Cara Membuat Akun Aplikasi BPJSTKU Untuk Peserta BPJS Ketenagakerjaan Penerima Upah

Cara mendaftar akun aplikasi BPJSTKU adalah topik yang akan blog janganganggur.blogspot.com bahas kali ini. Karena memang sejak di tahun 2018 lalu ini aplikasi BPJSTKU mulai diberlakukan menggantikan aplikasi BPJSTK Mobile yang sekarang sudah tidak bisa digunakan lagi.

Di artikel ini kita hanya akan membahas tentang tata cara pendaftaran akun BPJSTKU untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan Penerima Upah/bekerja pada pihak lain/karyawan perusahaan. Untuk diketahui, aplikasi BPJSTKU ini sangat berbeda dengan aplikasi sebelumnya. Dulu saat masih BPJSTK Mobile, aplikasinya hanya diperuntukkan bagi peserta BPJS TK yang berstatus karyawan perusahaan di dalam negeri saja.

Namun sekarang setelah adanya pembaharuan dan berubah nama menjadi BPJSTKU, aplikasi ini bisa digunakan oleh semua peserta BPJS Ketenagakerjaan dari kalangan mana saja. Baik pekerja perusahaan (Penerima Upah), pekerja mandiri (Bukan Penerima Upah), hingga pekerja migran Indonesia alias TKI di luar negeri.

Aplikasi BPJSTKU BPJS Ketenagakerjaan pengganti aplikasi BPJSTK Mobile

Untuk memulai menggunakan aplikasi BPJSTKU, silakan download dulu aplikasinya di Google Playstore, kemudian instal di handphone Android milik teman-teman. Dan sebenarnya, tanpa membuat akun pun kita sudah bisa menikmati beberapa fitur seperti baca-baca berita seputar BPJS TK, informasi alamat-alamat kantor cabang, informasi diskon-diskon khusus bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan, dan beberapa menu lainnya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Lupa PIN/Password di Akun Aplikasi BPJSTKU

Tapi kita wajib melakukan registrasi terlebih dahulu agar memperoleh semua manfaat aplikasi BPJSTKU secara full. Seperti Cek Saldo JHT, Informasi Rincian Saldo JHT, menghitung simulasi saldo JHT, informasi kepesertaan, unggah foto profil pribadi, dan beberapa manfaat tambahan lainnya. Tinggal meng-klik klik fitur-fitur yang telah disediakan. Dan walaupun belum bisa digunakan, mungkin masih dalam tahap pengembangan, di aplikasi BPJSTKU juga terdapat menu klim JHT secara online. Sungguh menyenangkan jika nanti kita benar-benar bisa mengajukan pencairan dana JHT melalui aplikasi BPJSTKU.

Oh iya, jika sebelumnya kita sudah pernah registrasi akun BPJS TK di website BPJS Ketenagakerjaan baik lewat browser di smartphone maupun di komputer (laptop), atau dulu sudah daftar akun menggunakan aplikasi BPJSTK MOBILE, kita bisa langsung menggunakan aplikasi BPJSTKU. Tidak perlu registrasi lagi. Karena itu artinya kita sudah memiliki akun. Tinggal Log In menggunakan email dan PIN yang waktu itu digunakan untuk mendaftar.

Tapi tidak perlu khawatir bagi yang belum pernah mendaftar dan belum memiliki akun, karena kita bisa registrasi langsung lewat aplikasi BPJSTKU yang telah diunduh tadi. Sebelum memulai proses pembuatan akun, angan lupa siapkan barang-barang berikut ini:

  • KTP untuk diambil Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  • Kartu BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek Peserta Penerima Upah untuk diambil nomor kepesertaannya.
  • Email pribadi aktif dan masih bisa diakses.
  • Nomor handphone pribadi yang aktif.

MOHON PERHATIAN!

Mengingat BPJS Ketenagakerjaan terus berinovasi mengembangkan aplikasi BPJSTKU ini agar semakin lebih mudah digunakan serta informasi yang diberikan lebih lengkap, teman-teman jangan bingung ketika nanti membuka tampilan aplikasinya berbeda dengan yang ada di gambar dalam artikel ini. Karena terus diperbarui, maka tampilan aplikasi BPJSTKU kemungkinan besar juga akan terus mengalami perubahan semakin lebih baik dan ringan. Tapi tidak perlu khawatir, meski tampilannya berbeda dengan yang ada di artikel ini, cara pendaftaran dan data-data yang diinput/dimasukkan ketika registrasi tetap sama dengan yang kami jelaskan pada artikel ini.

Dan berikut  langkah-langkah  membuat akun aplikasi BPJSTKU:

1. Buka Aplikasi BPJSTKU. Klik pada menu Profile yang terletak di sudut kanan bawah (dilingkari merah). Setelah itu akan ada pemberitahuan yang bunyinya: Perhatian. Layanan ini khusus untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan, silahkan Login jika sudah memiliki akun atau lengkapi data kepesertaan Anda untuk dapat mengakses layanan ini. Klik saja pada LANJUTKAN.

Tampilan beranda Aplikasi BPJSTKU

2. Karena kita baru akan membuat akun, tentu saja yang diklik adalah Buat Akun.

Cara Login ke aplikasi BPJSTKU

3. Masukkan Nama lengkap dan alamat e-mail kita. Nanti kita akan dikirimi kode verifikasi ke email tersebut. Email tersebut juga yang nantinya menjadi username kita untuk log in aplikasi BPJSTKU. Selanjutnya klik SELANJUTNYA.

