Berapa Lama Uang JHT Cair ke Dalam Rekening Setelah Video Call WhatsApp Dari BPJS Ketenagakerjaan? Berikut Penjelasannya

Kapan dan berapa lama dana JHT BPJS TK cair dan masuk ke rekening bank setelah divideo call atau dihubungi lewat panggilan video WhatsApp oleh petugas BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK)? Atau saldo JHT sudah tidak bisa dicek di aplikasi BPJSTKU, saldo sudah menunjukkan angka 0, tapi kenapa dananya belum masuk ke rekening tabungan? Banyak teman-teman peserta BPJSTK yang bertanya-tanya demikian. Maka dari itu, di artikel ini kami menjelaskan sesuai pengalaman teman-teman kami yang baru-baru ini berhasil mencairkan saldo tabungan JHT-nya.

Panggilan Video Call WhatsApp dari BPJS Ketenagakerjaan

Sebagaimana diketahui, di tengah mewabahnya virus Corona saat ini, prosedur pengajuan pembayaran saldo JHT di kantor cabang BPJS TK seluruhnya menggunakan sistem digital atau online. Dengan mekanisme Layanan Tanpa Kontak Fisik atau LAPAK ASIK. Dengan mekanisme tersebut, semua tahap pencairan dana JHT dilakukan dari kejauhan tanpa perlu sekalipun mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan. Hal tersebut tentunya sesuai dengan anjuran pemerintah untuk melakukan physical distancing demi menekan penularan virus yang terkenal dengan julukan COVID-19 (Coronavirus Desease 2019) ini.

Baca Juga: Jangan Nganggur! Berikut Doa Agar Mudah Mendapat Pekerjaan

Apalagi buat peserta BPJAMSOSTEK yang berdomisili di wilayah zona merah, yang sudah menerapkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), tentunya aktivitas sehari-hari semakin dibatasi sehingga tidak bisa melakukan banyak hal di luar rumah. Termasuk mengurus pencairan dana JHT dengan mendatangi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan. Maka dari itu, klaim JHT secara online dengan menggunakan metode LAPAK ASIK adalah alternatif satu-satunya yang bisa dilakukan.

Dan sebenarnya, dengan dihadirkannya sistem pencairan online Lapak Asik BPJamsostek ini, justru memudahkan peserta dalam mengeklaim tabungan JHT miliknya. Sebab, dengan layanan tersebut, peserta tidak perlu lagi capek-capek datang ke Kacab BPJS TK. Seluruh prosesnya bisa dilakukan dari jauh. Semuanya, dari mulai pengajuannya, hingga uangnya cair ke dalam rekening tabungan, bisa dikerjakan dari rumah.

Diawali dengan registrasi antrian online lewat website antrian.bpjsketenagakerjaa.go.id atau bisa juga via aplikasi BPJSTKU, kemudian mengirim scan dokumen-dokumen persyaratan klaim saldo JHT, verifikasi berkas oleh petugas BPJS Ketenagakerjaan di kantor cabang layanan yang anda pilih, dihubungi via video call oleh petugas BPJAMSOSTEK, dan terakhir tinggal menunggu dana JHT anda ditransfer atau cair ke dalam rekening tabungan anda. Kurang lebih seperti itu.

Jika anda ingin mengetahui penjelasan selengkapnya tentang prosedur mencairkan uang JHT BPJS TK lewat online menggunakan metode LAPAK ASIK ini, anda bisa membacanya dengan cara Klik Disini. Di sana dijelaskan tutorial lengkapnya setahap demi setahap dengan bahasa sederhana yang gampang dimengerti. Langkah demi langkah sehingga anda bisa memahaminya dengan mudah.

Yang banyak menjadi pertanyaan dari klaim online via Layanan Tanpa Kontak Fisik (LAPAK ASIK) ini, kapan saldo JHT ditransfer oleh BPJS Ketenagakerjaan dan masuk ke dalam rekening setelah divideo call WA? Berapa lama waktu menunggu uang JHT cair setelah dihubungi petugas BPJAMSOSTEK lewat panggilan video call WhastApp? Kapan duitnya masuk udah butuh banget nih buat beli beras?

Baca Juga: Mengapa Dua Kartu BPJS Ketenagakerjaan Tergabung Otomatis, Padahal Tidak Melakukan Amalgamasi Atau Pengkinian Data?
Berdasarkan pengalaman teman-teman kami yang sudah berhasil mencairkan saldo JHT akhir-akhir ini, lamanya uang JHT cair ke rekening sesudah divideo call WhastApp oleh pihak BPJAMSOSTEK, tidak sama antara peserta satu yang dengan peserta yang lainnya. Ada yang cepat ada juga yang sedikit terlambat.

Yang cepat ada yang satu hari sudah cair. Misalnya dihubungi via video call tanggal 20 April, tanggal 21 April sudah ada notifikasi uang masuk ke dalam rekening. Sementara yang agak terlambat, sudah lima hari setelah divideo call belum juga ada pemberitahuan uang masuk. Pemberitahuan atau notifikasi ini maksudnya dari pihak bank, baik lewat SMS maupun email atau cek lewat aplikasi bank yang digunakan. Bukan pemberitahuan dari BPJS Ketenagakerjaan. Inilah enaknya jika rekening bank ditautkan dengan email, SMS Banking, internet banking maupun aplikasi perbankan contohnya BRI Mobile atau BCA Mobile. Sehingga tidak perlu bolak balik ke unit ATM untuk mengecek saldo JHT sudah terkirim atau belum.

Karena lamanya dana JHT cair masuk rekening tidak bisa dipastikan. Setiap peserta memiliki pengalaman yang berbeda-beda terkait berapa lama dananya ditransfer ke tabungan setelah divideo call. Ada yang dalam sehari sudah cair. Ada yang berhari-hari belum juga ditransfer. Tapi yang pasti, jika sudah dihubungi via video call oleh petugas BPJS Ketenagakerjaan untuk sedikit diwawancarai dan mungkin diminta menunjukkan berkas persyaratan yang asli, pasti saldo JHT anda akan cair. Pasti! Cuma waktunya saja tidak bisa dipastikan, bisa satu hari hingga satu minggu.

