Cara Mencetak Sendiri Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan Sebagai Pengganti Kartu Asli Yang Hilang

Kali ini kami akan bahas bagaimana cara mencetak mandiri kartu kepesertaan BPJS TK menggunakan layanan kartu digital BPJS Ketenagakerjaan untuk menggantikan seandainya kartu kepesertaan yang asli hilang atau rusak. Artikel ini merupakan kelanjutan atau update terbaru seputar kartu online BPJS TK yang sudah kami bahas beberapa waktu lalu ketika layanan ini baru diluncurkan. Namun di artikel sebelumnya tersebut kami lebih banyak membahas manfaat dan kegunaannya secara digital, ketika kartunya masih berupa file di dalam smartphone. Nah, di tulisan kali ini kami akan mengupas bagaimana mencetak kartu digital tersebut menjadi kartu fisik, sebagai ganti apabila kartu anggota BPJS Ketenagakerjaan yang asli hilang, rusak, atau belum diberikan oleh pihak perusahaan.

Tentunya, sebagai pekerja yang ikut program asuransi sosial BPJS Ketenagakerjaan, kita perlu memiliki kartu kepesertaan BPJSTK atau sering juga disebut KPJ (Kartu Peserta Jamsostek). Selain sebagai bukti otentik bahwa kita memang benar-benar peserta BPJS Ketenagakerjaan, adanya KPJ juga sangat penting untuk berbagai keperluan terkait kepesertaan. Misalnya ketika mencari informasi jumlah saldo uang tabungan Jaminan Hari Tua (JHT) secara langsung di kantor BPJS TK, kita wajib menyodorkan KPJ. Mau cek saldo JHT lewat SMS juga memerlukan KPJ untuk dilihat nomornya. Begitupun ketika mau membuat akun BPJSTK, juga perlu kartu BPJS Ketenagakerjaan untuk dimasukkan nomer referensinya.

Contoh Kartu digital BPJS ketenagakerjaan
Contoh Kartu digital BPJS ketenagakerjaan

Apalagi sekarang ini BPJS Ketenagakerjaan juga bekerjasama dengan pusat perbelanjaan, restoran, penginapan, dan berbagai merchant-merchant lainnya. Bentuk kerjasamanya adalah dengan memberikan diskon khusus bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Nah untuk membuktikan bahwa kita peserta BPJS TK (Jamsostek) supaya dapat diskon, kita wajib menunjukkan kartu kepesertaannya ketika bertransaksi.

Dan yang paling penting, kartu BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu berkas wajib yang harus disertakan ketika mengurus pencairan dana JHT. Tanpa melampirkan KPJ, uang JHT tidak akan bisa cair sampai kapanpun!



Lalu bagaimana jikalau sebelumnya sudah punya kartu BPJS Ketenagakerjaan tapi kemudian ilang atau rusak? Yah namanya juga manusia, kadang kalau kena apes bisa saja kartunya hilang kena copet, jatuh, lupa nyimpan dimana, patah, terbakar dan sebagainya. Atau terkadang ada juga sudah bertahun-tahun bekerja tapi kartunya belum diberikan oleh pihak perusahaan.

Nah untuk menyikapi hal-hal tersebut, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BPJS TK)/Jamsostek telah meluncurkan sistem layanan kartu elektronik atau kartu digital BPJS Ketenagakerjaan. Banyak kemudahan dan keuntungan yang bisa peserta peroleh dari kartu digital tersebut. Antara lain:

  • Kartu lebih cepat diterima karena langsung dikirimkan melalui email peserta setelah terdaftar.
  • Keamanan data peserta lebih terjaga karena  sudah menggunkaan QR Code, serta informatif untuk melakukan cek saldo JHT, status peserta/data penting lainnya.
  • Memiliki fungsi penggunaan yang sama dengan kartu fisik bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Antara lain berfungsi sebagai Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Pensiun (JP).
  • Bisa diakses melalui aplikasi mobile BPJSTKU, SIPP Online dan website resmi BPJS Ketenagakerjaan, sehingga tidak perlu takut kartu hilang atau rusak.
  • Peserta dapat merasakan berbagai macam keunggulan manfaat lainnya saat bertransaksi di merchant yang bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Karena fungsinya sama persis dengan kartu fisik, jadinya kartu elektronik BPJS Ketenagakerjaan ini juga bisa digunakan untuk mengambil uang JHT. Tapi tentunya kartu digital tersebut harus diprint atau dicetak dulu ke dalam bentuk kertas, bisa kertas foto atau pun kertas HVS.

