Cara dan Persyaratan Umum Bekerja Menjadi TKI di Korea Selatan

Dengan gaji mencapai 30 juta perbulan, ternyata syarat bekerja di Korea tidak terlalu sulit, bahkan cuma lulusan SMP bisa diterima. Syarat-syaratnya selain harus mampu berbahasa Korea dengan baik, calon TKI harus berbadan sehat tanpa riwayat penyakit kronis, memiliki skill yang bagus, dan beberapa persyaratan lain yang nanti akan dibahas secara rinci. Meski persyaratannya cukup banyak tapi sebenarnya tidak terlalu berat, karena lulusan SLTP saja punya kesempatan diterima kerja di sana.

Banyak sekali orang Indonesia yang ingin merantau ke Korea, terutama karena gajinya yang menggiurkan lebih tinggi dibanding menjadi TKI di beberapa negara lainnya. Apalagi dibandingkan dengan upah karyawan di dalam negeri, jauh banget bedanya! Di tahun 2020 ini, bayaran bekerja di Korea adalah di atas 16 juta rupiah, bahkan bisa mencapai 30 juta rupiah perbulan jika rajin ikut lembur. Dan bisa jadi di tahun 2021 nanti ada kenaikan gaji. Tentunya Korea yang dimaksud di sini adalah Korea Selatan, bukan Korea Utara.

TKI bekerja di pabrik Korea

Jenis-jenis pekerjaan di Korsel yang menerima buruh asal Indonesia adalah sektor perusahaan manufaktur (pabrik), bidang jasa, kontruksi, bidang pertanian dan perikanan. Dan hingga saat ini, jumlah BMI (Buruh Migran Indonesia) yang mengais rezeki di negara K-POP itu diperkirakan hampir mencapai 70.000 orang.
Lalu bagaimana sih cara bekerja di Korea itu?

Hal paling penting teman-teman harus tahu dulu persyaratan utama untuk bisa bekerja di sana. Syarat-syarat tersebut meliputi:

  • Usia minimal 18 tahun dan maksimal 39 tahun saat mendaftar.
  • Pendidikan minimal SLTP atau sederajat, diutamakan SMK atau SMA.
  • Tidak buta warna
  • Tidak cacat jari atau amputasi
  • Tidak sedang dicekal bepergian ke Luar Negeri.
  • Belum pernah dihukum penjara atau hukuman yang lebih berat.
  • Tidak memiliki catatan deportasi atau keberangkatan dari Pemerintah dari Republik Korea.
  • Tidak memiliki riwayat penyakit Tubercholosis (TBC), Hepatitis dan Shypilis.
  • Memiliki alamat email pribadi yang masih aktif.
  • Memiliki nomor rekening tabungan pribadi, disarankan dengan buku tabungan BRI Simpedes TKI. Adapun manfaatnya untuk mempermudah transaksi di dalam negeri dan luar negeri, meliputi proses pendaftaran, Pre Eliminary Education, dan asuransi. Selain itu dengan setoran awal Rp. 10.000 dan tenggat waktu tabungan pasif lebih dari 180 hari.

Itu baru persyaratan awal (umum), jika merasa memenuhi kualifikasi yang disebutkan di atas, siapapun boleh mencoba peruntungan melamar kerja ke Korea. Setelah itu tentu saja calon TKI masih harus melewati serangkaian test dan ujian untuk mengumpulkan poin (nilai). Rekrutmen pekerja yang akan ditempatkan di Korsel biasanya menggunakan sistem poin. Ujiannya meliputi ujian membaca, ujian mendengar, test ketrampilan, test ketahanan fisik dan wawancara.

Dan pelamar kerja di Korea bisa memperoleh tambahan poin jika memiliki:

Pengalaman kerja 1 tahun atau lebih di bidang pekerjaan yang akan dilamar.

Sertifikat pelatihan kejuruan di sektor pekerjaan yang akan dilamar, dengan lama pelatihan 120 jam atau lebih.

Sertifikat nasional atau sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh LSP/BNSP, dan atau Sertifikat Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang diterbitkan oleh Direktorat Bina Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Kementerian Tenaga Kerja dan atau lembaga yang diberikan mandat untuk itu.
Baca Juga: Pendaftaran Online Kerja ke Korea Selatan Tahun 2022 Untuk Sektor Perikanan
Untuk melamar kerja di Korea sebaiknya melalui jalur BNP2TKI (Badan Nasional Perlindungan dan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia) pada program Go 2 Go (g2g), yang merupakan jalur resmi milik pemerintah. Dan mayoritas penduduk Indonesia yang merantau di sana memang masuk lewat jalur tersebut.

Cara melamar kerja di Korea lewat jalur BNP2TKI adalah dengan mendaftar online di website BNP2TKI program g2g. Dengan catatan memang sedang ada lowongan kerja di Korea. Jika belum ada ya sabar dulu. Karena penerimaan kerja di Korea tidak setiap saat ada. Dalam setahun paling cuma sekali dua kali. Tapi dalam setiap kali ada lowongan, yang dibutuhkan bisa ratusan hingga ribuan karyawan.

Inilah situsnya:

http://www.g2g.bnp2tki.go.id

Silakan meng-upload Persyaratan Dokumen berupa:

  1. Scan KTP yang masih aktif.
  2. Scan paspor yang masih berlaku minimal 1 tahun (jika ada).
  3. Scan pasfoto terbaru berukuran 3.5 x 4.5 cm dengan latar belakang putih (terlihat dahi, telinga, diambil dalam jangka waktu 3 bulan terakhir).
  4. Scan Ijasah asli pendidikan terakhir.
  5. Scan buku tabungan atas nama pendaftar pribadi.

