Syarat-syarat, Cara Serta Biaya Bekerja Jadi TKI ke Taiwan

Banyak yang ingin tahu bagaimana cara dan apa saja persyaratan serta biaya yang dibutuhkan untuk bisa bekerja menjadi TKI maupun TKW ke Taiwan. Hal ini karena Taiwan merupakan salah satu negara yang banyak menjadi tujuan para WNI yang sedang mencari job ke luar negeri. Untuk diketahui, saat ini jumlah penduduk Indonesia yang sedang bekerja di sana juga sudah cukup ramai, yakni sekitar 200.000 orang, yang tersebar di berbagai sektor pekerjaan antara lain pekerja manufaktur, ABK (Anak Buah Kapal)/Nelayan, pekerja konstruksi, pekerja pabrik, perawat di Panti Jompo, caregiver dan PLRT (Penata Laksana Rumah Tangga) alias pembantu rumah tangga.

Di Taiwan saat ini gaji minimum para TKI (Tenaga Kerja Indonesia), atau sekarang juga disebut PMI (Pekerja Migran Indonesia), adalah sebesar 24.000 NTD Dolar Taiwan atau setara Rp 12 juta untuk pekerja formal manufaktur. Itu belum termasuk tambahan pendapatan di luar jam kerja atau lembur. Kalau rajin ikut lemburan bisa lebih 15 juta rupiah per bulan. Sementara untuk pengasuh lansia dan pembantu rumah tangga gajinya antara 7 hingga 8 juta.

Mata uang Dollar Taiwan
Dollar Taiwan


Peluang lulus diterima kerja di Taiwan juga lebih besar dibandingkan ke Korea apalagi Jepang. Makanya cukup banyak juga, calon TKI yang gagal ke Korea akhirnya memilih bekerja di Taiwan. Walau memang dari segi gaji masih lebih tinggi gaji di Korsel yang bisa mencapai 30 juta per bulan. Tapi masalahnya peluang lulus kerja di Korea itu sangat kecil. Tahun lalu saja Korea hanya membuka lowongan 2000 tenaga kerja asing. Dan kuota 2000 orang itu diberikan untuk 15 negara yaitu Bangladesh, Kamboja, China, Kirgistan, Mongolia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Philipina, Indonesia, Srilangka, Thailand, Timor Leste, Uzbekistan dan Vietnam. Jadi bisa dibayangkan betapa ketatnya persaingan untuk bisa bekerja di negeri K-POP tersebut.

Selain banyaknya persaingan, sulitnya menembus dunia kerja di Korea Selatan adalah karena penempatan CTKI ke sana dikelola langsung oleh pemerintah kedua negara lewat program G to G (Government To Government). Yang mana itu adalah program kerja sama dua negara antara pemerintah Republik Indonesia dan pemerintah Korea Selatan dalam hal penempatan tenaga kerja. Jadi proses seleksinya lebih ketat.

Sementara untuk penempatan CTKI ke Taiwan dan beberapa negara lainnya seperti Hongkong, Singapura, Saudi Arabia, Kamboja, Brunei Darussalam, Malaysia, masih melalui PPTKIS (Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta). PPTKIS merupakan badan hukum swasta yang telah memperoleh izin tertulis dari Pemerintah untuk menyelenggarakan pelayanan penempatan TKI di luar negeri, termasuk ke Taiwan. PPTKIS ini dulunya dikenal dengan nama PJTI (Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia).

Langkah-langkah atau cara bekerja menjadi TKI ke Taiwan


Kalau hati sudah mantap ingin merantau ke Taiwan, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mencari PPTKIS yang ada di daerah Anda. Ada banyak PPTKIS terutama di pulau Jawa, jadi pilihlah yang paling terpercaya. Anda bisa cari informasi di Depnaker, di internet atau bertanya kepada teman-teman yang sudah pernah atau sedang bekerja ke luar negeri. Hati-hati tertipu oleh agen-agen TKI yang tidak bertanggung jawab. Dan jangan langsung percaya hanya melalui iklan atau brosur tentang iming-iming kerja di Taiwan tanpa dicek kebenarannya terlebih dahulu.


