Cara Mengatasi Lupa PIN/Password di Akun Aplikasi BPJSTKU

Solusi bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek) yang tidak ingat kata sandi akun BPJSTK, sehingga tak bisa login ke aplikasi BPJSTKU ataupun masuk ke akun personal services saat berada di website BPJS Ketenagakerjaan. Mungkin akibat sudah lama tidak menggunakan aplikasinya, atau karena baru ganti smartphone, atau bisa saja karena saking banyaknya password yang musti diingat, atau memang dasarnya pelupa, sehingga password/PIN untuk masuk ke akun BPJTKu benar-benar terlupakan. Saat butuh dan mau login malah lupa kata sandinya.

Lupa PIN akun BPJSTK tentu bisa menjadi hal yang merugikan bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan terutama untuk peserta aktif yang statusnya masih bekerja di perusahaan. Peserta yang bersangkutan jadi tidak dapat masuk ke aplikasi BPJSTKU dan menikmati berbagai fitur-fitur menarik dan informatif yang terdapat di dalamnya. Seperti cek saldo JHT (Jaminan Hari Tua) secara online, mengakses kartu digital BPJS ketenagakerjaan yang fungsinya sama persis dengan kartu fisik, informasi kantor cabang BPJS TK terdekat, info program-program, berita-berita terbaru seputar BPJS Ketenagakerjaan, info diskon-diskon khusus di restoran, pusat perbelanjaan, penginapan dan lain-lain bagi peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan, dan berbagai informasi menarik lainnya.

Mengganti PIN Akun Aplikasi BPJSTKU



Apalagi saat ini pengajuan klaim dana JHT secara online menggunakan layanan E-klaim JHT semakin banyak dipilih peserta karena lebih praktis dan tidak menyita waktu. Dan pastinya, untuk bisa mencairkan uang JHT secara on-line tersebut, kita butuh akun BPJSTK milik kita sendiri untuk submit atau mengirim scan berkas-berkas persyaratannya. Tidak bisa menggunakan akun orang lain. Jadi apabila kita lupa password-nya, tentunya kita juga jadi tidak bisa klaim saldo JHT secara on-line.

Namun teman-teman tidak perlu kuatir. Pasalnya cara mengganti kata sandi atau mengatasi kelupaan password akun BPJSTKU Apk itu sangat sangat mudah. Gampang banget! Dengan satu syarat kita masih bisa mengakses alamat surat elektronik (email) yang sebelumnya kita pakai untuk registrasi akun BPJSTK, baik itu registrasi lewat aplikasi BPJSTKU (dulu bernama aplikasi BPJSTK Mobile), maupun registrasi via layanan personal services di website BPJS Ketenagakerjaan.

Berikut langkah-langkah mengganti PIN/password akun BPJTKU:

1. Buka Aplikasinya.

2. Klik Login.

3. Di halaman Login, klik tulisan Lupa Kata Sandi.

Luoa kata sandi Akun Aplikasi BPJSTKU


4. Silahkan input Alamat Email anda untuk pencarian akun. Alamat email yang dimasukkan adalah email yang anda gunakan dulu pada saat registrasi akun. Setelah itu klik SELANJUTNYA.

Luoa password Aplikasi BPJSTKU

5. Periksa kotak masuk (inbok) email Anda. Akan ada pesan dari BPJS Ketenagakerjaan berisi kode verifikasi berupa angka-angka sebanyak enam digit.

Kode verifikasi BPJS Ketenagakerjaan

6. Silahkan masukkan kode verifikasi yang diterima di dalam email tadi. Sebaiknya segeralah dimasukkan sebab kode verifikasi tersebut hanya berlaku satu menit saja. Lalu klik SELANJUTNYA.

Ubah kata sandi akun BPJTK

7. Silahkan buat kata sandi yang baru minimal 8 karakter. Masukkan sekali lagi kata sandi baru tadi pada kolom bawahnya. Setelah itu klik SELANJUTNYA.

