Cara Terbaru Mendaftar Akun BPJSTKu Untuk Karyawan Perusahaan

Cara terbaru membuat atau registrasi akun BPJSTKU untuk pekerja penerima upah (PU) peserta BPJS Ketenagakerjaan tahun 2020. Di tahun yang lalu kami sudah menulis tutorial daftar akun BPJSTKU, akan tetapi untuk saat ini cara tersebut sudah kurang relevan. Tata caranya sudah berubah meskipun sebenarnya perubahannya tidak terlalu signifikan. Data-data kepesertaan dan kependudukan yang dimasukkan tetap sama. Hanya sedikit berbeda pada awal registrasi dan pada tahap membuat PIN atau kata sandi akun. Namun pastinya perubahan itu membuat proses pendaftaran akun bpjstku semakin mudah, dan juga tampilan aplikasinya tampak semakin menarik serta ringan saat dioperasikan.

Di artikel tutorial bikin akun BPJSTKU yang sebelumnya, tampilan aplikasinya masih berwarna hijau. Sementara saat ini di aplikasi BPJSTKU versi terbaru tampilannya sudah didominasi oleh warna biru. Selain perubahan warna, seperti yang kami utarakan tadi, cara pendaftaran akunnya juga sedikit berubah. Oleh karena itu, pada tulisan kali ini kami akan menyajikan panduan bagaimana cara membuat akun BPJST Ketenagakerjaan di aplikasi BPJSTKU versi terbaru tahun 2020, khusus buat teman-teman pekerja peserta BPJS Ketenagakerjaan yang belum mempunyai akun BPJSTKU. Buat kalian yang sudah memiliki akun, tentunya tidak perlu mendaftar lagi, tinggal menyesuaikan saja dengan tampilan anyar BPJSTKU Apk tersebut.

Registrasi akun aplikasi BPJSTKu untuk pekerja Penerima Upah


Untuk diketahui, manfaat memiliki akun di aplikasi BPJSTKU itu sangat banyak buat peserta BPJS TK/Jamsostek terutama buat peserta aktif yang statusnya masih karyawan perusahaan. Dengan aplikasi tersebut, peserta bisa mengecek saldo JHT secara online kapan saja, bisa mengakses kartu digital BPJS ketenagakerjaan yang fungsinya sama dengan kartu fisik dan bisa dicetak jika kartu BPJS TK yang asli hilang, untuk mengetahui kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat, untuk digunakan saat mengurus pencairan dana JHT secara online via layanan E-klaim JHT, mendapat informasi diskon di tempat perbelanjaan, penginapan, wahana bermain, transportasi, dan restoran yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan, dan berbagai manfaat lainnya yang bisa teman-teman coba saat nanti sudah memiliki akun BPJSTKU.

Maka dari itu, alangkah sayang sekali jika teman-teman peserta BPJS TK tidak memiliki akun sendiri di aplikasi BPJSTKu. Apalagi saat ini hampir semua orang sudah menjadi pengguna ponsel smartphone. Jadi harus dimanfaatkan banget inovasi teknologi digital yang disediakan BPJS Ketenagakerjaan untuk mempermudah berbagai urusan terkait kepesertaan ini. Jangan sampai smartphone-nya cuma diisi aplikasi-aplikasi hiburan dan sosial media saja. Aplikasi penting kayak BPJSTKU seperti ini juga musti dipasang.

Dan berikut ini update tata cara bikin akun di aplikasi BPJSTKU versi terbaru tahun 2019.

1. Instal aplikasi BPJSTKU dari Google Playstore jika smartphone anda berbasis Android. Untuk pengguna iPhone/iOs, aplikasinya silahkan diunduh di App Store.

2. Setelah aplikasi BPJSTKU terinstal di smartphone anda, langsung saja buka aplikasinya.

3. Klik PENDAFTARAN PENGGUNA BPJSTKU, yang bergambar warna hijau dengan tulisan angka 4-nya. Angka 4 tersebut melambangkan seluruh program asuransi sosial BPJS Ketenagakerjaan, yaitu JKM (Jaminan Kematian), JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja), JHT (Jaminan Hari Tua), dan JP (Jaminan Pensiun).

