Daftar Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan di Kalimantan Selatan Dengan Alamatnya

Bagi anda yang butuh informasi daftar alamat Kantor Cabang (Kacab) dan juga Kantor Cabang Perintis (KCP) BPJS TK/BP Jamsostek yang terdapat di seluruh provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), di artikel kali ini kami akan menginformasikannya lengkap mulai dari alamat kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan kota Banjarmasin, Batulicin, kantor cabang perintis (KCP) BPJSTK Tanah Laut, Kotabaru, Kandangan dan Tanjung Tabalong.

Seluruh kantor cabang pelayanan BPJS TK di Kalimantan Selatan tersebut berada di BPJS Ketenagakerjaan wilayah pulau Kalimantan, yang Kanwil atau kantor wilayahnya berada di Jalan Marsma R. Iswahyudi, RT 06, Nomor 58, Sepinggan Raya, kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Kode Pos 76113. No telepon 0542-8820161, 8820162. Faksimile: 0542-8820163.

Kanwil di kota Balikpapan tersebut membawahi seluruh Kacab dan KCP BPJAMSOSTEK di propinsi-propinsi yang ada pulau Kalimantan. Meliputi provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Kalimantan Timur (Kaltim), Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Kalimantan Utara (Kaltara).

Foto Kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Baca Juga: Cara Cepat Cek Saldo JHT BP Jamsostek Via Aplikasi BPJSTKU

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja yang sering disingkat BP Jamsostek, sebelumnya dikenal juga dengan sebutan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, merupakan program asuransi bagi pekerja dari pemerintah, yang memberikan jaminan sosial ekonomi kepada setiap tenaga kerja lewat empat program perlindungan ketenagakerjaan. Keempat program tersebut yaitu Jaminan Kecelakaan (Kerja JKK), Jaminan Kematian (JK), Jaminan Hari Tua (JHT), dan terakhir Jaminan Pensiun (JP).

Berdasarkan Undang-Undang No 24 Tahun 2011 Pasal 15 ayat (2), "Pemberi kerja secara bertahap wajib mendaftarkan dirinya dan pekerjanya sebagai peserta kepada BPJS Sesuai dengan program Jaminan Sosial yang diikuti." Ini artinya, setiap perusahaan atau pemberi kerja wajib mendaftarkan setiap karyawannya untuk menjadi peserta BPJS, baik itu BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK).

Apabila PT tidak mengikutsertakan para pekerjanya ke BPJS, akan dikenakan sanksi berupa teguran tertulis, denda, dan juga tidak akan mendapat pelayanan publik tertentu seperti:

  • Perizinan terkait usaha
  • Izin yang diperlukan dalam mengikuti tender proyek.
  • Izin memperkerjakan tenaga kerja asing.
  • Izin perusahaan penyedia jasa pekerja/buruh.
  • Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Jika perusahaan tempat Anda bekerja ternyata tidak mendaftarkan Anda menjadi peserta BPJAMSOSTEK, anda bisa daftar sendiri dengan mendatangi kantor cabang pelayanan BPJS Ketenagakerjaan dengan membawa dokumen persyaratan berupa surat perjanjian kerja atau bukti lain sebagai pekerja, KTP dan Kartu Keluarga (KK).

Nah bagi anda pekerja yang berada di wilayah Kalimantan Selatan, berikut ini daftar kantor cabang (KC) dan Kantor Cabang Perintis (KCP) BPJS Ketenakerjaan beserta alamatnya yang ada di sana.


Kantor Cabang (KC) BPJS Ketenagakerjaan BANJARMASIN

JL. BRIGJEN HASAN BASRI NO. 84 A BANJARMASIN 70124, BANJARMASIN 70124, TELP: 0511-3302042,3302044, FAKS: 0511-3302047


BPJS TK Kantor Cabang BATULICIN 

RAYA BATULICIN RT 001 RW 001 SEJAHTERA, SIMPANG EMPAT TANAH BUMBU, KALIMANTAN SELATAN KODE POS 72213, TANAH BUMBU 72116, TELP: 0518 - 71373, 71374, FAKS: 0518-21019


BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Perintis (KCP) Tanah Laut Pelaihari

Jl. A. Syairani Komp Gagas Kel No.RT 09, Sarang Halang, Kec. Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan 70815. No telp (0512) 23529.


