BPU Web Mobile, Layanan Online BPJS Ketenagakerjaan Khusus Untuk Peserta Mandiri

Apa itu BPU Web Mobile? Dalam pengertian sederhana, BPU webmobile adalah layanan dari BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek) yang diberikan khusus untuk peserta mandiri atau peserta yang tidak bekerja pada pihak lain/perusahaan. Peserta bpjs tk dari sektor pekerja mandiri seperti ini disebut BPU (Bukan Penerima Upah).

Hal ini karena sekarang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BPJS TK) tak hanya melindungi pekerja-pekerja yang bekerja dan mendapat gaji dari perusahaan, pimpinan, bos, ataupun majikan. Saat ini program-program BPJS TK bukan lagi hanya diperuntukkan bagi karyawan dan buruh perusahaan. Tapi orang-orang yang bekerja mandiri seperti pedagang, petani, nelayan, penulis lepas, pengamen, pendeta, penjaga masjid, tukang cukur, tukang ojek, penyanyi, youtuber dan lain sebagainya juga berhak ikut mendaftar BPJS Ketenagakerjaan. Berhak memperoleh Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK) dan Jaminan Hari Tua (JHT).

Nah untuk memberi pelayanan via internet khusus bagi peserta bukan penerima upah tersebut, BPJS TK telah meluncurkan layanan BPU Web Mobile. Hal ini karena peserta BPU tidak bisa memiliki akun BPJS TK. Sehingga tidak bisa log in ke website utama BPJS Ketenagakerjaan dan juga Aplikasi BPJSTK Mobile. Maka dari itu, untuk mengakses informasi via online bagi peserta BPU adalah melalui BPU webmobile.

Kenapa peserta BPU nggak bisa menggunakan aplikasi BPJSTKU? Karena kalau mau memakai aplikasi tersebut harus memiliki akun BPJS TK, dan untuk membuat akun BPJSTK salah satu syaratnya adalah wajib submit no KPJ (Kartu Peserta Jamsostek). Sementara peserta dari BPU tidak memiliki nomor KPJ. Sekali lagi, peserta BPJS TK Bukan Penerima Upah (BPU) tidak memiliki no KPJ! Nomor yang tercantum di kartu BPJS Ketenagakerjaan peserta BPU adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) sama seperti yang tercantum di KTP elektronik.

Jadi intinya, peserta BPU tidak bisa membuat akun BPJS TK dan tidak bisa menggunakan aplikasi BPJSTK Mobile.

Nah solusinya, agar peserta BPJS Ketenagakerjaan versi BPU memperoleh layanan online, pihak BPJS Ketenagakerjaan menghadirkan layanan BPU Webmobile ini. Dan sesuai namanya yang ada embel-embel mobile, layanan ini memang berbasis mobile sehingga sangat mudah dan begitu ringan diakses lewat perambahan telepon seluler alias handphone.

Hadirnya BPU Web Mobile ini tentu sangat mempermudah warganet peserta BPJSTK BPU mendapatkan pelayanan online via hp tanpa menggunakan aplikasi khusus. Yang diperlukan hanyalah browser.

Selama ini website bpjs tk sangat sulit dibuka lewat browser smartphone. Hasil percobaan kami dari beberapa browser, hanya Chrome dan Puffin yang mendukung dan itupun pada settingannya harus diubah ke versi desktop dahulu. Sehingga Loadingnya menjadi berat. Sementara browser-browser lain tidak bisa. Setiap kali dibuka selalu diarahkan untuk mengunduh aplikasi BPJSTK Mobile. Dan sudah dijelaskan di atas, bahwa peserta BPJS Ketenagakerjaan dari jalur Bukan Penerima Upah (BPU) tidak bisa ikut menggunakan aplikasi BPJSTK Mobile.

Tapi kalau layanan BPU Webmobile ini, bisa diakses dengan mudan lewat browser apapun yang ada di handphone Anda. Baik itu Chrome, Opera, Opera Mini, Uc browser, Mozilla Firefox, Via, Puffin, Brave, Yandex Browser dan lain-lain. Bahkan sangat ringan dan cepat. Silakan teman-teman membuktikannya. Inilah alamat BPU Web Mobile:

https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/bpu-mobile/index.zul

Silahkan disalin dan dicoba di browser yang ada di hp teman-teman semua.

Lalu apa saja manfaat dan kegunaan BPU Web Mobile BPJS Ketenagakerjaan ini?

Pertama untuk daftar secara online. Dengan adanya BPU Web Mobile, tentunya masyarakat umum yang ingin ikut program BPJS Ketenagakerjaan bisa mendaftar dengan mudah dan cepat melalui layanan tersebut. Cukup 5 menit sudah selesai. Tidak perlu lagi jauh-jauh atau capek-capek mendatangi kantor BPJSTK.

Kedua untuk mengetahui informasi pembayaran iuran. Berbeda dengan peserta BPJS TK yang berstatus karyawan, yang iurannya diurus dan disetorkan oleh perusahaan. Untuk peserta BPJSTK BPU memang harus mengurus sendiri pembayaran iuran. Tapi berkat BPU Web Mobile ini, proses pembayaran iuran jadi lebih mudah. Peserta akan diberi informasi berapa iuran yang dikenakan. Setelah itu tinggal disetorkan atau dibayar melalui bank, kantor pos, Indomaret, Alfamart, atau datang langsung ke kantor BPJS TK.


