Daftar Alamat Kantor BPJS Kesehatan di Seluruh Provinsi Maluku Utara

Inilah daftar alamat kantor cabang (KC) dan kantor layanan operasional kabupaten (KLOK) BPJS Kesehatan yang ada seluruh wilayah provinsi Maluku Utara. Terdiri dari alamat kantor BPJS Kesehatan kota Ternate, kabupaten Tidore Kepulauan, Halmahera Utara, Halmahera Tengah, Halmahera Timur, Halmahera Barat, Halmahera Selatan, Pulau Morotai, Kepulauan Sula dan Pulau Taliabu.

Kantor-kantor cabang BPJS Kesehatan di Maluku Utara tersebut merupakan bagian dari divisi X BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara, yang kantor besarnya ada di Jl. Tololiu Supit No. 11 Kel. Tingkulu, Manado, kode pos 95119, telepon (0431) 863565, Faksimile (0431) 860796.

Foto ramainya antrian di Kantor cabang BPJS Kesehatan kota Ternate

Sebagaimana yang telah ditetapkan pemerintah, bahwa per 1 Januari 2019 nanti, semua penduduk Indonesia harus sudah terdaftar pada program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Semuanya tanpa terkecuali! Bahkan warga negara asing (WNA) yang bekerja di Indonesia lebih dari 6 bulan juga wajib ikut asuransi BPJS Kesehatan dan membayar preminya.

Khusus bagi masyarakat miskin dan kurang mampu, nantinya iurannya akan dibayarkan oleh pemerintah. Sementara bagi masyarakat yang berstatus karyawan atau pekerja perusahaan, kepesertaannya pada BPJS Kesehatan menjadi tanggung jawab perusahaan tempat bekerja. Termasuk pembayaran iuran yang sebagian besar dibayarkan pihak perusahaan.

Jadi selain harus ikut BPJS Ketenagakerjaan, para pekerja perusahaan juga diwajibkan ikut BPJS Kesehatan. Jika BPJS Ketenagakerjaan memberi jaminan sosial dari sisi ekonomi, kecelakaan kerja, kematian dan pensiun, maka BPJS Kesehatan memberi jaminan sosial di bidang kesehatan bagi karyawan beserta keluarga inti karyawan yang bersangkutan. Keduanya penting dan memang wajib untuk diikuti oleh karyawan.


Dan bagi perorangan yang pada 1 Januari 2019 nanti tidak atau belum terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, maka pemerintah akan tegas memberikan sanksi administratif berupa tidak mendapatkan pelayanan publik tertentu oleh pemerintah, pemerintah daerah provinsi, kabupaten/kota, antara lain:

  1. IMB (Izin Mendirikan Bangunan)
  2. SIM (Surat Izin Mengemudi)
  3. Sertifikat Tanah
  4. Passport dan
  5. STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)
Begitu juga perusahaan-perusahaan yang tidak mengikutsertakan tenaga kerjanya pada program BPJS Kesehatan, juga akan mendapat sanksi berupa teguran tertulis, denda, dan tidak akan mendapat pelayanan publik tertentu yang meliputi:

  1. Perizinan terkait usaha
  2. Izin yang diperlukan dalam mengikuti tender proyek.
  3. Izin memperkerjakan tenaga kerja asing.
  4. Izin perusahaan penyedia jasa pekerja/buruh.
  5. Izin Mendirikan Bangunan (IMB).
Maka dari itu, bagi yang belum menjadi peserta silahkan mendaftar supaya bisa mendapatkan manfaat dari program BPJS Kesehatan dan juga untuk menghindari sanksi dari pemerintah yang efektif berlaku mulai tahun baru mendatang.

Pendaftaran bisa dilakukan secara online maupun offline dengan datang langsung ke kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat.

Atau bagi teman-teman buruh pekerja perusahaan, yang oleh pihak perusahaan tidak diikutsertakan dalam program BPJS Kesehatan, silakan melapor ke kantor cabang, KLOK atau LO BPJS Kesehatan terdekat dari tempat domisili anda.

Untuk wilayah Maluku Utara, berikut ini daftar alamat kantor-kantornya. Silahkan datang pada jam kerja atau jam operasionalnya kantor BPJS Kesehatan. Bagi yang belum tahu, kantor BPJS Kesehatan buka dari hari Senin sampai dengan hari Jumat, mulai jam 08.00 pagi sampai dengan jam 05.00 sore.

KC TERNATE

Kompleks RSUD Jl. Cempaka Tanah Tinggi, Kel. Maliaro, Ternate 97711 (0921) 3122289 (0921) 3123132.

KLOK Kota Tidore Kepulauan

Jl. Nuku No. 1 Soasio (Kompleks RSUD Soasio) (0921) 3161801 (0921) 3161801.

KLOK Halmahera Utara

Jl. Lanbouw Gamsungi - Tobelo (Kompleks RSUD Tobelo).

KLOK Halmahera Tengah

Jl. Raya Weda, (Kompleks RSUD Weda).

KLOK Halmahera Timur

Jl. Trans Halmahera Kec. Kota Maba (Kompleks RSUD Maba).

KLOK Halmahera Selatan

Jl. Raya Babang - Labuha (Kompleks RSUD Labuha).

KLOK Halmahera Barat

Jl. Ir. Soekarno, Desa Acango - Kec. Jailolo (Kompleks RSUD Jailolo).


KLOK Pulau Morotai

Jl. Nakamura Desa Dahegila Kec. Morotai Selatan (Kompleks RS Bergerak Morotai).

KLOK Kepulauan Sula

Jl. Dr. Sibarani Kel. Falahu - Sanana (Kompleks RSUD Sanana).

KLOK Pulau Taliabu

Desa Wayo Kecamatan Taliabu Barat Kabupaten Pulau Taliabu

Demikianlah informasi kami kali ini. Semoga membantu teman-teman yang sedang mencari alamat kantor-kantor cabang dan Kantor Layanan Operasional Kabupaten (KLOK) yang ada di provinsi Maluku Utara.

0 Response to "Daftar Alamat Kantor BPJS Kesehatan di Seluruh Provinsi Maluku Utara"

Posting Komentar