Cara Menonaktifkan Status Kepesertaan Kartu BPJS TK/Jamsostek Yang Masih Aktif Padahal Sudah Berhenti Bekerja

Kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi kartu BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek atau status kepesertaan yang masih aktif padahal kita sudah resmi tidak bekerja. Hal ini penting mengingat salah syarat untuk bisa menarik seluruh tabungan Jaminan Hari Tua (JHT) adalah status kepesertaan kita pada BPJS Ketenagakerjaan harus sudah nonaktif minimal satu bulan.

Walaupun kita sudah berhenti kerja, kalau ternyata kartu BPJS Ketenagakerjaan terdeteksi masih aktif, maka saldo JHT kita tidak mungkin bisa cair. Meski sebenarnya kasus seperti ini jarang terjadi, tapi sesekali masih ada saja kejadian peserta yang sudah terlanjur jauh-jauh mendatangi kantor BPJS TK, capek-capek ikut antrean, begitu tiba giliran malah pengajuan klaim JHT-nya tidak bisa diproses karena ternyata masa kepesertaannya masih aktif.

Maka dari itu, buat teman-teman yang berencana mengurus pencairan dana JHT secara langsung di kantor BPJS TK, ada baiknya memeriksa dulu status kepesertaannya. Apakah sudah benar-benar nonaktif atau belum. Jika belum nonaktif, lebih baik kalian tunda dulu rencana pencairan JHT tersebut. Daripada nanti kecewa sudah jauh-jauh ke kantor BPJS TK tapi tanpa hasil. Pasalnya JHT tidak akan pernah bisa cair, sebelum status kepesertaan yang masih aktif tersebut benar-benar dinonaktifkan.

Cara mengetahui apakah status kepesertaan kita sudah nonaktif atau belum sebenarnya sangat mudah, bisa dilakukan di mana saja menggunakan hp tanpa perlu mendatangi kantor BPJS TK. Salah satunya ialah cek status kepesertaan melalui SMS. Cara ini paling mudah karena tidak membutuhkan henpon kelas canggih dan akses internet. Handphone tipe apa saja bisa digunakan.

Namun untuk bisa mengecek via SMS ini, teman-teman harus mendaftarkan nomor hp terlebih dahulu ke layanan SMS 2757. Selengkapnya tentang tata cara cek status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan lewat SMS ini sudah kami kupas tuntas di artikel sebelumnya, silakan baca di sini.

Selain via SMS, cara melacak status kepesertaan BPJS TK juga bisa dilakukan menggunakan Aplikasi BPJSTKU. Caranya silahkan mengunduh aplikasi BPJSTKU di Google Playstore, kemudian lakukan registrasi dengan data kependudukan dan data kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kita. Pada menu cek saldo JHT, jika di sebelah kanan informasi jumlah saldo ada simbol ceklis itu berarti status kepesertaan kita masih aktif. Jika yang muncul adalah tanda silang, artinya status kepesertaan BPJS TK sudah nonaktif dan kita sudah bisa mengajukan pencairan JHT.

Cek status kepesertaan BPJS TK via aplikasi BPJSTKU



Apa sebenarnya yang menyebabkan kartu BPJS Ketenagakerjaan kita masih aktif, sementara kita sudah lama resign dari perusahaan dan tidak bekerja lagi?

Penyebabnya adalah karena perusahaaan belum, atau tidak, atau lupa melaporkan ke kantor cabang BPJS TK terdaftar, bahwa kita sudah berhenti bekerja dan tidak akan ada iuran bulanan atas nama kita lagi di bulan-bulan berikutnya. Penonaktifan kartu langsung diproses sejak iuran terakhir dibayarkan dan HRD perusahaan melaporkan ke kantor cabang terdaftar. Buat teman-teman yang belum tahu, yang dimaksud kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdaftar adalah kantor BPJS Ketenagakerjaan yang menerbitkan kartu BPJS TK kita.

Lalu bagaimana cara menonaktifkan status kepesertaan atau kartu BPJS TK yang masih aktif padahal sudah berhenti kerja?

Satu-satunya cara adalah dengan menghubungi atau mendatangi bekas perusahaan tempat kita bekerja, jelaskan bahwa status kepesertaan kita di program BPJS Ketenagakerjaan masih aktif sehingga tidak bisa mengambil uang JHT. Katakan kepada HRD perusahaan agar segera melaporkan ke kantor BPJS TK terdaftar bahwa kita sudah tidak bekerja lagi. Kurang lebih seperti itu.