Tidak pernah ada kejadiannya peserta yang telah disetujui permintaan klaim saldonya, uangnya tiba-tiba tidak jadi ditransfer. Atau salah transfer ke rekening orang lain. Tidak pernah! Mengingat prosedur klaim JHT ini yang sangat ketat, sehingga tidak mungkin uang JHT anda terkirim ke orang lain.

Penyebab tidak samanya uang JHT masuk ke rekening, kemungkinan karena banyaknya dana yang harus dibagi-bagikan dalam satu hari di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang anda pilih. Dan pastinya tergantung juga dengan kapan anda dihubungi lewat panggilan video call WhastApp oleh petugas BPJS TK. Jika dihubungi pada hari Jum'at, sudah pasti dana JHT anda tidak bisa cair dalam satu hari. Pasalnya besoknya yaitu hari Sabtu dan Minggu, kantor BPJS Ketenagakerjaan dan bank-bank libur alias tidak beroperasi. Sehingga paling cepat hari Senin baru masuk.

Baca Juga: Sudah Upload Berkas, Kenapa Belum Divideo Call Sesuai Jadwal Antrian Online Oleh Petugas BPJS Ketenagakerjaan?

Intinya, dalam menunggu saldo JHT masuk ke rekening setelah proses video call, anda harus sabar sesuai penjelasan dan informasi yang diberikan oleh petugas kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan saat di video call. Biasanya dijelaskan bahwa estimasi waktu lamanya dana masuk ke rekening antara 5 hingga 7 hari kerja. Tentunya hari Sabtu, Minggu dan libur nasional tidak dihitung. Namun banyak juga yang dalam satu hari saja dananya sudah terkirim ke rekening. Dan tidak perlu takut uangnya gagal ditransfer atau salah terkirim ke orang lain. Demikian.

230 Responses to "Berapa Lama Uang JHT Cair ke Dalam Rekening Setelah Video Call WhatsApp Dari BPJS Ketenagakerjaan? Berikut Penjelasannya"

  1. saya senin di tlfn skrg udah mau kamis blum juga cair,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skrg udah cair belum kak?itu sampai hr kamis apa saldonya udah nol?

      Hapus
    2. Aku do tlp 15 mei sampe skrng blm dpt kbar lg 😭 kalo d hitung hari kerja udh 11 hari kerja.

      Hapus
    3. Saldo bpjstk saya udh nol pada hari ini. Tapii saya cek napa belum masuk ke rekening saya ya. Estimasinya klw saldo udah nol dan smua sudah disetujuin. Kapan ya masuknya kira kira???

      Hapus
    4. Berapa hari cairnya setelah di vc???

      Hapus
    5. Aku VC tgl 24 nyampe skrg belum cair. .Temen aku ada yg 25 Hari sama seminggu udah cair 😭

      Hapus
    6. Maksudnya temen aku 2 hari bukan 25

      Hapus
    7. Mau nanya...sya berenti kerja tanggal 18 november...sya kmrn k kantor jamsostek ko ga bisa yah...

      Hapus
    8. Harus jeda minimal 1 bulan mbk dr resign, nunggu kartunya non aktif, biasanya kpj masih aktif kl blm lwat 1 bln jdi g blm bsa klaim

      Hapus
    9. Saldo di bpsjs ga nongol tapi di rekening belum nyampe dari tgl 19

      Hapus
    10. nanya jg dong kak gimn ya kemaren AQ da salah isi no peserta yg ada di form F5 itu apa itu ngaruh ya...AQ g tau soalx bingung AQ isi nomer peserta pas ,SH jd karyawan dan BKaN no peserta BPJS gmn ya...tp AQ blm d video call msh nunggu 1 Minggu LG...apa itu akan jd kendala y...mohon solusinya dong kak, dan gmn cara memperbaiki nya

      Hapus
  2. daftar antrian online dari cabang Aceh sampai dengan Papua semua full, gimana caranya bisa klam JHT ini, pdhl sgt di butuhkan dananya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daftar online jam 6 pagi, insyaallah bisa..kalo di jam 7 ke atas pasti rame bgt..saya ajh daftar jam 6 pagi bisa

      Hapus
    2. Gw daftar online ngajuain jam 12 siang langsung acc nunggu 5 hari buat verifksi data.. Kmrenbru selesai dan tinggl tunggu duit cair yg pnting berkas lengkap

      Hapus
    3. Daftar onsite aja. Datang langsung ke BPJSTK nanti disana scan barcode.

      Hapus
  3. Saya ditelfon vcall tgl 18 mei belum ada notif akan cair, saldo pun masih bisa dicek di apk BPJSTKU. Gmn ini

    BalasHapus
  4. Saya jg di vc tgl 19 smpe skrng saldo masih ada

    BalasHapus
  5. Dari komentar di atas ngeri ngeri sedap, jangan jangan dana BPJS ketenagakerjaan di pake pemerintah lalu uang yang di pake belum di ganti karena pemerintah gak punya uang buat ganti, mau pinjam uang ke negara lain juga gak di kasih pinjam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak ko saya dpt email pengajuan tgl 16 juni 2020 jam 11.00-12.00 sampe mau jam 14.00 ko belum ada vidcall masuk yaa saya sudah upload dokumen sebelum tgl 16 padahal

      Hapus
    2. Saya juga lagi ngalamin hal yg sama kak, itu jadinya tetap ada verifikasi dari pihak BPJS ngga kak?

      Hapus
    3. Pikirannya rendah banget hadeh dasar otak dangkal

      Hapus
    4. Saya jg blm cair,di video call tgl 1 oktober sampe tgl 21 oktober uang blm masuk,ditanyain ke bpjs katanya sudah di bayar tgl 13 oktober, tp kenapa blm masuk ke rekening saya😡

      Hapus
  6. Saya sudah coba daftar antrian online ttp gabisa ambil antrian pdhl saya sangat terkena impact dr corona

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daftar nya jam 6 pagi pas, jangan lewat jam itu.