Setelah melakukan pra-pendaftaran online, masih banyak tahap yang harus ditempuh sebelum benar-benar diberangkatkan ke Korea. Misalnya membayar biaya pendaftaran, mengikuti ujian, test ketrampilan, wawancara dan lain-lain. Tinggal ikuti saja petunjuk yang diberikan oleh BNP2TKI.

Demikianlah persyaratan umum menjadi BMI (Buruh Migran Indonesia) ke Korea Selatan. Ini hanya sekedar gambaran umum saja, karena saat ini belum ada lagi lowongan kerja ke Korea, jadi kami juga belum bisa menjelaskan secara rinci. Karena caranya akan selalu sedikit berbeda pada setiap tahunnya, (misalnya tempat ujian dan jadwal ujian). Juga tergantung sektor pekerjaan yang sedang ditawarkan.
Biasanya di awal-awal tahun akan ada informasi lowongan kerja ke Korea dari BNP2TKI. Kita tunggu saja di tahun 2020 ini. Bagi teman-teman yang berminat bekerja di negeri Ginseng tersebut, ditunggu saja sambil terus memperdalam kemampuan berbahasa Korea dan mengasah skill pada bidang pekerjaan yang akan dilamar nanti.

325 Responses to "Cara dan Persyaratan Umum Bekerja Menjadi TKI di Korea Selatan"

  1. Kak untuk mendaftar kandiri lewat bnp2tki itu syaratnya harus lulus dullu dari lpk yang di tandai sertifikat itu kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak. LPK tidak punya wewenang apapun dalam pendaftaran diri kita di website BNP2TKI. LPK hanya tempat belajar, atau paling membantu berbagai informasi kerja ke Korea. Bahkan kalau bisa belajar bahasa Korea secara otodidak, tak perlu masuk LPK tidak masalah.

      Hapus
    2. Kalau lulus eps topik trus langkah selanjutnya ap

      Mohon jawabannya

      Hapus
  2. Sya mw tnya maksimal tinggi badan pria menjadi tki korea brp y kak.. Mhon info ny.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada syarat maksimal tinggi badan untuk bekerja ke Korea Selatan. Yang penting di kisaran tinggi badan rata-rata orang asia.

      Hapus
    2. Perempuan bertindik apa boleh kak jadi TKI di Korea??

      Hapus
  3. Kapan lagi ada lowongan kerja ke korea ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus pantau website BNP2TKI untuk info-info terbaru lowongan kerja ke Korea.

      Hapus
  4. apakah bertatto boleh untuk menjadi tki ke korea?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika tatto di bagian tubuh yang bisa ditutup pakaian masih dibolehkan untuk bekerja ke Korea Selatan.

      Hapus
  5. Wanita tinggi bdan min brp yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada syarat khusus untuk tinggi dan berat badan. Yang penting sehat dan mau bekerja.

      Hapus
    2. Kak kira2 taksiran biaya yg keluar brp ya kak?

      Hapus
  6. Tolong di info y klo ad loker di korea.. mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk tahun 2019 ini baru ada lowongan untuk eks atau yang pernah bekerja ke Korea Selatan, pendaftaran secara online di situs resmi BNP2TKI dari tanggal 22 hingga 26 Februari 2019.

      Untuk yang CTKI pemula belum ada info.

      Hapus
    2. Bang saya minat kerja ke korea saya pernah 2 thn kerja di korea..klo msh ada lowongan tolong info saya WA 081270765854

      Hapus
    3. anyeong haseyo😊
      MAS KALO DAFTAR KERJA KEKOREA ITU KAN LBIH BAIK LEWAT BN2PTKI
      NAH ITU CABANG NYA DIMNA AJA, KOK TMEN SAYA HARUS BOLAK BALIK JOGJA LAMPUNG

      Hapus
    4. Pendaftaran kerja ke Korea Selatan tidak melalui kantor cabang BNP2TKI manapun, tapi melalui internet (online) di situs bnp2tki. Nah nanti kalau misalnya lulus dari pendaftaran online ini, selanjutnya mengikuti ujian bahasa Korea (EPS-TOPIK) di tempat yang ditunjuk oleh BNP2TKI, bisa di Jakarta atau di tempat-tempat yang lainnya.

      Hapus
    5. Mas boleh mnta no hp yg bs di hubungi untuk detail bisa jadi calon tki..trima kasih

      Hapus
  7. Balasan
    1. Tato di bagian tubuh yang bisa tertutup pakaian tidak dilarang. Kalaupun tattonya di bagian tubuh yang terbuka, ukuran tattonya harus yang kecil.

      Hapus
  8. Ini loker untuk jasa salon donk di korea..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hingga saat ini belum ada lowongan kerja salon untuk di Korea. Kebanyakan manufaktur dan fishing.

      Hapus
  9. Selamat pagi.. saya baru saja membaca petisi dari seseorang yang tatoan Sudah lulus ujian tapi ditolak pada saat prelim karna tatoan . Saya tatoan dan saya menjadi bimbang untuk ikut tes . apakah memang masalah tato tidak di beritahu di LPK ? Kasian mereka yang sdh habis banyak tapi akhirnya di tolak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama ini asalkan tatonya sopan, ukuran tidak besar dan mencolok, serta bukan merupakan gambar-gambar atau simbol yang terlarang, diterima kok.

