Cara Mencairkan Uang JHT Untuk Peserta BPJS TK Yang Meninggal Dunia

Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara dan apa saja persyaratan klaim dana JHT Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan untuk peserta yang telah meninggal dunia. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi ahli waris yang hendak mengurus klaim uang Jaminan Hari Tua (JHT) milik almarhum.

Untuk diketahui, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau disingkat BPJS TK merupakan badan penyelenggara Jaminan Sosial berkelas dunia, terpercaya, bersahabat dan unggul dalam operasional pelayanan. Melalui program-program yang dimilikinya, BPJS Ketenagakerjaan atau yang dulunya bernama Jamsostek ini berkomitmen untuk melindungi dan menyejahterakan seluruh pekerja dan juga keluarganya.

Kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan kota Bekasi

Salah satu program yang paling banyak dibahas ialah program Jaminan Hari Tua atau JHT. Di mana program tersebut semacam tabungan yang iurannya ditanggung perusahaan sebesar 3,7% dan 2% dipotong dari gaji peserta yang nantinya akan dikembalikan/dibayarkan sebesar iuran yang terkumpul ditambah dengan hasil pengembangannya/bunga. Dana tersebut bertujuan sebagai pengganti terputusnya penghasilan yang akan dibayarkan sekaligus ketika tenaga kerja sudah berhenti bekerja minimal satu bulan baik karena di-PHK ataupun resign, mengalami cacat permanen, dan ketika sang pekerja meninggal dunia.



Untuk mencairkan dana JHT, peserta bersangkutan yang harus mengurus sendiri pengajuan pencairan. Artinya tidak bisa diwakilkan oleh siapapun meskipun oleh kerabat dekat sekalipun (kecuali untuk peserta BPJS TK yang telah mati). Selama peserta masih hidup dan sehat wal'afiat, klaim wajib diproses sendiri.

Nah untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan yang sudah meninggal dunia, pencairan uang JHT dapat dilakukan oleh ahli warisnya. Dan urutan ahli waris yang berhak mengambil dana JHT milik peserta yang meninggal dunia adalah sebagai berikut:
  1. Janda/duda
  2. Anak
  3. Orang Tua, Cucu
  4. Saudara Kandung
  5. Mertua
  6. Pihak yang ditunjuk dalam wasiat

Apabila peserta BPJS TK yang meninggal dunia tidak mempunyai ahli waris dan wasiat seperti pada urutan di atas, maka tabungan JHT milik almarhum akan dikembalikan ke Balai Harta Peninggalan.

Cara mengurus pencairan dana JHT untuk keluarga yang telah meninggal dunia adalah silakan langsung mengajukan pencairan ke kantor cabang ataupun kantor cabang perintis terdekat dengan membawa berkas-berkas persyaratannya. Dan jangan lupa pastikan dulu status kepesertaan almarhum di BPJS Ketenagakerjaan sudah nonaktif minimal 1 bulan setelah kartu dinonaktifkan.

Dokumen atau berkas-berkas persyaratan mencairkan saldo JHT untuk peserta yang meninggal dunia adalah berikut ini:
  1. Kartu peserta BPJSTK yang asli dan fotokopi;
  2. Fotokopi KTP atau Paspor peserta dengan menunjukan yang asli;
  3. Fotokopi Kartu Keluarga peserta dengan menunjukkan yang asli;
  4. Fotokopi KTP atau Paspor ahli waris dengan menunjukkan yang asli;
  5. Surat Kematian asli dari pejabat yang berwenang atau fotokopi legalisir;
  6. Surat keterangan ahli waris;
  7. Fotokopi surat nikah dengan menunjukkan yang asli;
  8. Fotokopi rekening tabungan ahli waris;
  9. NPWP jika saldo JHT yang akan dicairkan di atas 50 juta.

Apabila dokumen persyaratannya di atas sudah lengkap, pihak ahli waris bisa langsung mengajukan klaim JHT di kantor cabang atau kantor cabang perintis BPJS TK terdekat. Untuk kantor cabang rata-rata sudah menggunakan sistem antrian online, jadi silahkan registrasi nomor atau kode antrean terlebih dahulu. Panduan lengkap tentang tata cara registrasi antrian online silahkan Klik Disini.

