6 Cara Mengetahui Jumlah Saldo JHT BPJS TK/Jamsostek, Nomor 4 Paling Mudah!

Dari cara cek saldo JHT Jamsostek menggunakan aplikasi BPJSTK Mobile, via website BPJS Ketenagakerjaan, lewat ATM BNI dan BRI, datang langsung ke kantor cabang, hingga mengecek saldo melalui layanan SMS 2757, semuanya akan kami bahas lengkap dan mendalam dalam artikel ini.

Sebenarnya tanpa perlu kita cek, jika status kita masih peserta aktif, setiap tahun kita akan diberi slip laporan berisi jumlah total saldo beserta rincian pengembangan saldo JHT dalam setahun. Lembaran laporan tersebut dikeluarkan oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan dan diberikan melalui perusahaan tempat kita bekerja.

Cara cek saldo JHT Jamsostek BPJS Ketenagakerjaan

Tapi memang tak bisa dipungkiri, mayoritas peserta Bpjs Tk pasti ingin sering-sering melihat sudah berapa banyak uang tabungan Jaminan Hari Tua miliknya. Tidak sabar jika hanya mengandalkan slip laporan tahunan. Maka dari itu, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja telah menyediakan beragam metode untuk mempermudah peserta yang ingin setiap saat mengetahui saldo Jht-nya. Mulai dari cara cek saldo JHT lewat pesan singkat hp, cek saldo via internet (online), hingga mengecek secara manual dengan mendatangi kantor cabang terdekat.

Apalagi buat peserta-peserta BPJS TK yang status keanggotaannya sudah non aktif, artinya yang sudah berhenti bekerja menjadi karyawan perusahaan, tentu sangat penting untuk memahami seperti apa cara-caranya. Karena bagi peserta non aktif, tentu sudah tidak akan diberikan slip laporan saldo lagi oleh perusahaan.

Baca Juga: Cara Mengurus Kehilangan Kartu Peserta BPJS TK Agar Dibuatkan yang Baru

Baik. Langsung saja kami bahas satu per satu keenam cara terbaru cek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek) 2018 tersebut.

1. Melalui Aplikasi BPJSTK Mobile

Sekarang ini yang mulai populer adalah Cek Saldo JHT secara online dengan menggunakan Aplikasi BPJSTK Mobile. Hal ini efek dari semakin banyaknya peserta bpjs tk yang memiliki smartphone baik Android, IOS maupun BlackBerry.

Selain itu juga karena cara mengecek total saldo uang jaminan hari tua melalui BPJSTK Mobile App tidak terlalu sulit. Apalagi buat anak-anak muda, yang sehari-hari sudah terbiasa memegang gadget, sangat kebangetan kalau sampai tidak bisa menggunakan aplikasi satu ini.

Pertama-tama silakan didownload aplikasinya kemudian instal di smartphone anda. Jika sudah terpasang, langsung saja log in menggunakan email dan PIN akun BPJS TK milik Anda. Karena untuk bisa menggunakan layanan cek saldo ini kita harus login atau masuk ke aplikasi, dan untuk masuk kita membutuhkan akun.

Bagi yang belum punya akun silakan mendaftar terlebih dulu. Pendaftarannya menggunakan email aktif, nomor handphone aktif, no KPJ, dan data-data kependudukan. Untuk pengisian datanya tinggal mengikuti petunjuk yang tertera di formulir registrasi akun baru yang ada di aplikasi.

Contoh jumlah saldo JHT cek lewat aplikasi BPJSTK Mobile

Tutorial lengkap mengenai tata cara mendaftar akun BPJS Ketenagakerjaan, bisa sobat baca di artikel-artikel kami sebelumnya. Karena kalau semua ditulis di sini bakalan kepanjangan. Ada dua cara membuat akun bpjstk, bisa lewat komputer dan bisa juga melalui hp smartphone. Silakan dipilih mana yang cocok dengan perangkat teman-teman di rumah.

Setelah memiliki akun dan sudah berhasil login, Anda sudah bisa memanfaatkan semua fitur yang ada di Apk BPJSTK Mobile, salah satunya untuk melihat Saldo JHT. Selain itu terdapat banyak sekali manfaat aplikasi ini. Cek saldo hanyalah sebagian kecil saja dari semua fungsi dan layanan yang disediakan dalam aplikasi BPJSTK Mobile. Kalau ingin tahu manfaat-manfaat yang lainnya, silakan teman-teman baca Di Sini.

2. Melalui Website BPJS Ketenagakerjaan

Selain via aplikasi, cara cek saldo JHT lewat internet lainnya juga bisa dilakukan melalui website BPJS Ketenagakerjaan pada menu E-Service. Tapi untuk bisa melakukannya tentu kita harus memiliki perangkat yang mendukung. Sinyal internet serta komputer ataupun laptop. Jika lewat smartphone bisa dicoba menggunakan browser Chrome, tapi jangan lupa tampilannya diubah ke versi desktop terlebih dahulu.

