Cara Menonaktifkan Status Kepesertaan Kartu BPJS TK/Jamsostek Yang Masih Aktif Padahal Sudah Berhenti Bekerja

Kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi kartu BPJS Ketenagakerjaan/BPJamsostek atau status kepesertaan yang masih aktif padahal kita sudah resmi tidak bekerja. Hal ini penting mengingat salah syarat untuk bisa menarik seluruh tabungan Jaminan Hari Tua (JHT) adalah status kepesertaan kita pada BPJS Ketenagakerjaan harus sudah nonaktif minimal satu bulan.

Walaupun kita sudah berhenti kerja, kalau ternyata kartu BPJS Ketenagakerjaan terdeteksi masih aktif, maka saldo JHT kita tidak mungkin bisa cair. Meski sebenarnya kasus seperti ini jarang terjadi, tapi sesekali masih ada saja kejadian peserta yang sudah terlanjur jauh-jauh mendatangi kantor BPJS TK, capek-capek ikut antrean, begitu tiba giliran malah pengajuan klaim JHT-nya tidak bisa diproses karena ternyata masa kepesertaannya masih aktif.

Maka dari itu, buat teman-teman yang berencana mengurus pencairan dana JHT secara langsung di kantor BPJS TK, ada baiknya memeriksa dulu status kepesertaannya. Apakah sudah benar-benar nonaktif atau belum. Jika belum nonaktif, lebih baik kalian tunda dulu rencana pencairan JHT tersebut. Daripada nanti kecewa sudah jauh-jauh ke kantor BPJS TK tapi tanpa hasil. Pasalnya JHT tidak akan pernah bisa cair, sebelum status kepesertaan yang masih aktif tersebut benar-benar dinonaktifkan.

Cara mengetahui apakah status kepesertaan kita sudah nonaktif atau belum sebenarnya sangat mudah, bisa dilakukan di mana saja menggunakan hp tanpa perlu mendatangi kantor BPJS TK. Salah satunya ialah cek status kepesertaan melalui SMS. Cara ini paling mudah karena tidak membutuhkan henpon kelas canggih dan akses internet. Handphone tipe apa saja bisa digunakan.

Namun untuk bisa mengecek via SMS ini, teman-teman harus mendaftarkan nomor hp terlebih dahulu ke layanan SMS 2757. Selengkapnya tentang tata cara cek status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan lewat SMS ini sudah kami kupas tuntas di artikel sebelumnya, silakan baca di sini.

Selain via SMS, cara melacak status kepesertaan BPJS TK juga bisa dilakukan menggunakan Aplikasi BPJSTKU. Caranya silahkan mengunduh aplikasi BPJSTKU di Google Playstore, kemudian lakukan registrasi dengan data kependudukan dan data kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kita. Pada menu cek saldo JHT, jika di sebelah kanan informasi jumlah saldo ada simbol ceklis itu berarti status kepesertaan kita masih aktif. Jika yang muncul adalah tanda silang, artinya status kepesertaan BPJS TK sudah nonaktif dan kita sudah bisa mengajukan pencairan JHT.

Cek status kepesertaan BPJS TK via aplikasi BPJSTKU



Apa sebenarnya yang menyebabkan kartu BPJS Ketenagakerjaan kita masih aktif, sementara kita sudah lama resign dari perusahaan dan tidak bekerja lagi?

Penyebabnya adalah karena perusahaaan belum, atau tidak, atau lupa melaporkan ke kantor cabang BPJS TK terdaftar, bahwa kita sudah berhenti bekerja dan tidak akan ada iuran bulanan atas nama kita lagi di bulan-bulan berikutnya. Penonaktifan kartu langsung diproses sejak iuran terakhir dibayarkan dan HRD perusahaan melaporkan ke kantor cabang terdaftar. Jadi kalau kepesertaan kita masih aktif padahal sudah tidak bekerja, kemungkinan ada iuran BPJAMSOSTEK kita yang belum dibayarkan oleh perusahaan. Perusahaan menunggak iuran. Kalau tunggakan premi tersebut belum dilunasi oleh PT tempat kita bekerja, maka kantor BPJS TK terdaftar belum bisa menutup atau menonaktifkan kepesertaan kita. Buat teman-teman yang belum tahu, yang dimaksud kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdaftar adalah kantor BPJS Ketenagakerjaan yang menerbitkan kartu BPJS TK kita.

Lalu bagaimana cara menonaktifkan status kepesertaan atau kartu BPJS TK yang masih aktif padahal sudah berhenti kerja?

