Pendaftaran Kerja Ke Korea Selatan Untuk Umum Dengan Sistem Poin Tahun 2019

Pengumuman tentang pra pendaftaran program G to G ke Korea Selatan CBT untuk umum di sektor manufaktur dengan sistem poin tahun 2019 ini kami dapatkan dari situs resmi BNP2TKI yang diterbitkan pada 27 Februari kemarin. Di artikel sebelumnya kami juga sudah mengumumkan informasi pendaftaran kerja ke Korea untuk sektor manufaktur dan perikanan, namun lowongan tersebut khusus untuk eks TKI Korea atau yang sudah pernah bekerja di sana. Nah untuk yang kali ini, pendaftarannya terbuka untuk umum. Baik CTKI pemula maupun yang sudah punya pengalaman bekerja di Korea, sama-sama punya peluang untuk lulus.

Sebagaimana biasanya seperti tahun-tahun sebelumnya, warga negara Indonesia yang berminat merantau ke Korea harus mengikuti model rekruitmen Sistem Poin, yang dilakukan oleh Human Resources Development Service of Korea (HRD Korea). Dalam sistem poin, CTKI (Calon Tenaga Kerja Indonesia) bukan hanya dinilai dari kemampuan berbahasa Koreanya saja, tetapi juga akan dinilai dari pengalaman kerja atau kemampuan atau keterampilan pada bidang manufaktur.

Manufaktur kurang lebih artinya adalah produksi barang dalam skala besar dengan alat-alat berteknologi tinggi. Karena industri di Korea sudah sangat maju dan pabrik-pabrik di sana sudah menggunakan teknologi tinggi, makanya dibutuhkan pekerja berpengalaman ataupun yang sudah terlatih.

Kerja Pabrik di Korea Selatan

Berdasarkan surat HRD Korea Nomor EPST-505 tanggal 27 Februari 2019 tentang seleksi tenaga kerja asing di Korea Selatan tahun 2019, ditetapkan bahwa jumlah peserta yang lolos tahap akhir ujian sektor manufaktur dengan sistem poin adalah sebanyak 5200 (lima ribu dua ratus) orang yang dipilih berdasarkan penjumlahan pada skor Ujian Tahap Pertama dan skor Ujian Tahap Kedua (diambil jumlah skor tertinggi).
Baca Juga: Beginilah Tahap Demi Tahap Jadi TKI Ke Korea, Mulai Awal Hingga Diberangkatkan Dan Mulai Bekerja Di Sana
Berikut syarat-syarat pendaftaran kerja ke Korea sektor manufaktur untuk umum tahun 2019.

Persyaratan Umum
  1. Usia 18 – 39 tahun saat mendaftar (Kelahiran antara tanggal 09 Maret 1979 – 08 Maret 2001).
  2. Pendidikan minimal SLTP atau sederajat, diutamakan SMK atau SMA.
  3. Tidak buta warna (total atau parsial) dibuktikan dengan surat keterangan dokter. Catatan: Pada surat keterangan dokter tersebut harus menunjukkan hasil dan tertulis TIDAK BUTA WARNA (Surat Keterangan Dokter yang berlaku adalah yang dikeluarkan dalam jangka waktu 3 bulan terakhir).
  4. Tidak cacat jari atau amputasi
  5. Tidak sedang dicekal bepergian ke Luar Negeri.
  6. Belum pernah dihukum penjara atau hukuman yang lebih berat.
  7. Tidak memiliki catatan deportasi atau keberangkatan dari Pemerintah dari Republik Korea.
  8. Tidak memiliki riwayat penyakit Tubercholosis (TBC), Hepatitis dan Shypilis.
  9. Memiliki alamat email pribadi yang masih aktif.
  10. Memiliki nomor rekening tabungan atas nama pribadi yang masih aktif.
  11. Tidak pernah bekerja di Korea Selatan lebih dari 5 tahun, termasuk penggabungan dengan menggunakan Visa E-9 dan Visa E-10.

PENTING!
  • Bagi yang pernah bekerja di Korea Selatan lebih dari 5 tahun tetapi tetap mendaftar, maka yang bersangkutan akan ditolak untuk mengirimkan dokumen lamaran melalui Sending Public Agency System oleh HRD Korea dan atau CCVI ditolak oleh Imigrasi Korea Selatan.
  • Bahwa saat ini data pencari kerja (Rooster) asal Indonesia di Korea terdapat ±1200 CPMI wanita yang belum dipilih oleh User. Berdasarkan data penempatan PMI ke Korea Tahun 2018, PMI Wanita hanya 1,8%. Informasi tersebut kiranya dapat dijadikan pertimbangan sebelum mendaftar.

