5 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Untuk memperoleh pekerjaan sebagai karyawan, satu tahapan penting yang harus dilakukan oleh para pencari kerja adalah membuat surat lamaran kerja. Tentu supaya kemungkinan diterima kerja lebih besar, kita tidak boleh menyodorkan surat lamaran kerja yang asal-asalan, tidak rapi, banyak typo, lebay, apalagi dengan bahasa yang bertele-tele. Lalu bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang bagus, sederhana, ringkas dan rapi itu? Berikut ini ada 5 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar.

Surat lamaran kerja merupakan titik awal pencari kerja berhubungan dengan pihak perusahaan. Jika pada langkah awal saja sudah tidak meyakinkan, bagaimana perusahaan akan tertarik. Di era persaingan sengit seperti sekarang ini, sangat penting bagi calon pekerja untuk menulis surat lamaran kerja yang sebaik-baiknya, sehingga pimpinan perusahaan akan terkesan dan memberi kesempatan kepada kita untuk mengikuti tahapan selanjutnya. Tahap selanjutnya setelah surat lamaran kerja kita memenuhi syarat biasanya adalah undangan wawancara alias interview.
Baca Juga: Dengan Gaji Mencapai 30 Juta Perbulan, Ternyata Syarat Bekerja di Korea Tidak Terlalu Sulit, Bahkan Lulusan SMP Bisa Diterima

Contoh Surat Lamaran Kerja
Contoh Surat Lamaran Kerja

Baiklah, langsung saja saya sajikan kumpulan contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar.

1. Surat Lamaran Kerja Umum.

Surat lamaran kerja model seperti ini yang umum dan banyak digunakan oleh orang-orang. Saran saya kalau mau menggunakan surat lamaran kerja seperti ini, jangan copas mentah-mentah, cuma diganti data-datanya saja. Tapi coba sedikit diedit dengan kata-kata kamu sendiri. Tapi juga jangan berlebihan. Jangan sampai lebih dari satu halaman. Karena surat lamaran kerja yang bagus adalah yang padat dan jelas.


Banda Aceh, 5 April 2017

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.
Pimpinan PT. Inti Makmur Jaya
di tempat



Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:


     Nama                     : Hasan Edison
     Tempat/Tgl Lahir      : Meulaboh, 14 November 1991
     Pendidikan Akhir       : S1 Tehnik Sipil Universitas Syah Kuala
     Alamat                   : Jl Teuku Umar No. 45, Banda Aceh.
     Telepon                  : 081213141516
     E-mail                    : emailkamu@gmail.com



Bersama ini saya mengajukan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin untuk menempati bagian Pengawas Lapangan (DRF). Saya memiliki kondisi kesehatan yang baik dan tidak pernah terlibat dengan permasalahan hukum apapun. Sebagai bahan pertimbangan Bapak /Ibu, berikut saya lampirkan beberapa berkas penting yang saya miliki :


  1. Daftar Riwayat Hidup.
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir yang telah dilegalisir.
  3. Fotokopi Transkrip Nilai yang telah dilegalisir.
  4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  5. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
  6. Fotokopi Surat Keterangan Dokter.
  7. Pas Photo 4x6 4 lembar.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sesungguhnya. Saya sangat berharap dapat diproses dalam rangkaian seleksi selanjutnya. Atas perhatian dan pertimbangan Bapak / Ibu saya ucapkan banyak terima kasih.


                                                                                       Hormat saya,


                                                                                      (Hasan Edison)




2. Surat Lamaran Kerja Dari Informasi Lowongan Kerja di Koran.

Bukan rahasia umum, kalau koran menjadi penyedia iklan lowongan kerja yang banyak diminati dari dulu hingga kini. Bahkan ada yang sampai beli koran, hanya untuk mencari lowongan kerja, bukan untuk membaca berita-beritanya.



Surabaya, 14 Januari 2017

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.
HRD Manager PT. Indo Kreasi
Jl. Kenjeran No. 80, Surabaya


Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari surat kabar Jawa Pos edisi Senin 10 Januari 2017, bahwa perusahaan Bapak/Ibu membuka lowongan kerja untuk beberapa posisi. Melalui surat lamaran ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar kerja di instansi yang Bapak/Ibu pimpin, guna mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini.

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

       



     Nama                     : Dewik Melanisa
     Tempat/Tgl Lahir      : Medan, 14 November 1991
     Pendidikan Akhir      : SMA N 09 Surabaya Jurusan IPA
     Alamat                   : Jl. Gading Karya No. 38, Surabaya.
     Telepon                  : 081213141516
     Status                    : Lajang


Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan di waktu yang akan datang, saya lampirkan data diri sebagai berikut:

  1. Foto Ukuran 3x4
  2. Foto copy KTP.
  3. Daftar Riwayat Hidup.
  4. Foto copy Ijazah Terakhir.
  5. Foto copy SKHUN.
  6. Foto copy Sertifikat Competensi.
  7. Foto copy Sertifikat PKL.
  8. Foto copy Surat Keterangan Refrensi.