Satu-satunya cara adalah dengan menghubungi atau mendatangi bekas perusahaan tempat kita bekerja, jelaskan bahwa status kepesertaan kita di program BPJS Ketenagakerjaan masih aktif sehingga tidak bisa mengambil uang JHT. Katakan kepada HRD perusahaan agar segera melaporkan ke kantor BPJS TK terdaftar bahwa kita sudah tidak bekerja lagi, serta melunasi iuran apabila ada tunggakan. Kurang lebih seperti itu.

Dan yang jadi persoalan berikutnya adalah, gara-gara kasus pihak perusahaan terlambat melaporkan bahwa kita sudah berhenti kerja seperti ini, biasanya tanggal berhenti bekerja yang tertulis di paklaring yang sudah terlanjur dikeluarkan, jadi tidak cocok dengan tanggal berhenti bekerja yang dilaporkan ke pihak BPJS Ketenagakerjaan (karena laporannya terlambat). Intinya masa aktif bekerja dengan masa kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan jadi tidak sama alias tidak cocok, dan ini juga bisa menyebabkan pengajuan klaim JHT kita ditolak.

Baca Juga: Cara Mendaftar Menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan Secara Online Untuk Pekerja Mandiri

Untuk itu, disarankan sekaligus berkordinasi dengan HRD perusahaan untuk dilakukan koreksi data pada paklaring. Atau mungkin diterbitkan paklaring baru, atau sekedar dibuatkan surat rekomendasi/referensi untuk pencairan JHT, dengan mencantumkan tanggal berhenti bekerja yang sama dengan tanggal yang dilaporkan ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdaftar.

Demikianlah cara menonaktifkan status kepesertaan atau kartu BPJS TK/Jamsostek yang masih aktif padahal posisi sudah berhenti kerja. Mudah-mudahan info singkat ini bisa menjadi solusi bagi teman-teman yang sedang mengalami masalah tersebut. Jika masih ada kendala, jangan ragu-ragu untuk menghubungi call center BPJS TK di nomor (021) 1500910. Terima kasih.

71 Responses to "Cara Menonaktifkan Status Kepesertaan Kartu BPJS TK/Jamsostek Yang Masih Aktif Padahal Sudah Berhenti Bekerja"

  1. jangan main dengan paranormal mbak, maaf.. sebagai seorang muslimah saya hanya mengingatkan pergi dukun/paranormal itu syirik dan selama 40 hari doa yang dipanjatkan tertolak... mari cari rejeki yang halal saja... afwan

    BalasHapus
  2. Aplikasi bpjstk skrg ga da keterangan status aktf/tidak. Gmn caranya liat statusnya.terimkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klik kartu digital..
      Klik lagi PU

      Hapus
    2. Saya mau tanya..saya udah daftar antrean online udah dapet jadwal video call..tapi sampai 2 hari ini kok belum di video call sama BPJS ya..minta solusinya..apa saya harus Carikan lewat bank aja

      Hapus
    3. di email harusnya ada jadwal telpon

      Hapus
  3. Klik di menu kartu digital kemudian pilih kartu yg tertera liat bagian paling bawah ada statusnya

    BalasHapus
  4. Kenapa perusahaan lama saya, menonaktifkannya selama 3 bulan dari terakhir bekerja

    BalasHapus
  5. Setiap PT memang berbeda padahal 1haru saja bisa nonaktif ,itu karena kesengajaan saja di peelama penonaktifan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di pt ku ,,belum bisa di nonaktifkan karena belum bisa melunasi pembayaran bpjs nya , apa harus menunggu pelunasan dulu baru bisa dinonaktifkan

      Hapus
    2. Sama , masih nyangkut 2 bulan belom dilunasin.
      Udah resign 5 bulan lalu.

      Hapus
    3. Iya gmn ya apa bisa melapor langsung ke cabang bpjs

      Hapus
  6. saya lihat status kartu digital sudah tidak aktif
    Tapi waktu ke kantor bpjs katanya masih aktif..
    terus gimana bisa cair.in uangnya.. Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saya juga begitu ,, ternyata di tempat kerja sebelumnya yang masih aktif.. padahal saya gak dpt kartu Jamsostek nya dari tempat kerja lama. Taunya sudah terdaftar.

      Hapus
  7. Bagaimana cara perusahaan menonaktifkan peserta bpjstk?