Cara Mendaftar akun aplikasi BPJSTKU

4. Sampailah di tahap verifikasi email. Periksa kotak email yang kita gunakan mendaftar tadi. Akan ada kiriman kode dari BPJS Ketenagakerjaan berupa enam dikit angka. Hal ini untuk memastikan bahwa email tersebut adalah benar email kita dan tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak berkepentingan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Akun BPJSTKU Yang Tak Bisa Login Akibat Lupa Nama Email Dan Password E-MAIL

5. Kembali ke aplikasi BPJSTKU. Masukkan kode verifikasi yang kita terima via email tadi. Lalu klik VERIFIKASI.

Foto petunjuk Pendaftaran akun BPJSTKU

6. Masukkan PIN berupa angka-angka maksimal 6 digit. Masukkan sekali lagi PIN tersebut untuk konfirmasi, tentunya angkanya harus sama biar berhasil. Guna PIN ini nanti untuk Log In ke aplikasi BPJSTKU. Jika email sebagai username, maka PIN ini fungsinya sebagai password. Kalau sudah klik SELANJUTNYA.

Gambar petunjuk Daftar akun BPJSTKU BPJS Ketenagakerjaan

7. Selanjutnya konfirmasi kepesertaan. Akan ada pertanyaan Apakah Anda peserta BPJS Ketenagakerjaan dan memiliki Nomor KPJ serta memiliki KTP Elektronik? Klik saja pada kotak jawaban YA, SAYA PESERTA.


8. Tahap selanjutnya adalah memasukkan nama kita. Ingat, nama yang dimasukkan harus nama lengkap yang sesuai dengan yang ada di e-KTP. Setelah itu klik SELANJUTNYA.


9. Masukkan tanggal bulan tahun kelahiran kita. Tanggal lahir yang diinput juga harus sesuai dengan yang tercantum di KTP Elektronik. Kalau sudah klik SELANJUTNYA.


10. Masukkan nomor KTP alias Nomor Induk Kependudukan (NIK) kita. Pastikan NIK yang kita masukkan sama dengan yang tertera di KTP. Jangan kurang atau salah satu angka pun. Lalu klik SELANJUTNYA.


11. Masukan no KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) atau kalau sekarang disebut nomor Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Klik SELANJUTNYA.

Daftar akun BPJSTKU BPJS Ketenagakerjaan


Baca Juga: Cara Mengetahui Nomor Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) dan BPJS Ketenagakerjaan

12. Masukkan nomer handphone kita. Nomor hape yang diinput wajib no hp yang masih aktif dan milik kita sendiri. Karena nantinya nomer HP ini akan digunakan untuk konfirmasi seandainya kita lupa PIN akun BPJSTKU. Setelah itu klik SELANJUTNYA.


13. Masukkan kode verifikasi yang dikirim ke nomor handphone kita. Terakhir klik LANJUTKAN.

Setelah itu tinggal menunggu beberapa saat menunggu pendaftaran akun kita diproses. Jika data-data yang diinput tadi benar semua dan cocok dengan data-data kependudukan yang sudah tersimpan di database BPJS Ketenagakerjaan, dijamin registrasi akun akan berhasil 100%. Tapi jika ada salah satu data saja yang tidak cocok, registrasi otomatis akan ditolak oleh sistem. Dan ada notifikasi data mana yang tidak cocok. Silakan mengulang registrasi dengan lebih cermat dan diteliti, siapa tahu tadi ada angka yang kurang atau salah. Seperti itu.

Cara daftar akun BPJS Ketenagakerjaan di aplikasi BPJSTKU versi terbaru silahkan Klik Disini.

Demikian prosedur dan persyaratan membuat akun BPJS TK bagi peserta penerima upah sebagai syarat untuk bisa menggunakan aplikasi BPJSTKU secara full. Semoga informasi ini bermanfaat terutama bagi teman-teman yang masih bingung bagaimana cara daftar akun BPJSTKU.

167 Responses to "Cara Membuat Akun Aplikasi BPJSTKU Untuk Peserta BPJS Ketenagakerjaan Penerima Upah"

  1. Mau tanya,,saya kan punya 2 kartu bpjs,,awalnya di bpjstku terraftar yang terbaru saya iseng2 nambahin bpjs lama saya,,tpi skrang stiap kli login yg muncul jdi selalu kartu bpjs lama saya,,untuk biar bisa bpjs baru saya tampil lagi gimana y,,,

    BalasHapus
  2. mau tanya, saya sudah berusaha masuk ke aplikasi bpjstku dan berhasil tapi setelah saya mau lihat saldo jht saya saya minta sama aplikasi bpjstku harus memasukan pin, nah ini pin yang mana ya dan bagaimana mendapatkannya, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perhatikan langkah no 6 di atas, Mas. Itulah PIN yang harus dimasukkan. PIN tersebut tentunya anda sendiri yang menentukannya dengan angka-angka yang gampang diingat, sama kayak PIN ATM.

      Hapus
  3. saya uda daftar diminta nama ibu kandung tapi gakbisa apa cata daftar yg menggunakan ibu kandung itu akun penipu untuk mengambil data saua apa gemana mohon pencerahanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau registrasi lewat website BPJS Ketenagakerjaan, memang diminta memasukkan nama ibu kandung, dan itu bukan penipuan. Tapi kalau daftarnya via aplikasi BPJSTKU, tidak ada pertanyaan nama ibu kandung.

      Hapus
  4. Admin yth
    Mhn info saya buat account selalu ditolak ken no ektp tdk sesuai padahal no ektp yg di ktp dan yg di kartu bpjs sama tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan aplikasi BPJSTKU sedang dalam proses perbaikan dan pengembangan, sehingga tidak bisa digunakan maksimal. Silahkan dicoba kembali secara berkala, jika masih gagal juga bisa telepon ke call center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 15000910, agar dilacak penyebabnya apa.