Langkah-langkahnya silakan buka situs bpjsketenagakerjaan.go.id, lalu masuk menggunakan akun BPJSTK yang telah anda buat seperti pada tutorial nomor satu di atas.

Nah setelah berhasil log in dan berada di beranda web Bpjs Ketenagakerjaan, klik saja menu lihat saldo JHT (Jaminan Hari Tua). Kemudian pilih KPJ BPJS Ketenagakerjaan dan klik submit. Beres! Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan milik anda akan terpampang di layar.

Jangan lupa aktifkan nomor ponsel yang digunakan untuk pendaftaran akun. Karena kemungkinan kita akan mendapat SMS berupa PIN untuk verivikasi cek saldo.

3. Cek Saldo JHT Langsung di Kantor BPJS TK

Cara mengecek saldo JHT dengan langsung mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan, bisa menjadi alternatif terutama bagi teman-teman yang tinggalnya tidak jauh dari kantor BPJS TK, atau bagi yang kebetulan ada urusan di sekitar kantor BPJS TK. Jadi sekalian mampir, lumayan bisa cuci mata melihat mbak-mbak customer service yang cakep-cakep, hehe becanda.

Pengalaman pribadi sewaktu cek saldo langsung ke kantor BPJS TK, saya cuma diminta menunjukkan KTP dan kartu peserta BPJS TK. Beberapa menit kemudian hasilnya sudah keluar. Kelebihannya kalau melakukan cek saldo langsung di kantor BPJS Ketenagakerjaan, kita akan diberi print out berisi total saldo dan rincian saldo.

4. Lewat Layanan SMS 2757

Dari semua metode yang ada, cara cek saldo JHT lewat hp dengan SMS menurut kami yang paling mudah dan praktis. Pasalnya kita tidak butuh akses internet sebagaimana kalau kita mengeceknya lewat website bpjs ketenagakerjaan. Dan juga tidak perlu handphone canggih seperti kalau cek saldo menggunakan aplikasi BPJSTK Mobile.

Hape tipe apa saja bisa dipergunakan untuk cek saldo JHT lewat pesan singkat. Yang penting ada sinyal dan pulsa. Layanan ini dikenakan tarif Rp 165 per SMS. Dan provider yang mendukung program ini untuk sementara baru Telkomsel (Kartu As dan Simpati), Indosat (Im3) dan XL axiata.

Caranya cukup ketik SMS dengan format seperti ini:

SALDO spasi No Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Lalu kirim ke 2757. Nanti kita akan mendapat balasan berisi informasi saldo JHT kita.

Tapi untuk bisa menikmati layanan ini, nomer HP yang kita gunakan harus nomor yang sudah terhubung dengan kepesertaan BPJS ketenagakerjaan kita, artinya nomor henpon tersebut yang kita masukkan saat membuat akun BPJS TK.

Namun tak perlu kuatir, walaupun belum memiliki akun BPJS TK, kita tetap bisa cek saldo JHT dengan SMS. Syaratnya kita harus mendaftarkan dulu nomor kartu SIM kita pada layanan SMS 2757. Cata registrasinya gampang dan juga dilakukan lewat SMS. Berikut ini format SMS pendaftarannya:

DAFTAR spasi SALDO#NO.KTP#NAMA PESERTA#TGL LAHIR (DD-MM-YYYY) #NO.KARTU BPJS TK/JAMSOSTEK#Email(jika ada)

Kirim ke 2757.

Jika nomor kartu SIM hape kita sudah terdaftar, kita sudah bisa menggunakannya untuk mengetahui saldo JHT lewat SMS, kapan saja di mana saja. Yang penting ada pulsa dan ada jaringan.

5. Menggunakan ATM BRI

Cara Cek Saldo dana JHT lewat ATM BRI (Bank Rakyat Indonesia) juga terbilang mudah. Soalnya ATM BRI saat ini sudah menyebar hingga ke pelosok-pelosok kecamatan bahkan pedesaan. Jika teman-teman peserta BPJS TK kebetulan nasabah BRI dan memiliki kartu ATM-nya, silahkan mencoba memanfaatkan layanan ini.

Tapi supaya kartu ATM BRI bisa digunakan untuk cek saldo JHT, nomor handphone SMS Banking BRI Anda, harus no hape yang sama dengan yang Anda kaitkan dengan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Artinya nomer SMS Banking BRI Anda tersebut, juga yang Anda gunakan untuk membuat akun BPJS TK, seperti cara pertama di atas. Jika no hape yang Anda gunakan untuk layanan SMS Bank BRI tidak terhubung dengan akun BPJS TK, maka ATM BRI anda tidak bisa digunakan untuk cek saldo JHT.