Tentunya ini merupakan kabar gembira bagi peserta BPJS TK yang tidak memegang kartu kepesertaannya entah karena raib atau rusak. Baik peserta yang masih aktif maupun peserta yang sudah nonaktif. Dulu sebelum ada layanan kartu digital BPJS Ketenagakerjaan ini, bagi peserta aktif yang kehilangan kartu KPJ-nya dan ingin mendapat kartu pengganti, harus ke kantor cabang dulu dengan membawa KTP, KK, Surat Pengantar dari perusahaan, dan juga Surat kehilangan dari kepolisian yang di dalamnya wajib mencantumkan nomor KPJ, perusahaan tempat bekerja, serta lokasi dan waktu kehilangan kartu.

Sementara bagi yang status kepesertaannya sudah non aktif alias sudah tidak bekerja lagi, jika kehilangan kartu peserta, tidak bisa meminta dibuatkan kartu yang baru sebagai ganti kartu yang hilang. Untuk peserta yang sudah tidak aktif ini, kalau ingin mencairkan uang JHT, cukup membuat surat kehilangan dari pihak kepolisian yang juga wajib mencantumkan nomor KPJ, perusahaan tempat bekerja, serta lokasi dan waktu kehilangan kartu di dalam surat keterangan hilang tersebut.


Tapi itu dulu. Kalau sekarang, dengan adanya program kartu elektronik BPJS TK, kita bisa menduplikasi sendiri kartu fisik BPJS TK dengan cara mencetak kartu digital milik kita. Dan itu syah.

Cara ngeprint atau mencetak sendiri kartu digital BPJS Ketenagakerjaan sangat mudah. Kita tinggal login ke aplikasi BPJSTKu menggunakan akun BPJSTK milik kita. Kalau belum punya akun silakan membuat dulu sebentar. Cara membuat akun BPJSTK juga cukup gampang dan tidak lama. Silahkan baca artikel panduan lengkap membuat akun BPJSTKu Di Sini.

Setelah berhasil masuk ke akun BPJSTKU, langsung saja klik menu 'profil' yang terletak di sudut kanan bawah. Setelah itu di layar aplikasi akan terpampang informasi biodata kita mulai dari nama lengkap, NIK, tempat lahir dan lain-lain.

Di halaman tersebut juga ada 3 navigasi pilihan yaitu PROFIL, PENGATURAN dan KARTU. Langsung saja klik KARTU. Setelah itu langsung saja klik LIHAT. Dan setelah itu layar akan memperlihatkan kartu digital (elektronik) BPJS Ketenagakerjaan milik kita. Di halaman ini juga ada tiga lambang navigasi pilihan yaitu Download Kartu, Kirim Kartu via Email dan Preview.

Karena tujuan kita mau mencetak kartu digital tersebut, pilih saja download untuk mengunduh filenya. Kalau kartu digital BPJS TK milik kita sudah terunduh dan tersimpan di galeri hape, langkah selanjutnya kita tinggal mencetaknya ke dalam bentuk kertas. Kalau tidak punya printer sendiri bisa ke toko alat tulis atau percetakan foto.

Oh iya untuk mencetaknya, selain dengan didownload,  kartu digital BPJS ketenagakerjaan boleh juga dengan cara klik preview, kemudian setelah gambar kartunya terlihat silahkan di-screenshoot atau di-capture. Kemudian hasil screenshoot tersebut yang dicetak. Hal ini untuk solusi siapa tahu pengunduhan gagal, atau ketika mau download sinyal internetnya gangguan, jadi bisa dengan diskrinsyut saja.