Reset PIN akun BPJTKU


8. Selanjutnya akan notifikasi berbunyi 'Kata sandi berhasil diatur ulang, silahkan login menggunakan kata sandi baru anda'. Klik saja OK.

Ubah PIN password BPJSTKU Apk

Dengan demikian, proses penggantian PIN atau password akun BPJSTKU telah selesai. Anda telah berhasil mengganti kata sandi lama yang tadinya sudah tidak diingat, dengan kata sandi yang baru. Saran kami biar kejadian lupa kata sandi tidak terulang kembali, sebaiknya password yang baru tersebut disimpan di note atau dicatat di buku catatan. Pasalnya aplikasi BPJSTKu ini sistem kerjanya agak berbeda dengan aplikasi-aplikasi smartphone kebanyakan.

Di aplikasi yang lain, kita bisa menyimpan password pada saat login, sehingga ketika login lagi di hari-hari berikutnya kita tidak perlu lagi memasukkan email dan password-nya. Otomatis bisa langsung masuk ke akun kita. Sementara di BPJSTKU Apk, saat kita sedang menggunakan aplikasi BPJSTKU, lalu kita keluar sebentar saja untuk membuka aplikasi lain misalnya buka Facebook atau sekedar baca SMS masuk, ketika kita kembali membuka aplikasi BPJSTKU kita sudah otomatis log out. Sehingga kita harus selalu kembali memasukkan email dan password setiap kali mau masuk. Makanya, kalau PIN password-nya tak dicatat atau nggak diingat baik-baik, takutnya kejadian lupa password seperti ini akan kembali terjadi.

Tapi seumpama sering mengalami lupa password juga tidak terlalu jadi masalah, karena solusinya juga benar-benar mudah. Tidak sampai semenit dijamin beres dengan cara verifikasi via email seperti yang telah kami jelaskan tutorialnya di atas. Intinya, cara mengganti PIN atau mengatasi kata sandi akun BPJTKU itu sangat gampang asalkan kita masih bisa mengakses email yang dulu kita gunakan untuk membuat akun. Harus email yang digunakan pada saat pendaftaran. Tidak boleh menggunakan email lain atau e-mail yang baru dibuat.

Yang jadi persoalan kemudian adalah jika ternyata kita juga lupa dengan kata sandi email yang dulu dipakai untuk registrasi. Kalau demikian kasusnya berarti kita sudah tidak bisa mengganti PIN akun BPJSTKU. Karena satu-satunya cara untuk mengubah kata sandi memang harus memasukkan kode verifikasi yang dikirim lewat email. Mungkin langkah awal yang bisa dilakukan adalah mengganti password emailnya terlebih dahulu, dengan cara verifikasi lewat nomor telepon, atau dengan alamat email lain yang ditautkan dengan email yang lupa kata sandinya tersebut.


Itu pun jika email yang kita gunakan tersebut terkoneksi dengan nomor handphone atau ditautkan dengan email lain. Jika tidak, mau tidak mau kita memang harus ikhlas tidak bisa mengakses lagi akun BPJSTK kita lagi. Pihak BPJS Ketenagakerjaan juga tidak bisa membantu jika kita lupa password email yang digunakan untuk membuat akun BPJSTKU. Karena itu urusannya dengan penyedia email entah itu Google atau Yahoo. Pihak BPJS TK/Jamsostek tidak punya kewenangan.

Untuk saat ini, jika kita lupa PIN untuk masuk ke aplikasi BPJSTKu, tapi juga sekaligus lupa password email yang digunakan untuk membuat akun, satu-satunya solusi adalah dengan reset akun. Setelah akun berhasil direset, kita bisa membuat akun yang baru. Tata cara mereset akun BPJSTKU yang lupa alamat email login-nya sudah kami tulis di artikel yang baru, jika ingin membacanya silahkan teman-teman Klik Di Sini.

