Cara Mengganti No HP Pada Aplikasi BPJSTKU dan Layanan SMS 2757 BPJS Ketenagakerjaan

Kali ini kita akan bahas bagaimana cara mengubah nomor handphone di akun aplikasi BPJSTKU (aplikasi pengganti BPJSTK Mobile), termasuk juga cara merubah nomer henpon yang kita gunakan untuk Layanan SMS 2757 BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek.

Tentunya memiliki nomer HP pribadi yang valid dan masih aktif mutlak diperlukan bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang ingin memperoleh berbagai layanan BPJS TK online. Misalnya ketika membuat akun BPJS TK, kita wajib mensubmit nomor henpon untuk aktivasi. Baik akun yang dibuat melalui layanan E-Service pada Website BPJS Ketenagakerjaan, maupun yang dibuat lewat Aplikasi BPJSTKU di smartphone android, semuanya membutuhkan nomor henpon untuk aktivasi.

Selain untuk aktivasi, nomer HP yang kita submit tersebut juga berguna untuk mereset PIN seandainya sewaktu-waktu kita lupa dengan PIN atau password untuk login ke akun BPJS Ketenagakerjaan kita. Maka dari itu, diperlukan no hape aktif dan valid milik pribadi, bukan menggunakan nomor hp orang lain.

Mengganti no hp pada layanan BPJS Ketenagakerjaan

Untuk diketahui, akun BPJSTK sendiri bisa digunakan untuk cek saldo JHT lewat internet, mengetahui rincian saldo, melihat berbagai program BPJS Ketenagakerjaan, dan berbagai fitur lainnya. Dan yang paling penting dan saat ini semakin banyak dimanfaatkan peserta, yaitu untuk mengajukan pencairan JHT secara online melalui e-Klaim JHT. Tanpa akun BPJS TK, peserta tidak akan bisa klaim saldo JHT-nya secara on-line.


Kemudian Layanan SMS BPJS Ketenagakerjaan 2757, -yang terdiri atas beberapa layanan seperti cek saldo JHT, ganti PIN dan cek status kepesertaan masih aktif atau sudah nonaktif-, juga memerlukan no hape untuk registrasi, kemudian juga untuk terus menggunakannya. Sebenarnya hal seperti ini tidak perlu penjelasan mendetail. Sebab namanya saja sudah layanan via SMS, tentu saja membutuhkan nomor telepon seluler yang masih hidup untuk bisa menjalankannya.

Lalu bagaimana jika nomer handphone yang kita gunakan untuk registrasi sudah non aktif, misalnya karena lupa isi ulang pulsa sehingga tau-tau nomernya sudah mati. Atau ponsel kita hilang. Atau kartu SIM hp kita rusak atau diblokir. Atau kita memang ingin membuang no yang lama dan ganti no hape dengan nomor yang baru. Bisakah kita registrasi Layanan SMS 2757 atau membuat akun BPJS TK lagi dengan nomor yang baru?

Jawabannya adalah tidak!

Jika no KPJ/nomor referensi kartu BPJS ketenagakerjaan sudah pernah kita daftarkan pada Layanan SMS 2757, kita tidak akan bisa registrasi lagi. Maka untuk tetap bisa menggunakan Layanan SMS 2757 kita cukup merubah no lama (nomer yang kita gunakan untuk registrasi) dengan no yang baru. Caranya mudah yaitu dengan mengirim SMS ke 2757 dengan format:


DAFTAR(spasi)GANTI(spasi)NO_HP_Baru#NO_HP_LAMA#NO_KTP


Kirim ke 2757

Contoh:

DAFTAR GANTI 081213141516#085857565554#1401073010890002


Kirim ke 2757

Selain lewat SMS, cara merubah nomer HP pada kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan juga bisa melalui aplikasi BPJSTKU dan website BPJS TK. Caranya log in ke akun kita, kemudian masuk ke menu profile, pengaturan lalu ganti nomor handphone dengan memasukkan nomer hp yang lama dengan no henpon yang baru.

Gampang kan?

Nah, yang jadi masalah bagaimana jika kita lupa tidak ingat dengan nomor hp lama kita?

Karena prosedur penggantian no handphone wajib memasukkan no henpon yang lawas, mau tidak mau kita harus mencari tahu nomor handphone lama kita tersebut. Mungkin bisa dengan cara bertanya kepada teman-teman atau sanak saudara yang barangkali masih ingat atau menyimpan no lama kita.

Atau bisa langsung menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan melalui telepon di nomor (021) 1500910, bisa juga dengan kirim pesan lewat Official Facebook atau Twitter resmi BPJS Ketenagakerjaan. Layanan aduan baik lewat telepon maupun sosmed ini buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga pukul 22.00 WIB. Silakan sampaikan keluhan bahwa kita ingin mengganti nomor handphone pada akun BPJS TK atau Layanan SMS 2757, tapi kita lupa dengan nomor hp kita yang lama.


