Cara Pendaftaran Online Untuk Ujian EPS-TOPIK Penempatan Kerja Ke Korea Selatan

Sebelumya kami sudah membahas persiapan awal untuk melamar kerja ke Korea Selatan, mulai dari syarat-syaratnya, hal-hal yang tidak diterima untuk bekerja di sana, serta kursus bahasa Korea untuk menghadapi ujian EPS-TOPIK (ujian bahasa Korea) dan skill test (tes ketrampilan). Setelah anda mempersiapkan semua hal tersebut, tahap selanjutnya ialah menanti adanya lowongan kerja atau pendaftaran ujian untuk bekerja ke Korsel.


Pendaftaran tersebut akan diumumkan secara resmi di website BNP2TKI (bnp2tki.go.id) dan juga dibagikan ke sosial medianya seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Makanya anda musti rajin-rajin memantau situs BNP2TKI atau menjadi pengikut sosmednya agar tidak ketinggalan informasi pendaftaran. Pasalnya pra pendaftaran online ini biasanya hanya berlangsung seminggu bahkan kurang. Jadi kalau sampai ketinggalan info, mau tidak mau anda harus menunggu pengumuman pendaftaran gelombang berikutnya atau bahkan tahun depannya lagi.

Kerjasama Indonesia dan Korea  dalam program G 2 G

PENGUMUMAN PRA PENDAFTARAN SECARA ONLINE

Ketika pengumuman pendaftaran ujian bekerja ke Korea Selatan sudah ada, hal pertama yang bisa anda lakukan adalah cek dulu apakah bidang pekerjaan yang ditawarkan di dalam pengumuman tersebut sesuai dengan keinginan anda atau tidak. Misalnya pengumuman pendaftaran untuk sektor manufaktur, kalau anda ingin dikerjakan di pabrik-pabrik, silahkan anda melanjutkan ke tahap pra pendaftaran. Tapi misalnya anda inginnya bekerja di sektor manufaktur, sementara pengumuman yang muncul adalah untuk bidang perikanan, anda boleh mengabaikannya dan menanti info pendaftaran berikutnya yang sesuai minat anda.

Untuk saat ini jenis pekerjaan di Korsel yang ditawarkan untuk pekerja asing antara lain di sektor manufaktur, sektor perikanan, sektor konstruksi, sektor agriculture (livestock), sektor jasa dan sektor pertanian. Namun yang paling sering dibutuhkan adalah untuk sektor manufaktur dan perikanan.

Kalau anda tidak pilih-pilih dan siap bekerja di bidang apa saja, anda boleh melakukan pra pendaftaran kapanpun ketika ada pengumuman. Untuk pra pendaftaran ini dilaksanakan secara online, jadi bisa anda lakukan di mana saja yang penting memiliki perangkat dan jaringan internet. Bisa di warnet ataupun di rumah anda sendiri.

Baca Juga: Daftar Jenis-jenis Pekerjaan Untuk TKI di Korea Selatan


HAL-HAL YANG DIPERLUKAN UNTUK MELAKUKAN PRA PENDAFTARAN

Karena pra pendaftaran ini secara online, hal-hal yang musti anda persiapkan adalah:

1. Email pribadi yang masih aktif.

2. Scan Asli KTP Elektronik.

3. Sacn pasfoto berwarna terbaru dengan latar belakang putih. Terlihat dahi, telinga serta tidak berkacamata dan diambil dalam jangka waktu 6 bulan terakhir. Tidak boleh foto berjilbab bagi perempuan.

4. Scan Asli Ijazah Pendidikan terakhir.

5. Scan Asli Buku Tabungan atas nama pribadi yang masih aktif.

6. Scan Surat Keterangan Tidak Buta Warna, yang mana pada surat keterangan dokter tersebut harus menunjukkan hasil dan tertulis TIDAK BUTA WARNA. Dan jangan lupa, Surat Keterangan Dokter yang berlaku adalah yang dikeluarkan dalam jangka waktu 6 bulan terakhir. Jika surat keterangan tersebut sudah lewat enam bulan, maka tidak akan diterima dan anda tidak lulus pra pendaftaran, sehingga tidak bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.

7. Scan paspor jika sudah punya. Jika belum punya tidak masalah. Untuk tahap pra pendaftaran ini, tidak apa-apa jika belum memiliki paspor. Passport baru wajib dimiliki nanti ketika sudah sampai pada tahap Preliminary Education atau Prelim.

Setelah hal-hal tersebut di atas anda persiapkan, anda bisa langsung melakukan pra pendaftaran online untuk ujian penempatan kerja ke Korea Selatan.


CARA PRA PENDAFTARAN ONLINE

1. Buka website: http://g2g.bnp2tki.go.id

2. Di layar akan muncul informasi pengumuman ujian Pendaftaran EPS-TOPIK terbaru. Silahkan dibaca-baca dulu isi pengumuman tersebut.