Persyaratan Khusus

Kualifikasi ini tidak wajib, namun bagi pendaftar yang memiliki pengalaman kerja/sertifikat pelatihan/sertifikat kompetensi akan mendapatkan nilai tambah kompetensi sesuai bukti dokumen yang dimiliki, dengan menyerahkan dokumen tersebut setelah lolos Ujian Tahap I Sistem Poin EPS dengan total poin 5, antara lain:
  • Pengalaman kerja minimal 1 tahun atau lebih yang terkait dengan 26 jenis pekerjaan sektor manufaktur (terlampir), dengan nilai poin 3.
  • Sertifikat pelatihan kejuruan sektor manufaktur (salah satu atau lebih dari 26 jenis pekerjaan) dengan lama pelatihan 120 jam pelatihan atau lebih, atau Ijazah SMK yang terkait bidang manufaktur dengan nilai poin 1.
  • Sertifikat nasional atau sertifikat kompetensi bidang manufaktur yang dikeluarkan oleh LSP/BNSP, dan atau Sertifikat Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang diterbitkan oleh Direktorat Bina Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Kementerian Tenaga Kerja dan atau lembaga yang diberikan mandat untuk itu, dengan nilai poin.

Persyaratan Dokumen
  1. Wajib memiliki alamat email pribadi yang masih aktif.
  2. Scan KTP yang masih aktif.
  3. Scan paspor yang masih berlaku minimal 1 tahun (jika ada).
  4. File Pasfoto berwarna terbaru latar belakang putih, tidak berkacamata, tidak menggunakan penutup kepala (terlihat dahi dan telinga), tidak menggunakan baju berwarna putih, menghadap kamera dengan wajah penuh dan diambil dalam jangka waktu 3 bulan terakhir. Catatan: File Pasfoto yang diupload adalah file asli dari kamera, bukan pasfoto yang sudah dicetak kemudian discan.
  5. Scan Ijasah asli pendidikan terakhir.
  6. Scan buku tabungan atas nama pendaftar pribadi.
  7. Scan Surat Keterangan Tidak Buta Warna. Catatan: Pada surat keterangan dokter tersebut harus menunjukkan hasil dan tertulis TIDAK BUTA WARNA (Surat Keterangan Dokter yang berlaku adalah yang dikeluarkan dalam jangka  waktu 6 bulan terakhir).

Itulah persyaratan untuk bisa ikut pendaftaran kerja ke Korea. Kualifikasi tersebut tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jadi buat Anda yang di tahun-tahun mendatang berencana mencari kerja ke Korea, bisa mempelajari syarat-syarat tersebut.
Baca Juga: Syarat-syarat Serta Biaya Bekerja Menjadi TKI ke Taiwan
Jika sudah memenuhi semua persyaratan umum di atas, segera saja lakukan pendaftaran kerja ke Korea Selatan secara online di website: http//:g2g.bnp2tki.go.id

Nanti di website akan tampil informasi pengumuman Pendaftaran EPS-TOPIK Sektor Manufaktur dengan sistem Poin, dan Anda wajib membaca isi pengumuman tersebut terlebih dahulu. Selanjutnya klik tombol “Register Now” maka akan tampil form isian pendaftaran. Isi data anda pada kolom form pendaftaran tersebut dengan cara mengisi data diri, kontak, data orang tua, data bank, pengalaman kerja dan kompetensi.

Selanjutnya pilih wilayah/lokasi untuk melakukan verifikasi dokumen dan pengambilan kartu ujian. Kemudian mengunggah/upload scan dokumen KTP, paspor (jika ada), Foto, Ijazah Asli terakhir, buku tabungan atas nama pribadi, dan surat keterangan tidak buta warna.

Pada bagian bawah form isian ini terdapat tombol “Register” untuk melakukan pendaftaran dan  menyimpan data dan tombol “Reset Form” untuk mengosongkan form isian. Pastikan semua kolom telah terisi dengan benar. Ketika tombol “Register” di klik maka akan tampil informasi "Apakah anda yakin akan menyimpan data?”. Klik tombol “Ok” untuk menyimpan data dan anda telah terdaftar sebagai pendaftar ujian EPS-TOPIK.

Setelah tombol register diklik maka akan  tampil informasi:
  1. Keterangan berhasil menyimpan.
  2. Link untuk mencetak bukti pra pendaftaran.
  3. Link untuk download aplikasi Acrobat Reader.                                   
Silahkan klik Link untuk mencetak tanda bukti Pra Pendaftaran (Online). Jika link untuk mencetak bukti pra pendaftaran tidak muncul, silahkan mengecek kotak masuk pada email pribadi yang digunakan saat mendaftar.

