Cara Mudah Mengetahui Status Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Masih Aktif Atau Tidak Lewat SMS

Kali ini kami akan share tentang cara cek kartu BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek masih aktif atau tidak. Hal ini sangat penting, mengingat salah satu syarat utama untuk bisa mencairkan saldo JHT (Jaminan Hari Tua) adalah status kepesertaan yang sudah nonaktif minimal satu bulan.

Status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan sebenarnya akan non aktif (NA) ketika karyawan sudah berhenti bekerja dan pihak perusahaan melaporkan ke pihak BPJAMSOSTEK bahwa peserta sudah tidak bekerja, sehingga PT tidak perlu lagi membayarkan iuran untuk pekerja yang bersangkutan. Tetapi di beberapa kasus, ada peserta yang ternyata kepesertaannya masih aktif padahal sudah resign sejak lama. Sehingga uang Jaminan Hari Tua tidak bisa cair. Penyebab kenapa kartu BPJS TK statusnya masih aktif sementara peserta sudah tidak bekerja ini biasanya karena perusahaan menunggak iuran untuk peserta yang bersangkutan. Jadi sebelum tunggakan iuran tersebut dilunasi oleh perusahaan,  BPJS Ketenagakerjaan belum bisa menonaktifkan status kepesertaan seseorang.

Cek Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan lewat SMS

Nah sebelum berangkat mencairkan JHT, ada baiknya dicek dulu kartu BPJS TK kita sudah non aktif atau belum. Daripada nanti sudah jauh-jauh ke kantor BPJS Ketenagakerjaan, ternyata status kepesertaan kita masih aktif, yang berujung pada ditolaknya pengajuan pengambilan tabungan JHT kita.
Baca Juga: Cara dan Syarat Mendapat Bantuan Uang Rp 600.000 Per Bulan Untuk Pekerja Peserta BPJS Ketenagakerjaan
Cara mengecek status kepesertaan sebenarnya bisa melalui beberapa metode. Bisa dengan bertanya langsung ke kantor BPJS TK, melalui website dengan cara log in menggunakan akun kita, melalui aplikasi BPJSTK Mobile, dan yang paling praktis tentu saja cek melalui SMS seperti yang akan kami bagikan kali ini. Cara ini merupakan bagian dari Layanan SMS 2757 yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan untuk mempermudah pesertanya dalam mengakses beberapa informasi terkait kepesertaannya.

Dan untuk bisa cek status kepesertaan via pesan singkat ini, terlebih dahulu kita wajib mendaftarkan nomor handphone dan nomor peserta BPJS Ketenagakerjaan kita. Pendaftarannya sangat mudah karena juga bisa dilakukan via SMS. Hal-hal yang harus dipersiapkan dalam pendaftaran adalah KTP elektronik, kartu BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek) dan pulsa secukupnya, karena layanan ini dikenakan tarif Rp 165 per SMS. Untuk saat ini provider yang mendukung layanan ini hanyalah Simpati, Indosat dan XL.

Berikut ini format SMS pendaftarannya:

DAFTAR spasi SALDO#NO.KTP#NAMA PESERTA#TGL LAHIR (DD-MM-YYYY) #NO.KARTU BPJS TK/JAMSOSTEK#Email(jika ada)

No KTP, nama peserta dan tanggal lahir harus diisi sesuai dengan yang tercantum di E-KTP. Untuk huruf silakan ditulis dengan huruf besar. No peserta juga harus diisi sesuai dengan yang tertera di kartu BPJS TK, jangan kurang seangka atau sehuruf pun. Untuk email jika tidak punya tidak diisi tidak apa-apa.

Kemudian kirim ke 2757.

Contoh:

DAFTAR SALDO#1401073010890002#YENNY SUSANTI#30-10-1989#11025697118001#yennysusanti@gmail.com

Kirim ke 2757

Setelah nomor handphone dan nomor referensi terdaftar, kita sudah bisa menggunakannya untuk cek status kepesertaan BPJS TK melalui SMS. Format SMS-nya adalah seperti ini:

STATUS(spasi)TK#NO. PESERTA

Kirim ke 2757.

