Contoh Balasan Email Untuk Klaim JHT Sistem LAPAK ASIK BPJS Ketenagakerjaan

Contoh isi email balasan dari kantor cabang BPJS TK untuk mencairkan dana JHT dengan sistem Lapak Asik (Layanan Tanpa Kontak Fisik). Sebagaimana diketahui, mulai dari tanggal 23 Maret 2020 kemarin, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau BPJS TK, mengeluarkan kebijakan dan kemudahan bagi peserta BPJS TK yang hendak mengurus pencairan tabungan Jaminan Hari Tua. Yaitu klaim tanpa perlu mendatangi kantor BPJSTK. Jadi seluruh proses pencairan boleh dilakukan dari jarak jauh, misalnya dari rumah anda sendiri.

Peraturan tersebut dikeluarkan untuk menyikapi semakin mewabahnya virus Corona atau Covid-19. Diharapkan, dengan metode klaim JHT Lapak Asik (Layanan Tanpa Kontak Fisik) ini, penyebaran virus Corona di Indonesia bisa diputus minimal dipersempit. Kebijakan ini tentunya juga untuk mendukung pemerintah dalam gerakan Social distancing dan juga physical distancing.

Dengan sistem pencairan LAPAK ASIK ini, segala urusan klaim JHT anda akan tetap selesai, uang JHT anda akan cair, tanpa takut akan penularan virus Corona covid 19 karena tidak ada kontak fisik. Pasalnya, seluruh proses klaim dilakukan dari jauh secara online.
Nah, karena proses klaimnya dilakukan secara digital atau online, syarat untuk bisa mencairkan saldo JHT dengan metode Lapak Asik ini, anda harus memiliki email, WhatsApp dan nomor telepon yang semuanya harus masih aktif. Karena itu diperlukan untuk registrasi antrian online, mengirim file dokumen persyaratan klaim, dan juga ketika dokumen anda lolos, akan diberitahukan lewat email, WA, ataupun SMS.

Cara mengajukan klaim dana JHT dengan sistem Lapak Asik adalah dengan mengakses website antrian online di https://antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id/ lalu registrasi antrean klaim di sana. Atau dengan membuka aplikasi BPJSTKu, lalu pilih menu ANTRIAN ONLINE.

Selanjutnya mengisi formulir antrean online dengan data-data kependudukan dan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan anda. Mulai dari NIK, no KPJ atau nomor peserta BPJS TK, Nama lengkap, no HP/Wa, email, wilayah pelayanan, cabang pelayanan, tanggal pengajuan klaim dan jam pengajuan klaim.

foto Berhasil mendaftar antrian online BPJS Ketenagakerjaan


Setelah berhasil mendaftar antrian online, anda akan mendapat email dari BPJamsostek, yang berisi petunjuk tentang langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melanjutkan proses klaim uang JHT.

Berikut ini contoh isi email balasan dari BPJS TK dalam pencairan uang JHT dengan metode Lapak Asik.

Bapak/Ibu dimohon untuk melakukan SCAN DOKUMEN ASLI antara lain:

Kartu Peserta (Fisik Asli/ Cetakan Kartu Digital)
KTP
Kartu Keluarga
Surat Keterangan Kerja / Verklaring / Surat Keputusan / Surat Keterangan Cacat
Buku Rekening pada halaman yang tertera Nomor Rekening dan masih aktif
Foto Diri (tampak depan)
Formulir Pengajuan JHT yang sudah diisi dan ditandatangani (Download)
NPWP (untuk klaim manfaat JHT dengan saldo diatas Rp. 50.000.000,- atau Klaim JHT pengambilan 10%)

Setelah dokumen tersebut di atas dilengkapi, maka hal-hal yang WAJIB diperhatikan yaitu:

  1. Mengirimkan scan dokumen ke alamat email KACAB.MAGELANG@BPJSKETENAGAKERJAAN.GO.ID dengan Subject Email : ANTRIAN_24 Maret 2020_NAMA LENGKAP_NO. KPJ
  2. Maksimal ukuran file per dokumen adalah 1 MB
  3. Pengajuan klaim akan dibatalkan jika email yang digunakan untuk mengirim scan dokumen berbeda dengan email yang terdata saat pengajuan Antrian Online
  4. Peserta yang tidak melengkapi dokumen yang diminta sampai batas waktu yang ditentukan maksimal pk 14.00, maka dianggap tidak mengajukan klaim manfaat JHT
  5. Proses verifikasi oleh petugas BPJS Ketenagakerjaan akan dilakukan sejak tanggal yang diminta untuk pengajuan Antrian Online
  6. Pengajuan klaim manfaat JHT hanya berlaku untuk peserta yang tidak aktif bekerja kembali (kecuali pengambilan 10%)
  7. Jika diperlukan, Petugas akan melakukan konfirmasi lebih lanjut mengenai pengajuan manfaat JHT

Terima kasih telah menggunakan layanan Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan.