Silahkan cetak sesuai ukuran aslinya dan cukup bagian mukanya saja yang diprint. Tidak perlu dicetak bolak-balik. Kalau sudah jadi dalam bentuk kertas, kartu tersebut bisa digunakan seperti kartu aslinya, termasuk digunakan untuk mengurus pencairan dana JHT. Mudah sekali bukan? Jadi sekarang kalau seumpamanya kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan kita hilang ataupun rusak, kita tidak perlu lagi ribet membuat surat kehilangan dari kepolisian. Kita bisa mencetak sendiri menggunakan layanan kartu digital BPJS Ketenagakerjaan.


Intinya untuk mencetak kartu digital BPJS Ketenagakerjaan kita perlu memiliki akun BPJSTKU. Dan bagi yang belum punya, dalam membuat akun BPJSTKU kita wajib memasukkan no KPJ atau no kepesertaan atau sering disebut juga nomor referensi. Silahkan baca artikel kami tentang Cara Mengetahui Nomor Referensi Kartu BPJS Ketenagakerjaan.

Jadi kalau kartu peserta BPJS TK kita hilang, kita harus masih ingat nomor kepesertaan di kartu yang hilang tersebut. Seandainya lupa, jika masih aktif bekerja kita bisa menanyakan no KPJ kita ke HRD perusahaan tempat kita bekerja. Sedangkan jika sudah tidak aktif bekerja, pengecekan nomor kepesertaan harus melalui kantor cabang terdekat dengan membawa KTP, KK dan paklaring dari perusahaan. Jika sudah mengetahui nomor kepesertaannya silakan registrasi akun BPJSTKu untuk dapat mencetak kartu digital.

Demikianlah cara mencetak mandiri kartu digital BPJS TK untuk menggantikan jika kartu yang asli rusak atau hilang. Terima kasih sudah membaca dan tunggu artikel-artikel ketenagakerjaan kami selanjutnya. Dan satu lagi, selain dicetak sendiri, kartu digital juga dapat juga dicetak oleh HRD perusahaan tempat kita bekerja melalui aplikasi SIPP Online yang sudah dibekali kepada setiap perusahaan yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

109 Responses to "Cara Mencetak Sendiri Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan Sebagai Pengganti Kartu Asli Yang Hilang"

  1. cara mengetahui nomor bpjs ketenagakerjaan yg hilang, tapi ga tau user buta masuknya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa ditanyakan di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat dengan membawa berkas-berkas berupa KTP Elektronik, Kartu Keluarga dan Paklaring.

      Hapus
    2. Ga bakalan dikasih tahu... saya udah pernah

      Hapus
    3. Mas/mba mau tanya saya, klo mau clam JHT, tetapi kartu BPJSTK yg asli hilang, apakah kita bisa pakai yg dari applikasi ? Tapi hanya bagian depan nya saja, dibelakangnya kosong ? Apa masih bisa ? Tolong infonya

      Hapus
    4. Bisa klw anda masih punya salinan rincian saldo yang biasanya dikasih setiap tahun oleh perusahaan anda... D situ ada ketetangan no kpj

      Hapus
    5. Maaf mau tanya kartu digital saya keluar knpa ya pak/bu

      Hapus
    6. Bagaimana kalau yg diminta adalah kartu bpjstk yg sudah 17th lalu dan tidak terecord di bpjstku? Pdhl seblmny 2012 pernh mencairkan jamsostek..namun ga diminta kartu ini.

      Hapus
  2. apakah ukuran kartu harus sesuai dengan yang asli pada saat di cetak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuaikan saja dengan ukuran kartu aslinya, biar data-datanya terbaca dengan jelas.

      Hapus
  3. Gmn cara buat kartu digital daftar kemana dulu soalnya blm tau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Download app BPJSTKU di play store, daftar kan nmor KPJ nya. Ikuti langkah2 nya sesuai intruksi

      Hapus
    2. Baca artikelnya pelan-pelan. Di situ sudah dijelaskan dengan sangat jelas.

      Hapus
  4. Gmn cara buat kartu digital daftar kemana dulu soalnya blm tau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca artikelnya, Pak. Kemudian tinggal ikuti petunjuk yang diberikan. Gampang kok.

      Hapus
  5. Itu untuk bagian depannya? Bagian belakangnya bisa gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang dicetak cukup bagian depannya saja. Bagian belakang tidak perlu.

