Sudah Upload Berkas, Kenapa Belum Divideo Call Sesuai Jadwal Antrian Online Oleh Petugas BPJS Ketenagakerjaan?

Ada berapa peserta BPJS TK yang mengalami kendala, yaitu sudah berhasil upload berkas persyaratan pencairan uang JHT, tapi entah mengapa pada tanggal dan jam antrian yang diperoleh pada saat registrasi antrian online, tidak dihubungi lewat panggilan video WA atau video call WhastApp oleh petugas kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan untuk proses verifikasi dokumen? Kejadian ini tentunya sangat membingungkan bagi peserta yang bersangkutan.

Karena bisa dibilang, VC WA atau Video Call WhatsApp dari pegawai kacab BPJAMSOSTEK merupakan salah satu tahapan penting dari seluruh prosedur mencairkan dana JHT lewat internet yang terbaru di tengah situasi pandemi virus Corona covid-19 sekarang ini. Dengan mekanisme klaim Layanan Tanpa Kontak Fisik atau LAPAK ASIK BPJS Ketenagakerjaan.

Panggilan Video Call WhatsApp Pencairan Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan


Secara lengkap, urutan atau tahap demi tahap mengajukan pembayaran saldo JHT BPJS TK (BP Jamsostek) secara online terbaru mulai bulan Juni 2020 ini adalah:

1. Registrasi antrian online dengan memilih kantor cabang pelayanan, serta memilih tanggal dan jam pelayanan yang anda inginkan.

2. Setelah berhasil booking atau mendapatkan antrian online, Anda akan mendapat email konfirmasi yang di dalamnya ada link khusus untuk Anda.

3. Download formulir 5 (F5) atau form pengajuan pembayaran saldo JHT, yang link unduhannya terdapat di bagian bawah halaman antrian online. Kemudian print atau cetak file formulir tersebut menjadi dalam bentuk kertas, lalu isi dan tandatangani.

4. Formulir 5 yang telah diisi dan ditandatangani tersebut, selanjutnya discan dengan ukuran maksimal 1 MB. File scannya boleh berupa PDF maupun jpg.

5. Foto diri Anda tampak dari depan, harus jelas dan jangan sambil menunduk. Boleh foto selfie menggunakan smartphone. Lalu foto tersebut silahkan discan yang besarnya tidak boleh di atas 1 MB.

6. Scan juga seluruh berkas persyaratan klaim saldo JHT mulai dari e-KTP, KK, Kartu BPJS Ketenagakerjaan, Paklaring, dan lain-lain. Tinggal disesuaikan dengan jenis kepersertaan dan penyebab anda mengklaim dana JHT. Masing-masing berkas tersebut ukuran file hasil scan-nya harus di bawah 1 MB.

7. Selanjutnya klik link khusus yang diberikan di email konfirmasi tadi. Link tersebut akan terbuka di browser yang ada di HP maupun komputer Anda, berupa slot-slot kotak sebagai tempat anda memasukkan atau mengupload dokumen-dokumen yang telah discan tadi. Silahkan anda unggah semuanya. Setelah semua file berkas dokumen persyaratan klaim uang JHT berhasil diupload, selanjutnya klik Submit untuk mengirim.

8. Jika sudah submit, selanjutnya anda menunggu berkas-berkas klaim dana JHT Anda tersebut diverifikasi oleh petugas kantor cabang pelayanan BPJS Ketenagakerjaan yang Anda pilih ketika mendaftar antrean on-line. Salah satu metode verifikasinya adalah anda akan dihubungi lewat VC WhatsApp pada tanggal dan jam pelayanan antrian online yang Anda dapatkan. Oleh karena itu, pastikan aplikasi WA anda selalu aktif dan memiliki data internet yang cukup terutama pada hari H jadwal antrian pelayanan Anda. Dan jika nanti sudah ditelepon lewat panggilan WhatsApp ini, anda tinggal menanti dananya cair ke dalam rekening tabungan.

Tahapan-tahapan pencairan dana JHT di atas, terutama setelah berhasil mendapatkan jadwal pelayanan lewat booking antrian online, selanjutnya bisa anda lacak atau cek sendiri menggunakan layanan Tracking Klaim BPJAMSOSTEK yang disediakan di website BPJS Ketenagakerjaan. Dengan tracker pencairan dana JHT tersebut, Anda bisa mengetahui sudah sampai di tahap mana proses pengajuan pembayaran saldo tabungan JHT anda tersebut. Misalnya apakah verifikasinya berhasil atau gagal, apakah berkas-berkas persyaratan klaimnya sudah disetujui oleh pejabat kacab BPJS TK atau masih menunggu giliran, hingga apakah dana JHT anda sudah dibayarkan atau belum. Semuanya bisa anda pantau kapan saja dan dari mana saja menggunakan gawai atau smartphone anda.

Nah, yang menjadi persoalan adalah, ada beberapa peserta yang ketika mengurus pencairan uang Jaminan Hari Tua (JHT) secara online ini, tidak mendapat video call WhastApp dari petugas BPJAMSOSTEK. Padahal sudah mendapat jadwal antrian dan juga sudah mengupload semua scan berkas persyaratannya. Tentunya ini menjadi hal yang membingungkan bagi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan yang mengalami masalah ini.

Namun perlu teman-teman ketahui. Dari beberapa pengalaman peserta yang berhasil mencairkan dana JHT secara online akhir-akhir ini, memang tidak semuanya ditelepon lewat video WA untuk proses verifikasi berkas. Ada yang cuma dihubungi lewat chattingan atau pesan WhatsApp. Di mana lewat chat tersebut, peserta ditanya-tanya riwayat pekerjaan dan juga nama ibu kandung, serta kemudian cuma diminta mengirimkan foto selfie sambil memegang dokumen-dokumen persyaratan klaim JHT yang asli.

