bagaimana cara dftar onlinenya

      Hapus
  2. Emang ada uang admnistrasinya ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak ada, Mas. Pencairan JHT tidak dipungut biaya. Paling dipotong pajak jika saldo JHTnya di atas 50 juta.

      Hapus
    2. Mas ryan kalo rumah nya boyolali trs ngurus nya d solo apa syarat nya masih sama?

      Hapus
    3. Mas emang diboyolali gbs pencairan mas

      Hapus
  3. Bagaimana cara pengaduan ulang, dari pihak BPJS JHT dana sudah di transfer tetapi di rekening dananya belum masuk... tolong bantuannya... terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ziban Iban

      Tidak perlu kuatir. Uang anda tidak akan hilang. Memang seperti itu, uang JHT tidak langsung masuk ke rekening kita ketika sudah cair. Ditunggu saja.

      Hapus
    2. gimana ya saya ingin mencairkan bpjs tk di daerah cirebon tpi saya e ktp nya dari profinsi kalimantan barat bisa ga ya. Apa perlu surat domisili

      Hapus
  4. mau tanya, jika tidak ada surat berenti kerja dari kantor apa bisa mencairkan bpjs JHT? , tetapi kalo untuk surat paklaring ada. itu bagaimana? mohon informasinya yg sudah pengalaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, Mbak. Yang penting ada surat keterangan dari perusahaan bahwa kita pernah dan sudah berhenti bekerja pada perusahaan tersebut. Dan paklaring salah satu contoh suratnya.

      Hapus
  5. Maaf sy mau nanya klo berhenti kerjanya fi gresik apa bisa klaim bpjs nya di sidoarjo. Maksudnya ambil dananya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, Mbak. Klaim JHT bisa dilakukan di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan mana saja seluruh Indonesia.

      Hapus
  6. bagaimana cara me-Non Aktifkan kartu? status sekarang sudah berhenti bekerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Temui atau hubungi HRD Perusahaan tempat anda bekerja dulu, katakan padanya agar segera melapor ke BPJS Ketenagakerjaan bahwa anda sudah berhenti bekerja.

      Hapus
  7. Apa bisa mencairkan JHT menggunakan fotocopy KK saja krna yg aslinya ada di kampung yg lainnya ada aslinya semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa Mas. Semua berkas wajib menyertakan aslinya. Jika hanya fotokopinya saja pasti pengajuan klaim JHT akan ditolak.

      Hapus

    2. Ak mau tanya mas..foto kopi buku rekening maksudnya yg gimana ya??foto copy aja apa sprti print out gtu mas

      Hapus
    3. Fotokopi saja mas. Ke tukang fotokopi, bilang saja mau fotokopi buku rekening tabungan, nanti mereka paham kok.

      Hapus
  8. Kalo ngak di transfer minta duit cash bisa ngak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak bisa, Mas. Wajib transfer menggunakan rekening tabungan atas nama anda sendiri. Dan itupun masuknya beberapa hari kemudian.

      Hapus
    2. Mas boleh memakai buku rekening orang lain ga??Atau harus punya sendiri??Saya udh daftar online hari senin tgl 7 harus ke kantor bpjs buku rekeningnya udah ga aktif...terus harus hari itu ada ya pas daftar atw bisa menyusul buku rekening nya??

      Hapus
  9. Saya mengajukan eklaim ke kantor bpjs pulo gebang dan sudah mendapat panggilan lewat email, kebetulan hari ini saya di cirebon . Apa boleh mencairkan disini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak boleh kak. Harus di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang kàkak pilih saàt pengajuan e-Klaim, karena data-data pengajuan e-Klaim JHT kakak sudah tersimpan di sana.

      Hapus
  10. Kalau belum 30hari atau satu bulan dari tanggal berhenti bekerja, dokumen kita sdh bisa di ajukan belum untuk pencairan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum bisa bos. Sabar dulu hingga sebulan setelah berhenti bekerja, karena persyaratan wajin yang tak bisa ditawar-tawar.

      Hapus
  11. Kalau misal gak ada paklaring karna mengundurkan diri tapi cuma surat pkwt aja apa bisa cair ya.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, Pak. Buat karyawan kontrak memang wajib menyertakan PKWT.

      Hapus
  12. Saya hilang ktp apa bisa pake surat domisili dari rt setempat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa kalau cuma sekedar surat domisili dari RT. Berkas pengganti KTP yang bisa digunakan untuk mencairkan JHT adalah resi resmi e-KTP yang dikeluarkan oleh kelurahan/kecamatan/disdukcapil.

      Hapus
    2. Resi resmi e-KTP kayak gmna sih...

      Hapus
  13. Jika berkas semua lengkap.. Pencairan danany butuh waktu brp lama ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksimal lima sampai tujuh hari, Mas.