      Entah jika ini aturan baru dari HRD Korea.

      Hapus
  10. Apa penguna narkoba atau yg pernah memakai bisa berangkat ke korea?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengguna narkoba aktif jelas tidak bisa. Jangankan ke Korea, di Indonesia saja tidak boleh.

      Pernah memakai narkoba dan sudah berhenti masih bisa bekerja ke Korea, asalkan belum pernah dipenjara karena kasus tersebut.

      Hapus
  11. Saya punya 1 kartu bpjs ketenagakerjaan dari perusahaan lama dan yg sudh tidak aktif karena saya resign september 2018,saat ini saya akn bekerjja di perushaan yg baru dan akan buat kartu bpjs yg baru tanpa melanjutkan kartu bpjs yg lama,apaakah ketahuan data saya pernah bekerja diperushaan sebelumnya saat hrd perusahaan baru saya akn mendafarkan bpjs saya yg baru walaupun status kepesertaan saya di perushaan sebelumnya sudah tidak aktif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika pihak BPJS Ketenagakerjaan berniat mencari tahu/melacak pasti akan ketahuan. Soalnya nama, tanggal lahir, NIK dan nama Ibu kandung pasti sama dengan data-data di kepesertaan yang sebelumnya. Meskipun kepesertaann sudah non aktif, tapi selama JHT belum diambil, data-data kita di perusahaan sebelumnya masih tersimpan di sana.

      Lagipula kalau ketahuan memangnya kenapa mbak?

      Hapus
  12. Kak,, kalau pakai kaca mata,, min mata kiri sama kanan min 3,,, apa masih bisa melamar jadi tki korea?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih ada kesempatan. Yang Tidak boleh adalah buta warna (total atau parsial).

      Hapus
  13. Balasan
    1. Tentunya pakai biaya, Mas. Dan tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan.

      Hapus
  14. Contoh pekerjaan nya seperti apa yak ka?
    Saya kelas 12 mau keluar tahun ini😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebanyakan bekerja di pabrik (manufaktur). Ada juga yang di sektor perikanan dan pertanian.

      Hapus
    2. Sektor pertanian nglamar y gmnh ya mas.

      Hapus
  15. Seandainya saya ingin bekerja ke Korea,,, tapi tidak melai pjtki tetapi ingin mengurus paspor sendiri apa bisa,, karna saya ada kawan di sana dan ingin mengajak bekerja di sana tanpa melalui agensi πŸ™πŸ™πŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lowongan kerja ke Korea memang tidak dikelola oleh PJTKI atau agensi apapun. PJTKI tidak bisa memberangkatkan pekerja Indonesia ke Korea. Penempatan kerja ke Korea sudah sepenuhnya dikelola negara melalui BNP2TKI (Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia). Jadi, kalau ada WNI yang bekerja di Korsel tidak lewat jalur BNP2TKI, bisa dianggap ilegal dan tidak terlindungi oleh pemerintah.

      Hapus
  16. Kalau jari habis operasi apa g bisa yaa kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah dioperasi apakah masih utuh dan normal jarinya, Kak? Jika masih berarti masih punya kesempatan bekerja di Korea. Tapi kalau sampai cacat apalagi amputasi, pihak Korea tidak bisa menerima lagi.

      Hapus
    2. Kak maksudnya cacat jari itu jari kaki atau tangan yaa,, misal pernah diamputasi,, thanks

      Hapus
  17. kak,kalo cewek lowongan kerja nya apa aja sih?
    kalo sudah punya keluarga apa masih bisa jadi tkw di korea?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cewek atau cowok sama aja kerjanya, di pabrik-pabrik. Gajinya juga sama baik tenaga kerja laki-laki atau perempuan.

      Sudah berkeluarga tetap boleh yang penting disertai surat izin dari pasangan.

      Hapus
    2. Batasan usia untuk wanita sampai berapa untuk industri

      Hapus
  18. Assalamualaikum ,Mau nanya jika ada riwayat penyakit hernia/turun berok gimana ? Apakah bisa bekerja di korea

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh...

      Penyakit yang tidak diterima untuk bekerja ke Korea Selatan adalah buta warna baik total atau parsial, penyakit paru-paru, penyakit hepatitis, dan penyakit kelamin.

      Hapus
  19. Kalo ga bisa bahasa Korea apa bisa langsng daptar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tdk bisa krn itu syrt bkrj dikorea

      Hapus
    2. Bisa saja kalau cuma daftar, tapi nanti 100% dijamin tidak lulus saat ujian bahasa Korea. Dan itu hanya hal yang sangat sia-sia.

      Hapus
  20. Kalo umur 40thn msh bisa jd TkI? Apa wajib bisa bahasa Korea? Syaratnya apa saja ? Please info ( 082261931212 wa)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Umur 40 tahun tidak bisa lagi mendaftar kerja ke Korea. Usia maksimal adalah 39 pada saat pendaftaran.

      Hapus
  21. Jika ada bekas operasi usus buntu bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih ada kesempatan, Mas. Silahkan mencoba.

      Hapus
  22. Syarat untuk masuk BLK apa ya?