    BalasHapus
  8. Balasan
    1. bakar kpj anda, secara otomatis status anda jadi non aktif

      Hapus
  9. Saya sudah liat status dari kartu digital sudah tidak aktif .. saya langsung daftarin lewat bank pas udah data saya di terima dan di suruh nunggu 14 hari ., kemudian saya dapat sms dari pihak bpjs katanya data saya bermasalah di kartu digital saya masih aktif ?
    jadi Bagaimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo saya ada 2 kartu ,,, satu masih aktif , satunya lagi tidak aktif ,, pas saya mau nyairin yang tidak aktif , memang tidak bisa , karena ada kartu lain yg masih aktif

      Hapus
    2. Sama saya juga punya 2 kartu mba. 1 kartu dr perusahaan yg lama udah berhenti kerja dr 2thn yg lalu udah ada paklaringnya tp blm saya klaim. Dan kartu yg ke 2 saya baru berenti kerja 1 bulan yg lalu blm dikasi paklaring. Trus saya mau klaim trs daftar antrian online di kartu yg pertama lewat aplikasi bpjstku ga bisa keterangannya status kepesertaan anda masih aktif? Apa itu karna kartu yg kedua saya blm dinonaktif atau tempat kerja saya yg pertama yg bermasalah? Itu gimana ya?

      Hapus
  10. Untuk tanggal non aktipnya kita tau kewat mana ya?

    BalasHapus
  11. Untuk prihal karyawan yang sudah tidak berkerja lagi diperusahaan terkait dan menganggur ( Ajuin klaim BPJS ) status masih aktif , alangkah baiknya pihak BPJS memberikan penonaktifan sebulan setelah karyawan tidak bekerja lagi kepada setiap instansi perusahaan secara global,jadi untuk karyawan tidak nunggu sampai perusahaan yang terkait menonaktifkannya , harus dari pihak BPJS sendiri secara teknis otomatis ( Jangka 2 tahun kontrak ) global yang menonaktifkannya .
    Saya rasa seperti itu lebih baik untuk kesejahteraan masyarakat kecil menengah , terima kasih .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga sudah keluar dari perusahaan sudh sebulan lalu.. Tpi dari perusahaan bilang kalo iuranya memang telat 2 bulan.. Jadi status sya juga masih aktif, bgaimana saya menonaktifkqn Sendiri ya

      Hapus
    2. Bener banget ...saya udah risain dr 31 desember 2019 ampe may 5 2020 kartu bpjs saya masih aktif gak ada solusi mau ke kantor jauh di jakarta selatan dr solo jadi sampe skrg bpjs saya gantung

      Hapus
    3. Bener, saya juga sudh 3 bulan keluar dari kantor lama tapi smpe saat ini masih aja aktif. Mau cairin juga gak bisa, pdahal butuh banget krn pandemi kegini buat kami yg tdk bekerja lagi.

      Hapus
  12. Bpjs ketenagakerjaan itu ga efektif . Uang qt sendiri hak kita tp susah sekali untuk mengambilny ...
    Seharusny cukup menggunakan KTP dan paklaring aja sudah bisa . Tp kenapa selalu di persulit . Alasanya prosedur . Tp ingat itu hak pekerja . BPJS kan sudah dapet untung dari situ ..

    BalasHapus
  13. Ribet bener mau ngambil uang sendiri huh

    BalasHapus
  14. Ribet, lg butuh bgt malah di ribetin.

    BalasHapus
  15. Saya juga sudah keluar dari perusahaan sudh sebulan lalu.. Tpi dari perusahaan bilang kalo iuranya memang telat 2 bulan.. Jadi status sya juga masih aktif, bgaimana saya menonaktifkqn Sendiri ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sya jga gimna ya. Mau sya carirkan ga bisa ktnya bihak bpjs nomor kpsertaan sya masih aktif.

      Hapus
    2. Apalagi saya,udah lima tahun nunggu di nonaktifkan sampai sekarang belum bisa di ambil.Perusahaan sialan !!! Resign dari 2016..ini 2020 mau masuk akhir tahun.

      Hapus
    3. Sama kaya saya resign perusahaan lama 2015 sampai sekarang ternyata aktif , dana gak bisa cair padahal butuh banget

      Hapus
  16. Saya juga sudah hampir 2bln resign.
    Tpi bpjs saya statusnya masih aktif.gmn donk cara cepatnya ?