      Hapus
    2. Datang lgsg kekantor bbjs terdekat aja

      Hapus
  7. Biasanya kalo pihak Jamsostek vc suka nanya apa ya...berkas apa yg perlu di siapkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah nnyain nama sesuai data yg di ksih trus sruh nunjukin ktp nnti d fto sama pihak bpjs

      Hapus
  8. Antrian saya tgl 3 Juni 2020 saya dapet konfirmasi bahwa kartu keluarga saya belum di cap stempel stalah saya sudah memperbaharui kartu keluarga saya dan sudah saya minta cap stempel oleh pihak yang mengeluarkan nya kemudian saya sudah email balik ke bpjamsostek sampai sekarng belum ada tanggapan/konfirmasi balik itu gimanh kk.saya juga sudah mencoba daftar ulang tapi gak bisa.mohon penjelasanya ka karna saya sangat butuh sekali,apalagi setusi seperti ini dampak covid 19.saya sangat membutuhkan sekali mohon bantuannya ka.terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba untuk mendaftar antrian online lagi ka ,, registrasi ulang dari aplikasi bpjstku nya . Karna kasusnya sama seperti saya .

      Hapus
    2. Kalo kesulitan mungkin bisa dicoba tlp call centre bpjsnya minta dihapusin semua datanya dlu,dan mengulang lagi daftar online nya dibawah jam 7 pagi...saya jg begitu dan alhamdulillah kmren tgl 19 udh vc,nunggu estimasi pencairan 10 hari kerja...selamat mencoba semoga sukses ka

      Hapus
  9. Biasanya vide call nya itu susuai tgl antrian onlen nya y? Saya dpt tgl 15...apakah video call tgl 15 jga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada gak kak VC nya ?? Saya tgl 15 juga gaada yg VC sampai saat ini

      Hapus
    2. Cek emaik ka,,,biasanya data ada yg kurang kalo blm di vc,,,coba daftar lagi,,saya sampai 3x baru lolos verifikasi data

      Hapus
  10. Saya video call tanggal 22 mei 2020 dan sampai sekarang tanggal 06 juni 2020 belum ada pencairan padahal semua berkas tidak ada masalah saat video call. Paling lambat 14 hari tetapi jika dihitung sampai hari ini melebihi 14 hari. Saya sudah coba email 2x dan coba hubungi whatsapp yang video call tetapi tidak ada balasan. Saya harus bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah udah cair 14 hari kerja

      Hapus
    2. Lama bener ka sampe tngl 2 juli

      Hapus
    3. Saya juga di suruh menunggu 14 hari kerja pencairan apa bener" harus 14 hari kerja baru cair ya.. 😩
      Lamaa nyaa

      Hapus
    4. Saya video call tgl 1 oktober 2020 sampe tgl 21 oktober uang blm masuk ke rekening,padahal di cek ditracking nya dr bpjs sdh dibayar tgl13 oktober tp uang blm masuk ke rekening saya smpe skrg, tanya ke kantor bpjs disuruh ngecek ke bank,tp setelah di bank katanya itu bukan wewenang bank, gimana sih ini kq saling lempar tanggung jawab😭

      Hapus
  11. Saya sudah di vc sekitar tgl 15 mei dan sampai sekarang dananya belum juga ada di rek saya dan tidak ada konfirmasi dr pihak bpjs.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal itu uang hak kita... sebagai pengalaman.. saya pribadi next saya gak akan ikut bpjs ketenagakerjaan lagi... mau pencairan uang kita aja ribet, mbulet, luama...

      Hapus
  12. Saya divideo call tggl 26 mai sampai saat 8 juni saya berkomentar inipun belum juga cair

    BalasHapus
  13. Dapet email dari bpjsnya yg tracking proses di mulai dari verifikasi vidcall tgl 3 juni persetujuan tgl 5 juni penetapan tgl 5 juni pembayaran tgl 8 juni tapi sampai saatnini belum masuk juga. Nanya ke csonya dalam proses tpi di bpjsnya trackungnya sudah di konfirmasi pembayaran klaimnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai sekarang udah cair belum kak? Saya juga tracking di websitenya tulisan sudah konfirmasi pembayaran tapi uang belum masuk. Telp CSO BPJS disuruh tanya pihak bank karena dari pihak BPJS sudah melakukan pencairan. Udah telp bank, dibilang bukan wewenang bank, sifatnya pasif, disuruh tanya BPJSnya. Jadi dilempar-lempar

      Hapus
    2. Wah kok ngeri ya . Skrng udh masuk atau belum kak?

      Hapus
    3. kasus nya sama seperti sya..

      Hapus
    4. kasus nya sama seperti sya..

      Hapus
    5. Sama,kasus saya juga spti itu... Sampe skrg blm cair,udh hampir 1bln

      Hapus
    6. Kira2 pihak bpjs tlp kantor lama gak ya??soalny hubungan ku sm kantor lama tidak baik dan yang bikin surat plakeriny temen kantor bukan bossnya

      Hapus
  14. Untuk skrg apa kah masih vc apa harus dtg lgsg k kantor?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya dapat email hari ini suruh ke kantor cabangnya

      Hapus
  15. Setelah lihat komentar teman2, ternyata ngeri juga,parah ternyata sistem bpjs ketenagakerjaan selama ini, amburadul g jelas

    BalasHapus
  16. Kak sy mau nanya. Sy sudah ngecek tracking nya verifikasi dokumen nya sudah selesai trus agenda klaim nya juga selesai. Tapi sampai saat ini belumbada yg vc sy.

    BalasHapus
  17. Maaf ka, ko dari tanggal 6 Juni kemaren samape skarang ini saya belom di verifikasi si ka, sebenernya butuh waktu buat verifikasinya berapa lama ya ka? Trus dana pencairannya itu berapa lama ya ?
    Jadi kita juga biar ga bingung ka.
    Makasih

    BalasHapus
  18. Saya jadwal verivikasi tgl 15 sekarang ini.. Tapi belum ada yg vc juga apakah jadwalnya bisa molor ke tgl setelahnya ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kakak sudah di konfirmasi lewat telp/wa/email.. nanti tinggal tunggu vc dari staff bpjs.. sama coba rajin2 tracking proses nya biar tau perkembangannya. Semoga bisa membantu

      Hapus
    2. Ada cukup banyak peserta yang proses verifikasi via video call tidak sesuai jadwal antrian yang didapat. Ada yang molor beberapa jam, bahkan beberapa hari.

