Tips Terbaru Agar Bisa Mendapatkan Nomor Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan, Sudah Banyak Yang Berhasil

Kali ini kami akan sharing bagaimana cara atau tips supaya berhasil mendapatkan nomor antrean untuk pencairan dana JHT BPJS TK atau BPJamsostek secara online. Solusi agar kebagian dan berhasil mendapat nomer antrian online BPJS Ketenagakerjaan ini bisa anda coba praktekkan bagi anda yang mungkin selama ini selalu gagal memperoleh kouta antrian. Selalu hanya dapat pesan 'Maaf, Antrian Penuh. Kantor cabang dan jadwal yang anda pilih sudah penuh, silahkan pilih cabang yang lainnya'.

Cara ini sudah banyak dilakukan oleh rekan-rekan kami peserta BPJS Ketenagakerjaan yang akan mengurus klaim uang Jaminan Hari Tua (JHT) lewat online. Dan sudah banyak yang berhasil walaupun tidak langsung sukses. Yang penting sabar, tidak menyerah dan mau beberapa kali mengulang sebelum akhirnya benar-benar berhasil.

Berhasil Daftar Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan


Sebagaimana diketahui, saat ini ditengah mewabahnya virus Corona covid-19, pemerintah telah menganjurkan masyarakat untuk physical distancing. Di rumah saja menghindari aktivitas yang sifatnya berkumpul-kumpul, terutama untuk daerah-daerah yang sudah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Aturan tersebut tentunya untuk menekan penularan virus covid-19 agar tidak semakin menyebar, sehingga jumlah korban bisa diminimalisir.

Aturan tersebut juga turut mempengaruhi tata cara mencairkan dana JHT BPJS TK atau sekarang disebut BPJamsostek (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja). Di mana saat ini, kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan sudah tidak melayani proses klaim JHT secara manual atau secara langsung. Sekarang ini, seluruh tahap pencairan tabungan JHT dilaksanakan dari jarak jauh dengan sistem online, menggunakan mekanisme Layanan Tanpa Kontak Fisik (LAPAK ASIK), yang resmi muali diberlakukan dari bulan Maret 2020 lalu.

Karena seluruh prosedur klaim dilaksanakan secara digital atau online, maka pendaftaran untuk pencairan JHT juga dilakukan dari kejauhan lewat internet. Jadi bisa mendaftar di mana saja. Di rumah, di kampung, di kota, dan sebagainya. Yang penting ada akses internetnya.

Tapi sayangnya, pendaftaran klaim JHT secara online, atau biasa disebut registrasi antrian online BPJS Ketenagakerjaan ini cukup sulit. Bukan sulit cara mendaftarnya, melainkan susah memperoleh kouta antrian. Pasalnya per hari dibatasi kuotanya sehingga cepat habis. Udah gitu, jumlah hari yang bisa dipilih untuk booking antrian online ini juga terbatas hanya tujuh hari saja.

Tapi meskipun susah, anda tetap bisa mendapatkan kode booking atau no antrian untuk pencairan dana JHT secara online, dengan mencoba tips dan trik berikut ini.

Pastikan Jaringan Internet Anda Cepat dan Stabil


Tips yang pertama pastikan koneksi internet yang anda gunakan stabil dan lancar. Sayang sekali umpamanya pendaftaran nomor antrean online sudah hampir berhasil, tiba-tiba sambungan internetnya melemah apalagi terputus. Kalau sudah begini kasusnya, tentunya proses registrasi bisa gagal.

Selain itu kalau jaringan internetnya tidak kuat, ada kemungkinan akan kalah cepat dengan ribuan peserta lain yang juga sama-sama sedang registrasi antrean online dalam waktu yang bersamaan.

Registrasi di Jam 00.00


Tips selanjutnya, lakukan pendaftaran antrian online BPJS Ketenagakerjaan tepat setelah jam 12 malam! Begitu jam 00.00 teng, anda langsung melakukan registrasi. Jangan tunggu lama-lama. Bahkan kalau bisa, ketika registrasi pada jam 12 tersebut, anda tinggal memilih kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang akan anda gunakan untuk mengurus klaim saldo JHT.

Jadi begini, biar kemungkinan berhasilnya lebih besar, akses formulir pendaftaran antrian online dari sebelum jam 12 malam. Kira-kira lima menit menjelang pukul 12.00. Setelah form isian antrian BPJS TK terbuka, masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor KPJ, Nama, nomor WhatsApp, email, dan wilayah pelayanan. Setelah itu, tunggu sampai dua belas. Halaman formulir antrian online jangan ditutup.