    BalasHapus
  17. Tadi udah ke bpjs . Kata mbak nya kartu nya masih aktif . Aku punya 2 kartu dengan nomor yg berbeda . Kartu yg pertama itu status nya tidak aktif . Jdi saldo nambah nya ke kartu yg kedua . Setelah aku daftar online akhir Desember , tiba" saldo di kartu yg pertama koq nambah ? Sedang kan status nya tidak aktif . Udah capek ke kantor nya tadi . Huftt . Di balik ini semua pasti ada hikmah nyaa ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama. kok bisa nambah gitu ya? Tapi jadinya malah ga bisa buat klaim krn keterangannya status kepesertaan masih aktif

      Hapus
  18. Saya udah resign dari perusahaan per 25 Nov 2019, pelaporan ke bpjs ketenaga kerjaan terakhir di tgl.09 Januari 2020, sesuai info hrd lama sudah dinonaktifkan Dan seharusnya tgl.10 Januari 2020 sudah non aktif statusnya, tapi kenapa ya di bpjstku statusnya masih aktif..
    Apakah harus datang sendiri buat penonaktifannya dengan mengisi form penonaktifan atau harus hrd perusahaan lama yg menonaktifka..?

    Boleh dibantu jika ada yg pernah mengalami Hal ini ya temen2..
    Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar, saya juga mengalami resign bulan november..namun hingga januari ini masih aktif statusnya..jwaban hrd.. dikarenakan bpjstk nya sedang tutup buku akhir tahun.jadi ditunda sebulan. ini sangat merugikan peserta bpjstk yg ingin mengambil hak nya mencairkan di buat lama proses.dideteksi sistem bpjs nya upnormal..sungguh heran

      Hapus
  19. Berapa lama statusnya berubah di apk setelah penonaktifan?

    BalasHapus
  20. sya bantu jawab yg bisa ya. utk lama berubah dari aktif ke non aktif, paling cepat 1 bulan setelah di laporkn non aktif oleh hrd. satu2nya yg bisa menonaktifkan adl hrd perush. jd jika bermasalah harus kembali ke hrd. intinya jika msh aktif, satu2nya jalan kembali ke hrd perusahaan. sya biasanya menangani bpjs tk dan kesehatan di kntr. jd paham ttg hal ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau perusahaan kita tempat bekerja tidak mau membayar tunggakan iuran bagaimana?perusahaan bangkrut
      Terakhir bayar des 2017
      Sampai sekarang masih aktif

      Hapus
  21. Mau nanya gan,saya per tgl 31 desmbr 2019 udah kluar dari tmpt kerja,trus di tgl 28januari saya masih nerima gaji trakhir saya! Itu kapan ya non aktifnya bpjs tk saya???

    BalasHapus
  22. Saya mau tanya gan, td saya mw daftar bikin bpjs kesehatan baru, tetapi tidak bisa di proses karna bpjs ketenagakerjaan saya yg dulu pas masih kerja di prusahaan masih aktif katanya dan kartu bpjs nya jg sudah hilang dan saya jg sudah lama berenti kerja dari perusahaan itu, bagaimana cara menonaktifkan bpjs yang msih aktif untuk bikin yang baru?? Tolong di bantu solusinya,,

    BalasHapus
  23. Terlalu banyak drama yang harus dimainkan.. padahal sudah jelas paklaring adalah bukti bahwa peserta BPJS sudah tidak bekerja, dan data yang diajukan 💯% akurat. Harus ada perubahan sistem klaim BPJS tenaga kerja.

    BalasHapus
  24. Gabung di BPJS tenaga kerja itu wajib (katanya)...
    Cairin nanti dulu harus ini harus itu

    BalasHapus
  25. Saya sudah habis kontrak kerja. Sudah jalan 3.bulan. tapi kenapa kartu saya masih aktip

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya q. Bulan berhenti kerja sudah nonaktip

      Hapus
  26. Saya sudah berhenti kerja 2017 yg lalu dan sudah mengurus surat pengunduran diri agar dapat mencairkan bpjs ketenaga kerjaan, bahkan sudah mengurusnya ke disnaker tapi pas saya coba cek d aplikasi bpjsku semua data bpjs saya tidak ada,dari saldo,sampai kartu elektronik bpjr pun tidak muncul.saya mengeceknya baru"in tgl 1 april 2020 ini. Tolong bimbingannya

    BalasHapus
  27. perusahaan saya sdh non aktif sejak desember 2019 tp sampai saat ini nasib kita karyawan ditelantarkan tidak ada kejelasan tanpa gaji dll.Tidak ada satupun pihak managemen yg bisa dihubungi.Saya minta solusinya bisakah saya menonaktifkan jht saya sndiri soalnya terakhir perusahaan setor desember 2019.mohon bantuannya

    BalasHapus
  28. Kalo kartu asli nama sudah benar sedangkan di kartu digital di aplikasi namanya kurang huruf itu kenapa ya

    BalasHapus
  29. Perusahaan yang kadang mempersulit
    Di lama*in sama HRD nya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus kalo seperti ini harus bagaimana ya?