      Hapus
  19. saya dpt tgl pengajuan nya tgl 16 juni 2020 jam 11.00-12.00 sampe skrng sudah mau jam 14.00 ko belum di vidcall jg yaa pdhl saya sudah kirim dokumen dari jauh jauh hari sebelum tgl 16

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tunggu saja, Pak. Barangkali sore atau besok. Mengingat banyaknya peserta yang mengurus klaim, sehingga beberapa mengalami keterlambatan proses verifikasi.

      Hapus
  20. 3 kali pengalaman saya cairin jamsostek & yg ketiga ini yg paling lama,. Total 21 hari dari 14 hari kerja belum cair juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soalnya di masa pandemi sekarang ini sangat banyak peserta yang mengurus klaim JHT.

      Hapus
  21. Di laporan tracking SDH di klaim pembayaran tpi kok belom di transfer lewat atm jdi bingung apa msh menunggu lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolong di folow up di tracking pembayaran klaim SDH selesai tpi blom di transfer ke atm

      Hapus
    2. Masih menunggu lagi, ada yang satu hari, dua hari, seminggu.

      Hapus
  22. Saya belum di telpon2,,cmn bisa mengelus dada...Pengalamn saya masih enakan jamsostek jaman dulu perasaan.Dulu banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kecepatan dan kemudahannya memang lebih enak jaman dulu waktu masih Jamsostek. Tapi kalau persyaratan lebih mudah sekarang. Dulu harus menunggu masa kepersertaan 5 tahun baru bisa dicairkan. Kalau sekarang, berapapun lamanya jadi peserta, asalkan sudah berhenti bekerja minimal sebulan, dana JHT sudah bisa diklaim.

      Hapus
  23. Ada gk kasus nggak di vc tapi udah di transfer

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada. Karena untuk verifikasinya tidak semua via Video call, ada yg cuma lewat chat dan diminta mengirim foto selfi sambil memegang berkas-berkas persyaratan yang asli.

      Hapus
  24. Berkas udh masuk tgl 5 juni.smpi sekarng blm ada kabar dari bpjs

    BalasHapus
  25. Saya antrian tgl 16 juni sampe sekarang belom di kabarin dari pihak bpjs gada telfon gada vc, udah email udh whattsap gada jawaban huhu sedih

    BalasHapus
  26. Amburadul... Gmn nasib sya.. baru mau ngajuin... Baca komentar dri kakak kakak sekalian.. udh lemes dengkul sya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba saja, Pak. Yang penting sudah memenuhi syarat dan dokumen persyaratan lengkap, pasti dananya cair. Walaupun kemungkinan buruknya agar ribet prosesnya. Namun cukup banyak peserta yang berhasil cair dengan mudah dan cepat tanpa kendala.

      Hapus
    2. coba dulu aja pak betul sekali, karna siapa tau aja bapak tidak sama masalahnya sama yg lain

      Hapus
  27. Ko saya mah ga di vc ya sama pihak BPJS nya. Tapi liat trek claim sudah sampai proses claim. Dan liat saldo jht nya udh 0 .
    Knapa ituu. Apa malu dia VC saya 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiap kantor cabang BPJS TK memang sedikit berbeda-beda dalam proses verifikasi berkas peserta. Ada yg divideo call, ada yang verifikasi via chat, ada juga yang disuruh datang langsung ke kantor dengan membawa berkas asli. Bahkan mungkin seperti kasus anda, tidak perlu verifikasi dengan menghubungi peserta, karena mungkin semuanya sudah jelas.

      Hapus
    2. Lihat track klaim nya dmn ya?

      Hapus
    3. bisa di lihat di link email yg bpak terima dari bpjs kalo bapak udah ajauion berkas
      kalo belum bapak bisa cari di google pak

      Hapus
    4. alhamdullilah pengajuan nya dipermudah tidak ribet.
      kalo saya gada kejelasan sama sekali, udah hampir 4 hari dari jadwal vc saya di gantung oleh pihak bpjs nya

      Hapus
  28. Semoga aj pengajuan saya ini bs lgsg direspon

    BalasHapus
  29. kalo lama waktu dari upload dokumen sampai di VC berapa lama ya?
    saya sudah upload dokumen dari tanggal 24 juni tp sampai skrg blm di hub kembali.

    BalasHapus
  30. Sama dr tgl 01 di tracking status pembayaran klaim...cek rek masih 0,,,saldo di Bpjs sudah 0...begimana ini...yg sudah cair via online di share donk kpn msk rek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya brusan dapt v call dri bpjs katanya tunggu selama 14 hari kerja untuk pencairan nya

      Hapus
    2. Liat statusnya dimana ya?

      Hapus
  31. Saya udh daftar online,dan udah berhasil.jadi kpn di vc bg? Apa nunggu lama.makasih

    BalasHapus
  32. Saya mau tanya.. Kl saldo bpjs nya sudah 0.. Kira kira hrs menunggu proses pencairan saldo kerekening brp lama ya? Mohon dibantu

    BalasHapus
  33. Ka,kalau upload ya kurang bagaimana ya,packlaring ya ada 3 di satu kartu tapi yang ke scan cuma 2

    BalasHapus
  34. tadi saya sempat dapat telpon dr bpjstk setelah kemarin lewatin proses verifikasi dokumen berhasil dan dpt email disuruh nunggu.. tapi malah td ada telpon 2x gak keangkat.. pas cek di trackingnya malah gambar nya sampe di verifikasi dokumen kebawahnya gak ada.. gimana ya guys?

    BalasHapus
  35. Mau nanya misalkan dokumennya berhasil di upload tanggal 4 Juli tapi tanggal 8 nya semua yang di cabang BPJS itu ada email verifikasi untuk saat ini bisa datang ke cabang tersebut. Itu harus kesananya?

