Alamat Kantor BPJS Kesehatan di Seluruh Sulawesi Tengah

Artikel ini berisi daftar Kantor Cabang (Kacab) dan Kantor Layanan Operasional Kabupaten (KLOK) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di wilayah provinsi Sulawesi Tengah lengkap beserta alamatnya. Mulai dari alamat kantor cabang BPJS Kesehatan kota Palu, Luwuk, kabupaten Donggala, Parigi Moutong, Poso, Tolitoli, Buol, Bangkep, Tujo Una-una, Morowali dan Morowali Utara.

Kantor-kantor tersebut berada di regional X BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara yang kantor utamanya berada di  Jl. Tololiu Supit No. 11 Kelurahan Tingkulu, Manado 95119 (0431) 863565 (0431) 860796.

Foto suasana antri di Kantor cabang BPJS Kesehatan kota Palu

Pada dasarnya kita memang perlu tahu di mana keberadaan kantor bpjs kesehatan terdekat dari tempat tinggal kita, sehingga ketika dibutuhkan kita bisa langsung meluncur ke lokasi tanpa takut kesasar. Sewaktu-waktu kita akan membutuhkan kantor cabang BPJS Kesehatan. Misalnya mau mendaftar menjadi peserta, bayar iuran, cetak kartu peserta, merubah data kepesertaan atau sekedar mau bertanya-tanya segalanya tentang BPJS Kesehatan.

Hal tersebut karena pada tanggal 1 Januari 2019 nanti, semua WNI harus sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan dan wajib membayar iuran bulanannya. Semuanya tanpa terkecuali. Malahan WNA yang telah bekerja paling singkat 6 bulan di Indonesia, juga wajib menjadi peserta BPJS kesehatan.

Dan khusus untuk masyarakat fakir miskin dan kurang mampu nantinya iurannya akan dibayarkan oleh pemerintah. Peserta BPJS Kesehatan dari kalangan fakir miskin dan tidak mampu disebut PBI alias Penerima Bantuan Iuran.


Bagi kita yang berprofesi sebagai karyawan pekerja perusahaan, tak cuma BPJS Ketenagakerjaan yang harus diikuti, BPJS Kesehatan juga wajib. Enaknya kalau karyawan keikutsertaan BPJS Kesehatan menjadi tanggung jawab perusahaan. Perusahaan yang mendaftarkan dan menanggung sebagian besar iuran BPJS Kesehatan. Yang mana iuran BPJS Kesehatan untuk karyawan adalah sebesar 5% dari gaji. Dari jumlah tersebut yang 4% ditanggung oleh perusahaan, sementara karyawan yang bersangkutan hanya membayar 1% yang dipotong dari gaji.

Dan barang siapa yang setelah 1 Januari 2019 nanti tidak atau belum menjadi peserta BPJS kesehatan, maka ia akan dikenakan sanksi administratif berupa tidak mendapatkan pelayanan publik tertentu oleh pemerintah, pemerintah daerah provinsi, kabupaten/kota, dalam hal mengurus IMB (Izin Mendirikan Bangunan), SIM (Surat Izin Mengemudi), Sertifikat Tanah, Passport dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan).

Sementara perusahaan-perusahaan yang tidak mengikutsertakan tenaga kerjanya pada program BPJS Kesehatan, juga akan mendapat sanksi berupa teguran tertulis, denda, dan tidak akan mendapat pelayanan publik tertentu yang meliputi perizinan terkait usaha, izin yang diperlukan dalam mengikuti tender proyek, izin memperkerjakan tenaga kerja asing, izin perusahaan penyedia jasa pekerja/buruh dan izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Di artikel ini kami sajikan informasi alamat lokasi kantor-kantor cabang BPJS Kesehatan di Sulawesi Tengah. Siapa tau ada teman-teman sedang mencari letak kantor BPJS Kesehatan karena mau daftar menjadi peserta, ataupun teman-teman pekerja/buruh yang hendak melaporkan perusahaan tempatnya bekerja karena tidak mengikutsertakan karyawannya ke program BPJS Kesehatan.

Berikut ini list-nya!

KC PALU

Jl. Prof. Moh. Yamin No. 31 Palu (0451) 482394 (0451) 482670.

KLOK Donggala

Jl. Ahmad yani Kel. Boya Kec. Banawa Kab. Donggala 94351.

KLOK Parigi Moutong

Jl. Pacuan Kuda, Kel. Bantaya, Kec. Parigi Moutong 94471 (0450) 21362.

KLOK Poso

Jl. Pulau Timor No. 5 Kel. Gebangrejo 94619 (0452) 21693.

KLOK Tolitoli

Jl. Usman Binol, Kel. Baolan Kab. Tolitoli 94514 (0453) 21034.

KLOK Buol

Jl. Sarif Mansyur Kel. Leok 2 Kec. Biau Kab. Buol 94563.

KC LUWUK

Jl. Imam Bonjol No. 135 KM 2 Luwuk 94714 (0461) 21706 (0461) 22764.

KLOK Bangkep

Desa Baka Kec. Tinangkung


KLOK Tojo Una-Una

Jl. Sultan Hasanuddin Ampana samping kantor BRI (0464) 22248.

KLOK Morowali

Kompleks Perkantoran Bumi Funua Songko Kec. Bungku Tengah.

KLOK Morowali Utara

Desa Bahontula Kelurahan Bahontula Kec. Petasia.

Demikian informasi BPJS kami kali ini. Mudah-mudahan berguna bagi teman-teman yang sedang mencari informasi di mana lokasi kantor-kantor cabang dan kantor layanan operasional kabupaten KLOK yang terdapat di seluruh wilayah provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Silahkan datang pada jam kerja atau jam operasionalnya kantor BPJS Kesehatan. Bagi yang belum tahu, kantor BPJS Kesehatan buka dari hari Senin sampai dengan hari Jumat, mulai pukul 08.00 pagi sampai dengan jam 05.00 sore.

2 Responses to "Alamat Kantor BPJS Kesehatan di Seluruh Sulawesi Tengah"

  1. Kantor bpjs ktenaga kerjaan bagian poso sulteng di daerah mna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dicek via aplikasi BPJSTKU, Pak. Di sana infonya lengkap tentang kantor cabang BPJS Tk di seluruh Indonesia. Terima kasih.

      Hapus