Contoh:

STATUS TK#11025697118001

Kemudian kirim ke 2757.

Oh iya, pendaftaran ini hanya diperuntukkan bagi yang belum pernah mendaftar. Jika sebelumnya nomor HP sudah pernah digunakan mendaftar Layanan SMS 2757 lainnya, misalnya untuk cek JHT via SMS, maka tidak perlu daftar ulang lagi.

Atau kalau teman-teman ingin mengganti nomor yang sebelumnya pernah digunakan mendaftar dengan nomor yang baru, ada layanan khusus ganti nomor dengan cara ketik DAFTAR(spasi)GANTI(spasi)HP#NO HP lama#NO. KTP, kirim ke 2757.

Contoh:

DAFTAR GANTI HP#085233334444#1401073010890002

Kirim ke 2757

Demikianlah cara cepat mengetahui informasi status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek) kita, apakah sudah nonaktif atau masih aktif melalui layanan SMS 2757. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman pekerja peserta BPJS TK di manapun berada. Selamat bekerja.

116 Responses to "Cara Mudah Mengetahui Status Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Masih Aktif Atau Tidak Lewat SMS"

  1. Susahhhhh,,,blsannya keyword salah sllu bgtu pdhal formatnya dan bnr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi sedang ada gangguan pada layanan SMS 2757. Silakan diulangi lagi beberapa jam kemudian.

      Hapus
    2. Saya sms td udah 2x tapi gak di balas....td nanya masih aktif or tidak bpjs saya...kalo gk di balas artinya apa ya??

      Hapus
    3. Cara nya gimana ya sms ny tau bpjs aktif dan gak aktip pak?

      Hapus
  2. jlek banget nih layanan masa tiap hari saya nyoba daftar lewat sms jawabannya keyword yang anda masukan salah melulu. padahal smuanya sudah bnar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dicoba lagi secara berkala sampai berhasil. Jangan menyerah. Cmungudh.

      Hapus
  3. Bagi yang berhenti bekerja di atas tahun 2005 maka yang juga harus dipenuhi adalah membawa legalisir tersebut kepada dinas tenaga kerja dimana lembaga tempat bekerja itu berada.

    Hal lain yang benar-benar tidak boleh salah adalah tanggal berhenti kerja yang ada di kantor BPJS dengan yang dilaporkan lembaga harus sama, jika tidak harus membuat ulang menjadi tanggal yang sama.
    Masih bingung menyamakan tanggalnya..bisa dilihat dimana ya apa iuran terakhir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang legalisir dari disnaker sudah tidak perlu lagi, persyaratan tersebut sudah dihapus.

      Kejadian tidak cocok tanggal berhenti bekerja antara yang sudah tercatat di database BPJS Ketenagakerjaan dengan yang dilaporkan perusahaan sangat jarang terjadi. Jadi tidak perlu kuatir. Kalaupun nanti mengalami masalah tersebut, bisa mendatangi perusahaan untuk melakukan koreksi.

      Hapus
    2. Saya barusan udah daftar cek ke aktifan bpjs saya. Malah dijawab kalau status no peserta tidak tersedia. Itu maksudnya sudah tidak aktif atah gimana yak. Saya jadi bingung.

      Hapus
    3. Sama saya juga gitu itu maksudnya apa yah

      Hapus
  4. Kak. . Kalo kita cek bpjstk bahwa kita sudah terdatar bagaimana yah..? Soalnya perusahaan tempat saya bekerja sekarang ini mau daftar kan saya bpjstk tpi gak bisa karena saya sudah terdaftar, saya bingung mau bagaimana, jika ada saran tolong share ya kak,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika kita sudah terdaftar menjadi peserta, kita akan diberikan kartu peserta oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan.