Cara mengecek saldo JHT via ATM BRI sangat mudah. Tinggal mendatangi ATM BRI, masukkan kartu ATM anda, masukkan PIN passwordnya, lalu pilih Bahasa Indonesia. Selanjutnya buka menu RANSAKSI LAINNNYA dan pilih INFO POINT, selanjutnya di layar mesin ATM akan menampilkan informasi total saldo JHT BPJS ketenagakerjaan milik Anda.

Tapi harap diingat, layanan ini hanya untuk sekedar melihat jumlah saldo saja. Saldo tersebut tidak bisa ditarik alias dicairkan lewat ATM.
Baca Juga: 13 Penyebab Kenapa Pencairan Uang JHT Ditolak dan Cara Mengatasinya

6. Cek Saldo Melalui ATM BNI

Cara terakhir untuk melihat jumlah saldo tabungan JHT juga sama-sama melalui ATM, tapi kali ini dari bank yang berbeda yaitu ATM Bank Nasional Indonesia. Metode ini hadir khusus untuk Anda peserta BPJS TK yang memiliki rekening di bank BNI dan juga memiliki kartu ATM-nya.
Kebetulan dari dulu sejak namanya masih Jamsostek, BPJS Ketenagakerjaan memang selalu bekerja dengan Bank BNI. Makanya, di layanan ATM BNI sengaja disediakan menu Informasi Saldo JHT.

Syarat untuk bisa cek saldo BPJS Ketenagakerjaan di ATM BNI, kita harus sudah mendaftar pada layanan mobile banking yang disediakan oleh BNI.

Jika sudah terdaftar cara mengeceknya, masukkan kartu dan PIN ATM BNI anda, pilih menu Informasi dan Mutasi, lalu pilih Menu Sebelumnya. Kemudian di tampilan selanjutnya, pilih menu Informasi Saldo JHT. Selesai! Jumlah saldo JHT anda akan tertera di monitor ATM.

Demikianlah beragam Cara Cek Saldo uang jaminan hari tua Jamsostek (BPJS Ketenagakerjaan). Dengan banyaknya pilihan cara yang tersedia, teman-teman bisa memilih metode yang mana yang terbaik dan termudah menurut Anda.

16 Responses to "6 Cara Mengetahui Jumlah Saldo JHT BPJS TK/Jamsostek, Nomor 4 Paling Mudah!"

  1. Mau masuk lupa pin trus ko ga ada kode perifikasi ke @gmail buat ganti lin baru..😢

    BalasHapus
  2. Punya saya lupa sandi n lupa passwordnya n no hp yg di pakai saat pendaftaran bpjstk sudah tdk di pakai lagi, ,mohon bantuan

    BalasHapus
  3. Emang skrang bisa langsung dicairkan BPJS JHT nya walau masih umur 26 , mohon kterangan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya bantu jawab. Untuk peraturan sekarang kita bisa cairkan bpjs JHT berapapun umurnya asalkan sudah dalam keadaan nganggur atau tidak kerja baik itu karena resign ataupun di PHK, kartu bpjs harus dalam kondisi non aktif dan lengkapi paklaring & syarat2 lainnya seperti KTP, KK, buku tabungan. Terima kasih

      Hapus
  4. Gmna ya ngecek jaminan hari tua tp lupa emailnya

    BalasHapus
  5. apakah bisa cair kan jht cuma pakai ktp

    BalasHapus
  6. Bos,yang melalui sms gàk bisa-bisa nich,saya sdh coba 10 x,tp balasannya,"maaf layanan yang anda inginkan,saat ini sedang dalam penambahan kapasitas,gimana ya?,pakai atm bri juga gàk bisa,kartu langsung keluar

    BalasHapus
  7. Maaf..untuk pencairan dana ke atmn saya belom masuk.sudah seminggu.mohon bantuan nya.

    BalasHapus
  8. Bagaiamana cara mengganti email dan sandiysandi lupa

    BalasHapus
  9. Gak bisa masuk di email krna hp yg lama rusak dan sandinya email saya lupa mohon bantuanya trimakasih.

    BalasHapus
  10. Maff bntuan subsidi gjih suami saya sampe skrang mcih blm cair suami pke bnk bni

    BalasHapus
  11. Coba lewat SMS tidak bisa
    .
    Jangan2 ini penipuan. Untuk mencuri data BPJS.. hati hati.. kalo terbukti laporkan

    BalasHapus
  12. Saya juga iya . Lwt sms blsannya maaf pin yg anda masukkan slah. Sya sdh cba berkali2 lwt sms dan blsannya pun sma semua. Lwt online jga susah. Kode verifikasi nya ada malsimalnya

    BalasHapus
  13. Kenapa ya nomor jamsostek saya tidak terdaftar,sedangkan teman yg bersamaan dibuatkan sama yg blkgan dari saya buatnya terdaftar n bisa di cairkan...

    BalasHapus
  14. Cara claim jsmsostek jht tanpa paklaring bisa ga

    BalasHapus