      Hapus
    2. Sekarang kendala saya juga sama, ga bisa login keterangan nya NIK tidak valid, padahal no nik dari dulu itu, itu knapa ya? Apa harus datang ke kantor bpjs ketenagakerjaan nya?

      Hapus
    3. Saya sudah memiliki 2 no kartu bpjs... Yg 1 bisa di buka, tapi yg 1 ga bisa terdaftar krna nik yg saya masukan sudah terdaftar di kartu bpjs sebelumnya..jadi solusinya gimna ya?

      Hapus
  5. Mau nanya...
    Mau log in tp stelah nya malah ada tulisan
    Your key is invalid mksud nya apa...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aplikasi BPJSTKU sedang dalam proses pemeliharaan sistem, jadi tidak bisa digunakan secara maksimal. Silakan dicoba lagi beberapa hari lagi. Jika masih gagal juga, silahkan hubungi call center BPJS Ketenagakerjaan nomor 15000910, nanti Anda akan diminta informasi data: 1. Nomor referensi/nomor kepesertaan; 2. Nama lengkap; 3. Tempat dan tanggal lahir; 4. Nama ibu kandung; 5. Nomor EKTP. Terima kasih.

      Hapus
    2. Mau nanya mas kok ga bisa kedaftar bikin BPJS yg baru yg lama udh di cairkan mau daftar lagi kok NIK nya sudah terdaftar gabisa liat saldo BPJS yg baru

      Hapus
  6. mau tanya knpa setiap saya daftar keterangannya ktp tidak terdaftar pdhal saya benar memasukan nik ktpnya mohon jawabnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf itu kemungkinan karena Aplikasi BPJSTKU sedang dalam proses pemeliharaan sistem, jadi belum bisa digunakan secara maksimal. Silakan dicoba lagi beberapa hari kedepan. Jika masih gagal juga, hubungi saja call center BPJS Ketenagakerjaan nomor 15000910, nanti Anda akan diminta informasi data: 1. Nomor referensi/nomor kepesertaan; 2. Nama lengkap; 3. Tempat dan tanggal lahir; 4. Nama ibu kandung; 5. Nomor EKTP. Terima kasih.

      Hapus
  7. Admin mau nanya,,kenapa pas saya mau daptar,pas masukin no e-ktp nya selalu salah padahal udah bener udah berulang juga masih aja tetep sama katanya tidak terdaptar,itu gimana ya,mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf itu kemungkinan karena Aplikasi BPJSTKU sedang dalam proses pemeliharaan sistem, jadi belum bisa digunakan secara maksimal. Silakan dicoba lagi beberapa hari kedepan. Jika masih gagal juga, hubungi saja call center BPJS Ketenagakerjaan nomor 15000910 untuk dicarikan solusinya. Terima kasih.

      Hapus
  8. Koq aq kesulitan daftar sih, min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf itu kemungkinan karena Aplikasi BPJSTKU sedang dalam proses pemeliharaan sistem Pak Butoijo, jadi belum bisa digunakan secara maksimal. Silakan dicoba lagi beberapa hari kedepan. Jika masih gagal juga, hubungi saja call center BPJS Ketenagakerjaan nomor 15000910 untuk dicarikan solusinya. Terima kasih.

      Hapus
  9. Mau tanya, knpa setiap mau daftar ko terjadi kesalahan terus ya min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf mbak Leni, itu kemungkinan karena sedang dalam proses pemeliharaan sistem di BPJS Ketenagakerjaan, jadi seluruh layanan online-nya belum bisa digunakan secara maksimal. Silakan dicoba lagi beberapa hari kedepan. Jika masih gagal juga, hubungi saja call center BPJS Ketenagakerjaan nomor 15000910 untuk dicarikan solusinya. Terima kasih.

      Hapus
  10. Verifikasi nomor hp kenapa tidak dikirim2 padahal nomornya sudah benar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf untuk saat ini sedang ada proses pemeliharaan sistem di BPJS Ketenagakerjaan, jadi seluruh layanan online-nya termasuk aplikasi BPJSTKU belum bisa digunakan secara maksimal. Silakan dicoba lagi beberapa hari kedepan. Jika masih gagal juga, hubungi saja call center BPJS Ketenagakerjaan nomor 15000910 untuk dicarikan solusinya. Terima kasih.

      Hapus
  11. Maaf akun BPJS saya lupa pin dan no hp lama sudah ganti bagaimana caranya untuk memulihkan pin baru saya dengan no hp baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan hubungi call center BPJS Ketenagakerjaan nomor telepon 15000910, nanti Anda akan diminta informasi data:
      1. Nomor referensi/nomor kepesertaan;
      2. Nama lengkap;
      3. Tempat dan tanggal lahir;
      4. Nama ibu kandung;
      5. Nomor EKTP.

      Setelah itu akun Anda akan direset. Terima kasih.

      Hapus
  12. Susah bgt padahal sudah tlp call center tapi petunjuk nya saya coba ga bisa,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf. Susahnya bgt itu seperti apa, Pak? Susan log in atau bagaimana?

      Hapus
  13. Mau tanya klo buat akun gagal trus peringatannya "nomor e-ktp anda tidak terdaftar"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane sudah ke catatan sipil untuk update data e-ktp tetapi masih blm bisa..
      Apakah ane harus ke kntor bpjs??