Nah, begitu jam 12 lewat satu detik, langsung anda pilih cabang pelayanan, tanggal pengajuan klaim dan jam pengajuan klaim. Di kolom tanggal pengajuan klaim, silahkan langsung anda pilih hari ketujuh dihitung dari hari anda melakukan pendaftaran online. Untuk hari kesatu, kedua hingga keenam cuekin saja. Karena biasanya antrian online di hari-hari tersebut sudah penuh. Tanggalnya tidak bisa dipilih atau diklik lagi.

Perlu diketahui, hari atau tanggal yang bisa dipilih dalam sistem antrian online ini maksimal 7 hari dari tanggal pada saat anda melakukan pendaftaran antrian online. Misalnya anda akan registrasi antrean pada tanggal 20, itu berarti tanggal yang bisa dipilih hanyalah dari tanggal 20, 21, 22, 23, 24, 25, 26 dan 27. Tapi mengingat sekarang ini banyak banget yang mendaftar antrian online, biasanya untuk tanggal 20 hingga 26 kuotanya sudah penuh terisi sejak dari beberapa hari sebelumnya. Jadi tipsnya, ketika anda registrasi jam 00.00 tengah malam pada tanggal 20 tersebut, langsung pilih antrian di tanggal 27.


Kenapa harus jam 12 malam?


Karena jam dua belas malam merupakan waktu pergantian hari, yang berarti juga waktunya pergantian atau penambahan hari baru untuk registrasi antrian online. Hari baru yang tentunya kuota antria onlinenya masih kosong, dan bisa anda pilih berebutan dengan peserta-peserta yang lain. Itulah kenapa dibutuhkan sinyal internet yang kuat dan stabil supaya tidak kalah cepat dengan ribuan peserta yang lain.

Karena membludaknya orang yang melakukan pendaftaran antrian online, ada kemungkinan kantor cabang pelayanan yang anda pilih sudah penuh, walau registrasinya jam 12 tengah malam. Kalah cepat dengan pendaftar-pendaftar yang lain. Tapi jangan menyerah sampai di sini. Segera pilih kantor-kantor cabang pelayanan yang lain. Ada cukup banyak kantor cabang pelayanan di setiap provinsi. Anda tidak perlu memilih kantor yang anda inginkan, yang anda sukai, atau yang terdekat dari rumah. Cari saja kantor cabang yang kuota antriannya ada yang belum terisi.

Jika ternyata semua kantor cabang pelayanan di wilayah provinsi tempat tinggal anda sudah penuh semua, sekali lagi jangan menyerah! Silahkan ganti wilayah pelayanan di daerah provinsi lain, kemudian cari kantor cabang pelayanan di dalam wilayah tersebut yang masih belum penuh kuota antrian onlinenya.

Misalnya anda berdomisili di provinsi Jambi, tapi antrian online di seluruh kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan di wilayah pelayanan Jambi sudah penuh semua, anda bisa mencoba mengganti dengan wilayah pelayanan provinsi atau daerah yang lain. Anda bisa mendaftar antrian online di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan wilayah Riau, Aceh, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua dan daerah-daerah lainnya di Indonesia. Pokoknya jangan nyerah pilih terus sampai dapat!

Sudah cukup banyak teman-teman kami yang akhirnya berhasil memperoleh no antrean on-line dengan cara registrasi tengah malam dan menggonta-ganti kantor cabang pelayanan di luar daerah seperti itu. Metode ini bisa dilakukan karena saat ini seluruh proses pencarian JHT dilakukan secara online dari jarak jauh dengan prosedur LAPAK ASIK. Mulai dari pendaftaran, pengiriman berkas persyaratan mencairkan uang JHT, verifikasi berkas, hingga dana JHT cair ke dalam rekening, semuanya diproses dari jauh tanpa perlu sekalipun mendatangi kantor cabang BPJS TK. Jadi anda bisa mendaftar antrian online untuk kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan mana saja seluruh Indonesia.

Jika anda tidak bisa daftar jam 12 malam mungkin karena waktunya beristirahat, anda bisa mencoba mendaftar antrian online sebelum jam 6 pagi. Siapa tahu anda beruntung menemukan kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang jatah antrian onlinenya belum penuh. Tapi jika anda melakukan registrasi antrian online di siang, sore apalagi malam hari, kemungkinan besar kuota antrian online yang tersedia di hari yang baru tersebut sudah full booked. Habis tidak tersedia lagi.

