Cara Mengetahui Nomor Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) dan BPJS Ketenagakerjaan

Bagi yang belum tahu bagaimana cara melihat nomer referensi kepesertaan BPJS TK, kali ini kita akan coba membahas masalah tersebut. Walaupun sebenarnya sangat mudah, tapi kami yakin masih ada rekan-rekan peserta program badan perlindungan jaminan sosial tenaga kerja (bpjstk) yang belum paham seperti apa cara mengecek no KPJ. Karena biasanya kalau sedang nggak butuh, kita tidak terlalu peduli dengan berapa dan dimana letak nomor referensi pada kartu anggota BPJS Ketenagakerjaan milik kita.

Kita pasti akan membutuhkan nomor KPJ untuk berbagai keperluan dan kepentingan terkait kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Misalnya ketika mau daftar layanan SMS 2757, untuk membuat akun di aplikasi Jamsostek Mobile (JMO), untuk dicantumkan di surat keterangan kehilangan dari kepolisian seumpama kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan kita hilang.

Gambar kartun anak kantoran keren


Ketika kita mengajukan pencairan uang Jaminan Hari Tua (JHT) baik yang sebesar 10%, 30% atau 100%, kita wajib menuliskan nomor kepesertaan kita di dalam formulir. Dan berbagai keperluan administrasi lain-lainnya yang berhubungan dengan asuransi BPJS TK atau BPJAMSOSTEK. Pendek kata, sangat penting bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk memahami berapa nomor referensinya.

Ada sedikit perbedaan nomor referensi antara kartu Jamsostek dan kartu BPJS ketenagakerjaan. Sebagaimana kita ketahui, Badan Perlindungan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BPJS TK) yang kita kenal sekarang ini dulunya bernama Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek). Jadi untuk peserta lama sewaktu lembaga tersebut masih bernama Jamsostek, kartunya masih bernama KPJ (Kartu Peserta Jamsostek). Sementara peserta-peserta yang sekarang kartunya sudah berupa kartu BPJS TK dengan logo yang baru.

Nomor referensi baik di KPJ maupun kartu BPJS Ketenagakerjaan sama-sama berisi 11 digit. Tetapi bedanya, jika di kartu Jamsostek model lama sebelas digit tersebut selain berisi angka-angka terkadang terselip huruf. Seperti contoh pada gambar di bawah ini.

Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) model lama.

Sementara nomor referensi pada kartu BPJS Ketenagakerjaan, 11 digit isinya adalah angka semua. Foto atau gambar contoh no referensi kartu BPJS Ketenagakerjaan adalah seperti yang dikotaki merah di bawah ini.

Untuk kartu BPJS Ketenagakerjaan model baru, selain mencantumkan nomor kepesertaan BPJS TK juga mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK). No kepesertaannya terletak tepat di bawah NIK. Ada juga kartu BPJS Ketenagakerjaan khusus untuk program Jaminan Pensiun (JP), yang mana nomer referensinya ditambah tiga digit angka nol di belakang nomor. Jadi misalnya no BPJS Ketenagakerjaan JHT 12345678901, maka no BPJS Ketenagakerjaan JP adalah 12345678901 000.

Kartu BPJS Ketenagakerjaan model baru

Seperti itulah cara mengetahui no referensi yang terdapat di kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan.

Lalu bagaimana cara cek nomor referensi jika KPJ (kartu peserta Jamsostek) atau kartu BPJS Ketenagakerjaan kita hilang?

Caranya bisa ditanyakan ke HRD perusahaan tempat kita bekerja, sebaiknya sekaligus sambil meminta surat keterangan bahwa kita masih aktif bekerja supaya kita bisa meminta pengganti kartu yang hilang tersebut. Atau jika status kita sudah tidak bekerja di perusahaan tersebut, kita bisa meminta surat keterangan bahwa kita pernah bekerja di perusahaan tersebut, untuk dilampirkan saat nanti membuat surat kehilangan dari kepolisian, yang merupakan syarat klaim JHT jika kartu kepesertaan BPJSTK hilang.

Selain itu terkadang ada juga kasus di mana hingga kita berhenti bekerja, perusahaan masih menahan atau tidak pernah memberikan kartu peserta BPJS TK kepada kita. Setiap kita berusaha menanyakan, pihak perusahaan tidak memberikan jawaban yang memuaskan bahkan berbelit-belit banyak alasan! Kalau seperti itu apakah kita bisa mengecek no referensi kartu BPJS Ketenagakerjaan kita?

Jawabannya adalah bisa. Caranya yaitu dengan mendatangi kantor BPJS TK terdaftar, dengan membawa berkas-berkas berupa E-KTP, Kartu Keluarga (KK) dan Paklaring. Asalkan perusahaan benar-benar telah mendaftarkan kita ke program-program BPJS Ketenagakerjaan, pasti nomor referensi kepesertaan BPJS TK kita terlacak. Jika tidak ada, berarti perusahaan tidak pernah mendaftarkan kita sebagai peserta Jamsostek/BPJS TK.

Cara mengetahui berapa nomer referensi Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) dan BPJS Ketenagakerjaan ini hanya berlaku buat peserta yang statusnya bekerja pada pihak lain misalnya kerja di perusahaan, koperasi, lembaga, majikan, CV, PT dan lain sebagainya. Artinya kita menerima gaji atau upah dari pihak lain.


Sementara untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan dari sektor BPU (Bukan Penerima Upah) alias peserta-peserta BPJSTK mandiri seperti pedagang, tukang ojek pengkolan, petani, nelayan, youtuber, penulis lepas dan lain sebagainya, tidak perlu melakukan pengecekan no KPJ. Karena untuk peserta BPJS TK mandiri bukan penerima upah (BPU) tidak memiliki nomor referensi. Nomer yang tercantum di kartu BPJS TK untuk peserta-peserta BPU adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor sama dengan no yang terdapat di KTP elektronik dan KK.

Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan BPU (Bukan Penerima Upah)
Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan BPU (Bukan Penerima Upah)

405 Responses to "Cara Mengetahui Nomor Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) dan BPJS Ketenagakerjaan"

  1. Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan BPU (Bukan Penerima Upah)
    untuk cek saldo online harus pakai nomor KPJ
    bagaimana cara mendapatkan KPJ nya
    tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Peserta BPJS TK dari BPU tidak memiliki no KPJ, no tertera di kartu adalah NIK yang ada di KTP. Nah, bagi peserta BPU, jika ingin cek saldo JHT bisa melalui situs BPU webmobile, alamatnya: https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/bpu-mobile/index.zul

      Hapus
    2. terimakasih atas info nya

      link nya ke pendaftaran online terus

      ada link untuk cek saldo JHT BPU nya.?

      tks

      Hapus
    3. Mas Halim.

