Contoh Surat Pengajuan Pengunduran Diri (Resign) Yang Baik, Singkat dan Sederhana

Kali ini kami membagikan contoh dan format surat permohonan mengundurkan diri bekerja dari perusahaan ataupun kantor tempat kerja (resign). Contoh surat ini bisa dijadikan template bagi anda yang ingin mengetahui cara menulis surat pengunduran diri yang sopan, baik dan benar serta simpel, namun tetap terlihat resmi dan profesional.

Dalam dunia kerja, berhenti bekerja dengan cara mengundurkan diri merupakan hal yang sangat wajar dan kerap terjadi di berbagai perusahaan ataupun industri. Meskipun tak jarang ada yang menganggap buruk hal seperti ini terutama dari keluarga. Pasalnya di jaman yang sulit mencari kerja seperti saat ini, dengan ribuan pengangguran yang masih juga susah mendapatkan pekerjaan, malah anda yang sudah enak-enak punya pekerjaan tetap kok mau mengundurkan diri?

Contoh Surat Pengajuan Pengunduran Diri (Resign)



Penilaian buruk terkadang bukan hanya datang dari luar. Pihak perusahaan atau rekan-rekan kerja juga ada yang menganggap karyawan yang mengundurkan diri ini sebagai orang yang tidak memiliki loyalitas dan kesetiaan.

Tapi apapun anggapan orang lain, resign dari pekerjaan adalah hak anda. Kenapa tidak? Jika dengan mengundurkan diri tersebut nantinya akan membuat anda lebih berkembang dan maju di tempat atau profesi yang lain, atau ingin fokus mengejar mimpi-mimpi anda yang lain, ingin bebas mengatur waktu dengan menjadi freelance, ingin mencoba tantangan baru, ingin jadi pengusaha atau punya bisnis sendiri, dan hal-hal lainnya yang membuat anda yakin membuat keputusan mengundurkan diri.

Bagi anda yang ingin berhenti bekerja secara profesional, tentunya penting sekali untuk tahu bagaimana tata cara menulis surat resign yang terbaik. Pasalnya untuk mengutarakan keinginan anda berhenti bekerja tersebut, selain perlu disampaikan langsung ke bos atau atasan, anda juga perlu membuat surat pengunduran diri. Tanpa membuat dokumen tersebut, berarti anda mengundurkan tidak sesuai prosedur resmi. Anda bisa dikira tidak profesional, atau bahkan dinilai negatif tak memiliki sopan santun dalam dunia kerja.

Dan berikut contoh surat mengajukan resign yang baik dan benar:

Pekanbaru, 15 April 2020

Kepada Yth,
Kepala HRD PT Ganda Buanindo
Pekanbaru

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama: Andi Sutrisno

Alamat: Jl Pancasila, no 16, kelurahan Lipat Kain, kecamatan Kampar Kiri, Riau.

Departemen: Operasional

Jabatan: Asisten Afdeling IV

ID. Karyawan : GBI-1413

Dengan ini bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri terhitung sejak 1 Mei 2020.

Saya sangat berterima kasih kepada PT Ganda Buanindo yang telah memberikan saya kesempatan untuk bekerja, berkembang dan atas bimbingan yang telah diberikan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Saya juga memohon maaf sebesar-besarnya karena tidak dapat lagi menjadi bagian dalam perusahaan. Juga atas kesalahan-kesalahan lain yang saya lakukan. Harapan saya, semoga PT Ganda Buanindo dapat semakin berkembang kedepannya.

Jika PT Ganda Buanindo membutuhkan saya untuk membantu proses transisi karyawan yang akan menggantikan, dengan senang hati saya bantu.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat atas keinginan saya sendiri dan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,



(Andi Sutrisno)



Seperti itulah contoh dan format surat pengajuan pengunduran diri (resign) dari pekerjaan di perusahaan. Singkat, sederhana, namun tetap terlihat profesional. Tinggal anda ganti sendiri dengan nama perusahaan dan data-data sendiri.

Namun tentunya sebelum benar-benar pergi meninggalkan perusahaan, selain dengan membuat surat permintaan berhenti bekerja seperti di atas, anda juga harus bertanggungjawab menyelesaikan kewajiban-kewajiban lainnya. Misalnya merampungkan proyek-proyek atau tugas-tugas anda, melunasi hutang-hutang jika pernah meminjam uang ke perusahaan, dan juga mengembalikan barang-barang milik perusahaan yang diberikan kepada anda untuk menunjang pekerjaan.

0 Response to "Contoh Surat Pengajuan Pengunduran Diri (Resign) Yang Baik, Singkat dan Sederhana"

Posting Komentar