Meski Sepi Peminat, Ini 5 Peluang Pekerjaan Jurusan Sastra Jepang yang Bergaji Besar

Seperti yang kita tahu, di setiap universitas pasti memiliki jurusan unggulan atau peminat yang banyak. Namun, beberapa jurusan juga memiliki peminat yang sedikit, misalnya jurusan sastra khususnya bahasa asing, seperti jurusan sastra Jepang. Meski sepi peminat, ternyata pekerjaan jurusan sastra Jepang memiliki banyak peluang dan prospek yang bagus loh.

Tidak hanya peluang kerja yang banyak, beberapa pekerjaan jurusan sastra Jepang juga bergaji besar. Namun, biasanya mahasiswa yang memilih kuliah jurusan sastra Jepang adalah mahasiswa yang memiliki minat tinggi terhadap budaya Jepang. 

Terlebih, budaya Jepang juga sudah lama masuk ke Indonesia, seperti musik, anime, film, fashion, kosmetik, brand, hingga tempat wisata menarik yang memiliki tema Jepang. Bahkan tidak sedikit yang ingin mengenal betul budaya Jepang sampai ingin mempelajari bahasanya.

Pekerjaan Untuk Lulusan Sastra Jepang

Dari hal tersebut ternyata juga bisa membawa Anda ke masa depan yang cerah. Pasalnya banyak prospek pekerjaan jurusan sastra Jepang untuk Anda yang memiliki motivasi tinggi terhadap budaya Jepang atau hal apapun tentang Jepang. Nah, berikut ini ada 5 profesi pekerjaan jurusan sastra Jepang bergaji besar yang menjanjikan untuk Anda:


1. Kantor Kedutaan Besar Jepang di Indonesia

Pekerjaan jurusan sastra Jepang yang memiliki prospek besar, dan bergaji tinggi pertama adalah bekerja di Kedutaan Besar Jepang di Indonesia. Selain bisa mempelajari lebih banyak tentang budaya Jepang, Anda juga jadi mengetahui terkait kerjasama Jepang dan Indonesia. 

Untuk gaji yang ditawarkan jika Anda menjadi staf di Kebudataan Besar Jepang di Indonesia, tentunya akan lebih besar dari rata-rata gaji pekerja di Indonesia sendiri. Bagaimana, menarik bukan?


2. Kementrian Luar Negeri

Untuk pekerjaan jurusan sastra Jepang selanjutnya yang juga memiliki prospek besar adalah bekerja menjadi staf duta diplomatik Indonesia yang ada di Jepang. Anda juga bisa memilih berkarir sebagai pekerja non PNS atau staf KBRI yang berstatus PNS. Terlebih posisi ini sangat diincar, karena gaji staf Kemenlu bisa mencapai 5 juta ke atas per bulan. 


3. Perhotelan

Seperti yang kita tahu, bekerja di hotel mewah atau bertaraf internasional tentunya harus memiliki keahlian berbahasa asing. Nah, pekerjaan jurusan sastra Jepang ini mungkin bisa menjadi salah satu rekomendasi profesi untuk Anda. 

Pasalnya Anda akan memiliki masa depan yang kebih cerah jika memiliki keahlian yang jarang dimiliki orang lain. Sehingga peluang Anda akan semakin besar untuk bisa bekerja di perhotelan berkelas.


4. Perusahaan Multinasional Jepang

Kini perusahaan multinasional Jepang sudah banyak berdiri di Indonesia. Sebut saja ASTRA, di mana banyak berbagai jurusan kuliah mengincar untuk bisa bekerja di perusahaan Jepang tersebut. Nah, untuk pekerjaan jurusan sastra Jepang, di ASTRA Anda bisa menjadi staf administrasi. Terlebih tugas Anda nantinya akan sering bertemu dengan orang asing khususnya orang Jepang. 

Gaji yang ditawarkan di ASTRA juga tidak main-main, karena perusahaan multinasional seperti ASTRA bisa memberikan gaji pekerja berkisar belasan hingga puluhan juta rupiah. 


5. Penerjemah

Untuk pekerjaan jurusan sastra Jepang berikutnya adalah menjadi seorang penerjemah. Tidak mudah, seorang penerjemah haruslah bisa menguasai bahasa asing, seperti salah satunya bahasa Jepang yang dinilai sulit. Anda bisa bekerja di kantor penerjemah bahasa untuk buku, film, atau perusahaan produk dan lain-lain. 

Nah, itu dia beberapa prospek pekerjaan jurusan sastra Jepang yang ternyata memiliki peluang pekerjaan yang banyak. Namun, tidak hanya sastra Jepang, karena sastra Indonesia dan bahasa asing lainnya pun memiliki prospek pekerjaan yang tak kalah keren dan bergaji tinggi. 

Untuk mengetahui pekerjaan keren lainnya untuk Anda lulusan sastra dan bahasa asing, Anda bisa baca artikel lengkapnya di link berikut ini: https://www.cekaja.com/info/5-pekerjaan-keren-buat-kamu-lulusan-sastra-dan-bahasa-asing/

1 Response to "Meski Sepi Peminat, Ini 5 Peluang Pekerjaan Jurusan Sastra Jepang yang Bergaji Besar"