      Apakah kamu sebelumnya sudah pernah bekerja di perusahaan lain dan diberikan kartu BPJS Ketenagakerjaan? Jika iya, bisa jadi kamu memang sudah terdaftar karena mungkin perusahaan tempat kamu bekerja sebelumnya tersebut belum melapor ke BPJS Ketenagakerjaan bahwa kamu sudah berhenti bekerja.

      Tapi jika tidak, berarti perusahaan tempat kamu bekerja sekarang termasuk perusahaan nakal yang tidak mengikutsertakan pekerjanya pada program BPJS Ketenagakerjaan.

      Hapus
    2. asalamualikum ka sya thun 2010 bkeja..slma stahunn..
      pas sya brnti sya blom dapat krtu bpjs..klo dulu jamsostek..
      itu gmn ya cra ngcek nya..

      Hapus
    3. pak/bu sebelumnya saya mohon maaf. saya mau bertanya apa data saya sudah di kirim pihak perusahan tempat saya bekerja sekarang. atau blum.? soalnya sdh 2 kali pencairan subsidi gaji di bawah 5 juta. saya pribadi blum pernah sama sekali terima. blum prnah ada yg masuk di rekening saya.🙏🙏🙏

      Hapus
  5. Jika mitra gojek untuk cetak kartu bpjstk bgmn caranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dengan datang langsung ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan mas...

      Hapus
  6. Ijin bertanya
    Selain lewat sms krena seringnya terjadi gangguan, adakah cara lain yg dapat membantu untuk mengetahui apakah status bpjs kita dalam kondisi aktif atau tidak.
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa lewat aplikasi BPJSTKU, cek langsung ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan, dan bisa juga menghubungi CS pusat BPJS TK di nomor (021) 1500910.

      Hapus
    2. Kalo cek masih aktif atau tidak dari aplikasi bpjstku liat di mana nya ya kak?

      Hapus
    3. Sy pakai bpjsku data ktp dan no bpjsk ko ga terdaftar ya...status sy pekerja

      Hapus
    4. Kak udah pake bpjstku tp lupa sandi nya itu musti gimana ya ka..bgg dh lama mau ngecek g bisa kebuka..tolong bntu jwab

      Hapus
  7. cairin bpjs susah padahal itu uang kita sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo semua persyaratan terpenuhi dan berkas-berkas lengkap, mudah kok mas. Memang seperti itu peraturannya. :)

      Hapus
  8. Apakah nomor bpjs ketenagakerjaan sama dngan bpjs mandiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda pak. Peserta BPJS Ketenagakerjaan mandiri atau BPU (Bukan Penerima Upah), tidak memiliki no KPJ. Nomer yang tertera di kartu adalah NIK (Nomor Induk Kependudukan).

      Hapus
  9. Surat disnaker itu kaya gmana ya?saya dari perusahaan hanya dapat surat referensi kerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minta ke perusahaan surat tembusan ke disnaker gituin...buatcairin bpjs

      Hapus
    2. Jaman sekarang untuk mengurus klaim dana JHT sudah tidak perlu lagi membawa berkas surat tembusan dari disnaker.

      Hapus
    3. Bagaiman cara mengetahui kepesertaan saya di bpjs ketenagakerjaan masa kerja saya. Trimakasi mohon infonya

      Hapus
  10. Hii...saya mau tanya,
    Jika kartu bpjs sudah berubah jadi non aktif misalnya tgl 5 Agustus (non aktif) apakah bisa mulai proses claim, atau hrs menunggu lagi selama 1 bln smpai bulan September?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, klaim JHT baru bisa dilakukan setelah satu bulan kepesertaan nonaktif.

      Hapus
  11. Saya sudah serahkan data komplit hari Senin saya cek saldo saya sudah 0 tetapi di rekening belom masuk ,sampai hari ke 3 saya cek lagi malah muncul lagi saldonya diaplikasi BPJS,barusan saya cek masukin pin tidak bisa malah jawaban data saldo anda tidak tersedia

    BalasHapus
  12. Bingung dengan layanan bpjs? Mana yang bisa diklaim setelah berhenti/non aktif? Atau semua bisa diklaim? Apakah disaldo itu semua iuran bpjs pensiun dll ya?