Sementara untuk kantor cabang perintis, masih bisa mengurus pencairan JHT tanpa mendaftar antrian online. Jadi silakan pilih mana yang paling mudah menurut teman-teman.

Nanti di kantor BPJS TK, tahapan mengurus klaim dana JHT milik peserta yang mengalami kematian tidak jauh berbeda dengan klaim JHT peserta biasa. Mulai dari mengisi formulir klaim JHT, ceklis kelengkapan berkas, kemudian memasukkannya bersama seluruh berkas persyaratan ke dalam box yang telah disediakan. Setelah menunggu sesuai nomor antrian, nanti si ahli waris akan dipanggil untuk validasi berkas, sedikit wawancara, difoto, tanda tangan dan sidik jari.



Sampai disitu proses administrasi pengajuan klaim saldo JHT untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek) yang sudah meninggal dunia telah rampung. Tinggal menunggu dana cair dan masuk ke dalam rekening milik ahli waris. Estimasi waktu pencairan, maksimal 5 hari kerja (Sabtu, Minggu dan libur nasional tidak terhitung). Namun perihal tersebut disesuaikan dengan informasi, antrean dan verifikasi data dari kantor cabang.

Demikianlah prosedur pencairan dana JHT BPJS Ketenagakerjaan untuk peserta yang telah meninggal dunia. Jika ada hal-hal yang tidak dimengerti bisa diskusikan di kolom komentar atau bisa langsung menghubungi Call Center BPJSTK di nomor 15000910.

81 Responses to "Cara Mencairkan Uang JHT Untuk Peserta BPJS TK Yang Meninggal Dunia"

  1. ane mau tanya
    itu kalo orang tua udah cerai gmana
    tp surat cerai hilang bisakah tetap d cairin trus syratnya ap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya tidak persyaratan surat cerai dalam pencairan JHT milik almarhum. Jika cerainya karena meninggal tersebut, maka yang pertama berhak mengambil dana JHT adalah istri/suami almarhum.

      Hapus
    2. Maaf pak klo surat" sudah d masukan ke kantor BPJS trus berapa lama harus nunggu sampe pencairan..lalu apakah harus d Wawancara dulu atau gmna soal y saya gk d kasih tau klo harus wwancara dulu..petugas hanya bilang dana dari BPJS akan kami kirim kan

      Hapus
    3. Mau tanya jika surat2 sdh lengkap dan sdh di proses,,kira2 brp lama proses pencairan dananya bpk/ibu🙏

      Hapus
  2. Berapa lama prosesnya pencairannya? Nyampe 2bulan ngga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah pengajuan klaim JHT disetujui, dana akan cair kurang lebih seminggu kemudian.

      Hapus
    2. Punya alm adikku gk cair pak .sudah mau 2 bulan

      Hapus
  3. saya mau tanya apa bner syaratnya pake ijazah asli pendidikan trakhir almarhum?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak benar, Pak. Syarat-syarat dokumennya seperti yang kami tuliskan pada artikel di atas.

      Hapus
    2. saya mau dong ini mengenai rumah tangga kk sy yg meninggal apakah proses klaim bsa di urus dngn bermodal surat kuasa dr ahlis waris pertama alias suami ny..?

      Hapus
  4. Bagaimana jika ktp org yg meninggal tsb tdk ada,lalu apa solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya wajib memiliki KTP untuk klaim JHT, namun coba konsultasikan ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat di daerah Anda terkait persoalan tersebut.

      Hapus
  5. Saya mau bertanya... Almarhumah istri saya sudah empat tahun meninggal dunia dan belum sempat mengurus atau claim dana jht,, apakah masih bisa di cairkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat bisa, Pak. Jangan lupa lengkapi seluruh dokumen persyaratannya sesuai yang kami tulis di atas.