      Hapus
    2. Mohon maaf, layanan online BPJS Ketenagakerjaan memang sering ada proses pemeliharaan sistem di BPJS Ketenagakerjaan, jadi seluruh layanan online-nya termasuk aplikasi BPJSTKU belum bisa digunakan secara maksimal. Silakan dicoba lagi beberapa hari kedepan. Jika masih gagal juga, hubungi saja call center BPJS Ketenagakerjaan nomor 15000910 untuk dicarikan solusinya. Terima kasih.

      Hapus
  14. Saya mau tanya, pas saya buat akun, ko saya fk meriam kode verifikasi.y, itu knpa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedang ada perbaikan sistem di BPJS Ketenagakerjaan, Pak. Jadi ada sedikit gangguan. Silahkan dicoba kembali secara berkala.

      Hapus
  15. Duh ko bingung mau registrasinya aja ga masuk masuk, lagi lagi ada tulisan sudah terdaftar, jdi bingung gni gra gara kartunya ilang. Tambah ribet aja mau ngambil hak sendiri juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di BPJS ketenagakerjaan sedang ada pemeliharaan sistem online, Pak. Jadi mohon maaf untuk sementara ini beberapa layanan online-nya termasuk aplikasi BPJSTKU, belum bisa digunakan secara maksimal. Silahkan dicoba kembali beberapa hari ke depan. Terima kasih.

      Hapus
  16. Maaf mau tanya ms/ mbk admin hp saya polytron zap 5 klu setiap mau instal bpjstku yg versi trbaru ko ga bisa ya perangkat hp anda blm kompatibel gitu maksudnya gmn ya mhn pncerahanya trm ksh ... !

    BalasHapus
  17. Maaf mau tanya ms/ mbk admin hp saya polytron zap 5 klu setiap mau instal bpjstku yg versi trbaru ko ga bisa ya perangkat hp anda blm kompatibel gitu maksudnya gmn ya mhn pncerahanya trm ksh ... !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan karena sedang pemeliharaan sistem di BPJS Ketenagakerjaan, jadi error belum bisa diinstal. Silahkan dicoba lagi beberapa hari mendatang. Terima kasih.

      Hapus
  18. Mau nanya misalkan klo nmr yg hp yg didaftarkan di bpjs tsb.. Dipakai lg untuk bikin email lgi. Bisa apa gk ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan pengalaman pribadi saya dulu, satu nomor bisa digunakan untuk mendaftar dua email. Entah jila sekarang peraturannya sudah berubah. Silakan dicoba saja bisa atau tidaknya. Dan, hal ini kan tidak ada hubungannya dengan BPJS Ketenagakerjaan. :)

      Hapus
  19. Mau nanya ,, kan saya sudah terdaftar diregistrasi nya , diemail pun sudah ada pesannya tp pas dan sdh ada keterangan berhasil
    Nah,pas login kok emailnya gak terdaftar ktrgnnya ya,itu knp???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedang ada pemeliharaan sistem online di BPJS Ketenagakerjaan, Pak. Jadi beberapa layanan online-nya belum bisa digunakan termasuk aplikasi BPJSTKU. Terima kasih.

      Hapus
    2. Setiap bulan mau cek saldo bpjstku di mobile tapi selalu ketika login muncul keterangan "email belum terdaftar". Ketika cek lagi udh terdaftar. Bingung nyaaa...

      Hapus
  20. Saya mau ganti nomer hp yg aku daftarin sblumy..daftary d BPJSTKU.mohon pencerahannya..trims..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, bukankah di aplikasi BPJSTKU sudah ada menu ganti nomor handphone? Klik saja fitur tersebut.

      Hapus
  21. Gak bisa login.... Gimana ya.... Jawabanya email sudah terdaftar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, untuk sementara ini sedang ada pemeliharaan pada sistem online BPJS Ketenagakerjaan. Mohon dicoba lagi beberapa hari ke depan.

      Hapus
  22. Gak bisa buat akun.. pasti ada peringatan network error...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedang ada pemeliharaan sistem di layanan online BPJS Ketenagakerjaan, jadi sementara ini Aplikasi BPJSTKU belum bisa digunakan.

      Hapus
  23. Mau nnya sya kanskrngbudh pindh kerja bpjs yg lama udh sya ambil.. Trus sya dftar akun baru dengan memasukan no KJP yg baru.. Tetapi setlah bisa d buka.. Ko knp yg muncul kertu yg lma... Untuk cara ganti nomer KJP yg baru gmna yaa.. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan hubungi call center BPJS Ketenagakerjaan via sosial media atau telepon 15000910, nanti Anda akan diminta informasi data:
      1. Nomor referensi/nomor kepesertaan;
      2. Nama lengkap;
      3. Tempat dan tanggal lahir;
      4. Nama ibu kandung;
      5. Nomor EKTP.

      Setelah itu akun Anda akan direset ulang. Terima kasih.

      Hapus
  24. Admin mau tanya dong.saya udh pernh daftar akun bpjs tpi udh lupa ps.kalau kita mau buat akun dgn email baru bisa tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa Pak. Jika lupa password akun BPJSTKU bisa menghubungi BPJS Ketenagakerjaan via sosial media atau telepon ke 15000910, nanti Anda àkan diminta data-data kepesertaan kemudian akan direset akun.

      Hapus
  25. mau tanya nama dan tanggal lahir salah padahal di kartu peserta dan e-ktp sudah benar. mohon penjelasannya makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedang ada pemeliharaan di sistem online BPJS Ketenagakerjaan, jadi aplikasi BPJSTKU belum bisa digunakan secara maksimal. Silakan dicoba di kemudian hari.