    Apakah BLK itu menyediakan Kursus Semua Bahasa?dan selain untuk melatih kerja keahlian


    BalasHapus
    Balasan
    1. Konfirmasi saja ke BLK di daerah Anda, Pak. Setiap BLK mau mengadakan pelatihan bisa saja berbeda-beda persyaratannya. Biasanya syaratnya adalah usia minimal, ijazah minimalnya apa dan pas foto.

      Mengenai pelatihan bahasa, tanyakan juga ke BLK tersebut.

      Hapus
  23. Saya sudah berkeluarga apakah masih bisa bekerja di Korea .. dan saya punya bekas luka di paha kanan saya apa kah masih bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Max usia 39 dn bekas luka tdk masalah asal saat medical vit

      Hapus
  24. Balasan
    1. Masih ada kesempatan. Yang tidak bisa adalah buta warna (total atau parsial).

      Hapus
  25. Kalau cacat jari karena amputasi bisa nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa, Mas. Pemerintah Korea sangat ketat aturan penerimaan tenaga kerjanya.

      Hapus
  26. Maaf pak. Ini pertanyaan serius. Saya mempunyai penyakit keloid, di badan, sikut sama tangan, kira2 bsia kerja ke korea? Ini bukan penyakit serius, hanya mempunyai bekas luka dan timbul daging tumbuh. Gmna ya kira2? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyakit yang tidak diterima untuk bekerja ke Korea Selatan adalah buta warna baik total atau parsial, penyakit paru-paru, penyakit hepatitis, dan penyakit kelamin.

      Keloid tidak ada dalam daftar penyakit yang tidak diterima, jadi masih diterima. Tapi untuk urusan kesehatan, lulus atau tidaknya nanti pada saat medical check up.

      Meskipun tidak mengidap penyakit-penyakit di atas, jika hasil medical check up-nya tidak fit, tetap belum bisa diterima.

      Hapus
  27. Maaf untuk tes ketrampilan dan test skill itu bagaimana kak ?
    Apakah akan di berikan materi nya setelah lulus ujian atau bagaimana

    Mohon pencerahan nya
    Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Test ketrampilan dan skillnya berupa test kekuatan fisik, wawancara, serta test kemampuan dasar. Nanti akan diberi penjelasan setelah lulus ujian bahasa Korea atau biasa disebut ujian EPS-TOPIK.

      Hapus
  28. kalau daftar pakek ijasah paket B bisa g y kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dong. Kan itu ijazah legal setara dengan lulusan SMP.

      Hapus
  29. Belajar / test bahasa korea kiranya berapa bulan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lamanya belajar bahasa Korea sampai bisa, tentu tidak sama setiap individu. Bagi yang pintar dan cerdas, kemungkinan bisa cepat.

      Kalau lamanya test bahasa Korea, biasanya cuma satu hari bertempat di Jakarta, atau bisa juga di tempat lainnya. Informasi lokasi ujian akan diberitahukan di website BNP2TKI.

      Hapus
  30. Kalo belum ad pengalaman krj di korea bisa gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentunya saja bisa, Mas. Kalau tidak bisa bagaimana dengan ribuan PMI (Pekerja Migran Indonesia) yang sekarang telah bekerja di Korea. Tentu awalnya mereka juga pemula.

      Hapus
  31. Berat badan maksimal brapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya tidak ada persyaratan berat maksimal. Yang penting tidak overweight, sehingga bisa bekerja dengan tangkas seandainya lulus dan diberangkatkan bekerja ke Korea.

      Hapus
  32. Terimakasih banyak bapak riyan atas infonya semua pertanyaan yang ingin saya tanyakan sudah terjawab
    terimakasih banyak semoga sukses

    BalasHapus
  33. Kalo misal kuping banyak tindikan apa masih bisa ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Yang penting nanti seandainya lulus pendaftaran, ketika mengikuti ujian, test dan wawancara dicopot dulu tindiknya. Karena harus tampil rapi.

      Nanti seandainya berhasil lulus bekerja ke Korea, kalau perusahaan atau pabrik tempat anda bekerja boleh pakai tindik, ya tinggal dipakai lagi. Setiap perusahaan tentu punya aturan sendiri-sendiri.

      Hapus
  34. Kalau untuk cewek,Ada standard tinggi badan Dan berar badan gak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada. Yang penting berat badan dan tinggi badan proporsional untuk ukuran orang asia Tenggara.

      Hapus
  35. Mas klo bekas trening jpn bisa ga terus jari saya kena kecelakaan kerja skrg masi bisa bekerja kira kira bisa ke trima ga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cacat jari tidak akan diterima bekerja di Korea, Mas. Itu sudah ketetapan dari HRD Korea. Pihak BNP2TKI hanya menjalankan aturannya saja.

      Hapus
  36. Kira" habis berapa uanga yang harus di keluarkan untuk biaya pendaftaran di BPN2TKI ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pendaftaran ke BNP2TKI TKI gratis. Yang bayar adalah biaya ujian 24 USD, Prelim, tiket pesawat, dll. Silakan baca artikel di blog ini yang membahas tentang biaya bekerja ke Korea, nanti anda pasti akan tahu gambarannya.

      Hapus
  37. Apakh setiap lpk ada PROGRAM HRD KOREA RESETTLEMENT SUPPORT TRAINING pak? Dan tolong recoment lpk yg bagus area jawa timur dan jawa tengah pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak. Cari di internet saja, banyak kok LPK yang membuka kelas untuk penempatan CTKI Korea.