4. Atau bisa juga langsung Klik LOGIN, Kemudian pilih Buat Akun Baru.

5. Masukkan Alamat Email kemudian klik SELANJUTNYA. Nama email berikut kata sandi email ini harap teman-teman ingat baik-baik. Jangan sampai lupa. Sebab hanya e-mail ini yang bisa digunakan untuk meminta kode verifikasi seandainya nanti teman-teman lupa password akun BPJSTKU.


6. Buka e-mail dan masukkan kode verifikasi yang diterima di email. Tekan VERIFIKASI.

7. Pada halaman Pilih Kepesertaan, klik PU (Penerima Upah).

8. Masukkan Nama Lengkap sesuai KTP elektronik, lalu klik SELANJUTNYA.

9. Submit Tanggal bulan dan tahun lahir sesuai e-ktp, lalu klik SELANJUTNYA.

10. Masukkam NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang tertera e-KTP. Kemudian klik SELANJUTNYA.

9. Masukkan No KPJ (Kartu Peserta Jamsostek)/ BPJS Ketenagakerjaan. Lalu tekan SELANJUTNYA.

11. Masukkan Nomor Hape. Klik SELANJUTNYA.

12. Masukkan kode verifikasi yang dikirim via SMS. Klik VERIFIKASI.

13. Buat kata sandi atau password minimal 8 karakter.

14. Selesai! Selamat anda berhasil memiliki akun BPJSTKU. Anda sudah bisa memanfaatkan menu-menu menarik di dalamnya untuk berbagai keperluan terkait kepesertaan. Akun anda tersebut (email dan PIN akun) juga bisa digunakan untuk log-in di layanan personal service di website bpjs ketenagakerjaan jika anda ingin mengajukan pencairan uang JHT secara online.

Seperti itulah cara pendaftaran akun baru di aplikasi BPJSTKU bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek) bagi pekerja penerima upah (PU) alias karyawan perusahaan. Sementara registrasi akun BPJSTKU untuk peserta BPU (Bukan Penerima Upah) dan PMI (Pekerja Migran Indonesia) atau TKI (Tenaga Kerja Indonesia) di luar negeri, tidak jauh berbeda caranya. Tinggal ikuti saja perintah yang diberikan di aplikasi tentang data-data apa saja yang harus disubmit.

Sebenarnya, cara membuat akun BPJS TK tidak harus melalui aplikasi BPJSTKu seperti yang telah dijabarkan di atas. Daftar lewat browser baik itu di browser komputer/laptop maupun smartphone juga bisa, yaitu pada layanan personal services di situs BPJS Ketenagakerjaan. Ya barangkali memori internal smartphone teman-teman sudah tidak muat lagi untuk dipasangi BPJSTKU, registrasi via website bisa dijadikan alternatif. Di sana juga bisa cek saldo JHT, melihat kartu digital BPJS ketenagakerjaan anda, dan berbagai fitur penting lainnya. Namun memang tak selengkap dan sepraktis jika menggunakan BPJSTKU Apk.


Dan mengingat Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK) terus berinovasi mengembangkan berbagai layanan digital-nya agar semakin praktis dan mudah digunakan, di masa-masa yang akan datang kemungkinan tampilan aplikasi BPJSTKu akan terus diperbarui. Jadi tak perlu bingung seandainya nanti anda membuka aplikasi BPJSTKu bentuknya sudah berbeda dengan gambar-gambar yang ada di blog ini. Itu berarti aplikasinya sudah di-upgrade. Dan kami pun akan terus berupaya meng-update artikel setiap ada informasi terbaru dari BPJS Ketenagakerjaan.

24 Responses to "Cara Terbaru Mendaftar Akun BPJSTKu Untuk Karyawan Perusahaan"

  1. Makasi gan membantu sekali. Lebih bagus per langkahnya dikasih screen shootnya gan. selain menarik pengunjung juga jadi lebih paham, kalau di rasa load blog berat, bisa resize online aja gambarnya agar lebih ringan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas atensi dan masukkannya, Gan.

      Hapus
  2. Ka saya mau tanya, saya tiap bikin kata sandi nya terus2an gak bisa malah ada pemberitahuan eror, itu kenapa ya trus harus gmna?

    BalasHapus
  3. Sudah daftar pengguna baru tetap saja tidak bisa login

    BalasHapus
  4. Saya gak dapat email masuk untuk kode verifikasi nya,, knp y kak

    BalasHapus
  5. Saya login buat akun baru nulis nama habis itu pas suruh masukin tgl lahir terus saya klik lanjutan kok mlh balik lagi ke tulis nama itu bagaimana yaaaa?