Selain lewat chat, ada juga peserta yang dihubungi melalui telepon biasa. Bukan panggilan video WA. Lewat telepon tersebut, peserta diminta datang langsung ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan dengan membawa seluruh berkas asli persyaratan klaim JHT untuk proses verifikasi. Setelah itu pulang lagi dan tinggal menunggu dananya dikirimkan ke nomor rekening.

Dan ada juga peserta yang tidak dihubungi lewat media apapun oleh pihak kacab BPJS Ketenagakerjaan. Baik itu lewat email, pesan WhatsApp, video call WA, maupun telepon biasa. Padahal sudah hari H yang seharusnya dihubungi, baik tanggal maupun jam pelayanannya sudah sesuai dengan yang didapatkan pada saat registrasi antrian online.

Namun sebenarnya kasus tidak divideo call sesuai jadwal pelayanan seperti ini hanya dialami beberapa peserta saja, dan juga pada kantor cabang BPJS TK tertentu saja. Kemungkinan penyebabnya karena pegawai di kantor cabang BPJAMSOSTEK tersebut kewalahan dengan banyaknya berkas yang harus diperiksa dan diverifikasi. Mengingat di tengah wabah virus Corona covid-19 saat ini, banyak perusahaan yang memberhentikan para karyawannya. Dan para pekerja yang di-PHK tersebut, kebanyakan langsung mengurus pengajuan pencairan saldo tabungan JHT.

Maka dari itu, jika sudah upload berkas dan sudah tiba di tanggal dan jam pelayanan, namun Anda belum juga dihubungi via panggilan video WhatsApp oleh petugas kantor cabang BPJS TK yang Anda pilih saat mendaftar antrean on-line, solusinya adalah bersabar menunggu terlebih dulu. Karena sibuknya kantor cabang, ada kemungkinan Anda tidak dihubungi tepat waktu sesuai jadwal antrian. Bisa satu jam kemudian, dua, tiga, empat jam kemudian. Bahkan ada yang besoknya baru dihubungi.

Jika sudah kelewat berhari-hari dari jadwal antrian anda belum juga ditelepon atau dikirimi email pemberitahuan oleh pihak BPJAMSOSTEK, sebaiknya anda datangi saja kantor cabang BPJS TK yang Anda pilih untuk tempat mengurus pencairan JHT. Dan jangan lupa membawa seluruh berkas persyaratan mencairkan uang JHT yang asli. Karena ada juga pengalaman salah satu peserta, yang sudah menunggu dua hari sejak jadwal pelayanan tapi tidak juga mendapat video call, akhirnya mendatangi langsung kacab BPJS TK. Di sana pengajuan klaimnya langsung diverifikasi dan disetujui. Dan sekarang tinggal menunggu duitnya cair ke dalam rekening tabungan.

Namun pengalaman tersebut jangan dijadikan pedoman! Pasalnya ada juga rekan kami yang karena belum juga divideo call setelah menunggu tiga hari dari jadwal pelayanan, akhirnya datang langsung ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang dipilihnya di saat daftar antrian online. Namun sampai di sana kedatangannya ditolak alias tidak dilayani. Disuruh kembali pulang, dan menunggu dihubungi video call maksimal 14 hari dari jadwal pelayanan.

Dari kejadian-kejadian tersebut, terlihat bahwa setiap kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan memiliki kebijakan masing-masing dalam memproses klaim JHT ini. Kita sebagai peserta, memang cuma bisa mengikuti saja kebijakan-kebijakan tersebut. Dan memang tidak bisa dipungkiri, mengurus pencairan uang JHT itu butuh kesabaran dan ketelatenan. Berkas-berkas persyaratannya lumayan banyak, prosesnya juga cukup panjang. Bahkan bagi beberapa orang, mengurus klaim JHT itu rasanya ribet dan bikin pusing, sehingga terpaksa rela menggunakan jasa calo pencairan dana JHT BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek).

Ketimbang yang kesulitan, sebenarnya lebih banyak peserta yang sukses dan berhasil mengambil uang JHT dengan lancar dan cepat tanpa mengalami kendala sedikitpun. Mulai dari registrasi antrian online, hingga uangnya cair ke dalam rekening. Semuanya prosesnya berjalan mulus. Dan hanya beberapa saja sebenarnya yang bernasib kurang baik tidak dihubungi via VC WhatsApp sesuai jadwal pelayanan. Sehingga anda tidak perlu was-was takut dalam mencairkan JHT.

Jika kebetulan anda yang mengalami nasib tidak divideo call WA di tanggal dan jam pelayanan, solusinya Anda bersabar saja dulu. Bisa jadi beberapa jam kemudian atau besoknya anda baru akan dihubungi. Namun jika sudah berhari-hari anda belum juga ditelepon, anda bisa menghubungi layanan masyarakat atau call center BPJS Ketenagakerjaan dengan nomor telepon 021 175. Nanti anda akan diberi arahan-arahan untuk mengatasi persoalan belum divideo call tersebut.


Kemungkinan salah satu arahannya adalah anda disarankan untuk mendatangi langsung kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan untuk konfirmasi status pencairan dana JHT Anda. Kalau kantor cabangnya dekat mungkin tidak terlalu jadi persoalan. Anda bisa segera menuju ke sana.

Masalahnya, ada juga peserta yang pada saat mendaftar antrian online, memilih kantor cabang pelayanan yang jauh di luar provinsi bahkan luar pulau! Kalau sudah seperti ini kejadiannya, dan sudah berminggu-minggu anda belum juga dihubungi oleh pihak kantor cabang tersebut, sepertinya anda harus merelakan berkas-berkas persyaratan yang anda kirimkan expired, kemudian mencoba mengajukan klaim dana JHT di kantor cabang BPJS TK/BPJAMSOSTEK yang lainnya.