Biasanya nanti kita akan dimintai data-data kepesertaan seperti nama lengkap, nama ibu kandung, nomor referensi/no KPJ, NIK/nomor EKTP, dan tempat tanggal lahir. Gunanya untuk melacak akun BPJS Ketenagakerjaan kita untuk kemudian dicek seluruh data-data kita termasuk nomor hp lama yang pernah kita masukkan.

Kalau sudah mendapatkan no hape yang lama, selanjutnya kita tinggal melaksanakan proses perubahan nomor yang petunjuknya sudah dijelaskan di atas.
Seperti itulah caranya ganti nomor henpon yang lama dengan no hp yang baru pada akun aplikasi BPJSTKU maupun pada Layanan SMS 2757 BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek. Mudah-mudahan informasi tersebut bisa menjadi solusi bagi teman-teman yang sedang bingung bagaimana langkah-langkah merubah no hp pada layanan online BPJS TK. Terima kasih.

31 Responses to "Cara Mengganti No HP Pada Aplikasi BPJSTKU dan Layanan SMS 2757 BPJS Ketenagakerjaan"

  1. Kok ga bisa gan ?
    Masih tetap no hp yg lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akun facebook saya di heack yg tidak bertanggung jawab tolong batu saya untuk menemukan akun saya yg kene heack nama facebook Frontal Gaming

      Hapus
  2. Top bgt infonya nice ini yg di katakan canggih,semoga info2 ini semakin canggih & maju, thks bgttt niceeeeee

    BalasHapus
  3. pak nomer saya ilang jd nomer d BPJS ketenagakerjaan nya gak bisa d buka..cara mengaktifkan nya gmna ia pak dengn nomer hp yg baru

    BalasHapus
  4. Mau tanya , klo prnh dftr tpi menggunakan email dan no hp ygsdh tidak aktif sedangkan sekarang mau ganti email sma no hp ny gmn ya caranya, makasih

    BalasHapus
  5. Saya mau tanya gmn cara ny mendaftar bpjs dengan email yg baru soal ny yg lama sdh tdk di pakai mksh

    BalasHapus
  6. Saya mau tanya saya mau ganti nomor hp via SMS tapi ko ttp ga bisa kenapa ya

    BalasHapus
  7. Kenapa susah masukin nmr hp yg 13digit.mohon di jawab.terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saya juga 1digit lfi nmr nya ga bisa msuk, trsklw ) lewat link bpjs tku nya jga ga bisa msuk yg sms kodenya yg 6 digit

      Hapus
  8. Bagaimana cara,agar tau no.kpj,yg kartu peserta yh hilang....

    BalasHapus
  9. Mau ganti akun baru gimana caranya

    BalasHapus
  10. Gk bisa ....sdh d coba msh tetap no yg lama

    BalasHapus
  11. cara menghapus email lama,ganti email baru gmna bos.mks

    BalasHapus
  12. Sudah mengajukan e-klaim tapi blm dapet email dari bpjs nya kenapa ya?

    BalasHapus
  13. Saya punya ktp tapi beda nik sama kk apabisa caorc

    BalasHapus
  14. nomor hp saya 13. ga bisa di gunakan gan

    BalasHapus
  15. Saya mau ganti email gimana cara nya ya. Soalnya akun lama di hack ama org lain

    BalasHapus
  16. Saya mw nanya cara reset akun bpjsketenagakerjaan yang sudah pernah terdaftar.karna saya lupa email&pasword

    BalasHapus
  17. Saya mau ganti email dan no hp gmb caranya?

    BalasHapus
  18. mau taya syah mau ganti email.sma no hp lama soalya no hp lma lupa no ya sma paswot ya..jdi nga bisa masuk

    BalasHapus
  19. saya mau ganti nomor kpj ketenagakerjaan di bpjstku gimana ya??? soalnya yg terdaftar kpj istri saya bukan kpj saya...

    BalasHapus
  20. Bagai mana cara masuk akun bpjs ketenaga kerjaan tapi lupa email dan paswor

    BalasHapus
  21. cara y salah terus seperti di contoh

    BalasHapus
  22. gmn caranya sy mw tau no hp yg pernah sy daftarkan dl y,soalnya ud lupa.mksh

    BalasHapus
  23. No rekening bank saya ketukar mohon bantuan nya?

    BalasHapus
  24. no hp sya gk aktif lagi gmna cra mnrima link bantuan bpjs

    BalasHapus
  25. Bpjs saya blum ada no ponsel nya, gmn cara menambahkan no ponsel??

    BalasHapus
  26. No telpon lama saya sudah lama mati/sudah tidak bisa di gunakan lagi,emailnya saya baru ingat.
    Pas saya mau bikin email kan di minta no telpon untuk kode verifikasi,gmn saya mw dapt no kode tuh sdngkan no telpon saya saja tidak bisa di gunakan.

    BalasHapus
  27. Saya mau ganti nmr hp yg 13digit nmr trakhirnya ga bisa msuk trs, trs lwt link jga susah jga, lwt sms jga gagal trs knpa ya?

    BalasHapus