      Hapus
    2. Bank Ryan,,, bagaimana cara mengakses jika kita memiliki beberapa kpj dengan nik yang sama,,, soalnya ketika kita mengkases kpj yg kedua selalu direspon " nik anda sudah di akses oleh email yg pertama"

      Hapus
    3. Bagaimana cara mencairkan BPJS sedangkan paklaring dan kartu BPJS terbakar pihak perusahaan tidak mau kasih paklaring dan kartu BPJS ketenagakerjaan

      Hapus
  6. brp lm proses non aktif kpj, apkh sesuai ms tunggu 1 bln langsung non aktif..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitu perusahaan melaporkan bahwa anda telah berhenti bekerja, pihak BPJS Ketenagakerjaan akan langsung memproses penonaktifan kepesertaan anda.

      Hapus
    2. aku bikin kartu digital buat nmr kpjdr tmpat kerja yng baru.tp ygng muncul nmr kpj yng lama.yng pernah aku cairin .gmn pak

      Hapus
  7. Warna kertas nya harus sama atau gmn ya.. ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harus sama dengan warna kartu BPJS Ketenagakerjaan yang versi digital.

      Hapus
    2. Klo versi asli hijaunya gelap, klo versi digital hijaunya cerah,bukankah begitu ?

      Hapus
  8. Selamat malam . Mau tanya . Saya harus datang ke kantor cabang nya .sebelum 7hari dari menerima pesan email.
    Apa sebelum 7 hari tgl yang di tentukan .
    Mohon penjelasan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. 7 hari sebelum tanggal yang ditulis/diberitahukan di email.

      Hapus
  9. Gimna cara mngetahui no bpjs? Klo dri perushaan blum mmberi krtunya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus ditanyakan saja ke HRD perusahaan tempat anda bekerja terkait persoalan tersebut. Barangkali ketika tanya saat itu kartunya memang belum keluar.

      Hapus
    2. Kartu bpjs hilang, sedangkan kita tidak tau no nya
      Itu gimana
      Sedangkan kita sudah melapor ke perusahaan tempat kita bekerja dulu

      Hapus
  10. apakah kartu peserta digital yg sdah di print bisa jadi lampiran jika mau mencairkan dana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat bisa, Pak. Karena memang itu salah satu fungsinya.

      Hapus
  11. Ini bisa beneran kah?punya saya hilang tapi masih bisa akses kartu digitalnya kemudian saya dafat antrian online nah diatu syaratnya harus membawa KARTU ASLI,nanti kalau sudah kesana dan ditolak bagaimana...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan cetak kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan milik anda tersebut dengan printer berwarna, dan gunakan untuk mengurus pencairan dana JHT. Tidak akan ditolak karena itu aturan resmi dari BPJS TK.

      Hapus
  12. Jadi intinya, setelah download kartu bpjs, trus diprint sendiri, fungsi kartu hasil print itu dah seperti fungsi kartu asli yg hilang? Dan itu bisa digunakan untuk pencairan tanpa harus cari surat kehilangan dari kepolisian dan surat pengantar dari perusahaan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar seperti itu. Silakan dibuktikan sendiri Mas Erwin. :)

      Hapus
  13. Untuk skrng kn bisa pencairan bpjs bisa d lakukan di bank bni, apakah kartu peserta digital yg sudah di print trsbt bisa di terima oleh pihak bank trsbt,atau hrs pakai yg asli krn saya blom di kasih dr pihak perusahaan terakhir bekerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, Pak. Hasil print kartu digital BPJS Ketenagakerjaan memiliki fungsi yang sama dengan kartu aslinya.

      Hapus
  14. Pertanyaan yang sama dengan pak erwin..fungsi kartu digital hasil print apakah sama fungsinya dengan kartu kpj ASLI ?
    dengan tidak melampirkan surat kehilangan dari kepolisian dan surat rekomendasi dari perusahaan apakah bisa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu lagi membuat surat keterangan dari kepolisian, Pak. Cetak kartu digital BPJS Ketenagakerjaan itu sudah cukup.

      Hapus
  15. Pertanyaan yang sama dengan pak erwin..fungsi kartu digital hasil print apakah sama fungsinya dengan kartu kpj ASLI ?
    dengan tidak melampirkan surat kehilangan dari kepolisian dan surat rekomendasi dari perusahaan apakah bisa ?

