Cara Pengajuan Pinjaman KUR untuk Modal Usaha

Memulai usaha memerlukan modal, sementara bank pada umumnya enggan mengucurkan kredit ke usaha yang baru dirintis. Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah meluncurkan KUR yang bertujuan membantu dunia usaha.

KUR atau Kredit Usaha Rakyat merupakan program pemerintah yang diberikan kepada UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). 

Tujuan KUR adalah membantu pengusaha untuk meningkatkan usaha mereka, atau bahkan membantu mereka jika terdapat kendala usaha yang membutuhkan dana tambahan. 

Cara Pengajuan Pinjaman KUR BNI untuk Modal Usaha

Meskipun saat ini muncul banyak sekali penawaran dari Fintech Pinjaman Online cepat cair, namun, KUR punya satu keunggulan, yaitu bunga yang sangat murah. 

Dengan bunga KUR 7% setahun, pinjaman KUR menjadi sangat bersaing buat pengusaha.

Untuk membahas KUR, studi kasus yang diambil adalah KUR BNI. Selama ini KUR identik dengan Bank BRI, namun kenyataannya penyaluran KUR dilakukan oleh pemerintah melalui Bank BNI.

KUR Bank BNI menjadi alternatif pinjaman modal usaha yang bisa dijadikan pilihan untuk para pengusaha.

Apa itu KUR BNI


BNI Kredit Usaha Rakyat merupakan fasilitas kredit dari Bank Indonesia untuk digunakan sebagai tambahan modal usaha produktif dalam bentuk kredit modal kerja. 

KUR (Kredit Usaha Rakyat) merupakan pemberian pinjaman yang diberikan kepada UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). 

Tujuan dari adanya program ini adalah untuk meningkatkan daya saing UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), serta mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja. Yang pastinya akan mengurangi angka kemiskinan yang ada di Indonesia

Nasabah juga dapat menggunakan kredit ini sebagai kredit investasi. Fasilitas yang diberikan BNI KUR (Kredit Usaha Rakyat) diberikan hingga maksimal Rp 500 juta dengan jangka pengembalian 3 tahun untuk kredit modal kerja dan 5 tahun untuk kredit investasi. 

Dengan beberapa manfaat yang diberikan oleh bank BNI dalam memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Maka dapat menjadi pilihan anda untuk mengembangkan usaha dan meraih kesuksesan di masa depan. Sehingga dapat membantu perekonomian Indonesia terutama apabila dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Macam dan Jenis KUR BNI


Terdapat tiga jenis Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang ada di Bank BNI. Tiga jenis KUR tersebut adalah KUR Mikro, KUR Ritel, dan KUR TKI. Dari tiga jenis KUR tersebut anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan anda. Agar anda lebih paham berikut kami ulas 3 jenis KUR BNI :

KUR Mikro


KUR Mikro BNI dapat diajukan oleh nasabah sebagai pembiayaan pengembangan usaha yang telah berjalan. Untuk KUR Mikro diberikan jangka waktu kredit hingga 4 tahun. Syarat yang diperlukan adalah KTP, KK dan Surat Keterangan Usaha. Jaminannya adalah usaha yang telah dijalankan. Pinjaman yang dapat anda ajukan maksimal adalah Rp 25 juta.


KUR Ritel


KUR Ritel BNI menawarkan pinjaman antara Rp 25 juta sampai Rp 500 juta. Sedangkan jangka waktu yang diperlukan maksimal hingga 5 tahun. Syarat untuk mengajukan KUR adalah KTP, KK, NPWP, Surat Keterangan Usaha. Jaminan yang harus anda berikan sesuai dengan ketentuan Bank BNI.

KUR TKI


KUR TKI menawarkan pinjaman hingga senilai Rp 25 juta dengan jangka waktu paling lama 3 tahun. Persyaratan yang diajukan adalah KTP, KK, Surat Izin Usaha. TKI yang dimaksud dalam pinjaman kredit ini adalah TKI yang bekerja di Singapura, Malaysia, Hongkong, Taiwan, Jepang dan Korea Selatan.

Tahapan Pengajuan KUR BNI


Itulah tiga jenis KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang ada di BNI. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk mengajukan pinjaman KUR BNI, berikut tata cara pengajuan KUR BNI atau tahapan pengajuan KUR di Bank BNI. 

  • Mengajukan formulir pengajuan KUR yang kita dapatkan di Kantor Bank BNI
  • Melengkapi dokumen persyaratan yang telah ditentukan sesuai dengan jenis KUR
  • Melengkapi dokumen jaminan berupa BPKB motor ataupun mobil, sertifikat rumah, maupun aset berharga lainnya
  • Pihak bank akan memproses pengajuan KUR dengan melihat kelayakan usaha calon debitur
  • Penandatanganan perjanjian pinjam meminjam
  • Proses pencairan diberikan melalui rekening BNI, jika anda belum mempunyai rekening BNI kemungkinan anda akan disarankan untuk membuat rekening BNI terlebih dahulu.
  • Proses cicilan atau pelunasan sesuai dengan jangka waktu yang telah anda tentukan

Keunggulan dan Kekurangan KUR BNI


Berikut ini kami juga sampaikan beberapa keunggulan dan kekurangan KUR BNI agar bisa Anda jadikan bahan pertimbangan ketika akan mengajukan pinjaman di KUR BNI.