3. Di halaman yang sama, ada tombol 'Register Now' yang terletak di pojok kanan atas. Untuk melakukan pendaftaran, klik tombol tersebut.

4. Selanjutnya akan muncul form isian pendaftaran. Silahkan isi dengan data-data anda meliputi data diri, kontak, data orang tua, data bank, pengalaman kerja dan kompetensi.

5. Pilih wilayah/lokasi yang nantinya anda gunakan untuk melakukan verifikasi dokumen dan pengambilan kartu ujian.

6. Selanjutnya upload seluruh scan dokumen persyaratannya. Mulai KTP, paspor (jika ada), Foto, Ijazah Asli terakhir, buku tabungan atas nama pribadi, dan surat keterangan tidak buta warna.

7. Pada bagian bawah form isian ini terdapat tombol 'Register' untuk melakukan pendaftaran dan menyimpan data, dan tombol 'Reset Form' untuk mengosongkan form isian. Pastikan semua kolom telah terisi dengan benar. Ketika tombol 'Register' anda klik maka akan tampil informasi: “Apakah anda yakin akan menyimpan data?”

8. Klik tombol “Ok” untuk menyimpan data dan dengan demikian anda telah terdaftar sebagai pendaftar ujian EPS-TOPIK.

9. Setelah tombol register diklik maka akan  tampil informasi:

Keterangan berhasil menyimpan.
Link untuk mencetak bukti pra pendaftaran.
Link untuk download aplikasi Acrobat Reader.

Silahkan klik Link untuk mencetak tanda bukti Pra Pendaftaran (Online). Jika link untuk mencetak bukti pra pendaftaran tidak muncul, silahkan cek inbox email pribadi yang digunakan saat mendaftar.

10. Hasil cetak/print out pra pendaftaran berupa nomor registrasi bukti pra pendaftaran dan KODE PEMBAYARAN non tunai biaya Ujian EPS-TOPIK. Data hasil cetak pra pendaftaran dapat disimpan dalam bentuk Softcopy baik di Flashdisk, Hard Disk Eksternal, dan lain-lain.


MEMBAYAR BIAYA UJIAN EPS-TOPIK

Setelah melakukan pendaftaran online, langkah selanjutnya adalah membayar biaya untuk ujian EPS-TOPIK sebesar 24 USD alias dolar Amerika. Tinggal dikalikan saja dengan kurs rupiah pada saat anda melakukan pendaftaran. Di sana akan ada keterangan kapan selambat-lambatnya biaya ujian tersebut anda transfer, jadi jangan sampai terlambat.

Cara pembayarannya adalah dengan menggunakan Kode Bayar yang tertera pada hasil cetak pembayaran Pra Pendaftaran (Online) seperti yang dijelaskan di point 10 di atas. Pembayarannya harus di bank BRI, baik melalui ATM, internet banking dan boleh juga langsung melalui teller dengan menyebutkan pembayaran melalui Brinets Express. Tidak boleh di bank lainnya.

Tidak perlu kuatir, seandainya nanti anda dinyatakan tidak lulus ujian EPS-TOPIK tanpa melakukan kecurangan, biaya ujian tersebut sepenuhnya akan dikembalikan lagi kepada anda. Namun jika terbukti melakukan kecurangan misalnya pemalsuan dokumen, biaya ujian tidak akan dikembalikan dan dimasukkan ke dalam kas negara. Tapi pada tahap pra pendaftaran online ini mayoritas CTKI berhasil melewatinya alias lulus. Hanya sedikit yang tidak keterima.


VERIFIKASI DOKUMEN DAN PEMBAGIAN KARTU UJIAN

Kalau sudah melakukan pra pendaftaran online dan membayar biaya ujian, fase berikutnya adalah menunggu pengumuman jadwal verifikasi dokumen dan pembagian kartu ujian. Pengumuman ini juga disampaikan di website BNP2TKI.

Nanti ketika pengumuman jadwal pendaftaran ulang dan verifikasi dokumen serta pembagian kartu ujian ini sudah dirilis, anda wajib datang sendiri (tidak dapat diwakilkan) karena akan dilakukan pengambilan sidikjari dan foto. Tahap ini dilaksanakan secara manual, artinya peserta harus datang ke lokasi yang ditunjuk oleh BNP2TKI sesuai tanggal dan lokasi yang tertera di dalam pengumuman. Bisa di Jakarta, Semarang atau Bandung, tergantung lokasi yang tersedia dan anda pilih pada pra pendaftaran. Jadi buat yang tinggal jauh dari lokasi harus siap-siap biaya perjalanan dan penginapan. Dan harus berpakaian rapi dan sopan (baju berkerah warna bebas) dan juga bersepatu.

Persyaratan-persyaratan yang harus dibawa saat verifikasi dokumen adalah.