UPDATE PERATURAN BARU REGISTRASI ANTRIAN ONLINE!!


Perlu diketahui, untuk sekarang ini peserta BPJS TK sudah tidak bisa melakukan pendaftaran antrian di jam 00.00 atau jam 12 malam. Saat ini registrasi antrian online baru bisa dimulai pada pukul 06.00 pagi hingga jam 22.00 atau jam 10 malam. Sehingga Anda tidak perlu lagi begadang setiap malam demi supaya kebagian kuota antrian online. Namun tips dan cara yang kami bagikan di artikel ini tetap Anda bisa digunakan. Tinggal jamnya saja yang Anda sesuaikan dengan peraturan baru antrean online yang sekarang. Jadi, silakan siap-siap melakukan pendaftaran antrian kira-kira jam 05.45 Waktu Indonesia Barat (WIB). 

Kabarnya aturan ini diberlakukan untuk meminimalisir banyaknya calo pencarian JHT BPJS Ketenagakerjaan yang melakukan registrasi antrian di luar jam operasional atau pada tengah malam tersebut.



Seperti itulah tips dan cara supaya registrasi antrian online BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK bisa berhasil. Intinya lakukan pendaftaran online pada jam 12 malam, bersamaan dengan penambahan atau pergantian hari baru dari kuota 7 hari batas maksimal registrasi antrian, lalu pilah pilih kantor-kantor cabang pelayanan yang masih belum penuh jatah antrian onlinenya, walaupun itu kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang berada di luar daerah tempat tinggal anda.

Jika masih gagal juga. Mohon bersabar dan jangan menyerah. Anda bisa mencoba mendaftar lagi di jam 12 pada malam-malam berikutnya. Sebaiknya memang jangan mendaftar antrian online di siang hari. Karena sepertinya percuma saja, kebanyakan antrian online di kantor-kantor cabang pelayanan sudah penuh. Susah untuk menemukan satu saja kacab dan jadwal pelayanan yang masih tersedia antriannya.

44 Responses to "Tips Terbaru Agar Bisa Mendapatkan Nomor Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan, Sudah Banyak Yang Berhasil"

  1. saya domisili jawabarat, Ikut antrian online dari jabar sampai jabotabek semua penuh.. pas klik papua jayapura saya dapat nmr antrian.. apakah bisa saya gunakan untuk pencairan di jawabaratnya pak nomor antrian papua.. mohon pencerahannya

    BalasHapus
  2. Kagak ngaruh gan..saya coba jam 00.00
    Hasilnya tetep..
    "oops jam antrian - pastikan koneksi bla bla bla."..padahal internet ga ada masalah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama . Saya udah coba berkali kali .. tetap jam antrian tidak bisa diakses....

      Hapus
    2. sama saya udh coba beberapa kali tetep begitu

      Hapus
  3. Saya daftar antrian online... Tapi pas jam pengajuan online tidak bisa dibuka... Itu kenapa ya.. udah berkali kali coba tetep mentok di jam pengajuan tidak bisa dibuka.. alasannya internet tidak stabil... Aneh padahal koneksi internet lancar ...b

    BalasHapus
  4. pusing, hampir seminggu coba trs gabisa2 untuk wilayah tangerang. internet lancar WiFi lancar bingung gmna caranya lagi.

    BalasHapus
  5. Bkn memudahkan tp tmbh menyulitkan.

    BalasHapus
  6. Prosedur yang terlalu rumit

    BalasHapus
  7. daftar antrean daerah propinsi lain aman kah.ga mingkin kita mau kepapua.klo ada apa apa

    BalasHapus
  8. Sudah dapat anttian online namun salah memasukan alamat email,gimana solusinya

    BalasHapus
  9. Mau ngambil hak sendiri aja ribet nya minta ampun mending bisa login ini saya gak bisa login malah

    BalasHapus
  10. Kenapa selalu loading berjam jam saat memasukan nomor kjp. Mohon penjelasan nya