Keunggulan KUR BNI

  • Fasilitas kredit mencapai Rp 500 juta
  • Proses cepat
  • Syarat mudah
  • Suku bunga bersaing
  • Jangka waktu pelunasan hingga 5 tahun
  • Bunga yang diberikan rendah hanya 7% per tahun

Kekurangan KUR BNI

  • Tidak semua KUR BNI yang ada bisa diajukan tanpa jaminan
  • Adapun yang yang menggunakan jaminan seperti BPKB motor ataupun mobil, sertifikat rumah, maupun aset berharga lainnya.
  • Sebelum proses pencairan dilakukan survey usaha terlebih dahulu
  • Survey usaha pastinya untuk melihat usaha anda yang sudah berjalan apakah usaha anda layak mendapatkan pinjaman atau tidak. Mungkin proses ini akan memperlama pencairan dana KUR
  • Jaminan akan kembali apabila pelunasan sudah selesai dari jangka waktu yang ditentukan
  • Jaminan yang diberikan baru akan kembali jika kredit yang anda pinjam sudah lunas dengan waktu yang ditentukan, dan apabila waktu yang ditentukan lama maka akan lama juga jaminan anda berada di Bank tersebut.

Informasi Kredit Usaha Rakyat


Berikut ini akan beberkan beberapa informasi tambahan mengenai Kredit Usaha Rakyat ((KUR) yang perlu anda ketahui :

  • Penurunan suku bunga 9% menjadi 7% efektif per tahun
  • Penetapan target KUR secara global sebesar Rp 122,xxx triliun
  • 50% dari target diperuntukan untuk sektor pertanian, perikanan, industri pengelolaan, konstruksi dan jasa produksi lain.
  • Pemerintah meluncurkan skema penyaluran baru di tahun ini, yaitu KUR Khusus diberikan untuk usaha perkebunan dan peternakan rakyat.

Itulah beberapa ulasan dan pembahasan kami mengenai KUR Bank BNI kami harap dengan ulasan ini anda lebih paham dan mengetahui mengenai KUR. Sehingga anda dapat melakukan pinjaman untuk meningkatkan usaha anda agar menjadi lebih produktif sehingga dapat membantu pemeritah dalam pemberian lapangan kerja sehingga menambah perekonomian masyarakat Indonesia. 

Untuk info lebih jelasnya anda boleh mendatangi langsung Kantor Bank BNI terdekat untuk tanya langsung kepada karyawan. Anda juga bisa minta brosur mengenai Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada karyawan Bank BNI.

Program dari pemerintah ini pastinya di peruntukan untuk masyarakat yang benar-benar ingin melakukan kredit demi meningkatkan usahanya demi perekonomian Indonesia. Sehingga kami harap kredit yang diberikan cepat sasaran dan berfungsi dengan baik. Semoga tidak ada yang dirugikan dari KUR (Kredit Usaha Rakyat).

Demikian beberapa ulasan dari kami, semoga bermanfaat bagi anda yang ingin mengajukan Kredit Usaha Rakyat. Sebelum anda melakukan Kredit pada Bank BNI pastikan anda telah memikirkan matang-matang agar tidak memberatkan anda pada kemudian hari. Terlebih khusus bicarakan terlebih dahulu dengan keluarga atau rekan bisnis anda ketika ingin melakukan kredit ini. Agar anda lebih yakin ketika melakukan kredit di bank BNI. Semoga artikel tentang KUR BNI 2019 ini bermanfaat dan dapat Anda jadikan referensi, terimakasih.

2 Responses to "Cara Pengajuan Pinjaman KUR untuk Modal Usaha "

  1. NAMA: Titin yuni Arlini
    Nomor rekening: 6170235108
    NAMA BANK: bank central asia (BCA)
    HIBAH PINJAMAN: Rp 250.000.000
    EMAIL SAYA: titinyuniarlini@gmail.com

    Selamat siang!!!
    Saya hanya tersenyum saat memposting ini karena KARINA ELENA ROLOAND LOAN COMPANY telah membuat saya dan keluarga saya keluar dari hutang. Semuanya berawal ketika saya membutuhkan pinjaman Rp250.000.000 untuk melunasi semua hutang saya, tidak ada yang membantu karena saya kehilangan suami sampai saya menemukan kontak emailnya di internet sehingga saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman dari MOTHER KARINA dan sekarang saya sangat senang dan berterima kasih atas bantuan MOTHER KARINA karena telah memberikan pinjaman saya.
    Sekarang saya memiliki bisnis sendiri dan saya merawat keluarga saya dengan baik karena bantuan KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY yang memberi saya pinjaman tanpa stres. Tuhan Yang Maha Kuasa akan terus memberkati kerja keras yang baik dari MOTHER KARINA.
    Anda dapat menghubungi mereka sekarang melalui email atau whatsapp oke: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp +15857083478

    BalasHapus