Ujian Bahasa Dan Tes Keterampilan CPMI (Calon Pekerja Migran Indonesia) ke Korea Selatan

Cara mengikuti ujian bahasa Korea atau EPS-TOPIK dan test ketrampilan untuk bekerja ke Korea Selatan. Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yang membahas prosedur pendafaran mulai dari pra pendaftaran online, pendaftaran ulang dan verifikasi dokumen, serta pembagian nomor ujian untuk ujian bahasa Korea atau lebih dikenal dengan sebutan ujian EPS-TOPIK (Employment Permit System – Test Of Proficiency In Korean).


Bagi anda yang lulus verifikasi dokumen dan sudah mendapat jadwal ujian, anda wajib mengikuti ujian sesuai jadwal yang anda peroleh di dalam pengumuman. Mulai dari lokasinya, hari apa, dan juga sesi ujian yang ke berapa. Misalnya anda dapat ujian sesi pertama, tapi kemudian terlambat datang, maka anda tidak diperbolehkan mengikuti ujian pada sesi kedua atau sesi berikutnya.

Ujian bahasa Korea (EPS-TOPIK) untuk CTKI ke Korea

Di lokasi ujian nanti ada orientasi atau penjelasan seputar tata cara mengikuti ujian EPS-TOPIK. Sehingga anda harus datang 1 jam sebelum pelaksanaan orientasi tersebut, dan harus sudah masuk ke dalam ruang ujian paling lambat 30 menit sebelum pelaksanaan orientasi. Bagi yang datang terlambat tidak diperkenankan mengikuti ujian.

Sebelum memasuki ruang ujian juga akan dilakukan verifikasi dan pemeriksaan sidik jari (fingerprint). Hal ini untuk memastikan bahwa peserta yang ikut ujian adalah peserta yang telah lulus pra pendaftaran serta untuk menghindari adanya joki ujian.


MENGIKUTI UJIAN BAHASA KOREA ATAU EPS-TOPIK

Yang wajib dibawa pada saat anda akan mengikuti ujian EPS-TOPIK adalah:

1. Asli bukti potongan formulir pendaftaran (Kartu Ujian).

2. Asli KTP Elektronik atau Paspor yang dipergunakan pada waktu verifikasi dokumen pendaftaran.

Jika tidak membawa berkas-berkas tersebut, anda tidak diperkenankan mengikuti ujian.

Dalam pelaksanaan ujian, anda wajib tampil rapi menggunakan baju berkerah dan bersepatu. Selama ujian berlangsung, anda dilarang keluar ruangan ujian dengan alasan apapun sebelum waktu ujian selesai. Apabila nekat keluar ruangan sebelum waktu ujian berakhir, maka anda akan dianggap gagal atau melakukan kecurangan. Selain itu anda juga dilarang menggunakan alat komunikasi (Handphone dan sejenisnya), apabila ditemukan peserta yang menggunakan alat komunikasi akan dianggap melakukan kecurangan dan keikutsertaannya di dalam ujian dibatalkan.

Dalam pelaksanaan ujian bahasa Korea, anda tidak diberikan lembar soal dan jawaban, karena bentuk ujiannya adalah Ujian Berbasis Komputer (Computer Based Test/CBT), dimana peserta mengerjakan soal ujian dan menjawab soal ujian dengan menggunakan komputer.

Sementara bentuk Ujian EPS-TOPIK adalah:

1. Ujian membaca (Pilihan ganda), sebanyak 20 pertanyaan dan berlangsung selama 25 menit.

2. Ujian mendengar, sebanyak 20 pertanyaan, juga berlangsung selama 25 menit.

3. Ujian membaca dan mendengar tersebut akan dilakukan tanpa ada jeda waktu istirahat.

4. Skor mininimal kelulusan EPS-TOPIK adalah 47.5 poin dan dipilih sesuai urutan hasil ujian dengan skor tertinggi, total nilai 100.


PENGUMUMAN HASIL UJIAN EPS-TOPIK

Setelah rampung mengikuti ujian EPS-TOPIK, selanjutnya menunggu pengumuman hasil ujian tersebut. Apakah anda lulus atau gagal. Pada tahap ini biasanya banyak sekali peserta yang berguguran alias tidak lulus. Sebagai contoh, jumlah peserta yang mengikuti Ujian EPS-TOPIK CBT Sektor Manufaktur pada tahun 2019 sebanyak 23.091 orang, sementara yang lulus hanya 2.760 orang saja.

Hasil ujian EPS-TOPIK biasanya muncul sebulan setelah ujian dan umumkan di situs BNP2TKI. Dan ketika pengumumannya sudah terbit, selamat jika nama anda terlampir di dalam daftar peserta yang lulus ujian. Namun tak perlu bergembira berlebihan juga. Sebab lulus ujian EPS-TOPIK sama sekali belum menjamin anda lulus bekerja ke Korea. Masih ada berbagai tahapan lain yang harus dilalui. Tapi setidaknya dengan lulus ujian bahasa Korea, satu ujian telah sukses terlewati, dan menjadi modal untuk mengikuti ujian tahap kedua yaitu ujian keterampilan atau skill test. Karena syarat untuk mengikuti ujian tahap II (skill test) adalah harus pada ujian tahap I (EPS-TOPIK).

Bagi yang belum lulus, harus bersabar, jangan menyerah, terus belajar, dan mencoba daftar lagi di pendaftaran-pendaftaran ujian EPS-TOPIK tahun-tahun berikutnya.