      Iya itu ternyata BPU tampilan baru. Dan ternyata BPU Webmobile sudah tidak berlaku lagi karena sudah digabungkan dengan aplikasi BPJSTKU. Untuk saat ini, cara cek saldo untuk peserta BPU adalah dengan mendatangi kantor BPJS TK.

      Hapus
    4. Gmana caranya agar bisa lihat nomor id bpjs

      Hapus
    5. Apakah BPJS kt (BPU) bisa di cair kan?

      Hapus
  2. Saya baru bekerja lagi di kantor Representatif, dimana semua harus urus sendiri... sudah daftar on line, tapi no KPJ tidak keluar. kemana saya harus follow up? untuk kartu BPJS kesehatannya langsung keluar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konfirmasi ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang Kak Diah pilih ketika daftar online tersebut.

      Hapus
  3. Saya mau mencairkan bpjs ketenagakerjaan tpi kartu nya hilang yg ada cuma kartu bpjs jaminan pensiunan aja, apa no no KPJ di kartu bpjs jaminan pensiun ini sama dg bpjs ketenagakerjaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cukup gunakan no BPJS Jaminan Pensiunan. Hilangkan tiga angka terakhir, itu adalah no BPJS Ketenagakerjaan...

      Hapus
    2. Klo saya mau tanya. Saya kerja 2015 waktu itu berhenti. Tpi blm dpt krtu bpjs. Selma sy bekerja gji sy sdh di potong bpjs. Cara mngtahui kartu masi aktif atau tdknya gmn y

      Hapus
    3. Saya mau tnyak sewaktu bekerja dulu saya da potongan BPJS kesehatan ketenagakerjaan dan JHT apakah JHT dan ketenagakerjaan tu sama y

      Hapus
    4. Kalau dari pnglaman saya sendiri itu masih bisa di urus. Datang saja kekantor dulu bekerja. Tanyakan kartu bpjs nya kalau tidak ada fisiknya minimal no kepesrtaan. Kalau aktif tidak nya sudah pasti tidak aktif. Karena sudah berhenti dari perushaanntsb.Dan jangan lup minta surat pakalaring. Supaya bisa di cairkan dananya.

      Kalau untuk bpjs ketenga kerjaan dan JHT itu beda. Kalau ketenaga kerjaan bisa di cairkan dananya ketika sudah kelluar dari perushaan minimal 1 bulan .tapi kalau JHT minimal umur 50 thn.
      Semoga membantu ya jawabanya.

      Hapus
  4. Saya daftra bpjs ketenagakerjaan melalui gojek secara online dan saldo saya sudah mulai di potong dan saya ingin cek di online bpjs ketenagakerjaan saya tp harus minta nomor KPJ dan saya tidak dpt nomor kpj ny. Lalu gmn? ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pekerja mandiri seperti gojek memang tidak memiliki no KPJ, dan jika ingin cek saldo JHT bisa datang langsung ke kantor BPJS TK.

      Hapus
  5. apakah nomer bpjs ketenagakerjaan sam dengan kesehatan yaa punyaku kok sam yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan adalah lembaga yang berbeda, jadi kalau ada kesamaan nomor kepesertaan mungkin hanya kebetulan belaka.

      Hapus
  6. Kenapa kartu jamsostek tidak bisa di daftar untuk melihat saldo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan diulangi secara berkala, kemungkinan ketika Anda mendaftar sedang ada pemeliharaan sistem di BPJS Ketenagakerjaan. Jika masih gagal juga, hubungi saja call center BPJS TK 15000910 supaya nanti diberikan solusi terbaiknya.

      Hapus
  7. Keluhan saya, kartu bpjs ketenagakerjaan saya hilang dan posisinya saya sudah tidak di perusahaan tsb, lalu saya iningin mencairkan dana bpjs gimana yahhh??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang bisa mencetak sendiri menggunakan layanan kartu digital BPJS ketenagakerjaan di aplikasi BPJSTKU, sebagai pengganti kartu asli yang hilang. Kalau sudah dicetak, sudah bisa digunakan untuk proses pencairannya.

      Hapus
    2. Caranya gimana mas? Kalau nomor bpjsnya tidak tau sama sekali apa bisa hanya melalui e-ktp?

      Hapus
    3. Soalnya kalau masuk aplikasi BPJSTKU tetap harus pakai nomet KPJ. Sedangkan kita lupa sama nomor KPJ nya dan kartunya hilang. Mohon bantuannya. Trmksih

      Hapus
    4. pertanyaan yang sama.. saya ndak berhasil cari info nomor bpjstk saya.. posisi saya sudah resign sejak 2017, kartu bpjstk hilang dan sama sekali ndak tau nomor nya

      Hapus
    5. Hai semuanya... jangan khawatir kalau kartu BPJS hilang atau tidak tau no nyà sama sekali. Kalian bisa datang kok ke kantor yg pertama kali mengeluarkan kartu BPJS kalian. Pasti mereka msih simpn data best karyawan. Jngan lupa minta paklaring ya. Lalu untuk pengecekan saldo Di BPJSTKU ..pastikan data kalian benar ya guys. Karena biasanya ada yg salah saat pertama kali. Entah nama ibu kandung' tgl tahun kelahiran. Ada sedikit saja itu bisa mempengaruhi.

      Hapus
    6. Kpj & no kpj tidak ada/hilang..terus posisi saya SDH berubah kota,bgmna cara saya mencairkan dananya..saya LG krisis ekonomi...trims

      Hapus
  8. hai mau tanya saya baru mendaftar online BPJS ketenagakerjaan ...nah bagaimana cara biar saya dapat kartu BPJS kt nya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa diambil di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang anda pilih saat pendaftaran, atau bisa juga dicetak sendiri dari kartu digital BPJS Ketenagakerjaan yang dikirim via email setelah kita terdaftar.

      Hapus
    2. Eh iya mas saya juga hilang, cuma saya dapet kertas informasi jaminan hari tua, dipojok atas ada tulisan jht dan nomernya.. Apa itu sma dengan nomer bpjs ketenaga kerjaan nya mas? Tolong dijawab

      Hapus
  9. No kepersertaan KPJ saya ada dua, yang satu di tempat kerjaan lama muncul, cuma yang satu lagi di tempat kerjaan baru gak muncul di webnya gimana cara ngeceknya ya terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klik menu tambahkan kartu, Pak. Lalu masukkan no kartu BPJS Ketenagakerjaan yang lainnya.