      Hapus
    2. Suami saya sudah meninggal setahun yang lalu,nah pas saya mengurus akta kematianya,secara otomatis,kk dan ktp alm di cabut dan diganti kk baru.kk tanpa ada nama alm.blm sempat mengurus surat ket ahli waris juga.apa saya bisa saya mencairkan dana jamsostek alm suami saya

      Hapus
    3. Coba konsultasikan ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan di daerah Anda atau hubungi call center BPJS Ketenagakerjaan 021 175 terkait persoalan tersebut.

      Dalam peraturannya harus ada KTP asli milik almarhum, namun untuk kepastiannya anda bisa menanyakan ke kanal resmi BPJS Ketenagakerjaan yang saya sebutkan di atas.

      Hapus
    4. Maf bapa/ibu saya dri tgl juli , smpe skrg 25 juli blm ada call dr bpjs , pdhl sudah ajukan berkas syarat tgl 8 juli , biasa nya dana masuk saldo brp hr kerja dr pas bawa berkas persyaratan nya apakah saya harus ke kantor lagi menanyakan kapan pencairan nya?bapa/ibu mohon blsana nya ,

      Hapus
  6. Mau bertanya, ayah saya kn udh lama gk kerja di perusahan lalu ayah saya meninggal.. tetapi punya jamsostek apa bisa di cairkan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, Pak. Karena uang itu adalah hak pekerja dan ahli warisnya jika si pekerja telah meninggal dunia.

      Hapus
    2. Apakah mencairkan bpjs oleh ahli waris tidak memakai paklaring/surat keterangan kerja?? Karena tdk disebutkan d syarat d atas

      Hapus
    3. Tolong di jawab pak riyan, krn yg mau sy tanyakan sama dgn pertanyaan beliau

      Hapus
  7. Maf,mau tany apa bila orang tua sdh meninggal lama 10th, tp blm sempat mengurus ny ap msh bs di cair kan, tp ktp ibu sy tdk ad...mohon penjelasan ny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Mau berapa tahun pun dana JHT dibiarkan, tetap bisa dicairkan. Yang penting berkas-berkas persyaratannya lengkap.

      Hapus
    2. Maaf saya mau tanya.bude saya meninggal beliau tidak bersuami dan tidak punya anak.dan almarhum ibu saya adalah saudara kandung satu satunya.kenapa saya sebagai yg di tunjuk sdg ahli waris tidak bisa mencairkan bpjs ketenaga kerjaan bu de saya.padahal keluarga sahnya tinggal saya .sbg keponakan .apakah ada solusinya.

      Hapus
  8. Ribet ngurusnya..ambil aja udah buat lu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya itu aturan dari BPJAMSOSTEK. Kami hanya menyampaikan informasinya. Tidak ribet jika memang memenuhi syarat-syaratnya dan ada niat.

      Hapus
  9. Saya ahli waris dari suami saya...kl mo klam apa harus nunggu sebulan ya bos...mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar. Harus menunggu satu bulan sejak almarhum berhenti bekerja dari perusahaan.

      Hapus
  10. Jika almarhum blm menikah, org tua sebagai ahli waris nya selanjutnya tapi keadaan org tua tidak memungkinkan utk datang ke kantor bpjs,, apa bisa saudara kandungnya jadi ahli waris walaupun org tua nya masih ada. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam peraturannya, jika peserta yang meninggal masih lajang, yang berhak mengambil dana JHT adalah orang tuanya. Jadi sebaiknya anda antarkan dan dampingi orang tua anda untuk jika ingin mengurus klaim secara langsung di kantor BPJAMSOSTEK. Atau bisa juga anda uruskan secara online dengan menggunakan data-data orang tua, nah nanti ketika petugas BPJS Ketenagakerjaan melakukan video call untuk verifikasi berkas, biarkan orang tua anda yang berbicara, dengan didampingi anda tentunya.

      Untuk informasi lebih jelas, anda bisa menghubungi Layanan masyarakat BPJamsostek di nomor 021 175.