PENGUMUMAN JADWAL SKILL TEST

Bagi yang lulus ujian EPS-TOPIK, tahap selanjutnya adalah menanti pengumuman jadwal test ketrampilan dari BNP2TKI. Kalau ingin bekerja di Korea, mau tidak mau memang harus akrab dengan website BNP2TKI terutama pada menu G to G program penempatan TKI ke Korea. Pasalnya di sanalah segala informasi dan pengumuman-pengumuman penting seputar bekerja ke Korea bersumber. Bahkan ketika misalnya ada perubahan jadwal ujian, juga diumumkan di sana.

Pengumuman jadwal ujian skill test biasanya berselang tidak lama setelah setelah pengumuman kelulusan ujian EPS-TOPIK. Sekitar semingguan. Dan ketika jadwal ujian skill test sudah muncul, anda harus kembali mempersiapkan diri terutama bagi anda yang berdomisili di luar pulau Jawa. Karena test ketrampilan juga kembali dilaksanakan di kota-kota di pulau Jawa. Tinggal disesuaikan saja dengan lokasi yang terlampir di dalam pengumuman yang ada situs BNP2TKI.


MENGIKUTI TEST KETRAMPILAN

Untuk mengikuti Ujian Tahap II atau test ketrampilan ini, kelengkapan persyaratan yang harus anda bawa antara lain:

1. Asli Kartu Identitas diri (KTP/Paspor yang masih berlaku).

2. Asli Kartu Ujian Tahap I (EPS-TOPIK) Sistem Poin EPS Computer Based Test (CBT).

Saat melaksanakan test anda wajib memakai kemeja atau kaos berkerah, celana panjang atau bawahan warna gelap, dan memakai sepatu olahraga. Sama seperti ujian EPS-TOPIK, sebelum mengikuti test ketrampilan anda juga wajib melakukan verifikasi sidik jari pada saat registrasi dengan menunjukkan kartu ujian dan kartu tanda pengenal boleh KTP elektronik atau boleh paspor.

Saat melaksanakan tes keterampilan, anda dilarang menggunakan alat digital dan komunikasi (Handphone dan sejenisnya, laptop, tablet, music dan video players, kamera, atau alat telekomuniasi lainnya yang dapat mengambil dan menyebarkan informasi). Dan apabila pada saat ujian berlangsung ditemukan peserta yang menggunakan alat digital dan komunikasi akan dianggap melakukan kecurangan dan keikutsertaannya di dalam ujian dibatalkan.

Peralatan dan perlengkapan untuk ujian Tahap II (Skill Test) akan dipersiapkan dan disediakan pada saat ujian di tempat pelaksanaan ujian, sehingga anda tidak perlu membawa peralatan dan perlengkapan apapun kecuali Kartu Tanda Pengenal (KTP/ Paspor) dan Kartu Ujian.

Skill test atau tes keterampilan terdiri dari 3 bagian, yaitu test kekuatan fisik, test wawancara dan tes kemampuan dasar, dengan skor total 100.


PENGUMUMAN HASIL TEST KETRAMPILAN

Selesai mengikuti test ketrampilan, selanjutnya adalah menanti pengumuman hasil tes tersebut apakah anda lulus atau tidak. Pengumumannya kurang lebih tiga minggu setelah tes. Dan nilai kelulusan akhir adalah penjumlahan nilai Ujian Tahap I dan Ujian Tahap II, dan diambil berdasarkan urutan skor nilai tertinggi.

Pada seleksi tahap kedua ini biasanya juga banyak peserta yang tidak lulus. Sebagai gambaran, yang lulus ujian tahap I atau ujian EPS-TOPIK CBT Sektor Manufaktur pada tahun 2019 adalah 2.760 orang, kemudian setelah diseleksi di ujian tahap kedua yaitu test ketrampilan, yang lulus tinggal 1.813 peserta.

Penetapan hasil kelulusan ujian mulai tahap I (EPS-TOPIK) hingga ujian tahap II (tes keterampilan) sepenuhnya merupakan kewenangan pihak HRD Korea, dan hasil penetapan kelulusan tersebut tidak dapat diganggu gugat.


PENGUMUMAN PEMBAGIAN E-SERTIFIKAT KELULUSAN

Bagi anda yang berhasil lulus ujian EPS-TOPIK dan tes keterampilan, tahap selanjutnya adalah menunggu pengumuman pembagian sertifikat kelulusan digital (e-sertifikat). Sertifikat digital tersebutlah yang akan anda gunakan untuk mengirim lamaran kerja ke pabrik-pabrik atau lowongan kerja lainnya di Korea Selatan. Dan tahap tersebut akan kami bahas di artikel berikutnya.

Baca Selanjutnya: Pembagian Sertifikat Digital (e-Sertifikat) Untuk Melamar Kerja ke Korea Selatan

Buat yang tidak lulus, tidak perlu kecewa berkepanjangan. Masih ada kesempatan pada pendaftaran-pendaftaran berikutnya yang penting dari segi usia masih memenuhi syarat.

Sedangkan buat yang lulus dan akan mendapatkan e-sertifikat, tidak perlu bergembira berkepanjangan juga, sebab lulus ujian bahasa dan test ketrampilan belum menjamin anda bekerja ke Korea. Perjuangan belum selesai. Namun paling tidak dengan lulusnya anda di dua test tersebut, anda semakin dekat dengan impian bekerja di Korea Selatan.

1 Response to "Ujian Bahasa Dan Tes Keterampilan CPMI (Calon Pekerja Migran Indonesia) ke Korea Selatan"

  1. Bang klo mw jd tki k korsel kn hrus bs dulu bhs korea, infoin dong tempat les yg bagusny. Harus les dulu ssndiri atau nanti diajarkan oleh lembaga? Seperti tki k taiwan dll

    BalasHapus