      Hapus
  38. Kalau bertindik apakah bisa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Yang penting dicopot dulu pada proses seleksi, karena harus tampil sopan.

      Hapus
  39. Kak..kalo jari klingking kiri saya di lekukan paling ujung tidak bisa di lipat..apa tidak bisa lagi bkerja di korea.?atau bahlan akan gagal waktu chek up/medical di indonesia.. mohon pencerahan nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Peraturannya, cacat jari memang tidak diterima bekerja di Korea, Kak. Dan pada saat medical check up, kesehatan dan fisik kita akan diperiksa secara menyeluruh.

      Hapus
  40. Balasan
    1. Minus parah tidak akan lulus pada saat pemeriksaan kesehatan atau medical check up, Pak.

      Hapus
  41. Maaf kak, hendak mengajukan pertanyaan, kalau sudah sending dan disetujui lamanya turun slc brp bulan ya?
    Wanita dengan pria apa ada perbedaan cepat/lambat nya mendapat slc benarkah itu kak?
    Trims. Untuk kesediaannya menjawab pertanyaan saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai saat ini tidak ada hitungan pasti tentang berapa lama turunnya SLC setelah sending data disetujui. Ada yang sebulan, ada yang tiga bulan, setahun, bahkan kemungkinan terburuknya tidak pernah mendapat SLC sampai bertahun-tahun.

      Hapus
  42. Klo Cewe TB 145cm BB 40kg bisa ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pendaftarannya tidak ada syarat TB dan BB. Tapi mungkin, setelah sending data, TB dan BB akan menjadi penilaian tersendiri bagi perusahaan-perusahaan di Korea ketika hendak menurunkan SLC. Mungkin lho ya. Karena logikanya, perusahaan pasti lebih memilih calon pekerja yang badannya proporsional.

      Hapus
  43. Tinggi badan cwek 144 bisa gak ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca balasan komentar saya pas di atasnya komen sampean, Mas. Karena jawabannya sama.

      Hapus
  44. Maaf saya mau tanya dikit kak...
    Saya hny tamat sd
    Apa ada kesempatan untuk kesana?

    BalasHapus
  45. Saya mau tanya,ijazah aslia saya kan terbakar,saya hanya memiliki fc an sja,sya jga punya paclaring dr kantor yg sebelumnya,bisa tidak kli pakai fc an sja,,?terima kasih

    BalasHapus
  46. Kak, kalo daftar ke korea ada minim tinggi badannya kah??

    BalasHapus
  47. Mau tanya mas .berarti kita harus belajar bahasa dulu baru daftar yaa??
    Dan untuk biaya kira" sampai kisaran berapa yaa?

    BalasHapus
  48. Mau tanya mas .berarti kita harus belajar bahasa dulu baru daftar yaa??
    Dan untuk biaya kira" sampai kisaran berapa yaa?

    BalasHapus
  49. Mau tanya mas,untuk tahun 2019 ini kn BNP 2 TKI yg di utama kan menerima eks pekerja.
    Klu di tahun 2019 ini saya mau melamar di bagian manufaktur sebagai pekerja pemula,sebaik nya bgi mana mas?
    Apakah saya harus menunggu info dari BNP 2 TKI kapan ada penerimaan untuk bagian manufaktur? Baru saya melamar atau gmna sebaik nya mas?

    BalasHapus
  50. Mau tanya mas saya kan punya mata udah minus 5 apakah masih bisa bekerja di sana

    BalasHapus
  51. Kak gmn cara nya agar jadi TKI di sana

    BalasHapus
  52. Jika bisa bahasa Korea, tetapi tidak bisa bahasa Inggris gimana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak apa-apa. Yang wajib adalah bahasa Korea.

      Hapus
  53. Maaf gan kalau lulusan SD biasa nya bisa gak??

    BalasHapus
  54. Kak. Kalo punya riwayat habis kecelakaan patah tulang tangan yang kanan. Habis di operasi.
    Apa bisa ya kak kerja di korea?

    BalasHapus
  55. Kak emang maksimal mata minus 5 ya yang boleh kerja ke korea...
    Aku minus 6

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minus yang parah sebaiknya tidak usah, karena nanti kemungkinan tidak akan lolos pada saat Medical Check Up.

      Hapus
    2. Kalo sebelum dftr lpk dan seleksi kita memastikan dulu medikalnya,dan dinyatakan lolos mcu buat ke korea,na yg ingin saya tnyakan,standar mcu pas di indo dg yg di korea berbeda tdk.makasih

      Hapus
    3. Standarnya sama kok. Cuma di sana peralatannya lebih canggih. Jarang CTKI yang tidak lolos ketika MCU di Korea.

      Hapus
  56. Kak saya pengen kerja ke korea nah ada yang bilang yang udah punya keluarga dan ijazah paket c katanya nggak bisa apa iya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah berkeluarga dan ijazah paket C bisa kok bekerja ke Korea. Yang penting nanti harus mendapat izin dari pasangan.

      Hapus
  57. Mas kalau ada bekas operasi caesar bisa g y

    BalasHapus
  58. Mas kalau nggak punya ijasah smp gimana mas apa kah ada harapan untuk bisa bekerja di korea

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minimal SMP. Kalau tidak punya ijazah SMP, bisa ikut ujian paket B agar mendapatkan ijazah yang setara SMP.