      Hapus
  11. saya mau tanya, Kakak saya peserta BPJS yg sudah meninggal dunia, apakah pencairan JHT nya harus secara bertahap per 3 bulan, krn orgtua saya (Ibu) sudah tua dan sakit, kenapa tidak bisa langsung cair penuh dana nya dan 3 bulan sekali harus balik ambil Dana JHT sedangkan orgtua saya (Ibu) sudah buat rekening BANK BRI, mohon penjelasan nya ya Tim BPJS, terima kasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk uang Jaminan Hari Tua (JHT) milik almarhum, memang harus dicairkan langsung 100% alias semuanya, tidak boleh bertahap.

      Yang pencairan bertahap adalah Jaminan Kematian (JKM), dibayar tiap bulan selama 24 bulan (boleh juga diklaim sekaligus). Namun JKM ini hanya diberikan jika peserta meninggal dunia akibat kecelakaan ketika bekerja.

      Hapus
  12. Klo mengurus JKM tapi tidak ada surat nikah ,apakah bisa..
    Karna sudah puluhan tahun yg lalu nikahnya n hilang

    BalasHapus
  13. saya mau tanya sodara saya meninggal dan ahli waris sudah mengajukan ke pihak bpjs dan memenuhi semua persyaratannya tp kurang lebih sudah 4 bulan belum ada sinyal pencairan mohon Penjelasannya tim bpjs,terima kasih

    BalasHapus
  14. Cara mengurus BPJS yng punya sudah almarhum masih bisa di wakilin gax ya sama ibu atau adik kandung nya..

    BalasHapus
  15. KK yg ada nama almarhum d cabut kelurahan tp copyan y ada.trus buku nikah y ilang gmna tu

    BalasHapus
  16. mf saya mau tanya, persyaratan mengambil BPJS TK yg sudah pensiun terus meninggal dunia , apakah persyaratannya surat kematian doang apa harus pake akta kematian juga??

    BalasHapus
  17. Ka buat surat ahli waris itu buat sendiri ataw di kasih di kantor bpjsnya... Persyaratannya harus melampirkan surat ahli waris..

    BalasHapus
  18. Law jht yg meninggal dapat santunan atau beda program.. Jht sm jkm

    BalasHapus
  19. Saya mau tanya, ayah saya meninggal tapi ibu saya ktpnya hilang, apakah bisa diwakilkan sama saya selaku anak kandung?

    BalasHapus
  20. Maaf saya mau tanya apakah kartu jht dan jp itu sama...

    BalasHapus
  21. Tetangga sy suaminya meninggal krn sakit. & blm pensiun & pabrik yg mengurus JUTA nya & semua pesyratan seperti d atas uda lengkap semua, tapi koq masih minta surat cerai, katanya yg minta pihak jamsostek, ada kah pasal" apa peraturan baru dr jamsostek?

    BalasHapus
  22. Maaf mau tanya istri saya sudah meninggal 1 bulan blm sempat mengurus klaim bpjs ketenagakerjaannya apakah dapat jaminan kematian dari bpjs nya saat diklaim oleh saya sebagai suami dan ahli warisnya ? Terima kasih

    BalasHapus
  23. Saya mau tanya ...siapa tau ada yg sdh mengalami....soal surat paklaring gmn kl surat paklaringny thn 2017...masih bisa d klaim ke bpjs ketenagakerjaan?

    BalasHapus
  24. Selamat siang pak...maaf saya mau tanya,tgl 27'juli'2020 di cilacap,saya sudah kumplit mengajukan claim bpjs jht alm anak saya,dan pihak bpjs blg semua sudah kUmplit berkas2nya,lalu saya di kasih kertas kuning yg copian hak wari,serta pihak bpjs menuliskan klw saya mendapatkan uang JP,uang bpjs jht,dan jaminan kematian alm anak saya.tp utk pencairan sya hrs nunggu telp/verifikasi dari bpjs katanya.berapa lamakah pencairan utk uang trsb??terimakasih sebelumnya...🙏

    BalasHapus
  25. Saya mau tanya kalau dana jamsostek cair sekitar 52jt sekian apakah ahli waris harus membuat NPWP ya??? Trima kasih

    BalasHapus
  26. Maaf mau tanya kalo mau cairkan jamsostek terus orang tua saya sudah lama meninggal , pastinya kan untuk data diri org tua saya sudah di ambil semua dari kelurahan , terus kalo pengajuannya pakai foto copy KTP aja bisa ga ?