    BalasHapus
  13. mau tny nih,,
    knp layanan BPJSTKU mobile gak bisa di gunain ya,,
    apa itu artinya status kepesertaan kartu BPJS KETENAGAKERJAAN sya udh non aktif,,,

    BalasHapus
  14. Boleh tanya kalau kita cek di layanan online bpjs.saya mau tahu status bpjs kita aktif atau tidaknya dari mana ya?trus saya kan bekerja di perusahaan sebelumnya dan bpjs nya di teruskan ke perusahaan kedua apakah saldonya itu sudah d akumulasikan atau tidak.karena kartu pensiun bpjs saya ada 2.dengan no.yang berbeda

    BalasHapus
  15. Gmn nih cara cek status tgl, keaktifan bpjsnya

    BalasHapus
  16. Gmn nih cara cek status tgl, keaktifan bpjsnya

    BalasHapus
  17. Saya mau cairin jht tp saya cek di BPJSTKU nama dn tgl lahir beda..bagaimana solusi nya.sedangkan PT tmpt sya dlu bkerja sudah tutup

    BalasHapus
  18. Bagaimana cara mengatasi lupa 6 digit pin bpjstku, sudah berkali kali gagal terus. Error.

    BalasHapus
  19. Setelah sy risen sy ingin mencairkan jht,,tp kartu peserta hilang..dan ketika sy datangi kantor tmpt sy dulu,pihak kantor tidak mau memberi tau nmr peserta JHT,bahkan surat pengalaman kerja pun tak dikasih..dgn alasan yg menurut sy tak masuk di akal..
    Minta pencerahan nya bos...

    BalasHapus
  20. kalo mau cek kita terdaftar di perusahaan mana saja gimana gan ?
    soalnya ane ada lbh dr 1 kartu bpjs.. dan yg tertera di BPJSTKU hanya perusahaan terakhir kita bekerja..
    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya di kantor bpjs bisa dicetak bukti iuran bpjs kita,jadi ketahuan dari tempat kerja mana saja.

      Hapus
  21. Saya mau tanya ? Cara mengetahui kapan terakhir BPJS ketenagakerjaan tidak aktif caranya bagaimana ya ? Terima kasih

    BalasHapus
  22. Saya punya kartu 2 tapi nomor peserta nya lain bagaimana cara mencairkan nya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu saya juga pernah,jadi kartu saat saya masih kerja kontrak(agency) dan kartu saat sudah diangkat karyawan tetap. semuanya bisa dicairkan sekaligus di kantor bpjs ketenaga kerjaan

      Hapus
  23. Mau tanya,apa benar surat pengunduran diri dari perusahan yg ditembuskan ke Disnaker trus ke kantor Jamsostek sudah tidak perlu lagi dimasukan ke list persyaratan claim BPJS?

    BalasHapus
  24. Sya sudah daftar bpjstk pake no lama..trs sya ganti no baru..dan sya sudah daftar no bru sya utk mengecek saldo lewat aplikasi bpjstk,tpi balasannya,anda sdh trdaftar di bpjstk..tanpa bisa atau thu brp saldo bpjstk sya.

    BalasHapus
  25. Pagi pa ,maaf sy mau tanya prihal pencairan dana jamsostek .gimana solusinya bila tgl lahir di kartu jamsostek berbeda dgn tgl lahir di kk maupun e ktp ..tgl lahir aja yg lain sama semua ...trim'f

    BalasHapus
  26. Mf pa mau tanya misalkan saya punya dua kartu yg prtma krna ppbriknya dh g ada atau kebakaran sementara saya krj d pt lain apakah kartu yg pertama bisa d cairkan karna ppabriknya dh g produksi

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu saya kartu pertama bisa dicairkan asal ada paklaringnya,dan status anda sudah tidak bekerja lagi di tempat manapun. tp kl skarang anda msh terdaftar sbg pekerja walaupun itu di tempat lain,anda blm bisa klaim/mencairkan dana bpjs ketenagakerjaan.