Demikian Surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya, dan atas perhatian serta kerjasama dari Bapak/Ibu pimpinan saya ucapkan terima kasih banyak.


                                                                                       Hormat saya,


                                                                                   (Dewik Melanisa)




3. Surat Lamaran Kerja Dari Informasi Lowongan Kerja Di Website ataupun Media Sosial.

Di era internet seperti saat ini, peluang kerja bisa diperoleh dari dunia maya. Banyak perusahaan yang mengumumkan lowongan kerja di website mereka. Informasi lowongan kerja juga bisa didapatkan lewat group-group jejaring sosial, misalnya Facebook.



Padang, 24 April 2018
Perihal : Lamaran Kerja

Kepada Yth:
Pimpinan PT. Eka Karya Sentosa
Jl. Nasional No. 33, Padang


Dengan hormat,

Berdasarkan informasi dari media sosial dan web yang ada di website resmi PT. Eka Karya Sentosa tentang adanya lowongan pekerjaan di pabrik tempat Bapak/Ibu atasan. Maka melalui surat lamaran ini saya mengajukan diri melamar pekerjaan yang ada di pabrik milik Bapak/Ibu pimpinan guna mengisi posisi yang saat ini sedang dibutuhkan.

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

     Nama                     : Rudi Sasongko
     Tempat/Tgl Lahir      : Beijing, 17 Agustus 1985
     Pendidikan Akhir      : S1 Sastra Mesin Universitas Gajah Duduk
     Alamat                   : Perum Adem Asri, Blok GF No. 23, Padang.
     Telepon                  : 081213141516

Sebagai kelengkapan saya cantumkan beberapa data pribadi yang sekiranya itu perlu sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu:

  1. Pas fhoto terbaru
  2. Foto copy KTP
  3. Daftar riwayat hidup
  4. Foto copy ijazah terakhir
  5. Foto copy SKHUN
  6. Foto copy Sertifikat PKL

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan data yang sebenarnya, atas perhatian serta kebujaksanaan dari Bapak/Ibu saya mengucapkan terima kasih.


                                                                                      Hormat saya,


                                                                                    (Rudi Sasongko)



Baca Juga: Tips Dalam Interview atau Wawancara Kerja Agar Perusahaan Tertarik Menerima Anda


4. Surat Lamaran Kerja Dari Informasi Orang Dalam.

Kalau pergaulan kita luas, bukan tidak mungkin kita justru mendapat informasi lowongan kerja langsung dari orang dalam perusahaan. Biasanya lowongan kerja yang diberitahukan oleh kenalan kita yang bekerja di perusahaan, peluang diterimanya lebih besar.




Pekanbaru, 23 Juni 2018


Kepada Yth.
HRD. PT PANTANG MUNDUR
Jl. Pangeran Hidayat 69
Pekanbaru


Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari Bapak Rudi Hardianto, salah seorang karyawan Bapak/Ibu, bahwa PT. PANTANG MUNDUR sedang membutuhkan Staf Gudang. Dan karena saya merasa mampu memenuhi persyaratan yang diajukan, maka saya

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

     Nama                    : Sri Alianda
     Tempat/Tgl Lahir     : Gunung Sitoli, 14 November 1991
     Pendidikan Akhir     : D3 Manajemen Bisnis STIE Pelita Indonesia
     Alamat                  : Jl. Harapan Raya No 123, Pekanbaru.
     Telepon                 : 081213141516
     Status                   : Menikah

Saya seorang perempuan berbadan sehat, tidak pernah terlibat dengan permasalahan hukum apapun, dan senang mengerjakan tugas-tugas berkaitan administrasi. Meskipun saya belum pernah mengerjakan tugas sebagai staf gudang, namun dengan latar belakang serta ketrampilan yang saya miliki, saya kira saya akan mampu mengerjakan tugas tersebut.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan :

  1. Daftar Riwayat Hidup.
  2. Foto copy ijazah S-1.
  3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
  4. Pas foto terbaru.

Besar harapan saya untuk diberi kesempatan wawancara, dan dapat menjelaskan lebih mendalam mengenai diri saya. Seperti yang tersirat di resume (riwayat hidup), saya mempunyai latar belakang pendidikan, pengalaman potensi dan seorang pekerja keras.

Atas segala perhatian dan pertimbangan yang Bapak/Ibu berikan saya ucapkan terima kasih.


                                                                                    Hormat saya,


                                                                                    (Sri Alianda)




5. Contoh Surat Lamaran Kerja Atas Inisiatif Sendiri.

Walaupun perusahaan sedang tidak membuka lowongan kerja, tidak masalah kita meletakkan surat lamaran kerja di sana. Siapa tahu suatu saat tiba-tiba perusahaan butuh sedikit tambahan karyawan, lamaran kita yang akan langsung diproses.