Dan yang terpenting, carilah PPTKIS yang menyalurkan calon BMI (Buruh Migran Indonesia) ke Taiwan. Karena ada juga PPTKIS tidak membuka jalur ke Taiwan. Karena di PPTKIS informasi lowongan kerja ke Taiwan tersedia. Jika ada lowongan dan Anda berminat serta memenuhi semua syarat, pihak PPTKIS akan mendidik Anda setelah itu mengirimkan Anda bekerja di Taiwan.

Ataupun kalau belum ada lowongan, tetap bisa mendaftar untuk ikut pelatihan. Jadi nanti begitu lowongan, Anda akan dipanggil oleh pihak PPTKIS untuk diberangkatkan. Pelatihan biasanya selama tiga bulan. Mulai dari belajar belajar bahasa Mandarin, hingga dilatih berbagai pekerjaan, seperti mencuci dengan mesin cuci, menyeterika, dan juga latihan merawat orangtua, kakek-kakek atau nenek-nenek jika akan bekerja untuk mengurus lansia.

Syarat-syarat Bekerja Menjadi TKI Ke Taiwan


Secara umum, syarat-syarat melamar kerja ke Taiwan adalah:
  • Untuk pria, umur 18 sampai 35 tahun, Tinggi Badan minimal 165cm, berat badan ideal (-100cm dari tinggi badan).
  • Untuk wanita, Umur 18 Tahun s/d 35 Tahun, tinggi badan minimal 150cm, berat badan ideal (-100cm dari tinggi badan).

Syarat umur di atas tidak mutlak alias bisa berubah tergantung jenis pekerjaan yang diinginkan. Misalnya untuk TKW (Tenaga Kerja Wanita) yang akan bekerja asisten rumah tangga, biasanya syarat umur minimalnya adalah 21 tahun. Selain itu, meski usia maksimal bekerja ke Taiwan adalah 35 tahun, namun usia 36 sampai 40 tahun masih bisa diupayakan oleh pihak penyalur TKI.

Persyaratan berkas atau dokumen:
  1. Kartu Tanda Penduduk (Asli).
  2. Kartu Keluarga (Asli).
  3. Akte Kelahiran (Asli).
  4. Surat Ijin Orang Tua/ Suami/ Istri (yang sudah ditandatangani di atas materai 6000 serta dicap stempel dari kelurahan.
  5. Surat Keterangan Status/Buku Nikah.
  6. Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKCK) dari POLDA.
  7. Pasport (Paspor dan SKCK dibuat setelah hasil medical FIT)
  8. Buku Tabungan Untuk Transfer Gaji.

Untuk pendidikan terakhir tergantung dari jenis pekerjaan yang dilamar. Ada yang ijazah minimalnya harus SMA, ada yang SMP atau SD saja boleh. Bahkan yang tidak punya ijazah pun bisa asal bisa membaca, menulis, berhitung dan mau bekerja keras. Pokoknya konsultasikan saja ke pihak PPTKIS tentang persyaratan ijazah terakhir dan juga dokumen-dokumen lainnya seandainya belum lengkap atau karena kendala-kendala lainnya.

Sementara syarat kesehatan untuk kerja jadi TKI ataupun TKW ke Taiwan adalah pastikan Anda belum pernah terkena sakit kuning (liver), jantung, paru-paru. Tato, panu atau kelainan lainnya juga akan masuk medical report. Negara tujuan Taiwan juga mengharuskan mengharuskan calon TKI yang bekerja di negaranya melakukan pemeriksaan fungsi ginjal atau creatinin, serta HCV (Hepatitis C Virus) untuk penyakit hepatitis C. Informasi tentang syarat kesehatan lebih detail bisa Anda tanyakan ke PPTKIS yang Anda gunakan jasanya untuk penempatan bekerja di Taiwan.