Hasil cetak/ print out pra pendaftaran berupa nomor registrasi bukti pra pendaftaran dan KODE PEMBAYARAN non tunai biaya Ujian Tahap Pertama EPS-TOPIK Sektor Manufaktur dengan Sistem Poin. Data hasil cetak pra pendaftaran dapat disimpan dalam bentuk Softcopy (Flashdisk, Hard Disk Eksternal, dll).

Seperti itulah cara pendaftaran online untuk bekerja di Korea Selatan. Jadwal pendaftaran tersebut adalah mulai tanggal 28 Februari hingga 4 Maret 2019. Sementara jadwal Verifikasi Dokumen adalah 08 – 16 Maret 2019.

Setelah itu kita tinggal menunggu pengumuman Jadwal dan Lokasi Verifikasi Dokumen yang akan diumumkan lebih lanjut melalui website www.bnp2tki.go.id
Baca Juga: Berbagai Ide Kerja Sampingan di Hari Sabtu dan Minggu Biar Isi Dompetmu Tebal Terus!
Ini baru tahap pra pendaftaran secara online saja lho ya. Nanti masih ada berbagai tahap lainnya. Mulai dari mentransfer biaya ujian sebesar 24 USD = Rp. 337.776, melakukan verifikasi dokumen di lokasi yang telah Anda pilih saat pendaftaran di atas, pengambilan kartu ujian juga di wilayah yang anda pilih saat pendaftaran online, menyerahkan berkas-berkas persyaratan yang asli untuk diperiksa, melaksanakan Ujian Tahap Pertama (EPS-TOPIK) atau ujian bahasa Korea, ujian tahap kedua (Skill Test + Competency Test) yang meliputi test kekuatan fisik, wawancara dan kemampuan dasar, dan berbagai tahap-tahap yang lainnya. Tinggal ikuti saja alurnya sesuai prosedur penempatan TKI ke Korea yang diberikan BNP2TKI.

Untuk bisa bekerja di Korea Selatan itu memang membutuhkan proses yang panjang dan memakan waktu berbulan-bulan. Yang mendaftar sekarang ini, jika lulus dengan semua test, mungkin tahun depan baru akan terbang.

Informasi terbaru! Pada tanggal 14 Juni 2019, telah dibuka kembali pendaftaran Ujian EPS-TOPIK CBT (ujian bahasa Korea) Khusus ke-2 Tahun 2019 bagi masyarakat Indonesia yang ingin bekerja menjadi TKI ke Korea Selatan. Tapi loker ke Korea ini hanya diperuntukkan bagi Pekerja Migran Indonesia yang pernah bekerja di Korea yang secara sukarela kembali ke Indonesia sebelum/sesudah masa kontrak kerja selesai dan ingin kembali bekerja di sana (eks TKI Korea). Pendaftaran kesempatan bekerja ke Korea tahal 2 bagi ex TKI Korea ini sebagaimana biasa dilakukan secara online di website BNP2TKI, dari tanggal 1 hingga 4 Juli 2019. Ingat, dari tanggal satu hingga emapat Juli. Jadi sampai ketinggalan! Info selengkapnya silakan cek di situs bnp2tki.

43 Responses to "Pendaftaran Kerja Ke Korea Selatan Untuk Umum Dengan Sistem Poin Tahun 2019"

  1. Saya ingin daftar kalo iya beneran seriu???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Informasi yang diberikan BNP2TKI semuanya serius, Pak. Nggak ada yang cuma prank.

      Hapus
    2. Pak kalau ijazah rusak trs udh diganti sama kampus surat keterangan pengganti ijazah tapi sah menurut hukum krna cap dan ttd dan ada photo serta materai

      Hapus
  2. assalamualaikum, ingin menanyakan kalau tidak ada pengalaman di manufaktur apakah bisa diterima bekerja di korea ya?
    pengalaman kerja saya sebagai admin, sales, dan pramuniaga.

    BalasHapus
  3. Saya mau kerja di luar negri bagaimna caranya ya...tetapi saya hanya lulusan SMP..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lulusan SMP bisa kok mendaftar kerja ke Korea. Silahkan baca artikel kami yang mengulas alur resmi penempatan TKI ke Korea.

      Hapus
  4. Saya mau dan minat kerja di Korsel....umur 38.... SMA....saya hrs gmn caranya biar bisa kerja di korsel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan baca artikel di blog ini yang membahas tahap demi tahap mencari kerja ke Korea, di situ dijelaskan dengan sangat lengkap.