      Hapus
  30. 1bln mngundrkn diri kartu msih aktip.pimpnn sruh non aktip sobar sabar kn danjuk.bisa non aktip sendri atau ngl..

    BalasHapus
  31. Saya kasih masukan untuk bpjs ketenagakerjaan, harusnya dibuat system baru , ketika orang sudah punya paklaring berarti dia sudah dinyatakan resign, dan harus bisa di percepat tuk cairkan uang bpjs ,tidak perlu beralasan.masih aktif kartunya.
    Terima kasih

    BalasHapus
  32. Kadang perusahaan juga suka gak bayar tunggakan iuran. Jdi PIC HR nya ga bisa nonaktifin karna akun nya di bekukan selama perusahaan itu masih menunggak. Mau gak mau kita yg nunggu perusahaan tersebut bayar tunggakannya iuran baru bisa nonaktif . Seharusnya BPJSTK bisa ada hak untuk menonaktifkan karyawan dengan laporan mandiri karyawan. Krna ga semua perusahaan itu mau mengerti keadaan. Akhirnya mreka yg nunggak kita yang di susahkan

    BalasHapus
  33. Bingun saya ama bpjs peraturanya di persulit kaya kita mau ngemis aja

    BalasHapus
  34. Bagaimana caranya mencairkan bpjstk yh msh aktif pdhl sdh 2tahun tdk bekerja dkantor itu..

    BalasHapus
  35. jika bpjs tenaga kerja sudah di cairkan , apakah nommor kartunya msh dapat digunakan dan diaktifkan kembali ???

    BalasHapus
  36. Aku hampir 2thn gak kerja tpi kartu ku masih aktif,mau cairkan ribet bgt urusan y,gak jlas bgt.

    BalasHapus
  37. Cara menonaktifkan status via online gmana ya ? Pihak perusahaan tmpat saya kerja dlu pada gak mau ngurusin ,mohon bantuan nya 🙏

    BalasHapus
  38. Percuma berkoar koar tidak ada yg bisa kasih solusi
    Saya aja udh hampir 5 bln tidak kerja tp bpjsnya masih aja aktif trus perusahan yg dlu lepas tangan aja
    Emang aturan yg g merakyak,malah dipersulit

    BalasHapus
  39. Odading Mang Oleh
    Rasanya A.. .. Banget, HELOWW AUTSORSING HELLOW BPJS, Hak kita maba ya

    BalasHapus
  40. saya mau menonaktifkan Bpjs Ketenagakerjan pserta bukan penerima upah... bagaimana caranya, karna saya salah mengetik

    BalasHapus
  41. qυe jυga ѕмa υdaн reѕιgn тpι вpjѕ мaѕιн aĸтιv.υdaн dι laporιn нrd тapι ĸaтa нrd lυrannya вloм dι вayar тrυѕѕ мaυ ĸeмвalι ĸe perυѕaan jaυн.gмna dong нaĸ qт dι perѕυlιт jυga.ĸlaυ ѕeandaιnya perυѕaan ѕya тdĸ вayar" ѕмpe ĸapan вpjѕq nonaĸтιv.нedewww вanтυ dong gan..

    BalasHapus
  42. Saya kan sudah pernah mencairkan BPJS saya waktu, setelah selang beberapa tahun saya mendapatkan pekerjaan kembali, apakah saya bisa mendaftar kembali untuk menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan???

    BalasHapus
  43. Saya kan sudah pernah mencairkan BPJS saya waktu, setelah selang beberapa tahun saya mendapatkan pekerjaan kembali, apakah saya bisa mendaftar kembali untuk menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan???

    BalasHapus
  44. Lulus sekolah smk Saya bekerja dihotel selama 2 tahun dan saya mempunyai kartu bpjs ketenagakerjaan setelah 2 tahun saya pindah/resign terus ke restoran dimall saya juga mendapatkan bpjs ketenagakerjaan dan saya diajari bagaimana cara mencairkan nya nah pertanyaannya apakah masih bisa bpjs ketenagakerjaan saya Yang dari hotel bisa dicairkan? Sedangkan semalem saya baru coba dan ternyata NIK saya sudah terdaftar dibpjs ketenaga kerjaan Yang di resto Yang kemarin saya cairin? Minta solusinya dong

    BalasHapus
  45. resign dari juni 2019 sampe sekarang status kepesertaan masih aktif...tlp HRD katanya sudah di nonaktifkan sesuai bln resign, sampe sekarang 2021 masih blm bisa dicairkan😭😭

    BalasHapus