Biaya Bekerja Menjadi TKI ke Taiwan

Berdasarkan pengalaman orang yang pernah ataupun yang saat ini sedang bekerja di Taiwan, mereka membayar biaya penempatan kepada PPTKIS dengan jumlah yang cukul besar. Berkisar antara 37 juta rupiah hingga 50 juta rupiah untuk setiap calon TKI. Tergantung jenis pekerjaan yang dilamar. Beda pekerjaan beda pula ongkosnya. Untuk lowongan kerja pabrik ke Taiwan biasanya lebih mahal. Dana tersebut ada yang dibayar sekaligus. Ada juga yang dibayar melalui pembayaran langsung sebelum berangkat dan potongan gaji selama bekerja di Taiwan. Tergantung kebijakan masing-masing PPTKIS.

Sebenarnya jika merujuk kepada peraturan Pemerintah Indonesia, biaya resmi yang diperlukan bekerja di Taiwan hanyalah sebesar 13.318.800 rupiah.


Baca Juga: Kenali Ciri-ciri Penipuan Lowongan Kerja ke Luar Negeri Berikut Ini, Agar Tidak Sampai Gagal Jadi TKI 

Rincian biaya bekerja jadi TKI ke Taiwan menurut aturan resmi pemerintah Indonesia adalah:
  1. Biaya Recruiting & Oprasional: Rp.500.000
  2. Biaya Pasport: Rp.120.000
  3. Biaya Test kesehatan: Rp. 475.000
  4. Biaya Pelatihan FMD: Rp. 4.090.000
  5. Biaya uji Kopetesi PAP: Rp. 160.000
  6. Visa: Rp. 627.000
  7. Asuransi Perlindungan: Rp. 400.000
  8. PP 92/2000: Rp. 138.000
  9. Tiket Keberangkatan: Rp. 2.116.000
  10. Airport tax & Handling: Rp. 100.000
  11. Trasport Lokal: Rp. 100.000
  12. Jasa Perusahaan: Rp. 4.492.800

Dari rincian di atas, jumlah total biaya penempatan ialah sebesar Rp. 13.318.800. Iya, tidak sampai 15 juta! Namun kenyataan di lapangan biayanya cukup jauh lebih besar dari itu. Entah siapa yang salah dalam masalah ini.

Demikianlah prosedur, syarat-syarat dan dana yang diperlukan untuk bisa bekerja menjadi TKI ke negara Taiwan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi rekan-rekan pencari kerja yang membutuhkannya.

213 Responses to "Syarat-syarat, Cara Serta Biaya Bekerja Jadi TKI ke Taiwan"

  1. jika tidak menpunyai akte kelahiran bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak punya akte gmn min

      Hapus
    2. Tes kesehatan nya apa saja kak ..kalau perempuan yg bertato bagaimana kak.

      Hapus
    3. Kepnakan saya mau daftar kerja ke Taiwan kok syaratnya harus pake jaminan sertifikat tanah yaa. aa itu betul? padahal nanti potong gaji kerjanya entah sbg apa yg jls dia cuma lulusan SMP apakah kira2 jalur pendaftarannya itu legal ato ilegal yaa.Sedangkan daftarnya baru saja kemarin tp kok deseber sdh ada pemberangkatan nggiih.Pdhal saudara aku yg satunya lg itu waktu mau dftar ke korea hrs menunggu bbrp blan utk trinning dulu.Sedangkanyg lulusan SMP ke Taiwan kok hjya nunggu sebulan sdh bisa brngkat? Padahal dia cm lulusan SMP.
      bs lgsung berangkat.
      MOHON PENJELASANNYA nggiih saudaraku.Terimakasih.

      Hapus
    4. Saya mau melamar bekerja di Taiwan

      Hapus
    5. Yang mau nanya² job taiwan

      Bisa email saya jennyfriana1701@gmail.com


      Kebetulan kakak saya bekerja di taiwan dan juga bisa bantu mengurus kerja ketaiwan

      Hapus
    6. Saya mau daftar krja k Taiwan syarat nya apa saja..