Contoh isi Balasan Email Untuk Klaim JHT Sistem LAPAK ASIK BPJS Ketenagakerjaan

Seperti itulah contoh balasan email yang dikirim oleh BPJS Ketenagakerjaan atau yang sekarang disebut BPJamsostek. Untuk alamat email kantor cabang BPJS ketenagakerjaannya, itu disesuaikan dengan kacab yang anda pilih pada saat registrasi antrian online. Yang tertera di atas itu hanya sekedar contoh saja.

Selanjutnya anda tinggal mengikuti apa yang dijelaskan di dalam email tersebut. Jika masih kurang paham, anda bisa membaca artikel kami sebelumnya yang sudah membahas prosedur tata cara mencairkan JHT dengan metode layanan tanpa kontak fisik atau Lapak Asik ini. Silahkan Klik Disini untuk membacanya.

Terima kasih buat teman-teman yang sudah membaca artikel ini. Mudah-mudahan bermanfaat. Jangan lupa jaga kesehatan, dan semoga pandemi wabah virus Corona Covid-19 ini segera berakhir, sehingga semua pelayanan BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek) bisa normal kembali seperti sediakala.

49 Responses to "Contoh Balasan Email Untuk Klaim JHT Sistem LAPAK ASIK BPJS Ketenagakerjaan"

  1. Mw tanya,,sya udh brhasil daftar antrian online,tnggal dn jam ny pun udh d tentukan..tapi sya tidak mendapatkan surat balasan email dri bjstk ny,,itu knapa ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. pdahal email yg sya lampirkan pas pendaftaran udh benar.

      Hapus
    2. Saya juga belum ada email dari bpjsnya padahal udah berhasil, knpa yah?

      Hapus
    3. sama saya juga belum dapat balasan dari bps

      Hapus
  2. sya sdah dpt balasan email untuk nunggu video call , tapi samle saat ini blm dpt video call ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Brp hari bro dr wkt pengiriman file dokumen dan tgl antrian dpt email menunggu video call nya??

      Hapus
    2. Sama sya juga . Udh dpet jadwal telfon dari pihak bpjs tapi belum nelfon juga

      Hapus
  3. Udah H-1 tgl antrian belum dpt balasan email jugaaa aneh

    BalasHapus
  4. Saya sudah email persyaratan nya tapi sampai h-1 saya belum dapat balasan SMS/email dari bpjs nya kenapa?

    BalasHapus
  5. Udah nunggu dari tadi gak ada balasan padahal udah jauh2 hari kirim berkasnya

    BalasHapus
  6. Admin nya kenapa ga bisa ngejawab komentar yah??

    BalasHapus
  7. Udah H -1 kenapa setelah mengirimkan documen secara online, belum juga ada balasa ?

    BalasHapus
  8. Bro nasib kita sama sudah dari jauh hari perhariaperhari ini seharusnya d infoin tapi belum juga ada konfirmasi dari bpjs.tapi saya baru email lg k bpjs saya bilang aja menanyakan verivikasi ulang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mau tanya.. sekarang udah ada konfirmasi belum dari pihak BPJS nya..soalnya saya sama mengalami seperti ini.

      Hapus
  9. Kalau emailnya gx mau terkirim kenapa ya??
    Udah beberapa kali nyoba, tetep gx terkirim dan selalu ada tulisan dlam antrean,

    BalasHapus
  10. Pengajuan klaim saya tanggal 20 mei 2020 semua dokumen sudah saya kirim tapi sampe saat ini belum dapat laporan email/sms dari pihak bpjs.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama punya saya udah 3 hari gak ada jawabab

      Hapus
  11. antrian klaim jht online 14 mei 2020. terakhir sy di kirim email tgl 17 mei 2020, di suruh untuk mengirim kekurangan data yaitu surat pengalaman kerja dr tmpt sy terakhir bekerja, paling lambat jam 11 tgl 18 mei 2020! sy sdh mengirim kekurangan data tsb sebelum jam 11. tp sampe skrg sy belum dpt balasan email lg.

    BalasHapus
  12. Maf mau tanya sy Sudah daftar..tapi belom dapet balasan email.mau daftar lg sudah dalam antrian tlg solusi ny donx ..

    BalasHapus
  13. Maf mau tanya sy Sudah daftar..tapi belom dapet balasan email.mau daftar lg sudah dalam antrian tlg solusi ny donx ..