      Hapus
  14. Bisa cair ga kalau buku tabungan hilang dan rekening ke blokir ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah gimana mau cair Mas kalau rekening sudah diblokir? Tentu saja tidak bisa. Silahkan buat lagi rekening tabungan yang baru.

      Hapus
  15. Emang bulan juli gk bisa claim manual?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa bos. Siapa bilang tidak bisa?

      Hapus
    2. Engga bisa kata siapa bisa saya udah datang kekantor bpjs tk cabang cirebom malah suruh onlen dulu

      Hapus
  16. Apakah saya bisa cairkan 10% s/d 30% karena saya masih aktif bekerja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Mas. Syaratnya anda harus sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan minimal 10 tahun. Dan hanya boleh mencairkan salah satu, pilih yang 10% atau yang 30%, tidak boleh dua2nya.

      Silahkan baca artikel di blog ini yang mengupas tuntas tentang tata cara klaim JHT 10 dan 30 persen.

      Hapus
  17. Di kantor cabang tertentu. Misal di jakarta. Ada yang buka di hari sabtu.
    apakah bpjs melayani pencairan dana di hari sabtu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada, Mbak. Semua kantor BPJS TK seluruh Indonesia tutup pada hari sabtu, minggu dan hari libur tanggal merah lainnya.

      Hapus
  18. Saya mau mencairkan jamsostek saya tp saya ngg ada buku tabungan apa bisa saya mengambil uang jamsostek saya secara cesh mohon infonya makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uang JHT sudah tidak bisa lagi diambil secata cash, Mas. Wajib memiliki rekening tabungan atas nama sendiri, buku tabungan orang lain meski itu keluarga sendiri, tidak akan diterima.

      Hapus
  19. Ak mau tanya mas..foto kopi buku rekening maksudnya yg gimana ya??foto copy aja apa sprti print out gtu mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fotokopinya mas, sekalian yang asli dibawa juga sewaktu ke kantor BPJS TK.

      Hapus
  20. Bang kalo cuma ada paklaring dan gak ada pkwt gimana bang??
    tp saya habis kontrak sejak 2012

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk karyawan yang habis kontrak memang harus ada PKWT. Tapi coba konsultasikan ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan di daerah anda siapa tahu bisa.

      Hapus
  21. Maaf klo kartu bpjs nya ilang apakah masih bisa di cairkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mas. Tapi Silakan membuat dulu surat kehilangan dari kepolisian (dengan mencantumkan nomor peserta) dan membuat surat pernyataan dari perusahaan yang menyatakan pernah bekerja di perusahaan tersebut dengan mencantumkan nomor kartu yang hilang, menggunakan kop surat dan stempel asli dari perusahaan.

      Hapus
    2. Mas kartu saya jg hilang,saya memang sudah ngurus surat kehilangan dari kepolisian,tapi saya pernah telpon hrd untuk minta nomor kartu saya,setelah dapat saya download aplikasi bpjstk dn dsitu sdah ada soft copynya,apakah kalo sdah pnya soft copy masih harusmembuat surat pernyataan dari perusahaan,terima kasih.

      Hapus
    3. Mas kartu saya jg hilang,saya memang sudah ngurus surat kehilangan dari kepolisian,tapi saya pernah telpon hrd untuk minta nomor kartu saya,setelah dapat saya download aplikasi bpjstk dn dsitu sdah ada soft copynya,apakah kalo sdah pnya soft copy masih harusmembuat surat pernyataan dari perusahaan,terima kasih.

      Hapus
  22. Soalnya kartu saya ilang beserta dompetnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saya jawab di atas silahkan dicek.

      Hapus
    2. Maaf mau nanya kl pabriknya dah tutup misalkan kebakaran bisa d ambil g uang jamsosteknya tapi saya kerja d tempat lain tappi ada dua kartu mohon jawabanya

      Hapus
  23. ka mau tanya, bulan juli bisa manual kan ya? soalnya denger kabar harus online, sedangkan aplikasi terkadang eror.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, Mbak. Memang disarankan secara online supaya tidak capek ikut antrian.

      Hapus
  24. Klu gk da paklaring bagai mana ya mas...sedangkan ptnya gk mau ngasih...mksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alasannya apa gak mau ngasih? Minta saja surat keterangan kerja sebagai pengganti paklaring. Kalau nggak mau ngasih juga laporkan saja perusahaan ke disnaker, karena paklaring adalah hak kita sebagai syarat untuk mencairkan JHT.

      Hapus
  25. Kalau naman di ktp dan bpjs beda gimana,
    Ktp : Ilfan rustandi
    Bpjs : Ilpan rustandi
    Tagl lahir juga beda
    Ktp : 17121990
    Bpjs : 01071990

    Giman apa bisa cair kalau seperti itu,
    Data ktp sama kk sama tapi bpjs malah beda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang salah yang mana Mas? Kalo yang salah yang di kartu BPJSTK, silahkan ke kantor cabang terdaftar untuk melakukan koreksi data.