      Hapus
  10. Balasan
    1. Klik menu tambahkan kartu, Pak. Lalu masukkan no kartu BPJS Ketenagakerjaan yang lainnya...tuhh udah dijawab pak

      Hapus
  11. Saya sudah daftar online enam bulan lalu dan sudah di potong saldo gopay tapi saya belum dapat kartu bpjs nya dimana saya harus ambil kartu bpjs

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di kantor BPJS Ketenagakerjaan yang anda pilih ketika pendaftaran online, jangan lupa membawa bukti pembayaran iuran.

      Hapus
  12. No kepersertaan KPJ saya ada dua, yang satu di tempat kerjaan lama muncul, cuma yang satu lagi di tempat kerjaan baru gak muncul di webnya gimana cara ngeceknya ya terima kasih.

    BalasHapus
  13. Bagaimana cara membayar BPJS ketenaga kerjaan perusahaan, nomer yg dipakai untuk setoran yg mana?
    ,mohon pencerahaannya

    BalasHapus
  14. Kartu bpjs saya hilang tapi saya hapal no kpj nya ..terussaya sudah bikin surat kehilanagn dari kepolisian apa saya pas pencairan harus minta surat pernyataan lagi dari perusahaan yang dulu saya bekerja..mhon inponya

    BalasHapus
  15. Apakah bisa kartu Jamsostek punya 2 nama berbeda sedangkan nomer kpj nya sama ??? Yg berhak benar2 yg punya kartu Jamsostek asli kah??? Mohon pencerahannya, thnx

    BalasHapus
  16. saya sudah keluar dr perusahaan 2 tahun lalu,kartu jamsostek / bpjs ketenaga kerjaan saya hilang,,dan saya lupa nomer kpj nya.. bagaimana cara mengurusnya agat bisa di cairkan?

    BalasHapus
  17. Saya sudah tdk bekrja d perusahaan tp kartu bpjs yh hilng dan perusahaan yh sudah tutup bagaimn cara yh

    BalasHapus
  18. Dulu saya kerja di Indomaret (2012-2014)tapi saya kaga dapet kartu BPJS , tapi temen saya dapet, sekarang temen saya mau nyariin duitnya.
    Terus gimana dengan nasib saya? Biar saya bisa dapet kartu BPJS?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kaya saya mas gmn urus bareng yuk

      Hapus
    2. Sama bang saya jg. Emng indomaret cabang mna?

      Hapus
    3. Sama bang gw jg ga dpt ...kerja di tahun 2011

      Hapus
  19. Saya sudah tidak bekerja di perusahaan tersebut. Sudah 7 tahun tpi baru hari ini aku amati antara nik dan tgl lahir di ktp sama di surat pengalaman kerja tidak sama..mau saya urus sangat jauh pt nya ada di profinsi kalimantan tkmur sedangkan saya ada di kota cirebon provinsi jabar. Gimana ya di persulit gak si

    BalasHapus
  20. Kak mf ini saya mau tanya bpjs ketenagakerjaan saya hilang saya juga tidak punya jht gmng y cara cek nomor bpjs ketenagakerjaan saya n cara mencairkan

    BalasHapus
  21. Saya sdh keluar dr perusahaan setahun lalu.dan saat saya mw cek saldo/cairkan dana kn saya registrasi via online/sms bpjstk nya tp tdk bs,padahal bpjstk dan kjp nya ada cm nama d ktp dgn kjp nya beda 1 huruf.dan muncul ket:nama ktp dan tgl lhr tdk sesuai.mohon bantuannya

    BalasHapus
  22. Ingin tahu no KPJ BPJS ketenagakerjaan dong soalnya dari perusahaan tempat saya bekerja skrng ga di kasih. Permasalahannya jadi saya mau nge cek saldo BPJS saya ga bisa karena gatau no KPJ nya. Cara untuk liat no KPJ gimana ya?

    BalasHapus
  23. Mau tanya nie... knp pda saat sya mnggunakan aplikasi bpjsk, sy sdh mngkuti ptunjuk dan masukan tmpt tggl lahir, kmdian no ktp elektronik dan no kpj... tpi ktrangan yg mncul NIK ktp elktronik anda tdk trdaftar... untuk solusi nya kira2 sy hrus bgaimana ya... mhon bantuan nya... trma kasih

    BalasHapus
  24. selamat siang, mohon info untuk no kpj,dengan E-ktp 3578054307930001

    BalasHapus
  25. Mau tanya, saya saya mau e-klaim, tp kok sudah saya klaim msh blm dpt email jg yah ? Nah mslhnya setiap saya sudah log in, step2 yg spt upload data2 ga ada.. trs kok nomor kpj nya berbeda dgn di kartu, tp ga bisa saya ganti.. data yg lain sudah bnr.

    BalasHapus
  26. Mau tanya syarat pencairan dana BPJS bpu apa aja ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ktp asli ,kartu bpjs asli,parklaring,sama kartu keluarga jngn lupa buku rek tabungan

      Hapus
  27. Saya sudah mau 3 tahun bekerja belum dapet BPJS ketenagakerjaan. No KPJ nya saja saya tidak tahu. Ada solusi?

    BalasHapus
  28. Kenapa perusahaan tempat saya bekerja tidak membagikan kartu bpjs ketenagakerjaan..bagaimana solusinya

    BalasHapus
  29. izin bertanya. nomor peserta itu yg mana nya ya?

    BalasHapus
  30. parah saya sudah mengajukan claim dan cs nya pun bilang di tunggu sampai tgl 8 november 2018 karna saya mengajukan di tgl 1 november namun sampai dengan saat ini yaitu tgl 12 november 2018 belum cair jga apa ada oknum yg mau korupsi karna blm dpt kabar apa2 dri bpjs ketenagakerjaan ...mohon info

    BalasHapus
  31. Bagaimana cara mengetahui no kpj, sedangkan kartu hilang dan tidak tahu nomornya . perusahaan sudah tutup,mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa ditanyakan ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat dengan membawa Paklaring dari perusahaan, KTP dan KK.

      Hapus
  32. Saya mau tanya,kartu jamsostek ya tidak ad,tapi dr perusahaan sdh memberi surat kehilangn..apakah sudah kiat untuk mencairkan dana jamsostek ya.. Sedangkan skrg sistem online untuk pendaftaran ya.. Harus pk no knp.. Saya ga tau no ya berapa.mlsh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nomer KPJ bisa ditanyakan di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdaftar dengan membawa berkas-berkas berupa e-ktp, KK dan paklaring.

      Hapus
    2. Saya sudah membawa semua persyaratan tersebut. Namun tetap tidak dibaritaahukan Nomer KPJ saya. Kantornya jg cm satu-satunya di Yogyakarta. Gimana tuh?