Gunadari BPU Webmobile yang ketiga ialah untuk cek jumlah saldo tabungan Jaminan Hari Tua. Karena untuk peserta Bpjstk mandiri tidak bisa mengecek saldo JHT melalui layanan SMS 2757 dan aplikasi BPJSTK Mobile sebagaimana peserta-peserta yang berprofesi sebagai karyawan perusahaan. Jadi untuk bisa melihat saldo JHT secara online, peserta BPJS Ketenagakerjaan Bukan Penerima Upah bisa memanfaatkan layanan BPU Webmobile ini.

Manfaat lainnya BPU Web Mobile adalah untuk cek masa perlindungan, baik itu program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) maupun Jaminan Kematian (JK). Dan beberapa manfaat tambahan lainnya yang nanti bisa Anda coba dan rasakan sendiri setelah menggunakan layanan ini.

Demikianlah informasi serta manfaat BPU Web Mobile bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan dari kalangan pekerja mandiri.

26 Responses to "BPU Web Mobile, Layanan Online BPJS Ketenagakerjaan Khusus Untuk Peserta Mandiri"

  1. Saya mau cek saldo bpjs saya di aplikasi bpjstku tp nomor kpj yg muncul nomor kpj yg lama yg sudah saya cairkan, cara ganti nomor kpj biar bisa cek saldo bpjs yg baru gimana ya.?

    BalasHapus
  2. saya buka bpu-mobile tapi yg keluar saya harus daftar lagi. kan saya udh ada bpjs nya. klw daftar lagi berarti ada 2.mohon dibantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener saya pun mengalami begitu, malah disuruh daftar lagi...

      Hapus
  3. trus gimana ni solusi cek saldo buat BPU ga ada menu login nya adanya daftar

    BalasHapus
    Balasan
    1. BPU udah gak bisa cek saldo. Itu websitenya udah gak ada, jadi diredirect ke halaman pendaftaran. BPU sekarang cmn bisa cek saldo lewat kantor BPJS

      Hapus
  4. Lewat aplikasi mobile bpjtku . Di profil tambah kpj pilih segmen bpu . Masukin nik ktp sudah otomatis terdaftar. Langsung cek saldo pasti ada

    BalasHapus
  5. bayar bpjstk bpu kalau telat gmana.,?

    BalasHapus
  6. syarat mencairkan bpjs bpu apa saja ya

    BalasHapus
  7. Kalau membatalkan bpjs bpu karena daftar melalui online bagaimana cara nya ?? Mohon di info...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah ktmu solusi nya blm pak .saya pun sperti yg bpa alami

      Hapus
  8. Saya mendaptar ppjs bpu jauh d daerah bantaeng yaitu sulawesi pdhal ktp saya dsn domisili saya di wilayah tangerang banten akibat k salahan ssya sendiri tidak meliat kantor cabang dpatr y.bagmana cara y menonaktipkan akun y yg d daptarkan d bsntemarng sulawesi trsbut.eimd

    BalasHapus
  9. Saya mau cek saldo BPJS tp ganti gmail

    BalasHapus
  10. Daftar antrian online gk bisa bisa pas abis ngisi tgl antrian langsung nge leg

    BalasHapus
  11. Sy baru memakai bpjs BPU. Sy mau cek saldo sya. Dan sy disuruh tambah KPJ. Setelah sy pilih segmen BPU dan di bawahnya NIK (sy isi nik sy)
    Tetapi kenapa tidak bisa y?? Mohon bantuannya

    BalasHapus
  12. Cara menon aktipkn bpjs bpu gimana caraya terima kasih

    BalasHapus
  13. BPU sama PU pas di klaim persyaratan sama apa beda ya? Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  14. Adakah yg sudah menerima cash back dari jaminan pensiun bpjs. Berapa nominal yg diterima perbulannya?
    Terima kasih.

    BalasHapus
  15. Saya baru dafatar tapi pribadi pas saya mau bayar di atm bri tidak bisa di proses malah gagal untuk pembayran nya.solusinya gimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lewat bank bni .Saya lagi gangguan pakai bri pak / ibu

      Hapus
  16. Cara membatalkan klaim bpjs tenaga kerja agar bisa ikut antrian lagi gimana aku ga ada kabar sama sekali

    BalasHapus
  17. Bagi yg sudah daftar BPU bisa tambah KPJ lewat website BPJSTKU dipengaturan tambah KPJ, pilih BPU trus isi NIK. krn klo lewat aplikasi BPJSTKU gagal isi. catatan : sudah daftar akun di BPJSTKU

    BalasHapus
  18. Saya sudah terdaptar di bpjs bpu kalau mau bayar iuran nya pakai indentitasnya ktp saja ? kalau bayar di minimarket ģmn .tolong penjelasan.trims

    BalasHapus
  19. Saya baru daftar online BPU tapi saya salah pilih tenor iuran 12 bulan
    Bagaimana cara merubah iuran jadi 1 bulan
    Mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terkait untuk Kartu BPJS yg hilng untuk mengetahuinya gimna

      Hapus
  20. mohon solusinya untuk untuk mengetahi no BPJS yg hudah hilang bagaimna, dikarnakan untuk perusahaan yg terkait sudah tidak aktif

    BalasHapus