Alamat Kantor-kantor BPJS Kesehatan di Provinsi Kalimantan Utara

Kali ini kami akan menyajikan daftar alamat semua kantor cabang (KC) dan Kantor Layanan Operasional Kabupaten (KLOK) BPJS Kesehatan yang ada di seluruh wilayah provinsi Kalimantan Utara (Kalut). Komplit mulai dari alamat kantor cabang BPJS Kesehatan kota Tarakan, kabupaten Nunukan, Bulungan, Malinau hingga Tana Tidung.

Kantor-kantor BPJS Kesehatan yang ada di daerah Kalut tersebut masuk dalam regional VIII Kedeputian Wilayah Kalimantan Timur. Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara yang kantor utamanya ada di Jl. Ruhui Rahayu No. 08 RT. 25 Kelurahan Sepinggan Baru Kota Balikpapan Kalimantan Timur, telepon (0542) 7218682 faks (0542) 7218683.

Kantor cabang BPJS Kesehatan kota Tarakan

Salah satu tujuan dibangunnya banyak kantor cabang hingga ke tingkat kabupaten tentu untuk suksesnya program JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat), yang mana menjadi peserta BPJS Kesehatan dan membayar iurannya adalah wajib hukumnya bagi seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali bahkan bagi rakyat miskin sekalipun. Untuk fakir miskin dan kurang mampu dikategorikan sebagai peserta PBI (Penerima Bantuan Iuran) di mana nantinya iurannya akan dibayarkan oleh pemerintah.

Jadi tidak ada alasan lagi bagi siapapun untuk tidak ikut BPJS Kesehatan. Seseorang baru dinyatakan gugur dari kepesertaan BPJS Kesehatan hanya ketika sudah meninggal dunia dan pindah kewarganegaraan. Selama masih di Indonesia, siapapun dia wajib menjadi peserta, bahkan orang asing yang telah bekerja lebih dari enam bulan di Indonesia juga wajib menjadi anggota BPJS Kesehatan.

Untuk yang statusnya pekerja perusahaan, tak cuma BPJS Ketenagakerjaan yang harus diikuti, BPJS Kesehatan juga wajib. Enaknya kalau karyawan keikutsertaan BPJS Kesehatan menjadi tanggung jawab perusahaan. Perusahaan yang mendaftarkan dan menanggung sebagian besar iuran BPJS Kesehatan. Du mana iuran BPJS Kesehatan untuk karyawan adalah sebesar 5% dari gaji. Dari jumlah tersebut yang 4% ditanggung oleh perusahaan, sementara karyawan yang bersangkutan hanya membayar 1% dan dipotong dari upah.
Baca Juga: Mengenal Jenis-jenis Kepesertaan BPJS Kesehatan Kategori PBI, PPU, PBPU dan BP
Dan deadline menjadi peserta BPJS Kesehatan adalah awal tahun depan. Barang siapa pada 1 Januari 2019 nanti belum menjadi peserta BPJS kesehatan, maka ia akan dikenakan sanksi administratif berupa tidak mendapatkan pelayanan publik tertentu oleh pemerintah, pemerintah daerah provinsi, kabupaten/kota, antara lain:
  1. IMB (Izin Mendirikan Bangunan)
  2. SIM (Surat Izin Mengemudi)
  3. Sertifikat Tanah
  4. Passport dan
  5. STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)
Begitu juga perusahaan-perusahaan yang tidak mengikutsertakan tenaga kerjanya pada program BPJS Kesehatan, juga akan mendapat sanksi berupa teguran tertulis, denda, dan tidak akan mendapat pelayanan publik tertentu yang meliputi:
  1. Perizinan terkait usaha
  2. Izin yang diperlukan dalam mengikuti tender proyek.
  3. Izin memperkerjakan tenaga kerja asing.
  4. Izin perusahaan penyedia jasa pekerja/buruh.
  5. Izin Mendirikan Bangunan (IMB).
Di artikel ini kami sajikan informasi alamat lokasi kantor-kantor cabang BPJS Kesehatan di Kalimantan Utara. Barangkali ada teman-teman yang sedang mencari letak kantor BPJS Kesehatan karena mau mendaftar jadi peserta, ataupun teman-teman pekerja/buruh yang mau melaporkan perusahaan tempatnya bekerja karena tidak mengikutsertakan karyawannya ke program BPJS Kesehatan.

KC TARAKAN

Jl. Diponegoro No. 06 Tarakan Kalimantan Utara (0551) 51047 (0551) 34227.

KLOK Bulungan

Jl. Skip 1 Tanjung Selor Bulungan Kalimantan Utara, nomer telepon (0552) 22295 (0552) 22295.

KLOK Nunukan

Komp Ruko Liem Hie Djung Blok A1 No 12 Jl. Inhutani RT 01, Tanah Merah Nunukan, Kalimantan Utara.

KLOK Malinau

Jalan Amd RT 20. Malinau Kalimantan Utara, nomor telepon (0553) 202243.

KLOK Tana Tidung

Jl. Ahmad Yani (samping padepokan kuda lumping), Kelurahan Tideng Pale, Kecamatan Sesayap,  Kabupaten Tana Tidung, kode pos 77152.
Baca Juga: Berapa Gaji Karyawan Yang Dipotong Untuk Bayar Iuran Bulanan BPJS Kesehatan?
Demikianlah alamat-alamat lokasi kantor cabang dan kantor layanan operasional kabupaten (KLOK) BPJS Kesehatan yang terdapat di seluruh wilayah provinsi Kalimantan Utara (Kalut).

0 Response to "Alamat Kantor-kantor BPJS Kesehatan di Provinsi Kalimantan Utara"

Posting Komentar