    BalasHapus
  16. Saya mau nanya pak. Apakah sama no kpj. Dgn no di saldo jamsostek setiap 1 thn sekli keluar ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. No KPJ hanya satu kali keluar, Pak. Tidak tiap tahun. Jika sudah punya no KPJ, no tersebut akan aktif sampai seluruh saldo JHT anda dicairkan.

      Hapus
  17. Apakah kartu bpjstk yg print bisa dipake untuk ngurus pencairan yg 10% mas..???karena kartu yg asli ga tau di mana jatuh nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, karna fungsi kartu yg di print digital sama saja. tinggal di laminating saja jika perlu

      Hapus
    2. Sangat bisa, Mas. Jangan lupa lengkapi syarat-syarat klaim JHT 10% lainnya.

      Hapus
  18. Slmt mlm.sy bekerja diperusahaan A namun sudah resign dan mempunyai 2kpj namun hanya1kpj yg diberikan.. Sy sudah berkordinasi dgn perusahaan A itu,sya dikasih nomor kpj yg sy tanyakan itu,namun pas saya ingin menambahkan kpj di apl bpjstku no tersebut tidak terdaftar..apa yg harus sy lakukan.. Apakah bisa cek kpj lewat nik ktp lewat apl bjstku??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tidak terdaftar berarti no KPJ tersebut memang tidak terdaftar. Silahkan konfirmasi kembali ke perusahaan, kenapa nomornya tidak terdaftar. Barangkali ada kesalahan satu angka, atau jangan-jangan itu sebenarnya no KPJ bodong.

      Lagipula kok bisa Bapak punya 2 KPJ di perusahaan A dalam waktu yang bersamaan?

      Hapus
  19. kartu kpj nya sdh saya download dan sdh saya print, apakah harus saya laminating? biar seperti yg asli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya biar lebih rapi. Tak usah dilaminating sebenarnya tidak masalah.

      Hapus
  20. Mohon maaf mau tanya...
    Kartu bpjs sya hilang sedangkan sya sdh non aktif di perusahaan...
    Trus solusinya gmn?
    Mohon bantuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solusinya silahkan cetak kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan dari aplikasi BPJSTKU sebagai kartu anda yang hilang. Cara cetaknya gampang banget, silahkan baca artikel di atas, ada petunjuk lengkapnya.

      Hapus
  21. Maaf mau tnya, saya memiliki kartu bpjs 2 dengan perusahaan yang sama, saat ini saya sudah risign? Pada pendaftaran online pun hanya satu no kpj yang dimasukan bagaimana kalau saya mau mencairkan dua dua nya pada saat yang bersamaa? Mhon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bawa 2 kartu tersebut beserta masing-masing paklaring pada saat proses klaim di kantor BPJS Ketenagakerjaan.

      Hapus
  22. Kartu digitalku gak muncul muncul kenapa yah ??? Ada solusinya nggak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah sampai sekarang belum muncul juga? Coba perbarui aplikasi BPJSTKu anda dan coba login kembali.

      Hapus
  23. Kak di aplikasi bpjstku saya ngga ada fitur kartu pas di klik profil. Mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin sedang ada bug ataupun sedang peningkatan sistem di aplikasi BPJSTKu. Silahkan dicoba lagi beberapa saat kemudian. Jangan lupa selalu perbarui aplikasinya setiap ada notifikasi, biar lancar.

      Hapus
  24. Maaf pak saya mau tanya, menurut kantor bpjs terdekat kartu bpjs saya gak sesuai SOP, jd gak bisa di klaim. Sebab di fisik kartu hanya tertera no.kpj nya saja, tidak tertera barcode & no.ktp nya. Mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya itu tidak jadi masalah, soalnya itu kartu BPJS Ketenagakerjaan versi lama yang memang belum mencantumkan NIK dan barcode-nya.

      Solusinya bapak cetak kartu digital saja dari aplikasi BPJSTKu sesuai petunjuk di artikel ini. Kartu hasil tersebut nantinya akan ada barcode dan NIK-nya.