      Hapus
  27. Ka gmn cara mengetahui nomor bpjs ? Soalnya saya sudah di daftarkan sma perusahaan v kartunya tidak dimasihkanjadi kita tidak tau nomor bpjs kita brpa? Trimakasih

    BalasHapus
  28. Kalau cek aktif tidaknya
    STATUS TK#NO_Peserta
    Tapi ada balesan no peserta tida tersedia gimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah sama,wkwk
      mungkin artinya sudah gk terdaftar yah 😅😅

      Hapus
    2. Sama. Saya juga dpt balasan begitu. Itu artinya gimana yak.?

      Hapus
    3. Jika kesulitan cek via SMS, silahkan coba cek aplikasi BPJSTKU. Jika masih gagal, berarti ada data-data kepesertaan yang tidak valid. Terima kasih.

      Hapus
  29. Bagaimana cara kita tau BPJS TK kita sdh di nonaktifkan oleh perusahaan? Karena skrg tampilannya berbeda di bojstku, Tidak ada status aktif atau nonaktifnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba pilih opsi klaim,kalo disitu ketahuan msh aktif atau tidak. kalo msh aktif ga akan bisa ajukan klaim.

      Hapus
    2. Klik menu 'Kartu Digital', lalu klik gambar kartunya, nanti di paling bawah ada informasi status kepesertaan, apakah masih aktif atau sudah nonaktif.

      Hapus
  30. Sy kerja d satu perusahaan.. Selama 2bulan.. Kemudian perusahaan itu pailit. Sblm pailit.. Sy baru mendapat bpjs kesehatan pun dikirim e id via email d print sndiri.. Nah bisakah kita tau kita sdh d daftarkan atau belum d bpjs tk? Tdk ada akses untuk bertanya k bagian HRD yg urus bpjs.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah pada saat anda berhenti kerja tersebut diberikan paklaring, jika iya silahkan datang ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan dengan membawa paklaring dan KTP Elektronik untuk dilacak apakah nama Anda sudah didaftarkan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan atau belum.

      Jika tujuannya untuk dicairkan, mending ikhlaskan saja. Soalnya kàlau baru dua bulan bekerja, jumlah saldonya tidak seberapa. Tidak sebanding dengan waktu yang dikeluarkan untuk mengurus semua hal tersebut.

      Hapus
  31. AsSalamualaikum, saya mau nanyak, kalo kartu bpjs saya beda data sama KTP apakah bisa di cairkan ?
    Tapi kartu BPJS saya hilang, gimana cara ubah datanya sedang kan kartu BPJS syaa hilang ?
    Kasih solusinya teman teman,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kartu yang hilang, bisa membuat kartu sendiri dengan mencetak kartu digital BPJS ketenagakerjaan yang ada di aplikasi BPJSTKU.

      Terkait perbedaan data, silahkan mendatangi perusahaan dan minta surat keterangan beda data.

      Hapus
  32. Assalamualaikumm pak. Saya mau tanya. Saya ngecek di aplikasi BPJS. itu setatus saya sudah tidak aktif lagi. Nah kalo eperti itu BPJS saya bisa di cairin tidak. Tapi saya baru 2 mingu keluar atw risen di perusahaan yg saya kerja. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masih dua Minggu belum bisa, Pak. Pengajuan pencairan uang JHT bisa dilakukan setelah melewati masa tunggu satu bulan sejak berhenti bekerja dan kartu BPJS Ketenagakerjaan non aktif.