    BalasHapus
  36. saya vc tanggal 18 juni 2020 sampai hari ini tanggal 13 juli 2020 belum ada transferan masuk di rekening saya, rekening saya BCA, apakah memang BCA seperti itu? secara teman saya makai BRI tidak ada seminggu sudah cair, padahal di VC juga bilang kalau 3-5 hari kerja, solusi kawan-kawan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah dananya sekarang sudah masuk rekening?

      Hapus
    2. Waduh saya juga pake BCA baru proses Selasa tp blom cair juga .. kmrin dikasih tau kl 5hr ga cair juga suruh WA dikasih nomornya

      Hapus
    3. Ini seperti kasusu saya jg seperti itu, di tracking sdh dibayar tgl 13 otober tp sampe skrg tgl 21 okt blm masuk rekening,, ngadu ke kantor bpjs suruh je bank,giliran ke bank katanya bukan wewenang bank, aneh,mw ambil uang swndiri aja kq dipersulit

      Hapus
  37. Saya sudah ajukan klaim BPJS TK, katanya di suruh tunggu 5 - 7 hari kerja uangnya akan di transfer , tapi jni udah 2 Minggu lebih uangnya belom di transfer juga... Uda coba cek tracking klaim di web BPJS TK tapi keterangan nya data not found. Duh gimana ini mana lagi covid19 begini di buat sulit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaaa sekarang covid sdh new normal tp dana saya juga belom masuk ke rek bca saya. Padahal saya butuh buat biaya sekolah

      Hapus
  38. Smoga smua di lancarkan...
    Bareng dadine dagdigdug

    BalasHapus
  39. Saya sudah menunggu lebih dari 14 hari kerja setelah proses verifikasi data melalui video call tapi ga ada info lagi kapan pencairan/proses dana masuk ke Rekening

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga bisa diandalkan pjpsketenagakerjaan padajal uang kita...dana nya dipakai inves negara barang kali jadi pencairannya ga bisa 24jam hhhe

      Hapus
  40. Buat tmn2 yang nunggu vcall jgn kawatir, krna prosedurnya gk mengharuskan vcall, verifikasi bisa via chat atau vcall, dsb.
    Untuk melihat progres bs d liat via web tracking nya, jd gk mesti vcall

    BalasHapus
  41. Saya juga datang ke jamsostek bogor hari selasa sampai detik ini belum ada uang msk ke rek bca saya.. padahal saya butuh buat biaya sekolah jd anak saya ga bs masuk sekolah yg baru karena terlambat pembayaran siswa barunya sementara semua sekolah tutup quota nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak, skrg sudah cair?

      Hapus
    2. Rekeningku jg bca,sdh dr tgl 13 dibayar bpjs tp blm masyk ke rekening bca sampe skrg tgl22 oktober

      Hapus
  42. Kalau proses verifikasi dr bpjs ke ex perusahaan itu butuh waktu berapa lama ya?soalny dr tgl 09 juli harusnya jadwal vc tp cuma di tlp kantor cabang nunggu feedback dr ex pt tempat saya kerja ,,dan sampai sekarang status tracking masih proses verifikasi dokumen

    BalasHapus
  43. Itu Hak Kita Jadi mohon Bantu proses secepatnya

    BalasHapus
  44. Sumpah w kok jadi ngeri ya, teringat tanggal 22 nanti jadwal w di verifikasi, aduh jadi hopeless nih

    BalasHapus
  45. Saya verifikasi tgl 30 juni, dan sampai saat ini belum juga cair, padahal saldo d aplikasi bpjst sudah tdak ada , tracking sudah pembyaran selsai dan sekarang trackingnya audah ngga bisa di buka , sudah konfirmasi juga ke kantor cabang, gimana ya harus nunggu berapa bulan kira2 bisa cair

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu cabang mana, kok lama banget ya aduh ngeri euy, today w habis verifikasi data soal nya

      Hapus
    2. Saya jg tracking udh dibayar tgl 13 oktober tp smpe skrg tgl 22okyober bkm masuk rekening bca saya,diurus ke bpjs sm bank mlh saling lempar tanggung jwb

      Hapus
  46. Saya baru cairin BPJS TK , Ada kendala tidak Dapat Balasan email dari BPJS sampai hari H , Saya langsung datang membawa berkas berkas yang di perlukan , lalu bertanya kepada petugasnya "memang lagi banyak gangguan dan yang mengajukan e-klaim meningkat , Saya di arahkan langsung ke belakang kantor untuk mengurus surat surat setelah menunggu 15 menit saya d suruh pulang dan menunggu uangnya cair 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah enak sekali ya ,saya hampir sebulan belum cair2 ini, sudah datang ke kantor bojs tapi belum ada hasil

      Hapus
  47. Saya sudah 7 hari lebih belum cair...

    BalasHapus
  48. Saya sudah Klaim persyaratanyaa Dan nunggu pencairann tapi kok seharunya harii Semarang Blum jugaa yah?knpaa nib:(

    BalasHapus
  49. Aduh saya di video call tgl 7 April tapi sampe sekarang dana bojs masih belum nol dan uang pun belum ada masuk ke rekening.
    Mohon untuk di berikan arahan ke saya dong biar bisa di gunakan dengan cepat uang JHT ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cabang mana ka, saya juga sebulan belum cair, lama2 ngga jelas ya bpjst ini

      Hapus
  50. Jadwal online tgl 23 Juli, Upload dokument sebelum tgl 23 Juli, sekarang tgl 24 Juli, Status Tracking Verifikasi Dokumen berhasil..
    pertanyaan saya, apa memang akan di video Call by WA? apa tanpa di video call by WA/Chatt WA dana nya akan di transfer ke rekening?

    BalasHapus
  51. Yg di vc tgl 23 Juli ? Apa udah ada yg cair uang nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum ka, sama saya juga vc tgl 23. Baru tadi jam 1800.Proses sudah selesai semua,tinggal nunggu transfer ke rekening.