      Hapus
  25. permisi mau tanya :
    1. persyaratn yg hrs dilengkapi salah satunya harus ada kartu bpjs dan saya blm diksh oleh pihak perusahaan , tetapi saya sdh download bpjstku dan sdh ada digaleri pertanyaan saya yg ada digaleri hanya bagian depan aja bagian belakangnya tdk ada apa saya hrs searcj digoogle untuk print bagian belakngnya jg ???
    2. Ktp saya paki resi bisa tidak ?

    BalasHapus
  26. Maaf pak, saya mau tanya, saya sudah risen dari PT, nah saya dari PT ngga dapet kartu digital asli, sementara
    Saya lupa print kartu digital yang ada di aplikasi bpjstku, pas saya mau print sudah di non aktifkan, jadi kartu digital nya tidak kelihatan. Gimana cara atasi nya yaa

    BalasHapus
  27. Mau tanya itu kartu digital di aplikasi knpa ga muncul terus ya padahal sdh saya log out sy log in lagi tp ttp ga muncul. Sy soal nya mau mencairkan dana jht tp krtu sy hilang.

    BalasHapus
  28. Mau tanya bang ini bpjs saya gak bisa download itu gmna bang caranya

    BalasHapus
  29. Gmana ya bang cara mengetahui no refensi bpjs, sdangkan kartu bpjs blm dberikan kpda perusahaan??

    BalasHapus
  30. Setelah membaca artikel ini Saya mau langaung coba mengklaim bpjs memakai fasilitas kartu digital keren dan bermanfaat artikel ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang sudah berhasil kah klaim pakai kartu digitalnya?

      Hapus
    2. Banyak yang sudah berhasil. Karena itu memang cara resmi.

      Hapus
  31. Untuk bagian belakang kartunya gmn pak ?

    BalasHapus
  32. Untuk no kpj yg d kartu bpjs tk sama bpjs pnsiun tiap orng sama yah no kpjnya ?
    1 no.kpj 2 kartu,sama kan ?

    BalasHapus
  33. Klo atas nama paklaringnya beda sehuruf gpp,seharusnya "supriatna" malah "supriyatna" pake Y ?

    BalasHapus
  34. Kok kartu digitalnya nggak muncul

    BalasHapus
  35. Maaf kak mau tanya..
    Saya kan kerja di pt fastfood nah dpt 2 kartu jamsostek, trus yg 1 dah aku cairkan dah lama.. Nah kartu satunya tu udah ilang kak,, aku dah ke prsahaan jg, dah ditanya mnt nmr kpj nya, katanya berkas karyawan lama dah dibuang. Prtyan nya bs kah saya minta nmr kpj ke kantor jamsostek ?? Apa aja persyaratan nya. . Sdgkan saya gak tau nmr kpj satunya..

    BalasHapus
  36. Maaf pak mau nanya kok kartu kis saya kok belum selesai2

    BalasHapus
  37. Terima kasih ya mas udah buat referensi mengenai kartu digital BPJS ini yang sangat membantu sekali. Saya mau tanyakan, jdi gak papa ya langsung kita print dari kartu digital, lalu dilampirkan beserta persyaratan lainnya utk mengkalim uang JHT nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sebelumnya,tapi kenapa untuk klaim dibank yang bekerjasama dengan bpjs tidak mau menerima kartu dari hasil print digital yang diprint sendiri...yang sudah jelas2 sah dari kartu itu sndiri

      Hapus
  38. kak mau tanya
    kan saya punya 2 kartu a&b, kartu b saya hilang dan saya mau cetak lewat digital tpi stelah saya input saya keliru input data yg kartu a. dan akhirnya saya daftar lagi untuk input kartu b yg hilang itu,tapi tidak bisa terinput karena no KTP sudah dipakai untuk input kartu a. solusinya gimana ya kak ?

    BalasHapus
  39. Saya mau nanya. Apakah pekerja yg telah non-aktif bisa mencairkan dana JHT walau hanya bekerja selama 5 bulan saja?

    BalasHapus
  40. Apa solusinya jika kartu digital tidak muncul

    BalasHapus
  41. Kartu bpjs saya sudah terdaftar sejak 2016 tp belum juga dicetak sampai sekarang.. cara cek saldonya gmna ya
    . Soalnya saya coba cek di apl ol g bisa

    BalasHapus
  42. Maaf mau tanya, klo mau cetak kartu digital tapi tdk tahu no kpj karena kartu nya hilang gimana?