    Terimakasih 🙏

    BalasHapus
  27. Maaf bagaimana cara mencarikan Dana JHT suami saya yg meninggal dunia jika Jaminan Pensiun nya sudah diambil sebelum beliau meninggal dunia.. Apa skrg yg JHT nya dapat dicairkan jika Kartu Pesertanya hilang? Bagaimana & apa saja persyaratannya utk mencarikan Dana JHT?

    BalasHapus
  28. Saya sudah mengajukan klaim jkm kakak saya yg sudah meninggal.syarat berkas sudah saya serahkan bersama ahli waris, dan pihak bpjs memberikan keterangan bahwa setiap bulan akan di transfer 1 juta 60 ribu seumur hidup ahli waris. Yang saya tanyakan apakah pencairan uang perbulan tadi merupakan JHT atau santunan kematian?

    BalasHapus
  29. Maaf syaa mau tanya . Ibu sy kan sudah meninggal , cara mencairkan BPJS ketenagakerjaan persyaratan nya apa ajah

    BalasHapus
  30. Maaf saya mau tanya . Ibu saya kan sudah meninggal , cara mencairkan BPJS ketenagakerjaan apa ajh persyaratan nya ...

    BalasHapus
  31. Pak surat keterangan ahli waris itu minta dimana ya ?

    BalasHapus
  32. Bang apa bisa cairin BPJS.orang dah meninggal tapi buku nikah ya hilang

    BalasHapus
  33. slmt sore mau bertanya sy mengalamai kecelakaan kerja dan mengalami buta pada mata sebelah kiri apakah prosesnya lama ( apa bila berkas sdh dibserahkan dr HRD ke pihakbpjs )

    BalasHapus
  34. Saya mau tanya, apakah bisa klaim jht online dengan alasan orang yg sudah meninggal dunia?

    BalasHapus
  35. Maaf saya ingin bertanya almarhum abang saya mempunyai bpjs tk beliau belum nikah dan orang tua saya tidak bisa baca tulis sedangkan saya sudah menikah apakah bisa saya sebagai adik kandung buat ahli waris untuk mencairkan bpjs tk abang saya dan kalau bikin surat ahli warisnya dimana ya?
    Mohon penjelasannya terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau saya,orang tuanya dlu, klu bisa d bimbing aja orang tua ke kantor BPJS,
      untuk surat ahli waris bisa d buat d desa setempat

      Hapus
  36. Saya mau tanya,orangtua saya sudah meninggal dan mau mencairkan BPJS dan JHT beliau..tetapi KK beliau hilang,.bagaimana proses pencairan nya?

    BalasHapus
  37. Kalau pesyaratan dokumen yg diminta oleh BPJS salah satu tidak dimiliki oleh seorang yg meninggal dunia,
    Gimana apa bisa diterima dn di cair Dananya ?

    BalasHapus
  38. Dengan hormat,,sy tinggal di kolaka utara anak sy bernama AL ashar meninggal dlm jam kerja,tmpat krja di SSI PALOPO,BERKAS suda lengkap,tp knapa pegawai dari jamsostek kolut sul-tera mempersulit pengurusannya ok makasi

    BalasHapus
  39. Pak punya alm adikku sudah 6 bulan dari pertama pengurusan Tpi sampai saat blom cair .dari bulan april saya kumpulkn brksnya tapi sampai saat ini blom cair??.

    BalasHapus
  40. Apakah kartu bpjs bagian belakangnya harus ditandatangani?

    BalasHapus
  41. Bisakah pengurusan klaim di ganti anaknya. Karna Ibu sakit dan sudh TDK memungkinkan untuk kesana sini?