      Hapus
  5. Kumpulan Soal Cbt Korea Eps Topik
    www.TempatKursusBahasaKorea.com

    BalasHapus
  6. Kalau daftar sekarang kapan untuk mengikuti pelataihan dan tes sya lulusan smk skrg sya menjabat sebagai marketing

    BalasHapus
  7. sebelum mendaftar kerja ke korea via bnp2tki, pastikan bisa lulus ujian epstopik terlebih dahulu.
    untuk kursus bahasa korea, bisa ikut lpk atau belajar mandiri. yang penting semangat, pantang menyerah, dan yang utama jgn lupa berdoa dan minta doa orang tua.

    BalasHapus
  8. Kalau saya tdk sekolah pasti tdk bisa ya kekorea ya

    BalasHapus
  9. kira" ada lagi kapan ya mas.??
    saya sering banget kelewat infonya,

    BalasHapus
  10. Saya ex japan, punya sertifikat jitco dan im japan, kira²peluang lolos untuk bekerja ke korea lebih mudah atau sama saja?

    BalasHapus
  11. Kalau ijasah smp nya nggak ada gimana bisa nggak saya ingin sekali kerja di sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. urus aja ijazahnya ke sekolah yg bersangkutan..nanti dapet ijazah pengganti

      Hapus
    2. Mas untuk tahun 2020 masih ada ngga lowongan ke korea saya izasah nya SMP mas

      Hapus
  12. Saya ingin sekali kerja di korea tetapi ijasah smp saya nggak ada
    Gimana bisa di bantu nggak

    BalasHapus
  13. Disana untuk smua jenis pekerjaan ka y

    BalasHapus
  14. Sya sangat tertarik sekali untuk kerja di korea..tapi saya belum berpengalaman saya ini baru akan lulus sma pada tahun 2020 jadi saya harus pikir2 terlebih dahulu untuk mencari kerja yang jauh apalagi meninggalkan negeri,jadi saya akan mencari pengalaman terlebih dahulu bekerja di indonesi, setelah sya berpengalaman say akan mencoba daftar, mudah mudahan saya bisa masuk atau lolos

    BalasHapus
  15. Test fisik ??
    Bisa kasih pencerahan ga pak soal test yg satu ini

    BalasHapus
  16. saya udah 3 kali kesana masih bisa berangkt lagi ngga yah...mohon pencerahan

    BalasHapus
  17. Adakah lowongan bagi perempuan?saya minat umur saya masih 25

    BalasHapus
  18. Kalau di bidang kesehatan ada?

    BalasHapus
  19. Dari informasi diatas tertulis tidak berkacamata. Tapi saya sendiri mengidap mata minus dan tidak buta warna. Saya juga fressh graduate yg belum meiliki pengalaman kerja, apakah ada kemungkinan saya terpanggil? mengingat mata minus adalah faktor utama yang sangat mengganggu saya. Mohon di jawab admin, terimkasih sebelumnnya.

    BalasHapus
  20. Caranya bagai mana gan,saya cmn lulusan sma.

    BalasHapus
  21. pendaptaran untk eks korea kapan

    BalasHapus
  22. Saya sangat ingin kerja di korea ,bagaimana caranya

    BalasHapus
  23. Saya sangat ingin bekerja dikorea gimana caranya

    BalasHapus
  24. Lulusan SD gimana yh bahasa korea udh bisa cuma ijasahnya aja sd karna dulu sy homeschooling

    BalasHapus
  25. Bismilah
    Saya mau tanya saya gk ad pengalaman kerja di bidang itu pengalaman kerja saya sebagai supir & pendidikan saya hanya smp apa bisa saya daftar mohon penjelasannya terima kasih .

    BalasHapus
  26. Untuk lowongan kesehatan ada nggak?

    BalasHapus
  27. Sy pernah kerja kilang di malaysia tapi udah brp tahun kebelakang,sy lulusan smp saja, skg umur 30th. Bisa gak ya kerja pakbrik di korea?

    BalasHapus
  28. Terima Kasih mas Ryan penjelasannya.
    ada yang mau saya tanyakan, kebetulan sy tidak memiliki pengalaman bekerja di industri manufactur ataupun perikanan. pengalaman sy hanya bekerja di media televisi.
    apakah masih bisa masuk kriteria untuk mendaftar?
    kalau memang masuk, apakah akan ada training terlebih dahulu untuk memahami industri manufactur?
    terima kasih

    BalasHapus
  29. Saya lahir 23 september 1979.apa masih bisa ikut kerja kekorea..skill saya material man..diwarehouse sub kontraktor migas..ada juga sertifikasi riger saya..3 tahun perna jdi riger..

    BalasHapus