      Hapus
  26. Kak sya mau nanya.. sya kan udah memenuhi semua syarat dan sudah saya kumpulkan semua berkas nya tingal nunggu cair nya tp kebetulan sya ngurusnya pas tangal 25 juli 2018 jd dari pihak bpjs katanya tgl 25 tutup buku.. pertanyaan sya kira2 dana itu cairnya kpan ya soalnya dari pihak bpjs tidak memberi tau sya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah seminggu belum juga cair, hubungi kantor BPJS TK tempat anda mengurus pencairan. Biasanya maksimal seminggu uang sudah terkirim ke rekening.

      Hapus
  27. saya punya rekening bca aktif mas..tapi tidak ada buku tabunganya,soalnya emang dulu buatnya ..bca express..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ga mas?kalo tanpa buku tabungan

      Hapus
    2. Harus ada buku tabungannya mas, baik yang asli maupun fotokopinya. Jadi silakan meminta dibuatkan buku rekening tabungan kepada pihak bank yang bersangkutan.

      Hapus
  28. Bisakah mencairkan uang BPJS tk dari perusahaan sebelumnya (terdaftar tahun 2007 sd 2009) sementara saat ini masih bekerja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa, Mas. Salah satu syarat untuk bisa mencairkan dana JHT adalah sudah tidak bekerja di perusahaan manapun, yang artinya tidak memiliki kartu peserta yang aktif.

      Hapus
  29. Antrian online gak bisa trus . Jam 1 mlm eror. Gak bisa di pikiran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar, Mas. Memang seperti itulah faktanya, banyak yang mendaftar antrian online, jadi rebutan siapa cepat dia dapat. Silahkan dicoba lagi di waktu-waktu berikutnya dan semoga beruntung.

      Hapus
    2. Mohon infonya' gimana ya klo surat pengalaman kerja saya ada yang salah di tgl lahir dan nik ktp. mau saya urus tpi jauh sekali tempt pt saya bekerja di kalimantan timur. Sedangkan saya udah mengundurkan diri sudah 7 tahun kira-kira bisa di cairkan gak ya dana bpjs tk saya. Soalnya sekarang saya udah di cirebon

      Hapus
  30. Mo nanya.. dana Jamsostek sya belum cair padahal udh 2 miggu lebih..kata custservis paling lambat 2 Minggu.. nah ini udh 2 Minggu lebih..ap.. sudah hrs balik lagi ke kantor Jamsostek??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada nomor teleponnya coba dihubungi lewat telepon saja, tapi kalau tidak ada datang langsung saja dan tanyakan kenapa belum terkirim juga padahal sudah melebihi waktu yang telah dijanjikan.

      Hapus
  31. Nanya, mas.. apa daftar online harus lampirkan data hasil scan-an ? Soalnya saya daftar pake aplikasi di hp trus ada pilihan ambil gambar dari galeri atau foto langsung dan saya pilih foto langsung karena emang belum di scan.. setelah beres yg pertama saya dapat email konfirmasi manual dari bpjstk.. besoknya dapet email katanya belum memenuhi persyaratan karena nama lengkap yg mengajukan klaim tidak ada (??) Besoknya saya coba lagi dan udah dapet email konfirmasi tapi udah 5 hari belom ada balesan email yg menjelaskan sudah memenuhi persyaratan atau belum nya..
    Dan hasil googling saya katanya kalo kartu bpjs hilang harus ngurus klaim bpjstk nya ke kantor yg menerbitkan kartu bpjs tsb.. saya udah bikin surat ilang tapi diatas kata mas harus ada surat dari bekas kantor yg menandakan saya pernah bekerja disana ya ? Walau sudah ada paklaring ? Terus rencana nya saya mau datang langsung ke kantor cabang yg nerbitin kartu bpjs saya, akan kah tertunda lago karena saya sudah daftar online ke cabang lain ( walau belum ada balasan ) ?
    Terima kasih banyak sebelumnya..

    BalasHapus
  32. Mau nanya , kantor cabang yg bisa manual dmna yaa ? Makasih

    BalasHapus
  33. Tanya donk, sya berhenti kerja bln agustus, tp sya lihat iuran bpjs bru smpe bln juni, krtu bpjs q sdh d off, itu gmna y. Kn yg bln juli blm msuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu real kesalahan perusahaan mohon dikonsultasikan dengan pihak HRD perusahaan. Jika mba resign agustus, iuran agustus pasti dibayarkan bulan september sebelum tggl 15.