      Hapus
  33. Saya baru tgl 3 kemarin mencairkan jht. Puji Tuhan sekarang udah di transfer.. Tp yg mo saya tanyakan, apakah saldo saya yg dulu di kartu yg bernama JAMSOSTEK, di satukan dengan yg BPJS,, soalnya kata petugasnya pas saya klaim, nomornya beda,, jadi di suruh cairkan lagi.. Mohon bantuanya dong,, kalo emang beda biar saya urus lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo kata petugasnya suruh cairkan lagi, ya tinggal ikuti saja mereka, Kak. Sebab kalo nomornya beda, berarti saldonya ada sendiri-sendiri.

      Hapus
  34. Saya sudah klaim jht..kartu asli sudah diambil oleh kantor bpjs tk tmpat saya klaim..namun diaplikasi bpjtk keluar lg no kpj baru dengan saldo baru dari 2 pt lain.tapi ko tidak bisa di klaim ya.itu gmna caranya bisa diklaim lg dengan no kpj baru itu??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk bisa klaim, pastikan semua syarat dan ketentuan di kepesertaan yang lainnya tersebut sudah terpenuhi. Jika memenuhi syarat pasti bisa cair.

      Hapus
  35. Saya dulu kerja tapi tidak diberikan kartu BPJS ketenagakerjaan dan outsourcing sudah pindah ke Yogya,sy mau tanya cara mengetahui nomor BPJS dari nomor NIK apakah bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. No BPJS TK untuk Pekerja Penerima Upah (PPU) atau karyawan perusahaan tidak bisa dicek lewat NIK. Pengecekan bisa dilakukan di kantor BPJS TK dengan menyodorkan KTP, KK dan Paklaring/Surat Pengalaman Kerja.

      Hapus
  36. Saya sudah berhenti kerja dari 6 bulan yang lalu dan tidak mendapatkan kartu BPJS ketenagakerjaan saya dari tempat kerja saya sebelumnya. Apakah untuk mengecek no referensi kartu BPJS ketenagakerjaan dan mencairkan bisa di lakukan di kantor BPJS terdekat? Lokasi saya saat ini di cibinong, sementara tempat kerja saya sebelumnya di daerah Jakarta Utara. Mohon infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, Kak. Silakan datang ke kantor cabang BPJS TK terdekat dengan membawa KTP, KK dan Paklaring dari perusahaan.

      Hapus
    2. tapi saya barusan nyoba tetep gabisa , katanya harus dateng ke kantor yg lama atau ke kantor bpjs ketagakerjaan sesuai domisili perusahaan yg lama untuk mendapatkan nomer kpj

      Hapus
  37. saya tidak memeiliki kartu bpjstk tp sy rutin dipotong setelah gajian, dari kantor lama tidak memberikan karena posisi saya diluar kota jauh dari kantor, bagaimana saya mengecek saldo bpjstk tanpa kartu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Telepon pihak HRD perusahaan, tanyakan berapa no kartu BPJS TK anda, setelah itu bisa digunakan untuk registrasi layanan SMS 2757 supaya bisa cek saldo JHT via SMS. Cara registrasinya bisa dibaca secara lengkap di artikel blog ini.

      Hapus
  38. Saya sudah mangakses one bpjs
    Saya pengen mengetahui isi saldo bpjs ketenaga kerjaan tp kenapa tidak bisa
    Bagaimana caranya pengen mengetahui isi saldo bpjs ketenagakerjaan.tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek saldo JHT BPJS TK bisa melalui berbagai cara, bisa lewat SMS, aplikasi BPJSTKU, lewat ATM juga bisa. Silakan baca-baca artikel lainnya di situs ini tetang beragam cara mengetahui saldo JHT, sudah dijelaskan lengkap.

      Hapus
  39. Saya punya kartu 3 sdngkan hilang 2 yang 1 saya cairkan...yang saya tanyakan apakah no kpj yan hilang sama yg saya cairkan sama...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berbeda, Pak. Untuk cek no KPJ kartu yang hilang bisa ditanyakan di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat dengan membawa KK, KTP dan Paklaring dari masing-masing perusahaan dari kedua kartu tersebut.

      Hapus
    2. nomor kartu bpjs asli beda sama kartu digital..mohon pencerahan ya..mksih

      Hapus
  40. Apakah bpjs pasukan orange bisa d cair kan??
    Mohon pencerahan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dicairkan untuk yang program JHT dan JP ketika sudah memenuhi syarat.

      Hapus
  41. Apakah bpjs ketenagakerjaan ppsu bisa di cair kan???
    mohon pencerahan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk program JHT (Jaminan Hari Tua) dan JP (Jaminan Pensiun) bisa dicairkan setelah memenuhi syarat, Pak. Terima kasih.

      Hapus
  42. Permisi. Untuk mencairkan bpjs ketenagakerjaan itu harus nunggu brp bulan ya dri resign d perusahaan? Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minimal satu bulan setelah berhenti bekerja dan kartu non aktif.

      Hapus
  43. Kalau pekerja pabrik yang sudah keluar itu termasuk BPU bukan? Cara cek nya aku gak ngerti salah mulu pas nyobain katanya malah tidak terdaftar nggak ngerti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pekerja pabrik termasuk PPU (Pekerja Penerima Upah), bukan BPU.

      Maaf ini maksudnya mau ngecek apa, Pak?

      Hapus
  44. Kartu jamsostek saya hilang,saya gak tahu nomer nya. Mau bikin surat kehilangan di polsek tapi masih di tanya nomer nya,kan saya gak tahu. Terus solusi biar tahu nomernya gimana.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa ditanyakan di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat dengan membawa e-KTP, KK dan paklaring. Terima kasih.

      Hapus
    2. Pertanyaan yang sama mslh pklaring ga ada trus perusahaan trsbut udah bangkrut gmna solusinys bos

      Hapus
  45. Selamat siang Pak... mau tanya...Saya sudah lama tidak pegang kartu BPJS, jadi tidak tahu nomer KPJ-nya. Yang saya pegang saat ini adalah kartu Indonesia Sehat (KIS). Tapi sampai saat saya rutin bayar lewat kantor saya setiap bulannya Rp. 145.000. Lalu bagaimana cara mengetahui nomer KPJ saya, sedangkan yang saya pegang saat ini KIS.Mohon informasinya ya Pak...Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. KIS merupakan kartu dari BPJS Kesehatan, sementara KPJ dari BPJS Ketenagakerjaan. Beda lembaga, Pak. Di BPJS Kesehatan tidak ada yang namanya no KPJ (Kartu Peserta Jamsostek)

      Hapus
  46. Bpjs hilang beserta dompet Dan semua isinya. Sekarang modalnya cuma Resi KTP asli, kk, paklaring. Apa kan bisa di proses until bisa mendapatkan nomer bpjs TK? Terimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika kartu asli hilang, nomer KPJ bisa dicek di kartu digital BPJS ketenagakerjaan yang ada di akun aplikasi BPJSTKU milik Anda.