      Hapus
  26. maaf mau tanya saya mau registrasi data semua sudah sama tapi tidak bisa masuk ada keterangan nama dan tanggal lahir salah padahal di e-ktp dan kertu peserta sudah benar tidak ada yang salah mohon penjelasannya. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf untuk sementara inj sedang ada pemeliharaan sistem di BPJS Ketenagakerjaan, sehingga aplikasi BPJSTKU belum bisa digunakan secara maksimal. Silakan dicoba kembali beberapa kemudian.

      Hapus
  27. Mau tanya setiap log in email tidak terdaftar.. Padahal pas buat akun pakek email itu.. dan pas langkah terakhir sudha terdaftar tp ttp aja pas mau log in email tidak terdagtar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat ini sedang ada pemeliharaan sistem di BPJS Ketenagakerjaan, sehingga aplikasi BPJSTKU belum bisa digunakan secara maksimal. Mohon maaf dan silakan dicoba kembali beberapa kemudian.

      Hapus
  28. Mau nanya, saya lupa email untuk login.. Mohon solusinya. Dibagian bawah tidak ada tulisan ganti akun. Yang ada cuma ganti sandi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau seperti itu kasusnya berarti anda sudah tidak bisa mengakses akun anda lagi. Solusinya hubungi bpjs ketenagakerjaan lewat call center di nomor 175, atau halaman Facebook BPJS Ketenagakerjaan, untuk menghapus atau reset akun lama anda terlebih dahulu. Kalau sudah direset, baru bisa daftar akun lagi menggunakan email yang berbeda.

      Hapus
  29. Mau tanya ,, bagaimana yaa caranya menonaktifkan BPJS ketenagakerjaan.?
    Dan berapa lama BPJS ketenagakerjaa itu nonaktif .??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hubungi HRD perusahaan dan sampaikan bahwa status kepesertaan BPJS ketenagakerjaan anda masih aktif. Kepesertaan masih aktif karena perusahaan belum melaporkan ke BPJS Ketenagakerjaan bahwa anda sudah berhenti bekerja.

      Hapus
  30. Mau tanya tiap buat kata sandi selalu muncul data anda sudah terdaftar sebagai pengguna bpjstku maksudnya gimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama punya saya juga kya gtu

      Hapus
    2. Berarti sebelumnya sudah membuat akun BPJS ketenagakerjaan dengan email yang lain.

      Hubungi saja call center BPJS ketenagakerjaan, nanti anda akan diminta data-data kepesertaan untuk digunakan melacak akun. Setelah itu akun anda akan direset dan bisa membuat akun yang baru.

      Hapus
  31. Saya udah daftar tp tetep gag bsa masuk dan di suruh memastikan apakah sudah terdaftar di bpjs ketenaga kerjaan gtu trus gmna ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Datangi HRD perusahaan di mana Anda bekerja, tanyakan apakah benar-benar diikutsertakan program BPJS ketenagakerjaan atau belum.

      Hapus
  32. Mohon bantuan nya.. saya menggunakan bpsjtku setelah berhasil lalu ada tulisan NIK ANDA PERNAH TERDAFATAR DI .............@YAHOO.COM . Padahal saya lupa kata sandi email tersebut dan sudah lama juga.. no hp nya pun sudah hilang.. nah gimana yah cara masuk nya dengan email baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah begitu anda tidak akan bisa masuk lagi. Solusinya adalah reset akun lama anda tersebut, lalu buat akun yang baru dengan alamat email yang berbeda.

      Hapus
  33. Kakak mau tanya donk knakn ya akun saya klo login ga bisa trus katanya ya akun email anda tidak terdaftar padahal akun email saya dulu sudah terdaftar knpa ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teliti baik-baik. Pastikan penulisan alamat emailnya benar tak kurang atau kelebihan karakter. Jika memang benar-benar sudah terdaftar, pasti bisa digunakan untuk login.

      Hapus
  34. Sudah ikuti langkah-langkahnya tapi selalu data tidak ditemukan,gimana solusinya admin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastikan data-data kependudukan anda (nama, tanggal lahir, NIK) sesuai dengan data-data yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

      Coba minta bantuan HRD perusahaan tempat anda bekerja atas masalah ini, agar dilacak letak salahnya dimana.

      Hapus
  35. Mengapa Setiap Sy masuk ke Akun saya hanya sering dijawab akun email anda tidak terdaftar. padahal pas diaktifkan alamat email selalu dijawab email sudah terdaftar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemberitahuan email tidak terdaftar itu bisa karena anda salah menuliskan alamat email. Kurang satu huruf saja tidak bisa. Jadi pastikan anda menuliskan alamat email dengan benar.

      Dan bisa juga email anda tersebut memang belum terdaftar. Bisa jadi dulu registrasi akun BPJSTKU bukan dengan email tersebut.

      Hapus
    2. Lalu klo email itu asal bagaimana cara bpjs mengaktifkan (mentujuia) tanpa memberi kode verifikasi nya?

      Hapus
  36. Mau tanya, saya mau log in, terus keterangan nya anda memiliki alamat email atau no handphone lebih dari 1,silakan pilih satu yg aktif, mohon pencerahan.nya pak, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah berhasil login? Jika bisa, tinggal gunakan saja email yang bisa digunakan untuk log-in tersebut. Jika tidak bisa, hubungi BPJS Ketenagakerjaan agar anda tersebut direset. Setelah itu buat akun lagi.