      Hapus
  34. Mas mau tanya kapan hari saya klaim kan JHT saya waktu kerja di perusahaan lama.tapi pihak bpjs waktu itu gk bisa karena sdh bergabung dengan perusahaan yg baru.minta tolong penjelasan nya dong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya syaratnya harus sedang tidak bekerja mas,kalo sekarang masih bekerja ya tidak bisa dicairkan

      Hapus
  35. ko daftar online antrian susah banget masukin wilayah ga respon

    BalasHapus
  36. saya udah verifikasi dan pengajuan klaim sudah di acc tinggal tunggu tanggal penyerahan dokument asli di kota bekasi tanggal 6 september 2018 akan tetapi domisili saya cukup jauh apa bisa pengajuan klaim ulang di kota domisili saya di Kab. subang atau Purwakarta yg lebih dekat

    BalasHapus
  37. Mau nanya...klu kk hilang gimn,bisa pakai fhotocopy gak

    BalasHapus
  38. Boleh saya bertanya
    Waktu itu saya sudah pernah mendaftar sebagai peserta bpjstku online tetapi hp saya waktu itu hilang mungkin sama yg ngambil hp saya semua akun email nya sudah di hapus, dan data peserta saya belum log out. Dan sekarang saya mau log in lagi ga bisa karena data sudah di pake email yg kmaren
    Lalu bagaimana caranya saya bisa daftar peserta bpjsktu

    BalasHapus
  39. Kak mau tanya donk, saya keluar dari perusahan resign tgl 3 juli , klo diambil sekarang udh bsa blum ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. enaknya si cek online aja mas, status BPJSTK nya masih aktif atau tidak aktif,, terkadang perusahaan suka telat laporan ke BPJSTK jd status kepesertaan masih aktif

      Hapus
  40. Kk mau tanya
    Klo soall ktp
    Kan dlu aqw merantau kebjkrt pas nembak ktp jkt
    Trus aq beehenti bekerja
    Pas pulang ke kampung saya buat ktp ektp nik apa bisa mencaikarn nya pake ktp yg baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting NIK KTP masih sama mas, kl berubah ya wasalam

      Hapus
    2. Saya mau tanya dong mas .
      Kalau klaim. Jht bpjstk. Dikantor cikokol tangerang itu pakai rekenening apa. Aja ya.. mohon info nya makazih

      Hapus
  41. Ka mau tanya. Kalau saya paklraring beda nama sama kk dan ktp bisa gak yah. Tapi saya dapet keterangan dari perusahaan kalau nama yang salah dan nama yang benar adalah orang yang sama bisa gak yah? Makasih

    BalasHapus
  42. Gimana surat"saya lngkap cuma saya gk punya rekning cuma suami saya punya aphkah bisa di transper mlalui rekning suami saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. diatas udah dijelaskan kok "TIDAK BISA" menggunakan rekening orang lain, walopun saudara sendiri..

      Hapus
  43. Saya sudah coba daftar online untuk antrian tetapi tidak bisa penuh terus disemua cabang dijakarta Selatan bisakah tetap daftar manual dengan datang langsung kesana, kemudian saya mau cetak kartu lagi, namun masih tidak bisa masuk juga alasan e-ktp tidak terdaftar, akan tetapi saat dicek dikantor bpjs menara Jamsostek bisa. Apakah ada perbedaan.

    BalasHapus
  44. Mengapa harus membawa kartu keluarga yang asli sedangkan bekerja di provinsi yang sangat jauh dari rumah asal

    BalasHapus
  45. Saya mau tanya kk yg asli saya sedang di revisi dn mmbtuhkn wktu lama dn sya dikasihh drafnya untuk mncairkan bpjs ktenagakrjaan apa bisa ?

    BalasHapus
  46. Untuk pencairan dana bpjs apakah harus rekening bank khusus? Atau rekening nya bank apa aja kak? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bank apa saja bisa mas, yang penting rekening atas nama pribadi

      Hapus
  47. Untuk pencairan dana bpjs apakah harus rekening bank khusus? Atau rekening nya bank apa aja kak? Terima kasih

    BalasHapus
  48. Untuk pencairan dana bpjs apakah harus rekening bank khusus? Atau rekening nya bank apa aja kak? Terima kasih

    BalasHapus
  49. Maaf saya mau tanya berhenti kerja dari tanggal 15 Agustus tapi saya minta surat paklaring nya bulan September & itu sudah saya dapat.. & BPJS ketenagakerjaan sudah di nonaktifkan apakah bisa di proses pencairan dana Nya sedangkan saya sudah dapat jadwal nomer antrian tanggal 19 September 2018 di BPJS cabang Pulogebang

    BalasHapus
  50. Kalau punya 2 no kjp saat daftar antrian online, harus di daftar kedunya atau hanya 1 aaja. Mohon pencerahannya. Terima kasih

    BalasHapus
  51. Maw nanya dong saya udah daftar online dan sudah dapat kode boking serta tanggal dan jam kedatangan.nahh sebelumnya saya juga udah nyoba lewat eklaim bpjstku dan baru dapat email berkas berhasil juga dan disuruh datang pada hari yg sudah ditentukan.apa yg harus saya lakukan dua dua nya saya di acc pengajuan berhasil.trimakasih buat yg sudah menjawab...awbelumnya

    BalasHapus
  52. kenapa gak bisa isi kantor cabang, wilayah, jam, dan tgl kedatanagannya ya?