    BalasHapus
  6. Bpjs Peruhasaan di paksa suruh bayar BPJS Klo ga, kena sangsi,pengalaman Clain Bpjs hak Kita tapi kita layakknya pengemis yang minta2 gratisan padahal itukan hak kita yang di potongin setiap bulan sama BPJS, Pola2nya masih pola lama Klo bisa di persulit kenapa harus di pemudah Cuma sistem aja dibuat Online,banyak mantan2 karyawan Perusahaan yang males ngurusin karna pola yang berbelit2,Orang kerja Risegent beda2 masalahnya ada Perusahaan yang bener2 Profesional banyak juga Peruhasaan yang berengsek yang ga mau ngurusin masalah Karyawan yang mungkin tak tersentuh sama Depnaker Bayak Hak2 Mantan Karyawan Perusahaan yang sdh lanjur males ngurusin BPJS karna males berurusan sama Perusahaan2 yang sebelumnya dia bekerja dan urusan Masalah Uang Kita Mau Claim Ribet Banget, Hak Kita hasil keringat kita di potomgin setiap Bulan Giliran Mau Claim Siap2 kita jadi Pengemis seolah2 minta sumbangan gratisan,ada aja alasan kurang ini itu sama Petugas2 tahum 2017 saya mengalami itu, sekarang sistem Online suruh Uplod kelengkapan disitu juga celah2nya mana nih yang bisa buat nolak jawaban Bay Imail tanpa di berikan solusi,dan bisa berargumentasi Pokoknya Ribet banget,Baru2 ini Kawan mengalami hal itu nunggu lama2 di jawaban di suruh nunghu lagi parah banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku 2x klaim uang Jamsostek lancar tuh, asal kita sudah memenuhi persyaratan yang diminta. Tolong dicatat juga bahwa uang yg ada di jamsostek itu bukan cuma uang kamu yg dipotong dari 2% gajimu, tapi juga dapat dari perusahaan 3.7% dari nominal gaji pokokmu.

      Hapus
  7. Sya mau daftar baru.masukin nama,no ktp,v harus msukin no kpj.apa itu no yg mana?kan saya pengguna baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek di kartunya. Ada angka-angka berjumlah 11 digit, itulah no referensi kartu BPJS Ketenagakerjaan atau no KPJ.

      Hapus
    2. Maaf gan mau tanya kan pengguna baru jd pasti ga punya no kpj dong,nah solusinya gmn gan?

      Hapus
  8. Saya mau tanya, duluu pernah bikin BPJS pake email Yahoo,skg email sdh ga aktif,pas mau registrasi dgn email ( Gmail ) koq tdk bisa ya??? Mohon bantuannya. Terima kasih.

    BalasHapus
  9. Mas utk menghubungi di saat jam kerja apa bebas.

    BalasHapus
  10. NIK dan TGL Lahir Saya salah pdahal sudah cocok sama KTP dan KK. Mohon bantuan nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama saya udah masukin NIk sesuai dengan KTP tapi Nik tidak valid

      Hapus
  11. Ada ga cara reset akun via SMS!?
    Soalnya reset via call center 175 susah terhubung!

    BalasHapus
  12. kalo org nya udh ga bekerja lagi apa bisa daftar akun bpjstku??sementara uang di dalemnya belum di ambil,sedangkan skrg untuk penvcairan harus melalui web/ online.

    BalasHapus
  13. Saya udah mendaftar tp nik saya tdk terdaftar mohon penceraannya

    BalasHapus
  14. Sya mau mecairkan saldo bpjs, sudah buat akun email baru, tp pas selesai daftar, dapat notifikasi NIK KTP sudah terdaftar di akun email yang lama,pas cb login pake email yang lama, notifikasi lagi masukkan nmor hp yg baru. Coba lg login sesuai intruksi,suruh pake nik ktp yg lama...
    Jadi muter² dibuat nya. Padahal saldo di kartu bpjs yg lama sudah di claim semua....
    Bantu solusinya gan....
    Trim's

    BalasHapus
  15. Saya mau daftr napa kluar trus sih.
    Eggk bisa ke slnjut nya slsai tgl lahir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan diketik tgl lahirnya.... tapi pilihan (klik trus pilih)

      Hapus
  16. Kemaren saya salah masukan email,, jdi gimma tu ya,,

    BalasHapus