    BalasHapus
  43. Info yg sangat bermanfaat thanks ya

    BalasHapus
  44. Mau tanya, kalo mau cek saldo bpjsnya Gimana yah, tapi posisi nya kita blm ada kartu trus tdk tau nomor kartunya, sdgkan dari kantor tdk d kasi kartunya

    BalasHapus
  45. Sudah jelas2 seperti diperaturan terbaru kartu digital bisa dimiliki dan bisa cetak lagsung kartunya yang sudah jelas2 sah..kenapa bisa saja dari bank yang kerja sama dengan bpjs tidak mau menerima klaim dengan kartu baru.. alasanya karna kartu diprint sendiri. Saya sangat kecewa dengan pelayananya

    BalasHapus
  46. Maaf mau tanya bisa kah kita langsung mengecek nomor peserta bpjs tenaga kerja ke kantor bpjs tenaga kerja karna nomor keanggotaan bpjs Tk dari tempat bekerja salah

    BalasHapus
  47. Saya sudah kerja 10 taun lebih tapi bpjs dari 2013 bisa di klaim engga..

    BalasHapus
  48. Mohon maaf saya mau bertanya BAPAK/IBU #BPJSKETENAGAKERJAAN Ini berlaku bagi peserta BPJS ketenagakerjaan yg sudah aktif di bulan Juni 2020, jadi yg baru jadi peserta BPJS ketenagakerjaan di bulan Juli 2020 tdk dapat BLT

    BalasHapus
  49. Assallamu allaikum wr.wb. Mohon maaf saya mau bertanya BAPAK/IBU #BPJSKETENAGAKERJAAN, bantuan BLT Rp 600 ribu ini berlaku bagi peserta BPJS ketenagakerjaan yg sudah aktif di bulan Juni 2020, jadi yg baru jadi peserta BPJS ketenagakerjaan di bulan Juli 2020 dantdan seterusnya,tdk dapat BLT ?? 🙏🏻🙏🏻

    BalasHapus
  50. Saya DRIVER GOJEK sdh memdaftar Bpjstk dari PT GOJEK Indonesia sejak 3bulan lalu bahkan SALDO dompet sudah terpotong tiap bulan . Pertanyaan saya hingga skrg detik ini belum memiliki kartu Bpjstk dan bagaimana caranya untuk mengambil kartu Bpjstk saya . Terimakasih

    BalasHapus
  51. Kartu BPJSTKU saya tahun 2017 NIK Benar, kemudian tahun 2018 NIK nya salah. Waktu saya daftarkan berhasil, tapi saya buka ternyata profilnya foto orang lain, sehingga nama dan No Rek.serta Bank nya kosong. Bagaimana solusinyanya ... mohon pencerahannya

    BalasHapus
  52. Kenapa pas cek kartu digital selalu server erro padahal jaringan bagus. Mohon informasinya. Terima kasih

    BalasHapus
  53. Terima kasih atas semua informasinya Admin.
    Soalnya saya belum di berikan fisik kartu oleh perusahaan. Dan saya sudah di rumahkan karna pandemi covid-19. Saya sudah ada Akun BPJSTKU, saya niat mau claim saldo JHT. Tapi kebingungan karna gk punya fisik kartunya. Setelah baca artikel ini, saya jadi tau kalau bisa di print dan ini sah. Terima Kasih banyak 🙏

    BalasHapus
  54. Bgauman cara menghapus kpj di aplikasi BPJStku saya sampe 4 kpj tp satu no kpj di aplikasinya hapunya bagaimana ya..

    BalasHapus
  55. Kenapa data tidak bisa di temukan di bpjs keteagakerjaan

    BalasHapus
  56. Saya mau cetak beberapa kpj (dengan NIK yang sama) di BPJS online,, tetapi kpj yg kedua tidakbisa diakses dengan "keterangan nik yg anda masukan telah terdaftar di email yg pertama".. padahal dalam mengakses kpj yg kedua saya sudah menggunakan email dan nomor HP yang berbeda..