    BalasHapus
  53. dan kalau dikartu nama bener tp pas dikantor bpjs nya katanya salah nama dan hrs diurus dikantor yg digrogol saya dr depok. apakah bisa urus dikantor cababg depok aja? soalnya jauh bgt digrogol

    BalasHapus
  54. sore pak/bu, saya mau tanya tentang bpjs ketenagakerjaan.
    hari ini saya mengklaim lewat online, saya dpt email bahwa saya telah memenuhi persyaratan.
    dan saya harus dtg ke tempat ktr bpjs yg telah saya cantumkan paling lambat 7 hari sejak diterimanya pemberitahuan.
    tetapi ada keterangan saya harus dtg tanggal 10 oktober 2018.
    pertanyaan saya, apakah bisa datang sebelum tanggal 10 oktober?

    BalasHapus
  55. Maaf mba mau nanya saya bekerja di bekasi terus risen tapi saya mau mencairkan dana jht di kampung di tegal..apakah ada tambahan persyaratan lagi apa nggak??trima kasihh.m

    BalasHapus
  56. Bpjs gampang masuk tapi nyairinnya susah, itu kan uang tabungan kita. Ditambah lagi daftar online, daftarnya bulan september dapat nomor antriannya malah november, kan ngaco.

    BalasHapus
  57. Apakah bisa mencairkan dana bpjstk pake buku tabungan atas nama orang tua ?

    BalasHapus
  58. Apa bisa..waktu pendaftaran saya pake ktp n kk lama sedangkan sekarang saya pindah alamat dan pake ktp n kk baru bpjs tk bisa cair ngak mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasusnya sama kayak aku itu gimana ya bisa engga? soalnya pas ngajuin eklaim mnt ektp, sedangkan ktp lama saya blm ektp

      Hapus
  59. bisa ngak ya klo mencairkan dana bpjs tk di bang bukopin.dan apa aja persaratanya mohon infonya

    BalasHapus
  60. Jamsostek saya masih aktif gk 5 tahun gak dicairin Dan gak bekerja lagi ?? .....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jamsostek bisa dicairkan silahkan di kalim saja, walaupun sudah lama dan tidak bekerja, di kartu jamsostek nya masih ada uang mas

      Hapus
  61. Masih bisa gk dicairin jamsostek yg udh Lama gk diurus?.... Berhubung saya udh gk kerja lagi selama 5 tahun diperusahaan itu...

    BalasHapus
  62. Kantor cabang bpjs Tangerang klaim secara manual di cabang mana ya

    BalasHapus
  63. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau nanya mas..
      klw syaart2 mencair kn bpjs sdh lengkap dan sdh berhenti di PT yg lama.trus krja di PT yg bru dan gk perpanjang bpjs yg lama..kira2 bsa cair gk mksi

      Hapus
    2. Bisa asalkan bpjs nya tidak aktif dan tidak sedang didaftarkan oleh pihak perusahaanbaru.

      Hapus
  64. Mau tanya mas, jika saya punya ktp biasa bukan e-ktp apakah bisa doc nya di gantikan dengan SIM. Karena setahu saya bisa pakai passport atau lainnya sebagai pengganti ktp.

    BalasHapus
  65. Klu beda nomor kartu dan nama gmn cairkan nya ya suku di KTP sy ga ada gelar skrg ada gelar apakah msh bisa

    BalasHapus
  66. Bos saya sudah memenuhi smua syarat .. dan sudah dpat email dri pihak BPJS nya untuk dtang sminggu kdepan .. nah kn brusan saya baca artikelnya bahwa ga bisa pencairan secara cash .. smentara atm saya sudah terblokir 1thn lebih .. jdi gmana itu bos ? Klo buku tabungan sma atm sih ada .. mohon infonya bos

    BalasHapus
  67. Kenapa saat isi formulir antrian online kolom cabang pelayanan,tgl kedatangan sama jam kedatangan ga bisa di klik?