      Hapus
  47. Pak cara mendapatkan nomer KPJnya gimana .. minta solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nomer KPJ hanya akan diberikan kepada seseorang yang telah resmi terdaftar menjadi peserta BPJS TK. Jadi silakan daftar menjadi peserta agar Anda mendapatkan nomor KPJ.

      Hapus
  48. Kalo saya sudah resign dari 2012 status masih jamsostek bukan bpjs tenagakerja apa masih bisa dicairkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget, Pak. Itu hanya berubah nama saja. Hak kita tidak hilang.

      Hapus
  49. Saya ingin cair kan BPJS kartu keluarga hanya ada foto copy nya saja
    Untuk yang asli hilang
    Apa bisa di cairkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa, Pak. Wajib membawa kartu keluarga yang asli. Jadi silahkan diurus KK yang hilang tersebut.

      Hapus
  50. paklaring asli saya ada tapi belum dilegalisir copy an nya. apa bisa langsung buat pencairan saldo pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, Pak. Klaim JHT tidak perlu menyertakan fotokopi paklaring yang dilegalisir. Cukup fotokopi biasa saja.

      Hapus
  51. Assalamu'alaykum .
    Saya ingin menanyakan mengenai no KPJ sedangkan kartu saya hilang bagaimana caranya yaaa
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdaftar/yang menerbitkan kartu anda dengan membawa Paklaring, KTP dan KK.

      Hapus
  52. gan bertanya kalo maksud nya kantor cabang itu tempat kita bekerja awal apa kantor cabang bpjstkk nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang di maksud kantor cabang ya seluruh kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang tersebar di seluruh Indonesia, Pak. Namun ada juga yang KCP (Kantor Cabang Perintis).

      Hapus
  53. Mau mencairkan jht tapi d rincian saldo ada 2 pt apa plaklarinnya harus dua pt trsbt apa plaklarin pt yg terakhir kerja doang ka. Mksh jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus ada dua paklaring dari masing-masing perusahaan, Pak. Jika tidak maka hanya saldo JHT di kartu BPJS ketenagakerjaan yang disertai paklaring yang bisa dicairkan.

      Hapus
  54. Dear Admin,
    Dulu saya pernah bekerja pada tahun 2000, dan periode kerja kurang lebih 7 Bulan, Karena saya fikir untuk mencairkan nya butuh waktu 10 tahun, maka saya baikan kartu tersebut dan tak tahu dimana rimbanya.
    Pertanyaan nya bisa kah sekarang saya urus kartu tersebut, dengan bermodalkan surat pengalaman kerja, dan nama ibu kandung?
    karena saat ini nomor ktp saya sudah berganti dengan ektp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget, Pak. Datang saja ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat dengan membawa surat pengalaman kerja yang anda miliki tersebut, KK dan KTP yang sekarang. Akan tetap terlacak kok kepesertaann kita.

      Hapus
  55. Klo kata sandi di form daftar pengguna menggunakan kata sandi email bukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata sandi itu terserah kita, yang penting bisa diingat. Mau sama atau berbeda dengan kata sandi email tidak masalah.

      Hapus
  56. Bagaimana kl adik saya sdg meninggal tapi kartu BPJS NY hilang bagaimana cara cek dan melapor kpd BPJS bukti kartu peserta NY hilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan di daerah Anda dengan membawa KTP elektronik milik almarhum adik anda, Kartu Keluarga, Paklaring milik adik anda dan surat kematian untuk membuktikan bahwa adik anda sudah meninggal dunia. Nanti akan dilacak no kartunya, kalau sudah mendapat nomornya silahkan cetak sendiri kartu digital BPJS ketenagakerjaan di aplikasi BPJSTKU.

      Setelah itu tinggal diurus pencairannya. Baca saja artikel di blog ini yang berjudul cara mencairkan jht untuk peserta yang telah meninggal dunia.

      Hapus
  57. saya mau nanya, saya bekerja di satu perusahaan namun memiliki 2 kartu, apakah bisa di cairkan hanya menggunakan 1 paklaring, karna saya hanya di berikan 1 paklaring saja???
    mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin surat keterangan/rekomendasi pencairan JHT untuk kartu yang satunya.

      Atau konsultasikan ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan di daerah anda terkait masalah tersebut.

      Hapus
  58. Bpjs jht saya sudah hilang, apa bisa mencairkan jht menggunakan kartu jaminan pensiun bpjs..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika kartu Jaminan Pensiun terpisah dengan kartu Jaminan Hari Tua (JHT), maka kartu Jaminan Pensiun tidak bisa digunakan untuk klaim JHT. Karena itu program yang berbeda.

      Buat kartu digital BPJS ketenagakerjaan saja, satu kartu bisa mencakup semua program.

      Hapus
  59. Hrs ngurus surat kehilangan n ttd dr perusahaan ga mas...q jg sama...
    Ga dpt kartu dr kantor yayasan penyalur kerja...mohon dijelaskan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cari tau saja nomor kartu kepesertaann BPJS Ketenagakerjaan anda. Kalau sudah tahu nomernya, kartunya bisa dicetak sendiri menggunakan layanan kartu digital BPJS ketenagakerjaan yang ada di aplikasi BPJSTKU.

      Sekarang lebih mudah tidak perlu lagi membuat surat kehilangan dari kepolisian.

      Hapus
  60. Saya cek BPJS ku tapi salah KPJ nya gimana cara mengganti nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau salah KPJ-nya otomatis registrasi gagal. Tinggal diulangi dari awal, lalu masukkan no KPJ yang benar.

      Hapus
  61. Bisakah cek saldo BPJS tenaga kerja PT cuma pakai no NIK e KTP?,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek saldo JHT bisa lewat SMS, aplikasi BPJSTKU dan cek langsung di website BPJS Ketenagakerjaan. Namun untuk bisa cek harus registrasi dulu, untuk registrasinya diperlukan data-data kependudukan termasuk NIK dan juga no KPJ. Kalau cuma NIK tidak bisa. Untuk lebih jelasnya bisa baca-baca artikel di blog ini yang membahas seputar cek saldo JHT.

      Hapus
  62. Saya mau tau no kpj nya sedangkan kartunya hilang ??
    Cara agar bisa liatnya gimana soalnya no nya gatau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan yang menerbitkan kartu anda yang hilang tersebut dengan membawa KTP Elektronik, KK dan Paklaring/Surat Keterangan Telah berhenti bekerja.