    BalasHapus
  42. Ngurus santunan kematian orang tua. Udh mau 2 blm jga cair

    BalasHapus
  43. Orang tua saya sudah meninggal 2th jl 3th. Dan ibu saya istri almarhum baru inget bahwa jamsostek ketenagakerjaan alm blm di cairkan. Apakah bisa. Semua data ada cuman kartu jamsostek nya yg g ada. Mohon pencerahan buat ibu saya. Sebagai istri dan ahli waris nya.

    BalasHapus
  44. Ini suami saya dah setaun meninggal tp kok bpjs ketenagakerjaan kok belum diproses oleh pabrik suami saya dulu bekerja..bagaimana oak

    BalasHapus
  45. Pk,kalo saudara kandung yang meninggal yang menjadi ahli warisnya siapa.?
    Apa saudara kandung bisa meskipun orang tua masih ada

    BalasHapus
  46. izinn bertnya almarhum bpa sya pensiunan TNI,apk BPJSnya bsh di cairkan?

    BalasHapus
  47. Saya mau tanya, almarhum BPK baru saja meninggal, tapi saya mengurus akta Kematian dlu apakah nanti setelah itu bisa kita buat untuk proses klaim BPJS tenaga kerja dll.

    BalasHapus
  48. Untuk pencarian JHT kematian, persyaratan kurangnya d KK ap bisa di klaim??

    BalasHapus
  49. Maaf mao tanya pak.klo suami yang sudah meninggal ahli warisnya di urus sama istri nya klo istri nya tidak punya buku Tabungan rekening apakah bisa pakai buku Tabungan anak kandung nya?

    BalasHapus
  50. Saya mau tanya.kenapa ya di daerah cianjur ngurus santunan kematian udah mau 2 bulan. Tapi masih belum cair juga

    BalasHapus
  51. suami sy meninggal di bulan oktober 2020 pada saat jam kerja apakah itu bisa di sebut kecelakaan kerja, sy sudah lampirkan semua syarat unt mndapatkan JKM tapi sampai sekarang dana JKM belum juga cair ,sy tanyakan ke pihak petugas kantor yg mengurusi JKM ktanya sy harus menunggu, terus saya harus menunggu berapa lama lagi ya.. sampai hari belum ada kejelasan..

    BalasHapus
  52. umaaf untuk pertanyaan yg sebelum maksud saya bukan JKM tapai BPJS kematian....

    BalasHapus
  53. Maaf mau tanya.sya mau klaim.punya ibuk q.sdangkan sttus ibu dn ayah q.sudah cerai mati.sudh skitr 10 thun..dn surt kematian ayah.sudh hilang.pa bner persyratnx haru pakek surat kmatian.almrhum bpak saya.mohon pencerahanx

    BalasHapus
  54. Maksutnx mau klaim bpjs ktenaga kerjaan ibuk.q.

    BalasHapus
  55. Pekerja yg mutasi di cabang lain yg masih dalam lingkup 1 perusahaan apa harus mebuat kartu bpjs ketenagakerjaan yg baru?

    BalasHapus
  56. Apakah program jamsostek sudah online di setiap provinsi?

    BalasHapus
  57. Saya mau tanya saya mau klaim bpjs tk almarhum orang tua saya,tpi saya ada kendala kdua orang tua saya sudah meninggal dan tidak punya surat nikah apakah bisa dicairkan jika almarhum tidak punya surat nikah

    BalasHapus
  58. Mohon maaf saya mau tanya.mininklu KTP nyh blom elektrik..trs KK nyh yg lama..SMA GK ada buku nikah..bisa di cairkan..punya orang tua saya..orang tua saya nyh sudah meninggal..mohon informasi nyh..buat pbjs ketenagakerjaan..bikin dari yayasan

    BalasHapus
  59. Apa bisa klu mencairkan BPJS orang tua..dan KTP..KK nyh masih yg lama mblom elektrik..trs buku nikah GK punya..mohon informasi nyh BPK/ ibu

    BalasHapus