      Hapus
  59. Calon pekerja berarti harus bisa bahasa korea dulu kak? Lalu tempat belajar bahasanya dimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus dong. Belajarnya terserah anda, boleh belajar otodidak/mandiri, boleh juga belajar di LPK Bahasa Korea.

      Hapus
    2. Lpk itu adanya di daerah mana saja kak?
      Biaya belajar di Lpk brapa kak?

      Hapus
  60. mas gmn caranya belajar memahami bahasa korea ketika diajak ngbrol kdg susah memahaminya tp klo tulisan sy bs memabacanya tp blm bs mengrtikannya.maklum br pemula.klo bhs inggris sh 8sy lumayan bs.sy pngnny sh bljr otodidak.trus klo bljr dilpk bth biaya gde itu aj ngga spnuhny bs dipljri.yg lainny bljr sndri.menurutny gmn mas?

    BalasHapus
  61. Kira kira biaya untuk bekerja ke Korea itu berapa kk?
    Sama kah semua individu?

    BalasHapus
  62. Mohon maaf kak mau tanya.misalkan ada keluhan sakit amandel tapi tidak parah sama gejala ambeien apa bisa llus tes cek up ksehatan kerja ke korea?
    Trimakasih banyak

    BalasHapus
  63. Mas mau tanya klo punya riwayat secar atau prnah operasi secar apakah bisa mas krja di korea?

    BalasHapus
  64. Mas klo d jambi d mana alamat nya lpk

    BalasHapus
  65. Ka mau tanya kalo cuman jempol kaki yg diamputasi apa masih bisa

    BalasHapus
  66. Maaf kak mau Tanya umur saya 41th pernah kerja di Singapore 2th dan Hong Kong 2th apa bisa daftar ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa jika lewat program g to g ini. Maksimal usia 39 tahun.

      Hapus
  67. Klau giginya ga ada satu masih bsa ga ngikut tes eps?

    BalasHapus
  68. Assalamualaikum kak kalo sudah berkeluarga dan ada banyak strec mark apakah kemungkinan masih bisa lolos untuk medicak check up kak?

    BalasHapus
  69. Kak,itukan persyaratanya ada yang tidak pernah dideporgasi dari negara lain ( ini dikhususkan negara korea saja kan?)

    BalasHapus
  70. Saya mau kerja ke korsel,ada agen kah yg bisa bawa ke sana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada jika secara resmi. Harus lewat program G to G dan mengikuti ujian EPS-TOPIC.

      Hapus
  71. Mas kalau tinggi badan 155 dan berat badan 40 apa bisa ya

    BalasHapus
  72. kalo tindikan gimana min bisa gak ? mohon di jawab makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Tapi sebaiknya dilepas dulu pada saat proses.

      Hapus
  73. Kalo Min 2.5, apakah masih bisa di terima?
    Dan apakah Min saya sudah termasuk parah?

    BalasHapus
  74. Pengurusan pasport nya ..di mana kak..
    Maaf baru pertama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di kantor Imigrasi, Kak. Buat paspor secara online juga sudah bisa sekarang.

      Hapus
  75. Kak kalau punya penyakit Ambeien kira2 bagaimana ya kak? Apa bisa lolos tes MCU? soalnya saya tanya ke kakak saya dia aja kurang ngerti cuma pas di atas MCU diperiksa bagian anusnya. Kira2 klo punya Ambeien bisa tidak ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam persyaratan tertulisnya sih tidak dilarang penyakit ambeien mendaftar kerja ke Korea, karena setahu saya ambeien bukan penyakit ganas dan menular. Tapi saran saya, biar proses pendaftarannya lancar sebaiknya diobati dulu sakitnya.

      Hapus
  76. Kk ,gk tau harus mulai darimana tapi aku rinci y pertanyaan aq ,:
    1.selama ini apa tidak ada lokasi lain untuk ujian eps-topik kecuali di jawa ?soal ny aq di medan ,sumatra
    2.jika memang harus di jakarta ,misalny aku brangkat 1 minggu sebelum ujian ,cari kos-an biar bisa istirahat dan hasil medical check up aku nanti fit .soalny klo naik bus ,aku gk kuat takutny jadi unfit .jadi...seminggu sebelumny aku brangkat ,jadi brapa lama aku harus disana sampai lulus ujian ,dan sending data kk ?kan klo sudah send data ,tinggal pulang lagi .nunggu slc dan pre-lime .berapa lama kk ?
    3.ujian ,lulus ,sending data ,turun slc dan dipanggil untuk prelime ,kira" brapa lama akan brangkat ke korea ny ?walaupun sebulan atau lebih gpp lah kk kutunggu di jakarta sampai brangkat ke korea ny .daripada balek lagi ke medan ??harus brapa kali bolak balik ??
    4.cara dapet poin tambahan ny gimana kk ?bukti pengalaman kerja ,sertifikat pelatihan kejuruan ,dan lainny .minta kemana kk ?
    5.bukti izin dari keluarga berupa apa kk ,?
    6.pas photo harus keliatan dahi ,telinga ,dan pundak ,?klo pake hijab gimana kk ?
    7.kontrak kerja di korea minimal brapa tahun kk ?ada pengecualian boleh pulang gk ?misalny ada kemalangan di kampung ?tapi mau datang lagi (cuti)atau saya meninggal di sana ,gimana ?
    8.tolong y kk ,jawaban ny ,jangan kapok bacany ,?