      Hapus
  52. sy sudah video call tpi tiba2 di keterangan dokumen ditolak,padahal berkas komplit smua,ini gmn yaa jdinya

    BalasHapus
  53. Sblmnya saya ajukan antrian online dan dpt tgl 28. Isi emailnya sih bakal ada yg VC untuk verfikasi, tp pas tgl.27 malam dpt email undangan untuk datang ke
    Kantor cabang pilihan sy.. dan skrng tinggal tunggu proses pencairan max14hr kerja.. semoga bisa lebih cepat.. Aamiin

    BalasHapus
  54. Saya aplod dta tanggl 30 juli 2020,masa tenggang di brapa hari di vdio coll
    Mhon batuanya

    BalasHapus
  55. Bagaimana kalo saat di call by wa tidak diangkat apa akibatnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya barusan di chat nya dulu jam 9.30 tapi ketiduran jam segitu, jdi di chat jam 10.01 saya kebangun saya balls bisa d video call skrang,di VC nya deh tadi, tinggal tunggu Dana cair saja lagi.

      Hapus
  56. Saya upload tgl 3 agt, jadwal verifikasi tgl 4 agt jam 15.00 - 15.30 tp sampai sekarang ga dihubungi. Trus gimana ini ya?

    BalasHapus
  57. Saya udah 10 hari blm ada uang masuk, padahal di system bpjs menyatakan tanggal 3 Agustus sudah pencairan,

    BalasHapus
  58. tgl 11 agustus jam 1 sampai jam 2 tidak ada VC dari bpjs. namum sebelum jam 1, jam 10.35 email dari BPJS masuk menyatakan bahwa verifikasi BERHASIL.
    cek status berhasil di transfer. sampai sekarang tgl 13 agustus belum ada transferan dari bpjs. mohon solusinya

    BalasHapus
  59. Di suruh menunggu 14 hari kerja, dan hari ini sudah hari kerja ke 15 jika hari Sabtu di hitung, menunggu dari tanggal 28 Agustus, tapi belum cair juga, apa bpjs mengalami kendala min? Tolong di jawab min

    BalasHapus
  60. Mau ambil uang sendiri aja ribet.pelayanan buruk ngk sesuai kesepakatan..

    BalasHapus
  61. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  62. Gw di call tgl 10 agustus. Pencairan klaim berhasil tgl 14 agustus. Kalau di itung2 Tgl 28 agustus tepat 7 hari kerja. Entar tgl segitu gw balik lagi kesini dah buat kasih kabar ke semua nya kali aja udah cair atau malah belum :)

    BalasHapus
  63. Saya kemarin juga bgtu awalx dftar online slma 2 mggu gx jelas akhurny saya dtg ke kantor bpjs skr tinggal nunggu cairnya saja katax maksimal 5hti kerja

    BalasHapus
  64. Ya Allah kasihlah kesabaran buat kami, uang2 kami, pas bayar oh bgitu lancarnya, pas nyairin oh bgtu bnyak birokrasi, kpan Negara ni maju,,, uang di puterin dpt bunga, sementara qta menunggu dan menunggu, aq sungguh prihatin... Bgaimna yg gaptek??? Hemhhhh Merdekaaa.... Sya udh 14 hri lbih, sabar dan hrus brsabar lgi.... Salam BPJS pangkas birokrasi, ni lgi pandemi... Smua butuh....

    BalasHapus
  65. Sesuai jadwal, hari ini tgl 18/08/2020 pukul 13.00-14.00 seharusnya sdh VC namun sampai jam skr belum ada video call WA BPJS TK. Gmn ini min. Mohon konfirmasi nya lah Bpk/Ibu terkait. Karena kita juga ada urusan kt. Udah nungguin berjam2 gak da jg vc. Gmn kok gak on time gt ya min.

    BalasHapus
  66. Hallo om,tante gimana udh pada cair?? Yg udh cair kurang dari atau sama dengan 7 hari kerja bilang hadir

    BalasHapus
  67. Huhfff bpjs gx jelas punya saya juga gx masuk2 bilange 5hri kerja

    BalasHapus
  68. Saya VC tgl 18 Agustus ..katanya 5 hari cair,,tp sampe skr belum ada info apa2 lagi..dan sya tracking masa masih belum verifikasi dokumen..katanya udh oke..saya wa ke no yg d VC tp ga ada balasan..jd gmn yah

    BalasHapus
  69. Suami saya vc tgl 28juli sampai sekarang tgl28 Agustus belum juga masuk .tolong dong pihak BPJS ditindak lanjuntin kita kena PHK perlu uang buat hidup.itu juga uang pribadi kita?????jangan ditahan dong uang orang

    BalasHapus
  70. jadwal konfirmasi tgl 27 agustus jam 13_14:00 sampe sekarang belom ada vc atau konfirmasi sedihhh padahal butuh

    BalasHapus
  71. Kalau kartu BPJSTK nya hilang bagaimana nya nanti proses klaim waktu di vc? Soalnya ada nya yg di aplikasi BPJSTKu (digital)

    BalasHapus
  72. sampai kapan saya harus menunggu uang masuk ke rekening bank, dri tgl 18 agustus sudah beres, check tracking sudah dibayarkan sampai sekarang tgl 3 sept belum juga masuk uang klaim bjps tenagakerja, kemana uang saya???

    BalasHapus
  73. Bpjs Bobrok Sistem Nya Jadi Males Gue Mau Klaim, sampai sekarang mentok gk di vc vc, padahal mereka janji mau vc hari jumat 4 september 2020 jam 15.00 - 15.30 tapi sampai skrg malah gk ada vc, yg ada PHP Doank

    BalasHapus
  74. Sya sampai sekarang belom ada vc dari BPJSTK,, padahl uda seminggu lebih

    BalasHapus
  75. Saya kemarin ke kantor bpjs langsung, kalau uangnya udah di tf apa sama juga dengan secara online di vc gitu?

    BalasHapus
  76. Saya bingung, sy ga perna ada vc dari bpjs pdhal sdh sy tunggu tgl 25 sept 2020. Tetapi sy cek ditracking klaim. Status proses pembayaran..tapi sampai saat ini belum masuk juga. Bisa bantu minta penjelasan nya ke siapa yaa..