Kantor Cabang Perintis (KCP) BPJS Ketenagakerjaan Kotabaru

Jl. Veteran, Dirgahayu, Pulau Laut Utara, Kab. Kotabaru, Kalimantan Selatan. Kode Pos 72111.


BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Perintis (KCP) Kandangan

Jl. Ahmad Yani, Kandangan Kota, Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan 71217. Telp (0517) 22942.


BP Jamsostek Kantor Cabang Perintis (KCP) Tanjung Tabalong

Mabuun, Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan 71571. (0526) 2022965


Itulah list kantor Cabang (KC) dan juga kantor cabang perintis (KCP) BPJS Ketenagakerjaan yang ada wilayah provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), lengkap beserta informasi lokasi dan juga nomor teleponnya.

Bagi anda yang statusnya karyawan perusahaan atau pekerja Penerima Upah (PU) tapi tidak diikutsertakan dalam program BPJSTK oleh perusahaan, anda bisa mengunjungi salah satu kantor cabang pelayanan di atas untuk mendaftar sendiri menjadi peserta. Silahkan datang pada hari dan jam pelayanan kantor BPJS Ketenagakerjaan, yaitu mulai hari Senin sampai Jumat, dari pukul 08.00 hingga 15.30 waktu setempat.

Atau bagi anda pekerja individu atau mandiri, anda juga bisa mengajukan pendaftaran jadi peserta di segmen pekerja Bukan Penerima Upah (BPU). Pasalnya saat ini bukan hanya pekerja perusahaan yang bisa menjadi peserta BPJAMSOSTEK. Para pekerja mandiri seperti petani, nelayan, tukang bangunan, pedagang, penulis lepas, dan aneka profesi individual lainnya juga berhak mendapat perlindungan dari berbagai resiko pekerjaannya dengan cara menjadi peserta BPJS TK. Seperti resiko kecelakaan kerja, bahkan kematian akibat kecelakaan kerja tersebut.

Baca Juga: Tips Terbaru Agar Bisa Mendapatkan Nomor Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan, Sudah Banyak Yang Berhasil

Peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mendaftar secara mandiri ini nantinya akan diberi bukti kepesertaan berupa nomor peserta yang akan diberikan sehari setelah dokumen pendaftaran diterima lengkap dan iuran pertama dibayar lunas. Sejak diterbitkannya nomor kepesertaan ini, secara resmi Anda sudah menjadi peserta dan mendapatkan perlindungan dari BPJS TK. Dengan nomor kepersertaan tersebut anda bisa membuat akun di aplikasi BPJSTKu, dan memiliki Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan yang bisa dicetak menjadi kartu fisik.

Tanpa mencetak kartu digitalnya pun, sebenarnya anda akan mendapat kartu BPJS Ketenagakerjaan atau KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) asli, yang akan diterbitkan oleh kantor cabang pelayanan yang anda pilih pada saat pendaftaran paling lama 7 hari setelah dokumen pendaftaran diterima lengkap dan iuran pertama dibayar lunas. Seperti itu.

1 Response to "Daftar Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan di Kalimantan Selatan Dengan Alamatnya"

  1. Manaaa no telepon jl.veteran kota baru data kurg lengkap ituuuu... Sya gbsa hubungi kantor tsb, krna mncari d gogle tdk ada min...
    Kalimantan selatan.
    Saya bingung , mau mencairkan bpjs ini ajaa susah ,sudh nunggu jdwl layanan nya sdh wktnya blm juga d Vc/d tlp. Saya domisili jkt malah dpt layanan kalimantan kan jauh bgt, bisa2 ada kendala teknis ..mhn bantuan nya dong

    BalasHapus