1. Bukti Cetak Pra Pendaftaran Online.

2. Asli Bukti Pembayaran Biaya Ujian EPS-TOPIK.

3. Asli KTP Elektronik.

4. Pasfoto berwarna terbaru berukuran 3.5 x 4.5 cm sebanyak 2 lembar dengan latar belakang putih, tidak berkacamata, tidak menggunakan penutup kepala, terlihat dahi dan telinga, tidak menggunakan baju berwarna putih, menghadap kamera dengan wajah penuh, tanpa border, dan diambil dalam jangka waktu 3 bulan terakhir.

5. Asli Ijazah Pendidikan terakhir (minimal SLTP atau sederajat).

6. Asli Buku Rekening (Tabungan) atas nama sendiri dipergunakan untuk pengembalian biaya pendaftaran Ujian bagi yang dinyatakan tidak dapat mengikuti ujian oleh HRD Korea.

7. Asli Surat Keterangan Tidak Buta Warna, yang mana pada surat keterangan dokter tersebut harus menunjukkan hasil dan tertulis TIDAK BUTA WARNA. Dan Surat Keterangan Dokter yang berlaku adalah yang dikeluarkan dalam jangka waktu 6 bulan terakhir.

8. Asli Paspor (jika sudah ada) yang masih berlaku minimal 1 Tahun.

9. Satu lembar Scan berwarna KTP Elektronik. Foto pada Scan berwarna KTP harus jelas dan tidak buram.

10. Satu lembar Scan Paspor (jika ada) berwarna yang masih berlaku minimal 1 Tahun berukuran 5,5 x 8,5 cm (resolusi 300 dpi) untuk ditempel pada Formulir Pendaftaran.

Selain itu, juga wajib membawa softcopy seluruh dokumen kelengkapan pra pendaftaran online (yang telah diupload) dengan format JPG yang disimpan dalam flash disk (Dokumen WAJIB di SCAN bukan di FOTO), yaitu:

1) Scan Asli KTP.
2) Scan Asli Paspor (jika sudah ada).
3) Pasfoto terbaru.
4) Scan Asli Ijazah terakhir.
5) Scan Asli Buku Tabungan atas nama sendiri.
6) Scan Asli Surat Keterangan Tidak Buta Warna.

Harap diingat, jika nanti dalam proses verifikasi data ditemukan dokumen yang tidak sesuai/palsu maka proses pendaftaran akan dibatalkan, dan anda tidak diperbolehkan mengikuti pendaftaran apapun selama 3 (tiga) tahun berikutnya.


MENUNGGU PENGUMUMAN JADWAL UJIAN

Setelah verifikasi dokumen, silahkan kembali ke rumah masing-masing dan menunggu pengumuman kapan dan di mana lokasi ujian EPS-TOPIK dilaksanakan. Pengumuman ini biasanya beberapa minggu setelah proses verifikasi dokumen.

Nah, ketika jadwal dan lokasi ujian sudah diumumkan, dan nama anda muncul di dalam lampiran pengumuman tersebut, anda harus segera bersiap apalagi jika anda tinggal di luar Jawa. Karena lokasi ujiannya bisa di Ciracas, Jakarta Timur. Bisa di Cirebon, Jawa Barat. Atau bisa juga di Semarang, Jawa Tengah. Pada hari ujian nanti, anda harus hadir di lokasi ujian 1 jam sebelum pelaksanaan orientasi, dan harus sudah berada di dalam ruang orientasi paling lambat 30 menit sebelum pelaksanaan orientasi dimulai. Tidak ada toleransi untuk keterlambatan. Jika telat, anda tidak diperkenankan mengikuti ujian.

Demikianlah tahap pendaftaran dan verifikasi dokumen serta penentuan jadwal ujian untuk melamar kerja ke Korea Selatan. Tahap selanjutnya adalah melaksanakan ujian EPS-TOPIK atau ujian bahasa Korea dan skill test atau tes keterampilan, dan akan kami bahas selengkapnya di artikel selanjutnya.

Baca Selanjutnya: Cara Mengikuti Ujian Bahasa Dan Tes Keterampilan CPMI (Calon Pekerja Migran Indonesia) ke Korea Selatan

Dan untuk diketahui, bagi anda yang gagal di fase verifikasi dokumen ini, tidak perlu berkecil hati. Anda bisa mencoba lagi di pendaftaran-pendaftaran berikutnya. Penetapan peserta yang bisa mengikuti Ujian EPS-TOPIK sepenuhnya merupakan kewenangan pihak HRD Korea, yang telah melakukan proses seleksi ulang terhadap seluruh peserta yang telah mendaftar. Mereka lah yang menentukan peserta mana yang dapat mengikuti dan yang tidak dapat mengikuti pelaksanaan Ujian EPS-TOPIK. Dan keputusan tersebut tidak dapat diganggu gugat.

1 Response to "Cara Pendaftaran Online Untuk Ujian EPS-TOPIK Penempatan Kerja Ke Korea Selatan"

  1. 5 thun sudah saya plang dari korea,dgan menyerahkan diri,dn sekarang saya pengen kesana lgi apa masih bisa

    BalasHapus