149 Responses to "Sudah Upload Berkas, Kenapa Belum Divideo Call Sesuai Jadwal Antrian Online Oleh Petugas BPJS Ketenagakerjaan?"

  1. Kalo dokumen di tolak apakah bisa daftar online lagi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dicoba daftar lagi, kalau bisa berarti ya memang bisa. Kalau pun tidak bisa, biasanya ada keterangan batas waktunya sampai berapa lama baru bisa daftar lagi.

      Hapus
    2. sama saya juga tinggal menunggu konfirmasi klaim tapi jam yang ditentukan belum ada konfirmasi via ww email dan telpon sms..

      Hapus
    3. Itu gimana yah pas hari H blom ada kabar via wa/vc
      Blom diverifasi pula

      Hapus
    4. Kenapa ya pngajuan klaim jht saya dtolak.dgn alasan harus mngajukan nomor kartu peserta di tempat kerja yg lama.pdahal yg saya ajukan klaim nomor peserta di tempat ketja saya sekarng.

      Hapus
    5. Saya hanya di minta untuk foto paklaring by wa , setelah selesai , silahkan check info selanjutnya by wa , apakah tidak akan ada verifikasi vc by wa ?

      Hapus
  2. Hai ka ditolaknya kenapa ya? Soalnya saya jg begitu. Sayanudh nunggu2 di telfon tadi rgl 23 juni ternyata gak di telfon. Pas saya buka email ada bacaaan saya ditolak nah kaka gimana skrg? Daftar online lagi atau dateng kekantornya? Please reply ya kak. Aku ditolak karena salah scan dokumen paklaring

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo saya masukin data sudah bnr
      Tapi ad dari PT laen
      Masuk ke saya
      Padahal saya ga pernah bekerja disitu
      Minta bantuannya harus gmn ya?

      Hapus
    2. ada keterangan verifikasi 1x24 jam ,tp sudah 3hari tidak ada perubahan data berkas sy macam tdk di liat sm sekali,mmg online itu memudah kan apa mempersulit saja sih?konfirmasi jg gak jauh sekali dr tanggal pengajuan smpai 20hari kerja

      mmg kerja kalian sebanyak apa bpk/dan ibu yg terhormat
      orang sangat butuh kalian santai sistem sesulit apa emg nya?

      Hapus
  3. Ka mohon bantuannya, karena nelfon 175 tdk ada pulsa. Saya mau bertanya. Hari ini pengajuan klaim saya di tolak. Sblm nya saya tidak tahu kalau ditolak saya pikir saya tidak ditelfon sesuai jam yg antrian online akan ditelfon bsknya... seperti kasus teman saya yg baru ditelfon(DIVERIFIKASI) bsknya. Jd saya nunggu. Tetapi saaat cek status pengajuannya saya di tolak. Dengan alesan scan soal paklaring saya ada yg salah. Saya mesti gimana ya ka? Datang ke kantor atau daftar online baru lagi? Please bantuannya makaasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba daftar antrian online lagi. Seandainya tidak bisa, pasti ada keterangan di layar terkait mengapa anda tidak bisa registrasi lagi, dan diberi batas waktu sampai kapan anda baru bisa registrasi antrian lagi.

      Hapus
    2. Hi mb,,, gimana kasus bpjs mb yang di tolak?saya juga kasus sama , berkas di tolak karena ada kurang tgl keluar masuk pekerjaan, apakah mb bisa daftar ulang ? soalnya saya coba lagi tapi tidak bisa katanya sdh pernah daftar, berapa lama ya daritgl di tolak baru bisa daftar kembali? mohon infonya ya mb,,,

      Hapus
    3. Saya juga gagal verifikasi, mau daftar online lagi. Tapi selalu di tolak. Sudah 3 hari tidak ada kejelasan. Bpjs sangat buruk pelayanannya .

      Hapus
    4. assalamualaikum.

      saya mengalami hal yang sama..

      hari ini adalah waktu konfirmasi klaim bpjs saya.

      tetapi pada jam yang ditentukan bpjs untuk konfirmasi klaim itu belum ada sama sekali..

      saya menunggu sampai jam nya lewat juga belum ada..

      tolong bantuan nya saya harus gimana..

      Hapus
    5. Saya juga sama skrng waktu knfrmasi nya, tpi tdk ada tlpon atau wa untuk intrvw online, tetapi saya coba nlpon ke cs di 175 hrus dftar online lagi, kalo tidak dtang lngsng ke kantor bpjs nya.

      Hapus
    6. Kalo saya juga tinggal menunggu konfirmasi klaim tapi jam yang ditentukan belum ada konfirmasi via wa email dan telpon sms. Itu gimana ya solusinya?

      Hapus
    7. Kasus saya juga sama seperti artikel ini pada hari yg di tentukan tidak juga di hubungi oleh petugas. Untuk membatalkan klaim jht nya bagaimana ya kak

      Hapus
    8. Saya barusan tlp 175 layanan masyarakat..
      Perihal sama kek di atas di menerimah tlp ataupu email di hari yg sdh di tentukan kantot bpjs..tdi berbincang bincang dgn tth fitri layanan masyarakat 175 . . Di bikinin surat pengaduan ke kantor cabang . .dan di suruh nunggi 5 hari lagi .. klo blom juga di tlpon . .daftar ke awal lagi lapak asyik

      Hapus
    9. Terus bisa gak di vc pas besok y atau emng gak ada panggilan sama sekali .. harus y aku hari ini tapi gak di tlpon or vc . Mana kuota sekarat lagi

      Hapus
  4. kak kalo waktu isi formulir dan uplod syarat dah lengkap,saya dpt email isinya no antrian online serta barcode tapi blm ditelpon2 itu gimana yah berhasil klaim apa ga tlg dong jawab trmks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tunggu saja nanti akan di video call sesuai jadwal antrian yang kamu dapat, namun ada juga kemungkinan tidak tepat waktu alias mundur beberapa jam atau bahkan besoknya baru dihubungi.