      Hapus
  37. Maap sya mau tanya .ko setiap sya daftar selalu nik anda sudah pernah di daftarkan pada email...padahal BPJS yg pertama sudah sya cairkan.mohon petunjuk biar sya bisa Login lgi ea biar bisa cek saldo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hubungi BPJS Ketenagakerjaan lewat call center atau official fanpage Facebook, agar direset dulu akun BPJSTKU yang lama. Kàlau sudah berhasil reset, baru bisa daftar lagi.

      Hapus
    2. Ad nomer wa tidak untuk masalh saya, agar bpjstku saya bisa di riset, atau saya harus bagaiman, terima masih

      Hapus
  38. kenapa saya buat akun bpjs ketenaga kerjaan tidak bisa karena no hp saya 13 digit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika begitu coba gunakan nomor hp yang lain saja, Pak. Bisa menggunakan no hp milik keluarga misalnya anak atau istri.

      Hapus
  39. Tanya dong min knpa yaaa saat buat akun baru di sesi akhir masukan password buat login nanti kan , nah malah muncul tulisan data anda tidak di temukan , pastikan anda sudah terdaftar sebagai BPJS ketenagakerjaan terus ... Knpa yaaaa mohon infonya dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Periksa data-data kependudukan anda apakah sudah sama dengan data-data di kepesertaan BPJS ketenagakerjaan. Atau tanyakan ke HRD perusahaan tempat anda bekerja, apakah anda sudah diikutsertakan dalam program asuransi sosial tenaga kerja BPJS Ketenagakerjaan. Sebenarnya jika data-data kita cocok, dan memang sudah terdaftar menjadi peserta BPJS TK, proses registrasi akun BPJSTKU sangat lancar.

      Hapus
  40. Mohon pencerahannya mind untuk cara mengganti nmber hp lama k yg baru gmn y ??slnya udh saya coba login tpi d tolak trus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk login ke aplikasi BPJSTKu tidak membutuhkan nomor handphone, Pak. Jadi tidak perlu diganti. Yang penting masih ingat email dan PIN/password-nya dijamin bisa log-in dengan lancar kapan saja.

      Hapus
  41. Sya lupa sandi akun bpjs..sudah d coba tapi gagal terus..gmn cara'y??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada saat login, silahkan klik 'lupa kata sandi', lalu masukkan alamat email yang anda gunakan untuk pendaftaran, periksa kotak masuk email anda, masukkan kode verifikasi, setelah itu tinggal ubah kata sandi dengan yang baru.

      Hapus
  42. maaf sya td mencoba utk mendftar bpjstku penerima upah langkah" udh d jlni pas yg terakhir yg trdpt d no tlpn keluar tulisan NOt sent (2 sms quota per day ) ni mksd nya apa mb...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba diulangi secara berkala. Kemungkinan saat anda melakukan pendaftaran sedang ada gangguan sistem.

      Hapus
  43. Berapa lama ya proses pemeliharaan system BPJS Ketenagakerjaannya? Saya perhatikan semua balasan adminnya sama. Mohon kepastiannya. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang sudah kembali beroperasi dengan normal, Pak.

      Hapus
  44. Mw tanya, bpjs ketenagakerjaan sy udah sy klaim. Skrg sy punya kartu yg baru, cara masukin ke aplikasi bpjstku gmna ya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daftar lagi menggunakan email yang berbeda dan no kartu BPJS Ketenagakerjaan yang sekarang. Jika masih ingin menggunakan email yang lama, hubungi BPJSTK untuk mereset/menghapus akun BPJSTKU anda yang sebelumnya.

      Hapus
  45. Saya sudah daftar bpjstku tapi waktu login emaik tidak terdaftar. Mohon bantuanya min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu karena email yang anda masukkan salah. Masukkan alamat email yang anda gunakan untuk pendaftaran dengan benar jangan sampai kurang sehuruf pun.

      Hapus
  46. Mau nanya sya sdh mencairkan bpjs ketenagakerjaan sya yg diperusahan tempat sya bekerja dlu,
    Tpi skrng sya sdh mempunyai kartu bpjs ketenagakerjaan yg bru,cuma sya tetap menggunakan alamat email sya yg sbelumx ,tpi bgitu sya mau buka email sdh terdaftar,apaka email ckup cuma sekali bisa digunakan ?
    Mhon penjelasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika mau cepat daftar saja menggunakan alamat email yang berbeda dengan email yang sebelumnya. Jika tetap ingin menggunakan email yang lama, bisa menghubungi call center BPJS ketenagakerjaan untuk meminta reset akun yang lama.

      Hapus
  47. Broo mau nanya saya kan baru pendaftaran baru pengguna bpjstku dan data juga sudah lengkap tapi pas bikin pasword selallu gabisa kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisanya seperti apa Gan? Notifnya yang muncul bagaimana bunyinya. Penyebab gagalnya pendaftaran akun BPJSTKU bisa jadi karena ketidakcocokan antara data kepesertaan dan data-data kependudukan.

      Hapus
  48. min mao nnya ko pas udh verifikasi nomor tp selalu keluar kalo nik ktp nya udah dipake di email lain itu gimana yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti sebelumnya anda sudah membuat akun BPJS Ketenagakerjaan dengan email lain. Jika anda sudah tidak bisa mengakses e-mail tersebut, silahkan reset akun anda terlebih, setelah itu buat akun BPJSTKU yang baru menggunakan email dan nomor telepon yang lain.

      Hapus
    2. Ini masalahnya sama kaya saya, cuma kan ini saya pake hp lain ya, masa 1 hp emailnya sama

      Hapus
  49. Mohon dibantu ga bisa login muncul notif
    Anda memiliki alamat email atau nmr tlp lebih dari 1 silhkan pilih nmr tlp yg aktif.