      Hapus
    2. Sy mau nya pak klo bpjs sy bru di nonaktifkan bisa lansung di csirin gk

      Hapus
  33. Cara mengetahui nomor bpjs dan mengetahui apa sy terdaftar di BPJS atau tdk bagaimana y? karena sy tdk mendapatkan kartu bpjs dri perusahaan tetapi katanya sdh terdaftar, apa bisa dri nik ktp, mohon infonya, terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Problemnya sama seperti saya,

      Hapus
    2. Kalau kata perusahaan sudah terdaftar, silakan kepada HRD perusahaan berapa no KPJ atau no kartu BPJS Ketenagakerjaan anda. Setelah tahu nomornya, anda bisa mencetak sendiri kartunya lewat menu kartu digital BPJS ketenagakerjaan yang ada di aplikasi BPJSTKU.

      Hapus
  34. Saya udah 1 minggu coba pake sms 2757 tpi ggl trus kk. Saya cmn mau cek krtu saya masih aktif atau ndak..saya risign 30 april taon 2019. Tlong di bntu kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika mengalami kendala saat pengecekan via SMS, Coba cek via aplikasi BPJSTKu saja, Pak.

      Hapus
  35. Bro numpang nanya kalo misalnya berhenti d tanggal 31 mei dana bpj7s bisa d cairkan tgl berapa yah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minimal tanggal satu juli, sudah bisa diajukan masbro.

      Hapus
  36. Gan saya mengundurkan diri 24 april. Di paklaring jg tgl 24 april. Sampai bulan Agustus kok masih aktif BPJSnya. Telpon HRD jwbnya ditunggu ya lgi proses dikeluarin dr BPJS.
    Apa yg harus sy lakukan.. Mohon pencerahanya

    BalasHapus
  37. Gan saya mengundurkan diri 24 april. Di paklaring jg tgl 24 april. Sampai bulan Agustus kok masih aktif BPJSnya. Telpon HRD jwbnya ditunggu ya lgi proses dikeluarin dr BPJS.
    Apa yg harus sy lakukan.. Mohon pencerahanya

    BalasHapus
  38. Sy mau nya kalaw bpjs sdh di off /nonaktif bisa lngsung di cairin nggak

    BalasHapus
  39. Selamat siang,

    Saat ini kontraktor kami sedang melakukan suatu proyek, dan mereka sudah memberikan bukti sertifikat kepesertaan bpjs ketenagakerjaan.
    Pertanyaan saya, bagaimana caranya untuk memastikan bahwa jumlah tenaga kerja yang didaftarkan sesuai dengan jumlah tenaga kerja dilapangan atau sesuai dengan nilai proyek ? terima kasih.

    BalasHapus
  40. Buat Yang Ingin Tau Status Kepesertaan Aktif / No Aktif Bisa Di cek Di website Bpjs Antrian Online.Nanti Isi Form Tersebut Seperti No KTP No KJP Dan Lain Maka Nanti akan Telihat Status Nya Aktif / No Aktif.

    Jika Kendala Mempunyai Kartu lebih Dari 1 Bisa di Gabungkan Saldo Untuk Pencairan Asalkan Ada Paklaring Referensi Terakhir Bekerja.
    Itu Saja info Dari Saya.
    Terima Kasih.

    BalasHapus
  41. Masa Aktif Normal Nya BPJS itu 3 Bulan.
    Apabila Perusahaan Tersebut Tidak Pro Aktif Update data Karyawan Karyawan.

    BalasHapus
  42. saya ingin bertanya kenapa bpjs saya masih aktif padahal pihak perusahaa yang dulu saya bekerja sudah menonaktifkan bpjs saya??

    BalasHapus
  43. Saya mau tanya .saya sudah berhenti kerja kurang lebih 4tahun . Kira2 bisa di cair kan apa tidak ya ?