      Hapus
    2. kasusnya sama kyk aku,,, aku harusnya di vc hari ini jam 11-12,,,, tp blom ada vc ampe skarang, pdahal udah siap2 pake jilbab pke jaket������

      Hapus
    3. Terus kelanjutannya gimana ka?

      Hapus
    4. Punya qu kemarin daftar olnine katanya hari ini di telvon atau di wawancarai sekitar jam12 sampai jam1 siang... Sampek sekarang jam 4 qu tungguin GK di telvon

      Hapus
  5. Bagaimana dgn saya domisili jkt terlanjur pilih cabang klaim aceh . Sdh 3 hari blm ada verifikasi by Tlp atau WA . . Bagaimana cara utk batalin klaim utk bisa saya cobalagi upload ulang masukan data sesuai domisili saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Panggilan video WhatsApp akan dilaksanakan pada hari H sesuai jadwal antrian yang Anda dapatkan, jadi ditunggu saja sesuai hari dan jam pelayanan.

      Hapus
    2. sama kasusnya kyk pny saya (tempat domisili di JATENG tp ambil di RIAU DUMAI sudah lewat 2 hari blm di verif), ahirnya saya call 175 H+1 nya, lumayan lama baru bisa terhubung ke 175.. dari call center memang merekomendasikan pengajuan antrianya dg cabang terdekat.. meskipun sampai PAPUA pun bisa, ahirnya saya mendapatkan No. ID utk keluhan, suruh menunggu Max 6 hari kerja akan di pandu dihub oleh Tim terkait.

      Hapus
    3. Pak arif sulistiadi, punya bapak gimana? Uda ada kelanjutannya belum
      Kendalanya sama kayak punya saya, asal jateng tapi ambil cab jatim

      Hapus
  6. Kadang kacab nya ga ada pilihan lain saya tinggal di jkt selatan kan, terus saya pilih DKI Jakarta nah di opsi kolom kacab terdekat cuman ada satu yaitu di daerah pluit jkt utara. Ya mau ga mau pilih yang pluit, mau gmana lagi. Tapi kalo memang pas hari H di suruh ke pluit berarti yang katanya klaim bpjs ketenagakerjaan bisa di lakukan di kacab "terdekat" ya omdo doang. Kita sudah ketiban sial karena phk covid-19, perlu kah kita di persulit klaim hak kita?? #kitasemuakorban

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bpjstk emang bego ribet ngerjain mempersulit hak orang kenapa g kaya bank walaupun atm dan buku tabungan hilang ngurusnya g ribet dan g nunggu berhari2

      Hapus
    2. Mohon info dong.. sy dihubungi oleh bpjs tp tidak ke angkat, untuk selanjutnya akan dihubungi kembali atau bagaimana ya??

      Hapus
  7. Kak mohon bantuannya saya udah daftar online dan berkas nya udah saya upload cuman ada satu berkas yg salah yaitu formulir pengajuan JHT yg saya upload malah kartu JHT gimana ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kaya saya gimana yah kalau salah upload gtu harusnya formulir f5 malah foto diri lgi terlanjur dah kirim

      Hapus
  8. Data udah d verivikasi tapi blm jga d video call

    BalasHapus
  9. Saya sudah antri online trus saya aploud dokumen padahal foto yang akan saya aploud kurang deri 1 mb tpi tidak bisa2 knpa ya tolong pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Download FASTSCANNER semua dokumen pasti bisa d upload ka

      Hapus
  10. iya saya juga salah masukin paklaring nih. terus gimana mbak kelanjutannya ?

    BalasHapus
  11. Pak saya kan harus nya kemren ada pemberitahuan email atau call chatt dll soal verifikasi dokumen nah saya cek d tracking mash dalam proses dan H+1 dari jadwal antrian saya belom dapet email atau apapun pak soal kelanjutan verifikasi dokumen saya,ntah ditolak atau diterima jadi saya ga tau

    BalasHapus
  12. Sudah hari H tpi blom d vc
    Tapi pas di cek tracking sudah selesai sumua itu artinya gimna ya

    BalasHapus
  13. Kak aku mau tanya....kn aku dh masukin semua berkas....sharus ny saya d video call tnggl 16 smpeskrng blm d vedo cell aja...karna d bpjstku yg d cantum kn no nybeda m yg d daftr..harusgimna y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok bisa beda.kan ada kode verifikasi ke nomer yang bersangkutan.pastikan nomer yang di verifikasi dalam keadaan aktif

      Hapus
  14. kak,saya dpt email kalau klaim jht belum layak saat proses verifikasi,dan dapat catatan dari petugas kalau surat keterangan kerja salah,apakah itu jadi penyebab klaim saya gagal ya? apa ada sebab lain? mohon pencerahannya.
    Terimakasih

    BalasHapus
  15. Saya sudah dapat nomor antrian tgl 21 tapi sy blm upload dokumen karena sy gak ngerti..ini gmn solusinya ya..mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buka email terdaftar ka.... Nnti ikuti arahan ny

      Hapus
  16. Pak saya sudah di vidio call tapi belum di verifikasi kenapa yach

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang gimana kak? Apa sudah ada tindak lanjut dari pihak bpjsnya?

