Kapan Kantor BPJS Ketenagakerjaan Buka Lagi Setelah Libur Lebaran 2018?

Bagi yang sedang cari informasi tentang kapan kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek beroperasi kembali setelah cuti bersama hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah (2018), silahkan baca artikel ini hingga tuntas karena kami akan membahasnya secara lengkap dan dijamin akurat.

Sebagaimana diketahui, total keseluruhan cuti bersama dan libur lebaran hari raya idul Fitri tahun 2018/1939 H kali ini mencapai hingga 12 hari dan merupakan libur panjang terpanjang sepanjang sejarah Indonesia. Dua belas hari libur tersebut terdiri dua hari libur weekend yaitu hari sabtu dan minggu tanggal 9 dan 10 Juni, dua hari libur Idul Fitri 1439H yaitu pada 15 dan 16 Juni, dan delapan hari cuti bersama yaitu tanggal 11, 12, 13, 14, 17, 18, 19, dan 20 Juni 2018. Jika diurutkan, maka hari libur lebaran 2018 adalah pada tanggal 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20 Juni 2018.

Sebenarnya tanggal 9 dan 10 Juni itu tidak termasuk libur cuti bersama lebaran. Tetapi berhubung pada kedua tanggal tersebut bertepatan dengan hari Sabtu dan Minggu, yang notabene merupakan hari libur kerja, makanya banyak yang sekaligus menambahkan ke libur lebaran sehingga jumlahnya 12 hari.

Kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan Karawang

Jadi mulai hari Sabtu tanggal 09 Juni nanti, beberapa perusahaan, perbankan, kantor-kantor pemerintah sudah memulai libur panjang. Termasuk kantor-kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang ada di seluruh wilayah Indonesia, mulai tanggal 9 besok hingga dua belas hari berikutnya sudah tutup tidak melayani pencairan uang Jaminan Hari Tua (JHT).

Namun perlu diketahui, bahwa dalam dua belas hari libur tersebut kantor BPJS TK tidak sepenuhnya tutup. Dari dua belas hari itu ada lima hari yang kantor tetap buka tapi cuma setengah dan hanya untuk pelayanan terbatas saja. Entah layanan terbatas seperti apa kami belum dapat info lebih jauh. Tapi yang pasti dalam kurun waktu duabelas hari tersebut kantor cabang BPJS TK sama sekali tidak melayani klaim JHT.

Biar lebih jelas, berikut ini rincian 12 hari libur kantor BPJS Ketenagakerjaan:
  • Tanggal 9 dan 10 Juni tutup, karena tanggal tersebut bertepatan dengan hari Sabtu dan Minggu, yang mana memang kantor BPJS TK tutup pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur tanggal merah lainnya seperti saat hari raya lebaran haji Idul Adha, 17 Agustus memperingati proklamasi kemerdekaan, 25 Desember hari natal, 1 Januari tahun baru dan lain-lain.
  • Tanggal 11, 12, 18, 19 dan 20 Juni kantor BPJS TK buka setengah hari dari jam 08.00 hingga pukul 12:00, tapi hanya untuk layanan terbatas. Tidak melayani peserta yang hendak mengurus pencairan dana JHT.
  • Tanggal 13, 14 dan 15 kantor BPJS Ketenagakerjaan tutup total, tidak beroperasi, dan tidak ada aktivitas apapun di kantor BPJS Ketenagakerjaan terkait kepesertaan. Termasuk layanan telepon call center 1500910 juga akan tutup pada 3 hari tersebut.

Intinya dalam dua belas hari tersebut, kantor BPJSTK tidak melayani pencairan simpanan JHT. Kalaupun ada  mengajukan pencairan secara online melalui layanan e-Klaim JHT, proses pemeriksaan berkas tetap dilakukan setelah libur hari raya idul Fitri selesai.

Lalu kapan peserta bisa mulai kembali mencairkan uang JHT BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek setelah libur lebaran idul Fitri?

Seluruh layanan di kantor BPJS TK akan buka dan normal kembali pada hari Kamis tanggal 21 Juni 2018. Di hari tersebut peserta sudah bisa lagi mengajukan pencairan saldo JHT seperti biasanya.

Buat teman-teman yang berencana ambil dana JHT, harap bersabar dulu menunggu sampai habis lebaran. Dan sambil menunggu kantor Jamsostek BPJS TK dibuka kembali pada 21 Juni nanti, tidak ada salahnya terus cari-cari informasi tentang bagaimana prosedur mencairkan dana JHT, dan apa saja berkas-berkas persyaratan yang musti dilengkapi. Sehingga nanti saat hari pencairan sudah tiba, kita sudah mempersiapkan semuanya dan tabungan dana Jaminan Hari Tua (JHT) milik kita bisa cair dengan mudah. Jangan sampai ada lagi kejadian klaim JHT ditunda apalagi ditolak, gara-gara ada persyaratan yang belum terpenuhi atau dokumen yang belum lengkap.

Kebetulan di situs ini kami sudah banyak sekali mengulas tentang pencairan dana JHT BPJS TK. Berikut ini beberapa contohnya:

Silahkan pilih dan baca artikel mana yang sesuai dengan kebutuhan teman-teman. Selain yang tertera di atas, masih banyak lagi artikel BPJS Ketenagakerjaan lainnya di blog ini.

Kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan kota Pekanbaru

Demikianlah informasi mengenai kapan kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek beroperasi kembali setelah libur panjang memperingati hari raya lebaran idul Fitri 1939 Hijriah. Terima kasih dan selamat berlebaran minal aidzin walfaidzin mohon maaf lahir dan batin.

9 Responses to "Kapan Kantor BPJS Ketenagakerjaan Buka Lagi Setelah Libur Lebaran 2018?"

  1. Kalau hari sabtu bpjstk ada yg buka ga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada. Sabtu minggu dan hari-hari libur tanggal merah, kantor BPJS TK tutup. Kantor BPJS TK buka cuma dari senin hingga Jum'at.

      Hapus
  2. saya mau tanya apa tanggal 27 juni 2018 saat pilkada bpjs ketenagakerjaan buka?
    karna saya ingin menanyakan status claim saya, sudah 1 bulan belum di proses juga.

    BalasHapus
  3. kantor bpjs ketenagakerjaan hari sabtu buka tidak.bisa kah mencairkan pada hari tersebut

    BalasHapus
  4. kenapa saya daftar buat pencairan susah
    di suruh pilih tanggal malah gk bisa terus kesel klo emang libur jangan klik tanggal dong ini gk bisa terus
    kalau pun antrian penuh suka ada pemberitahuan nya

    BalasHapus
  5. Untuk hari senin tanggal 24 desember Buka tidak ya

    BalasHapus
  6. Tanggal 2 januari apakah buka kantor bpjs ketenagakerjaan

    BalasHapus
  7. Kapan kantor BPJS ketenagakerjaan mulai cuti idul Fitri dan kapan buka lagi setelah libur idul Fitri?

    BalasHapus
  8. Kapan kantor BPJS ketenagakerjaan mulai cuti idul Fitri dan kapan buka lagi setelah libur idul Fitri?

    BalasHapus