    BalasHapus
  68. Ka,mau tanya klo klaim jamsostek/bpjs lwt aplikasi dan menggunakan kamera hp kirim berkas nya tanpa di scan bisa/tidak? terimakasih

    BalasHapus
  69. Saya tiap mau ambil antrian online selalu penuh, datng lngsng tpi suruh online gimana ini

    BalasHapus
  70. Mas MW tanya bank apa aja yg kerjasama sama jamsostek.soalny saya MW cairin.trus saya MW buka rekening baru.kira" bank apa aja ya mas biar saya gampang ngurusin ny

    BalasHapus
  71. Saya dulu kerja di PT MBI TBK tangerang melalui yayasan amd tahun2001,saya udh berhenti lama kartu Jamsostek saya hilang mas,masih bisa dicairin ngga

    BalasHapus
  72. cara cetak kartu jaminan pensiun gimana ya katanya gak apa cetak sendiri karna milik saya hilang

    BalasHapus
  73. Mas dicanangkan Bekasi kota bisa antrian manual GK air,soalnya saya setiap daftar online selalu tulisan maaf antrian penuh.itu dah saya lakuin selama sebulan ini mas.gimn ini solusinya apa masih bisa daptr manual

    BalasHapus
  74. Maksudnya di cabang Bekasi kota

    BalasHapus
  75. saya domisili purwakarta,karena cabang purwakarta selalu penuh,saya mengajukan proses di cabang depok.apakah nnti saat pengajuan di pinta surat domisili nya ?

    BalasHapus
  76. Mau tanya Brow and sist,....dulu waktu tahun 2012 saya pernah bekerja di jakrta, beberapa bulan kemudian saya dapat jamsostek,terus resign, pada tahun yang sama, dalam hal ini berarti masa kerja saya kurang dari satu tahun,....pertanyaannya apakah jamsostek saya bisa saya cairkan,...mohon penjelasannya,....

    BalasHapus
  77. Apakah benar,
    Sekarang pencairan dari 100% hanya bisa dicairkan cuma 1% nya saja.
    Apakah ituh benar

    BalasHapus
  78. Kalo pt yg pertama bkn Lg menjadi pendor kita,kenapa uang jamsostek dr pendor yg pertama tidak dicairkan,,? Pdhl pt tsb kan sudah tidak menjadi pt kita...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas nya nanya atau gimana? Kalau mas nya gak kerja di tempat yg pertama klaim aja mas, itu hak mas nya mau klaim atau digabungkan dengan saldo bpjs ditempat baru mas nya.

      Hapus
  79. Untuk pe pencairan apakah pihak bpjs menentukan bank yang di tunjuk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bebas rekening apa saja, yg penting atas nama sendiri.

      Hapus
  80. Kenapa jamsostek saya sudah 1 minggu gak masuk rekening....padahal kata pegawai bpjs suruh nunggu 3-7 hari...bpjs kantor madiun.

    BalasHapus
  81. Bang mau tanya, kan saya udh clear ya masalah pemberkasan nah dia bilang suruh tunggu maksimal 14 hari dana cair, eh besoknya ada email bahwa persyaratan saya belum diterima marena veklaring bukan ke disnaker, lah maksudnya gimana? Soalnya itu paklaring emang satu2nya dkkasih sama perusahaan saya dan sattunya surat untuk mengurus bpjs tk, tpi yg dipermasalahkn paklaring pt
    Terimakasih

    BalasHapus
  82. Min mau tanya dong, kalo nik sama nama KTP beda di kartu BPJS, cara cairin nya gimana ya? Nuhun

    BalasHapus
  83. Misalkan gak punya rekening bank gak bisa ya? Kalo dulu pernah bisa ambil cash.. mohon info nya TKS

    BalasHapus
  84. Kalo nama di buku rekening sama KTP ada yg salah huruf bisa gak ya.

    BalasHapus
  85. kak mau tanya,saya punya 3 kartu bpjs yang berbeda dan dari 3 perusahaan yang berbeda,apa semuanya harus mengurus persyaratan satu persatu atau saya cukup mengurus satu persyaratan untuk mencairkan sekaligus?

    BalasHapus
  86. Kak mau tanya , kan saya udah memenuhi syarat untuk pencairan bpjs via online , verifikasi lewat email pun udah saya terima , saya suruh datang lagi ke kantor bpjsnya tgl 4 desember 2018 sedangkan saya dapat no antrian onlinenya per tgl 11 desember 2018 ? Gimana apakah saya bisa proses pencairan ?

    BalasHapus
  87. Semua data sama tpi buku tabungannya namanya beda satu huruf gmn ?
    Apa bisa mencairkan bpjs tk ?

    BalasHapus
  88. Mau tanya, kalo buku tabungannya itu dari bank apa aja kan?? Maksudnya gaada bank tertentu

    BalasHapus
  89. Kantor BPJS via cash daerah mana aja ya.. soalnya saya gk punya rekening..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang via transfer semua kak. Gak ada ug cash

      Hapus
  90. Bang mau nanya sya udh dapat blz'n email suruh dateng ke kantor bpjs tp sya belum dapet no antrian online penuh, apa bisa datang langsung ke kantor bpjs ambil antrian manual.