      Hapus
  17. Kak minta pencerahan saya dari bandung saya klaim online di sumatra,, jadwal pc harus nya tadi pagi di pc,, tapi sampe skarang blum di pc,, sedangkan berkas sudah kumplit semua nya, knp bisa gitu ya pak,, apa saya harus nunggu atau gmana ya pak, mohon konpirmasi nya pak

    BalasHapus
  18. Kak, kenapa ya saya sudah hari H belum juga di telpon tapi ada satu dokumen yang salah. Apa akan di telpon atau tidak??. Atau harus daftar kembali?

    BalasHapus
  19. Kak, saya dapat nomor antrian hari ini tanggal 24 Juli 2020, jam 10 sampe jam 11. Tapi sampe sekarang belom di Vc juga, truss saya buka tracking nya masih belom di verifikasi
    Jadi saya harus gimana ya Kak, mana jauh lagi saya ambil cabangnya, saya tinggal di Batam sedangkan cabangnya saya ambil di Aceh, soalnya yang cabang Batam penuh semua jadwalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu gimana MBK kelanjutannya,masalahnya persis kayak aku sekarang blom di vc jg via WA

      Hapus
    2. Udab ada kelanjutan mba dari bpjs . . Udh di vc apa udh caer apa gmna??

      Hapus
  20. kalo saya kan baru daftar online tanggal 24 juli. dan tgal yg di pilih tgal 4 agustus utk kdatangannya. apakah di tlpnya tuh dimlai dari tanggal 4 agustus atau sblmnya ya? soalnya masih kliru pnjelasannya mengartikan.. mksih

    BalasHapus
  21. Hallo kak, saya dapet nomor antrian besok tgl 27 juli 2020 jam 14-15. Kalo verifikasi lewat video call kan harus menilunjukkan berkas asli. Bagaimana kalo berkas KK asli saya ada di kampung halaman, sedangkan yg saya punya Fotocopy nya saja. Saat ini Saya berada di kota. Apakah nanti di terima? Mohon jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo ka, gmn kelanjutan bisa acc g kalo kk fotocopy? Kasus kya punyaku

      Hapus
  22. Biasanya jam vc dari jam berapa sampe jam berapa iaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kebagian jam 12-jam 1,sedangkan saya istrhat kerjanya jam 1-jam 2.kumaha ya?

      Hapus
  23. Kak ,saya mau tanya ko sudah hari H belum di video call /WA /email padahal sudah hari H itu kenapa ya ka kendala nya mohon pencerahan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasus kita sama . gimana skarang kelanjutannya

      Hapus
  24. Cara masukin dokumen sekali 3 bisa ga soal soalnya aku punya 3kartu bpjs.

    BalasHapus
  25. Ka ko link upload dokumenya susah kebuka ,,,, saya mau upload tapi bingung linknya g bisa ke bula boleh minta link alternatifnya buat upload dokumen bpjsnya

    BalasHapus
  26. ka aku mau nanya kan saya tanggal 28 verifikasi dokumen nah terus di telpon sama kantor nya wawancara gitu nah kata pencairan nya 5 hari kerja tapi sampe sekarang blum cair juga

    BalasHapus
  27. Siang Kak, saya domisili di Cimahi, saya udh upload dokumen tgl 3 agt 2020, udh dapet email dan antrian tgl 4 agt 2020 tp skrng tgl 6 blm juga di konfirmasi lewa vc WA maupun telpon.
    Dan saya pilih kantor cabang di Berau, Kalimantan timur..
    Terlalu jauh, jauh sekali.
    Gimana ini? Apakah saya daftar/registrasi ulang lagi.. Atau gimana?
    Tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasusnya sama seperti saya domisili majalaya dan pilih kantor cabang majene ..
      Daftar online tgl 2sept, tgl 8 jam 10 sd 11 jadwal vc tapi sampai skarang tgl 9 blm jg ada vc..ini gmna ya?harus nunggu sampai kapan?atau coba daftar lagi?

      Hapus
    2. Sama gimana ya apa harus di telpon bpjs nya soal nya cabang nya jauh

      Hapus
    3. Saya sudah antrian online proses verifikasi tgl 6 november 2020,sampai sekarang belum kunjung di telpon dan belum verifikasi, apa saya harus datang di kantor cabang untuk proses verifikasi?

      Hapus
    4. Sepengalamanku, verifikasi online nya lewat aplikasi zoom meeting, Kita dapat WA dari kantor bpjs isinya jadawal verifikasi Dan link zoom meeting nya, Kita tinggal klik Aja link nya, nanti akan tersambung dengan CS nya

      Hapus
  28. Saya upload dokumen 17 Juli jadwal antrian 22 Juli sampai detik ini blum ada vcall atau semacamnya di tracking masih stuck dokumen belum di verifikasi. Sial banget gak sih. Email GK di bales. Mention di twt suruh inbox di FB. Di FB di cuekin pula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama halnya seperti saya, dalam tracking "dalam proses verifikasi dokumen" gimana solusinya ini? Mohon pencerahan.

      Hapus
    2. Klo sudah proses verifikasi dokumen berarti sudah di video call ya kak? Coba saja dihubungi nomor hp pada waktu VC

      Hapus
    3. daftar online lgi aja di lapak asik, klo sdah dpet no antrian, jgn nunggu d vc, dtang lngsng ke kntor yg sdah d jdwal kan, dngn bawa dkumen komplit.. nnti nama kita sdah ada di dftar online di kntor ny. tinggal serahin dkumen k ptugas nya.

      Hapus
  29. Saya mau upload dokumen ko tidak bisa yaa.. Nomor pengajuan antrian online nya tidak ditemukan .solusinya gmna yaa.
    Apa harus besok saya ke kantornya?