      Hapus
  63. Saya mau tanya....kalau KPJ belum dtrima tp rincian saldo ada dn juga tertera no KPJ apakah bisaa dicairkan.trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, tapi silahkan cetak sendiri dulu kartunya untuk persyaratan pencairan JHT. Cetak kartunya dari kartu digital BPJS ketenagakerjaan yang ada di akun BPJSTKU milik anda.

      Hapus
  64. mas saya mau nanya, saya risign dari perusahaan lama tertanggal 01 maret 2019 di surat pengalaman kerja. utk tutup buka di perusahaan saya tgl 20 ke 21. knp ya saya tidak bisa caikan bpjs saya? sewaktu saya masuk website nya ini https://antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id/ pesan nya begini "Status kepesertaan anda masih aktif.
    Silahkan hubungi HRD perusahaan atau call center 1500910". bagaimana solusi nya ya mas. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan karena belum ada satu bulan dari tanggal berhenti bekerja. Klaim JHT hanya bisa diajukan ketika sudah tidak bekerja minimal sebulan. Jadi silahkan dicoba lagi bulan depan.

      Hapus
  65. Saya mau tanya, bapa saya kan sdh meninggal dunia, terus gmn caranya cek saldo Jamsostek sedangkan Jamsostek nya hilang, ada solusi nya gak. Plisss tlongt bantuannya. Makasih

    BalasHapus
  66. Maaf pak mau tanya kartu bpjstk saya hilang apa bisa dicetak buku bpjstk nya di cabang terdekat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu. Jika kartu BPJS TK hilang, sekarang bisa cetak via aplikasi BPJSTKU karena di sana terdapat kartu kepesertaann kita yang versi digital.

      Hapus
  67. Saya mau tanya kartu jamsostek saya hilang.. Saya cuma punya bpjs pensiun.. Apakah nomer kpj sama dengan nomor bpjs pensiun.. Klo misalkan sama.. Apakah saya bisa cairkan dana jamsostek say

    BalasHapus
    Balasan
    1. No kartu BPJS Ketenagakerjaan untuk program JHT dan JP (Jaminan Pensiun) sesikit berbeda. Untuk no referensi program JP ditambah tiga digit angka nol di belakang no referensi program JHT. Jadi no kpj program JHT anda tinggal hilangkan angka 000 yang tercantum di kartu jaminan pensiun anda.

      Nah setelah tahu no KPJ tersebut, silahkan buat/cetak kartu digital BPJS ketenagakerjaan lewat aplikasi BPJSTKU supaya bisa digunakan untuk proses pencairan dananya. Demikian.

      Hapus
  68. ADA YANG BISA BANTU ??
    saya pernah bekerja di perusahaan selama 3thn sejak 2010-2013. Pada saat klaim jamsostek massal 2016 saya tidak sempat klaim. Bagaimana ya kira2 jika ingin di klaim sekarang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak pernah ada klaim Jamsostek massal, Pak. Klaim JHT bisa dilakukan kapan saja termasuk sekarang, yang penting memenuhi syarat-syarat dan ketentuannya. Untuk caranya silakan baca-baca di artikel website ini, sudah dijelaskan lengkap.

      Hapus
  69. Cara mengetahui no jamsostek kita yg dah lama hilang gimana ya?
    Dulu rhn 2011 saya berhenti dari lestoran yoshinoya, dan jamsostek saya yg lama hilang lupa naronya, karena sudah lama sekali, dan packliring juga sudab tdk ada.
    Gimana cara agar saya tahj no kpj nya ya? Dan cara mencairkannya.
    Karena dulu saya kira kartu itu tdk ada uangnya, setelah sekian lama saya kerja di tempat yg baru, baru tahu dari personalia kantor yg baru, bahwa kartu jamsostek saya yg di kerjaan lama seharusnya masih ada saldonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minta lagi paklaring dari restoran tempat anda bekerja tersebut. Setelah itu datangi kantor BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek yang mengeluarkan kartu Jamsostek yang anda yang hilang tersebut, dengan membawa KTP, KK dan paklaring. Tanyakan no KPJ anda. Setelah terlacak no kepesertaannya, daftarkan di aplikasi BPJSTKU lalu cetak kartu digital BPJS ketenagakerjaan yang terdapat di aplikasi tersebut. Kalau sudah dicetak, tinggal diurus proses pencairannya.

      Hapus
  70. Saya mau bertanya saya dlu pernah berkerja di perusahaan kurang lebih 1 tahun tapi saya risennya dadakan dan orang kantornya gak mau memberika surat pengalamaan kerja untuk saya , ketika saya mau mencairkan bpjs ketenagakerjaan saya yg terakhir ini ternyata perusahaan saya yg ini mencantum kan nomer bpjs dengan nomer yg sama pas saya kerja di perusahan yg tidak mau memberikan surat pengalaman kerja tersebut , gimana ya solusinya ?
    Saya bertanya kepada cs di bpjs katanya gak bisa cair kalo gak ada surat pengalaman kerja dari kantor yg terdahulu ituuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti itu saldo JHT-nya sudah digabungkan antara saldo JHT di perusahaan lama dengan saldo JHT di perusahaan yang baru. Jadi Paklaringnnya cukup satu dari perusahaan yang terakhir.

      Hapus
  71. Sy dpt kartu JHT dari perusahaan tempat sy bekerja. Tp yg tercetak di kartu hanya no peserta aj (no KTP tdk muncul).
    Sdh sy tnyakan k HRD, ktnya d server BPJS-TK no KTP nya tdk valid. Pdhal sy sdh lama punya e-KTP (logika sy: klo tdk valid harusnya kartu sy tdk bs d cetak).
    Pertanyaan-nya apakah nti bs dicairkan ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kartu BPJS Ketenagakerjaan yang model lama memang tidak mencantumkan NIK. Jadi tidak perlu khawatir.

      Coba bikin akun di aplikasi BPJSTKU, jika berhasil berarti tidak masalah pada kepesertaann anda. Soalnya saat buat akun kita harus memasukkan NIK e-ktp dan juga no KPJ.

      Hapus
  72. Malem omm ,,, numpang nanya nie saya pernah kerja di perusahaan lama kan ada Jamsosteknya trs saya abis kontrak tpi saya ga tau klo itu bisa dicairkan ,,,
    Sedangkan saya sudah bekerja lagi diperusahaan lain ,,,
    Pertanyaannya apakah bisa dicairkan Jamsosteknya atau tidak ,,,
    Soalnya saya nanya ktmn saya katanya tidak bisa dicairkan klo sudah msk kerja lagi,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang belum bisa dicairkan jika sekarang sudah bekerja lagi. Uang JHT BPJS TK/Jamsostek hanya bisa dicairkan ketika sedang tidak bekerja di perusahaan/menganggur.