    Aku serius mau kerja ke korea kk ,tolong bantuanny y kk 😊dan sedang berusaha menabung serta belajar bahasa korea ny ,karna aku tau petjuangan ikut tes ny susah ,jadi cukup sekali dan mudah"an berhasil .
    Aku udah baca banyak tentang tki ke korea betapa banyakny butuh usaha dan kesabaran untuk bisa ,
    Aku akan usahakan uang dan bahasany secepatny ,bantu aku y kk πŸ˜₯πŸ˜πŸ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kk ini no WA ku y kk ,toling πŸ€“ 085363154410

      Hapus
    2. 1. Sampai saat ini, lokasi ujian bahasa korea dan test ketrampilan memang selalu di pulau Jawa, belum pernah di luar Jawa. Entah kenapa seperti itu. Mungkin karena pelamarnya kebanyakan dari pulau Jawa.

      2. Sebaiknya memang naik pesawat dan nginep di penginapan biar siap ketika ujian. Yang harus ke Jawa pada saat ujian bahasa, test ketrampilan dan prelim. Yang lainnya bisa dilakukan secara online.

      3. Jika masih tahap sending data, berangkat ke Korea sangatlah tidak pasti. Bisa berbulan-bulan, setahun, bahkan mungkin tidak jadi berangkat karena lamaran kerja belum ada perusahaan Korea yang menerima.

      4. Poin tambahannya jika memiliki Pengalaman kerja minimal 1 tahun atau lebih di bidang pekerjaan yang sesuai, Sertifikat pelatihan kejuruan atau ijazah SMK yang terkait dengan pekerjaan yang ditawarkan, dan Sertifikat nasional atau sertifikat kompetensi bidang manufaktur yang dikeluarkan oleh LSP/BNSP, dan atau Sertifikat Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang diterbitkan olehDirektorat Bina Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Kementerian Tenaga Kerja dan atau lembaga yang diberikan mandat untuk itu.

      5. Berupa surat yang ditandatangani oleh keluarga diatas meterai Rp. 6000 yang diketahui Lurah/Kepala Desa dan diberi stempel cap basah.

      6. Foto tidak boleh mengenakan jilbab.

      7. TKI bekerja di Korea selama 4 tahun 10 bulan dengan perpanjangan perjanjian kerja setiap tahun. Boleh cuti yang penting bos mengizinkan, dan kalau minta cuti sebaiknya sejak jauh hari.

      Hapus
  77. Kk tolong jawab pertanyaan aku y ,please ??

    BalasHapus
  78. Selamat malam kak..
    Kalo KTP sama paspor beda apa boleh soalanya...dulu bekerja di Singapura umurnya kurang makanya paspor nya sama PT nya di tuain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus sama, Pak, terutama nama lengkap dan tempat tanggal lahir. Jadi diperbaiki dulu data-data yang tidak cocok tersebut.

      Hapus
  79. Kk aku baru baca artikel mulai dari pra pendaftaran online sampai terbang ,😧😰😲πŸ˜₯ sedikit pusing ,tapi tolong kk tetep jawab pertanyaan aku y ,please...
    Skarang nambah pertanyaan aku y kk ,maaf .
    1.kira" kos-an paling deket sama lokasi ujian dan lpk di ciracas dimana ?siapa yg bisa ku hubungi sampe sana/yg mau bantu ?
    2.apa kerjaan yg bisa langsung aku dapet di jakarta selama beberapa bulan disana
    3.siapa yg bisa aku hubungi untuk minta tolong jika ada berkas q yg kurang lengkap ,karna kan kk kampung ku jauh ,,
    4.izin keluarga gk bisa saudara aj y kk ?karna orang tua ku di padang ,dan aku sekarang merantau di medan .
    Sebenerny proses ny cujup rumit dan panjang ,aku butuh seseorang untuk membantu q πŸ˜” .apalagi aku tidak punya keluarga di jatim sana 😣

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. LPK tidak harus di Ciracas, bisa di kota-kota terdekat di daerah kamu biar irit biayanya. Yang di Ciracas paling pas ujian Bahasa Korea, Test Skill dan Prelim. Dan itu tidak perlu ngekost, karena ujiannya cuma sehari. Sementara pas Prelim, wajib tinggal di lokasi Prelim yang disediakan panitia.

      2. Di Jakarta tidak perlu berbulan-bulan. Habis ujian bisa kembali ke rumah sambil menunggu pengumuman selanjutnya dari BNP2TKI.

      3. Semua pengumuman kelengkapan berkas selalu diumumkan di website BNP2TKI, tinggal pantau di sana.

      4. Harus surat izin dari orang tua bagi CTKI yang masih lajang.

      Hapus
    2. saya jawa timur mbk bangkalan kerumah saja insa allh orang baek

      Hapus
  80. Aku takut ny budget q kurang kk ,πŸ™ .bukan hanya harus wara wiri kesana kemari tapi juga untuk melengkapi berkas q yg kurang .
    Mohon bantuanny y kk πŸ™‚
    Benar" butuh usaha dan doa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang seperti itu prosedurnya. Jika berniat melamar kerja ke Korea, harus siap berkorban waktu dan materi yang tidak sedikit.

      Hapus
  81. Punya riwayat operasi sesar apa bisa pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, yang penting bekas operasi sesar tersebut tidak mengganggu aktivitas fisik anda.

