Tips Dalam Interview atau Wawancara Kerja Agar Perusahaan Tertarik Menerima Anda

Artikel ini membahas tentang bagaimana tips dan cara menghadapi wawancara seleksi rekrutmen karyawan baru, supaya Anda tenang dan tidak panik dalam mengikuti interview kerja tersebut. Sehingga calon atasan atau pihak perusahaan terkesan dengan Anda dan akhirnya Anda berpeluang besar atau bahkan langsung berhasil melalui tahap wawancara tersebut dengan sukses dan diterima menjadi karyawan di PT yang anda lamar.

Bila anda sedang dalam masa melamar kerja dan dalam waktu dekat akan melakukan interview, sebaiknya anda ketahui dulu tips supaya lancar dan sukses menghadapi wawancara kerja. Sebab bisa dibilang, tahap wawancara kerja merupakan salah satu tahapan paling sulit untuk calon-calon karyawan baru, khususnya para fresh graduate. Bagi para pencari kerja yang baru tamat sekolah atau kuliah tentunya ini akan menjadi pengalaman yang mendebarkan.

Tak jarang ada yang sudah panik duluan padahal baru memasuki ruangan wawancara. Sebab di sini, social skill anda akan diuji bersamaan dengan psikologi maupun mental anda. Oleh karena itu, anda harus mengetahui tips serta hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum mengikuti wawancara di kantor perusahaan tempat di mana Anda akan diwawancarai.

Foto Interview atau Wawancara Kerja di kantor perusahaan

Baca Juga: Beragam Cara Menghasilkan Uang Tambahan Dari Hobi Menulis

Namun sebenarnya wawancara dalam dunia pekerjaan bukan hanya dilakukan ketika melamar saja. Pegawai yang akan mendapatkan promosi jabatan juga akan melalui tahap interview untuk mengetahi kemampuannya dalam memegang tugas yang baru. Tapi dalam kebanyakan kasus, wawancara ketika melamar kerjalah yang dianggap paling sulit dan juga paling menentukan, apakah si pelamar layak atau tidak bergabung di sebuah perusahaan.

Dan berikut ini tips-tips penting saat hendak mengikuti sesi interview atau wawancara kerja!

Tips Menghadapi Wawancara Kerja Dengan Tenang


Meskipun banyak orang yang tidak suka ketika harus menghadapi wawancara kerja, bagian ini merupakan bagian terpenting yang menentukan layak atau tidaknya anda untuk diterima di pekerjaan yang anda incar. Jadi daripada harus membenci tahap interview, lebih baik anda pahami beberapa tips menghadapi wawancara kerja dengan tenang berikut ini.

1. Pelajari Tentang Perusahaan Tempat Melamar Pekerjaan


Salah satu alasan mengapa banyak pelamar kerja yang ditolak setelah melewati tahap interview adalah karena mereka panik ketika ditanyai seputar tempat perusahaan dimana ia melamar. Padahal sebagai karyawan yang baik, anda harus mengerti tentang tempat anda bekerja sendiri, paling tidak seputar tentang produk atau jasa apa yang dihasilkan di sana.

Akan lebih baik lagi bila anda mengetahui hal-hal detail tentang perusahaan, misalnya apa visi misi perusahaan dan bagaimana skill anda bisa berguna dalam perusahaan tersebut. Hal yang seperti ini akan menjadi nilai tambah dibandingkan bila anda tidak tahu apa-apa sama sekali.

2. Tonjolkan Skill Yang Anda Miliki


Berikutnya, anda wajib menonjolkan skill dan kelebihan yang anda miliki. Misalnya anda bisa berkomunikasi dengan baik, atau anda pekerja keras, atau anda bisa bekerja di bawah tekanan dengan benar. Tonjolkan saja kemampuan yang dimiliki, khususnya ketika ditanya apa kelebihan anda.

Sebab banyak fresh graduate yang merasa grogi atau bingung ketika ditanya apa kelebihan mereka. Jadi sebelum melakukan wawancara, pastikan juga anda sadar betul akan skill yang anda miliki. Tetapi jangan terlalu membanggakan hingga terdengar sombong juga akan skill atau ketrampilan anda.

3. Jelaskan Kekurangan Anda Dengan Jujur


Selain kelebihan, ketika interview anda juga akan ditanya soal kekurangan atau kelemahan yang anda miliki. Di sini, mental anda akan diuji sebab anda harus mengungkapkan kekurangan tanpa merasa rendah diri di hadapan pewawancara.

Tips menghadapi wawancara kerja untuk bagian ini adalah dengan menjelaskan kekurangan anda dengan jujur dan dengan alasan yang jelas. Selain itu, berikan pula planning anda dalam mengatasi kekurangan tersebut. Misalnya anda kurang disiplin dalam mengatur waktu, berikan contoh rencana yang anda buat untuk mengatasi masalah ini. Misalnya mulai membuat timer pengingat dan selalu memperhatikan dateline.

4. Jangan Lupakan Penampilan


Dan tips menghadapi wawancara kerja yang selanjutnya dan yang tak kalah penting adalah jangan anggap remeh soal penampilan. Kebanyakan HRD dari perusahaan akan melakukan penilaian pertama soal kerapihan dan cara anda berpakaian.

Jangan takut pula untuk berkontak mata, selalu melihat ke mata pewawancara yang bertanya ketika berbicara. Selain itu, jangan lupa pula tersenyum, serta jawab setiap pertanyaan-pertanyaan dengan penuh antusias.

5. Bawa Perlengkapan Wawancara


Bawa perlengkapan yang dibutuhkan untuk wawancara seperti portofolio, surat lamaran kerja dan curriculum vitae. Karena kemungkinan nanti pihak pewawancara akan meminta dokumen-dokumen tersebut untuk dilihat, dan bahkan dijadikan bahan percakapan saat interview berlangsung.

Selain berkas-berkas di atas, jangan lupa membawa pena dan notes atau buku catatan saat wawancara. Lalu catat poin-poin penting dalam wawancara. Hal ini akan membuat pewawancara merasa dihargai, dan juga menunjukkan bahwa Anda sangat serius dan tertarik berkarir di perusahaan.

Sebelum berangkat melaksanakan interview, Anda juga bisa mencatat pertanyaan-pertanyaan yang nantinya ingin anda tanyakan saat wawancara di buku catatan tersebut. Sehingga tidak ada pertanyaan yang lupa atau terlewatkan.

Baca Juga: Jangan Nganggur! Berikut Doa Agar Anda Mudah Mendapat Pekerjaan

6. Sebaiknya Berdoa Sebelum Interview


Jika Anda percaya Tuhan, penting juga untuk berdoa terlebih dahulu sebelum interview. Berdoa dan melibatkan Tuhan bisa membuat seseorang lebih tenang serta lebih yakin saat menghadapi wawancara kerja yang biasanya akan menegangkan terutama bagi yang baru pertama kali mengikutinya.

Maka dari itu, jangan lupakan doa ketika mau mengikuti proses interview kerja. Baik ketika mau berangkat ke kantor perusahaan atau lokasi wawancara, hingga di saat sudah dipanggil untuk memasuki ruang wawancara.

Itulah beberapa tips sukses menghadapi wawancara kerja dengan tenang yang bisa anda terapkan. Tips agar tidak gugup dan supaya tidak grogi saat mengikuti interview kerja. Intinya adalah selalu menjawab semua pertanyaan dengan jujur dan usahakan untuk tidak merasa panik ketika menjawab.

0 Response to "Tips Dalam Interview atau Wawancara Kerja Agar Perusahaan Tertarik Menerima Anda"

Posting Komentar