    Pdhal emai sama nmr tlp saya cuma 1.
    Trmksh

    BalasHapus
  50. Mohon dibantu saya tidak bisa log in, infonya, Mau tanya, saya mau log in, terus keterangan nya anda memiliki alamat email atau no handphone lebih dari 1,silakan pilih satu yg aktif,

    BalasHapus
  51. Ini gimana ya bg , ini kali pertama saya mnggunakan BPJSTKU, malam itu setelah mngisi data2 di akhir pengisian no HP muncul notif NOT SENT ( 2SMS QUOTA PER DAY) , keesokan harinya saya isi lgi di bagian akhirnya malah notif FAILED, mohon bantuannya min

    BalasHapus
  52. Kenapa tidak bisa masuk,,sedangkan disitu tertera no NIK anda sudah terdaftar di gmail... ... ...,,,sedang gmail tersebut saya lupa pin dan no tlfn yg sya daftar...mhon pencerahan nya

    BalasHapus
  53. Mlm klo sy ingin mengecek saldo JHT tp lupa email sm sandi'y bgmn y pa...

    BalasHapus
  54. maaf, saya ingin bertanya untuk pendaftaran BPJSTKU jika pakai email baru yang berbeda dari awal pembuatan kartu apakah diperbolehkan?

    BalasHapus
  55. Cara ngecek aktif atau nonaktif gimana ya pak?

    BalasHapus
  56. Saya mau input no hp diaplikasi bpjsku tapi untuk angka terakhirnya tidak bisa input, apa karna nomer hp saya 13 digit?
    Bagaimana solusinya?

    BalasHapus
  57. numpang tanya min
    jadi saya punya 2 kartu karna saya sebelumnya pernah kerja di pabrik dan saja habis kontrak kemudian saya sudah bekerja lagi dan bikin kartu bpjstk lg tp kenapa setiap saya daftar selalu tidak bisa min..trus kluar sudah terdaftar
    mohon infonya min

    BalasHapus
  58. Min mau nanya kenapa data saya sudah terdaftar di aplikasih bpjsku, padahal saya ga pernah daftar. Mohon bantuannya min. Saya penerima upah

    BalasHapus
  59. Knpa no 13 digit ga bisa ya ?
    Mohon di jawab trimakasih

    BalasHapus
  60. Knpa no 13 digit ga bisa ya ?
    Mohon di jawab trimakasih

    BalasHapus
  61. Pak saya mau ganti alamat email bpjs tk yang sebelumnya sudah terdaftar

    BalasHapus
  62. klo kita gk tau no bpjs kita gimana cara cetak kartunya

    BalasHapus
  63. Min, tanya dong.
    Saya sudah bikin akun BPJSKu. Sudah terdaftar dan bisa log in.
    Knp udah seminggu lebih akun email saya dianggap invalid yaa?
    Mohon dibantu ya Min.
    Makasih

    BalasHapus
  64. Klo lupa email utk masuk aplikasi bpjstku gmn cara nya

    BalasHapus
  65. sepertinya banyak yang bermasalah, mau log in muncul keterangan email tidak terdaftar, mau daftar ulang muncul keterangan sudah terdaftar

    BalasHapus
  66. Sy mau masuk pake email saya to kok ada muncul keterangan
    Sudah di daftarkan dengan email tersebut....tapi bukan email saya..

    BalasHapus
  67. Assalamualaikum ka, minta tolong, mau tanya ya, saya sebelumnya pernah punya aplikasi bpjsku, tapi karena ganti hp saya ubah lagi ka dengan email yg beda karena lupa email dan Sandi hehe, sekarang mau lihat di bpjsku kenapa keterangan nya seperti ini ka, data sudah pernah terdaftar sebagai peserta pengguna aplikasi bpjsku, minta tolong bantuannya ka

    BalasHapus
  68. kalau belum punya KPJ gmn ya?

    BalasHapus
  69. Serial login email tidak terdaftar. Daftar lagi nik susah terdaftar di email yg dulu solusinya bahai mama ya

    BalasHapus
  70. Setiap daftar selalu nik nya sudah pernah di gunakan sebelum nya minta solusinya

    BalasHapus
  71. mau tanya bang, saya udah daftar bpjs ketenagakerjaan bukan penerima upah lewat website dan udah berhasil dan udah ada pemberitahuan lanjut ke pembayaran. ketika saya mau login lewat aplikasi kok gak bisa ya, katanya tidak terdaftar. apakah saya harus bayar iuran dulu, baru bisa aktif bpjs nya? terimakasih penjelasanya

    BalasHapus
  72. Saya sdh punya akun bpjstku tapi mau dftar online u tuk pencairan jht sangat susah dan semua cabang selalu penuh untuk daerah jawa tengah.bagaimana solusinya sdgkan tdk boleh dftar di akntor

    BalasHapus
  73. Smlt mlm adm. Maaf saya coba buat daftar bpjstku ,tpi selalu gagal karna saya baru blm lama masuk kerja dan blm mempunyai bpjs kesehatan dan bpjs ketenagakerjaan, klo yg blm mempunyainya bpjs kesehatan apa tidak bisa daftar? Terimakasih krn sudah dicoba selalu tulisan nya tidak terdaftar

    BalasHapus
  74. Tanya.. kenapa selalu gagal daftar akun bpjs di aplikasi.keterangan NIK sudah pernah terdaftar di bpjs. Padahal bpjs lama sudah saya tarik saldo jhtnya.. mau daftarin kartu bpjs sy yg baru jadi ga bisa.. gimana solusinya

    BalasHapus
  75. Mau tanya. Kan saya mau daftar ke app untuk lihat saldo tapi pas login gak bisa masalanya email saya sudah pernah di pake sama bpjs yang dulu , klo gini gimana ya?