      Hapus
    7. Aku mau kesanah lagi kbetulan aku eks Taiwan juga, bisa minta nomer telfonnya gk.. Terima kasih 🙏

      Hapus
    8. Kalo mau ke sana gmna caranya?

      Hapus
  2. perlu belajar bahasa taiwan apa nggak?

    BalasHapus
  3. Kalau tinggi badan kurang gimna msih bisa kerja ke Taiwan..?

    BalasHapus
  4. Kalau tidak mempunyai biaya, seluruh biaya pemberangkatan dipotong gaji bisa atau tidak, karena saya benar-benar berniat bekerja di luar negeri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak bisa semua kecuali ABK

      Hapus
    2. Kalo untuk abk.tpi gak bisa berenang apa bisa ikut.saya siap kerja

      Hapus
    3. Kalo untuk abk.tpi gak bisa berenang apa bisa ikut.saya siap kerja

      Hapus
    4. Buat kerja ke luar negeri tapi gapunya uang tidak masalah karena skrg sponsor selalu menawarkan hutang potong gaji seperti jumlah biaya diatas sampe 50jt itu bisa dicicil dengan gaji kita bekerja.

      Hapus
    5. Syarat2 nya apa aj ya untuk kerja ke luar negri

      Hapus
    6. Pengen kerja ke taiwan gak punya modal gmna ya

      Hapus
  5. Bila tinggi badan saya hanya 158 masuk gak

    BalasHapus
  6. Umur sy 41bisa kah sy exmalaysia singgapore taiwan slma sy kerja di luar jaga orang tua trs

    BalasHapus
  7. Gimana caranya saya bener-bener pengen bekerja ke taiwan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cari sponsor terpercaya jangan asal nyari. Soalnya skrg kebanyakan sponsor yg hanya mengiming² kebohongan baik itu ttg tempat kita bekerja dgn keselamatan dan kenyamanan atau mengenai uang vit kalo lolos kerja keluar negeri. Intinya harus hati² kalo nyari sponsor

      Hapus
    2. Ada rekomemdasi sponsor yg terpercaya?

      Hapus
    3. Coba email saya mba.. kakak saya kerja di taiwan..
      Bisa saya bantu ksik tau persyaratan dan PT yang mengurus TKI ke taiwan

      Hapus
    4. Tolong mbak/mas Aku minta nomr kamu

      Hapus
    5. Mb saya jg mau msuk ke taiwan gmn caranya ,tolong mb dibantu ada wa g mb??

      Hapus
    6. Aku juga mau daftar di Kantor Cilacap Jawa Tengah nanti akhir taun sambil training nunggu Taiwan buka, Hongkong udah buka duluan malah kemaren

      Hapus
  8. apakah perlu di dp dulu apa nanti klo sudah pasti dapat job baru di dp mohon penjelasannya

    BalasHapus
  9. Kalau biaya tak cukup dan baayar separuh bisa gak saya EX malaysia 7thn umur masih 24

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya bisa bantu soal biaya

      Hapus
    2. Saya pengen banget Kerja di luar negeri,bantu aku ka

      Hapus
  10. Pengin banget ke jadi tki taiwan

    BalasHapus
  11. Sya pernah di tawarkan agency untuk kerja ke taiwan, dengan biaya 37jta yang say heran sudah bayar 37jta tapi ko msh d potong gajih juga ya pak selama 6bln apakah ink benar atau tidak.

    BalasHapus
  12. Saya ingin kerja di Taiwan..potong gaji apa bisa min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pingin kerja..di Taiwan..tapi Ndak punya uang ..buat biyaya kerja.gimana ya

      Hapus
  13. Yang minat bisa mail saya di pringgowarsito12@gmail.com
    Langsung ke pt saya juga mau berangkat sekalian bisa jadi teman satu angkatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cepat dpt krjaan pa nggak?, PT apa?..
      Kemaren lo Saya bru nanya2 k slah stu PT d Jatim ktnya job d Taiwan lgi sepi.