    BalasHapus
  44. Saya sudah resign lama kira kira sudah 5 tahunan..apa bisa sy cairkan jamsosJam saya? terimakasih

    BalasHapus
  45. Bagaimana mengetahui nik bpjsTK via SMS apa formatnya

    BalasHapus
  46. Saya mau nanya. Sy bkerja 2 tahun d .prusahaan dan sy berenti . Stelah 3 bulan sy kembali kerja lagi di perusahaan yg sama..
    Kmren pas saya mau klaim saldo saya yg 2 tahun tidak bisa. Kata.nya kartu sy masih aktif..
    Sedangkan saya cek di online SDH tidak aktif...
    Dan katanya saya di daftarkan lagi dgn kartu peserta yg baru.. tapi sampai skrg saya gak dapat kartu nya.
    Cuma kartu yg dulu aja saya punya.
    Jadi tidak bisa di klaim ya yg saldo at 2 tahun kerja itu. Tolong info nya

    BalasHapus
  47. assalamualaikum wr. wb.
    punten suhu mohon maaf mengganggu waktunya,

    saya ingin bertanya saya ingin tanya perihal tentang tanggal masuk dan keluar seseorang karyawan dari perusahaan itu bagaimana yah ?

    BalasHapus
  48. Kaa mau nanya.. Sya wktu itu bkerja ditahun 2014.dh sdh lupa berhenti di tgl dn bln brp. Sementara data dr prusahaan sudah hilang. Sya disuruh dtang lgsung dn brtanya ke bpjs ketenagakerjaan. Apakah bs sprti itu??

    BalasHapus
  49. Ikut bpjs ketenagakerjaan jkk.jkm.jht..bayar 3 macam tp kenapa saat cek saldo tulisannya cuma ikut jkk dan jkm ya??

    BalasHapus
  50. Saya mau tanya dong ka?
    Padahal perusahaan saya sudah melaporkan non-aktif tp teryata kepesertaan saya masih aktif ?

    BalasHapus
  51. Mau tnya buk/pak status bpjs ketenagakerjaan saya msih aktif GK??soalnya dr tmpt krja yg pertama saya sdh GK aktif lagi,!dan skrg saya bekerja dtmpat yg baru.kira2 bgaimana mengetahuinya apakah itu dilanjutkan atau tidak..tksih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa di cek di www.bpjsketenagakerjaan.go.id atau di aplikasi bpjsku

      Hapus
  52. Mau tanya donk.. klo lupa bulan + th kluar ny krja..bagai mna cara ngcek ny..sya udh risen 5 th an..data d prusahaan juga udh hilang mngkin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih ada kartu BPJSnya tidak...? kalau masih ada lsg ditanyakan kepetugas BPJS kapan pendaftara kepesertaan BPJS no tersebut dan sampai kapan berakhirnya atau pembayaran terakhir Nmr BPJS tersebut..dan nantinya kalau mau minta surat paklaring di sesuaikan dengan data yang didapat dari BPJS ( cara ini sdh aku lakukan )

      Hapus
  53. Saya mau cairkan BPJS tapi katanya masih aktif tapi dari perusahaan bilang nya sudah tidak aktif bagaimana caranya mengatasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung datang ke perusahaan dan minta paklaring (Pengalaman kerja)

      Hapus
    2. Kak,mau tanya dong untuk mengetahui tanggal masuk dan keluar kita dari perusahan tempat kita kerja dari bpjs gmn ya cara nya

      Hapus
  54. tahun 1996-1998 saya kerja di hotel di banjarmasin dan saat itu diikutkan Jamsostek, saya pernah dapat kartunya dan hilang.... bagaimana ya mengecek nmr Jamsostek diera BPJS ini..? dan apakah Jamsostek tersebut bisa di cairkan...? mohon petunjuk

    BalasHapus
  55. bagaimana cara mengecek bpjs ketenagakerjaan yg sdh d klaim sm orang lain sedangkan sy yg bersangkutan blm pernah mengklaim nya

    BalasHapus
  56. bagaimana cara mengecek bpjs ketenagakerjaan yg sdh d klaim sm orang lain sedangkan sy yg bersangkutan blm pernah mengklaim nya

    BalasHapus
  57. Asem aku daftar kok gak isok pasal aku wes di kasik BPJS teko kerjoan tapi gak isok di konek nng aku gmial asem

    BalasHapus
  58. bpjs saya dulu sudah pernah daftar pakai email, tpi skrg saya sudah lupa email sama password nya.
    pas mau login gak bisa, cara mengatasi nya bagaimana ya?