    BalasHapus
  77. Sudah hampir 1bln dr tggl 12 agustus 2020 sampai sekarang belum cair" sampai" dapat kerugian tiket yg telanjut saya beli terpaksa di undur dan mengeluarkan uang. Bpjs tidak punya hati sama sekali pdhal saya sangat butuh uang saat ini

    BalasHapus
  78. Pd hal tggl 28 agustus saya mempertanyakan sesuai arahan nunggu 14 hari setelah pengajuan. Tak kujung cair jg.
    Kemaren saya coba datang kekantor ternyata kantor tutup. Sampai kapan saya tunggu begini ya allah disini saya punya bini. Sedangkan saya kerja di phk. Pengen cpt" plng kampung tp begini sadianya uang kita td nyusahi kita sendiri.
    Saya cek melalui cleem tp ga bisa"

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampai sekarang belum masuk juga bg? haduhh jd deg2an, soalnya habis vc sampai sekarang belum berjalan prosesnya masih mentok di upload dokumen sedangkan verifikasi udah

      Hapus
    2. Verivikasi dl apa upload dulu sih klo boleh tau urutannya

      Hapus
  79. Bpjs jamsostek parahhhhh....lagi pusing cari dana terus ngurus JHT malah tambah pusing karena lodingnya lelet masa lama banget gak cair cair,.kentutttlah

    BalasHapus
  80. Suami saya sdh klaim sejak tgl 1/9, jangankan VC,sms atau telp pun sampai hari ini belum ada

    BalasHapus
  81. Sy vc wawancara online tgl 8 sept, skr tgl 11 sept tracking pembayaran sudah selesai tapi sy cek rekening blm dtransfer

    BalasHapus
  82. Sepupu saya divc 26 agustus ...
    Smpai hari ini tgl 13 september belum cair..sya cek ditraking claim pmbayaran sudh selesai. Tpi dana blum masuk

    BalasHapus
  83. Saya datang langsung mengurus ke BPJS Cabang Jakarta - Ceger ,Cipayung - Bambu Apus.
    Tanggal 27 Agustus 2020.
    Sampai detik ini Senin 14 September 2020 (12.41)

    Belum ada dana masuk ke Rek. BCA saya.

    Dan tidak ada kabar sama sekali.

    Bingung harus gimana dan menunggu sampai kapan.
    Semoga ada yang pernah mengalami hal yang seperti saya dan dananya sudah ditransfer.

    BalasHapus
  84. Saya sudah pernah daftar di cabang Bandung tapi kenapa ya eklaim / vc sama orang bone watampone(luar daerah)

    BalasHapus
  85. Saya di video call tgl 2 sept 2020 sampai skrg blm ada konfirmasi cair

    BalasHapus
  86. Saya d video call tgl 4, sampai skrg blm cair .. tracking nya masih tetep agenda claim aja gak maju2 . Pdhal temen saya stlh video call selang tiga hari lsg cair

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg paling cepet cair yg pake atm bank bjb dan mandiri.. situ pake atm apa..??

      Hapus
    2. Saya proses tgl 7
      Sampe sekarang masih agenda klaim status di tracking

      Hapus
  87. Saya hari ini ada jadwal vc jam 10.00-11.00 tapi gak ada vc sama sekali dari pihak bpjs.. itu kenapa yaa..?? Dan apa gak kenapa"..?? Tolong pencerahan'y.. terima kasih..

    BalasHapus
  88. Saya klaim tgl 13.. Jadwal VC tgl 21 di tracking penetapan claim tgl 22.. Persetujuan klaim tgl 22.. Hari ini tgl 23 smoga sih cair.. Tinggal tunggu pembayaran klaim..

    Tapi ngeri jg ya ad yg udh pembayaran klaim tp blm cair.. Jd deg2 an.. Saya area Cikarang Bekasi

    BalasHapus
  89. Ngajukan klaim jht tgl 10 sept, jadwal wawancara online tgl 16 sept tpi smpai sekarang 23 sept belum ada konfirmasi apa2. Ada yg bisa bantu jawab ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pengajuan tgl 15 sep,jadwal wawancara online tgl 23 sep.jam 09-10waktu setempat,tetapi saya tunggu2 wawancara online tidak ada,lalu saya buka trackingklaim sudah di posisi pembayaran klaim......coba buka trackingklaimnya,trim's

      Hapus
    2. Masih proses verifikasi pa, wah tanpa wawancara online statusnya sudah pembayarab klaim , rencana saya mau ke cabang apakah dapat membantu kalo saya kesana ? Trims

      Hapus
  90. deg degan dah, saya ajuin klaim tanggal 18/9, di vc tgl 25/9, tgl 29/9 status pembayaran klaim udah selesai tapi blm masuk dana nya ke rekening (BCA), tapi saldo bpjstku udah nol. tiap hari tiap jam jadi cek mbanking terus dah. moga cepet cair deh. aamiin~

    BalasHapus
  91. Saya di vc tanggal 23 sept 2020 bilangnya maks 7 hari sudah cair tapi sampe skrg masih belum cair

    BalasHapus
  92. Saya daftar online tgl 1 september
    Tgl 6 verivikasi video call
    Puji Tuhan hari ini tgl 8 audah ditrf ke rekening
    Sangat mudah dan membantu terima kasih BPJSTK

    BalasHapus
  93. saya ajukan klaim tgl 22september2020 lalu divideo call tgl29 september dan sdh memenuhi syarat dlm video call petugas nyuruh nunggu paling lambattgl 8oktober udah transfer,,tp sampai tgl 10oktober kok blm. jg ditransfer ya,,saya cek saldo bpjs saya jg masih ada, hrs gimana ya,mohon solusinya dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek setatus proses ny nyampe mana.
      Kan di bawah syarat isi form ada lihat status.tinggal masukin nomr bpjs/NIK KTP

      Hapus
  94. saya vc tgl.29 september.dan dikatakan sdh memenuhi syarat,petungas suruh nunggu utk proses. transfer paling lambat tgl 8oktober,tp sampai sekarang masih blm masuk jg ke rek.saya

    BalasHapus
  95. Saya ngajuan tgl 1 dpt vc tgl 6 tp smpe skrg liat status tracking.y masih dalam proses ferivikasi dokumen....kira kira berapa lama lg yak harus nunggu

    BalasHapus
  96. Kalau ada 2 KPJ, gimana cara untuk pengisian form klaim keduanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. utk pengajuan pakai 1 kartu dulu bang, nanti kalau sudah di video call bilang aja punya 2 kartu. jadi nanti disuruh kirim dokumen pendukungnya lewat wa

      Hapus
  97. untuk mencairkan dana bpjs, saya perlu nganggur brp lama?