Demikian cara mengatasi akun apliklasi BPJSTKu yang lupa password/PIN atau kata sandinya. Mudah-mudahan tulisan sederhana ini bermanfaat bagi teman-teman pekerja peserta BPJS Ketenagakerjaan yang tengah membutuhkan solusi tersebut.

64 Responses to "Cara Mengatasi Lupa PIN/Password di Akun Aplikasi BPJSTKU"

  1. Saya lupa email BPJS saya yg lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika lupa email, solusinya silahkan reset akun dengan cara menghubungi BPJS Ketenagakerjaan untuk proses peresetannya. Bisa dihubungi via call center, atau paling gampang via halaman Facebook resmi BPJS Ketenagakerjaan.

      Hapus
    2. saya sudah coba Reset akun lwat FP BPJS, udh dpat nomor pengaduan,.. -+ 2 bulan baru dapat email kalo sudah di reset...
      tapi isi emailnya bukan data saya… nomor pengaduannya juga beda…
      kok bisa ya bisa salah kirim email gitu…
      sdangkan akunku sendiri masih belum bisa dipakai samapi sekrang, pengaduannya mulai dari puasaan kemarin...

      Hapus
    3. Lupa kata sandi,sudah tulis email belum di kirim verifikasinya

      Hapus
    4. alexandersantozsantoz@gmail.com

      Hapus
    5. Percuma sama sekali gabisa. Sama bang kode Verifikasi ga muncul ke email padhal email lain masuk dan hanya ada kurang dr 10email.

      Di Facebook??? Apaan udh juga tapi ga ada tanggapan.

      Yang ada malah banyak jasa buka akun yg gabisa verifikasi. Aman ga ya klo minta tolong bukain??

      Yg punya pengalaman boleh sharing nih

      Hapus
  2. Saya lupa kata sandi di tambah hp saya yg lama di jual dan emailnya jg tidak saya pakai lagi, gimna solusinya???

    BalasHapus
  3. udah berapa kali coba tapi kode verivikasi gak di kirim kirim ke email.. padahal email aktif dan email lain masuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan itu sma seperti sya begitu kendala nya

      Hapus
    2. Pa saya juga seperti itusudah kirim verifikas lupa password tapi tidak ada email yg masuk

      Hapus
    3. Pa saya juga seperti itusudah kirim verifikas lupa password tapi tidak ada email yg masuk

      Hapus
    4. sama saya jg ampe barusan saya coba jg g dikirim2 jg tuh verifvikasi

      Hapus
    5. Sudah puluhan kali coba, tp gak ada email verifikasi samasekali...

      Hapus
    6. Sama nih bang bro,, gw jg udah spt itu tp ttp aja ga bs masuk" juga....

      Hapus
    7. Sama, saya sudah puluhan kali mencoba, tapi tidak ada email Yahoo yang masuk. Tapi teman saya menggunakan Gmail, langsung masuk gak sampai 1 menit. Mohon solusi siapa yg tau permasalahan ini.

      Hapus
    8. maslah koq sama yaa, klo menggunakan email yahoo susah gk inbox kode verifikasi nya, apakah sistem di bpjstku yag mengharuskan menggunakan Gmail ya???

      Hapus
  4. saya sdh daftar di situs aplikasi bpjstku komplet,tapi mengapa mau cek saldo dan print kartu digital slalu loading terus tdk bs dibuka. krn sy mau mengklaimkan bpjstku saya.mhn bantuannya. terima ksh

    BalasHapus
  5. saya lupa email,, lupa pasword sama udh ganti nomer jugaa,, gmana dong kak solusinya

    BalasHapus
  6. Saya sudah coba masuk pakai lupa kata sandi tapi setelah di reset pemberitahuan nya bilang kata sandi yang di masukkan tidak sama,bagaimana solusinya?