    BalasHapus
  59. Om or tante mau nanya dong
    Saya kan sudah risen di tempat kerja sayA
    Terus belom.dpt paklaring
    Tp dri perusahaan nanti pagi saya sudah dipanggil kerja dan bekerja lagi ditempat itu
    Pertanyaan itu bisa kaga saya minta paklaring yg pas saya putus kontrak dan apakah bisa dicairkan bpjs saya yg seblmnya
    Mohon infonya

    BalasHapus
  60. Sya tdk bisa daftar online selalu sja muncul data yg anda masukan tdk cocok dengan data pereusahan yg anda laporkan , padahal data sya sudah benar semua.mohon pecerahannya min

    BalasHapus
  61. Klw pengen tau no kartu bpjs sy gimana ya soalnya sy kemaren kerja 8 thn disuatu perusahaan tenaga jasa sy ga pernah dikasih yg namanya krtu bpjs KT atau pun lainnya , setiap sy tanyakan ke pihak kantor mengenai kartu bpjs sy bos besar slalu bilang tenang aja mas nanti klw km sudah ga kerasan kerja disini semua hak km pasti sy kasih.. itu mulu kt yg diucap oleh pimpinan perusahaan akan tetapi buktinya tidak dpt apa apa setelah sy keluar dr perusahaan tersebut.
    Sy disini mau bertanya bisa ga symencari tau nama sy terdaftar apa ga dibpjs dan no kartunya ada ga?

    BalasHapus
  62. selamat malam, bagaimana mengetahui status claim BPJS tenaga kerja ?

    BalasHapus
  63. Selamat siang,gimana caranya klo
    Nomer jht dan nik salah.
    Sudah coba lewat apk ket data tidak sesuai.
    Sementara ini perusahannya sudah bangkrut sudah tutup permanen.

    BalasHapus
  64. tolong donk gimna caranya saya madih kerja di perusahaan tapi bpjs saya tidak aktip gimna carana supaya aktip

    BalasHapus
  65. ka mau tanya saya kan punya 2 kartu, nah yang 1 kartu bisa di cek di bpjstku, itu kartunya udh ga aktif, sedangkan 1 kartunya lagi masih aktif, dan saya masih bekerja, kenapa ketika saya mau menambahkan kpj di aplikasi BPJSTKU tidak bisa ya ka, untuk ngecek saldo kartu saya yang masih aktif,keterangannya nik anda sudah terdaftar

    BalasHapus
  66. Apa no peserta masih sama yah,apa bila no peserta lama saya sudah cairkan,karena saya sudah keluar dari perusahaan yang saya tempati kerja.dan sekarang saya kembali kerja di salah satu perusahaan.dan sampai sekarang kartu saya belum di kasih.

    BalasHapus
  67. saya mau tanya gmn bisa tau saldo bpjs ketenagakerjaan yg sudah tidak aktif, selama 10 tahun ikut bpjs ketenagakerjaan lalu sama kantor di ikutsertakan lg bpjs ketenaga kerjaan, status kartu aktif dengan saldo tidak diakumalasi dengan kartu yg lama.(ini dengan perusahaan yg sama tidak pindah kerja atapun berhenti kerja)

    BalasHapus
  68. status no kjp saya sudah tdk aktif sedangkan ingin melakukan antrian via lapak asik ketenagakerjaan status masih aktif apa bisa langsung di daftarkan tanpa lewat antrian online di luar daerah kita terdaftar

    BalasHapus
  69. Kak,mau tanya dong untuk mengetahui tanggal masuk dan keluar kita kerja di perusahaan tempat kita kerja melalui kartu bpjs yang kita punya gimana ya cara nya ,saya lupa tnggal saya masuk perusahaan dan keluar nya

    BalasHapus
  70. Masih adakah datanya bukti kepesertaan kita ditempat perusahaan pertama kita kerja

    BalasHapus