    BalasHapus
  98. Ini bpjs gimna ya, di tracking nya pemabyaran sudah di klaim, cuman uang nya blm masuk juga ke rekening
    Tolong untuk pihak BPJS KETENAGAKERJAAN itu hak kita jangan di persulit

    BalasHapus
  99. Liat komentar dari yg klaim kok jadi ngerii mau daftar online,, gawatt,,gawatt

    BalasHapus
  100. Udah 8 hari blum cair2 jga haduh

    BalasHapus
  101. Berapa lama ya cairnya padahal di aplikasi bpjs tku saldo sudah digunakaan ?

    BalasHapus
  102. Cuma saran aja. Ketika kita mulai melakukan klim online BPJS ketenagakerjaan.
    Lebih baik dokumen yg diperlukan harus kita scan dulu menjadi format pdf.
    & Kalo sudah pastikan email Nmr tpl & WhatsApp aktif atau online jaringan baik.
    Agar tidak ada kendala pada saat daftar antrian online klim BPJS ketenagakerjaan.
    Setelah daftar & langkah berhasil di kirim. Tunggu bls email dari BPJS ketenagakerjaan. Biasanya jaraknya 4 sampai 5 hari.
    Nah pastikan selalu cek email. Nah biasanya kalo ada kesalahan pasti ada email masuk pas hari yg di jadwalkan wawancara atau video call BPJS ketenagakerjaan.
    Kalo tdk ada kesalahan pasti di tlp dahulu & di video call oleh pegawai BPJS ketenagakerjaan. Sesuai jam & tgl yg di email BPJS ketenagakerjaan.

    BalasHapus
  103. Saya VC tanggal 24 Nov 2020 sampai sekarang belum masuk reking juga, saldo di bpjs udah NOL ... Gimana ya kak ???

    BalasHapus
  104. Ambil duit sendiri aja susah tolong jamsostek jangan di bikin ribet dong...

    BalasHapus
  105. Sama pak hingga sekarang saya mengalami hal yang sama.... Mudahan segera teratasi, brue Minggu depan udah masuk libur panjang ( natal tahun baru) bisa2 Januari brue dicairkan. Dah pusing kali ini dana g ada

    BalasHapus
  106. Mau nanya ni sebelum y...sya berenti kerja tanggal 18 november.trus tadi sya k jamsostek tpi mash aktif...kata petugas y nunggu 1 bln dri berenti kerja...

    BalasHapus
  107. Saya udh 2x antrian online sama 1x langsung dateng ke kantor bpjs masih sama minta konfirmasi dari pihak perusahaan itu gmna saya nunggu lama 1-2minggu masih belum sampai saya telpon buat batalin klaim JHT saya karna masih nyangkut di cabang lain karna saya coba buat antrian online lagi, itu gmna ya? Sampai sekarang gabisa karna minta konfirmasi dlu dari perusahaan?

    BalasHapus
  108. Alhamdulillah prosesnya mudah & cepat cair..saya verifikasi tgl 6 januari lewat vc dan tgl 8 januari sudah cair lewat bank mandiri

    BalasHapus
  109. Yg sharing atau nanya2 tolong di info dari kota mana gitu. Mungkin tiap kota beda2 respon waktu pencairan nya.

    BalasHapus
  110. Dari kota mana, pake bank apa. Terus kalo udah sukses, di update juga. Jangan kesannya gak cair2. Biar fair aja, gak cuma komplain mulu

    BalasHapus
  111. Selamat malam mohon pencerahannya, Saya baru mau mengajukan klaim, kendala saya tidak ada buku tabungan nya,karena saya pakai rek bca xpresi yg memang tidak ada buku tabungan nya, apakah saya bisa pakai rekening koran sebagai pengganti buku tabungan terima kasih.

    BalasHapus
  112. Jadwal konfirmasi online saya tanggal 11 feb 2021 jam 9-10 pagi
    Tp sya blm dpt telp sampai skrng
    Saya harus gmn ya?

    BalasHapus
  113. Selamat sore,saya daftar online tgl 08 februari dan dapat email wawancara via wa tgl 19 februari cab papua barat.berapa lama y setelah prose via wa dana JHT bisa cair?

    BalasHapus
  114. tgl 2 februari udah disetujui notifnya suruh tunggu dalam 3 hari kerja dana akan segera di transfer, akan tetapi sampai detik ini satu rupiah pun ga ada d transfer, giliran d telpon katanya dalam proses. udah 19 hari kerja total 23 hari belum juga masuk.

    orang yg suka menahan2 rejeki orang lain tuhan juga bakal nahan rejekinya.

    lagi pandemi gini 1rb perak pun berharga kali.

    BalasHapus
  115. Saya dari Batam.

    tgl 2 februari udah disetujui notifnya suruh tunggu dalam 3 hari kerja dana akan segera di transfer, akan tetapi sampai detik ini satu rupiah pun ga ada d transfer, giliran d telpon katanya dalam proses. udah 19 hari kerja total 23 hari belum juga masuk.

    orang yg suka menahan2 rejeki orang lain tuhan juga bakal nahan rejekinya.

    lagi pandemi gini 1rb perak pun berharga kali.

    BalasHapus
  116. Saya cecep dari kabupaten kuningan..saya udh pengajuan pada tgl 2 Februari 2021 lewar bank BTN, sampai sekarang blm ada pemberitahuan atau tlp...berkas udh masuk semua...dana pun bln cair juga...mohon petunjuk

    BalasHapus
  117. Biadanya udh du vc besoknya cair sih

    BalasHapus