    BalasHapus
  7. Saya lupa email bpjstku yang lama, apakah bisa bantu saya

    BalasHapus
  8. Saya lupa email bpjstku yg lama, bisakah bantu saya

    BalasHapus
  9. Saya sudah mengikuti langkah pertama, tapi email verifikasinya tidak pernah di kirim, saya sudah mencoba lebih dari 10 kali tapi tidak di kirim juga, mohon bantuannya. Terimakasih

    BalasHapus
  10. Pusing beberapa kali sampe tiap hari dicoba masi aja tidak terdaftar😫
    Ga ngerti dikolom masukan kata sandi yang baru trusnyang bawah diulang lagi ..tetep ga bisa ganti email ganti no tlp ga bisa

    BalasHapus
  11. Setelah saya memasukkan email dan kata sandi yang benar. Kenapa Aplikasi BPJSTKU terhenti? Kalau saya memasukkan email dan sandi yang tidak benar,Aplikasi BPJSTKU tidak terhenti. Terima kasih bantuannya.

    BalasHapus
  12. Saya lupa email nya gimana saya bisa masuk ok email baru karena sudah terdapat tolong solusinya

    BalasHapus
  13. Sya tidak bisa ngcek saldo di aplikasi bpjs dikarnekan pin nya salah terus, dan sya juga sudah mencoba sperti contoh tutorial di atas udah beres juga udah jadi pin baru, tpi pas di coba gagal terus itu gimana yak??? Mohon bantuan nya

    BalasHapus
  14. Malah tambah ribet
    Bukanny membantu malah mempersulit
    Udh gw coba semuany.tetep
    Pin tidak valid dan silahkan coba lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iy betul,malah bikin pusing 😏😏

      Hapus
    2. Iya smaa ka. Klo ada yang udah bisa. Mantap dah hebat bener. Pulsanya abis doang hubungin BPJS
      Di Facebook dr massager sampe nulis di dinding sampe hjamuran ga ada tanggapan

      Hapus
  15. Punya saya tiap munculnya itu email anda terlalu banyak. Pilih salah satu yg aktif. Caranya gmna itu

    BalasHapus
  16. Saya lupa email,kata sandi dan no handphone nya lama sudah tidak aktif,,minta solusi nya,untuk bisa membuka nya kembali,terima kasih

    BalasHapus
  17. Email saya lebih dari satu, sedangkan pas login dengan sandi baru harus pilih salah satu email , mohon solusinya

    BalasHapus
  18. Kalo saya bukan lupa pin atau emailnya tapi setiap mau login malah akun email anda belum terdaftar, padahal sebelumnya saya sudah pernah daftar di bpjstku. Dan saya coba daftar kembali malah gak bisa dan di sistem nya email anda sudah terdaftar tapi tetep gak bisa masuk. Saya juga pernah hubungi call center bpjs nya dan sudah di reset juga sama pihak bpjs, tapi tetep saya masih gak bisa masuk ��������. Mohon bantuannya mas/mbak/om/tante ������������

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama seperti kasus nya saya, tiap kali masuk ga bisa2. "Akun belum terdaftar" padahal waktu pas bikin saya pastikan lagi dengan cara di log out dan log in lagi dengan akun email yang sama masih bisa masuk. Sekarang saya coba tidak bisa masuk tidak bisa log in!!

      Hapus
  19. Saya sudah coba masukan email baru ke BPJSTKU tetepai yg muncul kode kpj yg saya masukan sudah terdaptar di email yg dlu sedang kan email yg dlu lupa kata sandi di hp yg hilang

    BalasHapus
  20. Saya lupa oaswort sementara saya mau mencaurkan bpjs apa bisa secara manual ga lewat online ?