Dan yang jadi persoalan berikutnya adalah, gara-gara kasus pihak perusahaan terlambat melaporkan bahwa kita sudah berhenti kerja seperti ini, biasanya tanggal berhenti bekerja yang tertulis di paklaring yang sudah terlanjur dikeluarkan, jadi tidak cocok dengan tanggal berhenti bekerja yang dilaporkan ke pihak BPJS Ketenagakerjaan (karena laporannya terlambat). Intinya masa aktif bekerja dengan masa kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan jadi tidak sama alias tidak cocok, dan ini juga bisa menyebabkan pengajuan klaim JHT kita ditolak.

Baca Juga: Cara Mendaftar Menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan Secara Online Untuk Pekerja Mandiri

Untuk itu, disarankan sekaligus berkordinasi dengan HRD perusahaan untuk dilakukan koreksi data pada paklaring. Atau mungkin diterbitkan paklaring baru, atau sekedar dibuatkan surat rekomendasi/referensi untuk pencairan JHT, dengan mencantumkan tanggal berhenti bekerja yang sama dengan tanggal yang dilaporkan ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdaftar.

Demikianlah cara menonaktifkan status kepesertaan atau kartu BPJS TK/Jamsostek yang masih aktif padahal posisi sudah berhenti kerja. Mudah-mudahan info singkat ini bisa menjadi solusi bagi teman-teman yang sedang mengalami masalah tersebut. Jika masih ada kendala, jangan ragu-ragu untuk menghubungi call center BPJS TK di nomor (021) 1500910. Terima kasih.

15 Responses to "Cara Menonaktifkan Status Kepesertaan Kartu BPJS TK/Jamsostek Yang Masih Aktif Padahal Sudah Berhenti Bekerja"

  1. jangan main dengan paranormal mbak, maaf.. sebagai seorang muslimah saya hanya mengingatkan pergi dukun/paranormal itu syirik dan selama 40 hari doa yang dipanjatkan tertolak... mari cari rejeki yang halal saja... afwan

    BalasHapus
  2. Aplikasi bpjstk skrg ga da keterangan status aktf/tidak. Gmn caranya liat statusnya.terimkasih

    BalasHapus
  3. Klik di menu kartu digital kemudian pilih kartu yg tertera liat bagian paling bawah ada statusnya

    BalasHapus
  4. Kenapa perusahaan lama saya, menonaktifkannya selama 3 bulan dari terakhir bekerja

    BalasHapus
  5. Setiap PT memang berbeda padahal 1haru saja bisa nonaktif ,itu karena kesengajaan saja di peelama penonaktifan nya

    BalasHapus
  6. saya lihat status kartu digital sudah tidak aktif
    Tapi waktu ke kantor bpjs katanya masih aktif..
    terus gimana bisa cair.in uangnya.. Tq

    BalasHapus
  7. Bagaimana cara perusahaan menonaktifkan peserta bpjstk?

    BalasHapus
  8. Balasan
    1. bakar kpj anda, secara otomatis status anda jadi non aktif

      Hapus
  9. Saya sudah liat status dari kartu digital sudah tidak aktif .. saya langsung daftarin lewat bank pas udah data saya di terima dan di suruh nunggu 14 hari ., kemudian saya dapat sms dari pihak bpjs katanya data saya bermasalah di kartu digital saya masih aktif ?
    jadi Bagaimana ?

    BalasHapus
  10. Untuk tanggal non aktipnya kita tau kewat mana ya?

    BalasHapus
  11. Untuk prihal karyawan yang sudah tidak berkerja lagi diperusahaan terkait dan menganggur ( Ajuin klaim BPJS ) status masih aktif , alangkah baiknya pihak BPJS memberikan penonaktifan sebulan setelah karyawan tidak bekerja lagi kepada setiap instansi perusahaan secara global,jadi untuk karyawan tidak nunggu sampai perusahaan yang terkait menonaktifkannya , harus dari pihak BPJS sendiri secara teknis otomatis ( Jangka 2 tahun kontrak ) global yang menonaktifkannya .
    Saya rasa seperti itu lebih baik untuk kesejahteraan masyarakat kecil menengah , terima kasih .

    BalasHapus
  12. Bpjs ketenagakerjaan itu ga efektif . Uang qt sendiri hak kita tp susah sekali untuk mengambilny ...
    Seharusny cukup menggunakan KTP dan paklaring aja sudah bisa . Tp kenapa selalu di persulit . Alasanya prosedur . Tp ingat itu hak pekerja . BPJS kan sudah dapet untung dari situ ..

    BalasHapus

subscribe