      Hapus
    2. Benar gan bnyak yg nganggur

      Hapus
    3. Ralat yg sepi tu job pabrik, klo prt kyaknya msih rame. Soalnya d PT kmren cwekny bnyak, clon prt mungkin.klo cwok plih job pabrik nunggu d rumh.

      Hapus
    4. Klo umur nya masih 18tahun apa bisa ka buat TKW

      Hapus
  14. Kalo misal nya ijasah SMP apakah bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua ijasah bisa , tergantung permintaan dr pabrik atau job yg anda dapat

      Hapus
  15. Saya ingin bekerja di sana, tapi saya bingung tahap apa yg hrs saya lakukan pertama nya ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Datang ke PT yg jelas , dan cepat proses nya

      Hapus
  16. Umur sya udah maksimal nih gan 35 lebih 3bln utk TKL msh bsa ga ya gan??

    BalasHapus
  17. Jika laki2 tinggi badan hanya 155cm bisa tidak?

    BalasHapus
  18. Saya ingin kerja ke taiwan tapi gk punya biaya dan gk tahu caranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau anda perempuan , bisa potong gaji , gk pake biaya,
      Tp klu laki laki harus ada biaya dan itu tdk sedikit , 35 juta ke atas

      Hapus
    2. Masak kak, kalau perempuan bisa potong gaji gk pake biaya, pt nya dimana ya kak.???saya juga minat kak,

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  19. Pt apa yh gan yg amanah untuk proses kerja ke taiwan

    BalasHapus
  20. Tadi sya sudah datang ke pt d yavi
    Tapi katanya daftr sendiri ga bisa mesti melalui sponsor
    Trus sya udah dpat no tlp sponsor kta sponsor nya kata suruh bw berkas dan uang 1 juta buat medical dan poto
    Apa itu benar gan proses ke taiwan sperti itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. JANGAN mau mba kalo yang pake sponsor tuh potongannya biasanya banyak

      Hapus
  21. Saya jg ingin kerj ke taiwan min gmn caranya dan minta alamat pt yg amanah untuk daerah jawabarat

    BalasHapus
  22. Saya disuruh bayar untuk training ke taiwan 37.500.000. Itu gmn ya?

    BalasHapus
  23. Saya proses prt tapi batal dan proses cuma smpi Depnaker
    Dr medical pkai uang sndri apa" uang sndri .... Biaya buat batal it biasa brpa Krn proses cm smpi Depnaker aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saya juga gitu nunggu nya lama banget jadi pengen nyari PT yang lain ... saya malah baru Check up udah sebulan dianggurin nggak ada kejelasan

      Hapus
  24. Assalamualaikum pa sya mau mlmar kerja ke Taiwan proses pembyaran gimna

    BalasHapus
  25. Assalamualaikum.
    Apakah benar kalau mau kerja di Taiwan harus KTP penduduk Jawa. Sedangkan saya penduduk KTP Kalimantan. Bagaimana ?

    BalasHapus
  26. bekerja di taiwan tak seindah yg di bayangkan disini banyak terjadi persaingan bersaing dengan semsama teman indo atau dengan orang lokal saya kerja di taiwan bayar biaya 37 juta tp pabrik saya tanpa ada lembur sama sekali dan gaji minim lbh baik pikirkan baik2 dan pertimbangkan

    BalasHapus
  27. setiap hari bahkan di fitnah sana sini ibarat kerja sudah tidak ada semangat lagi dan cuman jadi bahan bulian kita mencoba lapor agenzi pun cuma akan jadi bahan salah2an

    BalasHapus
  28. Kalo bertato di tangan dan dada bisa masuk jadi TKI ngak ,mohon penjelasanya mksh

    BalasHapus
  29. Klo bertato kecil di tangan ukuran 15 cm bs masuk gk jd tki..mohon infox

    BalasHapus
  30. .pengin kerja di taiwan,,,biyasanya d.yayasan smpai brapa bulan yah,,cuma takut lama adja nunggu di yayasannya

    BalasHapus
  31. klu tanpa biyaya bisa gak ya...?

