Daftar Kantor BPJS Kesehatan di Papua Barat Beserta Alamatnya

Inilah daftar kantor cabang (KC) dan Kantor Layanan Operasional Kabupaten (KLOK) BPJS Kesehatan yang ada di seluruh wilayah provinsi Papua Barat lengkap beserta alamatnya. Meliputi alamat kantor BPJS Kesehatan kota Sorong, Manokwari, kabupaten Raja Ampat, Sorong Selatan, Maybrat, Tembrauw, Fak-Fak, Teluk Bintuni, Kaimana dan Wondama.

Kantor-kantor BPJS Kesehatan se provinsi Papua Barat tersebut berada di regional XII Kedeputian Wilayah Papua dan Papua Barat, yang kantor pusatnya berada di Jl. Raya Kotaraja No. 46 PO BOX 152 Abepura, Jayapura 99225 (0967) 581638 (0967) 581639.

Kantor cabang BPJS Kesehatan kota Sorong

Untuk diketahui, bahwa pada tahun baru 1 Januari 2019 nanti, seluruh penduduk Indonesia harus sudah terdaftar pada program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Miskin, kaya, anak kecil, tua, muda, pekerja perusahaan, pekerja mandiri, pengangguran, pokoknya semua wajib ikut BPJS Kesehatan tanpa terkecuali.

Bagi anak-anak dan istri tentu harus didaftarkan oleh kepala keluarga. Sementara bagi masyarakat miskin dan tidak mampu, iurannya akan dibayarkan oleh pemerintah. Beruntung yang statusnya karyawan atau pekerja perusahaan, karena kepesertaan pada BPJS Kesehatan dan sebagian besar iurannya ditanggung oleh perusahaan tempat bekerja.

Dengan begitu, selain harus ikut BPJS Ketenagakerjaan, kita sebagai pekerja perusahaan juga diwajibkan ikut BPJS Kesehatan. Jika BPJS Ketenagakerjaan memberi jaminan sosial dari sisi ekonomi, kecelakaan kerja, kematian dan pensiun, maka BPJS Kesehatan memberi jaminan sosial di bidang kesehatan bagi karyawan beserta keluarga inti karyawan yang bersangkutan. Keduanya penting dan memang wajib untuk diikuti oleh karyawan.


Dan jika pada 1 Januari 2019 nanti tidak atau belum terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, maka pemerintah akan memberikan sanksi administratif.

Bagi perorangan yang tidak mendaftarkan diri dan keluarganya ke BPJS Kesehatan, maka akan dikenai sanksi tidak mendapatkan pelayanan publik tertentu oleh pemerintah, pemerintah daerah provinsi, kabupaten/kota, antara lain:
  • IMB (Izin Mendirikan Bangunan)
  • SIM (Surat Izin Mengemudi)
  • Sertifikat Tanah
  • Passport dan
  • STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)
Sementara bagi perusahaan-perusahaan yang tidak mengikutsertakan tenaga kerjanya pada program BPJS Kesehatan, maka akan mendapat sanksi berupa teguran tertulis, denda, dan tidak akan mendapat pelayanan publik tertentu yang meliputi:
  • Perizinan terkait usaha
  • Izin yang diperlukan dalam mengikuti tender proyek.
  • Izin memperkerjakan tenaga kerja asing.
  • Izin perusahaan penyedia jasa pekerja/buruh.
  • Izin Mendirikan Bangunan (IMB).
Berikut ini kami sajikan informasi daftar alamat kantor cabang BPJS Kesehatan di seluruh Papua Barat. Barangkali ada teman-teman yang sedang mencari dimana lokasi kantornya karena mau daftar menjadi peserta, cetak kartu, bayar iuran, perubahan data serta keperluan-keperluan lainnya terkait kepesertaan. Atau mungkin teman-teman buruh pekerja perusahaan, yang berniat melaporkan pihak perusahaan karena tidak mendaftarkan para karyawannya pada program BPJS Kesehatan.

Silahkan datang pada jam kerja atau jam operasionalnya kantor BPJS Kesehatan. Bagi yang belum tahu, kantor BPJS Kesehatan buka dari hari Senin sampai dengan hari Jumat, mulai jam 08.00 pagi sampai dengan jam 05.00 sore.

KC SORONG

Jl. Sungai Maruni KM10 Masuk, Samping Ruko Yupiter (0951) 329753 (0951) 327176.

KLOK Raja Ampat

Jl 30 Waisai, Kelurahan Waisai Kota Kab Raja Ampat.

KLOK Sorong Selatan

Jl Teminabuan - Ayamaru Kamp. Wetmit Kelurahan Kaibus.

KLOK Sorong

Jl Klamomo KM 19 Aimas (Depan SMP N 3).

KLOK Maybrat

Kumurkek - Maybrat.

KLOK Tambrauw

Jl. Tambaruw Werur Saussapor.

KC MANOKWARI

Jl. Irian-Kampung Ambon Kel. Manokwari Timur, Kab. Manokwari, Papua Barat (0986) 211416 (0986) 211416.

KLOK Fak-Fak

Jl Jendral Sudirman Kompleks RSUD FakFak.

KLOK Tel. Bintuni

Jl H Siregar Tahiti.


KLOK Kaimana

Jln Batu Putih Krooy Kilo Meter 2 RSUD Kaimana.

KLOK Wondama

Jl Raya Wasior miey Kelurahan Maniwak Wasior.

Itulah daftar Kantor-kantor Cabang BPJS Kesehatan yang tersebar di seluruh wilayah provinsi Papua Barat. Harapan kami semoga informasi tersebut bermanfaat bagi teman-teman di Kaltim yang sedang mencari dimana letak kantor BPJS Kesehatan terdekat dari tempat domisili.

0 Response to "Daftar Kantor BPJS Kesehatan di Papua Barat Beserta Alamatnya"

Posting Komentar