    BalasHapus
  14. Coba datang di waktu yg sudah di tentukan saja

    BalasHapus
  15. Saya antri offline , dan saya sudah mengirim berkas asli ke whatsApp bpjs . Tapi baru dibaca belum dibaless . Kenapa ya ?

    BalasHapus
  16. Saya Uda kirim dokumen yang Asli ke pihak BPJS nya ko blom ada balesan ya apa harus kirim ulang ajah ya dokumen nya

    BalasHapus
  17. Sdh seminggu daftar online tapi belum ada email balasan, maksimal brp hari ya dpt email balasannya?

    BalasHapus
  18. Sama masih menunggu balasan email BPJS

    BalasHapus
  19. saya ingin menayakan tentang antrian online BPJS. saya sudah mendaftarkan dari tanggal 17 juli 2020, dan memilih tanggal antrian 23 juli 2020. tetapi sampai saat ini belum ada email masuk dari pihak BPJS tentang Nomer antrian online.H- berapa biasanya di kirimkan email nya? trimaksih

    BalasHapus
  20. Buka kotak masuk email aka pasti ada

    BalasHapus
  21. Saya mau tanya sudah daftar online tgl n jam sesudah di tentukan tp kok blom dpat email dr bpjstk.
    Mau daftar lg audh tdk bisa krna sudah trdaftar..mohon pencerahan nya

    BalasHapus
  22. Knp pas daftar online gak ada pilih tempat pencairan ya tahu+tahu udah beres daftar keluar tempat klaim jauh Dr rumah dapat di sumedang itu bisa daftar ulang lagi dan pilih tempatnya lihat dibelah mana

    BalasHapus
  23. Bagaimana kalau salah email apakah akan ada pemberitahuan lewat sms atau WA ?

    BalasHapus
  24. saya mau tanya, pada saat pendaftaran internet saya putus pas saya buka link nya lagi dan mencoba daftar tpi tidak bisa. katanya saya sudah melakukan daftar klaim. itu bagaimana ya?

    BalasHapus
  25. Sy sudah nunggu hampir sebulan untuk dpt antrian, antrian selama sebulan selalu penuh dan sekalinya bisa tp kendalanya cm di no rek yang salah, padahal uda berulang kali sy ulang dan benar tp kok tulisannya ttp salah, nama atmpun jelas nama sy sendiri cm no reknya aja selalu salah. Itu kenapa ya, ada yg bisa jwb gak?😭

    BalasHapus
  26. Udah nunggu 2 hari buat video call cs bpjs dari pagi tapi ampe siang bolong begini belom ada tlpn atau email yg masuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saya juga begitu, dapat antrian tgl 19 agustus tp sampai skrang blm ada vcall dari cs

      Hapus
  27. Saya sudah 4 hari daftar antrian online sampai sekarang blm dapat balasan email nya.

    BalasHapus
  28. Saya dapat antrian tgl 25 agustus cbang bekasi kota sampai skg blm ada video call kenapa ya ad ya puny no whatsapp cabang bekasi kota mungkin y sudah di vc???terima kasih y sudah bantu jawab

    BalasHapus
  29. saya daftar pengguna baru lewat aplikasi, ko keterangannya NIK tidak valid ya, kan aneh, pdhl NIK sesuai KTP dan Kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama ya saya ditolak, ud dpt email katanya KPJ tidak sesuai.. bingung ga sih ?

      Hapus
    2. sama ya saya ditolak, ud dpt email katanya KPJ tidak sesuai.. bingung ga sih ?

      Hapus
  30. Mau tanya , saya sudah daftar ternyata saat mencantumkan email saya salah mengisi nama email saya sehingga sampai saat ini saya belum mendapatkan konfirmasi email dari pihak , mau daftar lagi sudah tidak bisa , bagaimana solusi nya ?

    BalasHapus
  31. Seharusnya saya mendapat verivikasi tanggal 03 sept 2020 tapi kenapa sampai saat ini belum dapat balasan dari media apapun . Ada yang pernah senasip dan bagaimana solusi nya ?

    BalasHapus
  32. Kenapa yaa dari tanggal 26 agustus, sdh dpt konfirmasi email bhwa akan dihubungi tgl 1 september tp smpe skrg blm ada yg ngehbungin pihak bpjs nya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gmn kak skrng sudah dihubungi pihak BPJS nya kah?

      Hapus
  33. Tlng bantu jwab. Knpa ya sya udh daftar pencairan bpjs udh dpt tgl yg mau di vedio call tpi blm dpt blasan email?

    BalasHapus
  34. Sdh hampir 5 hari daftar konfirmasi ygl 15 wawancara tp sampai sekarang blm dapat info dr bpjs ket

    BalasHapus