    BalasHapus
  32. Klok nama PT d Banyuwangi Jawa timur apa??

    BalasHapus
  33. Bingun saya ini mau kerja tapi ga punya pengALAMAN SMA SKLI

    BalasHapus
  34. Tinggi saya 152 cm, apakah bisa lolos kerja ke taiwan min

    BalasHapus
  35. Lokasi pt yg terdekat di daerah lombok?

    BalasHapus
  36. Klu ada tato bisa nggak klu ke taiwan?

    BalasHapus
  37. Maaf saya mau konsultasi sekarang harga job di taiwan rata rata harga berapa. Apa setiap pt mempunyai harga yang berbeda?

    BalasHapus
  38. saya pengin ke taiwan,,tpi buta warna😖

    BalasHapus
  39. Kalo usia sya masih 18 mau 19 apa bisa brngkat taiwan.?

    BalasHapus
  40. Saya butuh pekerjaan cara daftarnya gimana

    BalasHapus
  41. Buta warna parsial bisa berangkat gk?

    BalasHapus
  42. kalau cewe bisa gapake biaya malah dikasih uang 5jt untuk pegangan, tapi potongan 9 buln, sponsornya tetangga saya. posisi di lampung nih dibantu yg minta wa saya 085156294351

    BalasHapus
  43. Kalau di daerah jakarta daftar nya di mana yah

    BalasHapus
  44. sya laki2 umur 22 ijazah SMK
    . butuh biyaya berpa ya klo sya ingin ke taiwan di pabrik..
    apa lngsung semua biyaya ptong gaji. apa harus wajib bayar lngsungvya tolong info

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg laki laki wajib bayar. Ngx bisa potong gaji. Klo untuk prempuan.. Bisa potong gaji

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  45. umur 16 tahun boleh ga min? punya ijazah smp. bosen luntang lantung.

    BalasHapus
  46. Kenapa berttato tidak bisa saya biasa kebun sayur

    BalasHapus
    Balasan
    1. lewat PT mana mas , say juga bertatto pngin ke taiwan

      Hapus
  47. Pengen sekali kerja di Taiwan tapi umur 40th ,apakah bisa ?!?

    BalasHapus
  48. kalau perempuan lulusan smp bisa kerja pabrik gak min?

    BalasHapus
  49. Kirim persyaratanya kmna mind

    BalasHapus
  50. Kalau laku laki bertato di lengan bawah smpai siku bs gk gan

    BalasHapus
  51. Gimana cara ny.... Dmn hrus mndaftar

    BalasHapus
  52. Saya perempuan tinggi badan 151 cm Apakah bisa diterima kerja di Taiwan

    BalasHapus
  53. Saya perempuan tinggi badan 151 cm kelulusan SMK Apakah bisa kerja di Taiwan?

    BalasHapus
  54. Saya cowo tinggi badan 178 ijasa sd apakah bisa kerja ke taiwan?????

    BalasHapus
  55. Kapan kah pendaftaran ke Taiwan akan di buka lagi.??

    BalasHapus
  56. Apa cacat fisik masih bisa?
    Ergh 🙄

    BalasHapus
  57. Kalo pernah patah tulang bisa gak .

    BalasHapus
  58. Saya perempuan 30 THN pengalaman kerja di hk,pulang dari hongkong,kerja di pabrik textil industri garmen 3thn,skrg kerja di pabrik industri sepatu sudah mau 6thn..tapi lulusan SMP bisa atw tidak kerja pabrikan di taiwan atw lainnya..

    BalasHapus
  59. Apakah syarat nya klo sekarang ada tes swab ya..berapa biaya tes swab

    BalasHapus
  60. Apaakah untuk staf kantor di korea ataw taiwN bisa saya ingin kerja disna .tpi sebgaia staf kantor di perusahaan .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  61. Bahasa yg di gunakan saat kerja di Taiwan bahasa apa ya

    BalasHapus
  62. Pengalaman kerja walder Operator mesin Bubut Driver usia 35 bisa nggak ya kerja ke Taiwan, masalah nya ada tattoo di badan (perut) mohon informasi nya...