      Hapus
  73. Kalau nomer tidak terdaftar saya harus bagaimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba tanyakan ke HRD perusahaan atau langsung ke kantor BPJS TK di daerah Anda, kenapa no KPJ anda tidak terdaftar. Nanti akan ditelusuri penyebabnya apa. Jika ternyata memang tidak terdaftar, berarti perusahaan memang belum mengikutsertakan anda ke asuransi sosial BPJS Ketenagakerjaan ini.

      Hapus
  74. Tanya dong...kalo JHT ada waktu pemberhentiannya ngga kenapa saldo saya tdk berkembang setelah 15 thn bekerja.terus saya ikut yg JP baru dan perkembangannya masih dikit karna baru diikut sertakan oleh perusahaan saya bekerja.terus gimana nasip saldo JHT saya..saya perlu konfirmasi kemana karna sampai skrg saya masih bekerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konfirmasi ke perusahaan dulu, Pak. Jika 15 tahun bekerja tapi saldo JHT tidak berubah kemungkinan perusahaan tidak menyetorkan iuran bapak ke pihak BPJS Ketenagakerjaan.

      Jika saldo JP masin sedikit karena baru diikutsertakan ya itu wajar, Pak.

      Mengenai nasib JHT anda, berapapun saldonya tetap bisa dicairkan asalkan memenuhi syarat dan ketentuannya.

      Hapus
  75. Tahun 2018 nomer kartu kjp saya ada 2 kartu
    kenapa pas 2019 ini kartu kjp nya cuma ada 1 pas saya cek di bpjs online
    Mohon pemberitahuan nya min,kira2 kenapa sebab 1 kartu saya itu hilang padahal belom pernah saya claim
    Terima kasih

    BalasHapus
  76. Gmn cara tau jamsostek saya..punya saya hilang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Datangi kantor BPJS ketenagakerjaan dengan membawa KTP elektronik, kartu keluarga dan paklaring dari perusahaan. Nanti akan dilacak nomor kepesertaan anda, lalu berbekal nomor tersebut silahkan cetak kartu digital BPJS ketenagakerjaan untuk menggantikan kartu Jamsostek anda yang hilang.

      Hapus
  77. Kenapa no kpj yg dlu gk bsa msuk aplikasi bpjstku,ada balasan data anda tidak d temukn...knapa ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastikan data-data Kependudukan anda sama dengan data-data di kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

      Hapus
  78. Mau tanya pak klo no antrian lupa gmna ya cara liat lagi ya biar tau no antrian ya makasih

    BalasHapus
  79. Mau Tanyaa.. bisakah kita urus kartu jamsostek yang hilang ke kantor BPJS yang bukan tempat atau wilayah kerja kita terdaftar dengan membawa syarat pengalaman kerja dan surat bukti hilang dari kepolisian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika tau nomor kartunya, kartu bisa dicetak sendiri lewat aplikasi BPJSTKu. Jadi tidak perlu repot mendatangi kantor BPJS TK.

      Hapus
  80. Mau tanya, saya sudah login ke apk bjpstku. Dan saya niatnya mau lihat kartu digital dan saldo jht saya, tetapi ketika saya klik malah balasanya "informasi not found". Saya mohon penjelasannya seperti apa soalnya saya baru pertama kali kerja dan ngurus seperti ini malah kaya gitu. Padahal sudah saya masukkan juga nomor KPJ nya tetap not found. Mohon bantuannya yah :) Terima kasih sebelum nya.

    BalasHapus
  81. Saya mau tau nomer BPJS ketenagakerjaan saya di PT. Nusa Raya Cipta Tbk... Saya sdh 9 thn kerja tapi ga dapat kartu BPJS ketenagakerjaan..
    Makasi

    BalasHapus
  82. Saya mau tanya, di aplikasi bpjstku, biasanya kartu digital bpjs yang lama dari perusahaan yang lama muncul. Sekarang kok sudah tidak nampak di aplikasi. Terimakasih

    BalasHapus
  83. Saya nur dari karawang.di th 2011 sy pernh bekerja di sebuah pt. Setelh 1 th sy risen dan g lama kemudian pt nya pun bangkrut.th 2013 sy mengalami kebanjiran dan ga ngeh sm surat"penting.sy baru ngeh skrng" klo kartu sm paklaring nya g ada semua mau bkin laporan tp hrs ada no jamsostek nya sedangkan sy lupa no nya. Itu gmn ya cara dpetin no nya dan apa msh bs di cairkan jamsostek sy. Trmksh

    BalasHapus
  84. saya jg pernah kerja di suatu perusahaan ,, namun kartu bpjs ketenagakerjaan saya tidak dikasih,, pdhal teman saya dapat kartu. dan srg saya gk bisa cairin,, krn nomor nya gk tau,, dan saya sudah ama resign dari perusahaan tersebut.
    sekarang saya sudah kerja di perusahaan yang baru dan dapat kartu bpjs ketenagakerjaan.
    seharusnya pihak manajemen bpjs ketenagakerjaan mendaftarkan peserta bpjs ketenagakerjaan melalui nomor NIK. sehingga waktu kita login ke app BPJSTU gampang.

    BalasHapus
  85. Ka, sama ngga sih nomor kepersertaan kartu bpjs ketenagakerjaan dengan kartu jaminan pensiun? Soalnya kartu jaminan pensiunku hilang. Kalau bpjsnya ada

    BalasHapus
  86. Bagaimana klo mencairkan dana BPJS tanpa surat paklaring, apa bisa..!?
    Bila kartu BPJS saya sudah tidak aktif apa itu semua bisa dan katru BPJS, E-KTP, KK ada semua komplit.
    Apa dana BPJS saya bisa di cairkan..
    Trima kasih bantuanNya..

    BalasHapus
  87. Cara merubah alamat email di aku. BPJS bagimana cara ya

    Mohon info ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mengubah email di akun BPJS Ketenagakerjaan, harus menghubungi pihak BPJS Ketenagakerjaan baik via telepon maupun sosial media untuk reset akun. Setelah akun anda direset, anda bisa bikin akun lagi menggunakan email yang baru. Demikian.

      Hapus
  88. Terima kasih atas informasinya, cukup membantu. ada 1 hal yang ingin saya tanyakan. apakah kita bisa cairkan BPJS TK perusahaan lama, walau sebetulnya BPJS kita sudah tergabung di perusahaan baru?? (Kondisi saat ini sudah resign di perusaaah baru). Terima kasih

    BalasHapus
  89. Mau tanya,saya sudah login di bpjsku tapi tiap masuk tululisanya, anda tidak terdaftar,apakah bpjs saya masih aktif dan bisa dicairkan

    BalasHapus
  90. Selamat pagi pak...saya pada tahun 2011 sampai 2013 berkerja di salah satu perusahaan di situ saya di beritahu dapt jamsostek...tp selama saya berkerja sampai saya rigsn tdk di kasi kartu dan nomer jamsostek nya...beberpaa tahun kemudian saya minta...mereka bilang data saya sudah hilang jd tdk bisa di lacak..... Ini bagai mana cara mengetahui nya ya pak.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa ditanyakan di kantor BPJS TK di daerah anda, dengan membawa e-KTP, KK dan paklaring dari perusahaan.