    BalasHapus
  30. Verifikasi dokumen saya ditolak mohon pencerahan ny? Sebelum ny sudah kekantor cabang bpjs untuk melengkapi persyaratan ny dan tinggal tunggu pencairan saja , tetapi di link bpjs aku lihat verifikasi dokumen ditolak, kenapa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dftar online lagi aja pak, saya juga pernah gitu. intinya jangan nunggu di telpon atau vc, datang lngsg aja ke kntornya klo sdah sdah dpet antrian.

      Hapus
  31. Apakah jam konfirmasi clam bisa di rubah supaya dapat menerima panggilan lewat video call?

    BalasHapus
  32. Sama aku juga sudah daftar online nunggu di vc doank dari tanggal 13 augst sd sekarang blm ada kejelsan.. Mw daftar ulang blm bisa krna pihak bpjs blm membatalkan.. Gimna ya mohon pencerahan nyaa...

    BalasHapus
  33. saya jika memiliki permasalahan yang sama dengan teman - teman di atas yang menginfokan bahwa , sudah melakukan antiran online dan mendapat email Data pengajuan Lapak Asik beserta tanggal untuk verifikasi berkas melalui VC tetapi sampai saat ini belum dihubungi tim BPJSTK , dan info di tracking dokumen data belum di verifikasi ,mohon bantuannya / masukannya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. MAAF SAYA KOREKSI PERNYATAAN DI ATAS

      saya juga memiliki permasalahan yang sama dengan teman - teman di atas yang menginfokan bahwa , sudah melakukan antiran online dan mendapat email Data pengajuan Lapak Asik beserta tanggal untuk verifikasi berkas melalui VC tetapi sampai saat ini belum dihubungi tim BPJSTK , dan info di tracking dokumen data belum di verifikasi ,mohon bantuannya / masukannya terima kasih

      Hapus
  34. Mhon bntuan nya ka saya sdah dftr antrian onlen smpe aploud dkmn dn brhsil tpi tida ada email appun dri bpjs tda ada kjlasan stts nya

    BalasHapus
  35. Mohon infonya,,saya audah upload semua dokumen,,dan saya dpet WA di suruh bikin video pendek serta memperlihatkan semua dokumen,,yg mau sya tnyakan itu video dikirim ke no WA tsb atau lewat email,,,mhon infonyaa
    Terimakasihh

    BalasHapus
  36. Saya juga belom di VC padahal saya dari tanggal 21 agustus & jadwal VC tanggal 27 agustus tapi belom ada juga sampe sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah di vc belum ka ? Saya sama kasus serta jam dan tanggal seperti kaka,sampe sekarang belum di vc

      Hapus
  37. Saya dapat wa masuk kalau sy kekurangan data KK dan diminta ajukan ulang. Tp mau mengajukan klaim online di lapak asik tidak bisa krn pengajuan sebelumnya belum dihapus. Tapi tibatiba di tracking claim saya. Verifikasi dokumen sudah selesai.maksudnya apa sih?duuh gustii

    BalasHapus
  38. Jadwal vc saya hari inii jam 08.00-09.00,terus sekarang dah lewat jam yang di janjikan tapi belum juga di vc.. Kenapaaa ini :(
    Ngambil hak sendiri aja kok susah ya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama nih jam 11-12 tapi belum ada juga

      Hapus
    2. Aduh kok sama ya, jadwal saya jam 14-15 tp smpe skrg blm jg di telpon.. apa mba udh di tlpon?

      Hapus
    3. Nomor Pengajuan Lapak Asik :
      20083103678494

      barcode_antrian
      Data pengajuan Lapak Asik Anda sebagai berikut:

      Nama Lengkap :
      NIK/ Nomor Kartu Peserta :
      Jenis Klaim : Klaim JHT
      Nomor Handphone :
      Email :
      Jadwal Konfirmasi Klaim (ONLINE) : 04 September 2020 pukul 11:00 - 12:00 (Zona Waktu Setempat)
      Kantor Cabang Layanan : JAKARTA KEBON SIRIH
      JL. K.H. WAHID HASYIM NO. 94 JAKARTA PUSAT
      Tanggal & Jam Pengajuan Klaim : 31-08-2020 16:04:48


      Masih Nihil pun, belum vc, status tracking "Dalam proses verifikasi dokumen"

      Hapus
  39. Jadwal online saya hari ini jam 09-10, tetapi sampai saat ini blm di telp, knp ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang saya bingung perasaan ga masukin pilihan kantor cabang pada saat daftar online tapi langsung muncul di e-mail kantor cabangnya diluar pulau, padahal saya tinggal di Jakarta. Atau pada saat isi mungkin ada yang terlewat lalu otomatis oleh system?

      Hapus
    2. sekarang sudah dihubungi belum?

      Hapus
    3. Saya juga sm. Tinggal dibekasi dpt cabang kalimantan
      .dpt jdwal konfirmasinya jg lumayan lama dr tgl 14 April ke 30 April.

      Hapus
  40. Klo blm di konfirmasi pdahal sudah lewat 1 bulan dri jadwal konfimasi gimana yah, soalnya daftar ulang lagi juga gk bisa klo blm ada konfir

    BalasHapus
  41. intinya kita harus upload syarat pengajuan dengan lengkap dan sejelas mungkin dan dapat dibaca oleh petugas. Klo bisa jangan difoto pake HP tapi di scan di mesin scanner biar lebih jelas. Setelah intu tinggal bersabar dan berdoa.

    BalasHapus
  42. saat VC berlangsung tetapi terjeda oleh adanya kendala dokumen dan baru siap dokumen yang dimaksud untuk ditunjukkan apakah format nama peserta JHT#nomer-jht#siap menerima VC ini masih berlaku??

    BalasHapus
  43. Sama nih gua dapet jadwal vc 6 september,tapi sekarang belum di vc juga,udah tlp semua nomer bpjs sibuk semua aneh. Kalo dateng langsung bisa ga si kekantor cabangnya?

    BalasHapus
  44. Saya juga belum di verifikasi datanya belum di video call,email,tlp biasa atau SMS,payah sepertinya Jamsostek belum siap buat mengurus semua via online masih harus belajar lagi sepertinya ,apa karena kerja manusianya yang lambat atau gak perduli sama orang yg klaim

    BalasHapus
  45. Sy sudah satu bulan blm jg di verifikasi. Sampai sekarang. Apalagi tlp/vc. Diperparah domisili Jabar dpt antrian Belu Atambua. Jika expired,, kira kira kpn ya ? Pusing !! Kerja blm dpt, jht g cair cair. Parah bpjs. Perlu dirombak!!

    BalasHapus
  46. Iya sya juga blum d verifikasi tlp/vc d jadwal tg 14 agustus, tapi sampai skrg blm ada juga proses verifikasi, ktr pelayanan cabang bekasi kota.

    BalasHapus
  47. Ka saya sudah ada VC tapi saya cek di traking claim saya masih menunggu verifikasi dokumen.padahalkan sudah verifikasi lewat VC.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang seperti itu, bpjstk akan memverifikasi keabsahan dokumen seperti ktp,kk,npwp dan konfirmasi data ke hrd kantor tempt sblmnya bekerja.

      Hapus
    2. Trus katanya pencairan nya di tunggu 5 sampe 7 hari kerja.saya sudah lewat 7 hari jangankan transfer verifikasi dokumen juga masih belum di proses.

      Hapus
    3. Sama seperti saya kasus nya , tracking masih di posisi verifikasi dokumen padahal d video call sudah dan ok kata petugas nya tunggu sampai 14hari kerja, tp saya lihat tracking ny masih di verifikasi dokumen..

      #buat yg sudah paham tolong penjelasan nya, trimksih..

      Hapus
    4. Kalau saya kebalik.. di tracking sudah ada tulisan verivikasi selesai.. tp saya belum dpt video call,SMS, ataupun telp.. itu gmn ya

      Hapus
  48. Kalo sya gk bisa upload berkasnya ,padahal berkasnya udah dibawah 1mb itu knapa y???

    BalasHapus
  49. Punya saya udh di verivikasi di tracking.. tp saya belum di video call .. itu gmn ya?

    BalasHapus
  50. Tidak tepat waktu lewat dari perjanjian udah seharian nungguin di vc ga da kabar ribet online masih enakan yang dulu manual ini mah kita hanya php

    BalasHapus
  51. Kak, kalo kita gak angkat vc call nya dan kemudian sudah dibatalkan oleh BPJS nya, untuk slanjutnya gimana y kak, apa harus ambil antrian lagi ya
    Soalnya kemarin itu gak saya angkat karena gak dengar😩😩

    BalasHapus
  52. jadwal hari ini ...belom di telfon dan vc jg padahal udah nungguin lama lama prosesnya malah jadi begini...sedih bgt asli jadi warga kecil gini

    BalasHapus
  53. Kak,saya sudah mendaftarkan semua berkas saya dan jadwal wawancara tanggal 21 september 08.00-09.00 tapi kenapa sampai sekarang belum ada divc. Kasih arahan kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saya juga. Trus sekarang gimana kelanjutannya kak? Apa sudah beres?

      Hapus
  54. Kenap sudah daftar online klaim bpjs sudah dapat no antrian dan tanggal nya
    Tapi belum di hubungi oleh pihak bpjs

    BalasHapus
  55. Kenap sudah daftar online klaim bpjs sudah dapat no antrian dan tanggal nya
    Tapi belum di hubungi oleh pihak bpjs

    BalasHapus
  56. Teman2 untuk mempermudah klaim jht via lapak asik dokumen harus discan tidak difoto dengan kamera hp dan untuk pengisian diantrian lapak asik juga menggunakan komputer karena saya coba menggunakan hp untuk hasil akhir yg harus kita centang saya bukan robot tidak muncul. Saya baru hari ini di vc sm pihak bpjs ketenagakerjaan. Saya mulai proses klaim dr bln agustus. Kebayang kan proses tolaknya udah berapa kali. Selamat mencoba semoga berhasil.

    BalasHapus
  57. Ko gk d telpon sesuai jadwalnya si...😣 kan saya nungguin...kpn d telponnya...

    BalasHapus
  58. Biasanya meleset berapa hari si dari jadwal...

    BalasHapus
  59. Saya sudah mengajukan sudah dapat wawancara hari senin tgl 19 tapi tidak ada VC, sms, tlp, atau pun email . Saya harus bagaimana yaa ?

    BalasHapus
  60. mohon maaf apakah kcp cabang kebon sirih sibuk. bngt. kalaupun memang ada kendala atau kelewat penuh bisa tolong langsung di batalkan saja. biar kita bisa daftar ulang lagi. kalau di gantung begini kesan nya. gak guna bngt ini bpjstk.

    BalasHapus
  61. Byasanya klo dalam proses verifikasi dokumen itu brpa lama ya ?
    Ko saya sudah 3 hari cek tracking'y masih kaya gitu aja ya ?

    BalasHapus
  62. Kalo belom dapet telpon atau vc wa udah 8 hari tuh gimana ya kak?email masuk juga ga ada sama sekali,di cek tracking nya juga keterangannya cuman masih proses verifikasi dokumen

    BalasHapus
  63. Saya sangat kecewa dgn pelayanan online lapak asik sudah 3 hari nunggu di kabari atau di vidio call pihak bpjs sampai detik ini pengajuan claim saya tgl 12 dan akan di vidio call pihak bpjs bengkulu per tgl 17 pukul 11:00-12:00 sampai hari ini tidak ada Konfirmasi sepertinya di cuekin dan tidak di respon atau di kabari...Jengkel banget kayak di permainkan daftar online di lapakasyik

    BalasHapus
  64. Mohon Maaf sebblumnya Bpk / Ibu apakah saya masih harus tetap nunggu d VC atau gimna ya,saya sudah nunggu d VC dari tanggl 11/10/2020 sampai skarang blom ada kejelasan lagi, gimna ya?

    BalasHapus
  65. Mau tanya dong teman2 , aku tgl 1 daftar onlen , wawancara tgl 3 hari ini. Terus tadi sekitar jam 1 siang aku dapet email kalo data aku
    belum layak di lanjutkan karna aku ada 2 kartu yang mungkin di bilang tergabung.jadi aku harus ada paklaring 1 lagi dr kantor yang sebelumnya. Klo sudah ada baiknya aku daftar inlen lagi atau langsung dateng aja ke cabang agar bisa di proses dengan cepat ??

    BalasHapus
  66. Mengapa yah saya belum dapat video call, padahal jadwal kamis kmrin, dan saya cek smua data sudah terverifikasi, ini knpa yah??

    BalasHapus
  67. Saya memiliki kasus yg sama, dapet jadwal tlp jam 12.00-13.00 tanggal 24 desember samp3 sekranang tdk ada kejelasan
    Benar2 biroksrasi yg buruk bpjs

    BalasHapus
  68. Saya sudah berhasil daftar tapi belum ada kompirmasi jadwal takutnya saya salah kirim email gimn solusinya

    BalasHapus
  69. Saya dah berhasil daftar dan di suruh tunggu verifikasi via wa hari senin, tapi hari ini(munggu) Saya dapat wa kalo di suruh kirim dokumen yang di scan pake file pdf via wa karena dokumen yang saya kirim kurang jelas atau buram.. Katanya kalo tidak di kirim sebelum senin jam 8 pengajuan saya di tolak.
    Apakah itu betul chat wa dari petugas BPJS atau penipuan?

    BalasHapus
  70. Siang, saya hari ini ada wawancara online, tadi sudah dapat pesan WA, saya tunggu tunggu vc annya, ternyata pihak bpjs nge-vc beberapa setelahnya tapi tidak terangkat sama saya, itu bagaimana yah? apa akan ada wa dari pihak sananya utk kelanjutannya? terimakasih

    BalasHapus
  71. sya malah jadwal video call tgl 5 sekarang tpi belum ada pe
    mberitahuan apapun dari bpjs

    BalasHapus
  72. sya malah jadwal video call tgl 5 sekarang tpi belum ada pe
    mberitahuan apapun dari bpjs

    BalasHapus
  73. maaf mau tanya, kalo salah satu dokumennya ada yg rusak/sobek itu bermasalah ngga ya pas vc Verifikasi nanti? soalnya yg sy upload msh blm rusak, sy ada jadwal vc tgl 11/01 nanti. mohon bantuannya bagi yg tau/berpengalaman :)

    BalasHapus
  74. Gimana ini jadwal VC jam 10.00-11.00 tapi sampe jam segini belum juga di hubungi? Lalu bagaimana kelanjutan nya ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas/Mba..maaf ini kan kejadian tgl 20 jan ini..kelanjutan nya gmn ya ? Apakah sdh beres /cair ?

      Hapus
  75. Saya sudah mengajukan 2 kali kenapa klaim saya belum layak ya.

    BalasHapus
  76. Kalo Saya belum dapat kode verifikasi gimana ya? Tak coba klik lagi sudah melampaui batas

    BalasHapus
  77. Memilih kantor cabang di luar daerah atau luar pulau??? Bukannya sistem yang mengatur itu???

    BalasHapus
  78. Memilih cabang ? Gak ada tuh saya di sidoarjo dipilihkan kantor cabang tangerang

    BalasHapus
  79. Saya sudah isi semua berkas dan sudah dapat waktu tgl jam untuk di telpon dari BPJS, tpi sudah lewat seminggu dari jam dan tgl yg di tentukan oleh pihak BPJS blm ada vicall dari pihak BPJS, kenapa bisa seperti itu? Padahal data saya sudah lengkap

    BalasHapus
  80. Saya sudah keluar jadwal vc cuma tidak ada pangilan melalui wa atau email , kalo begitu harus bagaimana yah ?

    BalasHapus
  81. Di suruh stanbye dari pagi hingga sore ,saya nurut ,nyampe abis waktu lewat jam 4 ini belum juga di VCall ,harus gmna ini sudah nunggu"

    BalasHapus
  82. Saya udah daftar yg ke 2 kali ini kenapa belum ada panggil vc atau konfrontasi kenapa dengan BPJS kok di persulit begini

    BalasHapus
  83. Kalau tidak d hubungin mungkin kita harus iklas kn saja hasil keringat kita
    Hadehhh

    BalasHapus
  84. Hari ini harusnya jadwal panggilan VC, sudah ditungguin seharian tpi belum juga ada, nah kebetulan pas lgi keluar sebentar ada VC masuk tpi ga kedengeran, ini gmn kelanjutannya apa? Apa ada VC selanutnya atau harus mengajukan lagi? Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  85. Sya sudah di vc tgl 21 juni 2021 dan ok sruh tgu 10 hri kerja tpi knpa sya cek trakcing nya stack di dokumen ja ya

    BalasHapus
  86. H+2 belum juga di vc, sabar , 2 kali daftar gagal syarat sesuai prosedur sabar sabar banget pak/Bu , assalamualaikum bpjs

    BalasHapus
  87. Sudah lewat seminggu jadwal vc tapi belum di vc juga, pas cek tracking masih dalam proses,, , ini gimana yah pdhal tinggal nunggu vc doang,, ,

    BalasHapus