Cara Cepat Cek Saldo JHT Via Aplikasi BPJSTKU

Panduan bagaimana menggunakan Aplikasi BPJSTU untuk cek saldo JHT Jamsostek. Tapi sebelumnya teman-teman sudah tahu belum apa itu aplikasi BPJSTKU? Kalau belum tahu, aplikasi BPJSTKU adalah layanan terbaru dari BPJS Ketenagakerjaan yang merupakan penerus aplikasi BPJSTK Mobile yang sekarang sudah tidak berlaku lagi. Jadi sekarang kita sudah bisa lagi melihat saldo JHT lewat internet memakai aplikasi BPJSTK Mobile!

Sebagai gantinya, untuk mengecek saldo JHT secara online lewat hape smartphone bisa dengan aplikasi BPJSTKU. Cara mengecek saldo JHT melalui BPJSTKU Apk sebenarnya sangat gampang, praktis, cepat, bisa dilakukan di mana saja, kapan saja, dan hasilnya dijamin akurat. Asalkan memang sedang tidak ada gangguan dari pihak BPJS Ketenagakerjaan sendiri misalnya karena sedang ada perbaikan. Soalnya BPJS TK terkadang melakukan pembaharuan dan inovasi layanan-layanan onlinenya, sehingga berdampak pada kinerja aplikasi BPJSTKU.

BPJSTKU Apk Layanan online terbaru BPJS Ketenagakerjaan


Dan buat teman-teman peserta BPJS Ketenagakerjaan PPU (Pekerja Penerima Upah), yang ingin cek saldo JHT via BPJSTKU apk tapi belum memiliki akun BPJSTK/Jamsostek, silahkan siapkan Smartphone Android Anda dan ikuti langkah-langkah di bawah ini.


1. Instal aplikasi BPJSTKU dari Google Playstore.

2. Buka aplikasi BPJSTKU.

3. Klik PENDAFTARAN PENGGUNA BPJSTKU, yang bergambar warna hijau dan tulisan angka 4-nya.

4. Atau Klik LOGIN, Kemudian pilih Buat Akun Baru.

5. Masukkan Alamat Email.

6. Buka e-mail dan masukkan PIN verifikasi.

7. Pilih Jenis Kepesertaan PU (Penerima Upah)

8. Masukkan Nama Lengkap, Tanggal Lahir dan NIK sesuai e-KTP.

9. Masukkan No KPJ (Kartu Peserta Jamsostek)/ BPJS Ketenagakerjaan.

10. Masukkan Nomor Hape.

11. Masukkan kode verifikasi yang dikirim via SMS.

12. Buat kata sandi minimal delapan karakter.

13. Klik menu Lihat Saldo.

Selesai!

Di layar smartphone terlampir saldo terakhir tabungan uang JHT (Jaminan Hari Tua) milik kita. Bahkan bukan hanya informasi jumlah total uang JHT saja, di situ juga terdapat info status kepesertaan kita masih aktif atau tidak. Kalau kartu BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek) masih aktif, di sebelah kanan informasi saldo JHT ada lambang ceklis. Sementara bagi yang statusnya sudah non aktif lambangnya adalah tanda silang.

tampilan cek saldo JHT via Aplikasi BPJSTKU


Di situ juga tertera nama perusahaan tempat kita bekerja, berapa jumlah karyawannya, berapa upah terakhir kita, kapan iuran terakhir kita, dan kapan perusahaan menyetorkan iuran kita tersebut. Sangat lengkap dan informatif. Dengan BPJTKU apk, kita bisa sedikit mengetahui informasi perusahaan sambil mengawasi apakah perusahaan tertib membayarkan iuran bulanan BPJS TK kita atau tidak.


Cara ini merupakan cara terbaru cek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan, melengkapi beberapa metode yang sudah ada sebelumnya seperti Cek Saldo JHT Lewat Layanan SMS 2757 dan cek saldo lewat layanan E-Service di website BPJS TK. Dan beberapa cara mengecek saldo JHT sekarang yang sudah tidak berlaku lagi yaitu cek via aplikasi BPJSTK Mobile, via ATM BNI dan ATM BRI.

Demikian saja tutorial singkat cara cek saldo JHT Jamsostek via aplikasi BPJSTKU. Semoga bisa membantu teman-teman yang membutuhkan informasi ini. Dan mohon diperhatikan, bahwa tips di atas hanya berlaku buat peserta BPJS Ketenagakerjaan yang belum memiliki akun BPJSK/Jamsostek. Bagi yang sudah pernah membuat akun, tidak perlu mengikuti semua petunjuknya tahap demi tahap. Bisa langsung ke tahap nomor 12 dan 13.

11 Responses to "Cara Cepat Cek Saldo JHT Via Aplikasi BPJSTKU"

  1. Kenapa punya saya kok gak bisa dimasukin nomor telepon ??

    BalasHapus
  2. Cust nya bpjs pun gx jelas...
    Sudah sy call dan bikin laporan ttg sy gx bsa login tp no body to action... And then never followup...
    My good nice.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kak. Saya juga begitu sampe skrg gaada kejelasan tentang komplain tidak bisa login

      Hapus
  3. Email saya tdk terdaftar,pdhl sdh buat akun baru

    BalasHapus
  4. Sama....aku juga gak bisa di pakai. Padahal akun nya sudah benar. Balasan email nya

    BalasHapus
  5. Kenapa saldo saya tidak bisa di cek

    BalasHapus
  6. Kenapa ga ad tampilan saldo sprti yg dtrangkan diatas. Dan tiap dklik 'cek saldo'malah minta kjp yg laen. Maksdnya apaan tu ya. Ato ad cara trlrwatkan?

    BalasHapus
  7. no.kpjnya saya masukin keteranganya tdk diketauin padahal suami da bayar tuh ama petugasnya waktu
    datang buat

    BalasHapus
  8. Saya ga bisa login, padahal saya masukin data sesui yg d ktp sm kartu bpjs ketenagakerjaan nya, tapi pas tahap terakhir malah ada ket NIK tidak valid, itu gimana ya?

    BalasHapus
  9. Kenapa jamsotek saya gk bisa daftar akun

    BalasHapus