    BalasHapus
  57. kenapa pas liat di aplikasi digital nama yg tertulis di kartu digital gak sama dengan kartu hard copy yg saya punya,solusinya gimana?

    BalasHapus
  58. Selamat malam,saya ada sedikit masalah soal pencarian JHT.dikarenakan waktu mau interview saya mendapatkan bahwa ada penggabungan saldo dari perusahaan A,B dan C.maka saya harus melengkapi data ketiganya,dan saya sudah melengkapi data dari 2 perusahaan,dan dari perusahaan yg ketiga ini yg dulunya saya kira tidak ada BPJS ternyata malah terdaftar karena ketika saya bekerja tidak dapat kartu.pertanyaan saya,bisa saya mendapatkan no.kpj via online? Di bpjstku.karena saya sudah mencoba menanyakan ke perusahaan yg ketiga itu dengan kepengurusan yg sudah berganti mereka bingung.tidak tau nomer kpj saya.untuk memberi surat parkling kan tentunya harus mencantum no.kpj.dan pertanyaan saya kedua,syarat apakah yg harus saya minta untuk bisa mendapatkan nomer BPJS saya? Terimakasih semoga ada solusi terbaik buat saya.

    BalasHapus
  59. Bagaimana cara mengambil kartu digitalx sdgkan email dan kata sandix yg dulu saya lupa sehingga tidak dapat masuk k layanan bpjstku.saya sudah mencoba nlp 175 untk mereset akun namun typ kali nlp sibuk trus

    BalasHapus
  60. Saya tidak di beri kpj di perusahaan. Pertama saya kerja hanya di berikan jaminan pensiun tapi dulu bisa saya cek saldo kok sy krn sy tau nomernya tapi knp sekarang sudah tdk bisa dan muncul bahwa kartu peserta tidak muncul

    BalasHapus
  61. Mohon maaf saya mau tanya kalau sata punya no nomor kpj berbeda karena dulu di perusahaan pertama didaftarinnya beda nomer, sedangkan kartu yang 1 sudah hilang dan mau log in bpjstku nik nya sudah terdaftar oleh kartu yang satunya lagi jadi tidak bisa. Bagaimana mendapat kartu elektroniknya ya?

    BalasHapus
  62. Saya mau tanya kalo lupa email n password gmn yak..pas masuk form pendaftaran pengguna kok nik, nama & tgl lahir saya salah..apa perlu pengkinian data min..mohon informasinya

    BalasHapus
  63. Cara membuat kartu bpjs pensiun digital.. gmana yah?.

    BalasHapus
  64. Mau tanya donk..
    Sy bekerja 1 prusahaan 4x kontrak dapet 4 kartu, nah kartu pertama hilang nomernya pun lupa, gimna solusinya apakah bisa kekantor cabang minta nomer kpj..

    BalasHapus
  65. Saya memiliki 2 kartu jht dalam 1 perusahaan,apakah kedua-duanya sah?

    BalasHapus
  66. Mohon info untuk punya atatus sya masih aktif.sdangkan paklaring sya sudah kluar. Dan sya punya no 2 kpj yg beda. Yg pertama sudah tidak aktif. Dan yg ke 2 sya audah dapat paklaring. Dan sudah tdk bekerja 1 1/2 bulan.

    BalasHapus
  67. Selamat sore pak/bu
    Mau tnya ne pak/bu
    Saya kan sudah klaim bpjs ketenagakerjaan cuma kurang persyaratan yah karna
    Kartu bpjs dari perusahaan yg pertama ga kasih cuma di kasih paklaring doang
    Bisa tidak di treking / di liat nmr bpjs ya di kantor bpjs
    Soalnya dari perusahaan yg sekarang lengkap kasih dokumen yah
    Cuma yg di perusahaan yg pertma doang tidak mengasih kartunya cuma paklaring doang
    Kalau perusahaan pertama masih tetep tidak kasih bisa tidak di ganti dengan surat rekomendasi dari perusahaan pertama
    Mohon penjelasan yah pak

    BalasHapus
  68. Maaf mau tanya kalo di paklaring tertulis mulai bekerjanya 2010 tapi di kartu BPJS nya 2018 itu bagaimana saat proses pencairan nya iya ?
    Apa nanti nya bermasalah

    BalasHapus