    BalasHapus
  11. Saya mau coba, mudah mudahan berhasil

    BalasHapus
  12. Katanya hindari percaloan,tapi masih ada yang bermain,

    BalasHapus
  13. Daftar udah hampir 2 bulan ngetik terus....hasilnya cuma berbagai balasan yg ga penting.maaf akun yang Anda masukkan salah,maaf no kjp anda tidak terdaftar,maaf untuk sementara Anda belum bisa mencairkan dana JHT Anda,maap antrian penuh,dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo kebutuhan hampir tiap hari.ambil THT lemot "payah"

      Hapus
  14. Saya sudah berhasil daftar Antrian online tapo belum dapat email🙏

    BalasHapus
  15. Saya sdh dpt no antrian online,,tp koq gag ada email balasan y??,,,gmn y??,,mohon bantuannya

    BalasHapus
  16. pengalaman saya, di jam 7 pagi bs berhasil.
    Sekedar pengalaman. Belum tentu berhasil di temen-temen, tapi setidaknya ada alternatif jam buat coba selain jam 00.00

    BalasHapus
  17. Domisili Jawa barat tpi kok susah bngt milih cabang pelayanan, gimana tuh gang

    BalasHapus
  18. mau online tp ga bisa karna data tdk sesuai sdngkn perusahaan sdh tutup dan tlp ke call center susah..sdngkan sy ga tau yg bermslh itu apa ?

    BalasHapus
  19. Inilah fotret Indonesia yg blm siap dgn tehnologi.udah kerja nya di kere masuk pabrik Hak nya pun THT di bikin rumit....gue dari kampung

    BalasHapus
  20. Indonesia ga ada yg ga susah

    BalasHapus
  21. Sudah daftar berkali Kali buat ketahap selanjutnya kenapa selalu ggal? Slalu bilang jringan internet lah, data tidak sesuai lah

    BalasHapus
  22. buat yg mau, coba buka jam 6-8 pagi siapa tau beruntung.. barusan ane dftar n bisa, tp domisili jabar dptnya kntor cabang kutai.pdahal gda opsi kntor cabang. huh..

    BalasHapus
  23. td saya coba jam 8 bisa tp domisili medan dapat kantor layanan fakfak papua, semoga gaada masalah

    BalasHapus
  24. O alah,susahnya cuma mu ambil hak kita,

    BalasHapus
  25. Kalau upload dokumen gagal padahal size file nya sudah 200kb kira2 knp ya?

    BalasHapus
  26. Katanya lapak asik eh tpi sy sudah dapat antrian malah gak dtlpn2. Call cènter pun susah dhub sedang selalu melayani pelanggan lain masa setiap hari hampir sebulan gak bisa. Emailpun gak dbls2 udh puluhan email sy kirim. Percuma klw ada online klw seperti ini

    BalasHapus
  27. Saya dah daftar antarian onlain dah tangalnya ko ga di telpon telpon

    BalasHapus
  28. Tuh gimana yah klaim online ,kok tiba2 kantor cabangnya terpilih otomatis di pulau sumatra,sedangkan domisili sy di jakarta,itu gimana yab

    BalasHapus
  29. Saya gagal trus pas aplod foto katanya ada aj yg salah, dpet cabang di Papua timika
    Giliran mau daftar lg koneksiny GX bs ..
    Ribet bngt sekarang

    BalasHapus
  30. Pengajuan kembali lapak asik hanya bisa dilakukan setelah 30 hari setelah penggunaan terakhir, lah anjirrr udah 3x nyoba isi semua form & upload semua file pendukung tiba² mau save tp gak dikasih liat kode captcha nya, di simpan gak bisa trus kembali lg nyoba dari awal sama aja begitu, bener² buang waktu & usaha. Niatnya biar asik malah gak asik sama sekali

    BalasHapus
  31. Bagaimana cara agar mendapatkan kode verifikasi lagi setelah 3 kali mencoba registrasi

    BalasHapus
  32. Masuk up load foto. . Alesanya kok ktp saya blom ter upload terus ya. . Gimana.. Ambil hak sendiri ae susah. . Ini solusi macam apa, katanya mempermudah... Ini malah bikin stress.. Buang2 waktu. .

    BalasHapus
  33. Saya hari ini, blm ada panggilan 15 February jam 10.00 s/d 11.00
    Sabar bgt nunggu nya.

    BalasHapus
  34. Susahnya minta ampun masuk ke lapak asik...selalu ada info anda tidak berhak menggunakan lapak asik penggunaan lapak asik 30 hari kemudian...setelah penghunaan terakhir

    BalasHapus
  35. Ko sya udah daftar blm dpt no verifikasi

    BalasHapus