    BalasHapus
  91. bg mau tnya kalau tidak punya e-ktp apa masih bisa cairkan bpjs ketenagakerjaan?

    BalasHapus
  92. Emang bener mbak di tolak klw gk punya antrian online, sama sya udh dapet undangan suruh datang ke kantor bpjs tp belum dapat antrian online td nya saya mau ke kantor nya langsung.

    BalasHapus
  93. Maaf mau tanya, smlm kan saya coba daftar online tapi pas masukan tanggal itu gk bisa2 knpa ya?? Apakah bisa langsung k kantor bpjs ya saja??

    BalasHapus
  94. Saya mau ambil nomor antrian online (di kantor cabang Jakarta Pulogebang) tapi saat mau input tanggal kedatangan kenapa tidak bisa ya? Kalender yg muncul untuk input tanggal kedatangan juga warnanya abu-abu seperti tidak bisa dipilih. Itu kenapa dan saya harus bagaimana ya? Mohon informasinya, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu karena kuotanya sudah penuh, Kak Rika.

      Hapus
  95. Maaf mau tnya klw bpjs purwakarta tgl 31 desember tutup ga ya soalny sy d sruh ksna tgl 31 desember pengajuan via eklaim

    BalasHapus
  96. Saya mau tanya ya,saya kan mau cairkan BPJS ketenagakerjaan akan tetapi saya hanya memiliki ATM BCA ekspresi (tanpa buku tabungan)karna nomor rekening tertera pada bagian depan ATM.jadi yang saya pertanyakan,apakah diperbolehkan saya mengganti foto copy buku rekening dengan foto copy ATM milik saya?!mohon dibantu jawabanya ya..terima kasih.

    BalasHapus
  97. Ga pakai foto kan untuk mencairkannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klaim JHT tidak ada syarat menyertakan foto.

      Hapus
  98. Mau tanya ka,kalau nama ibu di KK nya ada yg salah dipermasalahkan gx?terimakasih

    BalasHapus
  99. Mohon maaf mas saya mau tanya kalo misalkan kk saya yang asli di bandung tapi buat bukti foto bisa kan mas? Foto copynya ada cuman yang asli di bandung cuman di kirimin foto buat bukti bisa?

    BalasHapus
  100. apakah harus daftar online dulu ya min, bisa gak kalo lgsg daftar dikantor aja gak usah online dulu

    BalasHapus
  101. apakah harus daftar online dulu ya min, bisa gak kalo lgsg daftar dikantor aja gak usah online dulu

    BalasHapus
  102. Ada paklaring tapi pkwt ga ada? Apakah masih bisa cair min?

    BalasHapus
  103. Kenapa ga bisa pencairan BPJS ga bisa manual sedangkan online susah bngt
    Hari ini sudah datang tapi di tolak karena pencairan secara manual

    BalasHapus
  104. saya pernah bekerja di tiga perusahaan,nah yg satu perusahaan saya resign dan tidak punya pakelaring,yang ada cuma surat kontrak,apa bisa cair semua,atau hanya yg ada pakelaring nya saja,kan saya pake kartu bpjstk nya juga ada 4,soalnya perusahaan trakhir saya pnya 2 kartu,,,atau malah gx bisa cair semua? karna salah satu pakelaring nya gx ada....mohon pencerahannya.terima kasih

    BalasHapus
  105. Mas mo cairkan jht ud dtg ke jamsostek disuruh lewat online.tapi ud lewat online dr jumat ampe skrg g bs bahkan g kebuka buat data l.sy jd binggung.caranya gmn apa hrs manual

    BalasHapus
  106. Pak mau tanya,kalau mau cairkan jamsostek tp surat pengalamannya hilang gimana pak,bisa g' lok pkk surat perjanjian kontrak kerja pak

    BalasHapus
  107. Maaf pak saya mau tanya, kl kita sdh ada lebih dri sebulan resign dr perusahaan apakah kpj kita otomatis lgsg dinonaktifkan sama perusahaan? Atau kita hrus ngurus sndiri ke bpjsnya kl kita udh gak kerja d persh tersebut? dan kl kita pindah kerja yg baru, apa kpj itu bisa diteruskan sama pihak perusahaan kita yg baru? Maaf ya pak saya nanyanya banyak. Trma kasih

    BalasHapus
  108. 2014 sy hbs kontrak,2th ikut jmsostek,wktu itu lngsung sy ambil d kntor jamsostek,tp tdk bs d cairkn alasan ny hrus hrus menunggu 5th stlh berhenti.. benar ndak aturan ny ny apakh sprti itu..?? Mohon pencerahany,trmksh