    BalasHapus
  21. Kalau mau masuk tetapi di blok tetapi ada keterangan bahwa dobel akun dan no tlpn cara bukanya g mana yah

    BalasHapus
  22. tolong di bantu kalau lupa email nya gimana yah

    BalasHapus
  23. Saya kan pake email lama untuk pakai aplikasi bpjs dan lupa katasandi cuma tidak bisa, gimana ya?
    Sekarang email Saya soalnya pakai yang email baru.kasih tau solusinya ����

    BalasHapus
  24. Jika lupa email paswordn dan Pin nya bagaimana solusinya,,

    BalasHapus
  25. Sudah masukan email..tapi.konfirmasi pasword tidak.masuk.ke.email..sudah 10 kali di coba..tidak ada pesan masuk.dari bpjs

    BalasHapus
  26. Saya lupa EMAIL PASWORD dan PIN nya,mohon di bantu solusinya

    BalasHapus
  27. Kalua bpjsku sudah tidak dapat dibuka secara online . Apakah berpengaruh saat akan dicairkan . Saat sudah tidak bekerja .tolong penjelasanya .terima kasih

    BalasHapus
  28. Min mau tanya,
    jika kasusnya seperti ini,
    bulan april sy sudah membuat akun dengan email pribadi sy, dan berhasil sampai k tahap akhir (verifikasi via sms)..
    akan tetapi begitu saya ingin mencoba untuk login kembali dengan menggunakan email yg pada saat daftar/buat akun, eeehh... responnya malah "akun email tidak terdaftar"

    mohon pencerahannya min...
    terimakasih

    BalasHapus
  29. Saya tidak bisa menerima kode dari email gimna solusi nya

    BalasHapus
  30. Mohon bantu nya saya tidak bisa menerima kode OTP perubahan kata sandi dari email saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saya juga tidak bisa menerima kode otp padahal e-mail masih yg sama no HP yg sama dan hape juga sama. Kalo udh tau caranya tolong share ya kasih tau ya terimakasih

      Hapus
  31. Mohon bantu nya bapak atau ibu dari kantor bpjs

    BalasHapus
  32. Mau tanya, sebelumnya saya pernah mendaftar akun bpjstku. Tetapi sekarang saya mau daftar lagi dengan email yang baru, karena email yang dulu saya lupa paswordnya. Tetapi pas saya daftar dan memasukkan nik ktp ternyata ada keterangan nik sudah terdaftar di email yang saya lupa passwordnya itu. Jadi bagaimana? Mohon penjelasannya? Terima kasih

    BalasHapus
  33. Saya,lupa Imel,lupa sandi,dan Imel juga udah GK ada,karna waktu itu hp nya di jual,gmn dong,solusinya,bingung

    BalasHapus
  34. Saya sudah mencoba tapi pihak BPJS tidak membalas email dri saya

    BalasHapus
  35. capek cek nya verifikasi email tetap tidak di kirim-kirim...
    sampe nelpon call center 175 tapi sibuk terus sampai PULSA habis....
    gak jelas.....

    BalasHapus
  36. Aplikasi bpjsku saya di hp yg satunya cuma hp nya hilang emailnya saya ingat cuma pasword nya saya lupa dan sudah saya buat lupa sandi cuma kode yg dikirim saya gak tau berapa soalnya hp nya udah hilang
    Tolong dong ibu/bapak bantuanya dan solusinya gimana

    BalasHapus
  37. Ada yg bisa meriset gmail&kata sandi di bpjstku

    BalasHapus
  38. Sudah minta kode verifikasi sejak Agustus 2020 tapi hingga saat ini tidak pernah menerima kode verifikasi tiap hari minta kode tapi tetap tidak ada balasan email dari pihak bpjs

    BalasHapus
  39. Tolong dong pihak bpjs sudah ratusan kali minta kode verifikasi tapi gak pernah ada balasan, nelpon call center selalu sibuk yang ada pulsa habis

    BalasHapus
  40. Kenapa setelah memasukan kata sandi baru muncul tulisan kode otp tidak valid

    BalasHapus