Pekanbaru, 17 Agustus 2017

Hal : Surat Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
HRD Menager PT. Ganda Buanindo
Jl. Gelatik No. 23, Sukajadi, Pekanbaru.


Dengan hormat

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:


     Nama                      : Kamal Siregar
     Tempat/Tgl Lahir       : Medan, 14 November 1991
     Pendidikan Akhir       : S1 Tehnik Informatika STIKOM Pelita Indonesia
     Alamat                    : Jl Ahmad Yani No. 02, Sukajadi, Pekanbaru.
     Telepon                   : 081213141516
     E-mail                     : emailcowokece@hayoo.coy


Dengan ini saya mengajukan lamaran pekerjaan di Perusahan yang Bapak / Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan:

  1. Phas foto Terbaru
  2. Photo copy KTP
  3. Photo copy Keterangan Kesehatan
  4. Photo copy Ijazah Terakhir
  5. Photo copy Trankrip Nilai
  6. Photo copy Kartu Tanda Pencari Kerja
  7. Photo copy Catatan Kepolisian (SKCK)
  8. Photo copy Sertifikat

Demikian surat lamaran kerja ini saya ajukan, besar harapan saya dapat diterima bekerja di PT Ganda Buanindo. Atas waktu dan perhatian yang bapak ibu berikan saya ucapkan banyak terima kasih.



                                                                                           Hormat saya


                                                                                         (Kamal Siregar)



Demikianlah 5 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar. Data-data pada contoh di atas tinggal disesuaikan saja. Mudah-mudahan tulisan sederhana ini bisa membantu teman-teman yang sedang bingung bagaimana membuat surat lamaran kerja yang bagus.
Baca Juga: 17 Tips Jitu Menulis Surat Lamaran Kerja Agar Perusahaan Tertarik Menerima Anda
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Semoga lamaran kerjanya nanti diterima. Aamiin.

2 Responses to "5 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar"


  1. Terima kasih admin contoh surat lamaran kerjanya sangat bagus, saya cuma mau sedikit memberikan tips buat teman-teman lainnya mungkin bermanfaat.


    Selama musim pandemi covid-19 hampir semua perusahaan meminta surat lamaran via email, sehigga kita harus memperhatikan bentuk surat lamaran email yang baik dan benar. tetapi kebanyakan freshgrad belum begitu memperhatikan bagaimana penulisan surat lamaran kerja yang baik dan benar sehingga bisa menarik perhatian hrd. Padahal ini sangat penting karena kesan pertama bagi hrd sebelum mereka membuka berkas lainnya. Bayangkan apabila ribuan surat lamaran bertumpuk di meja hrd dan bisa dipastikan mereka tidak akan membaca satu persatu surat lamaran tersebut. Sudah pasti lamaran yang terlalu bertele tele isiya akan dilewatkan begitu saja bahkan tidak sedikit dicampakkan kedalam tong sampah.


    Tips dari saya buatlah surat lamaran sesingkat mungkin tetapi isiya padat dan jelas, usahakan pada saat hrd membacanya hanya butuh waktu kurang dari 30 detik mereka sudah mendapatkan/mengetahui siapa calon pelamar yang layak di panggil utk mengikuti tahapan tes berikunya.


    adapun isi surat lamaran yang baik bagi hrd adalah sebagai berikut:


    Paragraf 1 Gunakan intro yang menarik. Daripada menulis "berdasarkan info dari...." lebih baik kamu mempromosikan diri atau menjelaskan mengapa kamu melamar disini
    Contoh 1; "Sebagai salah satu fast growing start-up di Indonesia, saya tertarik untuk berkontribusi dengan melamar di posisi...."
    Contoh 2; "Berbekal 5 tahun pengalaman sebagai xx di perusahaan xx yang bergerak di bidang xx, saya tertarik untuk melamar dan percaya bahwa posisi ini cocok untuk saya"


    Paragraf 2&3 Ceritakan pengalaman dan promosikan diri. Utk freshgrad tulis apa yag dipelajari di kampus atau skills yang berkaitan dengan pekerjaan, atau pengalaman magang. Kamu bisa cocokkan dengan job desc yang tertulis di iklan lowongan. Untuk yang experieced, jelaskan lebih detail pengalaman kerja, pencapaian, dan skills yang telah disebutkan di paragraf awal.


    Paragraf 4 Gunakan penutup yang persuasif, daripada menulis "besar harapan saya..." kamu bisa ganti dengan kalimat "saya akan dengan senang hati membahas ini lebih lanjut..."


    Salam kenal dari saya buat semuanya.
    www.kerjadiaceh.com
    Lowongan kerja Aceh

    BalasHapus