    BalasHapus
  109. Bos Saya sdh bekerja slma 20 thn.apakah Dana jht sya bisa Di ambil yg 30% Saat INI sya msh kerja

    BalasHapus
  110. Permisi mau tanya, saya kan udah ngajuin e-klaim tp saya pengen dateng langsung ke kantornya aja karena dijadwalinnya masih lama dan antri langsung/antri online lagi di cabang yg berbeda dengan yg ada di e-klaim, kaya gitu bisa apa gk ya? Makasih, mohon jawabannya

    BalasHapus
  111. Selamat mlm pak,mau tanya syarat klaim jamsostek salah satunya surat pengalaman krja pt terkahir,nah pengalaman krja sy ketinggal dikampung,trus sy msih simpan surat perjanjian kontrak krja,apa bisa klaim jamsostek pakai surat perjanjian kerja pak,mohon penjelasannya,,

    BalasHapus
  112. Mau tanya pak bpjs nya saya sudah di terusin sama perusahaan yg baru trs saya keluar belum minta surat pengunduran diri. Terus pertanyaan saya apakah bisa mencairkan bpjs nya memakai surat pengalaman kerja yang pertama saya punya? Minta jawabanya pak terimakasih

    BalasHapus
  113. Kalau kartu kita hilang tapi kita punyafoto kartunya di hp gimama caranya biar kita bisa ngeklaim.

    BalasHapus
  114. Saya mau tnya, kalau pencairan bpjs lewat online bagaimana yaa?

    BalasHapus
  115. mau tanya ..klo kita punya 3 paklaring dalam 1 perusahaan yv di cantumin yg terakhir apa semuanya

    BalasHapus
  116. Mau tanya, klo bpjs tk kan bsa lht saldonya di aplikasi, klo jamsostek gmn? Saya coba msukkan no jamsostek ke aplikasi bpjs tk tpi tdk bsa. Tks...

    BalasHapus
  117. mau nanya saya mau mencairkan BPJS tenaga kerjaan saya bekerja dari THN 2010-2014 karena habis kontrak apa bisa di cairkan pakai pakelaring tanpa harus ke Disnaker

    BalasHapus
  118. malem min,

    mau tanya kebetulan saya resign dari perusahaan saya dan sudah dinonaktifkan kartunya per26 febuary, dan saat saya coba tes e-klaim status dalam masa tunggu 1bulan nah pas hari ini saya coba cek lg kenapa statusnya berubah jadi tenaga kerja belum dinonaktifkan perusahaan ya? apa tetap bisa klaim setelah 26 maret atau tidak soalnya sudah diberikan lampiran bpjs tenaga kerja keluar dari pihak hrd.

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tlp ke hrd perusahaan minta dinonaktifkan

      Hapus
  119. Dah dpt tanggal ama jam kedatangan pas mau simpan penuh wkwjwk

    BalasHapus
  120. Min, mau tanya. .
    Sekarang saya bekerja di perusahaan baru, JHT di kantor lama belum diambil..
    Ke depan jika JHT mau dicairkan, apa butuh Paklaring dari kantor lama juga? Atau cuma dari tempat bekerja terakhir saja?

    Terimakasih sebelumnya🙏

    BalasHapus
  121. Min mau tanya kalau atm n tabungan yg sebelum nya sudah tidak bisa dipakai lg atau di blokir apa bisa pindah tabungan bang lain misalkan BNI v minta surat pengantar dari kantor bpjs nya bisa ga yah mohon bantuan nya min ???

    BalasHapus
  122. mau tny mas saya kan sdh keluar per 28 februari 2019 lah saya mau mengajukan lgsg tgl 25 apa bs y?

    BalasHapus
  123. Maaf semua mau tanya saya sudah daftar eklaim tanggal 21 Maret hari Kamis tapi sampai hari ini tanggal 25 Maret hari Senin belum ada balasan email dari BPJS atas eklaim nya... Saya sudah cek di eklaim statusnya klaim belum di proses... Kemudian saya daftar antrean online tanggal 1 April apakah bisa Klaim JHT nya... Terimakasih mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Bos. Bedanya Eklaim dpt Antrian nya bisa nyampe 2 bulanan. Antrian Online 7 hari kedepan setelah pendaftaran

      Hapus
  124. Saking Banyaknya orang yang sudah tidak aktif lagi bekerja. Sasarannya BPJS Ketenagakerjaan Yang Menjadi Sasaran Karena Kita Tau Ada Uang Kita di dalam kartu itu. Jadi Semuanya Pada pengen di Cairin. Makanya Di Daftar Antrian Online PENUH. Datang langsung ke cabang bpjsnya juga Harus Malam Banget.Sedih Sekali INDONESIA

    BalasHapus

subscribe