    BalasHapus
  63. Kalo kerja di Taiwan/Korea apa harus bisa bahasa mereka gk min apa pake Google Translate

    BalasHapus
  64. Saya laki-laki tinggi badan 175cm usia 22 thn,ijazah smp apakah bisa kerja di taiwan

    BalasHapus
  65. udah buka belum yah pt buat ke taiwan

    BalasHapus
  66. minat tapi potong gaji gimana... pengalaman malaysia 8 tahun... untuk bhs taiwan gk harus fasih yg penting dapat sdikit basic bhsnya.... biasanya berkisaran 37 juta untuk pekerja pabrik atau pun kesepakatan masing-masing... berbagi pengalaman dari temen saya yg pernah bekerja ditaiwan selama 4 tahun....

    BalasHapus
  67. Ijasah sd kira kira bisa gak ya?

    BalasHapus
  68. Klo ada bekas operasi sc melahirkaan apaa masih bisa jd tkw ke taiwan
    Mohon info nya dong

    BalasHapus
  69. Usia saya 29tahun, bidang keahlian dan pengalaman bekerja pada bidang emgineering, saya memiliki tatto dipunggung, dan saya tidak memiliki modal. Apakah ada kemungkinan saya dapat menjadi TKI ke singapura/vietnam atau negara lain melalui jalur resmi??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagai tambahan, saya lulusan SMK. Dan pengalaman bekerja dalam bidang engineering kurang lebih 10 tahun, elektrikal industri, serta welding dan maintenence engineering.

      Hapus
  70. Mata Saya minus apakah bisa pergi kerja ke taiwan?

    BalasHapus
  71. Sy mau kerja di taiwan, usia 39 mohon info pt yg resmi dong, terima kasih

    BalasHapus
  72. Apakah masih menerima tkw di taiwan di masa pandemi

    BalasHapus
  73. Saya punya bekas cacar dan membekas seperti panu putih² gitu apa bisa yaa .?

    BalasHapus
  74. mau dong kak... di paspor saya namanya dikit beda dngn nama ijazah.. gimana? brgkat dlm 2020 bisa kak? sy bekas TKW hongkong.. mohon infonya.

    BalasHapus
  75. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  76. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  77. Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  78. Apa masi ada lowker wanita di taiwan. Khususnya di bagian pabrik. Mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  79. Kak kalo punya bekas luka gimana Yang susah dihilangin apakah bisa lolos?

    BalasHapus
  80. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  81. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  82. Ijasa sy SD bs krj di pabrik GK ya. Pengalaman saya dulu pernah masuk ke Taiwan 2thn.tp jd ABK, kalau di Malaysia di kebun slm 7thun. N sekarang kalau saya masuk lg ke Taiwan LG krj di pabrik bs gk ya...

    BalasHapus
  83. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  84. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  85. Minta no wa ingin pnjelasan lbih lanjut....

    BalasHapus
  86. Klok ijasah sd itu bisa dapet kerja apa di taiwan kak?

    BalasHapus
  87. Saya mau kerja ke kuar negri gmna caranta y

    BalasHapus
  88. kita proces calling visa PRT/Pabrik.. lngsung dri majikan via rekan kita di taiwan.. terjamin n dipercayai oleh 2rb lebih pelanggan PT.shopee..trims
    Yang minat silahkan hub :0813 1474 9886

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk usia 39 tahun namun eks PRT Taiwan..masih bisakah ikut ke pabrik, ? Terimakasih

      Hapus
  89. Ka kalo biaya di bayar separo terus pelunasan potong gaji bisa ga?

    BalasHapus
  90. kalo di pabrik sistem potong gaji bisa nggak.

    BalasHapus
  91. Berminat kerja keluar negeri?
    Silahkan email Saya, utk konsultasi dan tata caranya.
    Mudah mudahan lancar dan betul betul terlaksana.

    BalasHapus
  92. Bisakah biaya di tanggung sementara oleh pt dulu , setelah kerja baru potong gaji apakah bisa min ??

    BalasHapus
  93. Jakarta barat .. pt resmi nya dmna kak?

    BalasHapus
  94. Daerah cirebon pt buat ketaiwan adakah yg tau..?

    BalasHapus
  95. Pak untuk usia harus maksimal 35 tahun ya? Seandainya 39 tahun namun eks Taiwan PRT 9 tahun bolehkah bisa kerja di pabrik?mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya seandainya 39 tahun tapi eks Taiwan PRT 9 tahun bolehkah??

      Hapus
  96. Saya serius ingin berkerja d Taiwan klo ada tau info nya tlong d wa saya nya tpi klo bkin paspor sya tdk ada bsa d ptong gaji aj klo ada informasi nya tlong d wa aj terima kasih umur sya 31 ni kontak wa sya 088213252094

    BalasHapus
  97. Saya tnggal d Jakbar saya ingin mencari berpengalaman d Taiwan klo ada tlong d informasi nya klo ada yg tau tlong d kontak wa aj tnggal potong gaji saya cari seriusan 088213252094

    BalasHapus
  98. Pak kalau usia 39 tahun eks TKW Taiwan 9 tahun bolehkah daftar pabrik??

    BalasHapus
  99. Gimana kalau tinggi badan cuma 160 min
    Gak nyampai 165

    BalasHapus
  100. Saya ingin bekerja di Taiwan namun berkendala di biyaya, apakah banyak perusahaan yang bisa membayar biyaya setelah kerja ? Semisal memotong gajih bulanan untuk membayar biyaya yang belum di bayar

    BalasHapus
  101. Tinggi saya 160 kira kira bisa masuk gak ya.?
    Sarannya dong kakak

    BalasHapus
  102. Nyimak PT d Kudus / area Jateng yg bisa masuk kerja d Taiwan

    BalasHapus
  103. Untuk laki2 apakah bisa tidak pakai ijazah?

    BalasHapus
  104. Kalau tinggi badan dibawah 150 bisa gak.

    BalasHapus
  105. Kalau kita tidak punya akta kelahiran bisa enggak kita pergi merantau ke taiwan

    BalasHapus
  106. Aku pengen kerja gmn Ya caranya..??

    BalasHapus
  107. Maaf apakah ada yg bayar dp kemudian sisanya dipotong gaji ya? Atau harus punas semua? Saya pernah magang ke taiwan 2019 lalu 6bln. Dan sekarang pingin kembali lagi. Ingin kerja sekaligus belajar bahasa

    BalasHapus
  108. Nyari info PT yang bagus
    Terutama untuk wilayah Jawa barat
    Karawang atau Purwakarta...makasih

    BalasHapus
  109. Kak mau tanya biaya pembuatan id itu berapa

    BalasHapus
  110. Saya lulusan SMP pengen banget kerja ke luar negri tapi umur Saya masih 15 tahun baru lulus kemarin soalnya dan sudah tidak sekolah lagi alias SMP adalah pendidikan terakhir saya,Bisakah Saya kerja ke Taiwan atau negara lainnya yang minimal ijazah SMP ?

    BalasHapus
  111. Untuk CPMI yg ke Taiwan, Apakah udh bisa? 🙏

    BalasHapus
  112. Kalo mata minus bisa ga ke Taiwan?

    BalasHapus
  113. Saya umur 37th ingin bekerja ke TAIWAN kalau bisa di pabrik tapi saya tidak punya modal.... Mohon bimbingannya

    BalasHapus
  114. Saya umur 37th tinggi badan 178cm berat badan 65kg ingin bekerja D Taiwan kalau bisa di pabrik.... Lulusan SMK OTOMOTIF tetapi saya tidak punya modal.... Mohon bimbingan.nya

    BalasHapus