    BalasHapus
  76. Kalauu nik sudah terdaftar di email lama,,lupa kata sandinya d email lama,gimana dong

    BalasHapus
  77. Saya kan BPU tapi malah suruh bayar ya di ujungnya

    BalasHapus
  78. Apa seorang pns bisa daftar / bikin akun bpjstku, bagaimana caranya..grins

    BalasHapus
  79. Selamat pagi,,kartu sy hilang dan sy tdk ingat no kepesertaanya,bgmmn cranya buat kartu lgi/mengetahui no,a

    BalasHapus
  80. Q mau tanya,kl misalkan saya mau daftra bpjs,pas ferifikasi data,ada tulisan ,nik anda sudah terdftr di email yg lama gmna cara nya,sdangkan email itu ud gk aktif setau saya,mohon d bantu🙏

    BalasHapus
  81. Q mau tanya,kl misalkan saya mau daftra bpjs,pas ferifikasi data,ada tulisan ,nik anda sudah terdftr di email yg lama gmna cara nya,sdangkan email itu ud gk aktif setau saya,mohon d bantu🙏

    BalasHapus
  82. Mau tanya saya NIK Saya pernah di pakai teman dulu untuk cek BPJSTK teman. Saat ini saya kesulitan untuk login. Mohon masukannya saya harus bagaimana. Terima kasih

    BalasHapus
  83. kalau ada 2 kartu, apa bisa daftar akun 22 nya

    BalasHapus
  84. Saya mau cek di 2757 koq Enda bisa bisa kk

    BalasHapus
  85. Ribet ya mau kridit sekarang pake bpjs. Apalah daya ku yg hanya pedagang.

    BalasHapus
  86. Nik anda telah terdaftar pd alam email tersebut.
    Setelah log in : maaf alamat email andatidak terdaftar? Ada yg tau

    BalasHapus
  87. Mau nanya saya udah daftar lewat apk bpjstku trus disuruh tf dengan nmr rekening yg tertera tpi blom saya tf sampe sekarang , dan saya bingung mau login tpi blom tau nmr BPJS gmna yah??

    BalasHapus
  88. Kok daftar BPJS yg baru nik nya sudah terdaftar bagai mana mas

    BalasHapus
  89. Punya kartu peserta jamsostek, tapi kenapa mau buat akun bpjstku tertera NIK dan tgl lahir tidak terdaftar di kepesertaan PU, sudah coba berulang kali tetap gk bisa.. Apa emang sudah tidak terdaftar

    BalasHapus
  90. Saya mau ganti bpjs yg lama di aplikasi bpjs ku. Saya ganti bpjs yg baru caraya gimana ya. Saya sudah coba masuk ke aplikasi dengan akun yg baru tpi tidak bisa. Nik tidak vailit.

    BalasHapus
  91. Saya kesulitan daftar bpjstku. Ktp sudah benar, nomer kpj sudah benar, email pun udah benar.. Tapi ko muncul notifikasi ( kpj tidak ditemukan)

    BalasHapus
  92. Saya berniat daftar diaplikasi bpjstku. dulu waktu saya daftar BPJS ketenagakerjaan pakai KTP lama di pabrik saya, sekarang saya punya e-KTP tapi NIK nya beda kalo daftar dibpjstku bisa gak ? Bermasalah gak kedepannya ?

    BalasHapus
  93. Mau tanya pak,saya sudah mengikuti proses register,tetapi jawabannya nomor NIK anda belom terdaftar.
    Mohon solusinya.

    BalasHapus
  94. Assalamualaikum, mau tanya kak. Kalo pas mau dftar akun bpjs pakai kpj baru knp kok keterangannya nik dan email sdh trdftr ya. Pdhal kpj yg lama sdh diambil saldonya dan tdk dipakai? Mohon solusinya trimakasih

    BalasHapus
  95. Saya mau tanya ka saya mau lihat saldo jht gak bisa masuk
    Padahal udah isi semua dan pas bikin sandi gagal terus bacaan nya nik tidak valid pencerahanya gimana yah ka ??

    BalasHapus
  96. Saya kesulitan daftar bpjstku. Ktp sudah benar, nomer kpj sudah benar, email pun udah benar.. Tapi ko muncul notifikasi ( kpj tidak ditemukan)

    BalasHapus
  97. Login bisa masuk cek saldo bisa klik kartu digital bisa pertanyaannya kenapa kenapa saya ngga bisa buka profil sudah saya klik berulang tetap ngga kebuka mohon pencerahannya

    BalasHapus
  98. Saya mau bertanya nih kak kalo sya mau tau No KPJ ke kantor bpjs ketenagakerjaan tp gk ada paklaring nya bisa qh cuma bawa kk sma e ktp aja soal sya minta ke kantor sya kerja tdk di kasih paklaring nya

    BalasHapus
  99. Saya mau nanyak ni,saya mau daftar di pu malah tampilannya menjadi Failed to lookup view "pages/pu/verifikasi-email" in views directory "/nginx/website-3002/views" ni apa ya masalahnya?

    BalasHapus
  100. Klo lupa email gmn ya..
    Saya pernah daftar pke email yg lama.. tapi lupa sandi...
    Nah ini mau daftar pke email baru selalu di tolak dengan alasan nik saya pernah daftar pke email saya yg lupa pasword nya

    BalasHapus