      Hapus
  82. Kak apa? Magang ke korsel hnya utk supm/jur perikanan saja? Misal jur RPL/TKJ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bales kakπŸ™πŸ™πŸ™

      Hapus
    2. Saya kurang tahu kalau tentang magang ke Korea Selatan. Saya tahunya soal penempatan kerja ke Korea lewat program G to G seperti yang dibahas di artikel ini.

      Hapus
  83. Cuma lulusan smp bisa ikut gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon dibacanya artikelnya pelan-pelan, Mas. Ada penjelasan lengkapnya.

      Hapus
  84. Buta warna parsial seriusam ga bisa kak?

    BalasHapus
  85. Kak kalau untuk sending data, pasphoto kita boleh ngak pakai hijab?
    Mohon bantuannya untuk dijawab kak, karena jawaban kakak sangat berpengaruh kedepannya, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang harus tidak pakai hijab. Tidak boleh pakai jilbab. Harus full face dan terlihat telinga.

      Hapus
  86. Pak kalo masalah gigi masih bisa nggk yah, takut sia2 sdh putus kerja buat ke korea,
    Trims

    BalasHapus
  87. Punya riwayat patah tulang bisa gak pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah pulih seperti sedia kala dan tidak meninggalkan cacat permanen, bisa mendaftar kerja ke Korea.

      Hapus
  88. Untuk lokasi LPK di jakarta itu lokasinya dimana ya min??
    Dan untuk persyaratan nya kan salah satunya mampu berbahasa korea, apakah tempat les bahasa korea bisa dimana saja atau di tempat tertentu??
    Pleas balas ya min, lagi butuh bangettttttt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak berani menyebutkan atau merekomendasikan LPK, silahkan bapak browsing dan cari informasi, dalam memilih LPK pastikan sudah mendapat izin dari pemerintah. Syukur-syukur kalau LPK tersebut sudah menghasilkan CTKI yang lulus terbang ke Korea.

      LPK bisa di mana saja, yang penting LPK tersebut membuka kelas untuk CTKI Korea.

      Hapus
  89. Kak saya kan tinggal di ternate-maluku utara kalo misalkan saya daftar truss tes nya di mana kak?di kotaku kah?atau di luar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak tolong di balas yaaa😣

      Hapus
    2. Ujian dan Tes-nya di pulau Jawa, bisa di Jakarta ataupun Jawa Barat.

      Hapus
  90. Wajib bisa berbahasa korea ke kak?

    BalasHapus
  91. Mas mau nanya boleh ka ga bbnya 45 tingi 175 menjadi tki korea

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat boleh. Silakan mencoba siapa tau beruntung.

      Hapus
  92. Maaf kak. Dulu tulang pinggang belakang pernah retak gara gara jatoh dari motor sekarang sudah sembuh mungkin cuma kadang cuma nyeri doang apa masih bisa ikut kerja. Dan untuk keahlian mungkin belum bisa apa apa mengenal selama ini kerja cuma di tempat rangkai bunga sama warung lesehan. Mohon infonya kak

    BalasHapus
  93. Kalau buat anak smk baru lulus mau ikutan boleh ka? Tapi kalau blom fasih bahasa korea nanti di ajarin ga ka? Apa kita harus otodidak sendiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru lulus boleh yang penting usia di atas 18 tahun dan memenuhi syarat-syarat lainnya. Bahasa Korea belajar sendiri dengan cara kursus di LPK untuk bekal ujian dan test. Kalau mampu belajar otodidak juga dipersilahkan.

      Hapus
  94. Balasan
    1. Tidak ada syarat minimal berat bedan. Tapi kalau kegemukan sebaiknya diet dulu.

      Hapus
  95. μ•ˆλ…•ν•˜μ„Έμš”,,Yth admin,,gymna kalau mau daftar tapi posisi saya sedang kerja,,sekarang saya sbg engineerin diperusahaan korea,,apakah akn jadi point plus atw gymna...mohon jawabannya thx sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada point plus jika mau bekerja ke Korea lewat program G2G ini, prosedurnya sama meski anda saat ini bekerja di perusaan Korea yang ada di Indonesia.

      Kecuali perusahaan tempat anda bekerja tersebut berniat menempatkan anda pada cabang yang ada Korea, maka prosedurnya akan berbeda dengan penempatan via G to G.

      Hapus
  96. Bagaimana cara belajar bahasa korea secara otodidak kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli buku-buku pelajaran Bahasa Korea, kak. Ditambah belajar lewat internet, berinteraksi dan berteman dengan orang-orang Indonesia yang sedang bekerja di Korea. Dan lain-lain.

      Hapus
  97. Kak, kalo kita udah lulus tes bahasa dan seleksi kerja di korea,, itu biaya keberangkatan langsung di tanggung pada kita, atau ada yg meminjam kita dulu, lalu dibayar setelah kita mulai kerja??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biaya sendiri, Kak. Tapi kalau sudah sampai tahap Prelim, kita bisa pinjam dana dari Bank BRI sebesar 10 juta.

      Hapus
  98. Kak mau tanya, program magang ke korea Selatan atau ke jepang apakah sama???
    . Dan saya punya riwayat penyakit TB,tp sudah sembuh total dari tahun 2017 lalu. Apakah masih bisa bekerja di korea.
    . Mohon dibalas ya kak, ghamsahabnida 😊

    BalasHapus
  99. Kak mau tanya untuk yang belum bisa berbahasa korea tapi ingin berangkat ke korea itu gmna solusinya kak?

    BalasHapus