      Hapus
  91. Maaf ka kartu jamsostek saya kan hilang saya ingin tahu no kpj saya gmn ya?tanya sama perusahaan yang bersangkutan belum ada jawaban.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanyakan di kantor BPJS ketenagakerjaan, dengan membawa KTP elektronik, kartu keluarga dan paklaring dari perusahaan. Nanti akan dilacak nomor kepesertaan anda.

      Hapus
  92. Klo kartu jamsostek masih bisa di cairkan tidak ya,dlu saya dapat dari kerjaan saya yang lama namun belum saya cairkan karena
    kartunya hilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, Pak. Sebab dana JHT tersebut adalah hak anda. Jika kartu hilang silakan cetak dari kartu digital BPJS Ketenagakerjaan yang terdapat di aplikasi BPJSTKu, sebagai pengganti kartu yang hilang tersebut.

      Hapus
  93. terkadang kita dipersulit untuk hanha sekedar tau info nomor bpjs kpj diperusahaan terutama dihrd tersebut...itu terasa tidak adil untuk kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar. Tidak bisa dipungkiri memang ada HRD-HRD perusahaan yang menyebalkan seperti itu. Dan kebanyakan pekerja tidak bisa berbuat banyak. Takut dipecat dan sebagainya.

      Hapus
  94. Mas kalo mau tau no KPJ kita gimana yah caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca artikelnya di atas baik-baik mas, disitu sudah dijelaskan dengan sangat lengkap.

      Hapus
  95. Saya pernah dapat kartu peserta jamsostek pada tahun 2009. Dengan no 00023312417.. saya pernah coba cek saldo lewat aplikasi tapi gak pernah bisa di cek.. itu gimana ya??

    Dan sekarang saya dapat bpjs tenaga kerja di tempat kerja baru saya...
    Saya cek,,yg keluar tulisan " anda hanya terdaftar di JKK dan Jkn" ... boleh dijelaskan gmna tu mas??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keterangan tidak bisanya karena apa, Pak? Untuk cek saldo via aplikasi, harus registrasi terlebih dahulu. Tidak bisa langsung cek. Apa bapak sudah berhasil registrasi?

      Aneh jika seperti itu, Pak. Soalnya JKN itu program BPJS Kesehatan, bukan BPJS Ketenagakerjaan. Biar lebih jelas duduk perkaranya dan sumber masalahnya, coba bapak konsultasikan ke kantor BPJS TK di daerah anda.

      Hapus
  96. Kalo bpjs ketenagakerjaan dengan jamsostek sama atau berbeda ya. Karna saya bingung ingin mencairkan bpjs. Tp utk jamsostex bagaimana y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saja Pak. Jamsostek sekarang telah berganti nama menjadi BPJS Ketenagakerjaan. Untuk tata pencairan dana JHT BPJSTK, silahkan baca-baca di artikel blog ini. Banyak caranya tinggal dipilih mana yang bapak mau.

      Hapus
  97. Sya uda di daftarin bpjs ketenagakerjaaan tapi dari pihak kantor ga pernah mau ngasi no kertunya, itu hrus gimana ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alasannya apa, Pak? Coba ditanyakan baik-baik atau didesak saja, karena mendapatkan kartu atau tahu no kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan merupakan hak pekerja.

      Hapus
  98. Dulu saya kerja di perush.A lalu resain dan kerja di perush.B, keduanya menggunakan 1 nomer kpj. Skrg saya sudah tdk bekerja lagi dan ingin mencairkan JHT nya, paklaring nya harus ada 2 (A dan B) atau cukup 1 saja yang terakhir (B) ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau seperti itu, cukup menggunakan paklaring dari perusahaan yang terakhir.

      Hapus
  99. Assalamualaikum apakah uang JHT bisa di ambil sebagian atau berapa % yg bisa di ambil , tetapi saya masih aktip bekerja terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. uang JHT bisa diambil 10% atau 30% bagi peserta yang masih aktif bekerja, syaratnya sudah menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan minimal 10 tahun dan perusahaan tertib iuran dalam rentang waktu tersebut.

      Hapus
  100. Keluhan saya saat saya mau cek saldo di bpjs ketenaga kerjaan kok nggak bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisanya karena apa? Dan ini cek saldo via apa? Apakan via SMS atau aplikasi BPJSTKU?

      Hapus
  101. Mohon informasinya, saya mau cek saldo jamsostek sebelum berubah ke bpjs. Tapi pada aplikasi bpjsku tidak bisa menambahkan no KPJ. Keterangannya data tidak ditemukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastikan data-data yang disubmit sesuai KTP elektronik anda, dari nama lengkap, tanggal lahir, NIK, dll. Jangan ada perbedaaan satu huruf pun. Jika data tidak ditemukan, pasti ada data yang tidak cocok, silahkan hubungi BPJS Ketenagakerjaan baik lewat call center maupun sosial media, untuk dilacak penyebabnya apa.

      Hapus
  102. Bpjs ketenaga kerjaan sy hilang,dulunya sy pt bpi.karena pt bpi sdh tutup jd susah sy cari nomernya.d pt yg baru sy d kasi kartu bpjs ketenaga kerjaan,cuma saldonya sedikit,saldo yg dulu tidak masuk k bpjs sy yg sekarang,td urus bpjs d kantor bpjs katanya yg baru aja terdaftar dngn pt yg baru.. Jd yg lama tidak bs kelihatan.sy harus gmn,bingung.. Sdh kerja lama masa saldo harus hilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bawa KTP dan Paklaring dari PT BPI ke kantor BPJS TK yang menerbitkan kartu anda yang hilang tersebut, seharusnya no kepesertaaan anda bisa dilacak dengan data-data anda yang terdapat di KTP dan Paklaring. Jika tidak terlacak, mungkin ada data yang salah pada kepesertaan anda yang lama.

      Hapus
  103. Kak mohon informasinya, tahun 2010 BPJS saya masih ikut orang tua (dari perusahaan mereka bekerja), dan sekarang saya umur 26 tahun dan ingin mengurus BPJS ikut ke suami, tapi nomor BPJS saya yang dulu hilang. Bagaimana tahap pengurusannya kak? Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus