Ini Dia Syarat-syarat dan Cara Daftar Menjadi Agen BRILink Terbaru Tahun 2022

Bagaimana cara serta apa saja persyaratan buka usaha jadi Agen BRI Link dan memiliki ATM mini? Baik syarat kriteria yang harus dipenuhi, maupun persyaratan berkas dan dokumen yang wajib dilengkapi. Jika Anda ingin mengetahui informasi tersebut, di artikel kali ini kami akan menjelaskannya secara rinci tentang prosedur dan tata caranya berdasarkan pengalaman beberapa rekan kami yang telah berhasil menjadi mitra Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan membuka BRILink di rumah maupun di ruko tempat usahanya.

Terdapat beberapa cara dan syarat menjadi agen BRILink ATM mini yang wajib anda penuhi dahulu sebelum bisa melakukan pendaftaran. Sebab para agen BRILink bisa memegang uang nasabah yang jumlahnya cukup besar. Sehingga BRI ingin memastikan keamanan para nasabahnya dengan memastikan semua agen BRILink adalah orang yang datanya tercatat dengan jelas.

Foto contoh warung sekaligus Bisnis Usaha Jadi Agen BRILink
Sehingga bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, pihak dari Bank BRI bisa melakukan pencarian dengan menggunakan informasi yang mereka miliki dari agen tersebut. Bahkan syarat yang dibutuhkan untuk menjadi agen BRILink bukan hanya data kependudukan saja, melainkan juga deposit uang dengan jumlah tertentu.


Apa Itu Agen BRILink? Dan apa saja keuntungan yang akan anda dapatkan bila menjadi Agen BRILink?


BRILink merupakan layanan transaksi keuangan tanpa kantor persembahan dari Bank BRI. Sebenarnya bisa dibilang menjadi agen BRILink ini sama dengan menjadi cabang berjalan dari unit kerja BRI. Nantinya, para nasabah BRI yang ingin melakukan penarikan uang, setor tunai, atau membayar cicilan namun tidak sempat datang ke unit kerja BRI bisa melakukannya di agen BRILink.

Sehingga, banyak orang yang menjadi agen BRILink ini sebagai pekerjaan sampingan. Sebab bila menjalankan pekerjaan yang satu ini, anda juga bisa mendapatkan banyak keuntungan lainnya. Mulai dari asuransi kecelakaan dan kebakaran di tempat usaha, hingga kecelakan diri dengan jumlah yang cukup besar.

Dengan menjadi Agen BRILink, Anda dapat melayani berbagai transaksi keuangan secara real time online dengan menggunakan alat atau mesin Eletronik Data Captured (EDC) BRI atau aplikasi BRILink Mobile. Nantinya setiap ada costumer yang melakukan transaksi perbankan, akan dikenakan tarif biaya tertentu. Dan biaya transaksi tersebut akan menjadi pendapatan bagi Anda sebagai agen BRI Link dan juga BANK BRI sebagai penyedia layanan, yang akan dibagi dengan konsep sharing fee.

Transaksi-transaksi keuangan yang bisa dilakukan lewat agen BRI Link antara lain setor tunai, tarik tunai, top up saldo BRIZZI, transfer duit, pembayaran BPJS, cicilan pinjaman, pembelian pulsa HP, top up dompet digital seperti Gopay, Ovo, Dana, Link Aja, bayar tagihan listrik, air, pajak, dan beberapa transaksi perbankan lainnya.

Menjadi agen BRILink tentu merupakan usaha bisnis yang menguntungkan, karena setiap hari banyak orang yang melakukan transaksi-transaksi keuangan seperti yang telah disebutkan tadi. Mengingat kalau dilakukan langsung di bank, antriannya sering padat. Kemudian jam operasional Bank BRI juga terbatas. Sementara jika bertransaksi di agen BRI Link, relatif lebih bebas antrian dan bisa dilakukan hingga malam hari bahkan di hari libur sekalipun. Keuntungan lainnya, usaha agen BRILINK ini bisa disandingkan atau digabungkan bersama usaha-usaha yang lainnya. Misalnya konter HP, warung kopi, cafe, warnet, toko alat tulis, dan lain sebagainya.

Cara dan Syarat Menjadi Agen BRILink


Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, ada beberapa persyaratan yang perlu anda penuhi untuk menjadi agen BRILink. Mulai dari syarat yang berupa data atau dokumen kependudukan, maupun syarat berupa uang yang harus didepositokan.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah tata cara dan persyaratan menjadi agen BRILink yang perlu anda penuhi.

  1. Warga negara Indonesia dan sudah menjadi nasabah BRI
  2. Memiliki domisili yang sama dengan wilayah dimana anda mengajukan permohonan
  3. Sudah punya usaha selama minimal 2 tahun
  4. Memiliki surat keterangan usaha minimal dari perangkat desa
  5. Bukan agen dari program Laku Pandai bank lainnya
  6. Punya smartphone minimal OS 4.4 (Kitkat), akses internet dan printer mobile (Opsional)
  7. Melakukan deposit uang jaminan sebesar Rp.3.000.000,-

Nantinya uang jaminan yang menjadi deposito sebesar 3 juta tersebut akan dibekukan dan tidak bisa dicairkan kembali selama anda menjadi agen. Kecuali ketika anda sudah berhenti menjadi agen BRILink.

Setelah semua persyaratan sudah anda penuhi, berikutnya silahkan datang ke unit kerja Bank BRI terdekat seperti Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu dan BRI Unit. Lakukan pendaftaran kepada customer service yang bertugas. Anda nantinya akan diminta menyerahkan data-data berupa:

  1. Fotokopi KTP Elektronik dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  2. Fotokopi dokumen legalitas usaha berupa surat keterangan usaha minimal dari RT/RW atau perangkat desa yang lain
  3. Untuk agen perseorangan, dibutuhkan SK pengangkatan pegawai tetap atau SK pensiunan
  4. Fotokopi bukti kepemilikan rekening Bank BRI baik berupa rekening koran maupun buku tabungan

Jadi pastikan anda juga menyiapkan semua berkas dan dokumen-dokumen di atas sebagai pelengkap cara dan syarat menjadi agen BRILink. Jika sudah, nantinya anda akan diberikan formulir registrasi oleh customer service yang bertugas. Baca dengan teliti dan lengkapi formulir pendaftaran tersebut. Jika sudah, proses pendaftaran sebagai agen BRILink yang anda ajukan baru akan diproses.
Baca Juga: Cara dan Syarat Bikin Rekening Tabungan Bank BRI Secara Langsung di Kantor Cabang

Demikianlah tata cara dan syarat pendaftaran menjadi agen BRILink dan ATM mini BRI terbaru di tahun 2022. Cukup mudah bukan? Dengan modal uang 3.000.000 saja Anda sudah daftar jadi agen BRI Link. Namun harap diingat, dalam berbisnis menjadi agen BRILINK ini, anda hanya bisa daftar jadi agen untuk wilayah yang sama dengan alamat domisili tempat anda tinggal. Misalnya calon agen dengan domisili Bandung hanya bisa mengcover wilayah sekitar Bandung saja.

1 Response to "Ini Dia Syarat-syarat dan Cara Daftar Menjadi Agen BRILink Terbaru Tahun 2022"